Khamis, 28 Mei 2015

KHASIAT BUAH BELIMBING








Manfaat Khasiat Daun Dan Buah Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Nah berikut ini adalah manfaat dan khasiat daun dan buah belimbing wuluh bagi kesehatan, serta sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti: mengobati jerawat, darah tinggi, sakit batuk dan lainnya.


Manfaat Daun Dan Buah Belimbing Wuluh

Jangan bayangkan belimbing ini memiliki bentuk seperti belimbing pada umumnya. Belimbing sayur yang dikenal juga dengan sebutan belimbing wuluh adalah jenis buah yang biasanya digunakn ole para ibu untuk memasak. Rasanya yang asam dapat memperkuat rasa masakan .

Belimbing wuluh atau belimbing sayur ini terkadang dianggap sebagai tanaman pekarang saja, padahal tanaman teropis ini memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Bagiyan yang bisa digunakan, yaitu buwah, batang, daun, dan bunganya.

Keempat bagian tersebut banyyak mengandung senyawa yang berkhasiat, di antaranya saponin, tannin, glukosida, hingga. kalsium. Salah satu yang paling dikenal orang, belimbing wuluh sebagai obat sariyawan. Konon, rasanya yang masam mengandung vitamin C yang tinggi, caranya dengan mengunyah atau ditempelkan pada bagiyan sariyawan.

Khasiat lain adalah sebagai obat asam atau sesak nafas. Cukup dengan merebus bunga belimbing wuluh dengan air dan gula batu. Lalu diminum 2-3 kali sehari sampai asma dan alerginya sembuh. Belimbing wuluh juga mampu mengobati batuk kering, kandungan kaliumnya mampu melancarkan dahak dan menurunkan panas. Sementara bagi penderita hipertens, atasi juga dengan belimbing wuluh yakni dengan merebus 3 buah belimbing wuluh yang di iris dengan 3 gelas air sampai tinggal setengahnya. Kemudiyan, saring dan minum dipagi hari.

Manfaat dan Khasiat Daun dan Buah Belimbing Wuluh:

Adapun khasiat dari belimbing wuluh adalah sebagai berikut.

1. Pengobatan jerawat

Untuk mengobati jerawat siapkan 3 buwah belimbing wuluh segar. Cuci hingga bersih. Buah diparut dan diberi sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan 2 kali sehari. Atau siapkan 6 buah belimbing wuluh dan 1/2 sendok teh bubuk belerang, digiling halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Ramuan ini dipakai untuk menggosok dan melumas muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Pengobatan Tekanan Darah Tinggi

Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan biji sari gading 25gr yang sudah dicuci bersih. Biji sari gading ditumbuk halus. Masukan kedalam panci berisi 4 gelas air dan rebuslah bersama belimbing wuluh. Dinginkan lalu saring sebelum diminum. Cukup diminum 1 gelas sehari. Buah yang besar dan berwarna hijau diparut, ambil air nya dan diminum. Atau bisa juga dengan cara menyiapkan 3 buah belimbing wuluh yang dicuci lalu dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tinggal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, Minum setelah makan pagi.

3. Obat batuk 

Caranya: Daun, bunga, buah yang masing-masing sama banyaknya direbus dalam air yang mendidih selama 1/2 jam, dan minum air nya. Untuk batuk pada anak, ambilah 25 kuntum bunga belimbing wuluh, 1 jari rimpang temugiring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari rimpang kencur, 2 butir bawang merah, 1/4 genggam pegagan, 1/4 genggam daun saga, 1/4 genggam daun inggu, 1/4 genggam daun sendok, dicuci dan dupotong-potong seperlunya, direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin lalu disaring, diminum dengan madu seperlunya. sehari 3 kali 3/4 gelas.

4. Pengobatan Diabetes 

Sementara unutuk anda yang menderita diabetes, siapkan 6 buah belimbing wuluh, lalu dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai airnya tinggal setengah, Saring, minum 2 kali sehari.

5. Pengobat Gondongan 

Caranya: Setengah genggam daun belimbing wuluh ditumbuk dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagiyan gondongan. 10 ranting muda belimbing wuluh berikit daunya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Barurkan ketempat yang sakit.

6. Rematik 

Caranya: Segenggam daun belimbing wuluh dicuci, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokan kebagiyan yang sakit itu. 100 gr daun muda belimbing wuluh, 10 biji cengkih dan 15 biji merica dicuci lalu digiling halus, tambahkan cuka secukupnya sampai menjadi adonan seperti bubur. Oleskan adonan bubur tadi ketempet yang sakit. Atau bisa juga dengan cara menyiapan 5 buah belimbing wuluh, 8 lembar daun kantil (Michelia Champaca L.), 15 biji cengkih, 15 butir lada hitam, di cuci lalu ditumbuk halus, diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis dan 1 sendok makan minyak kayu putih. Dipakai untuk menggosok dan mengurut bagiyan tubuh yang sakit. Lakukan dengan 2-3 kali sehari.

7. Pegal linu 

Caranya: Satu genggam daun belimbing wuluh yang masih muda, 10 biji cengkih, 15 biji lada, digiling halus lalu ditambahkan cuka secukupnya. Lumukan ke tempat yang sakit.

8. Panu 

Caranya: Sepuluh buah belimbing wuluh dicuci lalu digiling halus, tambahkan kapur sirih sebesar biji asam, diremas sampai rata. Ramuan ini dipakai untuk menggosok kulit yang terasa panu. Lakukan 2 kali sehari.

Manfaat Buah Belimbing Manis serta Bahaya Belimbing Manis

Writen by: Sri Widayati
(Khasiat Buah Belimbing Manis serta Bahaya Belimbing Manis) – Belimbing Manis (Averrhoa Carambola L.) atau dalam bahasa Inggris disebut starfruit (bila dipotong memiliki penampang yang berbentuk bintang) merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah tropis. Beberapa ahli biologi mengatakan bahwa Belimbing Manis merupakan tumbuhan asli Indonesia dan Malaysia.
Ciri buah Belimbing Manis berwarna kuning kehijauan ketika masih muda dan berwarna kuning kemerahan kalau sudah tua, berbiji kecil berwarna coklat, rasanya manis dengan sedikit asam dan banyak mengandung air.
Manfaat Belimbing Manis terhadap Kesehatan
Dengan cara dimakan biasa atau dijadikan juice, Belimbing Manis memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional atau obat alternatif. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Belimbing Manis bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan. Pektin yang terdapat dalam buah Belimbing Manis mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan. Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi dan Natrium yang rendah sangat memungkinkan Belimbing Manis dijadikan sebagai obat anti hipertensi.
Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat, pada bunga, daun, dan akarnya diyakini memiliki khasiat untuk obat anti malaria, maag, bisul, rematik dan lain-lain. Namun hingga saat ini penulis belum menemukan literature terpercaya yang bisa dijadikan acuan.
Bahaya Belimbing Manis terhadap Kesehatan
Selain memiliki banyak manfaat, pada beberapa kasus buah Belimbing Manis ternyata juga sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Karena kadar gula yang tinggi, buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Juga pada penderita penyakit ginjal, mengkonsumsi buah ini akan memperparah penyakitnya karena kandungan Asam Oxalat yang tinggi yang terdapat dalam buah ini.
Selain itu, Belimbing Manis mengandung racun yang mempengaruhi otak dan syaraf dimana pada penderita penyakit ginjal, racun tersebut tidak dapat disaring dan dibuang sehingga akan memperparah keadaan ginjalnya.
Tags:
1000 Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia
  1. IndoNews – Buah Belimbing atau dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola L merupakan buah yang sedikit sekali peminatnya atau jarang peminat dibanding buah lainnya. Sebenarnya rasa dari buah belimbing ini manis dan mengandung serat yang tinggi, buah ini juga paling mudah ditemukan sebagai buah campuran dalam pembuatan rujak.
    Namun siapa sangka dibalik bentuk khasnya yang hampir menyerupai bintang Buah belimbing yang dikenal dengan sebutan buah pedesaan ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan manusia, buah ini bermanfaat untuk tubuh tentunya, karena kandungan gizi yang terkandung didalamnya seperti vitamin, mineral d­an unsur lainnya.
    Dalam bebepara penelitian menyebutkan 1 Buah belimbing dapat mengandung unsur – unsur vitamin yang baik untuk tubuh manusia, unsur – unsur vitamin itu antara lain, seperti :  Energi, Karbohidrat, Gula, Diet serat, Lemak, Protein, Asam pantotenat (B5), folat ( vit. B9), Vitamin C, fosfor, Kalsium, Seng, Sumber USDA Nutrient database.
    Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia
    Buah Belimbing
    Manfaat yang di miliki buah belimbing manis ini baik untuk pertumbuhkan kesehatan manusia. Selain itu buah belimbing dapat dikonsumsi sebagai obat penyakit yang anda alami, anda dapat mengkonsumsi buah ini secara langsung atau pun menjadi buah ini sebagai jus, ataupun acar teh.

    Didalam dunia kesehatan, buah belimbing memiliki khasiat antara lain :

  2. Buah belimbing untuk mengatasi penyakit batuk pada anak-anak.

  3. Dapat Mengatasi sariawan dan gusi berdarah.

  4. Buah ini dapat Mengurangi rasa sakit gigi berlubang.

  5. Mengatasi jerawat dan panu.

  6. Dapat Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  7. Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.

  8. Membantu memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kelumpuhan.

  9. Kandungan serat pada buah dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

  10. Baik dikonsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing bisa membantu menghancurkan kolesterol.

  11. Dan buah belimbing dapat Mengatasi radang rectum.

Selain buah belimbing yang kaya akan vitamin. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman belimbing manis ini antara lain daun, bunga, akar, dan tentunya Buah Belimbing :

Manfaat Dan Khasiat Bunga Belimbing manis :

Bunga belimbing juga dapat  dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi beberapa penyakit antara lain batuk, sariawan ( stomatitis), dan juga malaria.

Manfaat Dan Khasiat Daun Belimbing manis :

Dapat dijadikan ramuan obat untuk mengatasi sakit pada perut, gondongan ( parotitis), maag, melancarkan air seni, dan sebagai obat bisul.

Manfaat Dan Khasiat Akar Belimbing manis :

Bisa digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi penyakit rhematik.

Berikut Adalah Manfaat Buah Belimbing Serta Penggunaanya :

1. Buah Belimbing Untuk Pengobatan jerawat

Untuk mengobati jerawat, Persiapkan 5 buwah belimbing segar. Cuci secara menyeluruh. Blender Buah belimbingnya tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan pagi dan sore hari. Atau mempersiapkan 5 buah belimbing dan 1/5 sendok teh bubuk belerang, ditumbuk halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. basuhkan pada bagian yang berjerawat dan bagian wajah yang berminyak. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Buah Belimbing Untuk Pengobatan Tekanan Darah Tinggi

Gunakan 5 buah belimbing belimbing buah dicuci dan dipotong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum setelah sarapan.

3. Buah Belimbing Untuk Obat batuk

Ambil Daun, bunga, buah, masing-masing banyaknya sama yang dibutuhkan untuk pengobatan direbus dengan air 3 gelas sampi mendidih selama 30 menit, dan minum airnya.

4. Buah Belimbing Untuk Pengobatan Diabetes

Sementara unutuk Anda penderita diabetes, siapkan 6 buah belimbing, kemudian dilumatkan, direbus dengan 1 gelas air sampai air setengah, Saring dan minum 2 kali sehari.

5. Buah Belimbing Untuk Pengobat Gondok

Ambil daun belimbing Setengah genggam ditumbuk dengan bawang putih 3. kompreskan pada bagian gondok. 10 ranting muda belimbing berikit daunya dan 4 butir bawang merah setelah dicuci bersih lalu haluskan. balurkan pada bagian yang sakit.

6. Buah Belimbing Untuk Pengobatan Rematik

Ambil Segenggam daun belimbing dicuci, tumbuk sampai halus, tambahkan kapur sirih, gosokan kebagiyan yang sakit. 100 gr daun muda belimbing, 10 biji cengkeh dan 15 biji merica dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan cuka secukupnya sampai adonan seperti bubur. tempelkan adonan bubur itu ketempet yang sakit. Lakukan dengan 2-3 kali sehari.

7. Buah Belimbing Untuk Pengobatan Panu

Gunakan Sepuluh buah belimbing dicuci dan ditumbuk halus, tambahkan kapur sirih dari biji asam jawa, hancurkan sampai halus. gosok kulit yang ada panunya. Lakukan 2 kali sehari.

8. Buah Belimbing Untuk Kulit cantik

Rutin minum jus buah belimbing akan membuat kulit terlihat jauh lebih sehat dan cantik. Ini karena kandungan vitamin C serta zinc nya yang cukup tinggi.

9. Buah Belimbing Untuk Rambut uban

Nah, ini cocok bagi Anda yang masih muda usia, namun telah memiliki uban dengan jumlah banyak. berbagai mineral serta vitamin dalam jus belimbing bermanfaat mengurangi kondisi beruban pada rambut. Antioksidannya juga menjaga sel-sel tubuh lainnya dalam mengalami penuaan dini.
Cara pemakaiannya, ambil 2 buah belimbing yang sudah masak, cuci bersih, dimakan 2 x sehari. Namun, belimbing manis mengandung asam oxalic yang berbahaya buat penderita penyakit ginjal, jadi sangat tidak dianjurkan memakan buah ini, demikian seperti kami kutip dari beberapa sumber.
Selain manfaat yang disebut diatas, buah belimbing ternyata juga memiliki efek samping bagi tubuh antara lain: buah belimbing manis mengandung asam oxalat yang bisa memberikan reaksi negatif pada ginjal, sehingga bagi anda yang mempunyai masalah pada ginjal, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah belimbing.
Bagi anda yang memiliki masalah dengan kadar gula atau bagi penderita diabetes disarankan untuk selalu wapada dalam mengkonsumsi buah yang satu ini karena buah belimbing terkenal memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

11 Manfaat Belimbing Yang Luar Biasa

  Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Buahnya berwarna kekuningan bila sudah matang, dengan bentuk buah yang banyak  digemari orang. Buah belimbing  rasanya sangat menyegarkan, sehingga sering diolah menjadi berbagai macam resep masakan. Selain dari pada rasanya yang menggoyang lidah, buah belimbing juga sangat baik bagi kesehatan dan juga memberikan manfaat bagi kecantikan.
Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan
Belimbing adalah salah satu buah eksotis yang kaya manfaat. Sekitar 100 gram buah belimbing, menyediakan 31 kalori yang jauh lebih rendah daripada untuk buah-buahan tropis populer lainnya. Selain itu, sejumlah nutrisi penting, antioksidan, dan vitamin mengandung sejumlah manfaat belimbing untuk kesehatan, seperti berikut 1)  :
1. Menyehatkan Pencernaan
Buah beserta kulit belimbing memberikan pasokan serat makanan. Serat membantu mencegah penyerapan kolesterol LDL pada makanan dalam usus. Serat  juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar. Kandungan serat pada belimbing membuat pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari resiko gejala kanker usus besar.
2. Pencegahan Kanker
manfaat belimbing memberikan vitamin C yang merupakan  pencegahan terhadap serangan gejala kanker. Belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C adalah antioksidan alami yang kuat. Sekitar 100 g buah belimbing akan memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan setiap hari. Secara umum, manfaat buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.
3. Kaya Antioksidan
Belimbing kaya akan antioksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting ini termasuk quercetin, epicatechin, dan asam galat. Total polifenol dalam buah ini mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini membantu melindungi dari,  dari efek kerusakan akibat radikal bebas.
4. Meningkatkan Kerja Enzim
Selain itu, belimbing merupakan sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vitamin B-6). Secara bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis enzim dalam tubuh.
Buah Belimbing
Buah Belimbing
5. Mengatasi  Tekanan Darah Tinggi
Belimbing mengandung sejumlah mineral dan elektrolit seperti kalium, fosfor, seng dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi belimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin.
6. Mengatasi Gangguan Ginjal
Jika seseorang mengalami keluhan gangguan ginjal, maka belimbing dapat dikonsumsi karena memiliki konsentrasi yang sangat tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya.
7. Mengurangi Kadar kolesterol jahat
Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.
Manfaat Belimbing Bagi Kecantikan
Seperti kandungan baik yang sudah dijelaskan sebelumnya, belimbing mampu mencegah dan menangani berbagai permasalahan kesehatan. Selain itu, manfaat belimbing juga digunakan sebagai perawatan kecantikan, berikut diantaranya 2) :
  1. Belimbing memberikan nutrisi lain yang baik untuk rambut. Belimbing adalah obat alami yang sangat baik untuk rambut rontok karena merupakan sumber antioksidan yang baik dan vitamin C yang dapat membantu menunda proses penuaan.
  2. Vitamin B Kompleks, sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan membantu dalam menjaga rambut kuat dan sehat, banyak tersedia dalam buah belimbing.
  3. Makan buah belimbing atau menggunakan belimbing langsung pada kulit berjerawat atau kulit berminyak sebagai masker wajah.
  4. Belimbing mengandung seng yang mengurangi kecenderungan jerawat. Ini sepenuhnya direkomendasikan untuk orang dari segala usia karena memiliki efek antimikroba.
Kandungan Gizi Buah Belimbing
Kandungan belimbing yang paling melimpah adalah vitamin C, seperti yang terkandung pada manfaat jerukmanfaat lemon dan manfaat jambu biji. Vitamin A pada belimbng menghasilkan antioksidan yang baik bagi tubuh. Zat-zat pembangun lain, seperti mineral, folat, fiber(serat), berikut ini beberapa diantaranya 3) :
  • Kalori – Satu porsi buah belimbing  setara dengan sekitar 2 persen  nilai harian untuk kalori, dengan asumsi diet harian 2.000 kalori. Karbohidrat menyediakan sekitar 30 kalori dalam satu porsi buah belimbing.
  • Karbohidrat – Belimbing mengandung 9,5 g karbohidrat per porsi, termasuk 2,5 g serat makanan. Belimbing memberikan 3 persen dari nilai harian karbohidrat dan 10 persen dari kebutuhan serat harian.
  • Protein dan Lemak – Satu porsi buah belimbing mengandung 1 gram protein, yang merupakan 2 persen dari kebutuhan harian. Belimbing juga memiliki 1 g lemak, yang menyediakan sekitar 2 persen dari nilai harian. Kadar lemak ini seluruhnya terdiri dari lemak tak jenuh. Belimbing tidak memiliki lemak jenuh, lemak trans atau kolesterol.
  • Vitamin dan Mineral – Dalam satu belimbing mengandung 24 mg vitamin C, atau 40 persen dari nilai harian untuk vitamin C. Menyediakan sekitar 15 persen kebutuhan harian vitamin A. Kandungan zat besi dalam buah belimbing sekitar 0.36 mg, atau 2 persen dari nilai harian. Belimbing mengandung kalsium, kalium atau natrium.
Berbagai manfaat belimbing dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya, namun kita tetap harus bijak saat memakannya. Belimbing terasa manis, karena kandungan glukosanya, sehingga tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Konsumsi buah yang beragam, dapat menjadi lebih baik, daripada hanya berkonsentrasi pada satu jenis buah saja.

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah belimbing merupakan salah satu jenis buah yang mudah dijumpai karena cocok tumbuh di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Harganya yang murah meriah sangat pas untuk semua lapisan masyarakat. Biasanya buah ini diolah menjadi jus, manisan hingga dijadikan potongan buah segar dalam rujak. Di samping rasanya yang segar, manis dan terkadang sedikit asam, buah belimbing nyatanya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Sebab, buah belimbing mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, manfaat buah belimbing juga bisa digunakan dalam dunia kecantikan.


Buah Belimbing

Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat buah yang didominasi dengan warna kuning cerah ini adalah membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Buah belimbing kaya akan vitamin C yang dapat memperkuat system imun dan memiliki kandungan air yang berlimpah sehingga mampu menggantikan ion yang hilang setelah melakukan aktivitas. Itulah sebabnya mengonsumsi buah belimbing setelah melakukan kegiatan yang menguras keringat bisa membuat tubuh kembali segar dan penuh semangat.

Manangani berbagai penyakit

Buah belimbing yang kaya akan vitamin terbukti dapat mencegah sekaligus menangani berbagai jenis penyakit, salah satunya yaitu kencing manis. Kandungan buah belimbing dapat membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsinya. Selain itu, manfaat buah belimbing lainnya yang berfungsi untuk menangani berbagai macam penyakit diantaranya yaitu:
  • Menangani hipertensi,
  • Menurunkan demam,
  • Menyembuhkan sariawan,
  • Mengatasi kolesterol,
  • Mencegah kanker.
Menambah nafsu makan

Buah belimbing mengandung vitamin A dan juga retinol. Kedua kandungan itulah yang terdapat dalam buah belimbing untuk merangsang nafsu makan seseorang. Apabila anda mulai merasa tidak nafsu makan, cobalah untuk mengonsumsi beberapa potong buah belimbing. Beberapa saat kemudian, nafsu makanpun akan muncul kembali. Begitu pula yang dapat anda lakukan apabila anak sedang mengalami penurunan nafsu makan, berilah sedikit potongan buah belimbing segar untuk merangsang nafsu makannya.

Mengatasi berbagai masalah kulit

Perawatan kecantikan wajah dengan buah belimbing adalah hal yang tepat karena mampu membantu mengatasi beragam masalah kulit. Cara memanfaatkannya yaitu dengan mengusapkan bagian dalamnya secara langsung pada kulit atau menghaluskannya terlebih dahulu agar menjadi masker. Beberapa masalah kulit yang bisa diatasi dengan buah belimbing antara lain:
  • Mengurangi komedo di sekitar area wajah.
  • Mengontrol kadar minyak yang berlebih pada kulit.
  • Mencegah dan mengobati jerawat yang membandel.
  • Mengatasi kulit wajah yang kasar dan terlihat kusam.
  • Mengecilkan pori-pori kulit.
Meremajakan Kulit

Manfaat buah belimbing dalam dunia kecantikan khususnya kecantikan kulit seringkali digunakan sebagai masker alami untuk meremajakan kulit agar senantiasa terlihat muda. Kandungan vitamin A dan C di dalamnya dapat mencegah berbagai tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus, flek hitam, wajah kusam, kasar dan lain sebagainya. Kulit yang tampak segarpun bisa didapat apabila perawatan kulit dengan buah belimbing dilakukan secara rutin.

Itulah beberapa manfaat dari segi kesehatan dan kecantikan yang terkandung dalam buah belimbing. Buah ini disukai bukan hanya karena rasa, bentuk dan warnanya yang menarik, namun khasiat alami di dalamnya tentu saja tidak kalah menarik. Jadi tidak ada salahnya anda mencoba dari sekarang untuk mengonsumsi dan memanfaatkan buah belimbing secara rutin dalam jumlah yang tepat supaya manfaat buah belimbing yang disebutkan tadi bisa anda rasakan secara optimal.

Itulah informasi mengenai khasiat buah belimbing, baca juga artikel tentang manfaat daun sirsak dan manfaat buah pepaya untuk kesehatan.

10 Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Belimbing - Buah belimbing adalah salah satu jenis buah yang memiliki khasiat dan manfaat yang sangat banyak. Manfaat buah belimbing ini bisa mencakup dalam hal kesehatan dan kecantikan. Buah yang memiliki warna hijau dan kekuningan dan memiliki rasa yang sedikit kecut bercampur manis ternyata memiliki kandungan banyak zat, vitamin dan mineral serta cairan yang berfungsi dalam menjaga kesetabilan tubuh manusia.
10 Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan
Jika anda memiliki pohon belimbing di rumah, dan sering mengkonsumsi buah ini namun anda belum memahami apa saja manfaatnya dari segi kesehatan dan kecantiakan maka dalam tulisan ini kami akan membagikanya bagi sahabat semua.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Belimbing Manis

Buah Belimbing
Buah belimbing manis, sering disebut sebagai star fruit, karena bentuknya yang jika dipotong menyerupai gambaran bintang. Belimbing manis memiliki nama latin Latin Averrhoa carambola yang berasal dari keluarga oxalidaceae. Buah yang berasal dari India ini, di Indonesia sering ditanam sebagai tanaman peneduh di halaman rumah. Malah, sekarang banyak dibudidayakan dalam pot dengan cara stek. Sehingga walaupun umurnya baru beberapa bulan sudah bisa berbuah.

Buah belimbing manis memiliki sifat sejuk, manis dan sedikit asam. Buah ini juga cocok sebagai pelepas dahaga karena mengandung banyak air dan sifatnya yang menyegarkan. Selain dikonsumsi sebagai buah meja, belimbing ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan. Diantaranya sebagai peluruh air kencing, mengatasi kolesterol, hingga hipertensi.

Kandungan Nutrisi Buah Belimbing


Belimbing manis merupakan buah yang kaya vitamin A dan C yang bersifat antioksidan dan kalium. Yang patut diperhitungkan juga adalah seratnya, terutama serat pektin yang berguna bagi kesehatan pembuluh darah.

Kandungan Gizi dalam 100 g Buah Belimbing
Kalori 36 kal
Protein 0,4 g
Lemak 0,4 g
Karbohidrat 8,8 g
Serat 4 g
Kalsium 12 mg
Fosfor 1,1 mg
Zat Besi 170 mg
Vitamin A 0,03 IU
Vitamin B1 35 mg
Vitamin C 90 mg
Air 86 g

Manfaat Buah Belimbing Manis


Berikut ini beberapa manfaat dari buah belimbing manis untuk kesehatan tujbuh manusia seperti dilansir IntisariOnline:

Mengatasi Hipertensi

Entah mengapa buah ini sering dianjurkan untuk diasup oleh para penderita hipertensi. Besar kemungkinan karena buah ini kaya kalium yang membuat pengasupnya sering buang air kecil (diuretik) sehingga tekanan darah pun terkendali. Selain itu, serat yang terkandung, terutama pektin, mampu menyerap lemak sehingga ikut membantu menurunkan tekanan darah.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Berkat kandungan pektin yang merupakan serat kasar, kolesterol dan asam empedu akan diikat oleh serat ini agar tidak masuk ke dalam pembuluh darah. Alhasil, kadar kolesterol dalam tubuh pun turun.

Melancarkan Buang Air Kecil

Buah yang banyak airnya dan mengandung kalium ini berkhasiat memperlancar masalah buang air kecil, serta tidak memberi kesempatan terbentuknya batu ginjal sekaligus menyehatkan ginjal.

Menurunkan Berat Badan

Buah yang banyak mengandung air ini kadar kalorinya sangat rendah sehingga cocok diasup oleh mereka yang sedang berniat menurunkan berat badan (karena harus mengurangi asupan kalori). Serat yang terkandung pada belimbing pun berperan besar dalam melancarkan pencernaan sehingga tidak terjadi sembelit.

Mengatasi Gangguan Hati

Khasiat antiradang yang terdapat pada belimbing disebut-sebut baik untuk membantu gangguan liver.

Manfaat Lainnya

Belimbing juga dapat membantu menurunkan demam dan mengatasi radang tenggorokan. Semuanya berkat kandungan airnya yang banyak.

Jika Anda ingin memilih buah belimbing untuk dikonsumsi langsung, pilihlah buah yang sudah masak, yakni buah yang berwarna kuning. Karena jika masih muda, buah ini rasanya asam.

Inilah 10 manfaat dan khasiat buah belimbing untuk kesehatan dan kecantikan :

  1. Buah belimbing mengadung beberapa vitamin yang meberikan efek mengecilnya pori pada bagian kulit manusia. Vitamin yang terkandung dalam buah ini adalah Vitamin C dan Vitamin A. Vitamin C dan A ini akan memberikan efek pada kesegaran kulit dan peremajaan kulit yang sudah menua.
  2. Menjaga daya tahan tubuh, dalam buah belimbing ditemukan banyak cairan yang berfunsi sebagai pengganti ion tubuh yang hilang selepas beraktifitas
  3. Mencegah timbulnya penyakit kanker
  4. Mengatasi kurangnya nafsu makan, buah belimbing kaya akan viatmin A dan retinol yang berfungsi dalam merangsang nafsu makan pada manusia
  5. Mengobati penyakit Hypertensi
  6. Mengurangi kadar gula pada tubuh, khusus bagi penderita kencing manis maka dianjurkan banyak mengkonsumsi buah Belimbing
  7. Menyegarkan nafas dan menyembukan sariawan
  8. Melancarkan sistem pencernaan karena dalam belimbing mengandung banyak cairan
  9. Menurunkan panas pada tubuh, bagi anda yang menderita demam maka buah belimbing bisa menjadi obat alami sebagai penurun panas dengan cepat.
  10. Mengobati komedo dan jerawat pada kulit.

Inilah 10 Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan dan Kecantikan yang bisa saya bagikan buah sahabat Ternukil Blog pada hari ini. Jika obat alamiah masih bisa diperguanakan tidak ada salahnya anda untuk mencobanya. Semoga sahabat Ternukil Blog selalu diberikan kesehatan dan kecantiank luar dalam. Jangan lupa mampir lagi di blog ini . Salam.

7 Manfaat Dahsyat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh Anda

      Belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki bentuk yang sangat unik diantara buah yang lainnya. Starfruit yaitu nama belimbing dalam bahasa inggris. Menilik dari bentuh fisik buah belimbing memang mirip star atau bintang dengan warna buahnya kuning kehijau-hijaun. Rasa buah belimbing mampu menggetarkan lidah penikmatnya, karena rasa manis bercampur asam ketika dikunyah dan dirasakan oleh lidah. Seperti buah-buahan lainnya, belimbing juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat belimbing bagi kesehatan tubuh tersebut....???
     Sahabat, tips kesehatan. Belimbing mungkin salah satu jenis buah yang jarang dikonsumsi oleh sebagian orang Indonesia. Beberapa alasan utamanya mungkin rasanya yang bisa menggetarkan lidah atau ketidak tahuan akan berbagai manfaat dari buah belimbing itu sendiri. Belimbing ternyata memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, vitamin E, kalsium, potasium dan zat besi. Berbagai nutrisi yang telah disebutkan tentu berperan luar biasa untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh yang anda miliki. Berikut ini 7 manfaat dahsyat belimbing bagi kesehatan tubuh anda : 
  1. Penyembuh Dari Berbagai Penyakit. Berbagai penyakit yang dimaksud yaitu demam, bisul, sakit tenggorokan maupun batuk. Selain itu, belimbing juga sangat ampuh mencegah penyakit diabetes.
  2. Penangkal Berbagai Radikal Bebas Penyebab Kanker. Ini dikarenakan, belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan didalamnya.
  3. Menyehatkan Organ Pencernaan. Kandungan serat dalam buah belimbing mampu membantu kerja organ pencernaan lebih maksimal serta mencegah dari gangguan sembelit atau ganguan yang diakibatkan susah buang besar.
  4. Membantu Menurunkan Berat Badan Anda. Buah belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan harian anda.
  5. Mencegah Penyakit Jantung Maupun Stroke. Berbagai kandunagan vitamin dalam belimbing yang telah disebutkan diatas dapat membantu untuk mencegah datangnya berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan stroke.
  6. Pencegah Rambut Rontok Yang Efektif. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dari buah belimbing dapat menutrisi setiap helai rambut dan menghindarkan dari gejala kerontokkan pada rambut kepala anda.
  7. Penangkal Datangnya Jerawat Maupun Kulit Berminyak. Ini dikarenakan, buah belimbing mengandung zinc yang berperan menangkal tumbuhnya jerawat pada kulit wajah anda.



1 ulasan:

agaricpro berkata...

Obat Stroke Iskemik Herbal Alami adalah sebuah solusi untuk anda yang bingung mencari obat untuk mengatasi penyakit stroke, selain itu ada juga Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Herbal yang memang banyak dicari karena sekarang ini banyak sekali penderita penyakit stroke ringan. Obat Stroke Tradisional Alami Ampuh, memang sangat ampuh karena terbuat dari bahan-bahan tradisional. Obat Untuk Stroke Ringan Yang Manjur juga sangat ampuh untuk mengatasi stroke ringan. Untuk itu Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional sangat membantu sekali untuk pengobatan penyakit stroke. Obat Mujarab Untuk mengobati Penyakit Stroke merupakan sebuah obat mujarab yang banyak dijadikan alternatif oleh banyak orang, Obat Penyakit Stroke Alami dan Tradisional dan Obat Alami Untuk Mengobati Penyakit Stroke ini sudah banyak membantu orang-orang yang mengidap penyakit stroke dengan menggunakan Obat Untuk Penyakit Stroke Paling Ampuh. Obat Herbal Untuk Penderita Penyakit Stroke ini sangat aman, karena terbuat dari bahan alami yang 100% herbal. Obat Tradisional Untuk Penyakit Stroke Berat pun tersedia untuk anda yang memang mengalmai stroke berat. Untuk itu baik Obat Tradisional Untuk Menyembuhkan Penyakit Stroke, Obat Untuk Mengobati Stroke Ringan Maupun Berat, ataupun Obat Herbal Yang Mampu Untuk Mengobati Penyakit Stroke sangat baik dan berkhasiat sangat tinggi untuk mengobati penyakit stroke hingga tuntas.