Tumpang kasih kakak tiri
JOHOR BAHRU - “Saya sedih setiap kali rakan sekolah bercerita tentang
ibu dan ayah kerana saya sudah kehilangan mak dan tak lagi tinggal
sebumbung bersama ayah,” luah anak kedua daripada tiga beradik dengan
linangan air mata.
Noraini Abdullah, 14, berkata, hanya doa yang mampu dikirimkan kepada arwah ibunya yang telah kembali menghadap Ilahi hampir tiga tahun lalu, selain gambar sebagai pengubat rindu.
Menurutnya, dia bersama kakak yang bakal menduduki Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) dan adik yang berumur tujuh tahun hanya mampu menumpang kasih adik-beradik tiri, selain bergantung harap kepada mereka selepas bapanya berkahwin lain.
“Kadangkala kami tak makan di sekolah apabila kakak tiri tak ada duit dan ayah juga tak ada duit untuk diberikan kepada kami.
“Tapi kami tetap ke sekolah dan insya-ALLAH akan belajar bersungguh-sungguh untuk berjaya supaya boleh hidup senang pada masa akan datang,” katanya ketika ditemui Sinar Harian di Kampung Mohd Amin, di sini, semalam.
Sementara itu, kakak tirinya, Norliza Fauzi, 28, berkata, meskipun mereka bertiga berlainan bapa, tetapi sebagai anak sulung dia terpaksa memikul tanggungjawab menyara kehidupan mereka dengan dibantu dua lagi adik-beradik kandung yang lain.
Menurutnya, walaupun agak terbeban dengan pendapatan suami yang tidak menentu sebagai mekanik, namun dia bersyukur kerana tiga beradik tirinya pandai membawa diri.
Jelasnya, mereka tidak pernah menyusahkannya sekeluarga kerana apa yang ada, apa yang dimakan itulah mereka makan.
“Sebelum ini pun, adik yang berumur 17 tahun bekerja separuh masa pada musim cuti sekolah, tapi tahun ini saya tak izinkan kerana suruh dia tumpukan pada SPM.
“Kalau boleh saya nak tengok mereka berjaya dalam pelajaran dan mencapai cita-cita supaya kehidupan mereka lebih senang pada masa akan datang,” katanya.
Dalam pada itu, Penyelia Pusat Aduan Rakyat (PAR) negeri, Syed Othman Syed Abdullah berkata, pihaknya akan membawa tiga anak yatim berkenaan ke Jabatan Kebajikan Masyarakat (JKM) untuk mengemukakan permohonan bantuan bulanan.
Menurutnya, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan barangan keperluan asas bagi bulanan tiga bulan pertama untuk membantu meringankan beban ditanggung keluarga ini.
“Bermula bulan depan kami akan hantar barangan keperluan harian setiap bulan untuk tiga bulan pertama kepada mereka.
“Kita juga akan bawa tiga anak yatim itu ke JKM minggu depan, bagi memohon bantuan untuk mereka,” katanya.
Noraini Abdullah, 14, berkata, hanya doa yang mampu dikirimkan kepada arwah ibunya yang telah kembali menghadap Ilahi hampir tiga tahun lalu, selain gambar sebagai pengubat rindu.
Menurutnya, dia bersama kakak yang bakal menduduki Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) dan adik yang berumur tujuh tahun hanya mampu menumpang kasih adik-beradik tiri, selain bergantung harap kepada mereka selepas bapanya berkahwin lain.
“Kadangkala kami tak makan di sekolah apabila kakak tiri tak ada duit dan ayah juga tak ada duit untuk diberikan kepada kami.
“Tapi kami tetap ke sekolah dan insya-ALLAH akan belajar bersungguh-sungguh untuk berjaya supaya boleh hidup senang pada masa akan datang,” katanya ketika ditemui Sinar Harian di Kampung Mohd Amin, di sini, semalam.
Sementara itu, kakak tirinya, Norliza Fauzi, 28, berkata, meskipun mereka bertiga berlainan bapa, tetapi sebagai anak sulung dia terpaksa memikul tanggungjawab menyara kehidupan mereka dengan dibantu dua lagi adik-beradik kandung yang lain.
Menurutnya, walaupun agak terbeban dengan pendapatan suami yang tidak menentu sebagai mekanik, namun dia bersyukur kerana tiga beradik tirinya pandai membawa diri.
Jelasnya, mereka tidak pernah menyusahkannya sekeluarga kerana apa yang ada, apa yang dimakan itulah mereka makan.
“Sebelum ini pun, adik yang berumur 17 tahun bekerja separuh masa pada musim cuti sekolah, tapi tahun ini saya tak izinkan kerana suruh dia tumpukan pada SPM.
“Kalau boleh saya nak tengok mereka berjaya dalam pelajaran dan mencapai cita-cita supaya kehidupan mereka lebih senang pada masa akan datang,” katanya.
Dalam pada itu, Penyelia Pusat Aduan Rakyat (PAR) negeri, Syed Othman Syed Abdullah berkata, pihaknya akan membawa tiga anak yatim berkenaan ke Jabatan Kebajikan Masyarakat (JKM) untuk mengemukakan permohonan bantuan bulanan.
Menurutnya, pihaknya juga akan menyalurkan bantuan barangan keperluan asas bagi bulanan tiga bulan pertama untuk membantu meringankan beban ditanggung keluarga ini.
“Bermula bulan depan kami akan hantar barangan keperluan harian setiap bulan untuk tiga bulan pertama kepada mereka.
“Kita juga akan bawa tiga anak yatim itu ke JKM minggu depan, bagi memohon bantuan untuk mereka,” katanya.
Post by Amalkan Sunnah.
32. ULAMA TIDAK DIPEDULIKAN
Ertinya:
Dari Sahl bin Saad as-Saaidi r.a.
berkata: Rasulullah s.a.w bersabda; ‘Ya Allah! Jangan kau temukan aku
dan mudah-mudahan kamu (sahabat) tidak bertemu dengan suatu masa di mana
para ulama sudah tidak diikut lagi, dan orang yang penyantun sudah
tidak disegani lagi. Hati mereka seperti hati orang Ajam (pada
fasiqnya), lidah mereka seperti lidah orang Arab (pada fasihnya).” .
H.R Ahmad
H.R Ahmad
Keterangan
Mungkin zaman sekarang ini sudah
mendekati keadaan yang telah digambarkan oleh Rasulullah saw. ini.
Masyarakat sudah agak jauh dari para ulama. Mereka takut mendekati para
ulama, kerana khuatir perbuatan mereka akan ditegur. Orang tidak segan
lagi membuat maksiat walau pun di hadapan orang yang tinggi akhlaknya.
Terkadang, sengaja perkara maksiat itu dibuat di hadapan para Ulama
untuk menyatakan rasa ego dan sekaligus untuk menyinggung perasaan
mereka. Golongan ini juga pandai bercakap dan sering memutarbelitkan
kenyataan. Percakapan mereka begitu halus dan memikat orang lain pada
hal hati mereka adalah hati harimau yang bersedia untuk menerkam dan
memangsa musuhnya.
33. ISLAM NAMA SAHAJAErtinya:
Daripada Ali bin Abi Thalib r.a. berkata:
Telah bersabda Rasulullah saw.; “Sudah hampir sampai suatu masa di mana
tidak tinggal lagi daripada Islam ini kecuali hanya namanya, dan tidak
tinggal daripada Al-Quran itu kecuali hanya tulisannya. Masjid-masjid
mereka tersergam indah, tetapi ia kosong daripada hidayah. Ulama mereka
adalah sejahat-jahat makhluk yang ada di bawah kolong (naungan) langit.
Dari mereka berpunca fitnah, dan kepada mereka fitnah ini akan kembali”.
H.R al-Baihaqi
H.R al-Baihaqi
Keterangan
Kalau kita perhatikan dunia Islam pada
hari ini, keadaannya tidak begitu jauh dari gambaran yang telah
dinyatakan oleh Rasulullah saw. ini. Kalau belum sampai pun, ianya sudah
mendekati ke sana. Ulama yang dimaksudkan dalam hadis ini ialah ulama
su’ yang menjual agama mereka dengan mata benda dunia, bukan ulama
akhirat yang mewarisi tugas para Nabi dan yang meneruskan penyebaran
dakwah dari masa ke semasa.
34. AL QURAN AKAN HILANG DAN ILMU AKAN DIANGKATErtinya:
Daripada Huzaifah bin al-Yaman r.a.
berkata: Rasulullah s.a.w bersabda; “Islam akan luntur (lusuh) seperti
lusuhnya corak (warna-warni) pakaian (bila ia telah lama dipakai),
sehingga (sampai suatu masa nanti) orang sudah tidak mengerti apa yang
dimaksudkan dengan puasa, dan apa yang dimaksudkan dengan sembahyang dan
apa yang dimaksudkan dengan nusuk (ibadat) dan apa yang dimaksudkan
dengan sedekah. Dan al-Quran akan dihilangkan kesemuanya pada suatu
malam sahaja, maka (pada esok harinya) tidak tinggal dipermukaan bumi
daripadanya walau pun hanya satu ayat. Maka yang tinggal hanya beberapa
kelompok daripada manusia, diantaranya orang-orang tua, laki-laki dan
perempuan. Mereka hanya mampu berkata, “Kami sempat menemui nenek moyang
kami memperkatakan kalimat “La ilaha illallah”, lalu kami pun
mengatakannya juga”. Maka berkata Shilah (perawi hadis daripada
Huzaifah), “Apa yang dapat dibuat oleh La ilaha illallah (apa gunanya La
ilaha illallah) terhadap mereka, sedangkan mereka sudah tidak memahami
apa yang dimaksudkan dengan sembahyang, puasa, nusuk, dan sedekah”? Maka
Huzaifah memalingkan muka daripadanya (Shilah yang bertanya). Kemudian
Shilah mengulangi pertanyaan itu tiga kali. Maka Huzaifah memalingkan
mukanya pada setiap kali pertanyaan Shilah itu. Kemudian Shilah bertanya
lagi sehingga akhirnya Huzaifah menjawab, “Kalimat itu dapat
menyelamatkan mereka daripada api neraka” (Huzaifah memperkatakan
jawapan itu tiga kali).
H.R Ibnu Majah
H.R Ibnu Majah
LARANGAN MENCACI SESAMA MUSLIM
Rosulullah SAW bersabda, “Mencaci orang Islam (Muslim) adalah perbuatan fasiq dan membunuhnya adalah perbuatan kufur.” (HR. Bukhari, Muslim)
Dalam hadis lain Rasulullah SAW bersabda, “Seorang muslim itu bersaudara terhadap muslims lainnya, ia tidak boleh menganiaya dan menghinanya. Seseorang cukup dianggap berlaku jahat karena ia menghina saudaranya sesama muslim.” (HR. Muslim)
Termasuk perbuatan mencaci muslim di antaranya adalah menyakiti, mencela, mengadu domba, menyebarkan kabar yang tidak benar, mencemarkan nama baik sehingga bisa merusak keluhuran martabat dan membuka rahasia pribadi yang tidak patut diketahui orang lain.
Allah SWT berfirman, “Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki atau perempuan tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata.” (QS. Al Ahzab : 58)
Orang yang suka mencaci seorang muslim, semua amal kebaikan yang dilakukannya akan sia-sia. Seperti disebutkan dalam sebuah hadis, “Rasulullah SAW ditanya, “Wahai Rasulullah, jika ada seorang wanita yang melakukan shalat malam, siang harinya ia berpuasa, tetapi ia menyakiti tetangganya dengan lisannya?” Rasulullah SAW menjawab, “Tiada kebaikan sedikitpun dalam amal perbuatannya, dan ia kelak akan masuk neraka.” (HR. Al Hakim, Ibnu Hibban dan Ahmad)
Termasuk perbuatan mencaci muslim pula, adalah memanggil seseorang dengan kata-kata kafir, musyrik, munafik dan sebagainya. Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa yang memanggil seseorang dengan kata-kata kafir atau ia berkata, ‘Wahai musuh Allah, sedang orang yang dikatakan itu tidak begitu keadaannya, maka tiada lain tuduhan itu akan kembali kepada dirinya.” (HR. Bukhari)
Setiap muslim adalah saudara, karenanya tidak dibenarkan sesama muslim saling mencaci, mencela, menghina dan menuduh dengan tuduhan yang bukan-bukan. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al Hujurat : 10).
Abi Darda’ ra berkata, bahwa Rasulullah SAW telah bersabda: “Apabila seseorang melaknati sesuatu, maka laknat itu akan naik ke langit kemudian seluruh pintu-pintu langit dikunci. Lalu laknat itu mengambil posisi ke kanan dan ke kiri. Bila tidak ada tempat kosong, maka laknat itu akan kembali kepada orang yang dilaknati bila dia pantas untuk mendapatkan laknat Tetapi kalau orang yang dilaknati tidak pantas mendapatkan laknat, maka laknat itu akan kembali kepada orang yang mengucapkan laknat tersebut.” (HR. Abu Dawud).
Karena perbuatan mencaci sesama muslim merupakan perbuatan dosa, yang akibatnya juga buruk, yaitu terhapusnya amal kebaikan. Maka sudah semestinya kita bisa menjauhi perbuatan itu, yakni dengan memohon kepada Allah SWT, agar Dia menghilangkan segala prasangka di hati kita terhadapat sesama muslim lainnya.
Abi Hurairahra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: “Jauhilah olehmu berprasangka. Sebab berprasangka adalah sejelek-jelek pembicaraan. Janganlah kamu saling mencari kejelekan orang lain, janganlah saling bermegah-megahan, dan janganlah saling dengki mendengki. Janganlah saling mengumbar emosi, dan janganlah saling menjauhi. Jadilah kamu hamba-hamba Allah yang bersatu dan bersaudara sebagaimana yang telah diperintahkan Allah kepadamu. Seorang muslim dengan muslim lainnya adalah bersaudara, yang di antara mereka dilarang saling menganiaya, saling menghina, dan saling naeremehkan. Taqwa adalah di sini (sambil Rasulullah memberi isyarah ke arah dada). Cukuplah seorang muslim dikatakan melakukan kejelekan apabila dia menghina sesama muslim. Seorang muslim dengan muslim lainnya harus saling menjaga darah, kehormatan, dan harta kekayaannya.” (HR. Bukhari danMuslim).Walllahu a’lam bis showaab.(P07)
Ummat Islam itu Satu dan Jangan Berpecah-belah
Sesungguhnya ummat Islam yang beriman itu bersaudara:
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
“Orang-orang beriman itu sesungguhnya
bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua
saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.”
[Al Hujuraat 10]
Orang-orang yang beriman itu ibarat satu tubuh. Jika satu bagian sakit, yang lain ikut merasakan sakit:
Hadis riwayat Nukman bin Basyir ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling kasih, saling menyayang dan saling cinta adalah seperti sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakan sulit tidur dan demam. (Shahih Muslim No.4685)
Rasulullah saw. bersabda: Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal saling kasih, saling menyayang dan saling cinta adalah seperti sebuah tubuh, jika salah satu anggotanya merasa sakit, maka anggota-anggota tubuh yang lain ikut merasakan sulit tidur dan demam. (Shahih Muslim No.4685)
Ummat Islam itu saling menguatkan satu sama lain:
Hadis riwayat Abu Musa ra. dia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain adalah seperti sebuah bangunan di mana bagiannya saling menguatkan bagian yang lain. (Shahih Muslim No.4684)
Rasulullah saw. bersabda: Seorang mukmin terhadap mukmin yang lain adalah seperti sebuah bangunan di mana bagiannya saling menguatkan bagian yang lain. (Shahih Muslim No.4684)
Allah melarang ummat Islam untuk bercerai-berai:
“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada
tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan
nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah)
bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu
karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada
di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya.
Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat
petunjuk.
Dan hendaklah ada di antara kamu
segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang
ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang
beruntung.
Dan janganlah kamu menyerupai
orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan
yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa
yang berat,” [Ali ‘Imran 103-105]
Terkadang ada kelompok khawarij yang
berusaha memecah-belah persatuan ummat Islam dengan sengaja fokus
membahas masalah Khilafiyah dan Furu’iyah. Berbagai masalah yang cuma
tercantum di hadits sengaja diperdebatkan panjang lebar meski pihak lain
di luar kelompoknya punya hujjah hadits yang kuat dan sahih juga.
Ujung-ujungnya, mereka menista ummat Islam di luar kelompoknya sebagai
sesat, bid’ah, dan sebagainya.
Padahal jangankan Hadits, ayat Al Qur’an
pun jika mutasyabihaat (tidak jelas artinya) dilarang untuk dicari
maknanya sehingga menimbulkan perdebatan dan perpecahan. Silahkan baca:
“Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al
Quran) kepada kamu. Di antara isi nya ada ayat-ayat yang muhkamaat,
itulah pokok-pokok isi Al qur’an dan yang lain (ayat-ayat)
mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada
kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang
mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari
ta’wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta’wilnya melainkan Allah.
Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada
ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami.” Dan
tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang
berakal.” [Ali ‘Imran 7]
Kenapa ummat Islam diserang dan dibantai di Afghanistan, Iraq, Palestina, dan sekarang di Myanmar?
Itu tak lepas dari kesalahan ummat Islam sendiri yang suka berbantah-bantahan dan saling bunuh sesamanya.
Lihat bagaimana ummat Islam di Libya saling bunuh sehingga yg berkuasa sekarang kelompok sekuler Liberal yg pro AS dan Israel.
Lihat bagaimana Suriah yang dulunya
melawan Israel dan mendukung perjuangan Hizbullah di Lebanon dan Hamas
di Palestina yg melawan Israel sekarang juga sibuk saling bunuh.
Begitu mudahkah ummat Islam diadu-domba
hingga saling bunuh dan melupakan jihad untuk menyelamatkan saudarainya
dari pembantaian kaum yg jelas2 kafir?
Politik Devide et Impera (Pecah Belah
dan Kuasai) yang sudah diterapkan Belanda 400 tahun lalu rupanya tidak
basi dan masih manjur untuk memecah belah ummat Islam.
“Dan taatlah kepada Allah dan
Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu
menjadi gentar dan hilang kekuatanmu…” [Al Anfaal 46]
Kelompok Khawarij ini tak
segan-segan menista ummat Islam yang berbeda pendapat dengan mereka
dengan berbagai sebutan yang mereka sendiri tidak suka. Padahal itu
dilarang oleh Allah SWT:
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah
sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi
yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan
perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu
lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan
memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan
adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak
bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah
kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka
itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah
menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka
memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa
jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha
Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” [Al Hujuraat 11-12]
“Mencela sesama muslim adalah kefasikan
dan membunuhnya adalah kekufuran” (Bukhari no.46,48, muslim no. .64,97,
Tirmidzi no.1906,2558, Nasa’I no.4036, 4037, Ibnu Majah no.68, Ahmad
no.3465,3708)
Agar tidak berpecah-belah, hendaknya kita berpegang pada Al Qur’an dan Hadits.
Sabda Rasulullah Saw: “Aku tinggalkan padamu dua hal, yang tidak akan sesat kamu selama berpegang teguh kepada keduanya, yaitu Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya.”(HR Ibnu ‘Abdilbarri)
Sabda Rasulullah Saw: “Aku tinggalkan padamu dua hal, yang tidak akan sesat kamu selama berpegang teguh kepada keduanya, yaitu Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya.”(HR Ibnu ‘Abdilbarri)
Kemudian ikuti juga ijma’ (kesepakatan)
para ulama Salaf (yang benar-benar Salaf/terdahulu) seperti Imam Malik,
Imam Hanafi, Imam Syafi’I, dan Imam Hambali. Para Imam tersebut meski
kadang berbeda pendapat, namun tidak mengkafirkan atau saling cela satu
sama lain. Para Imam itulah yang hendaknya kita ikuti:
“Sesungguhnya Allah tidaklah menjadikan
ummatku atau ummat Muhammad berkumpul (besepakat) di atas kesesatan”
(Tirmidzi no.2093, Ahmad 6/396)
Tak jarang ummat Islam terpecah ke dalam
kelompok-kelompok kecil yang saling bertikai satu sama lain. Mereka
larut dalam fanatisme golongan (Ashobiyyah):
Ka’ab bin ‘Iyadh Ra bertanya, “Ya
Rasulullah, apabila seorang mencintai kaumnya, apakah itu tergolong
fanatisme?” Nabi Saw menjawab, “Tidak, fanatisme (Ashabiyah) ialah bila
seorang mendukung (membantu) kaumnya atas suatu kezaliman.” (HR. Ahmad)
Bukan termasuk umatku siapa saja yang menyeru orang pada ‘ashabiyah (HR Abu Dawud).
Dalam hadits yang lain Nabi mengatakan
bahwa orang yang mati dalam keadaan ashobiyah (membela kelompoknya,
bukan Islam), maka dia masuk neraka.
Ada yang ashobiyyah dalam hal
kebangsaan/nasionalisme. Hingga sesama Muslim karena beda Negara,
Misalnya Malaysia dengan Indonesia, jadi saling ejek bahkan pernah
perang sebelumnya. Padahal baik Negara Malaysia mau pun Indonesia 100
tahun lalu belum ada (Indonesia baru ada tahun 1945) dan 100 tahun ke
depan pun belum tentu masih ada. Buktinya Timtim sudah lepas dan Negara
Uni Soviet yang besar saja sudah runtuh. Sedang Islam, ribuan tahun
tetap ada. Bahkan di akhirat pun insya Allah tetap ada.
Ada juga sebagian Muslim yang
memecah-belah agama Islam jadi beberapa aliran. Tak jarang ada yang
khawarij yang menyatakan hanya kelompoknya saja yang benar, sedang ummat
Islam lain di luar kelompoknya mereka anggap sesat:
“Yaitu orang-orang yang memecah-belah
agama mereka dan mereka menjadi beberapa golongan. Tiap-tiap golongan
merasa bangga dengan apa yang ada pada golongan mereka.” [Ar Ruum:32]
“Sesungguhnya orang-orang yang memecah
belah agama-Nya dan mereka menjadi bergolongan, tidak ada sedikitpun
tanggung jawabmu kepada mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanyalah
terserah kepada Allah, kemudian Allah akan memberitahukan kepada mereka
apa yang telah mereka perbuat.” [Al An’aam:159]
Mereka menamakan kelompoknya
masing-masing dengan nama tersendiri selain Muslim. Dengan nama selain
Muslim itulah mereka bangga-banggakan kelompoknya sambil menista
kelompok lain. Padahal Allah telah menamakan kita sebagai Muslim:
هُوَ سَمَّاكُمُ الْمُسْلِمِينَ مِنْ قَبْلُ
Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu..” [Al Hajj 67]
Padahal Allah menamai kita Muslim dan menyuruh kita berdoa agar diwafatkan sebagai seorang Muslim:
رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ
“…Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran
kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri
(kepada-Mu).” [Al A’raaf 126]
Oleh karena itu mari kita kembali ke jalan yang lurus.
Lupakan ashobiyyah / fanatisme golongan. Sebaliknya mari hidupkan ukhuwah Islamiyyah karena ummat Islam itu bersaudara dan seperti satu tubuh yang saling menguatkan satu sama lain. Tempatkan Islam di atas yang lain termasuk kepentingan kelompok.
Lupakan ashobiyyah / fanatisme golongan. Sebaliknya mari hidupkan ukhuwah Islamiyyah karena ummat Islam itu bersaudara dan seperti satu tubuh yang saling menguatkan satu sama lain. Tempatkan Islam di atas yang lain termasuk kepentingan kelompok.
Baca selengkapnya di: http://media-islam.or.id/2011/03/13/ummat-islam-itu-satu-dan-jangan-berpecah-belah/
Kisah 'unsung hero' pencipta tangan Ainaa Amanda [TONTON VIDEO]
pada 25-01-2015 02:01
SHAH ALAM: Ramai yang mengetahui kisah kecekalan seorang kanak-kanak
perempuan yang dilahirkan tanpa tapak tangan, Ainaa Amanda Shazali.
Namun pastinya ramai yang tidak mengetahui kisah seorang individu
berhati mulia yang telah menghadiahkan tangan mekanikal kepada
kanak-kanak berkenaan, Sujana Mohd Rejab.
Sujana, 47, berasal dari Taiping, Perak adalah bekas guru bahasa
Inggeris di sebuah sekolah di Sungai Selama. Beliau bagaimanapun
menamatkan perkhidmatan awam di Jabatan Pendidikan Negeri Perak selepas
tujuh tahun berkhidmat.
Bermula daripada detik itu, beliau mencuba pelbagai jenis pekerjaan
sebelum jatuh hati dengan teknologi baru 3D Printing, dua tahun yang
lalu.
Amat menakjubkan, Sujana memulakan kerjaya yang menjadi minat terbarunya itu daripada 'kosong'.
Tanpa pendidikan formal, pengetahuan asas dan latihan, Sujana belajar
sendiri bermula daripada mengendali rekabentuk dan menggunakan mesin
pencetak 3D yang direkanya sendiri yang hanya berpandukan tutorial dari
Youtube dan internet.
Berkat usaha gigihnya, dalam masa dua tahun saja Sujana sudah mahir
menggunakan mesin pencetak 3D, malah kini mengeluarkan mesin pencetak 3D
ciptaan sendiri melalui syarikatnya, c3d.my.
Menceritakan detik bagaimana beliau mengetahui kisah Ainaa, kata
Sujana, beliau juga mengetahui kisah kanak-kanak berkenaan menerusi
video yang menjadi viral di internet tidak lama dulu.
Sujana yang membahasakan diri sebagai Pak Su berkata, beliau
kemudiannya menghubungi ibu Ainaa menerusi Facebook dan selepas berjaya
menghubungi menerusi telefon, beliau langsung ke Pendang, Kedah untuk
mengukur saiz tangan Ainaa.
"Lepas dua hari Pak Su design dan print tangan Ainaa, Pak Su ajak dia ke Bukit Merah Lake Town untuk bagi tangan pada Ainaa.
"Selepas saja 10 minit dia pakai, dia dah dapat gerakkan jari dia,"
katanya yang turut terharu apabila melihat Ainaa mengusap pipi ibunya
dengan tangan mekanikal tersebut.
Menceritakan pula proses pembuatan tangan tersebut, kata Pak Su, pada
permulaannya pihak pembuat akan berjumpa dengan penerima untuk mengambil
ukuran tangan.
"Seterusnya, kami akan ubahsuai saiz ukuran pada fail berdasarkan
tangan penerima dan komponen-komponen tangan prostetik itu akan dicetak
dengan 3D Printer ini, sebelum dipasang macam LEGO dan akan dicuba untuk
dipasang pada penerima.
"Juga, kos keseluruhan material yang digunakan adalah kurang dari RM
100 dan semua tangan yang diberikan adalah percuma. Cumanya penerima
haruslah bersabar untuk menanti siap dalam masa 2-3 minggu dan juga saya
tiada jaminan tangan 3D ini sesuai dengan semua orang," ujarnya.
Sujana kini dalam proses menyiapkan sembilan lagi tangan mekanikal baru bagi membantu mereka yang memerlukan di serata dunia.
Orang-Orang Beriman Itu Bersaudara!
dakwatuna.com - “Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Al-Hujurat: 10)
Ayat ini dinamakan dengan ayatul ukhuwwah karena berbicara tentang konsepsi Qur’ani yang baku bahwa setiap orang yang beriman terhadap orang lain yang seakidah dengannya adalah bersaudara. Konsep ukhuwwah yang berlandaskan iman ini tepat berada di pertengahan surah Al-Hujurat yang dinamakan juga dengan surah ‘Al-Adab’ karena isi kandungannya yang sarat dengan pembicaraan tentang adab dalam maknanya yang luas; adab dengan Allah, adab dengan RasulNya, adab dengan diri sendiri dan adab dengan sesama orang yang beriman.
Sesungguhnya perbedaan adalah sunnatullah yang tidak akan berubah. Di sinilah iman yang berbicara menyikapi perbedaan tersebut dalam bingkai akidah.
Secara redaksional, keterkaitan dan hubungan antar orang yang beriman begitu erat digambarkan dalam ayat di atas karena menggunakan istilah ‘ikhwah’ bukan ikhwan yang secara bahasa ikhwah bermakna saudara sekandung yang mempunyai hubungan dan ikatan darah keturunan. Seolah-olah mengisyaratkan sebuah makna yang dalam bahwa ikatan ideologis sama kuatnya dengan ikatan nasab, bahkan seharusnya lebih besar dari itu. Di sini mengandung arti bahwa keimanan seseorang masih harus diuji dengan ujian persatuan dan persaudaraan tanpa memandang ras, suku, dan bangsa. Rasulullah mengingatkan eratnya hubungan antar orang beriman dengan tamsil yang indah, “Seorang mukmin bagi mukmin yang lain ibarat satu bangunan yang saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya. Kemudian Rasulullah menggenggam jari-jemarinya.” (Bukhari & Muslim)
Yang menarik perhatian di sini, pembicaraan Allah tentang kesatuan umat yang dominan dalam surah ini didahului dengan perintah untuk mendahulukan Allah dan RasulNya atas selain keduanya dalam semua aspek. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mendahului atas (aturan) Allah dan RasulNya. Dan bertakwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Hujurat: 1). Hal ini menunjukkan bahwa Allah sebenarnya sangat menginginkan kebaikan untuk hamba-hambaNya yang beriman. Untuk itu, Allah mencabut dari dalam hati mereka sifat kufur, fasik, dan kemaksiatan sehingga mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. Dan inilah sesungguhnya kenikmatan dan keutamaan yang tidak terhingga bagi setiap muslim yang tercermin dalam ungkapan Allah “Fadhlan minallah wani’mah”.
Sayyid Quthb menyimpulkan berdasarkan ayat di atas bahwa taat kepada Allah dan RasulNya merupakan benteng yang kokoh untuk menghindari perpecahan dan pertikaian yang akan merapuhkan kekuatan dan persatuan umat. Karena dengan mendahulukan taat kepada Allah dan RasulNya, maka akan lenyaplah benih-benih pertikaian yang kebanyakannya berawal dari perbedaan cara pandang yang bersumber dari hawa nafsu yang diperturutkan. Sehingga mereka masuk ke dalam kancah peperangan dalam keadaan menyerahkan segala urusan secara totalitas kepada Allah swt. Inilah faktor yang sangat fundamental bagi kebaikan generasi terbaik dari umat ini sepanjang sejarah.
Di sini jelas, konsekuensi dari ukhuwwah seperti yang ditegaskan oleh ayat ukhuwah di atas adalah adanya sikap saling menyayangi, memberikan kedamaaian, keselamatan, saling tolong menolong, dan menjaga persatuan. Inilah prinsip yang harus ditegakkan dalam sebuah masyarakat muslim. Sedangkan perselisihan dan perpecahan merupakan pengecualian dari sebuah ukhuwah yang harus dihindari. Maka memerangi kelompok yang merusak persatuan dan ukhuwah umat adalah dibenarkan, bahkan diperintahkan dalam rangka melakukan ishlah dan mengembalikan mereka ke dalam barisan kesatuan ini. “Maka perangilah kelompok yang melampaui batas sehingga mereka kembali kepada aturan Allah swt.” (Al-Hujurat: 9)
Dalam hal ini, Rasulullah saw. memberi motivasi akan pentingnya menjaga keutuhan umat dengan menjaga persaudaraan diantara mereka, “Sesungguhnya kedudukan seorang mukmin di kalangan orang-orang beriman adalah seperti kepala dari tubuhnya. Ia akan merasa sakit jika badannya sakit.” (Imam Ahmad). Nash hadits yang mirip dengan ini adalah sabda Rasulullah yang bermaksud, “Perumpamaan orang-orang beriman dalam kecintaan, kelembutan dan kasih sayang di antara mereka ibarat satu tubuh. Jika salah satu anggota sakit, maka seluruh anggota turut merasakannya dengan tetap berjaga dan demam.” (Muslim & Ahmad). Dalam riwayat Muslim juga dinyatakan, “Orang-orang yang berlaku adil akan berada di atas mimbar yang bercahaya di hari kiamat. Yaitu mereka yang berlaku adil dalam urusan orang-orang muslim dan tidak berlaku dzalim.” Kemudian Rasulullah membaca ayat ukhuwah di atas. Maka ayat ini merupakan ilat dari perintah untuk melakukan ishlah terhadap sesama muslim untuk memelihara dan membangun ukhuwah antar mereka.
Pada tataran kaidah ilmu Al-Qur’an, meskipun ayat ini turun karena sebab tertentu, namun ayat ini merupakan ayat muhkam yang harus dijadikan sebagai kaidah umum yang bersifat universal yang akan tetap berlaku bagi setiap kejadian di tengah-tengah komunitas kaum beriman, karena iman dan ukhuwwah merupakan harga yang sangat mahal, sampai Allah tetap menamakan mereka ‘orang yang beriman‘ meskipun terjadi perselisihan, bahkan peperangan di antara dua golongan tersebut seperti yang ditegaskan dalam firmanNya, “Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya.” (Al-Hujurat: 9). Inilah realitas Qur’ani yang sangat mungkin terjadi pada siapapun dan kelompok manapun. Namun tetap Allah mengingatkan satu prinsip, yaitu ukhuwah dan persatuan umat merupakan modal untuk meraih rahmat Allah swt. seperti yang tercermin dari petikan ayat terakhir ‘La’allakum turhamun’ supaya kamu mendapat rahmat.
Ayat-ayat selanjutnya berbicara tentang tips Qur’ani untuk memelihara dan menjaga keberlangsungan ukhuwwah. Di antaranya: pertama, siap menerima dan melakukan Ishlah (fa’ashlihu bayna akhawaikum). Kedua, menghindari kata-kata hinaan/olok-olokan (la yaskhar qaumun min qaumin). Ketiga, menghindari su’udz zhan (ijtanibu katsiran minadz dzan). Keempat, menghindari ghibah dan mencari-cari kesalahan (la tajassasu wala yaghtab ba’dhukum ba’dhan). Seluruh etika dan adab ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang senantiasa dipandu dan merujuk kepada barometer iman.
Sesungguhnya setan memang telah berputus asa dari membujuk dan menggoda manusia agar menyembahnya di jazirah Arab. Maka mereka akan senantiasa menyemai benih permusuhan dan pertikaian di antara orang-orang yang beriman. Maka ishlah harus dilakukan dengan cara apapun –meskipun menurut Syekh Sholih bin Al-Utsaimin– harus mengorbankan segalanya, karena hasil aktivitas ishlah itu selalu baik, dan itu demi menjaga kesatuan umat. “Wash-Shulhu Khair”.
Syekh Musthafa Masyhur dalam bukunya “jalan dakwah” mengingatkan betapa penting dan perlunya bersaudara karena Allah dalam konteks dakwah dan keumatan. Inilah yang pertama sekali Rasulullah lakukan ketika mempersaudarakan antara orang-orang muhajirin dan Anshor. Merekalah contoh teladan yang indah dan agung tentang cinta dan ikrar yang mengutamakan persaudaraannya lebih dari segalanya. “Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) ‘mencintai’ orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung.” (Al-Hasyr: 9)
Saatnya kita mulai melihat sejauh mana peran kita di dalam membangun dan memelihara kesatuan umat Islam. Jangan sampai kemudian kita justru menjadi pelopor atau provokator terjadinya perpecahan umat. Karena dakwah Islam adalah dakwah yang dibangun di atas prinsip persaudaraan sesuai. Dalam kamus generasi awal umat Islam, menjaga keutuhan dan kesatuan umat merupakan amal prioritas yang menduduki peringkat pertama dari amal-amal yang mereka lakukan. Dan sarananya adalah dengan memelihara, membina, dan memperkuat tali persaudaraan antar mereka yang sesungguhnya sejak awal telah diikat oleh Allah ketika seseorang menyatakan keIslamannya, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara.”
Ayat ini dinamakan dengan ayatul ukhuwwah karena berbicara tentang konsepsi Qur’ani yang baku bahwa setiap orang yang beriman terhadap orang lain yang seakidah dengannya adalah bersaudara. Konsep ukhuwwah yang berlandaskan iman ini tepat berada di pertengahan surah Al-Hujurat yang dinamakan juga dengan surah ‘Al-Adab’ karena isi kandungannya yang sarat dengan pembicaraan tentang adab dalam maknanya yang luas; adab dengan Allah, adab dengan RasulNya, adab dengan diri sendiri dan adab dengan sesama orang yang beriman.
Sesungguhnya perbedaan adalah sunnatullah yang tidak akan berubah. Di sinilah iman yang berbicara menyikapi perbedaan tersebut dalam bingkai akidah.
Secara redaksional, keterkaitan dan hubungan antar orang yang beriman begitu erat digambarkan dalam ayat di atas karena menggunakan istilah ‘ikhwah’ bukan ikhwan yang secara bahasa ikhwah bermakna saudara sekandung yang mempunyai hubungan dan ikatan darah keturunan. Seolah-olah mengisyaratkan sebuah makna yang dalam bahwa ikatan ideologis sama kuatnya dengan ikatan nasab, bahkan seharusnya lebih besar dari itu. Di sini mengandung arti bahwa keimanan seseorang masih harus diuji dengan ujian persatuan dan persaudaraan tanpa memandang ras, suku, dan bangsa. Rasulullah mengingatkan eratnya hubungan antar orang beriman dengan tamsil yang indah, “Seorang mukmin bagi mukmin yang lain ibarat satu bangunan yang saling menguatkan antara satu dengan yang lainnya. Kemudian Rasulullah menggenggam jari-jemarinya.” (Bukhari & Muslim)
Yang menarik perhatian di sini, pembicaraan Allah tentang kesatuan umat yang dominan dalam surah ini didahului dengan perintah untuk mendahulukan Allah dan RasulNya atas selain keduanya dalam semua aspek. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kalian mendahului atas (aturan) Allah dan RasulNya. Dan bertakwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Hujurat: 1). Hal ini menunjukkan bahwa Allah sebenarnya sangat menginginkan kebaikan untuk hamba-hambaNya yang beriman. Untuk itu, Allah mencabut dari dalam hati mereka sifat kufur, fasik, dan kemaksiatan sehingga mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. Dan inilah sesungguhnya kenikmatan dan keutamaan yang tidak terhingga bagi setiap muslim yang tercermin dalam ungkapan Allah “Fadhlan minallah wani’mah”.
Sayyid Quthb menyimpulkan berdasarkan ayat di atas bahwa taat kepada Allah dan RasulNya merupakan benteng yang kokoh untuk menghindari perpecahan dan pertikaian yang akan merapuhkan kekuatan dan persatuan umat. Karena dengan mendahulukan taat kepada Allah dan RasulNya, maka akan lenyaplah benih-benih pertikaian yang kebanyakannya berawal dari perbedaan cara pandang yang bersumber dari hawa nafsu yang diperturutkan. Sehingga mereka masuk ke dalam kancah peperangan dalam keadaan menyerahkan segala urusan secara totalitas kepada Allah swt. Inilah faktor yang sangat fundamental bagi kebaikan generasi terbaik dari umat ini sepanjang sejarah.
Di sini jelas, konsekuensi dari ukhuwwah seperti yang ditegaskan oleh ayat ukhuwah di atas adalah adanya sikap saling menyayangi, memberikan kedamaaian, keselamatan, saling tolong menolong, dan menjaga persatuan. Inilah prinsip yang harus ditegakkan dalam sebuah masyarakat muslim. Sedangkan perselisihan dan perpecahan merupakan pengecualian dari sebuah ukhuwah yang harus dihindari. Maka memerangi kelompok yang merusak persatuan dan ukhuwah umat adalah dibenarkan, bahkan diperintahkan dalam rangka melakukan ishlah dan mengembalikan mereka ke dalam barisan kesatuan ini. “Maka perangilah kelompok yang melampaui batas sehingga mereka kembali kepada aturan Allah swt.” (Al-Hujurat: 9)
Dalam hal ini, Rasulullah saw. memberi motivasi akan pentingnya menjaga keutuhan umat dengan menjaga persaudaraan diantara mereka, “Sesungguhnya kedudukan seorang mukmin di kalangan orang-orang beriman adalah seperti kepala dari tubuhnya. Ia akan merasa sakit jika badannya sakit.” (Imam Ahmad). Nash hadits yang mirip dengan ini adalah sabda Rasulullah yang bermaksud, “Perumpamaan orang-orang beriman dalam kecintaan, kelembutan dan kasih sayang di antara mereka ibarat satu tubuh. Jika salah satu anggota sakit, maka seluruh anggota turut merasakannya dengan tetap berjaga dan demam.” (Muslim & Ahmad). Dalam riwayat Muslim juga dinyatakan, “Orang-orang yang berlaku adil akan berada di atas mimbar yang bercahaya di hari kiamat. Yaitu mereka yang berlaku adil dalam urusan orang-orang muslim dan tidak berlaku dzalim.” Kemudian Rasulullah membaca ayat ukhuwah di atas. Maka ayat ini merupakan ilat dari perintah untuk melakukan ishlah terhadap sesama muslim untuk memelihara dan membangun ukhuwah antar mereka.
Pada tataran kaidah ilmu Al-Qur’an, meskipun ayat ini turun karena sebab tertentu, namun ayat ini merupakan ayat muhkam yang harus dijadikan sebagai kaidah umum yang bersifat universal yang akan tetap berlaku bagi setiap kejadian di tengah-tengah komunitas kaum beriman, karena iman dan ukhuwwah merupakan harga yang sangat mahal, sampai Allah tetap menamakan mereka ‘orang yang beriman‘ meskipun terjadi perselisihan, bahkan peperangan di antara dua golongan tersebut seperti yang ditegaskan dalam firmanNya, “Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya.” (Al-Hujurat: 9). Inilah realitas Qur’ani yang sangat mungkin terjadi pada siapapun dan kelompok manapun. Namun tetap Allah mengingatkan satu prinsip, yaitu ukhuwah dan persatuan umat merupakan modal untuk meraih rahmat Allah swt. seperti yang tercermin dari petikan ayat terakhir ‘La’allakum turhamun’ supaya kamu mendapat rahmat.
Ayat-ayat selanjutnya berbicara tentang tips Qur’ani untuk memelihara dan menjaga keberlangsungan ukhuwwah. Di antaranya: pertama, siap menerima dan melakukan Ishlah (fa’ashlihu bayna akhawaikum). Kedua, menghindari kata-kata hinaan/olok-olokan (la yaskhar qaumun min qaumin). Ketiga, menghindari su’udz zhan (ijtanibu katsiran minadz dzan). Keempat, menghindari ghibah dan mencari-cari kesalahan (la tajassasu wala yaghtab ba’dhukum ba’dhan). Seluruh etika dan adab ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang senantiasa dipandu dan merujuk kepada barometer iman.
Sesungguhnya setan memang telah berputus asa dari membujuk dan menggoda manusia agar menyembahnya di jazirah Arab. Maka mereka akan senantiasa menyemai benih permusuhan dan pertikaian di antara orang-orang yang beriman. Maka ishlah harus dilakukan dengan cara apapun –meskipun menurut Syekh Sholih bin Al-Utsaimin– harus mengorbankan segalanya, karena hasil aktivitas ishlah itu selalu baik, dan itu demi menjaga kesatuan umat. “Wash-Shulhu Khair”.
Syekh Musthafa Masyhur dalam bukunya “jalan dakwah” mengingatkan betapa penting dan perlunya bersaudara karena Allah dalam konteks dakwah dan keumatan. Inilah yang pertama sekali Rasulullah lakukan ketika mempersaudarakan antara orang-orang muhajirin dan Anshor. Merekalah contoh teladan yang indah dan agung tentang cinta dan ikrar yang mengutamakan persaudaraannya lebih dari segalanya. “Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka (Anshor) ‘mencintai’ orang yang berhijrah kepada mereka (Muhajirin). Dan mereka (Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang orang yang beruntung.” (Al-Hasyr: 9)
Saatnya kita mulai melihat sejauh mana peran kita di dalam membangun dan memelihara kesatuan umat Islam. Jangan sampai kemudian kita justru menjadi pelopor atau provokator terjadinya perpecahan umat. Karena dakwah Islam adalah dakwah yang dibangun di atas prinsip persaudaraan sesuai. Dalam kamus generasi awal umat Islam, menjaga keutuhan dan kesatuan umat merupakan amal prioritas yang menduduki peringkat pertama dari amal-amal yang mereka lakukan. Dan sarananya adalah dengan memelihara, membina, dan memperkuat tali persaudaraan antar mereka yang sesungguhnya sejak awal telah diikat oleh Allah ketika seseorang menyatakan keIslamannya, “Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara.”
Tentang Dr. Attabiq Luthfi, MA
Pria kelahiran Cirebon ini berlatar belakang pendidikan dari Pondok Modern Gontor, Jawa Timur. Setelah itu melanjutkan pendidikan ke S1 di Islamic University, Madinah KSA, S2 di Universitas Kebangsaan Malaysia, dan… [Profil SelenSesungguhnya Mukmin itu Bersaudara
OPINI | 20 August 2013 | 22:44
Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara
Persaudaraan merupakan hal yang sangat penting
dalam agama Islam. Hal itu berhubungan erat dengan keimanan seseorang.
Di dalam ajaran Islam, persaudaraan bukan hanya menyangkut hubungan
antar dua orang atau lebih secara horisonal, tetapi juga menyangkut
keimanan dan ketaatan seseorang terhadap Alloh ta’ala.
اِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu
bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua
saudaramu itu dan takutlah terhadap Alloh, supaya kamu mendapat rahmat”
(QS. Al Hujurot: 10)
Di dalam ayat tersebut Alloh menggunakan lafadz ikhwatun (إخوة) untuk menyebut persaudaraan antar mukmin. Padahal lafadz ikhwatun
dalam bahasa Arab berarti saudara kandung. Untuk menyebut persaudaraan
dengan orang lain yang bukan saudara kandung, sepadan dengan kata
persahabatan atau pertemanan, di dalam bahasa Arab digunakan lafadz ikhwanun ( إخوان
). Hal ini mengindikasikan bahwa berdasarkan tuntunan al-Qur`an,
seyogyanya setiap mukmin itu menganggap dan memperlakukan mukmin yang
lain sebagai saudara kandungnya sendiri. Hendaknya setiap mukmin
senantiasa berusaha menumbuhkan, memupuk dan menjaga persaudaraan dengan
mukmin lainnya layaknya ia melakukan upaya tersebut terhadap saudara
kandungnya.
Apa yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan, memupuk dan menjaga persaudaraan?
Alloh ta’ala, Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam, para
sahabat, tabi’in, dan ulama telah memberikan pentunjuk sekaligus
teladan bagaimana cara menumbuhkan, memupuk dan menjaga persaudaraan
antar orang-orang yang beriman.
1. Menyadari bahwa Alloh ta’ala menciptakan manusia dengan karakter yang berbeda-beda
Perbedaan adalah sunnatulloh. Adanya manusia dengan wajah, bentuk, warna kulit, karakter, watak, dan tabiat yang berbeda-beda adalah salah satu kehendak Ilahi
yang selayaknya kita sadari. Hal ini penting agar kita tidak selalu
berharap atau bahkan memaksa orang lain agar senantiasa sependapat
dengan kita. Justru sebaiknya kita belajar untuk memahami orang lain;
memahami latar belakang kehidupannya, tabiat dan wataknya,
kesenangannya, hal-hal yang dia tidak sukai, dan kecenderungannya.
Dengan menyadari bahwa tidak semua manusia sama dan mencoba memahami
kepribadian orang lain, dalam hal ini saudara sesama mukmin, insyaalloh kita akan siap membangun hubungan persaudaraan dengan setiap orang yang beriman.
2. Menebar salam
Salam merupakan pembuka pintu persaudaraan. Salam
merupakan simpul awal dari sebuah tali persaudaraan yang kuat. Salam
merupakan sarana untuk menumbuhkan rasa saling mencintai di qolbu
orang-orang yang beriman. Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda:
لاَ تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلاَ تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا. أَوَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى شَىْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ ؟أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ
“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian
beriman. Kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah aku
tunjukkan kepada kalian sesuatu yang jika kalian mengerjakannya maka
kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian”. (HR.
Imam Muslim no. 203)
Mari kita membiasakan diri untuk mengucapkan salam
kepada saudara sesama mukmin, baik yang kita kenal, maupun yang tidak
kita kenal.
3. Itsar
Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu bercerita: seorang laki-laki datang kepada Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam dan mengeluh kepayahan dan kelaparan. Kemudian Nabi shollallohu alaihi wa sallam
bertanya kepada para isteri, namun ternyata mereka semua tak memiliki
sedikitpun makanan untuk disuguhkan. Beliau pun bersabda; “Adakah
seseorang yang menyuguh laki-laki ini pada malam ini?” Seorang sahabat
(Abu Tholhah) pun menjawab, “Saya wahai Rosululloh”. Abu Tholhah
kemudian plang ke rumah dan bertanya kepada isterinya, “Ini adalah tamu
Rosululloh, janganlah kamu menyimpan makanan”. Isteri menjawab, “Demi
Alloh saya tidak menyimpan sedikitpun kecuali jatah makan malam anak
kita”. Abu Tholhah berkata, “Jika anak kita minta makan, tidurkan saja
dia. Matikan lampu, biarlah malam ini perut kita lapar”. Pagi harinya
lelaki tersebut datang kepada Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam. Beliau pun bersabda, “Sungguh Alloh heran dengan suami isteri itu”. (Muttafaqun ‘alaihi)
Setelah kejadian tersebut, turunlah firman Alloh ta’ala berikut:
…وَيُؤْثِرُوْنَ عَلَى اَنْفُسِهِمْ وَلَوْ كَانَ بـِهِمْ خَصَاصَةٌ…
“…dan mereka mengutamakan (orang-orang muhajirin),
atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan….” (QS. Al
Hasyr: 9)
Apa yang dilakukan oleh sahabat Abu Tholhah dan keluarganya itulah yang disebut itsar,
mendahulukan kepentingan orang lain daripada diri sendiri. Itulah
contoh akhlaq mulia yang diamalkan oleh generasi terbaik umat ini, yaitu
para sahabat. Ajaran Islam bukan mengajarkan take and give. Ajaran Islam menganjurkan agar orang-orang yang beriman senantiasa give, give, and give.
Bahkan ketika dalam keadaan sulit pun, seorang mukmin dianjurkan untuk
mendahulukan kepentingan saudaranya sesama mukmin, daripada dirinya
sendiri. Jika akhlaq itsar ini bisa menjadi budaya antara sesama mukmin, insyaaloh
akan tercipta sebuah persaudaraan yang kuat dan kokoh. Hal itu karena
setiap mukmin tidak lagi mementingkan egonya sendiri. Bukankah
kebanyakan percekcokan, pertengkaran, dan permusuhan terjadi karena
setiap pihak ingin menang sendiri?
4. Mendamaikan saudara yang bertikai
وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا …
“Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya…” (QS. Al-Hujurot: 9)
Ayat tersebut dengan sangat gamblang menjelaskan
bahwa hendaknya setiap mukmin berusaha untuk menjaga tali persaudaraan
antar sesama mukmin. Jika terjadi pertikaian, pertengkaran, ataupun
permusuhan antar sesama orang yang beriman, hendaknya orang mukmin itu
berusaha dengan segenap upaya untuk mendamaikannya.
Setelah Kholifah Ali ibn Abi Tholib wafat, terjadi
perpecahan antar umat Islam. Umat Islam di Kuffah (Iraq) mengangkat
sayyidina Hasan ibn Ali sebagai kholifah. Sementara umat Islam di Syam
mengangkat Mu’awiyah ibn Abi Sufyan sebagai kholifah. Pertikaian dan
peperangan pun terjadi antar kedua pihak. Melihat fenomena yang mengiris
hati ini, sayyidina Hasan mengambil inisiatif untuk menyerahkan
kekuasaan sepenuhnya kepada Mu’awiyah dengan tujuan agar umat Islam
bersatu hidup dalam kedamaian. Kepada penduduk Kufah yang sangat
mencintainya beliau berkhutbah, “Sesungguhnya orang yang paling cerdas
adalah dia yang bertaqwa. Sebaliknya orang yang bodoh adalah dia yang
mudah melakukan dosa. Demi terciptanya perdamaian antar umat Islam dan
agar mereka tidak mati sia-sia, maka aku serahkan sepenuhnya urusan
pemerintahan kepada Mu’awiyah”. Begitulah sayyidina Hasan. Dengan rendah
hati beliau menyerahkan kekuasaan kepada saudaranya sesama muslim agar
terjadi perdamaian antar umat Islam.
Seperti yang kita tahu, saat ini saudara-saudara
kita umat Islam di Mesir sedang bertikai dan bermusuhan. Korban pun
berjatuhan, baik yang cedera maupun yang meninggal dunia. Saya tidak
ingin membela salah satu pihak ataupun menyalahkan pihak yang lain. Saya
bukan pro-Mursi dan bukan anti-Mursi. Yang terjadi di Mesir bukanlah
pertikaian atau peperangan antara orang mukmin dengan orang kafir.
Berbeda dengan apa yang terjadi antara Palestina dengan Israel. Yang
terjadi di Mesir sekarang adalah perang saudara antar sesama orang-orang
yang beriman. Mereka sama-sama menyembah Alloh ta’ala. Sama-sama
melaksanakan sholat. Sama-sama membaca al-Qur`an. Semoga Alloh ta’ala
membuka hati saudara-saudara kita yang ada di sana agar bisa menahan
diri, menanggalkan sikap egoism dan fanatik buta, serta segera berdamai
untuk kemudian bersama-sama membangun negara yang baik. Semoga saja.
Dalam lingkup yang lebih kecil, dalam kehidupan
berkeluarga, bertetangga, dan bermasyarakat, hendaknya setiap mukmin
juga berusaha mendamaikan saudara-saudaranya yang terlibat dalam
persengketaan atau permusuhan. Jangan malah “ngobor-ngobori”,
memperuncing perselisihan, atau malah menyebarkan fitnah yang
mengakibatkan orang lain bermusuhan.
Marilah kita menteladani Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam yang senang mendamaikan orang-orang yang berselisih.
“Diriwayatkan dari Abul ‘Abbas Sahl bin Sa’d as Sa’idiy. Telah datang kabar kepada Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam
bahwa terjadi “sesuatu yang buruk” (perselisihan) di antara Bani Umar
bin ‘Auf. Beliaupun keluar bersama beberapa sahabat dan mendamaikan
mereka”. (Muttafaqun ‘alaih, Riyadhus Sholihin; 137-138)
Di saat Bani Khozroj dan ‘Aus nyaris beperang
karena ada sebagian orang Yahudi yang mengungkit-ungkit peperangan
diantara mereka di masa lampau, Nabi shollallohu alaihi wa sallam datang dan mendamaikan mereka. Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam
pun berhasil mendamaikan dua kelompok yang sudah lama bertikai dan
mengikat mereka dalam sebuah persaudaraan yang berlandaskan iman.
Dari Abû Darda ra., ia berkata; Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda:
Maukah kalian kuberitahu suatu perkara yang lebih utama daripada derajat shoum, sholat, dan shodaqoh. Para sahabat berkata, “Tentu saja ya Rosulullah!” Beliau lalu bersabda, “Pekara itu adalah mendamaikan perselisihan. Karena karakter perselisihan itu membinasakan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya, at-Tirmidzi ia berkata, “Hadits ini hasan shahih”).
Maukah kalian kuberitahu suatu perkara yang lebih utama daripada derajat shoum, sholat, dan shodaqoh. Para sahabat berkata, “Tentu saja ya Rosulullah!” Beliau lalu bersabda, “Pekara itu adalah mendamaikan perselisihan. Karena karakter perselisihan itu membinasakan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya, at-Tirmidzi ia berkata, “Hadits ini hasan shahih”).
5. Tidak mengolok-olok, tidak mencela, dan tidak memanggil dengan gelar yang buruk
Ketika bangunan persaudaraan telah terbangun dengan
kokoh, hendaknya kita menjaga bangunan tersebut agar tidak rusak,
apalagi roboh. Hendaknya setiap mukmin berusaha agar persaudaraan yang
telah terjalin antar sesama mukmin senantiasa terjaga dengan baik,
bahkah lebih baik. Bagaimana caranya? Alloh ta’ala berfirman:
يَـٰأَيُّهَاالَّذِينَ
ءَامَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا
مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٍ مِنْ نِسَاءٍ عَسَى أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا
مِنْهُنَّ وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا
بِالْأَلْقَابِ .. ﴿الحجرات: ۱۱﴾
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu
kaum merendahkan/meremehkan kaum yang lain. Boleh jadi mereka (yang
diremehkan) lebih baik daripada mereka (yang meremehkan). Jangan pula
wanita merendahkan wanita yang lain. Boleh jadi wanita (yang diremehkan)
lebih baik daripada wanita (yang meremehkan). Janganlah kalian saling
mencela dan janganlah kalian saling memanggil dengan panggilan yang
buruk”. (QS. Al Hujurot: 11)
Melalui al-Qur`an Alloh ta’ala memberikan tuntunan
agar setiap mukmin hendaknya tidak merendahkan saudaranya sesama mukmin.
Setiap mukmin tidak boleh mencela saudara sesama mukmin. Setiap mukmin
hendaknya tidak memanggil saudaranya sesama mukmin dengan panggilan atau
gelar yang buruk, yang tidak disukai oleh saudaranya tersebut.
Marilah kita hentikan sekarang juga kebiasaan
mencela orang lain dengan perkataan, “bodoh”, “bento”, “goblok”, “kere”,
dan perkataan-perkataan buruk yang lain. Mari kita segera menghentikan
kebiasaan buruk memanggil orang lain dengan gelar yang jelek seperti,
“ambon”, “gendut”, “si hitam”, atau yang lebih parah lagi “hai kafir”.
Sungguh perbuatan semacam itu harom hukumnya dan akan mendatangkan
malapetaka bagi pelakunya baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia,
celaan, hinaan, dan panggilan yang buruk seperti itu sangat mungkin
menimbulkan permusuhan antar sesama. Sementara di akhirat, orang yang
suka mencela, menghina, dan memanggil orang lain dengan gelar yang buruk
akan menjadi orang yang bangkrut. Bukankah perbuatan semacam ini
merupakan bentuk kedholiman kepada orang lain?
Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam mengingatkan:
“Orang yang benar-benar bangkrut di antara umatku
ialah orang yang pada hari kiamat membawa (sebanyak-banyak) pahala
shalat, puasa dan zakat; tetapi (sementara itu) datanglah orang-orang
yang menuntutnya, karena ketika (di dunia) ia mencaci ini, menuduh itu,
memakan harta si ini, melukai si itu, dan memukul si ini. Maka
diberikanlah pahala-pahala kebaikannya kepada si ini dan si itu. Jika
ternyata pahala-pahala kebaikannya habis sebelum dipenuhi apa yang
menjadi tanggungannya, maka diambillah dosa-dosa mereka (yang pernah
didholiminya) dan ditimpakan kepadanya. Kemudian dicampakkanlah ia ke
api neraka).” (HR. Imam Ahmad, Muslim, dan Turmudzi)
6. Tidak berprasangka buruk, tidak mencari-cari kesalahan orang lain, dan tidak menggunjing
Jangan sampai seorang mukmin menjadi “rayap” yang
menggerogoti bangunan persaudaraan antar orang-orang yang beriman.
Jangan sampai seorang mukmin menjadi pelopor perpecahan dan pertikaian
antar umat Islam. Oleh karena itu, orang yang beriman kepada Alloh
ta’ala dan Hari Akhir selayaknya menjauhi prasangka buruk…
يَـٰأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيْرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ صلى وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ج …
“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan
prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa.
Janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu
sama lain…” (QS. Al Hujurot: 12)
Al-Hafizh Ibnu Katsir rohimahullohu berkata, “Alloh Subhanahu wa ta’ala
berfirman melarang hamba-hamba-Nya dari banyak persangkaan, yaitu
menuduh dan menganggap khianat kepada keluarga, kerabat dan orang lain
tidak pada tempatnya. Karena sebagian dari persangkaan itu adalah dosa
yang murni, maka jauhilah kebanyakan dari persangkaan tersebut dalam
rangka kehati-hatian. Kami meriwayatkan dari Amirul Mukminin Umar ibnul
Khoththob rodhiyallohu ‘anhu
beliau berkata, ‘Janganlah sekali-kali engkau berprasangka kecuali
kebaikan terhadap satu kata yang keluar dari saudaramu yang mukmin, jika
memang engkau dapati kemungkinan kebaikan pada kata tersebut’.” (Tafsir Ibnu Katsir, 7/377, Maktabah Samilah)
Abu Hurairah radhiyallohu ‘anhu pernah menyampaikan sebuah hadits Rosulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam yang artinya:
“Jauhilah oleh kalian persangkaan yang buruk (dhon) karena dhon
itu adalah ucapan yang paling dusta. Janganlah kalian mendengarkan
ucapan orang lain dalam keadaan mereka tidak suka. Janganlah kalian
mencari-cari aurat/cacat/cela orang lain. Jangan kalian berlomba-lomba
untuk menguasai sesuatu. Janganlah kalian saling hasad (dengki,
iri hati), saling benci, dan saling membelakangi. Jadilah kalian
hamba-hamba Alloh yang bersaudara sebagaimana yang Dia perintahkan….”
(HR. Al-Bukhari no. 6066 dan Muslim no. 6482)
Demikianlah. Perbuatan merendahkan, mencela,
memanggil dengan gelar yang buruk, prasangka, mencari-cari kesalahan,
dan menggunjing adalah perbuatan jelek yang sangat merugikan.
Perbuatan-perbuatan semacam itu sangat mudah menyulut api permusuhan
antar orang-orang yang beriman. Maka hendaknya setiap mukmin menjauhi
perbuatan-perbuatn buruk tersebut. Semoga Alloh ta’ala menjauhkan kita
semua dari perbuatan-perbuatan buruk ini.
Semoga ungkapan Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam
terkait persaudaraan antar sesama mukmin, bisa membumi di zaman
sekarang. Minimal di lingkungan keluarga, tetangga, pertemanan,
persahabatan, dan masyarakat kita.
الْمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَالْبُنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا
“Mukmin satu dengan mukmin yang lain itu bagaikan
sebuah bangunan. Sebagian menguatkan bagian yang lain”. (HR. Imam
Muslim, No. 6750, Maktabah Samilah)
مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ
فِى تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا
اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ
وَالْحُمَّى
“Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal
saling mencintai, saling menyayangi, dan saling membantu adalah seperti
sebuah jasad. Jika salah satu anggota tubuh itu sakit, anggota yang lain
ikut merasakan sakit, dengan tidak bisa tidur dan (merasakan) demam”.
(HR. Imam Muslim, No. 6751, Maktabah Samilah)
والله أعلم بالصواب
Semoga bermanfaat. [tije/LP2A PBSB KEMENAG RI]
Daftar Bacaan:
1. Maktabah Samilah; Tafsir Ibnu Katsir, Shohih Bukhori, Shohih Muslim
2. Riyadhus Sholihin lil-Imam an-Nawawi
3. Mukhtashor Ihya Ulumiddin, Imam al-Ghozali
4. Wawasan al-Qur`an, Quraish Shihab
5. Rumah Hati Dengan Cahaya Ilahi (Tafsir Tematik), KH. M. Ihya Ulumiddin
6. Keukenhof, Taman Wisata Hati, KH. M. Ihya Ulumiddin
Tiada ulasan:
Catat Ulasan