Selasa, 30 Disember 2014

KERJA2 AMAL DITUNJUK2 DENGAN NIAT UNTUK RIAK DLL ..... NIAT UNTUK DISANJUNG....MAKA JADI SIA2 AMAL...MALAH JADI SYIRIK YANG TERSEMBUNYI@SYIRIK KHOFI

AirAsia sahkan pesawat tergelincir
  • Air Asia Air Asia
1 / 1
SHAH ALAM - AirAsia Filiphina mengesahkan pesawat Z2 272 miliknya tergelincir ketika mendarat di Lapangan Terbang Antarabangsa Kalibo, Filiphina jam 5.43 petang tadi.

Menurut kenyataan yang dikeluarkan syarikat penerbangan itu, pesawat berkenaan dalam perjalanan dari Manila ke Kalibo membawa 153 anak kapal dan penumpang.

“Kesemua mangsa dapat turun dengan selamat tanpa sebarang kecederaan dan ditempatkan di hotel dengan pemantauan kakitangan Air Asia,” kata kenyataan itu.



5:17PM - 30 Dec 2014

Peniaga lelong barang selepas banjir



Sebahagian peniaga di bandar Kota Bharu, mula membersihkan kedai mereka hari ini selepas air surut sejak petang semalam.
Bagaikan pesta, barang-barang yang terkena air banjir, dilelong di hadapan kedai masing-masing dengan separuh harga asal.
Seorang peniaga pakaian muslimah, Nordin Ibrahim (kiri) berkata, beliau terpaksa melelong barangannya di bawah harga modal untuk menghabiskan stok yang terkena air banjir.
"Terpaksa jual murah-murah, nak jual pada harga biasa pun tak boleh dah.
"Ini pun jual untuk habis barang sahaja, tak ada untung langsung," katanya.
Tudung bawal biasa bidang 60, yang kebiasaannya dijual pada harga RM25 sehelai, dilelong RM20 untuk 12 helai.
Sementara tudung bercorak pula, dilelong pada harga RM20 untuk 20 helai.
Keadaan itu, menyebabkan beliau yang dibantu anggota keluarga, tidak menang tangan melayan pembeli yang datang.
"Sebelum ini sudah banyak juga kita hantar ke Kuala Kerai untuk bantu mangsa banjir di sana, tidak ada pakaian.
"Kita hanya bagi percuma kepada mereka," katanya yang mendakwa kerugian hampir RM100,000.
Selain pakaian, ada juga kedai yang membuat lelongan barangan rumah, kasut dan makanan.
Sementara itu, orang ramai yang ditemui ternyata tidak mahu melepaskan peluang tersebut.
Azhar Abu Bakar, 40, ketika ditemui Malaysiakini berkata, beliau mengambil peluang itu untuk membeli makanan yang sebelum ini habis.
"Saya beli biskut. Biasa lebih RM3 satu paket, tetapi hari ini dia lelong RM1 untuk satu paket.
"Orang jual murah, kita beli terus sebab hari biasa tak dapat harga ni," katanya yang memborong hampir 10 paket biskut.
Bagi Ermawati Mohd Nawi, 20, pula, tindakan peniaga-peniaga yang membuat lelongan barangan itu wajar dipuji.
Menurutnya, ia sekaligus meringankan beban orang ramai yang baru sahaja menempuhi banjir besar tahun ini.
"Saya beli banyak, sebab macam-macam biskut ada dan murah sangat," katanya.
Bagi Abdul Ghani Abdul Rahman, 54, pula, beliau datang dari Wakaf Bharu, yang berjarak kira-kira 15KM dari Kota Bharu, untuk membeli barangan yang dilelong.
"Biasa kalau beli sebanyak ini, mungkin dah habis RM15, tapi hari ini baru habis RM5. Memang murah," katanya.
Sementara itu, tinjauan Malaysiakini di sekitar bandar Kota Bharu menyaksikan petugas Jabatan Kerja Raya (JKR), sedang giat menolak lumpur membersihkan jalan.
Kebanyakan laluan ke pusat bandar hari ini sudah boleh dilalui.



Pengecas bateri meletup, budak putus jari
  • Kesan darah kelihatan di lantai kediaman mangsa dipercayai akibat cedera di tangan. Kesan darah kelihatan di lantai kediaman mangsa dipercayai akibat cedera di tangan.
1 / 1
SERI ISKANDAR - Seorang murid tahun tiga Sekolah Kebangsaan Iskandar Perdana putus jari kelengkeng apabila pengecas bateri helikopter mainannya meletup, di rumahnya di Bandar Universiti, di sini, pagi tadi.

Mangsa, Indra Adam Mohd Azlim, 9, dikatakan bersama dua adiknya masing-masing berusia 5 tahun dan 18 bulan dalam bilik tempat bateri berkenaan dicas, sementara ibu mereka memasak di dapur.

Datuk mangsa, Ishak Dollah, 62, berkata, ketika kejadian terdengar letupan dari bilik berkenaan dan menyebabkan tangan mangsa berdarah.

Bagaimanapun, menurutnya, dua lagi cucunya tidak mengalami sebarang kecederaan dan bersyukur kerana tiada kejadian lebih buruk berlaku.

"Saya yakin letupan disebabkan caj elektrik sebab hanya ada barang mainan itu dalam bilik. Dia memang suka main helikopter yang dibelikan ayahnya.

"Lagipun, mereka baru pindah ke Seri Iskandar dua minggu lalu dan sekarang ayahnya di Sarawak bekerja," katanya.

Difahamkan, mangsa yang parah dikejarkan ke Hospital Changkat Melintang sebelum dirujuk ke Hospital manjung untuk rawatan lanjut.

Sementara itu, Ketua Polis Daerah Perak Tengah, Superintendan Mohamad Fakri Che Sulaiman mengesahkan menerima laporan kejadian itu dan siasatan mengenainya dijalankan.
Simpati nasib Syria alasan sertai IS
  • Apa itu IS?
1 / 1
KUALA LUMPUR - "Bukan kamu seorang sahaja simpati dengan apa yang berlaku di Syria. Seluruh umat Islam bersimpati dan saya juga bersimpati sebagai seorang Islam.

"Kalau simpati kenapa perlu nak ke sana? Nak menyertai kumpulan pengganas? (kumpulan militan Islamic State)," tanya Hakim Mahkamah Tinggi Kamardin Hashim sebelum menolak pengakuan bersalah seorang peniaga runcit atas tuduhan hendak menjadi ahli kumpulan militan tersebut.

Terdahulu, tertuduh Mohd Rosmadi Che Daud, 42, tidak setuju dengan fakta kes yang menyatakan dia "membuat persiapan menyertai" kumpulan tersebut.
"Saya hanya simpati rakyat Syria mati dibunuh tanpa belas kasihan dan tak berniat langsung menyertai IS," kata Mohd Rosmadi sambil menitiskan air mata.

Kamardin berkata mesti ada tujuan tertuduh hendak ke Syria dan setakat simpati tidak perlu ke sana, sebelum menolak pengakuan bersalahnya dan menetapkan 31 Mac depan sebagai tarikh sebutan semula kes.

Mengikut fakta kes yang dibacakan di Mahkamah, Mohd Rosmadi ditahan pada 25 Sept yang lalu bersama-sama beberapa orang yang lain di Balai Perlepasan Antarabangsa Kuala Lumpur (KLIA), ketika tertuduh hendak mendaftar masuk bagi penerbangan Qatar Airways ke Istanbul, Turki.

Mohd Rosmadi yang berasal dari Pengkalan Chepa, Kelantan, menghadapi pertuduhan utama, hendak menjadi ahli kepada kumpulan IS.

Dia didakwa mengikut Seksyen 130J(1)(a) Kanun Keseksaan, dan jika disabitkan boleh dihukum penjara seumur hidup atau penjara sehingga 30 tahun, atau denda dan harta yang telah digunakan atau niat untuk digunakan bagi melakukan kesalahan tersebut, boleh dirampas.

Bagi pertuduhan pilihan, Mohd Rosmadi menghadapi tuduhan memberi sokongan kepada kumpulan militan tersebut dan didakwa di bawah seksyen yang sama.

Tertuduh diwakili peguam Arik Zakri Abdul Kadir dan Ahmad Kamal Abu Bakar manakala pihak pendakwaan diwakili Timbalan Pendakwa Raya Wan Shaharuddin Wan Ladin dan Shukor Abu Bakar. - Bernama



 PANGKALAN BUN, KOMPAS.com — Kopilot pesawat Hercules C130 dari Lanud Halim Perdan

News / Nasional

Ada 3 Jasad Bergandeng Tangan di Lokasi Penemuan Puing AirAsia QZ8501

Selasa, 30 Desember 2014 | 17:19 WIB
AFP PHOTO / BAY ISMOYO Puing-puing mengambang di area yang sama terlihat saat operasi pencarian pesawat AirAsia QZ8501 di atas Laut Jawa, Selasa (30/12/2014). Puing tersebut masih diselidiki pihak berwenang, apakah terkait pesawat AirAsia yg hilang.akusuma, Letnan Satu Penerbang Tri Wibowo, mengaku melihat sekitar delapan jasad manusia terombang-ambing di Selat Karimata pada Selasa (30/12/2014). Tiga dari delapan jasad itu, kata Tri, saling bergandeng tangan satu sama lain.

"Ada tujuh sampai delapan orang. Tiga (di antaranya) lagi bergandeng tangan," kata Tri di kokpit pesawat dalam penyusuran wilayah perairan selatan Kalimantan.

Selain jasad manusia, Tri juga melihat beberapa obyek lainnya, seperti tas koper, pelampung, dan serpihan yang diduga milik pesawat AirAsia QZ8501.

Menurut Tri, informasi tersebut telah dia sampaikan ke KRI Budi Utomo yang terlibat dalam proses evakuasi. "Ada Koper-koper dan kayak ada orang pakai pelampung. Saat ini sudah dilakukan proses evakuasi," ucap dia.

Sebelumnya diberitakan, untuk mengecek kebenaran mengenai penampakan obyek-obyek yang diduga milik pesawat AirAsia QZ8501, Panglima Komando Operasi Lanud Halim Perdanakusuma Marsekal Muda Dwi Putranto beserta tim Basarnas melakukan pengecekan dengan menggunakan helikopter ke Selat Karimata, tepatnya di sekitar perairan Teluk Air Hitam, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Selasa (30/12/2014) siang.

Dwi berangkat dari Bandara Iskandar, Pangkalan Bun, sekitar pukul 13.00. Sebelum naik ke atas pesawat, Dwi mengatakan bahwa dia memang harus mengecek langsung ke lokasi untuk memastikan informasi yang ia terima dari para kru pesawat Hercules C130.



Mengapa bantuan banjir ada gambar pemimpin Umno?

ASLANI M | .


KUALA KRAI: Sukarelawan dari luar Kelantan mendakwa bantuan banjir kepada mangsa-mangsa agak lewat tiba di lokasi pemindahan disebabkan kerenah birokrasi.

Mereka mendakwa pihak berkuasa membuat sekatan di kawasan tidak jauh dari sempadan Pahang-Kelantan menanyakan pelbagai soalan kepada kenderaan bantuan banjir.

“Mereka tanya permit bawa bantuan banjir. Ini tidak sepatutnya berlaku kerana mangsa sedang berdepan dengan kesukaran di tempat pemindahan banjir.

“Banyak kenderaan bantuan dari luar Kelantan terkandas kerana pihak berkuasa seperti cuba melengah-lengahkan perjalanan,” kata seorang sukarelawan dari Selangor.

Mereka juga mendakwa bantuan banjir yang diserah kepada pihak berkuasa di tempat-tempat yang sukar dilalui jalan darat difahamkan dilekat pembungkus berwajah pemimpin Umno.

Kata mereka tindakan melekatkan gambar pemimpin menyebabkan bantuan yang sepatutnya diagih lebih cepat mengambil masa untuk sampai kepada mangsa banjir.

Dakwaan sukarelawan terbabit berasas apabila Menteri Pertanian dan Industri Asas Tani, Datuk Seri Ismail Sabri dilaporkan berkata, apa yang penting sumbangan itu sampai kepada mangsa banjir bagi mengurangkan beban mereka.

“Tak apalah mereka hendak kecam. Yang penting barang-barang daripada kementerian sampai kepada mangsa banjir dan dapat membantu mengurangkan bebanan mereka,” katanya seperti disiar sebuah laman berita. - HARAKAHDAILY 30/12/2014

Tim SAR Temukan Bayangan Diduga Badan Pesawat AirAsia QZ8501

Reporter : Eko | Selasa, 30 Desember 2014 15:05
Tim SAR Temukan Bayangan Diduga Badan Pesawat AirAsia QZ8501
"Kemudian pada 12.50 WIB pesawat Hercules TNI AU menemukan objek yang menggambarkan banyangan di dalam laut seperti diduga bentuk pesawat," tambah Bambang.
Dream - Kepala Basarnas, Marskal Madya Bambang Sulistyo, mengatakan lokasi jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 telah ditemukan. Pesawat etrsebut ditemukan di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.
“Pada pukul 10.05 WIB pesawat C295 TNI AU menemukan benda-benda serpihan yang mengaung pada posisi 03.44.50 South,” kata Bambang dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa 30 Desember 2014.
Pada pukul 11.07 WIB, pesawat Hercules TNI AU menemukan lempengan logam pada poisis 08.50.43 South dan 110.29.21,8 East.
“Kemudian pada 12.50 WIB pesawat Hercules TNI AU menemukan objek yang menggambarkan banyangan di dalam laut seperti diduga bentuk pesawat,” tambah Bambang.
Dari temuan-temuan itu, kemudian pada pukul 13.25 WIB Tim SAR melakukan proses evakuasi untuk meyakinkan semua temuan-temuan itu. “Melihat benda mengapung yang diduga salah satu jasad dari penumpang. Berikut beberapa serpihan.”
Sementara, pada pukul 13.30 KRI Bung Tomo melihat benda terapung yang diduga Emergency Exit Door dari pesawat. Setengah jam kemudian, 14.00 WIB, KRI Bung Tomo bersama-sama helipkopter dari Basarnas melakukan evakuasi pintu darurat tersebut.
“Dari temuan-temuan itu maka saya selaku koordinator pada saat ini memastikan 95 persen lokasi yang tergambar di sini adalah lokasi serpihan-serpihan maupun benda-yanga diduga berasal dari pesawat,” kata dia.
“Oleh karena itu yang 5 ersen belum saya nyatakan itu karena sampai detik ini saya belum melihat langsung emergency exit door,” tambah Bambang.
Namun, dari komunikasi dengan komandan-komandan SAR di lapangan, Bambang yakin benda yang ditemukan itu adalah Emergency Exit Door. “Oleh karena itu saya pastikan itu baian dari pesawat yang kita cari,” ujar Bambang.




Macam-Macam Syirik



Penyusun Ulang: Ummu Aufa
Muroja’ah: Ust. Abu Mushlih
Saudariku, setelah di edisi kemarin kita dapat mengetahui hakikat kesyirikan maka kini kami ingin menjelaskan mengenai macam-macam syirik. Syirik tidak hanya menyembah berhala, menyembah selain-Nya namun riya’ juga merupakan syirik. Dengan demikian marilah saudariku kita simak penjelasan di bawah ini.

Pembagian syirik ada berbagai macam tergantung dikelompokkan pada kelompok yang mana.
1. Syirik yang Terkait dengan Kekhususan Allah Ta’ala
a. Syirik di dalam Rububiyyah
Yaitu meyakini bahwa selain Allah mampu menciptakan, memberi rezeki, menghidupkan atau mematikan dan lainnya dari sifat-sifat rububiyyah.
b. Syirik di dalam Uluhiyyah
Yaitu meyakini bahwa selain Allah bisa memberikan madharat atau manfaat, memberikan syafaat tanpa izin Allah, dan lainnya yang termasuk sifat-sifat uluhiyyah.
c. Syirik di dalam Asma’ wa Sifat
Yaitu seorang meyakini bahwa sebagian makhluk Allah memiliki sifat-sifat khusus yang Allah ta’alla miliki, seperti mengetahui perkara gaib, dan sifat-sifat lainnya yang merupakan kekhususan Rabb kita yang Maha Suci.
2. Syirik Menurut Kadarnya
a. Syirik Akbar (besar)
Yaitu syirik dalam keyakinan, dan hal ini mengeluarkan pelakunya dari agama islam.
– Syirik dalam berdoa
Adalah merendahkan diri kepada selain Allah dengan tujuan untuk istighatsah dan isti’anah kepada selain-Nya.
– Syirik dalam niat, kehendak dan maksud
Adalah manakala melakukan ibadah tersebut semata-mata ingin dilihat orang atau untuk kepentingan dunia semata.
– Syirik dalam keta’atan
Yaitu menjadikan sesuatu sebagai pembuat syariat selain Allah Subhanahu wa Ta’ala atau menjadikan sesuatu sebagai sekutu bagi Allah dalam menjalankan syariat dan ridho atas hukum tersebut.
– Syirik dalam kecintaan
Adalah mengambil makhluk sebagai tandingan bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala. Menyetarakan kecintaan makhluk dengan Allah.
b. Syirik Ashghar (kecil)
Yaitu riya’, hal ini tidak mengeluarkan pelakunya dari agama islam, akan tetapi pelakunya wajib untuk bertaubat. Akan tetapi bukan hanya riya’ saja yang termasuk syirik Ashgar. Riya’ termasuk Syirik Ashghar namun tidak semua Syirik Ashghar hanya berupa riya’.
c. Syirik Khafi (tersembunyi)
Yaitu seorang beramal dikarenakan keberadaan orang lain, hal ini pun termasuk riya’, dan hal ini tidak mengeluarkan pelakunya dari agama islam sebagaimana anda ketahui, namun pelakunya wajib bertaubat.
3. Syirik Menurut Letak Terjadinya
a. Syirik I’tiqodi
Syirik yang berupa keyakinan, misalnya meyakini bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah menciptakan kita dan memberi rizki pada kita namun di sisi lain juga percaya bahwa dukun bisa mengubah takdir yang digariskan kepada kita. Hal ini termasuk Syirik Akbar yang mengeluarkan pelakunya dari agama islam, kita berlindung kepada Allah dari hal ini.
b. Syirik Amali
Yaitu setiap amalan fisik yang dinilai oleh syari’at islam sebagai sebuah kesyirikan, seperti menyembelih untuk selain Allah, dan bernazar untuk selain Allah dan lainnya.
c. Syirik Lafzhi
Yaitu setiap lafazh yang dihukumi oleh syari’at islam sebagai sebuah kesyirikan, seperti bersumpah dengan selain nama Allah, seperti perkataan sebagian orang, “Tidak ada bagiku kecuali Allah dan engkau”, dan “Aku bertawakal kepadamu”, “Kalau bukan karena Allah dan si fulan maka akan begini dan begitu”, dan lafazh-lafazh lainnya yang mengandung unsur kesyirikan.
Dengan mengetahui beberapa kategori syirik diatas dapat membantu kita untuk menghindarinya agar tidak terjatuh dalam kesyirikan dalam bentuk apapun dan cara bagaimana pun. Semoga kita semua bisa terhindar dari syirik tersebut di manapun dan kapan pun jua. Wallohu a’lam bishowab.
Maraji':
Penjelasan Al-Qaul Al-Mufid fii Adillati At-Tauhid (terj)
***
Artikel www.muslimah.or.id
Nasional 
PERUSAKAN MAKAM
Hati-hati dengan 2 Macam Syirik!

Rabu, 16/10/2013 11:00


Yogyakarta, NU Online
Syirik secara umum dapat dimaknai menyekutukan Allah. Syirik merupakan dosa besar yang tidak terampuni, berdasarkan firman Allah dalam Al-Qur’an surat An-Nisa’ ayat 84. Tuduhan syirik adalah tuduhan yang gawat dan berat.

Hal tersebut disampaikan Dosen Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) Ahmad Fuad Efendy (Cak Fuad) dalam acara “Dzikir Salifin; mengenang, meneladani, dan mendo’akan leluhur”, Ahad (13/10) siang, di Pesarean Ki Ageng Prawiro Purbo, Jl. Kusumanegara, Umbulharjo, Yogyakarta.

Karena berat, Cak Fuad mengimbau untuk tidak sembarangan menuduh orang lain syirik, karena hakikat syirik itu ada di dalam hati, dan yang tau persis urusan hati hanyalah Allah. Sebaliknya, tambahnya, jika kita dituduh syirik jangan serta merta menolak keras sebelum memeriksa hati dengan seksama, jangan-jangan ada kandungan syiriknya.

Selanjutnya, Cak Fuad menjelaskan dua macam syirik, berdasarkan kajian para ulama. Pertama, syirik besar-nyata (syirk kabir-jaliy). Kedua, syirik kecil-tersembunyi (syirk shaghir-khafiy).

Pertama, syirik besar-nyata, yaitu suatu perbuatan yang nyata-nyata didasarkan atas anggapan bahwa ada Tuhan selain Allah, dan diyakini memiliki kekuatan untuk mengubah nasib manusia. Sebagai contoh adalah orang-orang musyrik di zaman Nabi Muhammad SAW, dimana mereka percaya bahwa Allah adalah Pencipta alam semesta, tapi bersamaan dengan itu, mereka menyembah berhala-berhala (Latta, Uzza, Manat, dsb) yang mereka yakini memiliki kekuatan untuk memenuhi permintaan mereka.

Termasuk dalam kategori syirik pertama ini juga adalah syirik niat, yakni ketika seseorang melakukan amal kebaikan, seperti shalat, tahajud, puasa, dan lain sebagainya, bukan untuk meraih ridha Allah, melainkan untuk memperoleh balasan langsung di dunia, atau untuk tujuan duniawi lain, seperti kekuasaan dan kekayaan.

Kedua, syirik kecil-tersembunyi, yakni suatu perkataan yang secara tersirat mengakui bahwa ada yang kuasa selain Allah, atau suatu perbuatan yang ditujukan untuk selain Allah, atau kekaguman dan ketaatan kepada makhluk Allah yang melebihi batas namun tidak sampai pada tingkat penyembahan.
Contoh dari syirik yang kedua ini adalah jika ada seseorang yang berkata “obat dari dokter inilah yang membuat saya sembuh total dari penyakit saya”. Jika ingin terhindar dari syirik, maka perkataan tersebut hendaknya diubah menjadi, “atas pertolongan Allah melalui pak dokter inilah saya sembuh total”.

Termasuk juga dalam kategori syirik yang kedua ini adalah sikap riya’ atau pamer. Riya’ ini sendiri ada beberapa bentuk. Bentuk perbuatan seperti memanjangkan ruku’ atau sujud di dalam shalat, dan menunjuk-nunjukkan kekhusyu’an. Dalam bentuk penampilan, misalnya pakaian yang mengesankan kealiman, menghitam-hitamkan bekas sujud di dahi. Ada pula yang dalam bentuk perkataan, seperti memfasih-fasihkan lidah, berlebihan dalam memberikan nasehat, atau pamer hafalan dan keluasan ilmu.

Menurut Cak Fuad, ada dua praktik keberagamaan yang sering diperdebatkan dalam hubungannya dengan syirik ini, yakni tawasul dan istighotsah. Mengenai hal ini, ia menyampaikan bahwa baik yang melarang maupun yang memperbolehkan, keduanya memiliki argumentasi masing-masing yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Maka, sambungnya, diperlukan penelaahan yang komperhensif dan mendalam. Setelah itu, biarlah setiap orang mengambil sikapnya sendiri-sendiri dan atas tanggungjawabnya di hadapan Allah.

Acara tersebut dihelat atas keadaan masyarakat yang masih terusik usai aksi perusakan terjadi pada bulan lalu. Hadir pula Emha Ainun Najib (Cak Nun) dalam acara tersebut. (Dwi Khoirotun Nisa’/Mahbib)

Riya’ Seorang Muslim dan Munafik


Kita tahu bahwa riya’ adalah salah satu perusak amal dan tergolong dalam kesyirikan. Karena memamerkan ibadah atau melakukan riya’s, amalan seseorang jadi sia-sia. Namun ternyata ada bedanya antara riya’ seorang muslim dan orang munafik.
Berikut keterangan dari Syaikh Sholeh Alu Syaikh mengenai tingkatan riya’.
Pertama, riya’ orang munafik, yaitu menampakkan Islam dan menyembunyikan kekafiran. Ia menampakkan keislaman, Islamnya hanya kepura-puraan di hadapan manusia. Ini adalah bentuk munafik dalam tauhid dan menghilangkan iman secara total. Perbuatan ini termasuk dalam kufur akbar (kafir besar). Allah menyifati orang munafik seperti ini,
إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللَّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُوا إِلَى الصَّلَاةِ قَامُوا كُسَالَى يُرَاءُونَ النَّاسَ وَلَا يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا قَلِيلًا
Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali” (QS. An Nisa': 142). Yang dimaksud riya’ di sini adalah riya’ akbar (riya’ besar), yaitu menampakkan keislaman, menyembunyikan kekafiran dalam batin.
Kedua, riya’ yang dilakukan oleh seorang muslim. Riya’ di sini dilakukan dengan maksud menampakkan amalan di hadapan orang lain. Ini termasuk syirik khofi, yaitu syirik yang tersembunyi (tidak nampak). Syirik ini meniadakan kesempurnaan tauhid. Allah Ta’ala mengatakan mengenai syirik,
إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ
Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang di bawah syirik, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. ” (QS. An Nisa': 48). Ayat “sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik“, termasuk juga di dalamnya syirik khofi (syirik yang tersembunyi), begitu pula syirik ashgor. Artinya, jika tidak bertaubat dari riya’ hingga mati, syirik tersebut akan masuk dalam timbangan kejelekan.
Penjelasan di atas menunjukkan akan bahayanya mencari pujian dalam beramal. Namun demikianlah tidak sedikit yang senang akan pujian saat beribadah. Padahal riya’ yang samar dapat membahayakan ibadah seorang muslim. Dan perlu para pembaca ketahui bahwa riya’ ternyata lebih berbahaya dari musibah Dajjal yang akan muncul di akhir zaman. Karena Dajjal bisa dilihat dan nyata. Namun amalan yang riya’, tak ada satu pun yang tahu pelakunya itu riya’ karena riya’ adalah di hati dan tersembunyi. Abu Sa’id Al Khudri pernah berkata,
خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ فَقَالَ « أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِمَا هُوَ أَخْوَفُ عَلَيْكُمْ عِنْدِى مِنَ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ ». قَالَ قُلْنَا بَلَى. فَقَالَ « الشِّرْكُ الْخَفِىُّ أَنْ يَقُومَ الرَّجُلُ يُصَلِّى فَيُزَيِّنُ صَلاَتَهُ لِمَا يَرَى مِنْ نَظَرِ رَجُلٍ »
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah keluar menemui kami dan kami sedang mengingatkan akan (bahaya) Al Masih Ad Dajjal. Lantas beliau bersabda, “Maukah kukabarkan pada kalian apa yang lebih samar bagi kalian menurutku dibanding dari fitnah Al Masih Ad Dajjal?” “Iya”, para sahabat berujar demikian kata Abu Sa’id Al Khudri. Beliau pun bersabda, “Syirik khofi (syirik yang samar) di mana seseorang shalat lalu ia perbagus shalatnya agar dilihat orang lain.” (HR. Ibnu Majah no. 4204, hasan).
Ya Allah, tunjukkilah kami untuk beramal dengan ikhlas. Jauhkanlah kami dari riya’ dan setiap syirik yang tersembunyi.
Hanya Allah yang memberi taufik.

Referensi:

At Tamhid li Syarh Kitabit Tauhid, Syaikh Sholeh bin ‘Abdul ‘Aziz Alu Asy Syaikh, terbitan Dar Al Imam Al Bukhari, cetakan pertama, tahun 1433 H, hal. 418.

Disusun di pagi hari penuh berkah @ Pesantren Darush Sholihin Gunungkidul, 7 Jumadal Awwal 1435 H
Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal
Artikel Rumaysho.Com
Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh TuasikalFans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoCom

Tiada ulasan: