Posted on Thursday, August 14 @ 07:30:00 MYT
Dilulus untuk paparan oleh memo
Tuan Guru Haji Hadi difitnah mempertahankan MB Khalid Ibrahim kerana menantu beliau Zaharudin Mohamad telah diberikan jawatan di pejabat Kumpulan Perangsang, salah sebuah anak syarikat kerajaan negeri Selangor.
Ahli Parlimen Temerloh, Ustaz Nasrudin Hassan Tantawi turut dikaitkan mendapat habuan jawatan di pejabat Kumpulan Perangsang.
Pengerusi Kumpulan Perangsang, Raja Idris dikatakan mempunyai hubungan dengan Haji Hadi.
Disebabkan semua itu lah mereka semua dituduh bersungguh-sungguh mempertahankan MB Khalid Ibrahim.
Walaupun jika difikirkan secara logik, siapa saja yang menggantikan Khalid Ibrahim sebagai MB Selangor, jawatan itu kekal kepada mereka dan tiada keperluan mempertahankan MB Khalid jika hanya untuk kekal dengan jawatan itu.
Oleh itu, kaitan dengan jawatan dilihat sangat dangkal dan berniat jahat semata-mata.
Risalah ini juga dilihat cuba melaga-lagakan Tuan Guru Haji Hadi dengan Tuan Guru Nik Aziz apabila membangkitkan tentang kehadiran Tuan Guru Nik Aziz dalam mesyuarat Majlis Syura Ulama.
Perkara ini sebenarnya telah dijelaskan oleh Tuan Guru Nik Aziz yang menyatakan sokongan kepada MB Selangor Tan Sri Khalid. Malah keputusan Majlis Syura Ulama telah ditandatangani oleh Tuan Guru Nik Aziz sendiri dan Tuan Guru Haron Din
celahgelegar.blogspot.com
PEJUANGAN YANG IKHLAS TANPA MENHARAPKAN ANAK DAN MENANTU MEMEGANG JAWATAN SEBAGAI PENGERUSI DALAM GLC SELANGOR
YB RODZIAH SALLEH..
Exco Selangor daripada PKR Rodziah Ismail hari ini berkata beliau akan meletakkan jawatan daripada kabinet Tan Sri Khalid Ibrahim walaupun masih dialu-alukan oleh Menteri Besar Selangor itu.
YB RODZIAH SALLEH..
Exco Selangor daripada PKR Rodziah Ismail hari ini berkata beliau akan meletakkan jawatan daripada kabinet Tan Sri Khalid Ibrahim walaupun masih dialu-alukan oleh Menteri Besar Selangor itu.
" Saya mempunyai Maruah dan maruah saya itu tidak boleh dijual beli
dengan wang ringgit dan jawatan. Biarkan mereka yang gila kuasa duduk di
sana bersama sang pembelot dan rakannya yang lain "
Note :
Din Ayam dan Tantawi Vellfire tak terasa apa2 ker..??
Dapat Jawatan dalam GLC Selangor Din Ayam dapat gaji puluh ribu terus beli motor besar dan Tantawi beli Vellfire... Kenapa gaji kalian tidak diinfakkan dalam perjuangan Parti..??
Teuku Zacharyah Iskandar
Admin FB : Anak Muda Bangkit Hancurkan UMNO
Note :
Din Ayam dan Tantawi Vellfire tak terasa apa2 ker..??
Dapat Jawatan dalam GLC Selangor Din Ayam dapat gaji puluh ribu terus beli motor besar dan Tantawi beli Vellfire... Kenapa gaji kalian tidak diinfakkan dalam perjuangan Parti..??
Teuku Zacharyah Iskandar
Admin FB : Anak Muda Bangkit Hancurkan UMNO
LikeLike · · Share
PEJUANGAN YANG IKHLAS TANPA MENHARAPKAN ANAK DAN MENANTU MEMEGANG JAWATAN SEBAGAI PENGERUSI DALAM GLC SELANGOR
YB RODZIAH SALLEH..
Exco Selangor daripada PKR Rodziah Ismail hari ini berkata beliau akan meletakkan jawatan daripada kabinet Tan Sri Khalid Ibrahim walaupun masih dialu-alukan oleh Menteri Besar Selangor itu.
JIKA ada seseorang yang menuduh orang lain, pasti Anda menganggap itu sebagai fitnah. Dan Anda juga pasti pernah mendengar, fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Lalu apa sih sebenarnya fitnah itu? Dan apakah benar fitnah lebih kejam daripada pembunuhan?
Fitnah dalam Bahasa Arab disebut dengan kata “Fitnatun, fitanun”. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata fitnah diartikan sebagai perkataan yang bermaksud menjelaskan orang. Kata fitnah dalam Al-Qur’an mempunyai makna yang berbeda. Al-Raghib Al-Ashfahani, dalam mufrodhatnya, menjelaskan bahwa fitnah terambil dari akar kata fatanah yang pada mulanya berarti membakar emas untuk mengetahui kadar kualitasnya. Kata tersebut digunakan Al-Qur’an dalam arti “memasukkan ke neraka”, atau siksaan seperti dalam QS. Az-Zariyat/51: 13-15.
Artinya: “(Hari pembalasan itu) ialah pada hari ketika mereka diazab di atas api neraka. (Dikatakan kepada mereka): ‘Rasakanlah azabmu itu. Inilah azab yang dulu kamu minta untuk disegerakan,’” (QS Az Zariyat/ 51: 13- 15).
Kata fitnah juga digunakan, berdasar pemakaian asal kata di atas, dengan arti menguji, baik ujian itu berupa nikmat (kebaikan) maupun kesulitan (keburukan). Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Anbiya’: 35.
Artinya: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan,” (QS. Al-Anbiya’: 35).
Di dalam Al-Qur’an kata fitnah terulang tidak kurang dari 30 kali, dan tidak satupun yang mengandung makna seperti dikemukakan oleh kamus besar bahasa Indonesia. Karena itu, tidaklah tepat mengartikan ayat “Al-Fitnatu Asyadu min Al-Qatl” (QS. Al-Baqarah: 217) dengan makna memfitnah membawa berita bohong dan menjelekkan orang lain (lebih kejam) atau lebih besar dosanya daripada melakukan pembunuhan.
Artinya: ”…dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya) daripada membunuh…,” (QS. Al-Baqarah: 217).
YB RODZIAH SALLEH..
Exco Selangor daripada PKR Rodziah Ismail hari ini berkata beliau akan meletakkan jawatan daripada kabinet Tan Sri Khalid Ibrahim walaupun masih dialu-alukan oleh Menteri Besar Selangor itu.
" Saya mempunyai Maruah dan maruah saya itu tidak boleh dijual beli
dengan wang ringgit dan jawatan. Biarkan mereka yang gila kuasa duduk di
sana bersama sang pembelot dan rakannya yang lain "
Note :
Din Ayam dan Tantawi Vellfire tak terasa apa2 ker..??
Dapat Jawatan dalam GLC Selangor Din Ayam dapat gaji puluh ribu terus beli motor besar dan Tantawi beli Vellfire... Kenapa gaji kalian tidak diinfakkan dalam perjuangan Parti..??
Teuku Zacharyah Iskandar
Admin FB : Anak Muda Bangkit Hancurkan UMNO
Note :
Din Ayam dan Tantawi Vellfire tak terasa apa2 ker..??
Dapat Jawatan dalam GLC Selangor Din Ayam dapat gaji puluh ribu terus beli motor besar dan Tantawi beli Vellfire... Kenapa gaji kalian tidak diinfakkan dalam perjuangan Parti..??
Teuku Zacharyah Iskandar
Admin FB : Anak Muda Bangkit Hancurkan UMNO
Jasni Asnawi's photo.
Apa Itu Fitnah?
Ahad 19 Jamadilakhir 1435 / 20 April 2014 20:30JIKA ada seseorang yang menuduh orang lain, pasti Anda menganggap itu sebagai fitnah. Dan Anda juga pasti pernah mendengar, fitnah lebih kejam daripada pembunuhan. Lalu apa sih sebenarnya fitnah itu? Dan apakah benar fitnah lebih kejam daripada pembunuhan?
Fitnah dalam Bahasa Arab disebut dengan kata “Fitnatun, fitanun”. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata fitnah diartikan sebagai perkataan yang bermaksud menjelaskan orang. Kata fitnah dalam Al-Qur’an mempunyai makna yang berbeda. Al-Raghib Al-Ashfahani, dalam mufrodhatnya, menjelaskan bahwa fitnah terambil dari akar kata fatanah yang pada mulanya berarti membakar emas untuk mengetahui kadar kualitasnya. Kata tersebut digunakan Al-Qur’an dalam arti “memasukkan ke neraka”, atau siksaan seperti dalam QS. Az-Zariyat/51: 13-15.
Artinya: “(Hari pembalasan itu) ialah pada hari ketika mereka diazab di atas api neraka. (Dikatakan kepada mereka): ‘Rasakanlah azabmu itu. Inilah azab yang dulu kamu minta untuk disegerakan,’” (QS Az Zariyat/ 51: 13- 15).
Kata fitnah juga digunakan, berdasar pemakaian asal kata di atas, dengan arti menguji, baik ujian itu berupa nikmat (kebaikan) maupun kesulitan (keburukan). Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Anbiya’: 35.
Artinya: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada kamilah kamu dikembalikan,” (QS. Al-Anbiya’: 35).
Di dalam Al-Qur’an kata fitnah terulang tidak kurang dari 30 kali, dan tidak satupun yang mengandung makna seperti dikemukakan oleh kamus besar bahasa Indonesia. Karena itu, tidaklah tepat mengartikan ayat “Al-Fitnatu Asyadu min Al-Qatl” (QS. Al-Baqarah: 217) dengan makna memfitnah membawa berita bohong dan menjelekkan orang lain (lebih kejam) atau lebih besar dosanya daripada melakukan pembunuhan.
Artinya: ”…dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya) daripada membunuh…,” (QS. Al-Baqarah: 217).
Apa Itu Fitnah???
FITNAH
Pernahkah kita mendengar salah seorang dari kita mengucapkan suatu ungkapan yang berbunyi “Fitnah
lebih kejam dari pembunuhan”. Tentu dalam benak kita yang muncul dalam
tafsiran kita adalah menuduh tanpa bukti adalah perbuatan
yang lebih kejam dari melakukan pembunuhan. Padahal kalau mau kita
telaah lebih lanjut, makna sebenarnya dari ungkapan tersebut –yang
diambil dari salah satu firman Allah Ta’ala- bukanlah seperti itu. Nah,
untuk lebih lanjut mengetahui beberapa makna kata fitnah tersebut
berikut saya tuliskan ulang sebuah artikel tulisan Ustadz Abu Umar
Basyier di Majalah Nikah Volume 7 nomor 03 ( 15 Juni-15 Juli 2008 )
Makna satu kata, Fitnah
Seringkali para
juru dakwah menyebut-nyebut kata fitnah, dalam berbagai bahasan.
Seringkali pula mereka beranggapan bahwa masyarakat Indonesia sudah
begitu akrab dengan kata tersebut, sehingga mereka pasti paham. Padahal
sesungguhnya tidaklah demikian. Berbagai realitas -termasuk yang saya
dengar-, menunjukkan bahwa ada kesalahpahaman besar seputar pemaknaan
kata tersebut, di tengah masyarakat kita, saat kata itu disebutkan oleh
seorang juru dakwah. Pasalnya, kata tersebut berbeda makna dalam bahasa
kita, Indonesia, dibandingkan makna kata itu di dalam bahasa Arab.
Sementara kerap disampaikan para juru dakwah adalah makna kata itu dalam
bahasa Arab.
Dalam bahasa
Indonesia, kata fitnah, seperti disebutkan dalam banyak kamus bahasa
Indonesia adalah: menuduh tanpa bukti. Dalam bahasa Arab, kata itu
berarti buhtaan. Seperti disebutkan dalam hadits tentnag ghibah, yang kesohor itu.
Sehingga, ketika
seorang juru dakwah mengatakan, “seorang pria muslim tidak boleh
berduaan dengan seorang wanita muslimah yang bukan muhrimnya, karena
dikhawatirkan terjadi fitnah….” kebanyakan masyarakat Indonesia akan
memahaminya.’…..khawatir mereka berdua akan difitnah. Yakni, dituduh
berbuat mesum dan sejenisnya.’ Padahal yang dimaksud juru dakwah
tersebut,’….khawatir akan terjadi bencana. Yakni bencana maksiat, mulai
dari yang paling ringan, hingga perzinaan.’
Makna Fitnah dalam Al Qur’an
Dalam Al Qur’an,
hadits-hadits Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam dan istilah Islam
sendiri, fitmah itu memiliki segudang makna. Makna kata itu dalam satu
ayat, terkadang sangat berbeda dengan maknanya dalam ayat lain.
a. Fitnah, Bermakna kekafiran
Terkadang makna fitnah adalah kekafiran atau kemusyrikan, seperti dalam friman Allah Ta’ala,
“Mereka
bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan Haram. Katakanlah:
“Berperang dalam bulan itu adalah dosa besar; tetapi menghalangi
(manusia) dari jalan Allah, kafir kepada Allah, (menghalangi masuk)
Masjidilharam dan mengusir penduduknya dari sekitarnya, lebih besar
(dosanya) di sisi Allah . Dan berbuat fitnah lebih besar (dosanya)
daripada membunuh. Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai
mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran),
seandainya mereka sanggup. Barangsiapa yang murtad di antara kamu dari
agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itulah yang sia-sia
amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka,
mereka kekal di dalamnya” (Al Baqarah: 217)
“Dan
perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga)
ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari
memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap
orang-orang yang zalim” (Al Baqarah: 193)
Kata
fitnah disini menurut para ulama Ahli tafsir adalah ‘kekafiran’ atau
‘kemusyrikan’. Yakni bahwa mereka itu menyebarkan kekafiran. Sementara
sebagian kaum muslimin –karena belum diberitahu oleh Nabi shalallahu
‘alaihi wassalam-, melakukan kekeliruan dengan memerangi kaum musyrik di
bulan suci. Perbuatan mereka itu keliru, dalam arti tidak pantas. Tapi
kekafiran kaum musyrik itu lebig besar bahayanya daripada kekeliruan
berperang di bulan suci. Itulah makna yang jelas dari ayat tersebut.
Tapi
semenjak dahulu, umumnya para juru dakwah di tanah air, saat
menyampaikan ayat ini, tidak menjelaskan kata fitnah dalam ayat.
Sehingga kebanyakan masyarakat Islam mengidentikkan makna fitnah
tersebut. Seperti dalam kosakata bahasa kita, yaitu menuduh tanpa bukti.
Akhrinya tersebarlah makna,”fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan”,
yakni bahwa menuduh orang tanpa bukti. Lebih besar dosanya daripada
membunuh!
Ini jelas salah kaprah. Dan karena kasu-kasus seperti ini, saya sering menyampaikan pesan kepada juru
dakwah, agar berhati-hati dalam menyampaikan kata-kata bahasa Arab
dalam dakwah, tanpa diterjemahkan. Karena khawatir akan timbul
kesalahpahaman atau ketidakmengertian di kalangan para pendengar dakwah,
yang umumnya adalah masyarakat awam yang tidak mengerti bahasa Arab.
b. Fitnah, bermakna Musibah/Bencana
“Apbila
datang kepada kalian seorang pemuda yang kalian sukai agama dan
akhlaknya, maka nikahkanlah dia dengan putri kalian. Kalau tidak, akan
terjadi fitnah (bencana) dan kerusakan yang besar di muka bumi.”
Bila
seorang juru dakwah mengatakan, “Nikahkanlah putri Anda dengan pemuda
shalih dan berakhlak baik, agar tidak terjadi fitnah.” Artinya tidak
terjadi bencana dan kerusakan.
c. Fitnah, bermakna Konflik
“Dia-lah
yang menurunkan Al Kitab (Al Qur’an) kepada kamu. Di antara (isi) nya
ada ayat-ayat yang muhkamaat , itulah pokok-pokok isi Al qur’an dan yang
lain (ayat-ayat) mu-tasyaabihaat . Adapun orang-orang yang dalam
hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian
ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk
mencari-cari ta’wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta’wilnya
melainkan Allah…” (Ali Imran: 7)
Ada
diantara sebagian orang Islam yang mendewakan rasio, di mana mereka
gemar mencari penafsiran ayat melalui logika, sehingga melenceng dari
tafsir yang sesungguhnya. Tujuan mereka semata-mata menyebar fitnah,
yakni mencari konflik dan perselisihan dengan sesama muslim.
d. Fitnah, bermakna Kedustaan (Kericuhan)
“Kemudian tiadalah fitnah mereka, kecuali mengatakan: “Demi Allah, Tuhan kami, tiadalah kami mempersekutukan Allah” (Al An’am: 23)
Fitnah
yang dimaksud dalam ayat ini adalah ucapan mereka yang berlumur
kedustaan, untuk membela diri mereka di hadapan Allah. Padahal Allah
mengetahui hakikat mereka, dan apa yang tersembunyi dalam hati mereka.
e. Fitnah, bermakna Kebinasaan
“Di
antara mereka ada orang yang berkata: “Berilah saya keizinan (tidak
pergi berperang) dan janganlah kamu menjadikan saya terjerumus dalam
fitnah.” Ketahuilah bahwa mereka telah terjerumus ke dalam fitnah . Dan
sesungguhnya Jahannam itu benar-benar meliputi orang-orang yang kafir” (At Taubah: 49)
Yakni
bahwa kaum munafik di masa Nabi shalallahu ‘alaihi wassalam akan
membawa kepada kebinasaan semata. Padahal. Sesungguhnya mereka sudah
berada dalam kebinasaan itu sendiri. Yakni dalam kemunafikan, yang akan
membinasakan diri mereka di akhirat kelak, dalam kerak nerka jahannam.
f. Fitnah, bermakna Korban Kezhaliman
“Lalu
mereka berkata: “Kepada Allahlah kami bertawakkal! Ya Tuhan kami.
janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang’zalim”
(Ynus: 85)
Yakni
doa kaum beriman, agar mereka tidak dijadikan sebagai fitnah, dalam
arti sasaran kazhaliman, kesewenang-wenangan orang-orang yang suka
berbuat zhalim. Sebagaimana doa yang dianjurkan oleh Rasulullah
shalallahu’alaihi wassalam,
“Ya
Allah, janganlah Engkau beri kekuasaan orang-orang yang tidak takut
kepada-Mu dan tidak menyayangi kami, untuk menzhalimi kami, akibat
dosa-dosa kami…”
g. Fitnah, bermakna “Gangguan”
“Dan
di antara manusia ada orang yang berkata: “Kami beriman kepada Allah”,
maka apabila ia disakiti (karena ia beriman) kepada Allah, ia menganggap
fitnah manusia itu sebagai azab Allah . Dan sungguh jika datang
pertolongan dari Tuhanmu, mereka pasti akan berkata: “Sesungguhnya kami
adalah besertamu”. Bukankah Allah lebih mengetahui apa yang ada dalam
dada semua manusia?” (Al Ankabut: 10)
Dalam ayat ini, kata fitnah berarti ganguan. Fitnah mereka, yaitu gangguan atau sikap usil mereka.
h. Fitnah, bermakna Godaan
Ini
termasuk makna fitnah yang paling sering digunakan dalam bahasa
syariat. Fitnah kaum wanita, yakni godaan mereka. Seperti diperingatkan
oleh Nabi shalallahu’alaihi wassalam,
“Peliharalah
diri kalian dari bahaya dunia dan wanita. Karena fitrah (bencana) yang
pertama kali menimpa Bani Israil adalh wanita.” (HR muslim)
Dalam hadits, Nabi juga menegaskan bahwa godaan (fitnah) terberat bagi kaum lelaki adalah wanita.
Yakni
bahwa wanita secara fitrah memang memiliki aurat yang menggoda kaum
pria. Oleh sebab itu, Islam memerintahkan kaum wanita muslimah agar
mengenakan hijab yang menutupi sekujur auratnya, agar setidaknya dapat
meminimalisir aura fitnah atau godaan yang memancar dari dirinya.
07 August 2010
Pengertian Fitnah menurut al-Quran dan Sunnah
25 Syaaban 1431 H
Oleh: AKHISALMAN
MAKNA FITNAH DARI SEGI BAHASA DAN ISTILAH
Kalimah Fitnah الفتنة dalam bahasa arab bermaksud: Ujian dan cubaan.Imam Ibnu Hajar berkata : Asal kepada makna fitnah adalah الإختبار (ujian) dan الإمتحان )ujian)
Ibnu Manzur berkata: Al-Azhari dan lainnya berkata:“Asal makna fitnah adalah الإبتلاء (cubaan), الإمتحان (Ujian) dan الإختبار (ujian).”.”
Adapun dari segi istilah ulama adalah seperti yang didefinasikan oleh Jurjani:“Perkara yang dilakukan untuk mengetahui kebaikan atau keburukan sesuatu.”
FITNAH DALAM QURAN
Makna fitnah dalam Quran adala berbeza. Ianya seumpa berikut:
1. Fitnah bermaksud Syirik.
Firman Allah :
والفتنة أشد من القتل
“Syirik lebih dahsyat dosanya daripada membunuh.” (191 : al-Baqarah)
وقاتلوهم حتى لا تكون فتنة
“Dan perangilah mereka supaya tidak berlakunya syirik.” (193 : al-Baqarah)
والفتنة اكبر من القتل
“dan Syirik lebih besar dosanya dari membunuh.” (217 : al-Baqarah)
2. Fitnah dengan makna ujian dan cobaan.
Firman Allah:
وفتناك فتونا
“Dan kami uji kamu (Nabi Musa) dengan pelbagai ujian yang besar.” (40 : Toha)
ولقد فتنا الذين من قبلهم
“Dan sesungguhnya kami telah menguji ummat yang terdahulu.” (3 : al-Ankabut)
3. Fitnah bermaksud seksa
Firman Allah:
إن الذين فتنوا المؤمنين والمؤمنات
“Sesungguhnya orang-orang yang menyeksa orang-orang beriman lelaki dan perempuan … “
Begitu juga makna fitnah pada ayat 10 surah al-Ankabut, ayat 14 surah az-Zariat dan ayat 110 surah an-Nahl.
4. Fitnah bermaksud dosa.
Firman Allah:
ومنهم من يقول ائذن لي ولا تفتني ألا في الفتنة سقطوا
“Dan sebahagian mereka ada yang berkata “izinkanlah aku untuk tidak berperang dan janganlah menyebabkan aku berbuat dosa. Ketahuilah mereka telah terjebak dalam dosa (dengan tidak mahu pergi berperang).” (49 : at-Taubah)
5. Fitnah bermaksud kekufuran.
Firman Allah:
لقد ابنغوا الفتنة
“Sesungguhnya mereka inginkan kekufuran.” (48 : at-Taubah)
Begitu juga fitnah dalam ayat 7 surah Ali imran.
6. Fitnah bermaksud pembunuhan dan kebinasaan.
Firman Allah:
إن خفتم أن يفتنكم الذين كفروا
“Sekiranya kamu takut orang-orang kafir membunuh kamu.” (101 : an-Nisa)
Begitu juga fitnah pada ayat 83 surah Yunus.
7. Fitnah bermaksud berpaling dari jalan yang benar.
Firman Allah:
واحذرهم أن يفتنوك
“Dan berwaspadalah dari mereka yang hendak memesongkan kamu dari jalan kebenaran.” ( 49 : Maidah)
Begitu juga dalam ayat 73 surah al-Isra.
8. Fitnah bermaksud sesat.
Firman Allah :
ومن يرد الله فتنته
“Dan sesiapa yang Allah hendak menyesatkannya.” (41 : al-Maidah)
Begitu juga fitnah dalam ayat 162 surah as-Soffat.
9. Fitnah bermaksud alasan.
Firman Allah :
ثم لم تكن فتنتهم إلا أن قالوا والله ربنا ما كنا مشركين
“kemudian tidaklah ada alasan mereka melainkan mereka berkata “Demi Allah wahai tuhan kami, kami bukannya orang-orang musyrikin.” (23 : al-An’am)
Sebahgian tafsir menyatakan fitnah disini bermaksud jawapan.
10. Fitnah bermaksud gila
فستبصر ويبصرون بأيكم المفتون
“Maka kamu akan lihat hai Muhammad dan mereka akan lihat siapakah yang gila.” (6 : al-Qalam)
FITNAH DALAM HADIS
1. Fitnah bermaksud perselisihan dan peperangan
Nabi saw bersabda:
ستكون فتن القاعد فيها خير من القائم
“Akan berlaku perselisihan dan peperangan, orang yang melihatnya lebih baik dari orang yang menyebabkannya ia berlaku.” (Hr Bukhari dan Muslim)
2. Fitnah bermaksud ujian dan cubaan
Nabi saw bersabda:
فاتقوا الدنيا واتقوا النساء فإن أول فتنة بني إسرائيل كانت في النساء
“Maka hendaklah kamu berwaspada terhadap dunia dan waspada terhadap wanita, sesungguhnya fitnah yang mula2 menimpa bani Israel adalah wanita.” (Hr Muslim)
3. Fitnah bermaksud melalaikan dan melekakan.
Hadis Nabi saw:
وإن كان ليسمع بكاء الصبي فيخفف مخافة ان تفتن أمه
“Sekiranya baginda mendengar tangisan bayi, baginda akan meringankan solatnya kerana bimbang ibunya akan terleka dengan tangisan ibunya.” (Hr Bukhari)
4. Fitnah bermaksud penyeksaan dan pembunuhan
Nabi saw bersabda:
كان الرجل يفتن في دينه إما قتلوه وإما يعذبونه
“Dahulu seorang lelaki di seksa kerana mempertahankan agamanya, samada orang-orang kafir membunuhnya atau menyeksanya.” (Hr Bukhari)
5. Fitnah bermaksud berlaku kemungkaran dan kemaksiatan.
Nabi saw bersabda:
إذا أتاكم من ترضون خلقه ودينه فزوجوه إلا تكن فتنة في الأرض وفساد عريض
“Apabila datang seorang lelaki yang baik agama dan akhlaknya melamar anak mu maka hendaklah kamu kahwininya dengan anak mu. Kalau tidak, akan berlaku kemungkaran dan kerosakan yang besar di muka bumi.” (Hr Ibnu Majah)
6. Fitnah bermaksud memaksa untuk kembali kufur.
Nabi bersyair ketika menggali parit di peperangan khandak:
إن الأعداء قد بغوا علينا إذا أرادوا فتنة أبينا
“Sesungguhnya musuh-musuh telah menganiaya kami. sekiranya mereka hendak memaksa kami kembali kufur, kami enggan. (Hr Bukhari dan Muslim)
7. Fitnah bermaksud menjauhkan dari agama
Nabi saw bersabda kepada Muaz ra:
يا معاذ أفتان أنت؟
“Wahai Muaz adakah engkau hendak menyebabkan manusia lari dari ajaran agamanya?” (Hr Bukhari dan Muslim)
Kesimpulan: Fitnah mempunyai pelbagai makna dan maksud di dalam Quran dan hadis Rasulullah saw. Orang melayu selalu menggunakan fitnah untuk makna tuduhan, sehinggakan mentafsirkan kalimah fitnah ayat berikut dengan tuduhan palsu, sedangkan maknanya adalah syirik:
والفتنة أشد من القتل
“Syirik lebih dahsyat dosanya daripada membunuh.” (191 : al-Baqarah)
Banyak di kalangan orang melayu termasuk ustaz2 yang mentafsirkan fitnah kepada tuduhan yang tidak benar. Sedangkan tidak ada fitnah yang bermaksud tuduhan dalam Quran, hadis dan bahasa arab. Ini satu pentafsiran mengikut hawa nafsu. Nabi saw bersabda:
من قال في القرأن برأيه أو بما لم يعلم فليتبوأ مقعده من النار
“Sesiapa yang berkata tentang quran dengan akal fikirannya atau apa yang dia tidak tahu ilmu tentangnya maka hendaklah menempati tempatnya di neraka.” (Hr Tirmizi)
Firman Allah swt:
أو تقولوا على الله ما لا تعلمون
“… Allah mengharamkan kamu bercakap tentang Allah apa yang kamu tidak tahu.” (33 : al-Araf)
Berhati2lah ketika kita mentafsirkan al-Quran kerana ia adalah kalamullah. Kita tidak boleh mentafsirkan sendiri dan kita hendaklah hanya mengambil dari para pentafsir yang muktabar.
Oleh: AKHISALMAN
MAKNA FITNAH DARI SEGI BAHASA DAN ISTILAH
Kalimah Fitnah الفتنة dalam bahasa arab bermaksud: Ujian dan cubaan.Imam Ibnu Hajar berkata : Asal kepada makna fitnah adalah الإختبار (ujian) dan الإمتحان )ujian)
Ibnu Manzur berkata: Al-Azhari dan lainnya berkata:“Asal makna fitnah adalah الإبتلاء (cubaan), الإمتحان (Ujian) dan الإختبار (ujian).”.”
Adapun dari segi istilah ulama adalah seperti yang didefinasikan oleh Jurjani:“Perkara yang dilakukan untuk mengetahui kebaikan atau keburukan sesuatu.”
FITNAH DALAM QURAN
Makna fitnah dalam Quran adala berbeza. Ianya seumpa berikut:
1. Fitnah bermaksud Syirik.
Firman Allah :
والفتنة أشد من القتل
“Syirik lebih dahsyat dosanya daripada membunuh.” (191 : al-Baqarah)
وقاتلوهم حتى لا تكون فتنة
“Dan perangilah mereka supaya tidak berlakunya syirik.” (193 : al-Baqarah)
والفتنة اكبر من القتل
“dan Syirik lebih besar dosanya dari membunuh.” (217 : al-Baqarah)
2. Fitnah dengan makna ujian dan cobaan.
Firman Allah:
وفتناك فتونا
“Dan kami uji kamu (Nabi Musa) dengan pelbagai ujian yang besar.” (40 : Toha)
ولقد فتنا الذين من قبلهم
“Dan sesungguhnya kami telah menguji ummat yang terdahulu.” (3 : al-Ankabut)
3. Fitnah bermaksud seksa
Firman Allah:
إن الذين فتنوا المؤمنين والمؤمنات
“Sesungguhnya orang-orang yang menyeksa orang-orang beriman lelaki dan perempuan … “
Begitu juga makna fitnah pada ayat 10 surah al-Ankabut, ayat 14 surah az-Zariat dan ayat 110 surah an-Nahl.
4. Fitnah bermaksud dosa.
Firman Allah:
ومنهم من يقول ائذن لي ولا تفتني ألا في الفتنة سقطوا
“Dan sebahagian mereka ada yang berkata “izinkanlah aku untuk tidak berperang dan janganlah menyebabkan aku berbuat dosa. Ketahuilah mereka telah terjebak dalam dosa (dengan tidak mahu pergi berperang).” (49 : at-Taubah)
5. Fitnah bermaksud kekufuran.
Firman Allah:
لقد ابنغوا الفتنة
“Sesungguhnya mereka inginkan kekufuran.” (48 : at-Taubah)
Begitu juga fitnah dalam ayat 7 surah Ali imran.
6. Fitnah bermaksud pembunuhan dan kebinasaan.
Firman Allah:
إن خفتم أن يفتنكم الذين كفروا
“Sekiranya kamu takut orang-orang kafir membunuh kamu.” (101 : an-Nisa)
Begitu juga fitnah pada ayat 83 surah Yunus.
7. Fitnah bermaksud berpaling dari jalan yang benar.
Firman Allah:
واحذرهم أن يفتنوك
“Dan berwaspadalah dari mereka yang hendak memesongkan kamu dari jalan kebenaran.” ( 49 : Maidah)
Begitu juga dalam ayat 73 surah al-Isra.
8. Fitnah bermaksud sesat.
Firman Allah :
ومن يرد الله فتنته
“Dan sesiapa yang Allah hendak menyesatkannya.” (41 : al-Maidah)
Begitu juga fitnah dalam ayat 162 surah as-Soffat.
9. Fitnah bermaksud alasan.
Firman Allah :
ثم لم تكن فتنتهم إلا أن قالوا والله ربنا ما كنا مشركين
“kemudian tidaklah ada alasan mereka melainkan mereka berkata “Demi Allah wahai tuhan kami, kami bukannya orang-orang musyrikin.” (23 : al-An’am)
Sebahgian tafsir menyatakan fitnah disini bermaksud jawapan.
10. Fitnah bermaksud gila
فستبصر ويبصرون بأيكم المفتون
“Maka kamu akan lihat hai Muhammad dan mereka akan lihat siapakah yang gila.” (6 : al-Qalam)
FITNAH DALAM HADIS
1. Fitnah bermaksud perselisihan dan peperangan
Nabi saw bersabda:
ستكون فتن القاعد فيها خير من القائم
“Akan berlaku perselisihan dan peperangan, orang yang melihatnya lebih baik dari orang yang menyebabkannya ia berlaku.” (Hr Bukhari dan Muslim)
2. Fitnah bermaksud ujian dan cubaan
Nabi saw bersabda:
فاتقوا الدنيا واتقوا النساء فإن أول فتنة بني إسرائيل كانت في النساء
“Maka hendaklah kamu berwaspada terhadap dunia dan waspada terhadap wanita, sesungguhnya fitnah yang mula2 menimpa bani Israel adalah wanita.” (Hr Muslim)
3. Fitnah bermaksud melalaikan dan melekakan.
Hadis Nabi saw:
وإن كان ليسمع بكاء الصبي فيخفف مخافة ان تفتن أمه
“Sekiranya baginda mendengar tangisan bayi, baginda akan meringankan solatnya kerana bimbang ibunya akan terleka dengan tangisan ibunya.” (Hr Bukhari)
4. Fitnah bermaksud penyeksaan dan pembunuhan
Nabi saw bersabda:
كان الرجل يفتن في دينه إما قتلوه وإما يعذبونه
“Dahulu seorang lelaki di seksa kerana mempertahankan agamanya, samada orang-orang kafir membunuhnya atau menyeksanya.” (Hr Bukhari)
5. Fitnah bermaksud berlaku kemungkaran dan kemaksiatan.
Nabi saw bersabda:
إذا أتاكم من ترضون خلقه ودينه فزوجوه إلا تكن فتنة في الأرض وفساد عريض
“Apabila datang seorang lelaki yang baik agama dan akhlaknya melamar anak mu maka hendaklah kamu kahwininya dengan anak mu. Kalau tidak, akan berlaku kemungkaran dan kerosakan yang besar di muka bumi.” (Hr Ibnu Majah)
6. Fitnah bermaksud memaksa untuk kembali kufur.
Nabi bersyair ketika menggali parit di peperangan khandak:
إن الأعداء قد بغوا علينا إذا أرادوا فتنة أبينا
“Sesungguhnya musuh-musuh telah menganiaya kami. sekiranya mereka hendak memaksa kami kembali kufur, kami enggan. (Hr Bukhari dan Muslim)
7. Fitnah bermaksud menjauhkan dari agama
Nabi saw bersabda kepada Muaz ra:
يا معاذ أفتان أنت؟
“Wahai Muaz adakah engkau hendak menyebabkan manusia lari dari ajaran agamanya?” (Hr Bukhari dan Muslim)
Kesimpulan: Fitnah mempunyai pelbagai makna dan maksud di dalam Quran dan hadis Rasulullah saw. Orang melayu selalu menggunakan fitnah untuk makna tuduhan, sehinggakan mentafsirkan kalimah fitnah ayat berikut dengan tuduhan palsu, sedangkan maknanya adalah syirik:
والفتنة أشد من القتل
“Syirik lebih dahsyat dosanya daripada membunuh.” (191 : al-Baqarah)
Banyak di kalangan orang melayu termasuk ustaz2 yang mentafsirkan fitnah kepada tuduhan yang tidak benar. Sedangkan tidak ada fitnah yang bermaksud tuduhan dalam Quran, hadis dan bahasa arab. Ini satu pentafsiran mengikut hawa nafsu. Nabi saw bersabda:
من قال في القرأن برأيه أو بما لم يعلم فليتبوأ مقعده من النار
“Sesiapa yang berkata tentang quran dengan akal fikirannya atau apa yang dia tidak tahu ilmu tentangnya maka hendaklah menempati tempatnya di neraka.” (Hr Tirmizi)
Firman Allah swt:
أو تقولوا على الله ما لا تعلمون
“… Allah mengharamkan kamu bercakap tentang Allah apa yang kamu tidak tahu.” (33 : al-Araf)
Berhati2lah ketika kita mentafsirkan al-Quran kerana ia adalah kalamullah. Kita tidak boleh mentafsirkan sendiri dan kita hendaklah hanya mengambil dari para pentafsir yang muktabar.
Ketahuilah bahawa batas mengumpat (ghibah) itu, ialah apabila anda menyebut sesuatu yang boleh menimbulkan kebencian atau kemarahan saudaramu, bila ia mendengarnya, sama ada yang disebutkan oleh anda sebagai kekurangan-kekurangan pada anggota badannya, atau keturunannya, atau bentuk kejadiannya, atau perbuatannya, atau perkataannya, atau agamanya, atau dunianya ataupun pada pakaiannya, rumahnya dan binatang kenderaannya sekalipun.
Yang dikatakan kekurangan-kekurangan dalam anggota badan, ialah seperti anda mengatakan dia itu rabun, juling, botak, pendek, panjang, hitam, kuning dan lain-lain sifat yang boleh menjadikan ia merasa benci dan marah jika mendengarnya.
Mengenai kekurangan-kekurangan dalam nasab keturunan pula, ialah seperti anda mengatakan, bahawa bapanya seorang fasik, jahat dan rendah kelakuannya, ataupun bapanya tukang pikul air, atau sebagainya yang boleh menyebabkan ia marah dan benci.
Mengenai kekurangan-kekurangan dalam bentuk dan rupa, ialah seperti anda mengatakan, bahawa ia itu buruk atau hodoh bentuk kejadiannya, kikir, sombong, bongkak, suka bermegah diri, pemanas, pengecut, degil atau seumpamanya.
Adapun tentang kekurangan-kekurangan dalam perbuatannya mengenai urusan keduniaan ialah seperti anda mengatakan, bahawa iaitu seorang pencuri, penipu, pembohong, taik arak, pengkhianat, zalim suka cuaikan sembahyang, tidak keluarkan zakat, tidak mengambil berat tentang perkara-perkara najis, menderhaka kepada ibu bapa atau seumpamanya.
Manakala perbuatannya yang mengenai urusan keagamaan pula, seperti anda mengatakan, iaitu kurang ajar orangnya, tidak mengendahkan orang, banyak mulut, besar temboloknya, suka tidur banyak, tak tahu meletakkan diri pada tempatnya.
Yang mengenai pakaian pula ialah seperti anda mengatakan bahawa lengan bajunya terlalu panjang, seluarnya terlalu labuh ke bawah, bajunya kotor dan seumpamanya.
Walhasil kata yang menyeluruh dalam pengertian ghibah atau mengumpat, iaitu seperti yang terkandung di dalam Hadis Rasulullah s.a.w. berikut:
“Ghibah (mengumpat) itu adalah anda menyebut perihal saudaramu dengan sesuatu yang dibencinya.”
Yang dilarang pula, ialah menyebut perihal saudaramu dengan lidah, sebab dengan sebutan itu anda dapat menyampaikan kekurangan-kekurangan saudaramu dan mendedahkan perkara-perkara yang dibencinya kepada orang lain. Oleh yang demikian, maka membuat sindiran itu samalah seperti berkata terang-terangan, perbuatan samalah seperti perkataan, mengisyarat samalah seperti mengangguk, berkelip mata samalah seperti menunjuk gerak laku. Pendek kata apa saja yang dilakukan olehmu boleh menunjukkan kepada maksud ghibah atau mengumpat, maka ia adalah dilarang dan dihukumkan haram.
Jadi orang yang mengisyaratkan dengan tangannya perihal pendek atau panjangnya seseorang, ataupun ia meniru-niru tentang gaya perjalanan orang itu, maka itu juga adalah ghibah yang dilarang. Menulis mengenai keaiban diri seseorang adalah ghibah juga, sebab qalam atau pena itu ganti lisan.
10
Jun 2011
Ghibah (Mengumpat)
Apakah ghibah atau mengumpat ? Iaitu mengucapkan perkataan (atau dengan gerak badan, mata, tulisan dan sebagainya) sesuatu yang tidak disukai pada diri orang lain. Tidak kira samada yang tidak disenangi itu ada pada tubuh badannya, gerak lakunya, agamanya dan sebagainya.
Menurut Imam al-Ghazali, definasi ini adalah yang telah diijma’kan oleh kaum muslimin (tiada seorang pun membangkang). Maksudnya, mereka bersepakat mengatakan bahawa inilah dia definasi ghibah. Ghibah, dalam bahasa Melayu kita disebut mengumpat. Iaitu menceritakan keburukan orang lain di belakangnya.
Apakah ghibah atau mengumpat ? Iaitu mengucapkan perkataan (atau dengan gerak badan, mata, tulisan dan sebagainya) sesuatu yang tidak disukai pada diri orang lain. Tidak kira samada yang tidak disenangi itu ada pada tubuh badannya, gerak lakunya, agamanya dan sebagainya.
Menurut Imam al-Ghazali, definasi ini adalah yang telah diijma’kan oleh kaum muslimin (tiada seorang pun membangkang). Maksudnya, mereka bersepakat mengatakan bahawa inilah dia definasi ghibah. Ghibah, dalam bahasa Melayu kita disebut mengumpat. Iaitu menceritakan keburukan orang lain di belakangnya.
Hukum Ghibah (Mengumpat)
Umat Islam seluruhnya juga telah ijma’ mengatakan bahawa hukum ghibah adalah haram. Namun Imam Al-Ghazali telah menggariskan beberapa jenis Ghibah yang dibenarkan dalam Islam. Atas alasan-alasan syarak ia diperbolehkan. Apakah alasan syarak itu. Iaitu mahu mencapai satu-satu tujuan yang benar menurut pertimbangan syarak, di mana jika tidak melalui cara itu tujuan itu tak mungkin akan tercapai. Walaubagaimanapun, jika ada cara lain seboleh-bolehnya gunakan cara berkenaan. Elakkan ghibah.
Untuk membela diri. Adalah dibenarkan jika:Umat Islam seluruhnya juga telah ijma’ mengatakan bahawa hukum ghibah adalah haram. Namun Imam Al-Ghazali telah menggariskan beberapa jenis Ghibah yang dibenarkan dalam Islam. Atas alasan-alasan syarak ia diperbolehkan. Apakah alasan syarak itu. Iaitu mahu mencapai satu-satu tujuan yang benar menurut pertimbangan syarak, di mana jika tidak melalui cara itu tujuan itu tak mungkin akan tercapai. Walaubagaimanapun, jika ada cara lain seboleh-bolehnya gunakan cara berkenaan. Elakkan ghibah.
- Atas tujuan yang dibenarkan oleh syarak
- Jika tiada jalan lain melainkan dengan membuka aib orang lain.
Di senaraikan enam tempat yang dibenarkan Ghibah.
Pertama: Mahu mengadu kepada qadhi, polis, imam, ketua kampung & sebagainyanya kerana teraniaya. Ketika mengadu tidak boleh tidak kita terpaksa membuka kezaliman yang telah dilakukan terhadap kita. Dengan membuka keburukan orang berkenaan, barulah pengadilan dapat dilaksanakan.
Kedua: Mahu mencegah kemungkaran dan kemaksiatan yang berlaku. Keburukan pelaku maksiat itu boleh diceritakan kepada seseorang yang dapat diharapkan boleh menghindarkan kemungkaran itu. Seperti kita melihat sebahagian anak-anak muda di kawasan kita membawa perempuan ajnabi balik ke rumahnya (berkhalwat).Kita hendaklah mencari seseorang yang boleh diharapkan dapat menghalang perkara berkenaan. Kita dibenarkan menceritakan perihal anak-anak muda itu kepadanya.
Ketiga: Meminta fatwa dari alim-ulamak. Contohnya dalam masalah rumahtangga, jika si suami melakukan sesuatu yang tidak baik kepada isterinya (contoh: tidak beri nafkah), dia boleh mengadu hal kepada ulamak/mufti meminta fatwa. “Suami saya tidak memberi saya nafkah selama sekian lama. Apa hukumnya dia melakukan demikian. Apakah yang harus saya lakukan?”
Keempat: Memberi peringatan (agar berhati-hati) dan nasihat kepada kaum muslimin tentang kejahatan seseorang. Bahkan jika dapat memberi mudarat kepada seseorang, wajib kita jelaskan keburukannya. Contoh, apabila seseorang datang kepada kita meminta nasihat tentang perkahwinan anak perempuannya. Apakah wajar dikahwinkan dengan si fulan? Sedangkan kita tahu bahawa si fulan itu adalah seorang yang buruk akhlaknya dan lemah agamanya. Jika memadai dengan kata ‘JANGAN’, hendaklah kita mengatakan begitu sahaja. Jika dirasakan tidak cukup, wajiblah kita membuka aibnya.
Kelima: Mencela orang yang secara terang-terangan melakukan kefasikan, bid’ah dan kezaliman. Contoh, seorang yang secara terang-terangan meminum arak, atau berjudi, atau melaksanakan projek-projek batil. Yang dibenarkan hanyalah menyebutkan kemaksiatan yang dilakukan secara terang-terangan itu sahaja. Dan diharamkan menyebutkan aib-aib lain.
Keenam: Untuk mengenalkan seseorang. Jika seseorang itu memang dikenali dengan julukkan si tempang, si buta dan sebagainya, boleh saudara menyebutkan jolokkan itu dengan niat mengenalkan. Haram jika dengan niat mencemuh. Walaubagaimanapun selagi boleh mengelakkan menyebut julukkan itu, elakkan..
Dalil:
Firman Allah Taala:
“Allah tidak suka kepada perkataan yang tidak baik diperdengarkan, kecuali dari orang-orang yang teraniaya…” (al-Nisaa’, ayat 148)
Hadis:
“Aisyah r.a. berkata: Seseorang datang minta izin kepada nabi s.a.w. (masuk ke rumah). Lalu nabi s.a.w. bersabda: Izinkanlah. Dia adalah sejahat-jahat orang di kalangan kaumnya.” (riwayat Bukhari & Muslim)
Hadis:
“Aisyah r.a. berkata: Hindun binti Uthbah (isteri Abu Sufian) berkata kepada nabi s.a.w.: Sesungguhnya Abu Sufian seorang yang kedekut dan tidak memberi cukup belanja kepada ku dan anak-anakku, kecuali kalau saya ambil di luar pengetahuannya. Nabi s.a.w. menjawab: Ambillah secukupmu dan ank-anakmu dengan sederhana.” (Riwayat Bukhari & Muslim)
Hadis:
“Fatimah binti Qais berkata: Saya datang kepada Nabi s.a.w. bertanya tentang dua orang yang meminang saya, iaitu Abu Jahm dan Muawiyah. Maka Nabi s.a.w. bersabda: Adapun Muawiyah, dia adalah seorang yang miskin, manakala Abu Jahm, dia adalah seorang yang suka memukul isteri.” (Riwayat Bukhari & Muslim)
Hadis di atas menunjukkan bahawa Nabi s.a.w. ada menceritakan keburukan orang lain untuk mencapai maksud yang dibenarkan oleh syarak. Dan tiada pilihan lain melainkan memberitahu aib orang berkenaan.
Wallahu’alam..
Rujukan:
Untuk mengetahui lebih lanjut dan terprinci lagi mengenai ghibah sila rujuk al-Ihya’ Ulumuddin – al-Ghazali & al-Azkar – Imam al-Nawawi. Untuk mereka yang tidak dapat membaca kitab asalnya yang berbahasa Arab, bolehlah dapatkan terjemahan kedua-duanya.
p/s: Renungan bersama untuk mencapai kesejahteraan sejagat..
Mengadu Domba Adalah Perbuatan Tercela
Mengadu domba adalah perbuatan tercela, karena salah satu tujuan besar yang hendak dicapai oleh syari’at Islam ialah membangun pribadi yang shahih dan membentuk masyarakat muslim yang ideal. Yakni sebuah masyarakat yang warganya disambung dengan jembatan cinta, kasih sayang dan kelembutan (www.khotbahjumat.com)
Mengadu Domba Adalah Perbuatan Tercela
إِنَّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ
وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا
وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ
يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ
وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ
وَرَسُوْلُهُ.
“يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ”.
“يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً”.
“يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً”
أما بعد
Khutbah Pertama“يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اتَّقُواْ اللّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ”.
“يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيراً وَنِسَاء وَاتَّقُواْ اللّهَ الَّذِي تَسَاءلُونَ بِهِ وَالأَرْحَامَ إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيباً”.
“يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلاً سَدِيداً . يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَن يُطِعْ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزاً عَظِيماً”
أما بعد
Amma ba’du :
Ibadallah ! Saya berwasiat kepada anda agar senantiasa bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena takwa adalah bekal utama dalam menghadapi kesulitan dan kemakmuran. Takwa adalah tabungan untuk menghadapi suka dan duka. Takwa dapat melenyapkan kesedihan, menghilangkan keresahan, mendatangkan rizki, dan memudahkan urusan, dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala.
وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَيَحْتَسِبُ
Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan
baginya jalan ke luar. Dan memberinya rezki dari arah yang tidak
disangka-sangkanya. (QS. Ath-Thalaq :2-3)
وَمَن يَتَّقِ اللهَ يَجْعَل لَّهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا
ذَلِكَ أَمْرُ اللهِ أَنزَلَهُ إِلَيْكُمْ وَمَن يَتَّقِ اللهَ يُكَفِّرْ
عَنْهُ سَيِّئَاتِهِ وَيُعْظِمْ لَهُ أَجْرًا
“Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah
menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. Itulah perintah Allah yang
diturunkan-Nya kepada kamu; dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah
niscaya Dia akan menutupi kesalahan-kesalahannya dan akan
melipatgandakan pahala baginya“. (QS. Ath-Thalaq :4-5)Ayyuhal Muslimun ! Salah satu tujuan besar yang hendak dicapai oleh syari’at Islam ialah membangun pribadi yang shahih dan membentuk masyarakat muslim yang ideal. Yakni sebuah masyarakat yang warganya disambung dengan jembatan cinta, kasih sayang dan kelembutan. Anak-anaknya dapat menjalin hubungan persaudaraan, kerjasama dan kesetiaan. Masyarakat yang penuh dengan cinta, kasih sayang, tolong-menolong, kerukunan, persahabatan dan kesentosaan. Masyarakat yang berdiri di atas dasar tolong-menolong dan saling mencintai. Masyarakat yang dibangun di atas dasar hubungan yang lembut dan saling menghargai. Maka tidak ada tempat bagi egoisme, ingin menang sendiri dan mementingkan diri sendiri.
Hati para warganya dipenuhi dengan cinta pada saudaranya. Lidah mereka gemar menyebut kebaikan dan keutamaan saudaranya. Tidak suka mencemarkan nama baiknya, menyudutkannya, melukai hati dan merusak kehormatannya. Juga tidak menyimpan dendam dan tidak suka menyebarkan kebohongan. Mereka hidup saling mencintai di dalam bangunan yang menjulang, tubuh yang utuh, dan gedung yang kokoh. Mereka ibarat mata rantai yang kuat, untaian permata yang cemerlang, dan mutiara yang gemerlap dalam untaian indah yang tidak terpisahkan. Masyarakat Islam adalah benteng kokoh yang tidak bisa disusupi oleh unsur-unsur yang merusak dan meruntuhkannya.
Ikhwatal iman ! Islam meminta para pemeluknya yang mengemban misinya agar menjaga hak keimanan dan persaudaraan, serta mendamaikan orang-orang yang bersengketa. Islam juga meminta mereka agar menangkal segala macam kejahatan yang merusak dan penyakit-penyakit sosial yang ganas dan dapat menyerang bangunan masyarakat dari pondasinya, yang dapat mengubahnya menjadi masyarakat yang selalu bertikai, berpecah belah, saling mendendam dan saling memusuhi. Islam mengajak umatnya untuk menjaga perdamaian, keamanan dan stabilitas masyarakat untuk menghadapi hempasan badai dan hantaman ombak. Sehingga haluan kapal masyarakat tidak berubah dan tidak terjadi kerusakan di salah satu bagiannya. Karena jika hal ini terjadi maka kapal itu akan semakin jauh dari pulau keamanan dan pantai keselamatan.
Sebuah masyarakat akan senantiasa baik sepanjang warganya mengetahui hak dan kewajiban masing-masing terhadap warga lainnya, budi pekerti menguasai hubungan mereka, dan sepi dari sifat-sifat tercela dan prilaku yang rendah.
Saudara-saudara sekalian ! Salah satu sifat terpuji yang paling perlu dikembangkan di tengah masyarakat ialah berbaik sangka kepada sesama dan menyaring setiap kabar yang beredar. Islam mendidik umatnya bersikap seperti itu dalam rangka menjaga keutuhan masyarakat dan kebahagiaan hubungan antar warganya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِن جَآءَكُمْ فَاسِقُُ
بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا
عَلَى مَافَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik
membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak
menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya
yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (QS. Al-Hujurat :6)Hamzah dan Al-Kasa’i membaca : Fatastabbatu (periksalah kebenarannya).
Allah Juga berfirman :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِّنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa. (QS.Al-Hujurat :12)Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Hindarilah perasangka ! karena sesungguhnya prasangka adalah cerita yang paling dusta.” (HR.Al-Bukhari, 6066 dan Muslim, 2563 )
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda :
“Seseorang sudah cukup berdusta manakala ia menceritakan semua yang ia dengar.” (HR.Muslim,5 )
Ahibbati Fillah ! Seorang Muslim yang sadar tidak akan mau menerima begitu saja kabar yang didengarnya tanpa menyaring dan meneliti. Karena boleh jadi orang yang membawa kabar itu adalah seorang pengadu domba yang ingin mengeruk keuntungan, menghindari keraguan, atau mencari kedudukan. Di alam tumbuhan ada yang disebut benalu atau parasit yang menempel pada batang tumbuhan yang sehat untuk menghambat pertumbuhannya.
Di dunia manusia juga ada yang seperti itu. Yaitu orang-orang yang mendekati warga masyarakat untuk membakar api amarah di dalam dada dan membangkitkan kejahatan. Sehingga terjadilah perpecahan, perseteruan, permusuhan dan pertengkaran antar sesama muslim. Dan buruk sangka pun merajalela di antara mereka yang kemudian menghabisi rasa persahabatan dan sisa-sisa kejernihan.
Orang-orang semacam itu sangat berbahaya bagi umat dan mereka cukup banyak. Mudah-mudahan Allah tidak memperbanyak lagi jumlah mereka. Karena mereka telah banyak menciptakan kerenggangan di antara sesama umat Islam, juga banyak membuat orang-orang yang tidak bersalah menjadi kambing hitam, banyak mengobarkan api fitnah dan permusuhan di antara orang-orang yang saling mencintai dan berhati bersih. Inilah yang membuat umat Islam harus waspada terhadap mereka dan jangan sampai percaya pada ucapan mereka. Itulah prinsip Islam yang harus dipelihara untuk jaga diri dari para pengadu dan provokator. Di samping untuk mencegah aksi yang dilakukan oleh para penyebar isu, gosip, dan kabar-kabar yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Al-Bukhari di dalam kitab Al-Adab Al-Mufrad meriwayatkan dari Asma’ binti Yazid radiyallahu ‘anha bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“ Maukah kuberitahukan kepada kalian tentang orang-orang yang paling buruk di antara kalian. Yaitu orang-orang yang suka berjalan ke sana kemari untuk menyebar fitnah (mengadu domba), yang suka memisahkan orang-orang yang saling mencintai, yang suka mencari kekurangan pada orang-orang yang tidak berdosa.” (HR.Al-Bukhari dalam kitab Al-Adab Al-Mufrad, 323 dan Ahmad, 6/459 )
Sementara Ahmad dan Abu Daud meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Sesungguhnya salah satu jenis riba yang paling keji ialah mencemarkan nama baik seorang muslim tanpa hak.” (Al-Musnad,1/190 dan Sunan Abi Daud, 4976 )
Dulu, Abdullah bin Ubay, dedengkot kaum munafik membuat kebohongan terbesar untuk mencemarkan nama baik wanita suci dan bersih dari dosa, Ummul Mukminin Aisyah radiyallahu ‘anha. Allah Subahanahu wa Ta’ala memberikan panduan mengenai apa yang harus dilakukan dalam situasi yang memalukan seperti itu dengan firman-Nya :
لَّوْلآ إِذْ سَمِعْتُمُوهُ ظَنَّ الْمُؤْمِنُونَ وَالْمُوْمِنَاتُ بِأَنفُسِهِمْ خَيْرًا وَقَالُوا هَذَآ إِفْكٌ مُّبِينٌ
Mengapa di waktu kamu mendengar berita bohong itu orang-orang
mu’minin dan mu’minat tidak bersangka baik terhadap diri mereka sendiri,
dan (mengapa tidak) berkata:”Ini adalah suatu berita bohong yang nyata“. (QS. An-Nur :12)Sampai firman Allah :
وَلَوْلآ إِذْسَمِعْتُمُوهُ قُلْتُم مَّايَكُونُ لَنَآ أَن
نَّتَكَلَّمَ بِهَذَا سُبْحَانَكَ هَذَا بُهْتَانٌ عَظِيمٌ يَعِظُكُمُ
اللهُ أَن تَعُودُوا لِمِثْلِهِ أَبَدًا إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ
Dan mengapa kamu tidak berkata, di waktu mendengar berita bohong
itu:”Sekali-kali tidaklah pantas bagi kita memperkatakan ini.Maha Suci
Engkau (Ya Rabb kami), ini adalah dusta yang besar”. Allah
memperingatkan kamu agar (jangan) kembali memperbuat yang seperti itu
selama-lamanya, jika kamu orang-orang yang beriman, (QS.An-Nur :17)Ini adalah cara hidup yang baku yang harus diikuti ketika seorang muslim mendengar isu atau gosip. Sehingga kita tidak menyesal di kemudian hari karena telah bersikap buruk kepada sesama muslim dan mensyiarkan berita yang tidak sesuai dengan fakta yang ada padanya. Atau berdusta atas namanya dan menyebarluaskan ucapan yang tidak pernah diucapkannya dengan label “kata orang”. Ini ,merupakan salah satu bentuk upaya membuat kerusakan di muka bumi. Sedangkan Allah tidak menyukai orang-orang yang suka membuat kerusakan. Dan hal ini juga merupakan salah satu tindakan yang menyakiti orang-orang beriman dengan menyiarkan berita yang tidak sesuai dengan fakta yang ada padanya. Sedangkan Allah Subahanahu wa Ta’ala berfirman :
وَالَّذِينَ يُؤْذُونَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ بِغَيْرِ مَااكْتَسَبُوا فَقَدِ احْتَمَلُوا بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُّبِينًا
Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mu’min dan mu’minat
tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah
memikul kebohongan dan dosa yang nyata. (QS.Al-Ahzab :58)Ma’syiral muslimin rahimahumullah ! Di Antara penyakit-penyakit sosial yang berbahaya ada suatu penyakit kronis yang sulit disembuhkan. Ia merupakan prilaku yang tercela dan perangai yang tidak terpuji. Penyakit apakah itu ?
Penyakit itu bernama namimah (adu domba). Penyakit ini timbul akibat lemahnya iman, kotornya hati dan lidah yang tidak terkontrol dan terkendali. Namimah ialah membawa omongan dari seseoarang kepada orang lain untuk merusak hubungan mereka berdua.
Pelaku namimah (pengadu domba/ provokator) memiliki watak yang buruk, jiwa sosial yang jelek, cita-cita yang rendah, dan kurang menghargai adab-adab yang benar. Ia berlumuran kehinaan, kenistaan, kotoran dan kerendahan. Batinnya telah dirasuki rasa dendam. Maka ia tidak akan puas sebelum melakukan provokasi, melakukan perusakan dan menyakiti sesama. Betapa banyak orang yang dipisahkannya dari kekasihnya dan dijauhkan dari saudaranya. Betapa banyak tali persaudaraan yang dia putuskan, hubungan yang dia rusak, ikatan yang dia lepaskan, fitnah yang dihembuskannya, dendam yang dia kobarkan, rasa permusuhan yang dia timbulkan, suami istri yang diceraikannya, dan barisan yang dia bubarkan. Bahkan betapa banyak rumah tangga yang dia hancurkan, masyarakat yang dia binasakan, dan peradaban yang dia lenyapkan. Bahkan tidak jarang perang besar terjadi akibat perbuatan ini. Wal iyadzubillah !
Seorang provokator adalah organ tubuh yang beracun. Ia selalu menyebabkan putusnya hubungan dan merusak keharmonisan. Ia suka berbicara di balik layar. Ia bisa berubah-ubah warna seperti bunglon. Ia bisa menyemburkan racun seperti ular berbisa. Gaya hidupnya adalah membuat kerusakan dan kasak-kusuk. Kebiasaannya adalah berbicara kotor dan jorok.
Prilakunya buruk dan sinis. Hobinya adalah memancing masalah dan memanas-manasi situasi. Kesenangannya menyebarkan isu dan provokasi. Ia tidak lega bila tidak mengada-ada dan mengaku-ngaku. Ia tidak bisa merasa tenang, hatinya tidak bisa tenteram sebelum berhasil merusak hubungan persahabatan dan persaudaraan. Dan betapa banyak kejahatan yang menimpa orang-orang yang terhormat dan mumpuni akibat laporan yang mengada-ada.
Oleh karena itu Islam memperingatkan hal tersebut agar diwaspadai dan tidak dilakukan. Allah Subahanahu wa Ta’ala berfirman :
وَيْلٌ لِّكُلِّ هُمَزَةٍ لُّمَزَةٍ
Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, (QS. Al-Humazh :1)وَلاَتُطِعْ كُلَّ حَلاَّفٍ مَّهِينٍ هَمَّازٍ مَّشَّآءٍ بِنَمِيمٍ
Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah, (QS. Al-Qalam :10-11)
Imam Muslim meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Tidak akan masuk Surga orang yang suka mengadu domba.” (Shahih Muslim, 105)
Dalam riwayat Al-Bukhari disebutkan:
“Tidak akan Masuk Surga orang yang suka menyebar fitnah.” (Shahih Bukhari, 6056)
Menurut An-Nawawi keduanya memiliki makna yang sama. Al-Hafidz Ibnu Hajar berkata : “Ada yang berpendapat bahwa perbedaannya ialah bahwa nammam adalah orang yang mengetahui kisah secara langsung, lalu menceritakannya kepada orang lain. Sedangkan fattat adalah orang yang mencuri dengar tanpa dia ketahui keberadaannya, lalu menceritakan apa yang dia dengar kepada orang lain.”
Menurut Adz-Dzahabi, ada ijma’ yang mengharamkan namimah. Dan ia menyebutkan bahwa namimah termasuk dosa besar. Di dalam Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim disebutkan bahwa Ibnu Abbas radiyallahu ‘anhuma berkata : “Rasulullah pernah melewati dua buah kuburan lalu bersabda :
“Sesungguhnya mereka berdua benar-benar sedang disiksa, dan mereka tidak disiksa dalam perkara yang besar. Salah satu dari mereka dahulu tidak menutup diri dari air kencing. Sedangkan yang lain dahulu suka mengadu domba.” (Shahih Al-Bukhari,218 dan Shahih Muslim,292)
Ibnu Mas’ud radiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Maukah kuberitahukan kepada kalian tentang apa itu kebohongan besar ? Yaitu namimah; banyak bicara di antara manusia.” (HR.Muslim,2606 )
Ibadallah ! Apakah setelah mengetahui ancaman keras yang menggetarkan persendian ini masih ada orang Islam yang rela menempuh jalur yang tercela ini, membuka rahasia, menyingkap tabir, mencari-cari kesalahan, menelusuri kekeliruan, dan membesar-besarkan kekurangan ?! Banyak kata yang mati seketika tanpa pernah beranjak dari tempatnya. Dan banyak pula kata yang berubah menjadi percikan api, lalu berkobar menjadi api yang besar dan melahap apa saja.
Ada ungkapan yang mengatakan:”Seorang pengadu domba (Provokator) dalam tempo sekejap dapat merusak sesuatu yang tidak bisa dirusak oleh seorang penyihir dalam tempo setahun.”
Cara hidup yang diikuti oleh generasi sahabat ialah menutupi dan menasehati, bukan menyebarkan dan membuka kepada umat. Umar radiyallahu ‘anhu pernah berkata : “Jangan pernah berburuk sangka terhadap kata-kata yang keluar dari mulut seorang muslim, sementara kamu dapat memahaminya dengan makna yang baik.”
Adalah jantan dan berani bila anda menghadapi saudara anda dengan apa adanya. Dan adalah pengecut, lancing, hina dan rendah bila anda menampilkan rasa simpati padanya dan berkata: “Kamu hebat! Kamu luar biasa !” tetapi di belakangnya anda berbalik 180 derajat; anda membeberkan aibnya, menjelek-jelekkannya dan berkata : “Dia begini ! Dia begini! Demi Allah, ini adalah prilaku orang-orang yang hina, rendah, nista dan tidak bermartabat. Dalam sebuah Hadits shahih Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Engkau akan menemukan manusia yang paling jahat adalah orang yang bermuka dua; yaitu orang yang datang kepada (di sini) mereka dengan satu wajah dan kepada (di sana) mereka dengan wajah yang lain.” (Shahih Al-Bukhari,3494 dan Shahih Muslim,2526)
Begitu juga dengan orang yang lidahnya bercabang dua; manis di depan anda, pahit di belakang Anda.
Yang lebih mengherankan adalah orang yang mau menyerahkan akal sehatnya kepada para provokator. Ia mempercai apa saja yang mereka katakan tanpa penyaringan dan penyelidikan yang teliti.
Al-Ghazali rahimahullah berkata: “Setiap orang yang didatangi seorang provokator dan diberitahu : “Si fulan bilang bahwa kamu begini dan begini. Atau dia berbuat begini dan begini terhadap hak-hakmu. Atau dia bersekongkol dengan musuhmu. Atau dia menjelek-jelekkan keadaanmu. Atau ucapan-ucapan lain yang senada, maka ia harus memegang teguh enam hal berikut ini:
1. Tidak mempercai ucapanya. Karena seorang provokator (pengadu domba) adalah orang fasik. Sedangkan orang fasik itu tidak bisa diterima kesaksiannya menurut nash Alquran.
2.Melarang si provokator melakukan aksinya, menasehatinya dan memberikan teguran kepadanya.
3. Membenci orang tersebut karena Allah. Karena orang semacam itu dibenci oleh Allah. Dan kita wajib membenci orang yang dibenci oleh Allah.
4. Tidak berburuk sangka kepada saudaranya yang jauh darinya. Karena Allah Subhanahu Wata’ala berfirman: “Jauhilah kebanyakan perasangka (kecurigaan), karena sebagian dari perasangka itu dosa.” (Qs.Al-Hujurat:12)
5. Apa yang diceritakan itu tidak boleh mendorongnya untuk memata-matai dan mencari-cari kesalahannya. Karena Rasulullah bersabda:
“Barangsiapa yang mencari-cari kekurangan saudaranya sesama muslim, Allah pasti akan mencari-cari kekurangannya. Dan barangsiapa yang dicari-cari kesalahannya oleh Allah, pasti kesalahannya akan diberikan di depan umum, kendati ada di dalam rumahnya.” (HR.Tirmidzi, 2032 )
6. Tidak meniru perbuatan si provokator dan tidak menceritakan provokasinya kepada orang lain.
Umar bin Abdul Aziz rahimahullah pernah didatangi seorang yang kemudian menyampaikan sesuatu tentang orang lain. Lalu Umar berkata : “Hai Bung! Kalau kami mau, kami bisa meneliti laporanmu. Lalu jika kamu berdusta, kamu akan termasuk golongan yang dimaksud di dalam ayat: “Jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka priksalah dengan teliti…” (QS. Al-Hujurat:6) jika kamu benar, kamu akan termasuk golongan yang dimaksud di dalam ayat: “Yang banyak mencela, yang ke sana ke mari menyebar fitnah.” (QS.Al-Qalam:11). Dan kalau kamu mau, kami bisa mengampunimu. Lalu kamu tidak boleh mengulangi perbuatanmu ?” Laki-laki itu langsung berkata: “Ampunilah aku, Ya Amirul Mukminin ! Aku tidak akan mengulanginya lagi.”
Wahai umat Islam ! Kita benar-benar perlu mengadu kepada Allah tentang maraknya kejadian ini di masyarakat muslim dewasa ini. Marilah kita bertakwa kepada Allah dan waspada terhadap prilaku yang tercela ini. Hendaknya para pejabat dan pihak-pihak yang berwenang senantiasa bertakwa kepada Allah. Karena golongan ini sangat laku di lingkungan mereka. Lalu kaum wanita sebaiknya juga bertakwa kepada Allah, karena peredaran namimah di tengah-tengah mereka sangat cepat. Kecuali orang-orang yang dirahmati Allah.
Bagi para konsultan, jurnalis dan pembuat kebijakan semoga lebih bertakwa kepada Allah. Sehingga mereka tidak membuat konspirasi untuk menjatuhkan orang-orang bersih yang tidak bersalah dan tidak berburuk sangka kepada umat Islam. Terutama kepada orang-orang shalih. Para muballigh dan para pelaku amar makruf dan nahi munkar.
Tidak ketinggalan, para penuntut ilmu harus selalu bertakwa kepada Allah. Sehingga perbedaan yang terjadi mengenai masalah-masalah yang harus dikaji tidak mendorong mereka untuk menyudutkan rekan-rekannya dan berburuk sangka kepada mereka.
Dan hendaknya orang-orang yang suka menjajakan dagangan yang merugikan ini bertakwa kepada Allah. Mereka menghentikan perilaku tercela dan perbuatan yang tidak terpuji. Hendaknya mereka segera bertaubat, sebelum mereka dikejutkan oleh maut yang tiba-tiba menjemput. Dan bila itu terjadi, penyesalan tidak berguna lagi.
Kita memohon kepada Allah agar berkenan memperbaiki hati dan perbuatan kita, menunjukkan kita ke jalan keselamatan dan melindungi kita dari kejahatan setiap pendengki dan pengadu domba. Sesungguhnya Dialah sebaik-baik dzat yang dimintai. Dan Dialah dzat yang paling bisa diharapkan karuniaNya.
بارَكَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ،
وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ
الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هذا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ
Khutbah Kedua :
اَلحَمْدُ لِلّهِ الوَاحِدِ القَهَّارِ، الرَحِيْمِ
الغَفَّارِ، أَحْمَدُهُ تَعَالَى عَلَى فَضْلِهِ المِدْرَارِ، وَأَشْكُرُهُ
عَلَى نِعَمِهِ الغِزَارِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا إِلَهَ إِلَّا الله
وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ العَزِيْزُ الجَبَّارُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ
نَبِيَّنَا مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ المُصْطَفَى المُخْتَار،
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ الطَيِّبِيْنَ الأَطْهَار،
وَإِخْوَنِهِ الأَبْرَارِ، وَأَصْحَابُهُ الأَخْيَارِ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ
بِإِحْسَانٍ مَا تُعَاقِبُ اللَيْلَ وَالنَّهَار
Amma ba’du :Ibadallah ! Bertakwalah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Damaikanlah orang-orang yang berseteru. Dan taatlah kepada Allah dan RasulNya, jika anda adalah orang-orang yang beriman.
Ibadallah ! Kalau dicari unsur dan tujuan yang mendorong munculnya penyakit namimah yang sangat berbahaya ini, maka yang tampak jelas adalah lemahnya iman, buruknya pendidikan, salah pergaulan, kecenderungan hati untuk dendam, dengki, sombong dan angkuh. Di samping itu banyaknya waktu yang dimiliki oleh sebagian pelakunya. Faktor lainnya adalah keinginan untuk memuaskan pihak lain, hawa nafsu dan ketidaktahuan akan akibat dari penyakit yang akut ini.
Penyakit ini bisa diobati melalui penguatan iman, pendidikan yang bagus, pergaulan yang baik, pengisian waktu luang dengan ilmu yang bermanfaat, amal shalih, kebersihan hati, dan sibuk dengan sendiri sehingga tidak sempat mengurus aib orang lain.
Hendaknya orang-orang yang suka melakukan hal ini ingat akan masa depannya kelak di dalam kubur. Karena perbuatan ini termasuk salah satu penyebab datangnya siksa kubur dan penicu masuknya seseorang ke dalam api Neraka. Wal iyadzubillah ! Ia juga harus ingat nasibnya ketika kelak berdiri di hadapan Tuhan. Hendaknya ia menjaga lidahnya dan menyibukkannya dengan kebajikan, dzikir, dan bacaan-bacaan yang bisa mendekatkan dirinya kepada Allah.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah melarang Sahabat-sahabatnya melaporkan ucapan atau perbuatan seseorang yang bisa menyakiti hati beliau. Abu Daud dan lain-lain meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda :
“Hendaknya tidak ada seorangpun yang menyampaikan sesuatu kepadaku tntang salah seorang Sahabatku. Karena sesungguhnya aku ingin menemui mereka dengan dada yang bersih.” (HR. Abu Daud, 4860 dan At-Tirmidzi,3896 )
Jadi, kita semua harus berusaha memperbaiki, memadukan dan mendekatkan, bukan menjauhi, memusuhi dan merusak. Abu Daud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Maukah aku beritahukan kepadamu tentang sesuatu yang lebih utama daripada derajat puasa, shalat dan sedekah ?” Mereka menjawab: “Ya tentu wahai Rasulullah.” Beliau lantas bersabda: “Mendamaikan orang-orang yang berseteru, karena rusaknya orang-orang yang berseteru adalah pencukur.” (HR. Abu Daud, 4919 dan At-Tirmidzi, 2509 )
Dalam riwayat lain disebutkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
“Itu adalah pencukur. Aku tidak mengatakan bahwa ia mencukur rambut, tetapi mencukur agama.” (HR. At-Tirmidzi,2510 )
Jangan sekali-kali berusaha menyenangkan hati setan yang sudah frustrasi untuk mengadu domba mereka. Marilah kita meniru Sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang pernah dikomentari oleh beliau dengan sabdannya : “Seorang ahli Surga akan datang kepada kalian, sekarang juga.” Padahal orang itu tidak banyak melaksanakan puasa maupun shalat. Hanya, seperti yang disampaikannya kepada Abdullah bin Amr bin Ash radiyallahu ‘anhu : “Hanya, aku pernah memendam niat untuk menipu seorang mulim. Dan aku tidak pernah merasa iri kepada siapa pun yang mendapatkan anugerah dari Allah.” Lalu Abdullah radiyallahu ‘anhu berkata: “Inilah yang membuatmu sampai pada derajat itu.” Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ
سَبَقُونَا بِاْلإِيمَانِ وَلاَتَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِينَ
ءَامَنُوا رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ
“Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang
telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan
kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman Ya Rabb
kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyanyang“. (QS.Al-Hasyr :10)
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا
اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اللهم بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
اللهم اغْـفِـرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْـفِـرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار
[Dikutip dari buku : Kumpulan Khutbah Jum’at Pilihan Setahun Edisi
pertama, ElBA Al-Fitrah, Surabaya .Diposting oleh Yusuf Al-Lomboky]اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اللهم بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
اللهم اغْـفِـرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْـفِـرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار
Namimah (Adu Domba)
Berbicara mengenai bahaya lisan memang tidak ada habisnya. Lisan, hanya ada satu di tubuh, tapi betapa besar bahaya yang ditimbulkan olehnya jika sang pemilik tak bisa menjaganya dengan baik. Ada pepatah yang mengatakan “mulutmu adalah harimaumu”, ini menunjukkan betapa bahayanya lisan ketika kita tidak menjaganya, sedangkan pepatah jawa mengatakan ajining diri ono ing lati, yang maknanya bahwa nilai seseorang ada pada lisannya, nilainya akan baik jika lisannya baik, atau sebaliknya.
Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi jaminan surga pada seorang muslim yang dapat menjamin lisannya. Dari Sahal bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa menjamin untukku apa yang ada di antara kedua dagunya (lisan) dan apa yang ada di antara kedua kakinya (kemaluan/farji), maka aku akan menjamin untuknya surga.” (HR. Al-Bukhari)
Salah satu bentuk kejahatan lisan adalah namimah (adu domba). Kata adu domba identik dengan kebencian dan permusuhan. Sebagian dari kita yang mengetahui bahaya namimah mungkin akan mengatakan, “Ah, saya tidak mungkin berbuat demikian…” Tapi jika kita tak benar-benar menjaganya ia bisa mudah tergelincir. Apalagi ketika rasa benci dan hasad (dengki) telah memenuhi hati. Atau meski bisa menjaga lisan dari namimah, akan tetapi tidak kita sadari bahwa terkadang kita terpengaruh oleh namimah yang dilakukan seseorang. Oleh karena itu kita benar-benar harus mengenal apakah itu namimah.
Definisi Namimah
Al-Baghawi rahimahullah menjelaskan bahwa namimah adalah mengutip suatu perkataan dengan tujuan untuk mengadu domba antara seseorang dengan si pembicara. Adapun Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalaani rahimahullah mengatakan bahwa namimah tidak khusus itu saja. Namun intinya adalah membeberkan sesuatu yang tidak suka untuk dibeberkan. Baik yang tidak suka adalah pihak yang dibicarakan atau pihak yang menerima berita, maupun pihak lainnya. Baik yang disebarkan itu berupa perkataan maupun perbuatan. Baik berupa aib ataupun bukan.
Hukum dan Ancaman Syariat Terhadap Pelaku Namimah
Namimah hukumnya haram berdasarkan ijma’ (kesepakatan) kaum muslimin. Banyak sekali dalil-dalil yang menerangkan haramnya namimah dari Al Qur’an, As Sunnah dan Ijma’. Sebagaimana firman Allah Ta’ala, yang artinya, “Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina yang banyak mencela, yang kian kemari menghambur fitnah.” (QS. Al Qalam: 10-11)
Dalam sebuah hadits marfu’ yang diriwayatkan Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu disebutkan, “Tidak akan masuk surga bagi Al Qattat (tukang adu domba).” (HR. Al Bukhari)
Ibnu Katsir menjelaskan, “Al qattat adalah orang yang menguping (mencuri dengar pembicaraan) tanpa sepengetahuan mereka, lalu ia membawa pembicaraan tersebut kepada orang lain dengan tujuan mengadu domba.”
Perkataan “Tidak akan masuk surga…” sebagaimana disebutkan dalam hadist di atas bukan berarti bahwa pelaku namimah itu kekal di neraka. Maksudnya adalah ia tidak bisa langsung masuk surga. Inilah madzhab Ahlu Sunnah wal Jama’ah untuk tidak mengkafirkan seorang muslim karena dosa besar yang dilakukannya selama ia tidak menghalalkannya (kecuali jika dosa tersebut berstatus kufur akbar semisal mempraktekkan sihir -ed).
Pelaku namimah juga diancam dengan adzab di alam kubur. Ibnu Abbas meriwayatkan, “(suatu hari) Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melewati dua kuburan lalu berkata, lalu bersabda, “Sesungguhnya penghuni kedua kubur ini sedang diadzab. Dan keduanya bukanlah diadzab karena perkara yang berat untuk ditinggalkan. Yang pertama, tidak membersihkan diri dari air kencingnya. Sedang yang kedua, berjalan kesana kemari menyebarkan namimah.” (HR. Al-Bukhari)
Sikap Terhadap Pelaku Namimah
Imam An-Nawawi berkata, “Dan setiap orang yang disampaikan kepadanya perkataan namimah, dikatakan kepadanya: “Fulan telah berkata tentangmu begini begini. Atau melakukan ini dan ini terhadapmu,” maka hendaklah ia melakukan enam perkara berikut:
- Tidak membenarkan perkataannya. Karena tukang namimah adalah orang fasik.
- Mencegahnya dari perbuatan tersebut, menasehatinya dan mencela perbuatannya.
- Membencinya karena Allah, karena ia adalah orang yang dibenci di sisi Allah. Maka wajib membenci orang yang dibenci oleh Allah.
- Tidak berprasangka buruk kepada saudaranya yang dikomentari negatif oleh pelaku namimah.
- Tidak memata-matai atau mencari-cari aib saudaranya dikarenakan namimah yang didengarnya.
- Tidak membiarkan dirinya ikut melakukan namimah tersebut, sedangkan dirinya sendiri melarangnya. Janganlah ia menyebarkan perkataan namimah itu dengan mengatakan, “Fulan telah menyampaikan padaku begini dan begini.” Dengan begitu ia telah menjadi tukang namimah karena ia telah melakukan perkara yang dilarang tersebut.”.
Apakah semua bentuk berita tentang perkataan/perbuatan orang dikatakan namimah? Jawabannya, tidak. Bukan termasuk namimah seseorang yang mengabari orang lain tentang apa yang dikatakan tentang dirinya apabila ada unsur maslahat di dalamnya. Hukumnya bisa sunnat atau bahkan wajib bergantung pada situasi dan kondisi. Misalnya, melaporkan pada pemerintah tentang orang yang mau berbuat kerusakan, orang yang mau berbuat aniaya terhadap orang lain, dan lain-lain. An-Nawawi rahimahullah berkata, “Jika ada kepentingan menyampaikan namimah, maka tidak ada halangan menyampaikannya. Misalnya jika ia menyampaikan kepada seseorang bahwa ada orang yang ingin mencelakakannya, atau keluarga atau hartanya.”
Pada kondisi seperti apa menyebarkan berita menjadi tercela? Yaitu ketika ia bertujuan untuk merusak. Adapun bila tujuannya adalah untuk memberi nasehat, mencari kebenaran dan menjauhi/mencegah gangguan maka tidak mengapa. Akan tetapi terkadang sangat sulit untuk membedakan keduanya. Bahkan, meskipun sudah berhati-hati, ada kala niat dalam hati berubah ketika kita melakukannya. Sehingga, bagi yang khawatir adalah lebih baik untuk menahan diri dari menyebarkan berita.
Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata, “Seseorang selayaknya memikirkan apa yang hendak diucapkannya. Dan hendaklah dia membayangkan akibatnya. Jika tampak baginya bahwa ucapannya akan benar-benar mendatangkan kebaikan tanpa menimbulkan unsur kerusakan serta tidak menjerumuskan ke dalam larangan, maka dia boleh mengucapkannya. Jika sebaliknya, maka lebih baik dia diam.”
Bagaimana Melepaskan Diri dari Perbuatan Namimah
Ya ukhty, janganlah rasa tidak suka atau hasad kita pada seseorang menjadikan kita berlaku jahat dan tidak adil kepadanya, termasuk dalam hal ini adalah namimah. Karena betapa banyak perbuatan namimah yang terjadi karena timbulnya hasad di hati. Lebih dari itu, hendaknya kita tidak memendam hasad (kedengkian) kepada saudara kita sesama muslim. Hasad serta namimah adalah akhlaq tercela yang dibenci Allah karena dapat menimbulkan permusuhan, sedangkan Islam memerintahkan agar kaum muslimin bersaudara dan bersatu bagaikan bangunan yang kokoh.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian saling mendengki, saling membenci, saling bermusuhan, dan janganlah kamu menjual barang serupa yang sedang ditawarkan saudaramu kepada orang lain, dan jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersaudara.” (HR. Muslim)
Berusaha dan bersungguh-sungguhlah untuk menjaga lisan dan menahannya dari perkataan yang tidak berguna, apalagi dari perkataan yang karenanya saudara kita tersakiti dan terdzalimi. Bukankah mulut seorang mukmin tidak akan berkata kecuali yang baik.
Semoga Allah Ta’ala selalu melindungi kita dari kejahatan lisan kita dan tidak memasukkan kita ke dalam golongan manusia yang merugi di akhirat dikarenakan lisan yang tidak terjaga, “Allahumma inni a’uudzubika min syarri sam’ii wa min syarri bashori wa min syarri lisaanii wa min syarri maniyyii.” (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari kejahatan pendengaranku, penglihatanku, lisanku, hatiku dan kejahatan maniku.)
***
Diringkas dari Petaka Lisan Menurut A-Qur’an dan Sunnah
(Dr. Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthaani)
Artikel www.muslimah.or.id
Tiada ulasan:
Catat Ulasan