Khamis, 24 April 2014

BERUBAHLAH...KITA AKAN TUA JUGA ITU JIKA SEMPAT TUA...KITA AKAN MATI....MASUK KUBUR YANG GELAP GULITA SORANG2 PULAK TU.....LAMA PULAK TU...BANGKIT PULA UNTUK HADIR DIPADANG MAHSYAR UNTUK DIBICARAKAN KELAKUAN2/PERBUATAN2 KITA DIDUNIA...BENAR SERTA BETUL ALLAH MASUK KEDALAM SYURGA....SALAH LAGI MENGARUT/TAK BETUL ALLAH MASUKAN DALAM NERAKA...APA TUAN-PUAN NAK MASUK KEDALAM NERAKA KE

7 Gambar: Selamat Tinggal Dunia Seksi - Juliza Adlizan Kini Berhizab

"Tiada lagi aksi seksi!" Begitulah niat terkini Juliza Adzlizan, 47, yang tampil berhijab kelmarin. 

Menurut penyanyi itu, penghijraan tersebut dilakukan selepas merasakan sudah bersedia menjadi seorang muslimah yang bertanggung jawab. Malah dia juga sebenarnya sudah merancang untuk berhijab sejak beberapa bulan yang lepas.



"Saya sudah lama berniat untuk bertudung tetapi banyak sahaja kekangan terutamanya daripada segi pemakaian. Banyak koleksi pakaian saya yang kurang sesuai untuk dipakai dengan tudung."

"Jadi saya terpaksa ambil masa beli pakaian yang sesuai sikit-sikit dan tudung, lagipun saya jarang keluar rumah, sepanjang masa saya duduk rumah sahaja buat kek," katanya kepada media semalam.


 

"Beberapa bulan lalu saya dah pakai tetapi untuk ke majlis-majlis tertentu sahaja, bila saya pakai saya rasa diri saya sempurna dan lengkap. 

"Semalam baru saya pakai betul-betul dan yakin dengan keputusan saya ini, bukan apa, saya tidak mahu hanya pakai tudung tetapi amalan agama yang wajib masih lagi tidak bersedia. 

"Saya mahu bila saya berubah dalam keadaan yang saya sendiri sudah kuat keyakinan dan bersedia untuk mengamalkan ajaran Islam dengan baik," katanya yang mula menyedekahkan baju-baju seksinya kepada orang lain (mungkin pada bukan muslim). 


 

 

 

 


myartis.com



Saat-saat Kematian

Dikisahkan ketika Allah mencipta Al-Maut (kematian) dan menyerahkan kepada Izrail, maka berkata malaikat Izrail, “Wahai Tuhanku, apakah Al-Maut itu?”. Maka Allah menyingkap rahsia Al-Maut itu dan memerintah seluruh malaikat menyaksikannya. Setelah seluruh malaikat menyaksikannya Al-Maut itu, maka tersungkurlah semuanya dalam keadaan pengsan selama seribu tahun. Setelah para malaikat sedar kembali, bertanyalah mereka, “Ya Tuhan kami, adakah makhluk yang lebih besar dari ini?” Kemudian Allah SWT berfirman: “Akulah yang menciptakannya dan Akulah yang lebih agung daripadanya. Seluruh makhluk akan merasakan Al-Maut itu”.
Kemudian Allah memerintahkan Izrail mengambil Al-Maut. Walau bagaimanapun, Izrail khuatir jika tidak terdaya untuk mengambilnya sedangkan Al-Maut lebih agung daripadanya. Kemudian Allah memberikannya kekuatan, sehinggalah Al-Maut itu menetap di tangannya. Malaikat Izrail diberi kemampuan yang luar biasa oleh Allah hingga barat dan timur dapat dijangkau dengan mudah olehnya.
100 hari sebelum kematian – Ini adalah tanda pertama dari Allah kepada hambanya dan hanya akan disedari oleh mereka-mereka yang dikehendakinya. Walau bagaimanapun semua orang Islam akan mendapat tanda ini cuma sama ada mereka sedar atau tidak sahaja. Tanda ini akan berlaku lazimnya selepas waktu Asar. Seluruh tubuh iaitu dari hujung rambut sehingga ke hujung kaki akan mengalami getaran atau seakan-akan mengigil.
40 hari sebelum kematian – Tanda ini juga akan berlaku sesudah waktu Asar. Bahagian pusat kita akan berdenyut-denyut. Pada ketika ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang letaknya di atas Arasy Allah. Maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mula membuat persediaannya ke atas kita antaranya ialah ia akan mula mengikuti kita sepanjang masa. Akan terjadi malaikat maut ini akan memperlihatkan wajahnya sekilas lalu dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih akan merasakan seakan-akan bingung seketika.
7 hari sebelum kematian – Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesakitan di mana orang sakit yang tidak makan secara tiba- tiba ianya berselera untuk makan.
3 hari sebelum kematian – Pada ketika ini akan terasa denyutan di bahagian tengah dahi kita iaitu di antara dahi kanan dan kiri. Jika tanda ini dapat dikesan maka berpuasalah kita selepas itu supaya perut kita tidak mengandungi banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti. Ketika ini juga mata hitam kita tidak akan bersinar lagi dan bagi orang yang sakit hidungnya akan perlahan-lahan jatuh dan ini dapat dikesan jika kita melihatnya dari bahagian sisi. Telinganya akan layu dimana bahagian hujungnya akan beransur-ansur masuk ke dalam. Telapak kakinya yang terlunjur akan perlahan-lahan jatuh ke depan dan sukar ditegakkan.
1 hari sebelum kematian – Akan berlaku sesudah waktu Asar di mana kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang iaitu di kawasan ubun-ubun di mana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu Asar keesokan harinya.
Hari kematian – Akan berlaku keadaan di mana kita akan merasakan satu keadaan sejuk di bahagian pusat dan ianya akan turun ke pinggang dan seterusnya akan naik ke bahagian halkum. Ketika ini hendaklah kita terus mengucap kalimah syahadah dan berdiam diri dan menantikan kedatangan malaikat maut untuk menjemput kita kembali kepada Allah yang telah menghidupkan kita dan sekarang akan mematikan pula.
Baginda Rasullullah S.A.W bersabda, “Apabila telah sampai ajal seseorang itu maka akan masuklah satu kumpulan malaikat ke dalam lubang-lubang kecil dalam badan dan kemudian mereka menarik rohnya melalui kedua-dua telapak kakinya sehingga sampai ke lutut. Setelah itu datang pula sekumpulan malaikat yang lain masuk menarik roh dari lutut hingga sampai ke perut dan kemudiannya mereka keluar. Datang lagi satu kumpulan malaikat yang lain masuk dan menarik rohnya dari perut hingga sampai ke dada dan kemudiannya mereka keluar. Dan akhir sekali datang lagi satu kumpulan malaikat masuk dan menarik roh dari dadanya hingga sampai ke kerongkong dan itulah yang dikatakan saat nazak orang itu”.
Sambung Rasullullah S.A.W. lagi, “Kalau orang yang nazak itu orang yang beriman, maka malaikat Jibrail akan menebarkan sayapnya yang disebelah kanan sehingga orang yang nazak itu dapat melihat kedudukannya di syurga. Apabila orang yang beriman itu melihat syurga, maka dia akan lupa kepada orang yang berada disekelilinginya. Ini adalah kerana sangat rindunya pada syurga dan melihat terus pandangannya kepada sayap Jibrail. Kalau orang yang nazak itu orang munafik, maka Jibrail akan menebarkan sayap disebelah kiri. Maka orang yang nazak tu dapat melihat kedudukannya di neraka dan dalam masa itu orang itu tidak lagi melihat orang disekelilinginya. Ini adalah kerana terlalu takutnya apabila melihat neraka yang akan menjadi tempat tinggalnya”.
Sama-sama kita renungkan.
 
  TANDA-TANDA KEMATIAN
Allah telah memberi tanda kematian seorang muslim sejak 100 hari, 40 hari, 7 hari, 3 hari dan 1 hari menjelang kematian.
Tanda 100 hari menjelang ajal : Selepas waktu Ashar (Di waktu Ashar karena pergantian dari terang ke gelap), kita merasa dari ujung rambut sampai kaki menggigil, getaran yang sangat kuat, lain dari biasanya, Bagi yang menyadarinya akan terasa indah di hati, namun yang tidak menyadari, tidak ada pengaruh apa-apa.
Tanda 40 hari menjelang kematian :
Selepas Ashar, jantung berdenyut-denyut. Daun yang bertuliskan nama kita di lauh mahfudz akan gugur. Malaikat maut akan mengambil daun kita dan mulai mengikuti perjalanan kita sepanjang hari.
Tanda 7 hari menjlang ajal :
Akan diuji dengan sakit, Orang sakit biasanya tidak selera makan.Tapi dengan sakit ini tiba-tiba menjadi berselera meminta makanan ini dan itu.
Tanda 3 hari menjelang ajal : Terasa denyutan ditengah dahi. Jika tanda ini dirasa, maka berpuasalah kita, agar perut kita tidak banyak najis dan memudahkan urusan orang yang memandikan kita nanti.
Tanda 1 hari sebelum kematian : Di waktu Ashar, kita merasa 1 denyutan di ubun-ubun, menandakan kita tidak sempet menemui Ashar besok harinya.
Bagi yang khusnul khotimah akan merasa sejuk di bagian pusar, kemudian ke pinggang lalu ketenggorokan,
maka dalam kondisi ini hendaklah kita mengucapkan 2 kalimat syahadat.
Sahabatku yang budiman,
subhanAllah, Imam Al-Ghazali, mengetahui kematiannya.
Beliau menyiapkan sendiri keperluannya, beliau sudah mandi dan wudhu, meng-kafani dirinya, kecuali bagian wajah yang belum ditutup.
Beliau memanggil saudaranya Imam Ahmad untuk menutup wajahnya. SubhanAllah.
Malaikat maut akan menampakkan diri pada orang-orang yang terpilih. Dan semoga kita menjadi hamba yang terpilih dan siap menerima kematian kapanpun dan di manapun kita berada.
Aamiin.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua agar selalu mengingat mati dan berusaha mempersiapkan bekal kematian yaitu amal kebaikan.. Semoga dengan mem-BAGIKAN tulisan ini bisa bermanfaat bagi orang lain dan menjadi kebaikan untuk Anda.. Aamiin.
 
 Habibi Jibrilovsky .
TANDA2 KEMATIAN MENURUT AL QUR'AN


Artikel tentang tanda2 kematian pada Postingan di atas adalah Sesat dan tidak bertanggung jawab sebab tidak menyebut dasar dalil sumber tulisannya.
Dan barang siapa yg ikut membagikan tulisan di atas juga termasuk sesat dan tidak bertanggung jawab.

Tidak kurang dari 145 ayat dalam Al Qur'an yang menyebut atau membahas masalah kematian, dan Allah hanya mengabarkan bahwa kematian itu ada dan itu untuk mengingatkan manusia bahwa kematian akan datang kepada kita.
Diantara ayat2 tersebut antara lain :

Firman Allah...
" Di manapun kamu berada, kematian akan mendatangimu, walaupun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kokoh..."
( QS. An Nisa : 78 )

Dan Firman Allah...
" Katakanlah, Sesungguhnya kematian yang kamu lari dari padanya, ia pasti akan menemui kamu..."
( QS. Al Jum'ah : 8 )

Dari 145 ayat Al Quran yang menyebut tentang kematian, tidak ada satupun yang membahas tentang tanda - tanda orang yang akan mati apalagi tanda itu dimulai sejak 40 hari sebelumnya.

Adapun dalil Quran yang menyinggung tanda2 orang yang akan meninggal adalah saat seseorang dalam kondisi SEKARAT ( sakaratul maut ) atau di ambang kematian.
Yaitu bertautnya betis.

Firman Allah...
" Dan bertautnya betis ( kiri ) dengan betis ( kanan ).
( QS. Al Qiyamah : 29 )

Tulisan tentang tanda2 kematian yang ada di status ini adalah tidak berdasar dan tidak ada dalil yang mendukung baik dari Al Quran dan Hadits, padahal hanya kedua sumber itulah yang pantas dan bisa dijadikan rujukan untuk masalah yang ghaib.

Kalau ada pendapat yang menyangkut masalah ghaib yang tidak bersumber dari Quran dan hadits Nabi, maka pendapat itu kemungkinan didapat dari Mimpi, bisikan jin atau setan, yang semuanya cenderung menyesatkan dan tidak layak untuk dipercaya.

Seorang muslim yang ingin memperbaiki diri hendaknya mencukupkan diri pada nasehat langsung dari Al Qur'an dan Hadits atau dari pendapat ulama yang berdasarkan pada kedua sumber utama Islam tersebut.
Tentang waktu kematian adalah rahasia Allah, tidak ada yang tahu kapan, di mana dan bagaimana seseorang akan mati.
Karena kematian menyangkut terpisahnya Ruh dengan badan. Dan tidak ada yang tahu banyak tentang masalah Ruh kecuali Allah.

Firman Allah...
" Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, "Ruh itu urusan Tuhanku, sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit..."
( QS Al Isra' : 85 )

Berdakwah itu hendaknya jangan hanya untuk mencari LIKE dari pembaca, tapi carilah LIKE ( Ridho ) dari Allah...
 

5 Kematian yang Tragis dan Aneh

Satu-satunya jaminan dan pasti terjadi di dalam kehidupan adalah kematian. Banyak hal-hal yang kita tidak pernah duga dan pikirkan sebelumnya yang dapat memandu kita menuju liang lahat. Kecerobohan adalah hal lain dari perwujudan takdir yang telah digariskan. Kecerobohan dan ketidakberutungan menjadi pemicu terhentinya detak jantung untuk selamanya.
1. Taylor Mitchell Tewas Digigit Coyote (2009)
 Taylor Mitchell, seorang penyanyi/musisi folk asal Kanada saat itu sedang hiking di hutan Taman Nasional Kanada. Namun dalam perjalanannya ia diserang setidaknya oleh dua ekor anjing hutan (coyote), akibatnya ia mendapatkan luka gigitan di beberapa bagian tubuh dan hingga akhirnya meninggal dunia. 
Dalam keadaan kritis ia kemudian dibawa dengan menggunaka pesawat menuju rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan. Mitchell kemudian dinyatakan meninggal dunia keesokan paginya.
Coyote bukanlah hewan hutan yang biasa menyerang manusia, terlebih di siang hari bolong. Namun kematian tidak pernah dapat kita duga kedatangannya.
2. Jennie Mitchel Mati Akibat Ledakan Botol Pewarna Rambut (2010)
Merokok dapat membunuh Anda dengan berbagai cara. Ungkapan tersebut dibuktikan oleh peristiwa naas yang menimpa seorang remaja berprofesi sebagai penata rambut. Saat itu ia sedang mengendarai mobilnya menuju rumah untuk menata rambut ibunya. Namun Jennie yang saat itu sedang mencoba menikmati perjalanannya dengan merokok di dalam mobil, bertindak ceroboh. Ketika ia mencoba menyalakan rokoknya sekaligus berusaha menyetabilkan laju kendaraan, alat pemantik rokok otomatis dari dashboard mobil terjatuh menimpa sebuah botol pewarna rambut yang mengandung hidrogen peroksida. 
Akibatnya botol itu meledak seketika dan membakar tubuh sekaligus mobilnya. Jennie terbakar hidup – hidup di dalam mobil yang tidak terkendali dan keluar dari jalan raya. Seseorang yang melihatnya mencoba untuk menolongnya, namun hal tersebut terlihat sia-sia karena tidak bisa berbuat banyak. Ia hanya menyaksikan Jennie yang berteriak menjerit kesakitan. Nah bagi Anda pengendara mobil, maka sebaiknya berhati-hati jika ingin merokok.
3. Robert Gary Jones Tertabrak Pesawat (2010)
Sebuah peristiwa naas dan mematikan menimpa seorang pria yang sedang berjogging sambil mendengarkan musik dari Ipod, ia tewas mengenaskan ketika sebuah pesawat yang terpaksa melakukan pendaratan darurat, di Georgia, Amerika serikat.
Robert Gary Jones (38th), seorang ayah yang sedang bergembira menikmati pulang kampungnya, untuk menghadiri pesta ulang tahun putrinya yang ke-3 tahun. Sebelumnya ia harus sibuk mencari nafkah di South Carolina. Namun rupanya sebuah pesawat mengalami gangguan pada kaca depannya yang tersemprot oleh cairan oli yang keluar dari baling-balingnya. Akibatnya pesawat tersebut tidak mungkin untuk melanjutkan perjalanannya ke Chesapeake, Virginia, dan pilot pesawat memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat.
Namun naas pesawat itu harus mendarat di pesisir pantai, bukanya lautan lepas seperti yang diduga oleh sang pilot. Dan Robert yang sedang berjogging pun tewas tertabrak oleh pesawat yang berusaha mendarat. Pilot yang merasa bersalah mengatakan ia tidak bisa melihat dengan jelas apa yang ada dihadapannya, dan sulit membedakan antara pasir dan air laut.
4. Acton Beale Mati Berbaring di Balkon (2011)
 
Ya, berbaring di pagar, tembok balkon apartemen dapat membunuh seseorang. Hal itu dialami oleh Acton Beale, ia terjatuh ketika sedang berbaring di atas tembok balkon apartemenya yang terletak di lantai 7. Saat itu ia sebenarnya sedang mencoba untuk berbaring dan menyejajarkan dirinya dengan permukaan tembok balkon, namun peristiwa naas terjadi saat ia keliru memilih pijakan kakinya. Paramedis pun datang tak lama setelah Beale terjatuh, namun mereka terlambat menyelematkan jiwanya
5. Savannah Hardin Meninggal Karena Lugu (2012)
Savannah Hardin, perempuan berusia sembilan tahun, meninggal dunia akibat berbohong kepada nenek dan ibu tirinya, hanya untuk sebuah permen.
Waktu itu minggu sore di Kota Alabama, Savannah dipaksa untuk berlari selama tiga jam tanpa henti oleh nenek dan ibu tirinya sebagai hukuman akibat berbohong. Namun setelah beberapa lama ia pun jatuh lemas dan tak bergerak di atas tanah tempatnya berlari. Saat itu ia harus mendapatkan alat bantu hidup, namu demikian ayahnya memutuskan hal tersebut tidak akan membawanya kembali. Saat peristiwa peghukuman itu terjadi sang ayah sedang berada di luar kota.
Atas perbuatannya, baik nenek maupun ibu tiri Savannah terjerat hukuman pasal pembunuhan.
“Aku tidak mengerti kenapa dua orang ini tega menyiksa seorang gadis berusia sembila tahun. Kenapa gadis semuda dan penggembira ini harus mati mengenaskan sebelum aku,” ucap sang ayah yang bersedih.
 sumber : www.kaskus.co.id

Keadaan Ruh dan Jasad ketika dalam Kubur

Marcelina (Mardhiyah) – Rabu, 27 Rabiul Awwal 1435 H / 29 Januari 2014 07:35 WIB
sigitAssalamu’alaikum Ust,
Pertanyaan saya: ketika seseorang meninggal dunia berarti rohnya sudah dicabut oleh Allah sedangkan alam kubur atau alam barzah adalam alam ke empat di mana seseorang akan berada di sana untuk menunggu alam akhirat tiba. Bagaimana keadaan seseorang yang dalam kuburan itu? apakah rohnya yang sudah dicabut akan dikembalikan ke jasad yang sudah di dalam kuburan itu sehingga ia kembali utuh seperti waktu ia hidup dan menunggu hari kiamat?  Bagaimana juga keadaan seseorang yang sudah dalam kuburan itu ketika menjawab pertanyaan dari malaikat? apakah malaikat bertanya kepada jasad yg sudah dikubur itu saja atau rohnya sudah dipasang lagi ketika malaikat mau bertanya padahal saat kita meninggal kan roh kita sudah dicabut. minta penjelasannya.Trimakasih sebelumnya.
Waalaikumussalam Wr Wb
Saudara Marhamah yang dirahmati Allah swt
Didalam hadits yang diriwayatkan dari al Barro bin ‘Azib bahwasanya Rasulullah saw bersabda,”Berlindunglah kalian kepada Allah dari adzab kubur—beliau menyebutkan 2 atau 3 kali—kemudian berkata,’Sesungguhnya seorang hamba yang beriman apabila akan berakhir (hidupnya) di dunia dan akan mengawali akheratnya maka turunlah para malaikat dari langit dengan berwajah putih seperti matahari dengan membawa kain kafan dan wewangian dari surga dan mereka duduk disisinya sejauh mata memandang.
Kemudian datanglah malaikat maut dan duduk disebelah kepalanya dengan mengatakan,”Wahai jiwa yang tenang keluarlah menuju ampunan dari Allah dan keredhoan-Nya.’ Beliau saw bersabda,’Maka keluarlah ruhnya seperti tetesan air dari bibir orang yang sedang minum maka dia (malaikat maut) pun mengambilnya. Dan tatkala dia mengambilnya maka para malaikat (yang lain) tidaklah membiarkannya berada ditangannya walau hanya sesaat sehingga mereka mengambilnya dan menaruhnya diatas kafan yang terdapat wewangian hingga keluar darinya bau semerbak kesturi yang membuat wangi permukaan bumi.’
Beliau saw bersabda,’Mereka kemudian naik (ke langit) dengan membawa (ruh) orang itu dan tidaklah mereka melewati para malaikat kecuali mereka bertanya,’Ruh yang baik siapa ini?’ Mereka menjawab,’Fulan bin Fulan, dengan menyebutkan nama terbaik yang dimilikinya di dunia’ sehingga mereka berhenti di langit dunia. Mereka pun meminta agar dibukakan (pintu) baginya maka dibukalah (pintu itu) bagi mereka dan mereka berpindahlah ke langit berikutnya sehingga sampai ke langit ketujuh dan Allah mengatakan,’Tulislah kitab hamba-Ku ini di ‘illiyyin dan kembalikanlah ke bumi, sesungguhnya darinyalah Aku ciptakan mereka dan kepadanyalah Aku mengembalikan mereka dan darinya pula Aku mengeluarkan mereka sekali lagi.’
Beliau saw bersabda,’Dan ruh itu pun dikembalikan ke jasadnya. Kemudian datanglah dua malaikat yang mendudukannya dan bertanya kepadanya,’Siapa Tuhanmu?’ dia pun menjawab,’Tuhanku Allah.’ Keduanya bertanya lagi,’Apa agamamu?’ dia menjawab,’Agamaku Islam.’ Keduanya bertanya,’Siapa lelaki yang diutus kepada kalian ini?’ dia menjawab,’Dia adalah Rasulullah saw.’ Keduanya bertanya lagi,’Apa ilmumu?’ dia menjawab,’Aku membaca Al Qur’an, Kitab Allah, aku mengimaninya dan membenarkannya.’
Terdengarlah suara yang memanggil dari langit,’Karena kebenaran hamba-Ku maka hamparkanlah (suatu hamparan) dari surga, pakaikanlah dengan pakaian dari surga, bukakanlah baginya sebuah pintu menuju surga.’ Beliau saw bersabda,’maka terciumlah wanginya serta dilapangkan kuburnya sejauh mata memandang.’
Beliau bersabda,’Datanglah seorang laki-laki berwajah tampan, berbaju indah dengan baunya yang wangi mengatakan,’Bahagialah engkau di hari yang engkau telah dijanjikan.’ Orang (yang beriman) itu mengatakan,’Siapa angkau? Wajahmu penuh dengan kebaikan’ dia menjawab,’Aku adalah amal shalehmu.’ Orang itu mengatakan,’Wahai Allah, segerakanlah kiamat sehingga aku kembali kepada keluarga dan hartaku.’
Beliau saw bersabda,’Sesungguhnya seorang hamba yang kafir apabila akan berakhir (hidupnya) di dunia akan akan mengawali akheratnya maka turunlah para malaikat dari langit yang berwajah hitam dengan membawa kain dan merekapun duduk disisinya sejauh mata memandang kemudian datang malaikat maut dan duduk disebelah kepalanya dengan mengatakan,’Wahai jiwa yang buruk, keluarlah menuju amarah dan murka Allah.’
Beliau saw bersabda,’maka dipisahkanlah ruh dari jasadnya seperti duri yang dicabut dari kain yang basah kemudian malaikat (maut) pun mengambilnya dan tatkala malaikat maut mengambilnya maka mereka (malaikat lain) tidaklah membiarkannya berada di tangannya walau sesaat sehingga meletakkannya dikain itu dan dibawanya dengan bau bangkai busuk yang meyebar di permukaan bumi. Mereka pun membawanya dan tidaklah mereka melintasi malaikat kecuali mereka bertanya,’Ruh buruk milik siapa ini?’ mereka menjawa,’Fulan bin Fulan dengan menyebutkan nama yang paling buruknya di dunia.’
Kemudian mereka sampai di langit dunia dan meminta untuk dibukakan (pintu) baginya maka tidaklah dibukakan baginya kemudian Rasulullah saw membaca firman-Nya,”Sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga hingga unta masuk ke lobang jarum.” Kemudian Allah berkata,’Tulislah kitabnya di sijjin di bumi yang paling rendah maka ruhnya dilemparkan dengan satu lemparan. Kemudian beliau saw membaca,”Dan barangsiapa mempersekutukan sesuatu dengan Allah, maka dia seolah-olah jatuh dari langit lalu disambar burung, atau diterbangkan ke tempat yang jauh.’
Ruhnya pun dikembalikan ke jasadnya dan datanglah dua malaikat mendudukannya seraya bertanya,”Siapa Tuhanmu?’ maka dia menjawab,’a..a… aku tidak tahu.’ Keduanya bertanya.’Apa agamamu?’ dia menjawab,’a…a…aku tidak tahu.’ Keduanya bertanya,’Siapa laki-laki yang diutus kepadamu ini?’ dia menjawab,’a…a…aku tidak tahu.’ Maka terdengar seruan dari langit.’ Karena pendustaan (nya) maka hamparkanlah (suatu hamparan) dari neraka dan bukakan baginya suatu pintu munuju neraka dan terasalah panas serta angin panasnya bagi orang itu dan dia pun dihimpit oleh kuburnya sehingga hancur tulang-tulangnya.
Datanglah seorang laki-laki yang berwajah buruk dengan pakaian yang bau busuk dan mengatakan,”Bergembiralah kamu dihari yang buruk bagimu yang telah dijanjikan ini.’ Orang itu berkata,’Siapa kamu dengan wajahmu yang penuh dengan kajahatan.’ Dia menjawab,’Aku adalah amal burukmu.’ Orang itu pun berkata,’Wahai Allah janganlah engkau adakan kiamat.” (HR. Ahmad)
Hadits diatas menjelaskan tentang keadaan ruh seseorang saat berpisah dari jasadnya pada saat sakaratul maut. Kemudahan saat itu dialami oleh seorang yang beriman sementara kesulitan yang luar biasa dialami oleh seorang yang kafir.
Hadits itu pun menjelaskan bahwa ruh yang dibawa menuju langit setelah terlepas dari jasadnya kemudian dikembalikan lagi ke jasadnya di bumi untuk merasakan fitnah kubur, yaitu pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh dua malaikat tentang siapa tuhannya, nabi-Nya dan agamanya.
Seorang yang beriman diberikan kemudahan didalam menjawab pertanyaan itu, sebagaimana janji Allah swt kepadanya, firman-Nya :
يُثَبِّتُ اللّهُ الَّذِينَ آمَنُواْ بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللّهُ مَا يَشَاء
Artinya : “Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang dia kehendaki.” (QS. Ibrahim : 27)
Sebaliknya dengan keadaan seorang yang kafir, ia tidak sanggup menjawab semua pertanyaan tersebut dikarenakan kekufurannya.
Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan bahwa hadits itu memberikan pengetahuan bahwa ruh tetap ada setelah berpisah dari badannya berbeda dengan orang-orang sesat dari kalangan ahli kalam. Ruh itu juga naik (ke langit) dan turun (darinya) berbeda dengan orang-orang sesat dari kalangan ahli ilsafat. Serta ruh dikembalikan ke badan lalu orang yang meninggal itu akan ditanya maka ia akan mendapatkan nikmat atau adzab sebagaimana pertanyaan yang diajukan oleh malaikat penanya. Didalam kubur itu amal shaleh atau buruknya akan mendatanginya dengan suatu bentuk yang baik atau buruk.
Wallahu A’lam
Ustadz Sigit Pranowo Lc
Bila ingin memiliki  karya beliau dari  kumpulan jawaban jawaban dari Ustadz Sigit Pranowo LC di Rubrik Ustadz Menjawab , silahkan kunjungi link ini :
Resensi Buku : Fiqh Kontemporer yang membahas 100 Solusi Masalah Kehidupan…


Dahsyatnya Padang Mahsyar


Dahsyatnya Padang Mahsyar

Allah akan mengumpulkan seluruh manusia setelah mereka bangkit dari kuburnya. Mereka berjalan menuju mahsyar, sebuah tempat di mana Allah akan kumpulkan makhluk yang pertama hingga yang terakhir. Mahsyar adalah sebuah tempat yang rata. Tidak ada tempat yang tinggi, tidak pula ada gunung maupun bukit. Tempat yang rata, semua makhluk akan berkumpul di sana.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Sahl bin Sa’d z, Rasulullah  Shalallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda:
“Umat manusia akan digiring pada hari kiamat ke (mahsyar). Sebuah medan yang luas. Tanahnya berwarna putih seperti bundaran roti yang bersih.” Sahl z dan selainnya berkata: “Tidak ada di sana tanda (tempat keberadaan) bagi seorangpun.” (HR. Al-Bukhari no. 6521 dan Muslim no. 790)

Matahari didekatkan kepada makhluk
Matahari akan didekatkan terhadap kepala makhluk, sehingga semakin memberatkan dan menakutkan mereka. Itulah di antara peristiwa yang amat dahsyat di padang mahsyar. Maka, keluarlah keringat mereka yang akan menyiksa pemiliknya sesuai dosa-dosa mereka ketika hidup di dunia. Sebagaimana sabda Rasulullah  Shalallahu ‘Alaihi Wasalam:
“Pada hari kiamat, matahari didekatkan jaraknya terhadap makhluk hingga tinggal sejauh satu mil.” –Sulaim bin Amir (perawi hadits ini) berkata: “Demi Allah, aku tidak tahu apa yang dimaksud dengan mil. Apakah ukuran jarak perjalanan, atau alat yang dipakai untuk bercelak mata.”–

Beliau Shalallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda: “Maka manusia tersiksa dalam keringatnya sesuai dengan kadar amal-amalnya (yakni dosa-dosanya). Maka, di antara mereka ada yang keringatnya sampai kedua mata kakinya. Ada yang sampai kedua betisnya. Adapula yang sampai pinggangnya. Ada juga yang keringatnya sungguh-sungguh menyiksanya.” –Perawi berkata: “Rasulullah  Shalallahu ‘Alaihi Wasalam menunjuk dengan tangannya ke mulutnya.” (HR. Muslim no. 2864)

Juga hadits dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah  Shalallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda:
“Sesungguhnya keringat manusia itu pada hari kiamat akan membanjiri bumi selebar tujuhpuluh depa, dan sungguh akan membanjiri sampai setinggi mulut atau telinga mereka.”  (HR. Muslim)

Seandainya ada yang bertanya, kalau di dunia maka bila matahari mendekat sedikit saja dari garis edarnya, wajarnya bumi akan terbakar. Maka, bagaimana mungkin hal ini akan terjadi dengan jarak sedemikian dekat namun tidak membakar makhluk?

Jawabannya, kata Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin t, manusia akan dibangkitkan lalu digiring ke padang mahsyar pada hari kiamat bukan dengan kekuatan yang ada pada mereka ketika hidup di dunia. Bahkan mereka lebih kuat dan lebih mampu. Bila manusia sekarang ini berdiri selama 50 hari di bawah terik matahari, tidak berteduh, tidak makan dan tidak minum, mereka tidak mungkin mampu melakukannya. Mereka akan binasa. Namun pada hari kiamat, mereka mampu bediri selama 50 tahun tanpa makan dan minum ataupun berteduh, kecuali beberapa golongan yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala naungi. Mereka mampu menyaksikan kegerian-kengerian yang terjadi. Perhatikanlah keadaan penghuni neraka yang disiksa, mereka tidak binasa karenanya.

“Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain…” (An-Nisa’: 56)

Oleh karena itulah, Rasulullah memberikan contoh kepdaa umatnya untuk senantiasa meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari berbagai kesempitan dan kengerian yang akan terjadi pada hari kiamat. Sebagaimana dalam hadits Aisyah ra:

“Adalah Rasulullah  Shalallahu ‘Alaihi Wasalam senantiasa meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari kesempitan-kesempitan di mahsyar pada hari kiamat.” (HR. Abu Dawud, An-Nasa’i dan Ibnu Majah)

Golongan yang akan mendapatkan naungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala
Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan rahmat dan keutamaan-Nya akan memberikan naungan kepada sebagian hamba-Nya, pada hari yang sangat panas. Tidak ada naungan pada hari itu kecuali naungan-Nya, yaitu di padang mahsyar tatkala mereka menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Beberapa golongan yang akan mendapatkan naungan-Nya, yaitu naungan Arsy-Nya, adalah sebagaimana yang Rasulullah  Shalallahu ‘Alaihi Wasalam sebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah z. Beliau  Shalallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda:

“Ada tujuh golongan yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan menaungi mereka di bawah naungan Arsy-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan Arsy-Nya. Mereka adalah (1) imam (pemimpin) yang adil, (2) pemuda yang tumbuh dalam peribadahan kepada Rabbnya, (3) orang yang hatinya terkait di masjid, (4) orang yang saling mencintai karena Allah, berkumpul karena-Nya dan berpisah karena-Nya, (5) seorang lelaki yang diajak (berzina) oleh seorang wanita yang berkedudukan lagi cantik, namun dia berkata: ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah’, (6) orang yang bersedekah namuan merahasiakannya, sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan (7) orang yang mengingat Allah dalam keadaan sendirian hingga berlinang air matanya.” (Muttafaqun ‘alaih)

Dalam riwayat yang lain, Rasulullah  Shalallahu ‘Alaihi Wasalam bersabda:
“Ada tujuh golongan yang Allah Subhanahu Wa Ta’ala  akan menaungi mereka dalam naungan Arsy-Nya….” (HR. Sa’id bin Manshur’)

Maka, riwayat ini menjelaskan bahwa yang dimaksud naungan-Nya adalah naungan Arsy-Nya, bukan naungan Dzat-Nya.

Golongan lain yang juga akan mendapatkan naungan Arsy-Nya adalah:
“Barangsiapa yang memberi kelonggaran kepada orang yang sedang kesulitan (membayar hutang) atau membebaskan (hutang tersebut) darinya, niscaya Allah akan menaunginya dalam Arsy-Nya.” (HR. Muslim no. 3006)

http://www.kampungakhirat.com/
http://www.club-pecinta-alquran.com/

Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjadikan kita semua termasuk golongan mereka. Amin Ya Allah, lindungi kami


Ahad, 17 November 2013

Keadaan Manusia Ketika Di Padang Mahsyar




Setelah selesai penghalauan seluruh manusia ke Padang Mahsyar dihari kiamat itu, jadilah manusia-manusia itu dalam satu arena yang sangat luas. Di situ semua manusia berkumpul iaitu sejak zaman Nabi Adam a.s. hingga manusia yang paling akhir dimatikan.

Mereka semua disuruh berbaris dan menunggu satu pemeriksaan yang menakutkan dalam Persidangan Mahkamah Allah . Masing-masing diliputi rasa takut dan khuatir, sedih dan gelisah , binggung, bimbang dan panik. Masing-masing menyesal diri dan tertanya-tanya, ke neraka manakah aku ini.

Bagi mereka yang berbuat dosa di dunia ini akan menanti dengan penuh rasa debar dan gementar kalau boleh mahu dihidupkan semula didunia dan mahu jadi hamba yang taat dan patuh dengan hukum-hakam Allah. Tapi apakan daya nasi sudah menjadi bubur. Kini mereka menanti apakah pembalasan yang akan Allah timpakan.

Dalam upacara di Padang Mahsyar, semua manusia akan berbaris dan berkumpul dengan pemimpin-pemimpin yang mereka ikuti sewaktu hidup didunia dahulu. Sebagaimana telah diditegaskan dalam firman Allah yang berbunyi ;


“ Ingatlah suatu hari ( yang dihari itu ), kami panggil tiap umat dengan pemimpinya”

Di perhimpunan agung Padang Mahsyar itu akan di pasang bendera, sepanduk dan panji-panji sebagai tanda pengenal golongan umat manusia. Bendera dan panji-panji itulah yang disebut “ Liwaul hamdi ’’ iaitu bendera pujian . Umat Islam akan berbaris dengan beberapa barisan dibawah panji-panji, sesuai dengan apa yang telah mereka ta'ati dalam hidupnya.

Apakah ia ahli yang jujur, seorang zalim, zuhud, dermawan , syuhada, qari, muadzin dan sebagainya, ini semua akan ada panji-panjinya dan pemimpin-pemimpinya sendiri.

Dalam satu riwayat bahawa Rasulullah s.a.w ditanya tentang bendera pujian mengenai panjang dan lebarnya. Maka baginda bersabda; “ Panjangnya dapat di tempuh 1000 tahun, dimana tertulis ‘ Laillaha illallah Muhamadarasulullah ‘. Dan lebarnya antara langit dan bumi.. Adapun bahannya dari yakut yang merah, tiangnya dari perak yang putih dan zabarjut yang hijau. Ia mempunyai tiga buah menara dari Nur ( cahaya ). Satu cahaya kearah timur, satu cahaya ditengah-tengah dunia dan yang satunya berada di arah barat. 


Pada menara itu tertulis 3 baris; Baris pertama tertulis;‘ Bismillahir Rahman Nir Rahim’ Ertinya: Dengan nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyanyang.

Baris kedua tertulis; ‘Alhamdulillah hirabbil Alamin’ –Ertinya; Segala puji bagi Allah seru sekelian Alam.

Baris ketiga tertulis ;‘Laillaha illallah muhamadarasulullah’ –Ertinya; Tiada Tuhan selain Allah dan Muhamad adalah utusan Allah.

Adapun setiap baris jaraknya dapat ditempuh 1000 tahun . Disamping terdapat 70,000 bendera. Setiap satu bendera dibawahnya terdapat 70,000 barisan malaikat, setiap barisan terdiri dari 50,000 melaikat yang sama bertasbih kepada Allah dan meMaha-sucikan-Nya”.

Perlu dimaklumi bahawa sifat-sifat dan keadaan ‘Liwaul Hamdi’ ini mungkin banyak menimbulkan pertanyaan bagi akal. Namun kerana itu adalah satu hal yang ghaib, maka Allahlah yang Maha Mengetahui sebenarnya dan Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Imam Al-jurjani menerangkan makna ‘Liwaul Hamdi’ . Bendera pujian berada pada kekuasaan Allah. Bahawasanya berdera itu dipasang pada sisi Nabi Muhamad s.a.w. Adapun para mukmin berada di kanan kiri bendera Nabi s.a.w, sedangkan orang kafir berada dalam azab sengsara bersedia untuk menjadi kayu bakar api neraka selama bendera itu dipasang dan berkibar. Jika bendera itu dipindahkan, maka dikala itu orang-orang kafir akan dihalau untuk terjun ke dalam neraka. Waliya Zubillah..

Bendera-bendera itu akan dipegang oleh pemimpin-pemimpin kebenaran dan dibawahnya terdapat barisan-barisan pengikutnya. Bendera itu di pasang dan dikibarkan oleh :

Bendera Pertama- Bendera Kebenaran
Bendera ini akan dikibarkan oleh Sayidina Abu Bakar As Siddiq. Bagi semua orang yang benar dan jujur dan akan berada di bawah naungan panji-panji ini.

Bendera Kedua- Bendera Fuqaha
Bendera ini akan dikibarkan oleh Sayidina Muaz bin Jabal r.a . Bagi semua orang yang alim fiqih akan berada dibawah naungan panji-panji ini.

Bendera Ketiga- Bendera Zuhud
Bendera ini akan di kibarkan oleh Sayidina Abu Dzar r.a . Bagi semua manusia yang menjiwai dan hidup cara Zuhud akan berada dibawah bendera ini.

Bendera Keempat- Bendera Dermawan
Bendera ini akan dikibarkan oleh Sayidina Usman bin Affan r.a . Bagi semua para dermawan akan berada dibawah bendera ini.

Bendera kelima- Bendera Syuhada
Bendera ini akan di kibarkan oleh Sayidina Ali r.a. Bagi setiap orang yang mati syahid akan berada di bawah bendera ini. 


Bendera Keenam – Bendera Qurra’ 
Bendera ini akan di kibarkan oleh Ubbaya bin Kaab r.a . Bagi setiap para Qarri akan berada dibawah bendera ini.

Bendera Ketujuh- Bendera Muadzin
Bendera ini akan di kibarkan oleh Sayidina Bilal r.a. bagi semua para Muadzin akan berada dibawah bendera ini.

Bendera kelapan- Bendera ini bagi orang yang dibunuh secara aniaya. Bendera ini akan dikibarkan oleh Sayidina Hussain r.a. Bagi orang yang dibunuh dengan aniaya akan berada di bawah bendera ini.



Nota Tok Wan:

Agak-agak kita akan berada dibawah bendera yang mana ha ?


Salam Ukhuwah..~
 

Tiada ulasan: