Jumaat, 12 Jun 2015

MENGHILANGKAN BAU











Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Advertisement
Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut- Masalah mulut berbau tak sedap atau bau mulut adalah masalah yang sangat berat karena teman atau teman anda mencoba menghindari untuk berada dekat dengan Anda saat Anda sedang berbicara atau bersantai. Mulut yang berbau busuk meskipun telah disikat dan dicuci diawal pagi akan tetap berbau.
Bau Mulut
Jika profesi pekerjaan Anda banyak berurusan dengan pelanggan, ini yang tidak mengembirakan. Harus ada jarak diantara pelanggan dengan Anda karena untuk menghindari pelanggan Anda tidak nyaman karena bau mulut Anda seperti bau air selokan yang tidak di bersihkan oleh Alam Flora. Jika pelanggan itu tahan bau mulut busuk anda, ini berarti salah satu akal sehatnya rusak.
Bagi pasangan suami istri, jika mulut salah seorang dari mereka bau: Contoh si istri, udahlah mulutnya berbau dan baru lepas makan sambal petai ikan bilis. Tentu si suami akan menghindari untuk berada dekat dengannya. Bercium apa lagi!. Harus tak dapat punya. Mana ada suami yang gila nak bercium dengan isteri yang mulutnya berbau kecuali suaminya mabuk. Kempunanlah tak dapat “French Kiss” melainkan sama-sama mulut berbau tak akan jadi masalah. Baru seri.
Cara nak tahu mulut Anda berbau, mencoba hembuskan napas Anda pada cermin atau nak pastikan lagi, hembus perlahan napas Anda pada teman atau suami. Jika tidak ada respon dari mereka. Berarti mulut Anda normal. Penulis ambil posting ini dari seorang Dr gigi yaitu DR LEEN. Lanjutkan membaca untuk mereka yang ada masalah mulut berbau.
Saya rasa banyak yang memiliki masalah ini tetapi tidak tahu apa nak dibuat untuk menghilangkannya. Kebanyakkannya merasa malu untuk bertanya dengan dokter gigi. Ada juga yang terasa rendah diri karena memiliki masalah ini. Ada juga yang merasa tersinggung ketika ditegur karena masalah ini oleh orang yang dekat dengan mereka. Ada juga merasa rendah diri dan malu untuk berbicara dengan orang.
Apa penyebab mulut Anda mengeluarkan bau yang kurang enak?
1. Bakteri
Penyebab utama mulut berbau adalah dari bakteri yang berkembang biak di dalam mulut. Bakteri ini hidup dan berkembang biak dengan menggunakan surplus makanan yang tidak dibersihkan dari gigi. Kemudian bakteri ini mengeluarkan hasil ekskresi yang terdiri dari asam dan juga sulfur (Volatile Sulfur Compounds-VSCs) yang menyebabkan bau kurang enak.
Kebanyakan bakteri ini bersifat anaerob (hidup tanpa oksigen). Oleh sebab itulah kebanyakan bakteri ini hidup di daerah yang susah dibersihkan seperti celah-celah gigi, celah-celah kantong gusi, di bawah plak yang melekat pada gigi, di karang-karang yang menempel di saku gusi dan juga di celah-celah rekahan pada lidah . Daerah terlindung ini juga susah mendapat pasokan oksigen.
Ketika Anda mendapatkan flu, alergi, obat atau perubahan hormon, ingus Anda akan menjadi kental. Hingus yang pekat ini akan meleleh ke bagian belakang lidah atau di amandel Anda dan melekat disitu (post-nasal drip). Ia juga menjadi tempat persembunyian yang ideal untuk bakteri bersembunyi.
Jika Anda memiliki masalah gusi dan tulang gigi yang kronis (periodontal disease), juga menyebabkan mulut Anda berbau. Penyakit ini menyebabkan tulang gigi Anda menurun dan mengakibatkan kantung gusi Anda dalam dan susah dibersihkan tanpa bantuan dokter gigi. Poket yang dalam ini juga memang tempat bagi bakteri anaerob berkembang biak.
2. Mulut kering karena kekurangan air liur
Air liur adalah bahan pembilas mulut alami. Ia membilas mulut Anda sepanjang waktu dan dengan ini secara tidak langsung membuang potongan kecil makanan (food debris) dari permukaan licin gigi. Selama tidur, prembesan air liur adalah kurang. Sebab itulah kita mendapat bau mulut yang kurang enak saat bangun dari tidur. Selian itu, kurangnya sekresi air liur menyebabkan air liur menjadi kental, susah untuk membilas mulut, sehingga kurang oksigen dan menyebabkan bakteri anaerob di dalam mulut. Bayangkan sepanjang hari air liur di dalam mulut adalah kurang. Tentunya mulut kita berbau sepanjang waktu.
Penyebab kekurangan air liur
  • mereka yang bernapas melalui mulut (mouth breather): angin yang dihasilkan akan mengeringkan mulut
  • berbicara terlalu banyak (misalnya mereka yang bekerja sebagai guru, salesman etc): ini akan mengurangi aliran / sekresi air liur
  • berpuasa: mengurangi sekresi air liur
  • konsumsi obat untuk penyakit darah tinggi, antihistamine, penghalang selera makan etc: efek samping dari konsumsi obat-obatan tersebut
  • konsumsi minuman alkohol: mengeringkan mulut
  • penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol: mengeringkan mulut
  • kekurangan air dalam tubuh (dehydration): mengurangi aliran air liur
  • stress: mengurangi aliran air liur
Bagaimana cara Anda mengetahui masalah mulut berbau?
Agak susah untuk diri sendiri mengetahui yang dirinya memiliki masalah mulut berbau karena diri sendiri telah terbiasa dengan bau mulut. Cara yang paling efektif adalah dengan bertanya kepada mereka yang erat dengan diri Anda seperti suami, istri, teman dekat, orang tua atau anak-anak. Janganlah merasa kecil hati ketika di tegur oleh orang yang dekat dengan Anda sebaliknya Anda harus berterima kasih karena Anda dapat mengambil langkah selanjutnya untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, ada juga sejenis alat yang digunakan oleh dokter gigi (halimeter) untuk mengukur kadar sulfur di dalam napas pasien.
Apa harus Anda lakukan?
Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut
1. Membersihkan gigi setiap hari
Pastikan Anda menyikat dan juga menggunakan benang benang dengan benar setiap hari karena ini akan menghilangkan bakteri dan juga sisa makanan yang digunakan oleh bakteri untuk hidup. Dengan ini bakteri tidak akan menghasilkan sulfur yang menyebabkan mulut Anda berbau. Pastikan juga Anda tidak terburu-buru menyikat dan flos gigi Anda karena itu tidak akan menghilangkan semua bakteri tersebut. Ambillah waktu paling kurang 2 atau 3 menit untuk menyikat gigi Anda. Jangan lupa untuk menggunakan benang benang karena menyikat gigi tanpa menggunakan benang benang seperti Anda membersihkan 70% saja gigi Anda .. sisanya masih kotor.
2. Membersihkan lidah setiap hari
Banyak yang lupa untuk membersihkan lidah saat menggosok gigi. Ingatlah bahwa banyak bakteri bersembunyi di celah pada lidah dan juga di bagian belakang lidah. Anda bisa membersihkan lidah dengan menggunakan pembersih lidah (tongue cleaner). Ada juga sikat gigi jenis memiliki pembersih lidah di belakang kepala sikat gigi. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan sikat gigi yang lembut untuk menyikat lidah Anda secara perlahan dengan menggerakkan sikat dari belakang lidah ke bagian depan berulang kali hingga bersih.
3. Minumlah air
Anda memang disarankan untuk meminum air paling kurang 2L sehari. Adalah lebih baik jika Anda mengisi air di dalam botol dan selalu meneguk air dengan sering sepanjang hari. Dengan ini mulut Anda akan selalu dibasahi air sepanjang hari. Untuk mereka yang mengalami masalah kekeringan mulut karena obat atau mereka yang selalu berbicara, cara ini paling bagus untuk memastikan mulut Anda selalu berair. Minum air dapat merangsang produksi air liur, membilas sisa sisa makanan pada gigi, dan juga melembabkan mulut yang membuatnya kurang sesuai untuk di diami oleh bakteri anaerob.
4. Hindari guna pencuci mulut yang memiliki alkohol
Banyak yang mengira bahwa dengan menggunakan pencuci mulut, bau nafas akan menjadi segar dan tidak berbau tetapi mereka tidak mengobati penyebab sebenarnya mulut mereka berbau jadi cara ini hanya bersifat sementara. Dan jika menggunakan obat kumur yang memiliki alkohol, ia dapat menyebabkan kekeringan di dalam mulut yang mendorong pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut. JIka ingin menggunakan obat kumur, pastikan ia tidak mengandung alkohol.
5. Mengunyah permen karet tanpa gula
JIka Anda tidak dapat menggosok gigi setelah makan (terutama makan siang atau snack), Anda bisa mengunyah permen karet tanpa gula. Dengan mengunyah permen karet, sisa-sisa makanan bisa dibersihkan dan produksi air liur akan di rangsang.
6. Memeriksa gigi Anda jika ada tanda-tanda penyakit gusi dan tulang (gingivitis, periodontal problem)
Penyakit gusi (periodontal problem) adalah disebabkan infeksi pada gusi dan juga pada ligamen yang memegang gigi. Ini menyebabkan poket gusi menjadi dalam dan bakteri suka bersembunyi di situ. Di antara tanda-tanda penyakit gusi adalah:
  • gusi yang bengkak dan merah
  • gusi yang senang berdarah saat disentuh
  • gusi yang sakit
  • nanah keluar dari gusi yang bengkak
  • gigi bergoyang
  • gigi sensitif
  • sakit pada gigi ketika mengunyah
  • ada karang gigi (lapisan keras yang berwarna kehitaman atau kekuningan di leher-leher gigi)
Dokter gigi dapat mengobati penyakit gusi dan membersihkan gigi Anda dari plak dan karang gigi dan ini selanjutnya dapat menghilangkan bau pada mulut Anda.
7. Berjumpalah dengan dokter gigi untuk pemeriksaan paling kurang setahun sekali
Seringkali Anda tidak menyadari yang Anda memiliki masalah gigi dan gusi jika tidak ke dokter gigi untuk pemeriksaan. Jika Anda telah merasa sakit, maka biasanya tingkat kerusakan atau penyakit gusi telah serius. Dokter gigi dapat mendeteksi dengan awal jika Anda memiliki masalah dan segera mengatasinya sebelum menjadi parah.
Selamat mencoba Tips Dan Cara Menghilangkan Bau Mulut.
Tags: gigi busuk, cara menghilangkan bau mulut busuk, Nafas bau busuk, penyebab nafas bau busuk, cara mengobati gigi busuk, cara menghilangkan bau mulut yang busuk, mulut bau busuk, gigi bau busuk, obat gigi busuk, air liur bau busuk

Tips Menyembuhkan Masalah Nafas Berbau


 
images
1. Berkumur menggunakan garam atau limau
Jom Aktifkan MyKad Smart Shopper Anda Untuk dapatkan Mata Ganjaran !!
Menyembuhkan nafas berbau dengan garam bilas adalah penawar yang sangat lama yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Garam akan membunuh bakteria di dalam mulut anda dan membantu menyembuhkan sebarang penyakit gusi. Hanya campurkan 1/2 sudu kecil garam dengan setengah cawan air suam, kacau dan bilas mulut sebelum anda tidur. Setelah beberapa hari dan anda akan melihat bahawa gusi anda kelihatan lebih merah jambu dan dapat menyelesaikan masalah nafas berbau.
Menyembuhkan nafas berbau dengan limau bilas adalah alternatif yang lain, kerana kandungan asid yang tinggi dalam limau menghalang pertumbuhan bakteria pada lidah dan gusi. Anda juga boleh membuat campuran garam dan limau dan bilas sebelum tidur untuk menyembuhkan nafas berbau.
2. Soda penaik (Baking Soda)
Baking soda telah didapati sangat berkesan dalam menyembuhkan nafas berbau, kerana keasidan yang tinggi baking soda akan menghalang bakteria daripada berlaku di atas lidah anda. Oleh itu, memberus gigi dengan ubat gigi yang kaya penaik soda atau ikut sahaja dengan baking soda selepas menggunakan ubat gigi biasa.
3. Daun Mint dan Biji Bunga Matahari
Kedua-dua nya menyembuhkan masalah nafas kerana ia dapat membersihkan mulut dan menjadikan kafas lebih segar. Kunyah biji bunga matahari selepas makan dan minum air untuk membantu membersihkan mulut dan mengunyah daun pudina untuk mengeluarkan bau yang segar daripada anda. Contohnya: makan chewing gum yang mempunyai kandungan pudina dan gula-gula berperisa mint.
4. Makan Yogurt
Makan yogurt kaya dengan bakteria sihat akan membantu dalam menyembuhkan nafas berbau sepenuhnya.
5. Minum Air Putih, Teh atau Jus Nanas
Sama seperti apa-apa lagi dalam kehidupan, menyembuhkan nafas berbau dengan air minuman yang mudah dan baik untuk anda. Air putih akan menjaga perut dan lidah anda terhidrat dan bersih. Ia juga mencegah pembentukan bakteria dan menyembuhkan nafas berbau.
Kebersihan Mulut
Ia mungkin kelihatan jelas, tetapi menyembuhkan nafas berbau dengan kebersihan gigi yang betul adalah satu titik permulaan yang penting. Flos juga yang akan membantu dalam menyembuhkan nafas berbau disebabkan penyakit gusi. Berus gigi anda dengan cara yang betul dan anda juga harus memilih ubat gigi yang betul.
*Jika masalah berarutan, adalah digalakkan untuk mendapatkan khidmat nasihat daripada pakar dan juga doktor.

17 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Mencegahnya

Cara menghilangkan bau mulut. Sejatinya, mulut digunakan untuk mengeluarkan suara-suara yang nantinya akan direspon oleh lawan bicara yang berada di hadapan ataupun tidak langsung (melalui media seperti handphone). Bila Anda berhadapan langsung dengan seseorang untuk melakukan suatu pembicaraan, semua akan terasa nyaman ketika tidak tercium bau mulut.
Bau mulut adalah masalah kesehatan yang sulit diketahui oleh diri sendiri. Kebanyakan orang mengira untuk mengecek bau mulut, dengan meniup atau menghembuskan napas ke tangan kemudian dicium akan ketahuan napas kita bau atau tidak. Sebetulnya cara tersebut kurang efektif dan bahkan tidak bekerja. Cara yang dibenarkan untuk mengetahui bau mulut sejati adalah menjilat telapak tangan, tunggu air liur kering dan cium telapak tangan Anda. Apabila tercium bau berarti Anda positif mengalami masalah bau mulut.
Penyebab bau mulut cukup beragam. Sariawan termasuk salah satunya, terjadi karena adanya infeksi di dalam mulut yang menyebabkan nanah berbau tidak sedap dari mulut. Merokok patut dikatakan sebagai penyebab bau napas, mungkin Anda sudah tahu alasannya. Dan, yang paling mempengaruhi adalah gigi berlubang. Ini merupakan faktor utama pemicu bau mulut, terjadi karena banyak tumpukan sisa makanan pada sela gigi berlubang yang lama kelamaan mengalami pembusukan dan menimbulkan bau mulut disertai masalah lain seperti gusi bengkak.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

cara menghilangkan bau mulut
Mudah saja, upaya sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi bau mulut tidak sedap adalah dengan rutin menggosok gigi setiap kali mandi, ditambah dengan berkumur saat bangun dan menjelang tidur. Lebih jelasnya mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan cepat, berikut ini tips yang berhasil dirangkum dari beberapa situs kesehatan terpercaya.
1 | Rutin menggosok gigi
Hal paling mendasar yang harus Anda lakukan adalah rutin menggosok gigi, setidaknya 2 kali sehari. Ketika menggosok gigi janganlah terlalu agresif karena hal tersebut bisa menghancurkan enamel yang membuat gigi Anda lebih rentan terhadap kerusakan.
2 | Bila perlu, gunakan benang gigi
Sehabis makan tentunya ada banyak sisa makanan yang menyelip di antara sela-sela gigi yang membentuk plak dan karang gigi. Kedua tempat tersebut sangat disukai bakteri untuk bertahan hidup di dalam mulut. Untuk mengatasinya, pertama tentu dengan menggosok gigi dan bila perlu, gunakan benang gigi lebih sering untuk membersihkan sisa makanan pada sela gigi.
3 | Gunakan obat kumur anti-bakteri
Setiap bangun tidur, usahakan untuk segera berkumur dengan obat kumur anti-bakteri selama beberapa detik. Kebiasaan ini akan membuat bakteri yang bersarang di dalam mulut ketika Anda tidur menjadi berkurang dan plak juga ikut berkurang.
4 | Mengangkat kotoran dan bakteri pada lidah
Bakteri tidak hanya menempel pada karang gigi, tetapi di lidah pun juga dianggap sebagai tempat tinggal yang cocok bagi mereka. Secara tidak langsung, akan terbentuk lapisan pada lidah yang nantinya menimbulkan bau busuk akibat bakteri tadi. 
Dalam masalah ini, Anda bisa menggosok lidah dengan sikat gigi secara perlahan ke seluruh permukaan lidah. Bila perlu, beli alat pembersih lidah khusus karena sudah dirancang untuk menerapkan tekanan yang sama di daerah permukaan lidah.
5 | Berhenti merokok
Untuk 100% berhenti dari kebiasaan merokok memang sulit, dan sangat sulit. Tetapi bila Anda tidak ingin dijauhi orang-orang sekitar karena bau napas Anda, lebih baik motivasi diri untuk mengurangi kebiasaan merokok hingga nanti dapat berhenti total. Jika Anda butuh sedikit bantuan, belilah nikotin tempel yang dijual di apotik. Hal tersebut akan membantu mengurangi keinginan merokok.
6 | Ganti manisan permen dengan permen karet bebas gula
Setelah makan malam, jangan mengunyah permen manis karena akan mendorong pertumbuhan bakteri di dalam mulut yang berdampak pada bau mulut. Sebaiknya, Anda mengganti permen manis dengan permen karet tanpa gula. Menurut salah satu Dr. Kesehatan Gigi terkemuka: “Permen karet dapat memberi pertahanan alami terhadap asam plak penyebab kerusakan gigi dan bau mulut dengan cara merangsang produksi air liur lebih banyak”.
7 | Perbanyak minum air putih
Air putih akan membuat mulut Anda terjaga dari dehidrasi (kekurangan cairan). Berkurangnya air liur di dalam mulut dapat menimbulkan bau tak sedap. Oleh karena itu, dalam sehari usahakan agar mulut tidak kering, caranya dengan memperbanyak minum air putih. Apabila cara ini dirasa tidak berhasil kunjungi dokter gigi untuk konsultasi seputar problem yang sedang Anda alami.
8 | Waspada terhadap penyakit gusi
Periodontal atau orang awam menyebutnya penyakit gusi sangat membantu menimbulkan bau kurang enak dari mult Anda. Hal ini terjadi karena pada dasar gigi (gusi) terdapat banyak bakteri yang tidak pernah dibersihkan. Jika kondisinya terbilang parah, kunjungi periodontist, yaitu dokter yang khusus menangani penyakit gusi.
9 | Kawat gigi sebaiknya dibersihkan secara berkala
Ini khusus untuk Anda yang menggunakan kawat gigi dengan tujuan medis, bukan mengikuti trend. Kawat gigi termasuk alat penahan yang menempel pada gigi. Alat ini harus dibersihkan secara menyeluruh setiap kali menggosok gigi, pastikan agar semua celah dan sudut sudah dibersihkan.
10 | Bertatap muka dengan dokter
Bila Anda benar-benar ingin mendapatkan mulut yang sehat dan terhindar dari segala jenis masalah, dalam 6 bulan sekali luangkan waktu untuk bertatap muka dengan dokter spesialis gigi. Kemudian minta juga kepada dokter ybs untuk melakukan spa pada gigi Anda setidaknya dua kali dalam sebulan.
11 | Sediakan buah-buahan segar di dalam lemari es
Jika Anda sudah bosan dengan permen karet tanpa rasa, cobalah konsumsi buah segar yang mempunyai rasa manis, seperti apel. Konsumsi apel secara rutin bisa mengurangi bau mulut. Jika Anda ingin tahu lebih jauh mengenai kehebatan buah apel, beberapa waktu lalu sudah diterbitkan artikel mengenai manfaat buah apel, silahkan Anda baca.
Adapun contoh buah-buahan penghilang bau mulut lainnya adalah:
  • Stroberi.

    Stroberi adalah buah berasa asam (ada juga yang manis) yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut. Ini dikarenakan terdapat kandungan Vitamin C yang mampu membunuh bakteri atau kuman di dalam mulut.
  • Lemon.

    Buah lainnya yang mampu mencegah bau mulut tidak sedap adalah lemon. Rasa asamnya dapat menetralisir bakteri penyebab bau mulut.
  • Pir.

    Berkat tekstur yang sedikit keras dari buah ini membuat pir menjadi buah pemberantas sisa makanan yang menyelip ataupn menempel pada permukaan gigi.
  • Jambu biji.

    Entah ini hanya sekedar pendapat atau bukan, namun melihat berdasarkan kasus yang sudah-sudah. Banyak orang yang berhasil menghilangkan bau mulutnya dengan cara konsumsi buah jambu biji.

12 | Minum green tea
Nama teh hijau semakin kesini semakin populer namanya. Ini karena terdapat banyak sekali khasiat kesehatan dari teh hijau, pada beberapa waktu lalu telah diterbitkan artikelnya. Di sini, teh hijau berperan sebagai pelindung gigi dari kerusakan dengan cara menghilangkan plak dan membunuh bakteri yang menempel pada gigi ataupun mulut berkat senyawa aktir bernama catechin di dalamnya. Ketika bau mulut, minumlah 2 - 3 cangkir teh hijau dalam sehari.
13 | Konsumsi Vitamin C
Banyak buah-buahan yang menjadi sumber vitamin C, contohnya yang paling terkenal adalah buah jeruk. Vitamin C akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Vitamin C juga bisa Anda dapatkan dari suplemen seduhan.
14 | Gunakan bahan alami
Siapa yang tidak ingin mengatasi bau mulut dengan cara alami yang tidak memiliki efek samping? Tentu semua orang mau. Jika Anda termasuk salah satu dari mereka, berikut ini beberapa pilihan bahan alami penghilang bau mulut.
  • Ketumbar. Rempah ini dapat dgunakan untuk mengurangi bau napas tidak sedap. Caranya dengan merebus ketumbar, kemudian airnya disaring dan diminum ketika dingin.
  • Jeruk nipis dan madu. Ramuan herbal ini bisa juga diminum untuk mengobati batuk. Caranya dengan mencampurkan kedua bahan pada gelas kecil, aduk rata dan minum.
  • Daun sirih dan lengkuas. Kedua bahan dapur ini sangat mudah didapatkan, Anda bisa membeli di tukang sayur terdekat. Cara mengatasi bau mulut dengan bahan alami ini diawali dengan merebus daun sirih dan lengkuas, kemudian gunakan untuk berkumur.
  • Kayu manis. Selain khasiatnya yang dipercaya oleh masyarakat sebagai obat penyakit, kayu manis ternyata juga berguna untuk meringankan bau mulut. Caranya dengan menyeduh kayu manis di dalam teh hangat, kemudian minum sehari 2 kali.
  • Kencur. Cara penggunaannya, yaitu diawali dengan merebus 10 gram potongan kencur, pinang, tanaman adas, dan 15 gram daun sirih temu ros bersama setengah liter air. Ketika mendidih, saring airnya dan minum ketika menjelang tidur malam. Lakukan rutin 2 - 3 kali dalam seminggu.

Cara Mencegah Bau Mulut

cara mencegah bau mulut

Dari sekian banyak cara menghilangkan bau mulut, mungkin ada beberapa yang termasuk ke dalam cara pencegahan aroma napas tidak sedap. Tetapi pada bagian ini akan diberikan lebih banyak mengenai tips mencegah bau mulut.
  1. Selalu sediakan permen mint di dalam tas atau kantong Anda. Alasannya karena permen mint akan memberikan napas segar pada mulut Anda, meski hanya sementara waktu.
  2. Beri asupan yogurt apabila tidak ingin mengalami problem ini. Berdasarkan penelitian, yogurt plain (tanpa gula) mampu mengurangi jumlah bakteri yang menumpuk di dalam mulut. Susu hasil fermentasi ini jga dapat mengurangi plak pada gigi.
  3. Makanlah keju rendah karbohidrat namun tinggi kalsium. Keju jenis ini dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat meredakan bau mulut.
Itulah segenap upaya yang sudah seyogyanya Anda lakukan bila ingin lebih percaya diri bicara di depan orang banyak. Hanya sekedar peringatan, ketika menjalani cara menghilangkan bau mulut dengan bahan alami, lebih baik pilih salah satu saja dan lakukan dengan rutin (konsisten). Jangan ganti-ganti sebelum ada reaksi, begitupun dengan bahan lain.
Setelah bau mulut sudah teratasi, langkah berikutnya yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan pencegahan dengan mengikuti beberapa cara mencegah bau mulut tersebut. Alhasil, napas Anda akan terasa segar sepanjang hari.
Dengan napas yang segar, mulut sehat, dan gigi yang putih bersih. Hidup Anda akan terasa bahagia. Selain itu hasil yang didapat juga bisa menjadi aset untuk menggapai kesuksesan. Bila Anda merasa punya wajah yang ‘good looking’, coba saja datang untuk cast iklan atau film.

Cara Menghilangkan Nafas Dan Mulut Berbau

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ
bersih mulut.
Dalam artikel sebelum ini telah diterangkan secara panjang lebar mengenai Punca Masalah Mulut Atau Nafas Berbau  (Klik Di Sini), maka kali ini seperti mana yang telah dijanjikan, ana bentangkan pula solusi atau cara mengatasi masalah mulut dan nafas berbau yang membebankan diri antum itu:
.
Apa patut antum lakukan sekiranya mempunyai masalah ini?

Masalah nafas berbau seharusnya diberi perhatian kerana ia mampu untuk mengurangkan keyakinan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Tambahan pula, bimbang sekiranya ramai orang mula menjauhkan diri daripada kita. Selain daripada itu, ia juga berkemungkinan sebagai tanda kehadiran penyakit lain yang mungkin anda hadapi. Cara untuk menghilangkan masalah nafas berbau adalah dengan pelbagai tips di bawah ini
 .

1. Membersih Dan Memberus Gigi


Menjaga kebersihan mulut. Hal ini boleh antum lakukan dengan cara rajin memberus gigi secara teratur, baik dan menyeluruh serta menggunakan benang flos atau flos pakai-buang dengan betul.

Menjaga dan memberus gigi atau bersiwak harus sentiasa diamalkan sebaik habis makan, sebelum tidur dan bangun tidur atau sekurang-kurangnya 2 kali sehari kerana ini akan membuang bakteria dan juga lebihan makanan yang digunakan oleh bakteria untuk hidup. Dengan ini bakteria tidak akan menghasilkan sulfur yang menyebabkan gigi berlubang dan mulut antum berbau.

Pastikan juga antum tidak tergesa-gesa memberus dan flos gigi kerana ianya tidak akan menghilangkan semua bakteria tersebut. Ambillah masa paling kurang 2 atau 3 minit untuk bersiwak atau memberus gigi. Jangan lupa untuk menggunakan flos kerana jika antum memberus gigi tanpa menggunakan flos seolah-olah hanya membersihkan 70% gigi sahaja.

Dari Aisyah radhiallahu ‘anha bahwasanya Rasulullah bersabda: Siwak itu adalah menyebabkan sucinya mulut dan menyebabkan adanya keredhaan Tuhan.” (Diriwayatkan oleh Imam Nasa’i dan Ibnu Khuzaimah)
 .
.

2. Membersihkan Lidah


Ramai yang terlupa untuk membersihkan lidah ketika menggosok gigi atau bersiwak. Antum bukan sahaja perlu menggosok gigi, tetapi perlu juga untuk menggosok bahagian lidah paling tidak 2 kali setiap hari untuk menghilangkan masalah nafas berbau. Hal ini dapat membantu mengurangkan bakteria biofilm.

Ingatlah bahawa bahagian belakang atas, adalah punca utama yang menyebabkan masalah nafas berbau yang serius. Banyak bakteria bersembunyi pada rekahan lidah dan juga di bahagian belakang lidah. Lidah antum mempunyai berjuta-juta filamen yang boleh memerangkap sisa makanan dan bakteria, jika dibiarkan akan membawa kepada masalah nafas berbau.

Antum boleh membersihkan lidah dengan menggunakan pembersih lidah (tongue cleaner). Ada juga berus gigi jenis mempunyai pembersih lidah di belakang kepala berus gigi. Selain itu, antum juga boleh menggunakan berus gigi yang lembut untuk memberus lidah secara perlahan-lahan dengan menggerakkan berus dari belakang lidah ke bahagian hadapan berulang kali sehingga lidah antum bersih.
 .
.

3. Meminum Banyak Air


Minum lebih banyak air dapat membantu antum menghilangkan ‘bakteria jahat’ yang menyebabkan masalah nafas berbau. Selain daripada itu, kajian juga menunjukkan dengan mengamalkan meminum teh, ia turut dapat membantu menghilangkan masalah nafas berbau kerana teh mengandungi ‘poleypehnols’, iaitu sejenis bahan kimia tumbuhan yang dapat menyekat pertumbuhan bakteria punca nafas berbau.

Meminum air boleh merangsang pengeluaran air liur, membilas lebihan sisa makanan pada gigi dan juga melembabkan mulut yang membuatkan ia kurang sesuai untuk didiami oleh bakteria ‘anaerob’. Jika antum mengalami masalah kekeringan mulut disebabkan ubat atau yang selalu bercakap, cara ini paling baik untuk memastikan mulut antum sentiasa berair.

Antum juga memang disarankan untuk meminum air masak paling kurang 2 liter (16 gelas) sehari. Ini tidak mustahil kerana antum hanya perlu minum segelas air setiap jam. Adalah lebih baik jika antum mengisi air di dalam botol dan sentiasa meneguk air dengan kerap sepanjang hari. Dengan ini mulut antum akan sentiasa dibasahi air sepanjang hari.
 .
.

4.  Susu Dapat Mengatasi Nafas Berbau


Jika antum meminum segelas susu, ianya dipercayai mampu mengatasi masalah nafas berbau busuk. Dalam satu ujian menggunakan bawang putih yang dimasak dengan susu, didapati tahap sulfur dalam bawang putih tersebut menurun sekaligus mengurangkan bau busuk.

Penemuan oleh Sheryl Barringer dan Aeerat Hansanugaran dari Universiti Ohio itu di muatkan dalam Journal of Food Science. Jelas mereka, meminum susu bersama bawang putih akan memberi kesan yang optimum. Campuran kedua-dua bahan tersebut di dalam mulut sebelum ditelan mampu meneutralkan bau busuk nafas berbanding minum susu selepas memakan bawang putih.
 .
.

5. Pemakanan

 

Masalah nafas berbau adalah kesan sampingan jika antum mengurangkan pengambilan karbohidrat dalam pemakanan. Selain daripada itu, makanan yang dimakan juga mungkin punca masalah nafas berbau seperti bawang putih, kopi dan sebagainya.

Hidup yang sihat juga adalah dengan mengambil makanan yang banyak mengandung vitamin E dan C, misalnya buah-buahan, sayur-sayuran. Misalnya: mangga, bayam, aprikot, bijirin gandum, susu soya dan oren.

Makanlah makanan yang sihat dan sedikit keras ketika sarapan kerana makanan yang agak keras seperti cornflakes, kekacang dan buah epal dapat membantu membersihkan bahagian lidah paling belakang.
 .
.

6. Elak Menggunakan Pencuci Mulut Beralkohol


Ramai yang menyangka bahawa dengan menggunakan pencuci mulut, bau nafas akan menjadi segar dan tidak berbau tetapi mereka tidak merawat punca sebenar mulut mereka berbau jadi cara ini hanya bersifat sementara. Dan jika menggunakan ubat kumur yang mempunyai alkohol, ia boleh menyebabkan kekeringan di dalam mulut yang menggalakkan pembiakan bakteria yang menyebabkan bau mulut.

Ubat kumur berfungsi untuk menghilangkan bakteria di dalam mulut yang menyebabkan masalah nafas berbau. Antum dinasihatkan untuk mengamalkan ubat kumur yang tidak mengandungi alkohol ini sekurang-kurangnya sekali sehari.
 .
.

7. Mengunyah Gula-Gula Getah


Jika antum tidak dapat memberus gigi selepas makan (terutamanya makan tengah hari ataupun snek), antum boleh mengunyah gula getah tanpa gula yang halal. Dengan mengunyah gula getah, sisa-sisa makanan boleh dibersihkan dan pengeluaran air liur akan di rangsang.

Air liur merupakan pertahanan terbaik untuk menghilangkan masalah nafas berbau. Gula-gula getah sebenarnya dapat membantu untuk merangsang penghasilan air liur lebih banyak. Sebab itulah nafas kita berbau apabila bangun dari tidur, ini adalah kerana aliran air liur rendah ketika seseorang berbaring/ tidur.
 .
.

8. Perihatin Pada Gigi Sendiri


Memeriksa gigi antum jika terdapat tanda-tanda penyakit gusi dan tulang (gingivitis, periodontal problem)

Penyakit gusi (periodontal problem) adalah disebabkan jangkitan kuman pada gusi dan juga pada ligamen yang memegang gigi. Ini menyebabkan poket gusi menjadi dalam dan bakteria suka bersembunyi di situ. Di antara tanda-tanda penyakit gusi ialah

Ø  Gusi bengkak dan merah
Ø  Gusi mudah berdarah apabila disentuh
Ø  Radang gusi (gingivitis)
Ø  Nanah keluar dari gusi yang bengkak
Ø  Gigi berlubang dan bergoyang
Ø  Gigi sensitif
Ø  Sakit pada gigi ketika mengunyah
Ø  Terdapat karang gigi (lapisan keras yang berwarna kekuningan atau kehitaman di pangkal/leher leher gigi)

Doktor gigi boleh merawat penyakit gusi dan membersihkan gigi antum dari plak dan karang gigi dan ini seterusnya boleh menghilangkan bau pada mulut antum.
 .
.

9. Berjumpa Doktor Gigi


Berjumpalah dengan doktor gigi untuk pemeriksaan paling kurang setahun sekali. Selalunya antum tidak menyedari yang antum mempunyai masalah mulut, gigi dan gusi sekiranya tidak berjumpa doktor gigi untuk pemeriksaan. Jika antum telah berasa sakit, maka selalunya tahap kerosakan atau penyakit gusi telah serius.

Doktor gigi boleh mengesan awal sekiranya antum mempunyai masalah dan segera mengatasinya sebelum ia menjadi teruk. Jika bau mulut antum disebabkan oleh penyakit misalnya jangkitan paru-paru, maka doktor akan memberikan ubat bau mulut yang lebih tepat.

Hasil daripada kajian, 90% masalah nafas berbau adalah berpunca daripada kesan sampingan terhadap penyakit lain seperti penyakit gusi, kanser mulut, kaviti dan sebagainya. Antum dinasihatkan untuk mengelakkan pengambilan rokok dan alkohol yang merupakan punca utama terhadap penyakit mulut.

Cara menghasilkan bau mulut yang segar dan sihat memang mudah dan tidak menggunakan bahan-bahan yang sukar yang boleh memudaratkan gigi. Antum harus perihatin kerana bau mulut juga sangat berkait dengan masalah gigi yang memberi pengaruh besar dalam kehidupan antum.Dengan adanya tips-tips di atas, mudah-mudahan masalah bau mulut antum boleh berkurang. InsyaAllah…

Selamat mencuba…
.
.
Bersambung….
Artikel seterusnya ~ “Cara Tradisional Menghilangkan Nafas Berbau”
.
.
Artikel Berkaitan:

1.       Punca Masalah Mulut Atau Nafas Berbau  (Klik Di Sini)
2.      Bersugi (Bersiwak)  (Klik Di Sini)
3.      7 Alasan Mengapa Perlukan Siwak Bersih Gigi  (Klik Di Sini) 
.
.
والله أعلم بالصواب
Wallahu A’lam Bish Shawab
 (Hanya Allah Maha Mengetahui apa yang benar)

Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Mudah

Cara mengobati bau mulut yang mengganggu secara alami mudah dan cepat. Bagi sobat sekalian, bau mulut merupakan masalah serius dan amat menggangu. Terlebih ketika sedang berkumpul dengan teman-teman, pasti selalu timbul rasa was-was dan khawatir jika teman-teman tahu bau mulut kita. Apalagi di momen penting seperti bertemu guru, dosen, sanak famili bahkan mertua.
Tentu sobat-sobat sekalian tidak ingin dicap mulutnya bau. Dicap mulut bau, nafas bau dan setiap kali mengucapkan sesuatu hawa yang keluar dari mulut menusuk hidung membuat tidak pede, minder, hilang kepercayaan diri dan bukan mustahil teman-teman perlahan dan secara halus menjauh satu persatu.
Bau mulut timbul disebabkan oleh bakteri yang tumbuh subur di mulut, malas atau jarang menggosok gigi, dan bakteri yang berkembang biak di sela-sela gigi sehingga membantu produksi senyawa sulfur yang dihasilkan bakteri. Senyawa sulfur inilah yang kemudian menjadikan nafas bau, busuk, bau menusuk dan menyebabkan orang di sekitar terganggu ketika tanpa sengaja menghirup udara yang berhembus dari mulutyang menderita bau mulut.
cara mengobati bau mulut
Di samping itu bau mulut juga disebabkan oleh gusi bengkak, bernanah, gigi berlubang dan banyak etrdapat bakteri serta akibat bahan makanan tertentu seperti sehabis makan jengkol, buah durian, petai, bawang putih dan bawang merah. Bau mulut juga bisa disebabkan kurangnya karbohidrat. Sehingga di saat pasokan karbohidrat berkurang, tubuh secara otomatis memecahkan glukosa yang disimpan di dalam hati dan otot tubuuh. Setelah itu tubuh memecahkan lemak dan berkahir pada sisa metabolism yang menghasilkan keton yang menjdai penyebab utama bau mulut.

Cara Mengobati Bau Mulut Secara Alami

Cara praktis menghilangkan bau mulut adalah segera gosok gigi. Kemudian bisa juga mengkonsumsi permen karet atau permen yang memiliki aroma wangi yang mengandung mint. Ini membantu sobat sekalian mengatasi bau mulut dengan instan tanpa efek samping.

Cara Mengobati Bau Mulut Permanent

Bagaimana bila bau mulutnya sudah terlanjur permanen? Sudah bertahun-tahun? Sudah berobat ke mana-mana bau mulut akut tidak hilang juga?
Begini sobat sekalian, banyak jalan menuju Roma. Maksudnya, masih banyak solusi yang patut dilakukan, meski sudah berkali-kali gagal. Sebab, bau mulut selain menngganggu si penderita, juga merusak situasi hubungan dengan orang lain. Kan tidak enak jika adaorang terdekat kita yang diajak ngobrol tiba-tiba merasa terganggu dengan bau mulut kita.
Berikut beberapa tips cara mengobati bau mulut permanen yang ampuh secara tradisional
Berkumur dengan air garam.
Cara ini bisa menawarkan bau mulut. Karena garam yang dikumur bekerja membunuh bakteri yang di dalam mulut, sela-sela gigi dan di sisi gusi. Bisa juga ditambahkan dengan limau. Caranya, campurkan air hangat dengan satu sendok kecil garam, diaduk lalu dikumur-kumur. Lakukan beberapa hari dan diselingi dengan garam campur limau agar hasilnya lebih efektif.
Kunyah daun mint dan biji Bunga Matahri.
Kunyah sehabis makan dan minum secara teratur. Atau cukup mengunyah permen yang mengandung mint.
Daun salam dan daun kemangi
Daun salam dan daun kemangi cukup manjur menghilangkan bau mulut. Daun Kemangi bisa disantap sehabis makan atau dikunyah sebelum dan bangun tidur. Daun kemangi membantu membuat nafas segar dan wangi.
Baking Soda
Gunakan Baling Soda sehabis menggosok gigi. Atau bisa juga dengan memilih pasta gigi yang mengandung Baking Soda. Gunakan secara teratur ketika hendak tidur, bangun tidur dan sehabis makan.
Menjaga kebersihan mulut.
Bau mulut mustahil terjadi tanpa adanya sesuatu yang kotor atau bakteri menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu selektif lah dalam memilih menu makanan dan minuman, jauhi rokok, gosok gigi secara teratur dan periksakan secara berkala ke dokter gigi bila terdapat hal-hal yang menyebabkan mulut bau.
Cara Mengobati Bau Mulut Busuk
Bau mulut yang sudah kelewat parah dan seperti bau busuk secara praktis dapat di atasi dengan mengkonsumsi jeruk nipis, lemon, jambu biji, buah-buahan kaya vitamin C, daun sirih, kayu manis, kencur dan mengunyah beras. Beras juga efektif menghilangkan bau mulut dan menjadi bahan tradisional menghilangkan bau mulut sehabis makan jengkol, petai dan durian.
Jadi, sobat-sobat sekalian tidak perlu lagi panik bila mulutnya bau, cukup terapkan tips-tips cara mengobati bau mulut di atas. Insya Allah bau mulut minggat jauh-jauh.

Menghilangkan Bau Mulut Secara Permanen

cara menghilangkan bau mulut
Bagaimana cara menghilangkan bau mulut secara permanen ?. Nafas Buruk berarti memiliki bau yang tidak sedap berasal mulut. Hal ini dikenal sebagai halitosis. Bau mulut ini bisa membuat Anda merasa malu di depan orang lain.
cara menghilangkan bau mulut
Cara menghilangkan bau mulut

Orang-orang tidak ingin berbicara dengan Anda. Mereka bahkan tidak akan ingin berada terlalu dekat dengan Anda. Napas buruk dapat disembuhkan dengan produk yang tersedia di apotek. Tapi pilihan yang lebih baik adalah obat buatan rumah.

Berikut ini diberikan beberapa cara menghilangkan bau mulut :

Cara menghilangkan bau mulut dengan sikat gigi setiap hari

Kebiasaan melakukan sikat gigi setiap hari harus menjadi bagian penting dari hidup Anda. Dan cara termudah untuk menjaga kebersihan pernapasan Anda adalah penggunaan sikat terbaik yang dapat membersihkan setiap bagian dari mulut Anda. Mulut harus benar-benar bebas kuman. Jika tidak, hal itu dapat menyebabkan gangguan lain pada tubuh Anda seperti sakit perut, dll

Bersihkan Mulut teratur untuk menghilangkan bau mulut permanen

Mulut harus dibersihkan secara teratur. Sikat gigi di pagi hari dan di malam hari tidak cukup. Mulut adalah bagian tubuh yang paling terkena kuman. Kuman ini masuk ke dalam mulut dan dapat menyebabkan masalah dengan gigi Anda. Kuman ini juga dapat menyebabkan infeksi lidah.

Kumur untuk menghilangkan bau mulut permanen

Kumur dengan air adalah teknik yang baik untuk menghilangkan kuman. Hal ini juga membantu Anda untuk menjauhkan diri dari sakit tenggorokan. Cara terbaik dan paling efektif adalah dengan mencuci tenggorokan Anda dengan air hangat yang ditambahkan sedikit garam di dalamnya. Hal ini memberikan relaksasi pada otot-otot tenggorokan. Anda harus mengambil seteguk kecil air dan kemudian memindahkannya ke tenggorokan tetapi tidak menghirupnya. Kemudian kumur dengan air asin ini ke tenggorokan Anda selama hampir satu menit dan kemudian keluarkan dari mulut.

Lemon untuk menghilangkan bau mulut permanen

Lemon dapat menyegarkan udara yang baik untuk bernapas. Ini adalah produk alami yang kuat dan efektif. Dapat digunakan bersama saat sikat gigi. Berkumur juga baik untuk mulut. Ini menghilangkan semua bau dari mulut dan memberikan bau yang menyenangkan. Ini adalah cara tertua dan otentik menyembuhkan penyakit. Juga, membuat Anda merasa segar.

Cara menghilangkan bau mulut dengan permen karet

Anda harus selalu memiliki permen karet di dalam tas atau saku. Permen karet tanpa gula memungkinkan Anda untuk menjaga mulut Anda tetap segar. Ini tersedia dalam rasa yang berbeda. Rasa ini dapat digunakan sesuai dengan suasana hati dan pilihan pengguna.

Pisang untuk menghilangkan bau mulut

Makan pisang memberikan efek yang besar untuk menghilangkan napas buruk. Pisang merupakan produk alami. Ini memiliki manfaat untuk menghapus kuman dari mulut, yang dapat menyebabkan bau mulut. Pisang adalah makanan sehat. Ini harus sering digunakan.

Cara menghilangkan bau mulut dengan sering minum air putih

Anda harus minum banyak air. Air dapat menjaga mulut Anda lembab. membuat kelenjar mulut aktif. Kemudian mereka mendapatkan cukup daya untuk bersaing dengan kuman dan bakteri yang menyebabkan infeksi dengan bantuan sistem kekebalan tubuh. Sekresi kelenjar mulut ini dapat menghapus semua jenis bau busuk dari mulut.

Bersihkan Lidah untuk menghilangkan bau mulut permanen

Kebersihan adalah salah satu faktor utama dari masalah penyebaran penyakit. Lidah adalah bagian paling penting dari serangan bakteri di dalam mulut. Bakteri ini dapat menempel efektif untuk lidah. Lidah harus dicuci dengan cara yang baik untuk memiliki napas yang baik.

9 Petua Tradisional Hilangkan Bau Nafas Dan Mulut

بِسۡـــــــــمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡـمَـٰنِ ٱلرَّحِـــــــيمِ

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

 kulit kayu manis dan cengkih
.
Dalam menghilangkan bau mulut dan nafas, antum boleh amalkan cara biasa sebagaimana yang telah diterangkan dalam tajuk Cara Menghilangkan Nafas Berbau’ sebelum ini dengan mudah. Walau bagaimanapun terdapat beberapa cara tradisional bagi menghilangkan bau mulut dan nafas yang amat berkesan jika dapat dilakukan secara istiqamah. Antum harus rajin dan yakin mengamalkan cara tradisional ini bagi mengatasi bau mulut demi kesihatan dan menjaga maruah serta meningkatkan harga diri. Hasilnya antum akan lebih bersemangat dan berkeyakinan ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Banyak cara atau tips yang boleh antum lakukan untuk mengatasi bau nafas yang kurang enak dan memalukan itu, antaranya:
.
1.  Sirih
Sirih adalah antiseptic yang baik bagi mengatasi bau mulut, maka antum gunakanlahnya untuk atasi bau yang tidak enak di mulut. Caranya :~
a)      Cuci bersih daunnya kemudian di rebus menggunakan air anggaran 1.5 gelas. Setelah itu dibiarkan hingga air rebusan sirih menjadi sejuk, dan gunakan untuk berkumur selepas antum menggosok gigi.
b)      Rendam beberapa helai daun sirih dalam air suam selama 5 minit. Minum air tersebut. Antum amalkan setiap hari.
.
.
2.  Serai Wangi Dan Kulit Limau Kasturi
Ambil 3 batang serai wangi dan 3 biji kulit limau kasturi. Antum tumbuk kedua-duanya hingga lumat. Masukkan ke dalam periuk kecil dan tuang air sehingga ¾ tinggi periuk kemudian antum jerangkan sehingga mendidih. Setelah mendidih, tutup api dan biarkan sejuk. Tapis dan ambil airnya untuk dikumur sebanyak 2-3 kali sehari. Amalkan selalu.
.
.
3.  Daun Jambu Batu
Ambil anggaran 15 helai pucuk jambu batu atau daun yang muda. Antum tumbuk daun tersebut hingga lumat dan masukkan ke dalam gelas yang berisi separu air. Tambahkan sedikit garam dan kacau. Tapis dan ambil airnya untuk dikumur sebanyak 2-3 kali sehari. Amalkan selalu.
.
.
4.  Cengkih
Ambil anggaran 3 atau 5 kuntum bunga cengkih kemudian direbus dengan air secukupnya atau rendamkan ke dalam segelas air suam selama kira-kira 5 minit. Setelah itu dibiarkan hingga sejuk dan air rebusannya antum gunakan untuk berkumur. Amalkannya pada waktu pagi dan petang iaitu 2 kali sehari.
.
.

5.  Menghisap Kulit Kayu Manis

Kulit kayu manis mengandungi sebatian yang dapat membantu untuk menghilangkan masalah nafas berbau. Selain daripada itu, ia juga mampu untuk mengurangkan bakteria yang menjadi punca masalah nafas berbau.
Kunyah sebatang kulit kayu manis yang kecil setiap malam sebelum tidur. Telan airnya, hampasnya dibuang. Amalkan setiap malam. Jika antum menghisap kulit kayu manis setiap hari, ia dapat mengurangkan kehadiran bakteria punca nafas berbau sebanyak 50% berbanding orang yang tidak menghisapnya.
.
.
6.  Bunga Lawang
Bunga lawang (star anise) bersifat sebagai antibakteria dan antikulat, serta kandungan ‘linalool’ dalam bunga lawang bersifat sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk kesihatan tubuh.
Ambil sekuntum atau 3 kuntum bunga lawang kemudian direbus dengan air secukupnya atau rendamkan ke dalam segelas air panas selama kira-kira 5 minit. Setelah itu dibiarkan hingga suam dan airnya boleh antum gunakan untuk minum atau berkumur. Amalkannya pada waktu pagi dan petang iaitu 2 kali sehari.
Bunga lawang juga boleh dikunyah untuk menghilangkan nafas berbau busuk. Secara tak langsung, ia juga dapat merawat penyakit asma, bronchitis dan batuk kering, antara penyebab nafas berbau.
.
.
7.  Asam Jawa Dan Gula Merah
Satu cara lagi bagi menghilangkan nafas dan mulut berbau. Antum bancuh sedikit asam jawa, gula merah dengan air panas. Minumlah setiap malam sebelum tidur. Amalkan sekerap mungkin, InsyaAllah tiada lagi nafas berbau yang memalukan antum.
.
.
8.  Gorengan Hampas Kelapa
Ambil anggaran segenggam hampas kelapa dan gorengkan di dalam kuali tanpa minyak. Gorengkannya hingga kekuningan. Angkat dan dibiarkan sejuk. Kemudian antum ambil dan kunyah-kunyahkannya hingga hancur. Ia boleh dimakan atau diluahkan.
Di samping itu, antum amalkan meminum air suam dengan kerap. InsyaAllah kesannya akan dapat dilihat beberapa hari selepas itu.
.
.
9.  Meminum Teh Hijau Dan Daun Pudina
Cara lain yang mungkin boleh antum lakukan secara amalan tradisi, misalnya dengan minum air teh hijau atau dengan meminum air rendaman daun pudina sekurang-kurngnya 2 kali sehari.
.
.
Penutup

Menghadapi masalah mulut atau nafas berbau memang membuatkan antum berasa malu untuk bercakap dengan orang lain. Cubalah antum amalkan mana-mana petua tradisional mudah di atas, InsyaAllah dapat mengatasi masalah bau mulut dan nafas antum dengan berkesan.
Apa yang penting antum mesti yakin bahawa yang menyembuhkan antum daripada sesuatu penyakit bukan benda lain, melainkan Allah SWT sahaja. Segala sesuatu dalam dunia ini tak akan beri manfaat atau mudharat, hanya melainkan dengan izin Allah SWT sahaja. Manusia hanya mampu berihktiar, hanya Allah yang menyembuhkan segala penyakit. Mudah-mudahan usaha ini diberkati dan dirahmati Allah. Amin Ya Allah.
.
.
Artikel Berkaitan:
  1.       Punca Masalah Mulut Atau Nafas Berbau  (Klik Di Sini)
2.      Bersugi (Bersiwak)  (Klik Di Sini)
3.      7 Alasan Mengapa Perlukan Siwak Bersih Gigi  (Klik Di Sini)
4.      Cara Menghilangkan Nafas Dan Mulut Berbau  (Klik Di Sini) 
.
.
والله أعلم بالصواب
Wallahu A’lam Bish Shawab
 (Hanya Allah Maha Mengetahui apa yang benar)
.
.

وَالسَّلاَمْ

.
Posted by; shafiqolbu
sign s

1 ulasan:

Amira Zura berkata...

Terbaik infonya. Terima kasih admin share info yang bagus sekali. Salam dari blogger blogwalking ya.

Salam admin. Tumpang Iklan:-

Sayangi dan hargai suami anda. Jangan biarkan suami cari lain atau makan luar.
Ikuti blog kami untuk promosi istimewa sekarang.
Hanya untuk 10 pelanggan terawal.
Wanita cantik bermula dari diri :)

[BESARKAN BUAH DADA, BESARKAN PUNGGUNG, RAWAT KEPUTIHAN, KETATKAN FARAJ, KEMBALI DARA, PUTIHKAN KULIT, GLOWING, FLAWLESS]