manfaat spirulinaSpirulina adalah cyanobacterium (ganggang biru-hijau) yang tumbuh di air dan begitu bermanfaaat. Ganggang ini kaya akan protein dan nutrisi, dan telah digunakan sebagai sumber makanan di Afrika selama berabad-abad. Hari ini, bubuk spirulina dan kapsul adalah suplemen nutrisi yang sangat populer dan, sifat antioksidan yang kaya dan manfaatnya tidak hanya bisa digunakan oleh manusia. Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa makanan ini sangat berkhasiat untuk meningkatkan pertumbuhan, kesuburan, estetika, dan kualitas gizi hewan ternak. Namun, secara umum inilah manfaat spirulina bagi kesehatan anak Anda.
Spirulina memiliki struktur sel yang sama dengan struktur sel bakteri, yaitu bersifat prokariotik.  Untuk itu, tumbuhan ini termasuk dalam ganggang hijau biru dan merupakan monera.  Ukurannya mikroskopis, umumnya banyak terdapat di perairan tanah yang lembab, dan permukaan dinding tembok, pot, batu karang yang lembab. Ganggang ini kaya akan protein dan nutrisi dan telah digunakan sebagai sumber makanan di Afrika selama berabad-abad.
Spirulina mengandung nutrisi lengkap bahkan kaya beraneka vitamin yang dibutuhkan tubuh. Tumbuhan ini juga termasuk satu-satunya yang mengandung vitamin B kompleks terlengkap: B1, B2, B3, B6, dan B12. Manfaat spirulina bagi anak-anak dan dewasa sangat banyak, berikut kami informasikan beberapa khasiatnya.

Manfaat spirulina bagi anak-anak antara lain:

  1. Asam amino pada spirulina bisa membantu perkembangan otak secara normal dan memperkuat otot anak.
  2. Kalsium dan magnesium yang juga dihadirkan spirulina berperan membantu tulang dan gigi tetap kuat.
  3. Kandungan beta karoten, vitamin A,C,E dan selenium mampu mencegah infeksi virus dan bakteri pada anak
  4. Menghapus radikal bebas dalam tubuh sehingga tubuh terlindung dari infeksi
Manfaat spirulina untuk anak bisa Anda dapatkan dalam kemasan praktis seperti spirulina kid’s honey plus propolis, spirulina kid’s honey plus gamat dan klorofil.

Manfaat spirulina untuk orang dewasa antara lain:

  • Meningkatkan imunitasPenelitian terbaru membuktikan ganggang ini mampu berperan sebagai stimulan penyembuhan kanker lewat kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh.  Sel-sel seperti antibodi, cytokines (protein pelawan infeksi), ditingkatkan produksinya melalui Spirulina.  Bahkan sel lainnya yang meningkatkan imunitas sehingga membantu menyembuhkan infeksi serta penyakit kronis, misalnya kanker.
  • Sebagai suplemen proteinAsam amino sebanyak 62% dalam Spirulina memiliki banyak protein dan nutrisi lain.  Secara tradisional ganggang ini digunakan sebagai suplemen alami bagi orang yang tak mampu mendapat kalori atau protein yang cukup karena diet atau bagi orang yang membutuhkan nutrisi lebih seperti atlet.
  • Mengatasi anemiaSel-sel darah merah, sel-sel darah putih, dan hemoglobin bisa distabilkan dengan Spirulina.  Pada percobaan terhadap hewan, terlihat bahwa Spirulina meningkatkan hematopoiesis yakni pembentukan sel darah merah. Ini membuktikan tingginya zat besi yang terkandung.
  • Mengatasi alergiSpirulina pun mampu melawan reaksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata berair.
  • Mengatasi penyakit yang berhubungan dengna antibiotikWalau menghancurkan organisme yang merugikan dalam tubuh, antibiotik pun bisa membunuh bakteri baik yang disebut probiotik seperti Lactobacillus acidophilus yang terkadang menyebabkan diare.
  • Mengatasi infeksiSpirulina memiliki keunggulan bisa menangkal herpes, influenza, cytomeglovirus, dan virus HIV.
  • Mengurangi resiko kankerSpirulina berfungsi menunjang fungsi kardiovaskuler dan keseimbangan kolesterol, memperbaiki fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi detoksifikasi serta mengurangi resiko kanker dengan melindungi tubuh dari radikal bebas.
  • Mengurangi efek kemoterapiBagi yang menjalani kemoterapi, tentu merasakan efek seperti kepala pusing, tidak nafsu makan, sukar tidur, mual muntah, tenggorokan kering ataupun cemas.  Hal tersebut bisa dikurangi dengan Spirulina.

SYNERGY SPIRULINA
Salah satu produk makanan kesehatan dari Synergy World Wide yang sangat bermanfaat bagi kesehatan adalah Spirulina. Suplemen makanan produk Synergy Worldwide ini produk alami yang dibuat dari ganggang biru hijau (Spirulina palatensis).
Spirulina adalah alga biru hijau yang tumbuh di perairan hangat di seluruh dunia. Spirulina mengandung protein sangat lengkap antara 65-71% dibanding daging sapi yang hanya 22%.
Ganggang mengandung delapan asam amino esensial: enzim, asam gamma linolenat (asam lemak esensial), gula tumbuhan alami, beta-karoten, carotenoid, vitamin B Kompleks, vitamin E, serta mineral chelated, dan mineral.
Spirulina mudah diasimilasi tubuh. Mengandung potassium, kalsium, seng, magnesium, mangan, selenium, besi, tembaga dan fosfor. Ini juga menyediakan klorofil alami.
Spirulina telah digunakan selama ribuan tahun. Ini adalah salah satu dari beberapa tanaman sumber vitamin B12, menjadikannya sebagai suplemen gizi yang sangat baik bagi diet vegetarian yang biasanya kekurangan vitamin B12.
Karena kemampuan nyata merangsang sistem kekebalan, spirulina memiliki efek antivirus dan antikanker. Spirulina juga dapat membantu melindungi reaksi alergi berbahaya.
Menariknya, spirulina telah digunakan di Rusia untuk menolong korban, terutama anak-anak, saat bencana nuklir di Chernobyl. Pada anak-anak ini, yang tulang sumsum telah rusak dari paparan radiasi, spirulina tampaknya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Spirulina bukan obat, akan tetapi suplemen makanan (food suplement) yang mengandung dari 25 macam bahan nutrisi yang terdiri dari mineral alam, vitamin, karotenoid, asam amino, dan phytonutrient. Nutrisi yang dihasilkan sangat bermanfaat bagi kesehatan, homeostatis, serta meningkatkan ketahanan tubuh, bahkan Spirulina merupakan makanan astronaut, sebagai bekal dalam menempuh perjalanan luar angkasa.
Kriteria keamanan (safety criteria) bahan nutrisi yang dikandung dalam Spirulina dinilai sangat tinggi, karena hampir dapat dikatakan tidak adanya efek samping yang membahayakan tubuh manusia. Menurut Office of the National Research Commision (USA), spirulina:
Merupakan produk alami yang mempunyai tingkat kemurnian yang tinggi.
Tidak mempunyai efek samping walaupun dikonsumsi secara terus menerus
Tidak mempunyai toksisitas kalau dikonsumsi berlebihan (over dosis)
Mampu meningkatkan kesehatan, kebugaran, dan ketahanan tubuh (immunitas)
Melalui Penelitian selama lebih dari 40 tahun yang dilakukan lebih dari 4000-an peneliti terkemuka diseluruh dunia,berhasil menyimpulkan manfaat spirulina dalam memperbaiki dan mempertahankan kesehatan sebagai berikut:
Membantu metabolisme tubuh sehingga. Meningkatkan imunitas tubuh dari erangan virus,bakteria atau benda-benda asing yang membahayakan tubuh membantu memperbaiki kerja sistem pencernaan membantu fungsi dan kerja jantung dengan menaga kadar kolesterol darah Membantu proses detoksifikasi tubuh secara alamiah mengurangi resiko terserang kanker,dengan meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh .
Membantu mengatasi gejala kekurangan sel darah (anemia). Hal ini terjadi karena kandungan protein yang tinggi(55-60%), serta vitamin B12,asam folat dan phytocyanin,sangat mudah dicernaa oleh tubuh dan mampu meningkatkan efisiensi pertukaran oksigen dalam sirkulasi darah.Hal ini telah dibuktikan untuk pasien anemia, setelah mengkonsumsiSpirulina selama 30 hari. Jumlah sel darah merah dan sirkulasi darahnya menunjukan perbaikan yang signifikan. Untuk orang yang menderita kurang gizi kronis, Spirulina dengan asupan kebutuhan metabolisme tubuh vitamin E, vit B12, serta asam folat yang dikandungnya, mampu mensuplai secara memadai.
Spirulina membantu penyembuhan tukak lambung (peptic ulcer).Chlorophyl yang terkandung dalam Spirulina mampu mengurangi peradangan lambung, sehingga gejala tukak lambung seperti rasa sakit, mual dan lainnya dapat ditekan. Spirulina mengandung konsentrasi nutrisi yang tinggi, dibandingkan dengan sayuran, biji-bijian maupun bahan tanaman lainnya, yang mudah dicerna dan secara cepat larut ke dalam tubuh, dengan demikian nutrisi tersebut banyak membantu mekanisme proses pencemaan.Spirulina juga dapat mengaktivasi kerja dari mikroorganisme Lactobasillus yang ada dalam usus manusia sehingga efisiensi pencemaan dapat meningkat dan juga memperbaiki penyerapan vitamin B 12 dan vitamin lainnya.
Spirulina membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Karena dengan mengkonsumsi Spirulina, kadar kolesterol darah dapat terkontrol dengan baik. Mekanisme kerja Spirulina didasarkan atas kandungan asam lemak esensial yang dikandungnya, yaitu gamma-linolenic acid (GLA), berperan positif dalam mengontrol sintesa kolesterol di dalam liver.Kadar kolesterol terutama LDL kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan ppmbuluh darah, maka beban kerja jantung menjadi lebih berat dan resiko terserang penyakit jantung semakin tinggi.
Spirulina membantu menyembuhkan penyakit hepatitis yang kronis maupun akut. Pada dasarnya penyakit yang berhubungan fungsi kerja liver, organ tubuh yang paling besar dan mempunyai multi fungsi disebabkan oleh kerusakan liver akibat infeksi virus, alkohol, penggunaan obat atau faktor makanan. Untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan liver, diperlukan gizi dan protein yang cukup, dan itu semua terkandung dalam Spirulina.
Bermanfaat untuk orang lanjut usia (manula). Pada umumnya orang berusia lanjut menderita penyakit degeneratif kronis, seperti tekanan darah tinggi (hypertension), penyakit jantung koroner, asam urat tinggi, katarak maupun gangguan liver dan ginjal serta penyakit kencing manis (Diabetes melitus). Spirulina dengan kandungan bahan nutrisi, vitamin, mineral dan protein yang tinggi dapat membantu meningkatkan kesehatan orang berusia lanjut secara signifikan. Penelitian yang dilakukan di Jepang pada orang berusia lanjut yang mengkonsumsi Spirulina, mendapatkan hasil yang sangat baik, karena 70% responden yang berusia lebih dari 50 tahun, menunjukan tingkat kesehatan yang baik dan insiden penyakit degeneratif yang relatif rendah.
Manfaat Spirulina dalam pencegahan penyakit kanker. Kandungan beta-caroten dalam Spirulina adalah 20 kali lebih besar dari yang terdapat dalam wortel. Beta-caroten adalah senyawa carotenoid yang merupakan antioksidan yang sangat potensial dalam melindungi tubuh.dari bahan-bahan kimia yang menyebabkan tumor ganas (malignant tumor), perubahan chromosomal yang menyebabkan kanker, disamping meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Spirulina dapat mencegah kerontokan rambut. Vitamin E, bersama dengan asam linoleat dan asam arachidonat yang terkandung dalam Spirulina, merupakan asam lemak penting dalam menjaga kesehatan rambut, terutama mempertahankan akar rambut dan keutuhan rambut secara keseluruhan.
Membantu Menurunkan Berat Badan. Mengkonsumsi Spirulina sebelum makan membantu menahan nafsu makan. Kita merasa lapar ketika cadangan glukosa darah dan asam amino yang dibutuhkan tubuh berkurang. Kandungan Spirulina menambah glukosa darah. Asam amino yang ditemukan dalam Spirulina juga berguna mencegah nafsu makan dengan cara bereaksi di pusat otak.
Memperindah Kulit. Kandungan nutrisi lengkap dalam spirulina akan mempertahankan kekenyalan kulit orang yang mengkonsumsi.Spirulina juga bisa digunakan sebagai masker wajah (external aplication) yang akan mengencangkan, memperhalus dan mencerahkan tekstur kulit wajah.
Spirulina sudah diakui secara internasional oleh lembaga-lembaga dunia sejak empat dekade silam, sebagai produk alami yang mempunyai banyak manfaat:
1967. The International Conference on Applied Microbiologymenyatakan bahwa Spirulina harus dipertimbangkan sebagai sumber makanan untuk masa yang akan datang
1974. United Nation (Perserikatan Bangsa-Bangsa) menyatakan dalam Konferensi Pangan Sedunia bahwa Spirulina adalah makanan paling ideal untuk manusia
1974. Food and Agricultura Organization(FAO) telah mengintroduksikan Spirulina sebagai Makanan terbaik untuk hari esok
1981.Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat menyatakan Spirulina adalah produk makanan yang sehat dan bebas dari efek
1982. International Food Exposition(IFE) iJerman telah memberikan predikat pada. Spirulina sebagai Makanan sehat alami terbaik
1983.World Health Organization (WHO) mengintroduksikan Spirulina dengan kategori Produk sehat untuk abad 21
Menurut Office of The National Research Commision (USA), Spirulina:
Merupakan produk alami yang mempunyai tingkat kemurnian yang tinggi Tidak mempunyai efek sarnping walaupun dikonsurnsi secara kontinu, Tidak mernpunyai toksisitas walau. Dikonsumsi secara berlebihan (over dosis) Mampu meningkatkan kesehatan, kebugaran dan ketahanan tubuh (immunitas).
Manfaat Spirulina Synergy :
Membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan pencegahan kanker mulut.
Sebagai suplemen protein.
Memperbaiki keadaan anemi, mendukung hematopoiesis (pembentukan dan pengembangan sel darah merah).
Membantu melindungi reaksi alergi.
Membantu meningkatkan pertumbuhan L.acidophilus dan probiotik lainnya.
Membantu mencegah infeksi.
Membantu melindungi kerusakan hati dan sirosis (gagal hati).
Membantu mengurangi peradangan, misalnya arthritis.
Kandungan Spirulina Synergy:
Setiap kapsul berisi 100% spirulina murni (plankton murni sayuran biru-hijau mikroalga) seberat 350 mg, air, polisakarida (pullulan), karagenan & kalium khlorida.
Anjuran Pemakaian
2 kapsul dikonsumsi 3 kali sehari sebelum atau sesudah makan.
Konsumsi 1 jam sebelum makan akan membantu mengurangi berat badan, sedangkan setelah makan dapat membantu menaikkan berat badan.
Pemakaian kapsul ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat Spirulina bagi Kesehatan, Kulit, dan Rambut

Manfaat Spirulina bubuk

Spirulina merupakan alga alami (cyanobacteria) yang kaya akan protein dan nutrisi. Terdapat 2 spesies utama cyanobacteria : Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima. Berbeda dengan tanaman lain yang tumbuh di tanah, Spirulina tumbuh dalam bentuk alga biru-hijau di air tawar dan air laut. Spirulina biasa dibudidayakan di dalam kolam spirulina. Spirulina biasa dikonsumsi sebagai makanan untuk suplemen diet. Spirulina mengandung banyak protein dan asam amino, oleh karena itu spirulina sangat baik bagi vegetarian. Sudah lama dilakukan penelitian untuk mengetahui manfaat spirulina bagi kesehatan manusia.

Berikut, akan kami sajikan beberapa manfaat spirulina untuk kesehatan,kulit, dan rambut.

Manfaat Spirulina bagi Kesehatan

Spirulina merupakan “Superfood” yang amat sangat kaya akan nilai nutrisi. Dengan banyaknya nutrisi yang dimilikinya, Spirulina dapat memberikan manfaat bagi kesehatan,seperti :
1. Mengobati Alergi
Berdasarkan penelitian, spirulina dapat membantu dalam pengobatan alergi radang selaput lendir hidung. Mengkonsumsi spirulina membantu mengurangi gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, dan hidung gatal.
2. Menurunkan kadar kolesterol darah
Spirulina dapat menurunkan kadar kolesterol darah secara alami dan meningkatkan penyerapan mineral-mineral penting. Konsumsi beberapa gram spirulina setiap hari bisa menurunkan LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan rasio kolesterol. Kadar kolesterol yang normal sangat berperan dalam menurunkan berat badan.
3. Manfaat terhadap Diabetes
Dalam sebuah studi,telah diteliti penggunaan spirulina sebagai suplemen diet selama 12 minggu, mendapatkan hasil yang signifikan terjadi penurunan kadar lemak darah. Hal tersebut berdampak baik untuk penderita diabetes yang ditandai dengan berkurangnya peradangan dan membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.
4. Membantu menurunkan berat badan
Spirulina kaya akan beta-karoten, klorofil, asam lemak GLA dan nutrisi lainnya, terutama yang bermanfaat untuk orang yang memiliki kelebihan berat badan. Penggunaan spirulina, terutama saat berpuasa, hal ini dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membersihkan dan menyembuhkan sistem tubuh kita.
5. Mencegah Kanker
Beberapa studi telah membuktikan bahwa spirulina dapat menghambat pertumbuhan kanker, menurunkan resiko munculnya kanker dan meningkatkan sistem imun. Spirulina sangat baik untuk menggantikan berbagai produk hewani yang mengandung protein, karena mudah terserap oleh tubuh. Berbeda dengan protein hewani, spirulina tidak membebani tubuh kita oleh zat-zat yang tidak bermanfaat. Spirulina mengandung banyak fikosianin, zat pigmen untuk anti kanker. Spirulina meningkatkan imunitas dan menghambat pertumbuhan sel yang berlebih. Spirulina juga dapat untuk menangani kanker mulut.
6. Meningkatkan fungsi otak
Folat dan Vitamin B-12 memegang peranan penting dalam kesehatan fungsi di otak dan sistem syaraf. Dengan mengandung banyak nutrisi, spirulina membantu melindungi fungsi kognitif seperti semula. Spirulina membantu memelihara fungsi otak.
7. Menyembuhkan Depresi
Spirulina merupakan sumber asam folat yang bagus, yang mampu memberikan makanan untuk otak dan mendukung produksi energi dan sel darah merah. Hal ini bermanfaat untuk pengobatan depresi.
8. Kesehatan Mata
Riset telah menunjukkan bahwa Spirulina bermanfaat untuk mata. Hal ini terbukti efektif dalam pengobatan penyakit mata seperti katarak, retinitis, angiosclerosis.
9. Mengobati Ulcer
Spirulina berperan baik dalam pengobatan gastric dan duodenal ulcer, dikarenakan mengandung asam amino, cysteine dan protein kualitas tinggi. Kandungan klorofil yang tinggi pada spirulina, membuat spirulina sangat baik untuk mengembalikan fungsi saluran pencernaan.
10. Mengobati Hepatitis dan Sirosis
Laporan klinis telah menunjukkan bahwa spirulina mencegah, maupun mengobati fatty liver dan hepato-cirrhosis. Spirulina sebaiknya dikonsumsi kurang lebih selama 1 bulan untuk memperoleh hasil yang diinginkan.
11. Meningkatkan Vitalitas Seks
Kandungan protein yang tinggi pada spirulina, maupun vitamin, mineral, dan enzim, membuat spirulina bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan seksual.
12. Kesehatan Gigi
Spirulina memiliki kandungan fosofor yang tinggi dan meningkatkan kesehatan gigi.
13. Antibakteri
Bakteri chronic candida berperan dalam memperburuk gejala dari berbagai penyakit autoimun. Spirulina menjaga perkembangan berlebih candida dibawah kontrol dengan mendorong pertumbuhan bakteri yang baik dalam perut kita.
14. HIV dan AIDS
Spirulina dapat menyembuhkan gejala-gejala dari efek samping pengobatan penyakit HIV dan AIDS. Spirulina membantu menonaktifkan virus penyebah lemahnya imun yang berkaitan HIV dan AIDS.
15. Berguna saat hamil
Spirulina memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang sangat dibutuhkan selama proses kehamilan, terutama sekali bagi mereka yang memiliki anemia. Spirulina juga dapat mencegah konstipasi.
16. Penggunaan Lain dari spirulina :
Spirulina memiliki sifat antimikroba yang mampu menghancurkan bakteri dan virus seperti HIV-1, enterovirus, cytomegalovirus, campak, gondok, influenza, dan herpes. Spirulina juga meningkatkan sistem imun dengan menghasilkan lebih banyak monosit, penghancur sel alami dan makrofag, dan menhancurkan semua patogen yang menyerang dalam tubuh.
nutrisi manfaat spirulina

Manfaat Spirulina Bagi Kulit : Dengan mengandung banyak protein, vitamin, mineral, dan asam lemak. Spirulina memenuhi syarat untuk perawatan kulit.Manfaat spirulina untuk kulit kita adalah sebagai berikut :

17. Mengencangkan Kulit
Spirulina memiliki kandungan vitamin A, vitamin B-12, vitamin E, calcium, zat besi, dan fosfor yang tinggi, semuanya sangat penting untuk kesehatan kulit..Radikal bebas menyebabkan kulit kita terlihat berkerut. Menggunakan suplemen spirulina secara teratur pada kulit kita,membuat kulit kita terlihat kencang, dan terlihat lebih muda.
18. Menghilangkan Lingkar Hitam
Spirulina sangat efektif dalam menghilangkan lingkar dan gejala mata kering. Spirulina memberikan efek detoksifikasi, sehingga membuat mata kita terlihat lebih bercahaya dan berenergi, menghilangkan lingkar hitam di kantung mata, dan mata kering.
19. Mencegah Penuaan Dini
Spirulina mengandung tyrosin, vitamin E atau tocopherol, dan selenium, yang semuanya bermanfaat sebagai anti aging. Tyrosine membantu memperlambat proses penuaan pada kulit. Antioksidan yang dimilikinya mengeliminasi radikal bebas yang mengakibatkan proses penuaan pada kulit. Menggunakan spirulina sebagai masker wajah membantu mencegah penuaan dini dan menghilangkan jerawat pada kulit wajah.
20. Detoksifikasi Kulit
Spirulina membantu penggantian sel kulit lebih cepat sehingga membuat kulit sehat lebih cepat. Hal ini membuat kulit terhindar dari radikal bebas dan mengeliminasi racun dari kulit untuk mempercepat metabolisme kulit. Hal ini juga mencegah pertumbuhan candida yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat.
21. Kesehatan Kuku
Pengunaan spirulina secara teratur dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit. Spirulina mengandung 70% protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi spirulina kurang lebih 4 minggu dapat menyembuhkan masalah pada kuku dan kutil. Manfaat Spirulina untuk Rambut : Spirulina sudah banyak digunakan untuk membantu pertumbuhan rambut dan melawan masalah pada rambut seperti penipisan rambut dan kebotakan. Spirulina mengandung asam amino, asam lemak essensial, vitamin A dan beta karoten yang bagus untuk rambut.

Berikut beberapa manfaat spirulina untuk rambut :

22. Membantu Pertumbuhan Rambut
Penggunaan luar dari spirulina bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Disamping dikonsumsi, spirulina dapat digunakan sebagai bahan untuk shampo. Hal ini membantu rambut tumbuh kembali.
23. Mencegah Rambut Rontok
Alopecia adalah salah satu penyakit autoimun dengan karakteristik kerontokan rambut sebagai gejalanya. Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit kepala, tetapi juga menyebabkan kerontokan rambut di tubuh dan wajah. Hal ini menyebabkan timbulnya area botak, bahkan terjadi pada perempuan dan dapat menyebabkan kebotakan total. Spirulina dapat berperan sebagai obat alternatif untuk mencegah kerontokan rambut dan membantu pertumbuhan rambut kembali.
24. Mencegah Ketombe
Spirulina berperan sebagai senyawa antioksidan dan pemakaian selama 4 minggu akan membuat rambut kita bebas dari ketombe, bercahaya, dan lebih kuat.
 (sumber : www.stylecraze.com)