Isnin, 30 Jun 2014

KAYA TAK BERKAT PUN TAK GUNA...TAMBAH TAK TAQWA...KAYA HASIL MENIPU...AMBIK RASUAH...AMBIK HAK ORANG LAIN...KAYA DENGAN BERGELUMANG DOSA NAK BUAT APA....ADAKAH MEMPEROLEHI SYURGA DIAKHIRAT NANTI

Nasi Ala Kadar RM2.50 jadi rebutan



Nasi Ala Kadar RM2.50 jadi rebutan

Murah dan paling penting, sedap
Murah dan paling penting, sedap
KOTA BHARU – Murah dan paling penting, sedap. Itulah gambaran tepat tentang Nasi Ala Kadar yang dijual dengan harga RM2.50 sebungkus di gerai berdekatan jalan utama di Kota Bharu, Kelantan.

Pemilik gerai itu, Muhamad Zulfadli Mustafa, 32, berkata, kenaikan harga barang tidak pernah mempengaruhinya untuk menaikkan harga nasi di gerai itu sejak dua tahun lalu.

“Kita jual RM2.50 satu hidangan dan ada juga pelanggan yang minta dengan harga RM3. Setiap pagi memang tidak menang tangan walaupun saya turut dibantu oleh seorang rakan kerana ramai pelanggan menyerbu datang ke sini untuk membeli.

“Walaupun murah kita jaga kualitinya dan paling penting pelanggan berpuas hati dan dapat menikmati Nasi Ala Kadar tanpa perlu membayar dengan harga mahal,” katanya kepada Sinar Harian.

Nasi Ala Kadar yang dimasak sendiri oleh Muhamad Zulfadli ialah nasi putih berlaukkan ayam goreng yang diperap menggunakan bahan-bahan istimewa ditambah dengan kuah gulai dan sedikit sayuran, sudah tentu menepati selera pagi masyarakat tempatan.

Menurut pemegang Ijazah Sarjana Muda Kejuruteraan Elektrik dari Universiti Malaysia Perlis itu, dia mampu menjual 260 bungkus nasi tersebut setiap pagi bermula jam 9 pagi hingga 12 tengah hari selama lima hari seminggu.

“Modal setiap hari RM300, ayam segar pula saya ambil terus dari tempat penyembelihan. Ramai pelanggan yang datang ialah pelajar sekolah, polis dan pekerja di kilang berdekatan.

“Saya memang sepenuh masa berniaga selepas habis belajar, sebab tiada peluang kerja jadi saya pilih perniagaan. Hasilnya memang menguntungkan,” katanya.

Katanya, beliau berharap mampu melebarkan lagi perniagaan itu dengan terus mengekalkan harga murah.
Sumber: Sinar Harian


Hadist Peristiwa Akhir Zaman”Orang Tak Perdulikan dari Mana Sumber Mendapatkan Harta”

OPINI | 31 July 2009 | 05:45  
Hadist Riwayat Imam Muslim yang artinya:
Daripada Abu Hurairah r.a. berkata, bersabda Rasulullah saw, “Akan datang suatu zaman seseorang tidak memperdulikan dari mana ia mendapatkan harta, apakah dari sumber yang halal atau pun haram”.
Zaman ini adalah zaman kesuburan medernisasi tetapi ketandusan rohani dan zaman materialistik, segala sesuatu harus di nilai dengan materi sudah terkuras nilai keikhlasan dalam kehidupan sosial. Manusia saling memangsa untuk mendapatkan kekayaan, mereka tidak perduli lagi dari mana ia dapatkan baik halal ataupun haram semuanya dicampurkan karena mereka telah dikuasai nafsu duniawi. Budaya malu sudah hilang di sanubari mereka, mengambil sesuatu harta bukan haknya sehingga amalan korupsi (KKN) di jadikan shortcut mencapai impian millioner.
Allah Ta’alah tidak membatasi ruang kita untuk mencari kekayaan di dunia ini tetapi hasilnya merupakan cobaan dengan 2 keadaan yang berbeda yaitu manusia tetap di uji dengan kemiskinan dan kadang-kadang dengan harta yang melimpah-limpah. Tentunya keadaan itu hanya sedikit memetik hikmahnya.
Orang yang kekurangan harta benda(miskin) ada dua keadaan juga yaitu:
1. Adakalah ia bersifat qana’ah yakni menerima apa yang ada sambil berusaha memperolehinya
2.Adakalah bersifat tamak dan haloba, yakni berkeinginan untuk memiliki hak orang dan juga sering berusaha keras dan bersungguh-sungguh dengan kebodohannya sehingga apa pun jalan sekalipun ia halalkan. ini merupakan sifat yang jijik dari pada sifat yg pertama yg merupakan hal yg terpuji.
Begitu juga golongan yang berharta, diantara mereka ada yang bersifat menggenggam rapat harta itu(bakhil) dan ada juga pemurah menurut kadar batas tertentu dengan mengharapkan imbalan apa yang dikeluarkannya. Dengan mengejar harta terkadang kita lalai dan keterlaluan sehingga bisa merusak keadaan sosial masyarakat bahkan merusak lingkungan(alam sekitar). Allah Swt berfirman dalam surat Takaathur ayat;1 “kamu telah dilalaikan oleh berlomba-lomba untuk mendapatkan harta” sehubungan dengan itu, Rasulullah Saw bersabda ; “Sesungguhnya celaka hamba dinar dan celaka pula hamba dirham. ia celaka dan tak tertolong lagi sedang jikalau tertusuj oleh duri(fitnah dunia), tak akan dapat dikeluarkan lagi”
Dari hadist di atas di jelaskan ttg orang yang sangat mencintai harta di ibaratkan menyembahnya, maka ia adalah hamba kepada harta atau mempertuhankan harta itu. Sedangkan kita ketahui bahwa Tuhan kita hanya satu yaitu Allah Rabbil Alamin dan kenapa dikatakan mempertuhankan harta? karena ia menghalangnya dari menyembah kepada Allah subhanahu wa Taalah atau melanggar peraturan2 yang ditetapkan bahkan tidak suka melaksanakan hak-hakNya.
KKN adalah penyakit,bara, kanker dari cinta harta….mereka munafik yang meletakkan di bibirnya keadilan,ketulusan,kejujuran dan mengatasnamakan rakyat tetapi hatinya di penuhi ketamakan, keserakaan, keculasan dan ambisi kemashuran akan harta. inilah penghancur sendi-sendi kemakmuran dan kesejahteraan negara bahkan tidak kurang menjual agama demi harta duniawi.
Ingatlah pesan Yahya bin Muaz yang berkata; ” Dirham yakni harta adalah bagaikan kala, jika engkau tidak pandai mengawasinya janganlah engkau pelihara sebab jika ia  telah menyengatmu, pasti engkau terbunuh (hati yg lalai/mati) akan racun(bisa-nya)” seorang temannya berkata ” Bagaimana cara mengawalnya itu?” Yahya menjawab” Caranya mengambil dari tempat yang halal dgn cara yg halal dan menempatkannya menurut hak yang sepatutnya”. Kemudian ia berkata lagi ” Ada dua bencana yang belum pernah di dengar oleh org2 dahulu dan belakangan ini mengenai kehebatan tanggungan bagi seseorang akan harta miliknya setelah ia meninggal dunia yaitu harta itu akhirnya akan diambil(disita) seluruhnya dari orang yg memilikinya tadi(setelah mati), tetapi masih tetap dimintah agar bertabggubgjawab sepenuhnya terhadap keseluruhan harta itu”.
Subhanallah wa Nauzubillah di dunia saja tidak kurang di minta pertanggungjawaban akan hartanya bagaiman dengan di akherat nanti. Marilah kita mencari harta sebanyak-banyak dengan cara dan tempat yang benar karena ia akan di hisap kadar halalnya bukan banyaknya. Maka dengan ini saya tutup dengan Hadist Nabi:
” Sebaik-baiknya harta yang baik itu, untuk manusia yang baik” (hadist riwayat Ahmad dan Thabrani)
Wassalam

Antara tanda-tanda kiamat dan peristiwa akhir zaman

Dinasihatkan juga agar berjumpa dengan ustaz2 dan ulamak2 yang muktabar bagi mendapat penjelasan tentang hadith2 ini. Kerana jika membuat andaian2 sendiri itu namanya tidak bijak. Wallahu a’lam  :)
“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.” Surah Al A’raaf : Ayat 187

Tanda-tanda awal / kecil kiamat (alamat sughra)

- Seorang hamba sahaya perempuan dikahwini tuannya.
- Orang-orang miskin dan pekerjaannya mengembala kambing tiba-tiba menjadi para pemimpin manusia banyak.
- Para pengembala yang sama, bermegah-megahan dengan gedung-gedung besar dan tinggi-tinggi. Berlumba-lumba membina bangunan tinggi;- Daripada Abu Hurairah r.a. ia berkata; suatu ketika Rasulullah s.a.w. nampak di tengah-tengah orang ramai. Lalu baginda didatangi oleh seseorang yang menanyakan kepadanya: “Wahai Rasulullah s.a.w. bilakah terjadinya kiamat?” Nabi s.a.w. menjawab dengan bersabda: “Tidaklah orang yang ditanya mengenai masalah itu lebih mengetahui daripada yang bertanya. Akan tetapi aku akan memberitahukan kepadamu tentang tanda-tandanya. Iaitu, jika seorang ammah (hamba perempuan) melahirkan majikannya, itulah yang termasuk di antara tanda-tandanya. Juga apabila orang-orang yang tidak beralas kaki dan tidak berpakaian menjadi pemimpin masyarakat, maka itu juga di antara tanda-tandanya. Demikian pula apabila para pengembala domba berlumba-lumba meninggikan bangunan, maka itulah salah satu tandanya di antara tanda-tanda yang lima, yang mana tidak mengetahui yang sesungguhnya selain Allah SWT.” Kemudian baginda membacakan ayat berikut ini: “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sahajalah pengetahuan tentang hari kiamat, dan Dia-lah yang menurunkan hujan, serta mengetahui apa yang ada di dalam rahim”;- (Riwayat Ibn Majah).
Perhiasan Rumah Sama Dengan Perhiasan Pakaian;- Rasulullah s.a.w bersabda: Hari Kiamat tidak akan tiba, sehingga manusia membangun rumah dan melukisnya sebagai lukisan pakaian;- (Riwayat Bukhari)
Kebanggaan Masyarakat Dengan Membina Masjid;- Daripada Anas bin Malik r.a. berkata bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda: Tidak akan tiba hari kiamat, sehingga manusia bermegah-megah dan berlebih-lebihan dalam urusan masjid;- (Riwayat Abu Dawud).
Masjid Menjadi Tempat Urusan Dunia Sahaja;- Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda: Akan datang kepada manusia suatu masa, percakapan mereka dalam masjid hanyalah mengenai urusan dunia semata. Allah tidak memerlukan mereka. Dan janganlah kamu duduk bersama mereka (pada waktu dalam masjid);- (Riwayat Hakim).
Ahli Ibadah Yang Bodoh Dan Qari Yang Fasik;- Daripada Anas r.a. ia berkata bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda: Kelak, di akhir zaman, akan ada ahli ibadah yang bodoh dan para qari yang fasik;- (Riwayat Ibnu ‘Adi).
Golongan yang menjadikan lidahnya sebagai alat untuk mencari makan;- Daripada Sa’ad bin Abi Waqash r.a. berkata bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: Tidak akan terjadi kiamat, sebelum muncul suatu golongan yang mencari makan melalui lidah-lidah mereka, seperti sapi yang makan dengan lidah-lidahnya;- (Riwayat Ahmad).
Di antara prediksi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam  mengenai kondisi di era fitnah akhir zaman ialah merebaknya fenomena manusia tidak peduli dari mana sumber nafkahnya. Mereka tidak mempermasalahkan apakah sumber nafkahnya halal atapun haram. Yang penting bagi mereka ialah memperoleh penghasilan alias mendapat harta.

يَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لَا يُبَالِي الْمَرْءُ مَا أَخَذَ مِنْهُ أَمِنَ الْحَلَالِ أم من الْحَرَام
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Akan datang suatu zaman dimana manusia tidak peduli apakah hartanya diperoleh dengan jalan halal atau haram.” (HR Bukhari –Shahih)

Manusia di zaman itu akan lebih mengutamakan banyaknya harta, bukan halalnya harta yang dibawa pulang kepada anak-isterinya. Sebab bagi mereka mengejar keridhaan keluarga lebih utama daripada mengejar keridhaan Allah subhaanahu wa ta’aala.  Mereka memandang bahwa jika tidak bawa pulang banyak harta, walaupun haram, maka itu akan mendatangkan kekecewaan bahkan kemarahan anak-isterinya. Padahal membawa pulang banyak harta haram mendatangkan kemurkaan Allah. Dia lebih peduli melayani murka keluarganya daripada murka Allah subhaanahu wa ta’aala.

Di zaman dahulu ketika masih banyak orang sholeh di muka bumi, seorang isteri akan mengantar suaminya sampai pintu depan rumahnya di pagi hari menjelang suaminya pergi bekerja untuk mencari nafkah keluarga. Kemudian sang isteri akan berkata kepada suamnya: “Wahai suamiku, silahkan berangkat kerja -‘ala barokaatillah- semoga Allah memberkahimu. Namun tolong ingat baik-baik pesanku ini:
إننا نصبر على الجوع و العطش و لكننا لن نصبر على النار
Sesungguhnya kami (anak-isterimu) sabar menghadapi lapar dan haus, namun kami takkan pernah sabar menghadapi api neraka…!”
Isteri sholeheh lebih siap menghadapi sedikitnya penghasilan yang dibawa pulang suaminya asalkan semuanya halal. Sehingga sang isteri meyakinkan suaminya agar tidak usah khawatir jika hanya membawa pulang jumlah harta yang sedikit. Anak-isterinya telah menyatakan siap menghadapi kesulitan hidup bahkan kekurangan makan dan minum bila memang itu yang mesti dihadapi. Namun sang isteri dengan jujur mengingatkan suaminya betapa segenap anak-isterinya tidak akan sanggup jika harus masuk ke dalam api neraka sebagai akibat sang suami membawa pulang nafkah dari harta haram sekalipun jumlahnya banyak. Isteri sholehah meyakini nasehat Nabi shollallahu ‘alahi wa sallam  kepada sahabat Kaab bin Ujrah radhiyallahu ‘anhu:

يَا كَعْبَ بْنَ عُجْرَةَ إِنَّهُ لَا يَرْبُو لَحْمٌ نَبَتَمِنْ سُحْتٍ إِلَّا كَانَتْ النَّارُ أَوْلَى بِهِ

Rasulullah shollallahu ‘alahi wa sallam berkata: “Wahai Ka'ab bin 'Ujrah, tidaklah daging manusia tumbuh dari barang yang haram kecuali neraka lebih berhak atasnya.” (HR Tirmidzi – Shahih)
Wallahu'alam...



"Ada tiga perkara yg barangsiapa dapat mengumpulkan ketiga hal itu dalam dirinya, maka ia telah dapat mengumpulkan keimanan secara sempurna. Yaitu, (1) memperlakukan orang lain sebagaimana engkau suka dirimu diperlakukan oleh orang lain, (2) memberi salam terhadap setiap orang (yg dikenal maupun yg tidak), dan (3) mengeluarkan infaq di jalan Allah, meskipun hanya sedikit."
(HR. Bukhari)

 

Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS


Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS
Publish Date : الأحد 03 رمضان 1435 In Category : Muslim Affairs
Tsarnaev untuk Al-Mustaqbal Channel
ALEPPO, SYRIA – Kantor berita Daulah Islam wilayah Al-Halab Aleppo, menginformasikan sebuah sejarah, keadaan, infrastruktur dan lingkungan alam kota Aleppo. Dimana kota ini merupakan kota yang cukup indah pemandangannya. Kota ini memiliki peradaban sebelum 6000 tahun yang lalu dan wilayah ini pernah menjadi wilayah kekuasaan Turki Utsmani. Namun setelah runtuhnya Utsmaniyah, kemudian Prancis-Inggris-Rusia memecah wilayah melalui kesepakatan diplomat Perancis Francois George Picot dan diplomat Inggris Sir Mark Sykes Sehingga perbatasan setiap wilayah di Asia Barat mulai dibentuk menjadi negara kecil.
Kini kota tersebut sebagian besar wilayahnya berada di tangan Daulah Islam, setelah penaklukan terhadap tentara Suriah di wilayah Ambasador dan wilayah selatan Aleppo. Daulah Islam akan memperketat jalur perbatasan wilayah Aleppo karena timur Aleppo ada pasukan Sahawat dan Rezim Bashar Al Assad dan perbatasan utara ada pasukan Kurdi dan Turki.
Luas wilayah kota Aleppo 10.000 km², lebar 110 km dan panjang 120 km, berpenduduk 1,2 jt jiwa. Daulah Islam sedang dalam masa pembangunan di wilayah Aleppo Suriah. Daulah Islam telah membangun Madrasah, Kantor pengadilan, Pabrik, dan beberapa sarana untuk masyarakat.
Berikut ini hasil liputan kantor berita Daulah Islam :
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 1
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 2
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 3
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 4
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 5
Foto diatas merupakan gambaran keindahan kota Aleppo, Allah subhanahu wa ta’ala memberkahi negeri ini.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 6
Foto diatas ini adalah gedung pengadilan Daulah Islam di Aleppo, di kantor ini masyarakat bisa melapor dan berkeluh kesah jika mereka membutuhkan sesuatu.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 7
diatas ini merupakan kantor polisi, Daulah Islam memiliki polisi untuk menstabilkan keamanan Nasional, patroli ke setiap wilayah Daulah Islam untuk merazia hal-hal yang berbahaya di wilayah Daulah Islam.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 8
foto diatas adalah gedung lembaga menejemen legitimasi, advokasi, dan hisbah dan dakwah. Para karyawannya mengurusi pensyiaran Islam, mengajak umat untuk hidup lebih baik dan Islami.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 9
Ini merupakan percetakan Daulah Islam, ditempat ini mencetak banyak bulletin, leaflet, brosur dan segala kepentingan Publishing dan Dakwah Islam.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 10
Ini merupakan sekolah khusus anak perempuan, di sekolah ini ada 2.500 siswi, dan mereka banyak menghafal al-Qur’an di sekolah ini.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 12
Ini merupakan sekolah khusus anak laki-laki, Daulah Islam telah membuat kurikulum untuk seluruh sekolah di wilayah kekuasaan Daulah Islam di Iraq dan Suriah. Kurikulum yang benar sesuai ajaran Islam dan manhaj Salafush Sholih. Setiap mata pelajaran yang bertentangan dengan hukum Allah, maka dibuang.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 13
Foto diatas merupakan kantor militer Daulah Islam, dikantor ini setiap Mujahidin diajarkan bagaimana cara berperang yang baik. Berlatih strategi dan ketangkasan. Kantor ini juga menerima Mujahidin dari Luar Negeri untuk latihan bersama Daulah Islam.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 14
Foto diasa adalah kantor Departemen Hubungan Masyarakat, dikantor ini merupakan tempat menjalin persekutuan kepada suku-suku masyarakat dengan Daulah Islam. Kantor ini menjadi pusat pelayan publik.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 15
Ini merupakan gedung departemen Waqaf dan Tim Dakwah Daulah Islam, ditempat ini mengatur semua masjid yang berada di kawasan Daulah, Imam masjid ditentukan oleh kantor ini, seluruh masjid akan diurus oleh Daulah Islam, dan tidak boleh ada dakwah Murj’ah, Mu’tazilah, Khowarij, dan pemahaman-pemahaman menyimpang lainnya.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 16
Ini adalah kawasan Indutri pemompaan air, Daulah Islam memompa air untuk kebutuhan air minum, mandi, irigasi pertanian dan lain sebagainya. Dan penyaluran air ini Gratis dari Daulah Islam untuk masyarakat Aleppo.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 17
Daulah Islam memperbaiki listrik, kabel dan trafo yang rusak akibat pemboan dan efek perang.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 18
Foto diatas adalah perbaikan jalan, trotoar, dan kebersihan lingkungan. Daulah Islam mencoba memperbaiki struktur jalan dan menghiasinya agar terlihat indah.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 19
Ini merupakan pabrik Roti Daulah Islam, saat ini banyak permintaan penduduk untuk Roti gandum, dan Alhamdulillah Daulah Isla telah memasok banyak gandum untuk pembuatan Roti.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 20
Kantor Transportasi dan Lalu Lintas
Departemen Transportasi dan Lalu Lintas akan menyesuaikan kondisi transportasi dan lalu lintas, kemudian memperbaiki penataan jalan dan polisi lalu lintas berdiri di tempat-tempat ramai untuk mengatur lalu lintas.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 21
Ini merupakan kantor pusat pelayanan masyarakat, di kantor ini mendistribusikan berbagai macam makanan untuk masyarakat Suriah.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 22
Ini adalah bendungan Al Farouk, disini adalah pusat pembangkit listrik Daulah Islam, di bendungan ini Daulah menyediakan 6 turbin untuk membangkitkan listrik.
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 23
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 24
Ini adalah kota Manbej, kota ini berada ditengah kota Aleppo, Manbej merupakan kota tua yang kental peradaban sejak zaman Abasyiah
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 25
Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 25 Keindahan Kota Aleppo Di Bawah Naungan Daulah Islam – ISIS 26
Ini adalah kota maskanah, kota yang terkenal dengan peternakan Sapi, dan Produksi susu. Pertanian di kota ini juga akan dibangun dan dikembangkan oleh Daulah Islam.
Kantor Berita Wilayah Al-Halab
Daulah Islamiyah Fie Iraqi wa Syam

Tiada ulasan: