10 Perkara yang Membatalkan Syahadat
July 5, 2008 at 11:37 pm (Islam dan Ibadah)
Assalamualikum Warohmatullah Wabarokatuh.Wahai saudaraku, pernahkah kita mendengar atau belajar tentang hal-hal yang membatalkan sholat, membatalkan puasa, membatalkan zakat, atau mungkin haji. Ada juga perkara-perkara yang membatalkan wudlu. Namun seringkah kita belajar tentang perkara-perkara yang membatalkan syahadat ??
Syahadat adalah pondasi dalam Islam yang juga merupakan rukun islam yang pertama. Batalnya syahadat berakibat fatal bagi batalnya keislaman seseorang. Untuk itu setiap mukmin diperintahkan untuk membaca syahadat minimal 9 kali atau dalam setiap 5 kali sholat setiap hari agar pondasi keislaman seorang muslim tetap terjaga. Batalnya syahadat berakibat fatal terhadap batalnya keislaman seseorang.
Nah, apasaja perkara-perkara yang membatalkan syahadat. Para fuqoha’ dalam kitab-kitab fikih telah menulis bab khusus yang diberi nama “Riddah” (kemurtadan). Dan yang terpenting adalah 10 hal, yaitu :
1. Syirik Kepada Allah,
Firman Allah :Termasuk didalamnya menyembelih karena selain Allah, misalnya untuk kuburanyang dikeramatkan atau untuk jin dan lain-lain.
2. Orang yang menjadikan antara dia dan Allah perantara-perantar.
Ia berdoa kepada mereka, meminta syafaat kepada merekadan bertawakkal kepada mereka. Orang seperti ini kafir secara ijma’. Kejadian ini pernah terjadi pada zaman Rosulullah SAW yaitu yang telah dilakukan oleh kaum kair Quraisy. Salah jika menganggap kaum Quraisy sepenuhnya berTuhan kepada Latta, ‘Uzza, Manat, serta Huban. Mereka hanyalah Ghoroniq buatan kaum mereka sendiri dengan dalih para ghoroniq inilah yang akan menyampaikan do’a-do’a serta permohonan mereka kepada Allah. Tuhan mereka hanyalah pemberi syafaat kepada mereka. Tampaknya hal ini juga banyak terjadi di kalangan masyarakat di negeri kita saat ini yaitu generasi-generasi jahiliyah modern.3. Orang yang tidak mau mengkafirkan orang musyrik dan orang yang masih ragu terhadap kekufuran mereka atau membenarkan madzhab mereka, dia itu kafir.
4. Orang yang meyakini bahwa selain petunjuk Nabi Muhammad SAW lebih sempurna dari petunjuk beliau.
Seperti orang-orang yang mengutamakan hokum thaghut di atas hukum Rosulullah SAW, mengutamakan hukum atau perundang-undangan manusia di atas hukum Islam, maka dia kafir.5. Siapa yang membenci sesuatu dari ajaran yang dibawa oleh Rosulullah SAW sekalipun ia juga mengamalkannya, maka ia kafir
6. Siapa yang menghina sesuatu dari agama Rosul SAW atau pahala maupun siksanya, maka ia kafir.
Hal ini ditunjukkan oleh firman Allah :7. Sihir
diantaranya sharf dan ‘athf (barangkali adalah amalan yang membuat suami benci kepada istrinya atau membuat wanita cinta kepadanya/pelet). Barangsiapa melakukan atau meridhoinya, maka ia kafir. Firman Allah :8. Mendukung kaum musyrikin dan menolong mereka dalam memusuhi umat Islam.
Firman Allah :9. Siapa yang meyakini bahwa sebagian manusia ada yang boleh keluar dari syari’at Nabi Muhammad SAW seperti halnya Nabi Khidir boleh keluar dari syariat Nabi Musa maka ia kafir. Sebagaimana diyakini oleh ghulat sufiyah (sufi yang berlebihan / melampaui batas) bahwa mereka dapat mencapai suatu derajatatau tingkatan yang tidak membutuhkan untuk mengikuti ajaran Rosulullah SAW.
10. Berpaling dari agama Allah, tidak mempelajarinya dan tidak pula mengamalkannya.
Firman Allah :Syaikh Muhammad at Tamimi berkata, “tidak ada beda dalam hal yang membatalkan syahadat ini antara orang yang bercanda, yang serius (bersungguh-sungguh) maupun yang takut, kecuali orang yang dipaksa. Dan semuanya adalah bahaya yang paling besar serta yang paling sering terjadi. Maka setiap muslim wajib berhati-hati dan mengkhawatirkan dirinya serta mohon perlindungan kepada Allah SAW dari hal yang bisa mendatangkan murka Allah dan siksaNya yang pedih.”
Jadi pertahankanlah keislaman kalian wahai saudaraku sekalipun nyawa terpisah dari jasad.
Selamat berjuang wahai saudaraku, semoga Allah SWT melindungi . . .
Referensi : Kitab Tauhid (Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah al Fauzan)
PERKARA YANG MEYEBABKAN ROSAKNYA IMAN
PERKARA-PERKARA YANG MEYEBABKAN ROSAKNYA IMAN DAN ISLAM
Petikan dari Kitab “Mestika Hadis Rasulullah SAW”, Jilid 1, Bab 7. Keluaran JAKIM.
Kata Alu-aluan Oleh: YAB Tun Abdul Razak Dato’ Husin, Pada 03 Sep 1973.
Pertama: I’tiqad kepercayaan yang bertentangan dengan dasar-dasar Islam, iaitu;
1) I’tiqad bahawa alam ini qadim,tidak ada penciptanya atau alam ini kekal selama-lamanya.
2) I’tiqad
bahawa pencipta alam ini baru atau menyerupai mana-mana makhluk atau
bersifat dengan sifat-sifat baharu ataupun mempunyai anak isteri atau
berbilang-bilang ataupun menerima mati.
3) I’tiqad
menafikan kebenaran apa yang disampaikan oleh Rasulullah S.A.W atau
I’tiqad bahawa Nabi Muhammad yang sebenar ialah yang disebutkan Muhammad
yang batin bukan Muhammad yang zahir atau I’tiqad bahawa kerasulan Nabi
Muhammad S.A.W untuk orang-orang Arab sahaja atau I’tiqad bahawa
hukum-hukum Islam yang dibawa Nabi Muhammad S.A.W adalah hukum yang
lapuk yang tidak sesuai dengan keadaan zaman atau I’tiqad mengingkari
mana-mana rasul Tuhan atau I’tiqad bahawa ada lagi nabi dan rasul
selepas Nabi Muhammad S.A.W yang diutuskan Allah swt membawa Syariat.
4) I’tiqad
bahawa tidak ada dosa dan pahala,tidak ada Syurga dan Neraka,tidak ada
bangkit hidup semula sesudah mati,tidak ada Hari Kiamat dan segala
perkara yang berlaku padanya.
5) I’tiqad bahawa roh orang mati berpindah dari satu tubuh ke tubuh yang lain.
6) I’tiqad agama kafir lebih baik dari agama Islam.
7) Perasaan ragu-ragu terhadap mana-mana satu daripada perkara di atas.
8) Berbalik-balik
hati di antara hendak menjadi kafir atau tidak. Atau bercita-cita
hendak menjadi kafir pada masa yang akan datang.
Kedua: Perkataan.
Iaitu tiap-tiap
perkataan yang mencaci atau menghina,merendahkan,mengejek-ngejek dan
mempermainkan nama Allah swt, sifat-sifat-Nya,malaikat-malaikat-Nya,
hukum-hukum-Nya,ayat-ayat-Nya serta hukum-hukum yang diterangkan oleh
rasul-Nya.
Juga perkataan yang
menolak, menafi dan mengingkari segala perkara yang sekata alim ulama’
mensabitkannya atau menafikannya, serta diketahui oleh orang ramai
bahawa perkataan itu dari agama.
Misalnya seperti katanya mengenai mana-mana hukum Islam:
1) “Hukum apa ini?”
2) “Hukum ini sudah lapuk.”
3) “Zaman sekarang tak patut mengharamkan riba kerana menghalang kemajuan.”
4) “Dalam zaman yang serba maju ini kaum wanita tak perlu berbungkus-bungkus.”
5) “Berzina kalau suka sama suka apalah haramnya.”
6) “Minum arak kalau dengan tujuan hendak menyihatkan badan untuk beribadah apa salahnya?”
7) “Berjudi kalau masing-masing sudah rela menerima untung rugi apa salahnya?”
8) “Kalau hendak sangat menurut hukum-hukum Islam sampai kiamat kita tidak akan maju.”
9) Berkata:
“Perbuatan demikian tidak beradab” - apabila diceritakan bahawa Nabi
Muhammad S.A.W menjilat sisa makanan di jarinya selepas makan.
10) Berkata “Aku tidak mahu memotong kuku walaupun sunat” - apabila diberitahu bahawa memotong kuku adalah sunat.
11) Berkata: “Si anu sudah menyalak” - semasa ia mendengar azan.
12) Membaca
ayat-ayat suci al-Quran, hadis-hadis Nabi Muhammad dan nama-nama Allah
swt dengan cara mempersendakan dan mempermain-mainkannya.
13) Kata-kata
mengkafirkan orang Islam, padahal orang itu tidak diyakini ada padanya
sebab untuk menjadikannya kafir, sebagaimana yang diterangkan oleh hadis
Ibnu Umar yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.
14) Kata-kata yang menggantungkan jadi kafir dengan sesuatu keadaan, misalnya:
i. Seseorang
dituduh melakukan sesuatu perkara, lalu ia berkata: “Kalau aku lakukan
perkara itu maka jadilah aku kafir.” Sekiranya ia berdusta, yakni ia
sebenarnya telah melakukan perkara tersebut,maka jadilah ia kafir,
kecuali kata-katanya itu dituturkan dengan tujuan hendak melepaskan diri
daripada tuduhan itu sahaja, bukan redha menjadi lafir.
Sungguhpun
demikian, ia telah menjadi dosa besar dengan kata-kata tersebut. Dan
sekiranya ia benar, yakni tidak melakukan perkara tersebut, tidaklah ia
menjadi kafir,tetapi ia berdosa kerana perkataannya itu memberi erti
ketiadaan tetap keazamannya berpegang teguh kepada agama Islam.
ii. Seseorang
diingatkan supaya jangan berzina umpamanya lalu ia berkata “Kalau aku
berzina maka kafirlah aku”. Sekiranya kata-kata itu dilemparkan dengan
tujuan tidak redha mencemarkan dirinya dengan perbuatan berzina seperti
tidak redha menjerumuskan dirinya menjadi kafir maka tidaklah ia menjadi
kafir. Tetapi ia berdosa dengan menggunakan perkataan tersebut dengan
alasan tersebut, dan sekiranya kata-katanya itu dituturkan dengan tujuan
redha menjadi kafir kalau ia melakukan zina,maka ia menjadi kafir.
Kerana apabila seseorang Islam redhakan kufur, ia kafir [murtad].
Wal‘iyaazu billah.
Ketiga: Perbuatan
1) Tiap-tiap
perbuatan yang dilakukan untuk menghormati dan mengagungkan mana-mana
makhluk dengan cara yang ditentukan hanya untuk membesar dan
mengagungkan Allah swt, seperi sujud kepada makhluk walaupun dengan niat
tidak menghormatinya sama seperti Tuhan, atau tunduknya kepada
mana-mana makhluk sehingga sampai kepada had sekurang-kurangnya ruku’
sembahyang dengan tujuan menghormatinya sama seperti Allah swt. Kalau
bukan dengan tujuan tersebut ia tidak menjadi murtad tetapi hukumnya
tetap haram.
2) Melakukan upacara ibadat terhadap sesuatu makhluk yang disembah oleh orang-orang kafir menurut upacara yang mereka lakukan.
3) Melakukan mana-mana cara ibadat terhadap yang lain dari Allah Azza Wajalla.
4) Meletakkan
ayat-ayat suci, hadis-hadis, nama-nama Tuhan ,
Rasul-rasul,Malaikat-malaikat, ilmu agama di tempat yang kotor dengan
tujuan menghina, kalau tidak dengan tujuan tersebut ia tetap HARAM.
Demikian juga haramnya menggunakan kertas-kertas yang megandungi
ayat-ayat suci, hadis-hadis, nama-nama Tuhan, rasul-rasul,
malaikat-malaikat dan ilmu agama untuk membungkus dan mengesat serta
menyapu sesuatu. Kalau dengan tujuan mempersenda maka orang tersebut
menjadi murtad.
5) Meninggalkan sembahyang
Orang yang
meninggalkan sembahyang fardhu jika ia ingkar wajibnya, jadilah ia kafir
keluar dari agama Islam, kerana ia mengingkari satu daripada perkara
yang memang diketahui oleh orang ramai bahawa perkara tersebut adalah
wajib atas setiap orang-orang Islam yang sihat akalnya dan cukup
syaratnya.
Kalau ditinggalkan
dengan sebab malas sahaja, padahal ia I’tiqadkan wajibnya, maka mengenai
orang ini, alim ulama berselisih kepada tiga pendapat:
I. Orang
itu tidak menjadi kafir tetapi ia menjadi fasik yang wajib atas pihak
berkuasa bertindak menyuruhnya bertaubat kembali mengerjakan sembahyang,
dan sekiranya ia tidak mahu melakukan taubat, maka kenalah dilakukan ke
atasnya ‘hukuman had’ iaitu dibunuh dengan pedang.
II. Orang itu menjadi kafir juga, sama seperti dengan keadaan yang mengingkari wajibnya.
III. Orang itu tidak menjadi kafir dan tidak pula dibunuh, tetapi dita’zirkan dengan dipenjarakan sehingga ia megerjakan sembahyang.
Dengan
keterangan yang tersebut hendaklah diingatkan bahawa seseorang yang
cintakan keselamatan dan kebahagiaan dirinya dan agamanya, jangan
sesekali mendekati, apalagi melakukan perkara yang hukumnya berkisar di
antara murtad dan dosa besar. Semoga Allah swt selamatkan kita dengan
Taufiq dan Hidayah-nya.
[Ditaip semula oleh ‘Amir Abdul Basit, waffaqahullah. Pada 22 Okt 2011]
Tajuk Yang Berkaitan:
10 PERKARA YANG MEMBATALKAN ISLAM.
http://abuanasmadani.blogspot.com/2011/10/10-perkara-yang-membatalkan-islam.htmlJangan Mudah Melemparkan Tuduhan Jahat dan Melabel Para Pendakwah.
Syarah Kitab Tauhid & Syirik.
Sebab Berlakunya Syirik Atas Muka Bumi:
Orang-orang Yang Tidak Akan Diajak Bicara Oleh Allah di Akhirat
18Mar2013
9 Orang Yang Tidak akan Diajak Bicara Oleh Allah
Allah akan mengajak bicara hamba-hambaNya kelak pada hari kiamat sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:
مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلَّا سَيُكَلِّمُهُ رَبُّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَيْسَ بَيْنَهُ وَبَيْنَهُ تُرْجُمَانٌ
Namun diantara hambaNya ada yang diajak bicara oleh Allah dengan keras dan penghinaan, akibat perbuatan dosa yang mereka lakukan. Allah tidak melihat mereka dengan penglihatan kasih sayang, namun dengan kemurkaan. Tentu orang seperti ini akan mendapat adzab yang pedih. Na’udzu billah min dzalik.
Lalu siapakah mereka yang tidak diajak bicara oleh Allah? Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah mengabarkan dalam empat hadits tentang mereka. Yaitu:
Hadits pertama:
ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلاَ يُزَكِّيهِمْ
وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ » قَالَ فَقَرَأَهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله
عليه وسلم- ثَلاَثَ مِرَارٍ. قَالَ أَبُو ذَرٍّ خَابُوا وَخَسِرُوا مَنْ
هُمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « الْمُسْبِلُ وَالْمَنَّانُ
وَالْمُنَفِّقُ سِلْعَتَهُ بِالْحَلِفِ الْكَاذِبِ
Hadits kedua:
ثَلاَثَةٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يُزَكِّيهِمْ – قَالَ أَبُو مُعَاوِيَةَ وَلاَ
يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ – وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ شَيْخٌ زَانٍ وَمَلِكٌ
كَذَّابٌ وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِر
Hadits ketiga:
ثَلاَثٌ لاَ يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلاَ يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ وَلاَ يُزَكِّيهِمْ
وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ رَجُلٌ عَلَى فَضْلِ مَاءٍ بِالْفَلاَةِ
يَمْنَعُهُ مِنِ ابْنِ السَّبِيلِ وَرَجُلٌ بَايَعَ رَجُلاً بِسِلْعَةٍ
بَعْدَ الْعَصْرِ فَحَلَفَ لَهُ بِاللَّهِ لأَخَذَهَا بِكَذَا وَكَذَا
فَصَدَّقَهُ وَهُوَ عَلَى غَيْرِ ذَلِكَ وَرَجُلٌ بَايَعَ إِمَامًا لاَ
يُبَايِعُهُ إِلاَّ لِدُنْيَا فَإِنْ أَعْطَاهُ مِنْهَا وَفَى وَإِنْ لَمْ
يُعْطِهِ مِنْهَا لَمْ يَفِ
Hadits keempat:
ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمُ اللهُ
يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِمْ رَجُلٌ حَلَفَ عَلَى
سِلْعَةٍ لَقَدْ أَعْطَىَ بِهَا أَكْثَرُ مِمَّا أَعْطَى وَهُوَ كَاذِبٌ
وَرَجُلٌ حَلَفَ عَلَى يَمِيْنٍ كَاذِبَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ لِيَقْتَطِعَ
بِهَا مَالَ رَجُلٍ مُسْلِمٍ وَرَجُلٌ مَنَعَ فَضْلَ مَاءٍ فَيَقُوْلُ
اللهُ الْيَوْمَ أَمْنَعُكَ فَضْلِيْ كَمَا مَنَعْتَ فَضْلَ مَا لَمْ
تَعْمَلْ يَدَاكَ (رواه البخاري)
Dari empat hadits di atas, kita dapati ada sembilan orang yang tidak akan diajak bicara oleh Allah, tidak akan dilihat dan disucikan, dan baginya adzab yang pedih, yaitu:
1. Orang yang memakai kain melebihi mata kaki (musbil).
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah melarang isbal dalam hadits yang banyak, namun sebagian orang ada yang mempunyai pendapat yang tidak tepat, yaitu bahwa larangan berbuat isbal itu bila disertai dengan kesombongan, berdasarkan hadits:
مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ مِنَ الْخُيَلاَءِ لَمْ يَنْظُرِ اللَّهُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ
Dan hadits Abu Bakar Ash Shiddiq:
عن النبي صلى الله عليه و سلم قال ( من
جر ثوبه خيلاء لم ينظر الله إليه يوم القيامة ) . قال أبو بكر يا رسول
الله إن أحد شقي إزاري يسترخي إلا أن أتعاهد ذلك منه ؟ فقال النبي صلى الله
عليه و سلم ( لست ممن يصنعه خيلاء )
“Dari Abdullah bin Umar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa yang menyeret kainnya karena sombong maka Allah tidak akan melihat kepadanya pada hari kiamat.” Abu Bakar berkata, “Wahai Rasulullah, sesuangguhnya salah satu bagian kainnya melorot tetapi aku berusaha untuk menjaganya (agar tidak melebihi mata kaki).” Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Engkau tidak melakukannya karena sombong.” (HR Al Bukhari).
Mereka mengatakan bahwa hadits-hadits ini mengikat kemutlakan larangan isbal, artinya bahwa isbal itu dilarang bila disertai kesombongan, namun bila tidak disertai kesombongan maka hukumnya boleh.
Inilah fenomena kedangkalan dalam pemahaman. Karena bila kita perhatikan hadits Abu bakar di atas, tampak kepada kita bahwa Abu bakar tidak melakukan itu dengan sengaja, oleh karena itu Nabi menyatakan bahwa Abu bakar tidak melakukannya karena sombong. Ini menunjukkan bahwa orang yang melorotkannya dengan sengaja melebihi mata kakinya adalah orang yang sombong walaupun pelakunya mengklaim dirinya tidak sombong. Karena isbal itu sendiri adalah kesombongan sebagaimana dalam hadits:
وَإِيَّاكَ وَإِسْبَالَ الْإِزَارِ فَإِنَّ إِسْبَالَ الْإِزَارِ مِنْ الْمَخِيلَةِ
Al Hafidz ibnu Hajar Al ‘Asqolani rahimahullah berkata, “Isbal itu berkonsekwensi kepada menyeret kain, dan menyeret kain itu berkonsekwensi kepada kesombongan walaupun orang yang melakukannya tidak bermaksud sombong.” (Fathul Baari 10/275).
Imam Ibnul ‘Arobi Al maliki rahimahullah berkata, “Tidak boleh bagi seorangpun untuk memakai kain melebihi mata kakinya dan berkata, “Aku tidak sombong.” Karena larangan isbal telah mencakupnya secara lafadz dan illatnya.” (‘Aridlotul Ahwadzi 7/238).
Jadi klaim bahwa larangan isbal itu diikat dengan kesombongan adalah pendapat yang ganjil dan aneh, karena isbal itu sendiri sudah termasuk kesombongan walaupun pelakunya tidak bermaksud sombong sebagaimana yang katakan oleh Al Hafidz ibnu hajar tadi. Terlebih, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengingkari beberapa shahabat yang kainnya melebihi mata kaki tanpa bertanya, “Apakah kamu melakukannya karena sombong?” diantaranya adalah hadits ibnu Umar ia berkata:
مَرَرْتُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ -صلى
الله عليه وسلم- وَفِى إِزَارِى اسْتِرْخَاءٌ فَقَالَ « يَا عَبْدَ اللَّهِ
ارْفَعْ إِزَارَكَ ». فَرَفَعْتُهُ ثُمَّ قَالَ « زِدْ ». فَزِدْتُ فَمَا
زِلْتُ أَتَحَرَّاهَا بَعْدُ.
“Aku melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sementara kainku melorot. Beliau bersabda, “Wahai Abdullah, angkat kainmu.” Akupun mengangkatnya. Beliau bersabda, “Tambah!” Akupun menambah (mengangkat)nya. Semenjak itu aku selalu menjaganya.” (HR Muslim).
Dari ‘Amru bin Syariid dari ayahnya berkata:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ تَبِعَ رَجُلًا مِنْ ثَقِيفٍ حَتَّى هَرْوَلَ فِي
أَثَرِهِ حَتَّى أَخَذَ ثَوْبَهُ فَقَالَ ارْفَعْ إِزَارَكَ وَاتَّقِ
اللَّه قَالَ فَكَشَفَ الرَّجُلُ عَنْ رُكْبَتَيْهِ فَقَالَ يَا رَسُولَ
اللَّهِ إِنِّي أَحْنَفُ وَتَصْطَكُّ رُكْبَتَايَ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ خَلْقِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ
حَسَنٌ
Lihatlah, apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya terlebih dahulu apakah kamu sombong atau tidak? Ternyata tidak. Ini menunjukkan bahwa orang yang melakukan isbal dengan sengaja adalah orang yang sombong walaupun pelakunya merasa tidak sombong.
2. Orang yang suka mengungkit pemberiannya.
Mengungkit pemberian adalah perkara yang dapat membatalkan amal, Allah Ta’ala berfirman:
ياأيها الذين ءامنوا لا تبطلوا صدقاتكم بالمن والأذى كالذي ينفق ماله رئاء الناس ولا يؤمن بالله واليوم الأخر
Hendaklah seorang muslim bertakwa kepada Allah dan tidak mengungkit kebaikan-kebaikannya kepada orang lain, baik kepada teman, anak, atau kaum fuqoro. Karena pemberiannya itu adalah untuk kebaikan dirinya sendiri dan pahala untuk persiapan menuju kematiannya.
3. Orang yang melariskan barang dagangannya dengan sumpah palsu.
Melariskan dagangan dengan sumpah dusta adalah modal orang-orang yang bangkrut dan mencabut keberkahan dagangannya. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
الْبَيِّعَانِ بِالْخِيَارِ مَا لَمْ
يَتَفَرَّقَا فَإِنْ صَدَقَا وَبَيَّنَا بُورِكَ لَهُمَا فِى بَيْعِهِمَا
وَإِنْ كَذَبَا وَكَتَمَا مُحِقَتْ بَرَكَةُ بَيْعِهِمَا
4. Orang tua yang berzina.
5. Raja yang suka berdusta.
6. Orang miskin yang sombong.
Tiga orang ini amat memalukan, karena tidak ada sesuatu yang mendorong mereka melakukan hal tersebut. Ini menunjukkan kepada tabiat yang buruk dan sengaja ingin berbuat maksiat.
Al Qadli ‘Iyadl rahimahullah berkata:
خصص المذكورون بالوعيد لان كلا منهم
التزم المعصية مع عدم ضرورته إليها وضعف داعيتها عنده فأشبه إقدامهم عليها
المعاندة والاستخفاف بحق الله وقصد معصيته لا لحاجة غيرها فإن الشيخ ضعفت
شهوته عن الوطء الحلال فكيف بالحرام وكمل عقله ومعرفته لطول ما مر عليه من
الزمان …والامام لا يخشى من أحد وإنما يحتاج إلى الكذب من يريد مصانعة من
يحذره والعائل قد عدم المال الذي هو سبب الفخر والخيلاء فلماذا يستكبر
ويحتقر غيره ؟
Orang yang telah tua renta telah lemah syahwatnya untuk menjimai yang halal terlebih yang haram, ia telah sempurna akal dan pengetahuannya karena telah banyak makan garam… Seorang raja tidak perlu takut kepada siapapun, karena dusta biasanya dilakukan agar terhindar dari keburukan orang yang ia takuti. Dan orang fakir tidak punya harta yang merupakan sebab kesombongan dan keangkuhan, lantas mengapa ia sombong dan menganggap remeh orang lain? (Ad Diibaaj syarah shahih Muslim 1/122).
7. Orang yang bersumpah palsu di waktu ashar untuk mengambil harta muslim dengan tanpa hak.
Perbuatan ini berkumpul tiga keburukan, yaitu bersumpah palsu, dilakukan di waktu yang mulia yaitu waktu ashar, dan mengambil harta muslim. Sumpah palsu sendiri adalah termasuk dosa besar, dan menjadi lebih besar lagi bila dilakukan di waktu yang mulia, dan waktu ashar adalah waktu yang mulia di sisi Allah. Berdasarkan hadits ini dan dalil lainnya.
Bagaimana jadinya bila ternyata disertai mengambil harta muslim, padahal harta seorang muslim itu haramnya sama dengan keharaman bulan haram di negeri yang haram dan di hari yang mulia (Arofah). Sebagaimana dalam hadits:
فَإِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ
وَأَعْرَاضَكُمْ عَلَيْكُمْ حَرَامٌ كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا فِي
شَهْرِكُمْ هَذَا فِي بَلَدِكُمْ هَذَا
8. Orang yang yang mempunyai kelebihan air di padang pasir, namun mencegahnya dari orang yang membutuhkannya.
Perbuatan ini akibat kekikiran yang sangat sehingga mencegah ia untuk memberikan kelebihan air kepada ibnussabil yang amat membutuhkannya. dan sifat kikir itu seringkali menimbulkan perbuatan yang dimurkai oleh Allah Azza wa jalla, dalam hadits:
إِيَّاكُمْ وَالشُّحَّ فَإِنَّمَا
هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ بِالشُّحِّ أَمَرَهُمْ بِالْبُخْلِ
فَبَخَلُوا وَأَمَرَهُمْ بِالْقَطِيعَةِ فَقَطَعُوا وَأَمَرَهُمْ
بِالْفُجُورِ فَفَجَرُوا
9. Orang yang membai’at pemimpin karena dunia.
Membai’at pemimpin yang sah adalah perkara yang diperintahkan oleh islam. Kewajiban rakyat adalah mentaati pemimpinnya dengan penuh keikhlasan karena mengharap keridlaanNya. Orang yang membai’at pemimpinnya dengan ikhlas, ia akan menjalankan hak pemimpinnya walaupun ia tidak diberi, bahkan walaupun ia dizalimi. Sebagaimana dalam hadits:
يَكُونُ بَعْدِى أَئِمَّةٌ لاَ
يَهْتَدُونَ بِهُدَاىَ وَلاَ يَسْتَنُّونَ بِسُنَّتِى وَسَيَقُومُ فِيهِمْ
رِجَالٌ قُلُوبُهُمْ قُلُوبُ الشَّيَاطِينِ فِى جُثْمَانِ إِنْسٍ ». قُلْتُ
: كَيْفَ أَصْنَعُ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنْ أَدْرَكْتُ ذَلِكَ؟ قَالَ :«
تَسْمَعُ وَتُطِيعُ لِلأَمِيرِ وَإِنْ ضُرِبَ ظَهْرُكَ وَأُخِذَ مَالُكَ
فَاسْمَعْ وَأَطِعْ ». رَوَاهُ مُسْلِمٌ
Membai’at karena dunia adalah sumber fitnah. Sebab orang yang demikian tidak akan mau mentaati pemimpin jika ia tidak diberi harta atau kedudukan. Bahkan ia akan berusaha dengan berbagai cara untuk memburukkan pemimpinnya karena ia tidak diberi. Seperti yang terjadi di zaman ini, terutama dari kalangan wartawan yang tidak beriman kepada Allah dan hari akhirat, semoga Allah memberikan hidayah kepada mereka.
Note:
[1] Lihat shahih Jami’ Ash Shaghier no 98.
[2] Dishahihkan oleh Syaikh Al AlBani dalam silsilah shahihah no 1441.
0leh:
al-Ustadz Badrusalam, Lc. -hafizhahullah-.
Sumber:
http://cintasunnah.com/
Tiada ulasan:
Catat Ulasan