Sabtu, 24 Oktober 2015

TANDA2 HAMIL

Waspadai 5 Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid!

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid, terkadang tidak disadari oleh para wanita. Sebagian dari wanita baru akan menyadari kalau dirinya berbadan dua saat dirinya tak lagi kedatangan tamu bulanan. Mungkin, tidak menjadi masalah jika wanita tersebut memiliki siklus haid yang teratur sehingga ketika hadinya tak lagi teratur, mereka pastilah sudah bisa menyangka jika dirinya tengah hamil dan mengandung anak dalam bayinya.

Namun, berbeda jika wanita tersebut memiliki siklus haid yang tidak teratur, terkadang kehamilanpun tidak diketahuinya. Untuk itu, tak ada salahnya para wanita mengetahui tanda-tanda hamil selain telat haid berikut ini :

Tanda -Tanda Awal Kehamilan

1. Mual-mual

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid, salah satunya adalah mual-mual. Kebanyakan dari para wanita pastinya menyadari dirinya tengah hamil ketika mereka sering mengalami mual-mual. Mual-mual yang menjadi gejala hamil tentunya berbeda dengan mual-mual saat anda sakit. Mual-mual pada saat hamil lebih sering terjadi dan hal tersebut terjadi pagi siang malam sehingga bisa membuat ibu hamil terasa sangat lemas karena tiap memasukkan makanan ke mulutnya, maka makanan tersebut akan kembali dimuntahkannya. Nah, jika anda mendapati diri anda mual-mual setelah berhubungan, bisa jadi mual-mual tersebut adalah morning sickness pada kehamilan anda.

2. Perubahan Buah Dada

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang kedua adalah terjadinya perubahan pada buah dada anda. Mungkin bagi anda yang memiliki buah dada ukuran besar, anda tidak begitu menyadarinya. Tetapi, jika anda adalah seorang wanita yang diberi Tuhan payudara yang kecil, maka membesarnya payudara akan membuat anda terheran-heran. Ukuran payudara yang besar dan payudara yang lebih sensitive bisa dijadikan tanda awal kehamilan karena kelenjar susu pada tubuh wanita akan segera bekerja ketika anda sudah berbadan dua. Maka dari itu, jika anda menemukan gejala tersebut, tak ada salahnya anda segera melakukan check-up ke dokter kandungan.

3. Cepat Lelah

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang ketiga adalah cepat lelah. Mungkin, kelelahan yang anda rasakan ketika anda capek bekerja dan kelelahan yang dirasakan pada awal kehamilan berbeda. Sangatlah wajar jika anda merasa sangat lelah setelah melakukan rutinitas yang seabrek. Tetapi, jika anda merasa anda melakukan aktivitas yang ringan dan wajar, tetapi anda sangat sering merasakan letih, maka kelelahan tersebut bisa dijadikan tanda-tanda awal kehamilan walaupun anda masih haid. Kelelahan yang terlalu sering tersebut diakibatkan oleh hormone progesterone yang sedang bekerja di dalam tubuh anda.

4. Pusing

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid adalah pusing. Wanita yang sering mengalami pusing setelah mereka melakukan hubungan seks dengan suaminya, ada indikasi yang menunjukkan bahwa pusing tersebut adalah tanda adanya nyawa dalam janin wanita tersebut. Wanita yang pusing karena hamil disebabkan kadar darah yang menurun padahal pembuluh darah akan membesar pada saat anda hamil. Jadi, ketika anda sering merasakan pusing-pusing, tak ada salahnya anda segera memeriksakan pusing anda. Siapa tahu ada bayi yang terkandung dalam janin anda. Bukankah itu adalah suatu anugerah yang luar biasa? Baca juga : Apa Saja Pantangan Ibu Hamil? Ini Dia!

5. Sensitif

Wanita yang mengalami awal kehamilan biasanya memiliki perasaan yang sensitive. Mereka akan mudah marah, mudah nangis, padahal hal yang menyebabkan dia menangis atau marah tersebut sebenarnya adalah hal sepele. Perubahan suasana hati tersebut dikarenakan hormone-hormon di dalam tubuhnya yang sedang bekerja dan menyesuaikan dengan kehamilannya sehingga hal tersebut berpengaruh pada perasaannya. Semoga setelah anda mengetahui informasi tentang tanda awal kehamilan sebelum telat haid di atas, anda lebih bisa memahami diri anda ketika anugerah terindah tersebut diberikan kepada anda. Semoga bermanfaat.

Tanda-Tanda Kehamilan 1 Minggu yang Harus Anda Ketahui

Tanda-Tanda Kehamilan 1 Minggu yang Harus Anda KetahuiTanda-tanda kehamilan 1 minggu secara umum mungkin sudah banyak diketahui oleh para wanita, karena pada dasarnya sebelum hamil seorang wanita juga pasti sudah mencari tahu terlebih dahulu berbagai informasi tentang hal ini. Contoh gejala kehamilan 1 minggu yang sudah umum diketahui salah satunya adalah terlambat haid dan mual-mual. Namun faktanya kedua hal tersebut bukanlah suatu kepastian, orang yang hamil pasti terlambat haid dan kemungkinan besar akan mual-mual, namun orang yang terlambat haid dan mual-mual tidak selalu berarti hamil.
Untuk mencari tanda-tanda kehamilan sebaiknya dilakukan dengan melihat banyak hal, semakin banyak tanda-tanda kehamilan yang ada, semakin besar pula kemungkinan hamilnya, meskipun beberapa tanda kehamilan memang lebih mudah dikenali dan lebih umum dibanding lainnya. Secara medis, pertanda hamil terutama pada minggu pertama harus ditentukan sejak hari terakhir Anda mengalami menstruasi dan bukanlah setelah 1 minggu setelah terjadi pembuahan. Dan untuk mengetahui tanda-tanda kehamilan 1 minggu lebih jelas lagi, penjelasan kami berikut ini mungkin bisa membuat Anda lebih paham.

Tanda Kehamilan 1 Minggu Setelah Berhubungan

Memiliki buah hati adalah salah satu idaman atau cita-cita yang selalu ingin dicapai oleh semua pasangan suami istri. Maka dari itu ketika mengetahui sang istri hamil, biasanya pasangan suami istri tersebut merasa sangat gembira. Akan tetapi Anda juga harus memastikan apakah tanda-tanda tersebut benar-benar pertanda hamil atau bukan. Tanda-tanda kehamilan 1 minggu secara non medis atau secara fisik adalah yang lebih mudah dikenali dengan langsung oleh orang awam, meskipun tidak seakurat tanda-tanda kehamilan secara medis. Berikut ini adalah pertanda kehamilan secara fisik tersebut.
  1. Perdarahan
Tanda pertama biasanya terjadi dengan adanya perdarahan atau bercak darah yang diakibatkan karena implantasi. Hal ini juga sering disebut dengan implantation bleeding. Sebuah perdarahan yang terjadi karena proses implantasi calon janin ke dinding rahim. Nah, ketika Anda mengalami implantation bleeding tersebut biasanya Anda akan mengalami perdarahan kecil berupa bercak, jauh lebih sedikit bila dibanding dengan saat haid, sehingga bisa dengan mudah dibedakan. Kejadian ini bisa menjadi satu gejala kehamilan 1 minggu.
  1. Kram Perut
Secara umum wanita yang hamil muda di minggu-minggu awal juga akan merasakan pertanda ini. Nah, jika Anda merasakan sakit perut atau kram perut ketika Anda mulai curiga bahwa Anda sedang hamil, besar kemungkinan bahwa Anda benar-benar sedang hamil. Rasa kram atau sakit tersebut juga diakibatkan karena terjadinya implantasi janin ke dinding rahim yang akan terus terasa selama proses tersebut masih berlangsung.
  1. Perubahan Payudara
Nah, perubahan yang paling mudah diketahui bagi Anda pasangan suami istri adalah perubahan yang terjadi pada bagian payudara wanita. Wanita akan lebih sensitif ketika dadanya tersentuh, bahkan hanya karena tersentuh branya sendiri, selain itu juga akan timbul rasa nyeri. Rasa tidak nyaman tersebut juga akan dibarengi dengan ukuran yang menjadi lebih membesar. Pertanda lain adalah dada akan menjadi lebih lembut dan juga empuk saat diraba. Tanda-tanda kehamilan 1 minggu yang biasanya dirasakan juga termasuk rasa gatal pada bagian tersebut.
  1. Telat Haid
Pertanda ini mungkin menjadi salah satu yang paling mudah diketahui. Saat sel telur sudah terbuahi, maka tidak akan lagi dikeluarkan oleh tubuh dan ovarium tidak akan lagi memproduksi sel telur baru selama kehamilan. Maka dari itu ketika Anda sedang hamil, Anda tidak akan mengalami datang bulan atau haid. Nah, di bidang medis pertanda ini juga bisa dijadikan salah satu pedoman untuk menentukan apakah seseorang hamil atau tidak.
Diatas telah disebutkan 4 tanda-tanda kehamilan 1 minggu, masih ada lagi 3 tanda-tanda lainnya yang dapat Anda baca di halaman selanjutnya, jangan lewatkan juga tentang cara mengenali tanda kehamilan secara medis (termasuk menggunakan tes pack) yang memiliki tingkat akurasi mencapai 99% di halaman tersebut.

20 Tanda Kehamilan Awal (Ciri-Ciri Wanita Hamil Muda)

Kehamilan adalah sebuah periode dimana seorang wanita membawa embrio di dalam rahimnya. Bagi pasangan suami-istri yang telah menikah, kehamilan ini adalah saat yang ditunggu-tunggu, meskipun ada yang menundanya. Begitu dinantikannya, sehingga tidak mau ketinggalan momen ini dan pada akhirnya mencari tahu seperti apa sih tanda awal kehamilan itu? Seperti apa sih ciri-ciri wanita hamil muda itu?

Nah, untuk menambah pengetahuan dan rasa penasaran Anda mengenai ciri wanita hamil, berikut ini kami informasikan 20 tanda awal kehamilan yang umum terjadi pada wanita hamil.

Tanda Kehamilan Awal
1. Payudara bengkak dan lembut

Nyeri atau kesemutan di payudara adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum. Di awal kehamilan, payudara akan mengisi dan berubah bentuk karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama jika mereka telah menggunakan pil KB. Selain payudara yang membengkak, salah satu tanda lainnya adalah dengan area aerola warnanya menjadi lebih gelap.

2. Perubahan Bentuk tubuh

Bukan hanya perut yang membesar ketika seorang wanita mengalami kehamilan. Namun beberapa daerah lain seperti bokong, paha dan dada serta lengan biasanya akan ikut mengalami pembengkakan. 

3. Buang Air Kecil Makin Sering & Konstipasi

Saat hamil, janin yang tumbuh di rahim akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering.

4. Mudah Lelah

Di awal kehamilan, Anda akan merasa mudah lelah. Rasanya Anda ingin bermalas-malasan saja di tempat tidur. Hal ini terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan adanya makhluk baru. Peningkatna hormon progesteron juga sering dihubungkan dengan tanda keempat ini. Selain itu Anda bisa jadi mudah lelah karena menurunnya kadar gula darah dan tekanan darah.

5. Mual (Morning Sickness)

Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Anda memasuki trimester kedua kehamilan. Selain mual, Anda juga merasa lebih sensitif pada bau tertentu. Sejumlah peneliti menduga, gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.

6. Terlambat Haid

Salah satu tanda kehamilan yang paling jelas adalah terlambat datang bulan. Namun tidak semua keterlambatan tersebut diartikan sebagai kehamilan. Anda bisa saja telat haid karena stres, diet atau gangguan hormonal. Selain itu, beberapa wanita juga bisa mengalami pendarahan atau spotting (timbul bercak darah). Segera konsultasikan ke dokter mengenai masalah tersebut.

7. Perubahan Mood

Wanita hamil memiliki mood yang mudah berubah. Bisa saja di satu waktu Anda merasa sangat bahagia, namun beberapa waktu kemudian Anda jadi marah pada suami hanya krena masalah sepele. Tidak perlu mengkhawatirkan perubahaan mood ini karena normal. Mood berubah karena terjadinya perubahan hormon secara drastis di tubuh Anda. Kalau Anda belakangan merasakan hal tersebut, itu terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan kehadiran hormon baru.

9. Munculnya bercak darah atau flek

Bercak darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang, biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi. Bercak darah ini disebabkan oleh implantasi (implantation bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim. Munculnya bercak darah pada saat kehamilan kadang disalah artikan sebagai menstruasi.

10. Kram Perut

Selain itu, keluarnya bercak darah biasanya diikuti oleh kram perut. Kram perut pada kondisi terjadinya kehamilan akan terjadi secara teratur. Dan kondisi kram perut ini, akan terus berlanjut sampai kehamilan trimester kedua, sampai letak uterus posisinya berada ditengah dan disangga oleh panggul.

11. Pusing dan sakit kepala (Headaches)

Gangguan pusing dan sakit kepala yang sering dirasakan oleh ibu hamil diakibatkan oleh faktor fisik; rasa lelah, mual, lapar dan tekanan darah, rendah. Sedangkan penyebab emosional yaitu adanya perasaan tegang dan depresi. Selain itu peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh juga bisa menyebabkan pusing saat ibu berubah posisi.

12. Sembelit

Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon ini selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar. Namun keuntungan dari keadaan ini adalah memungkinkan peyerapan nutrisi yang lebih baik saat hamil.

13. Sering meludah (hipersalivasi)

Tanda kehamilan ini terjadi akibat pengaruh perubahan hormon estrogen, biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama. Kondisi ini biasanya menghilang setelah kehamilan memasuki trimester kedua

14. Naiknya temperatur basal tubuh

Jika terjadi kehamilan atau ovulasi, maka suhu basal tubuh ibu akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan selama terjadinya kehamilan. Kondisi ini tidak akan turun ke kondisi sebelum terjadinya ovulasi.

15. Sakit punggung

Biasanya, Anda tidak punya masalah dengan sakit punggung. Namun kini, punggung bagian bawah terasa nyeri. Jika Anda benar hamil, gangguan ini akan menetap hingga melahirkan kelak.

16. Ngidam atau menolak makanan tertentu

Tanpa alasan yang jelas, mendadak Anda sangat menginginkan makanan tertentu, yang sebelumnya mungkin bukan makanan favorit Anda. Atau sebaliknya, Anda tiba-tiba tak tahan dengan makanan yang selama ini jadi kegemaran Anda.

17. Sensitif pada bau

Anda tak tahan pada segala macam bau, terutama aroma makanan tertentu. Saking tak tahannya, bau tertentu bisa membuat Anda mual dan muntah!

18. Gejala PMS

Anda merasakan gejala PMS yang sama seperti yang Anda rasakan setiap bulan. Perut kembung, sakit pinggang, nyeri pada payudara, bahkan nafsu makan yang meningkat. Tapi, kok belum haid juga, ya?

19. Positif tes kehamilan

Hasil uji test pack menunjukkan tanda positif! Apakah itu artinya Anda benar-benar hamil? Belum tentu! Anda baru akan mendapat jawaban yang akurat, setelah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

20. Ada janin yang berkembang di dalam rahim Anda

Pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung kehamilan? Selamat! Jaga perkembangan si kecil hingga tiba waktunya bersalin ya, Ma!

Ke-20 poin di atas merupakan gejala awal kehamilan yang umum dan biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Namun tentu tidak semua wanita akan mengalami ha tersebut. Utuk memastikannya, periksakan segera ke dokter kandungan atau bidan Anda.

Ciri – Ciri Orang Hamil 1 Minggu Secara Lengkap

Ciri – ciri orang hamil 1 minggu mungkin sudah beberapa yang anda ketahui, misalnya ciri – ciri orang hamil secara umum adanya mual – mual dan terlambat datang bulan. Namun ciri – ciri yang lengkap yang melibatkan hal-hal kecil mungkin anda sepelekan, padahal mual dan terlambat menstruasi bisa jadi bukan berarti anda hamil. Bisa saja karena anda mual karena masuk angin dan siklus menstrusasi ada memang sedang ada gangguan yang mana hal itu wajar terjadi pada semua wanita.
Hamil pada minggu pertama dari sisi kedokteran terhitung dari hari terakhir anda menstruasi, perhiutngan ini umum dan digunakan sebagai perhitungan semua dokter kandungan. Jadi kehamilan minggu pertama bukanlah dari 1 minggu setelah pembuahan namun dari seminggu datang bulan terakhir anda.
Ciri – ciri hamil orang 1 minggu bisa terjadi berbagai macam hal yang mungkin berbeda tiap wanita tergantung dari masing-masing kondisi medis orang yang hamil. Nah, gejala dan tanda-tanda wanita hamil 1 minggu ini kejadiannya bisa beberapa poin bersamaan dan bisa juga semua poin yang akan saya jabarkan terjadi bersamaan. Untuk mengetahui apakah anda sedang hamil seminggu atau tidak bisa dengan mengetahui ciri – cirinya dengan jalan Non Medis maupun dengan jalan Medis.

A. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara Non Medis

mual - mual ciri orang hamilMinggu pertama kehamilan mungkin akan sedikit susah diketahui dan terlalu dini jika anda ingin memeriksakan kedokter dan melakukan tes medis untuk mengetahui apakah anda sedang hamil atau tidak. Biasanya kita akan melihat kehamilan ini dengan melihat ciri – ciri yang terjadi pada diri anda. Untuk mengetahui dari sisi non medis ciri – ciri awal kehamilan minggu pertama bisa diketahui dari segi fisik maupun non fisik. Berikut ini adalah penjabarannya secara lengkap:

1. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara fisik.

Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara fisik secara umum dikarenakan adanya perubahan hormon pada tubuh yang akhirnya menimbulkan beberapa perubahan pada tubuh.
  •  Pendarahan atau Bercak Darah
Pada minggu pertama ada bebera dari wanita hamil 1 minggu akan mengalami pendarahan implantasi yang biasa disebut dengan implantation bleeding. Pendarahan ini terjadi karena proses menempelnya atau proses implantasi calon janin anda kedinding rahim, sehingga anda mungkin akan menjumpai bercak seperti halnya haid namun hanya sedikit.
  • Kram Perut / Sakit Perut
Seperti halnya pada proses terjadinya bercak darah, kram perut ini juga terjadi akibat proses implantasi calon janin. Anda akan merasa sakit perut karena proses penempelan tersebut adalah suatu yang biasanya bukan bagian dari rahim anda akan segera menjadi bagian dari rahim anda. Jadi wajar bisa selama proses ini anda akan mengalami gangguan perut.
  •  Perubahan Payudara
Pada minggu pertama kehamilan anda akan melihat adanya perubahan pada payudara anda. Payudara akan lebih sensitif jika tersentuh atau terkena bra secara mendadak anda akan merasa tidak nyaman. Dari segi ukuran juga terlihat sedikit membesar. Jika anda raba/remas, payudara juga anda terasa kebih lembut dan empuk. Pada beberapa wanita juga akan merasakan gatal pada payudara dan puting yang lebih menjulang atau membengkak. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh anda.
  •  Terlambat Datang Bulan atau Menstruasi
Sebuah ovarium yang sudah terbuahi maka tidak akan dikeluarkan dari tubuh, hal inilah yang menyebabkan anda tidak mengalami menstruasi saat adanya pembuatan sebagai tanda bahwa anda hamil muda. Siklus menstruasi ini biasanya sebagai pedoman umum bagi para wanita, jika terlambat haid maka besar kemungkinan anda sedang hamil.
  • Mual – mual dan Muntah
Sebagai ciri – ciri orang hamil pada minggu pertama, bisa dikenali juga sering mual – mual pada pagi hari atau biasa disebut sebagai morning sickness. Namun tidak menutup kemungkinan mual – mual ini tidak hanya terjadi pada pagi hari tapi sepanjang hari.
  • Sering Buang Air kecil
Saat terjadi kehamilan, maka janin dalam rahim anda akan membutuhkan ruang untuk tumbuh didalamnya. Hal ini menyebabkan tertekannya kandung kemih oleh rahim anda dan membuat anda akan sering buang air kecil. Seringnya buang air kecil ini terjadi pada awal kehamilan atau 1 minggu masa kehamilan dan akan berhenti pada minggu ke 12 lalu akan terjadi kembali saat perut mulai membesar pada kisaran minggu ke 28.
  • Mudah Lelah
Ciri – ciri orang hamil lain pada minggu pertama kahamilan anda akan merasa tingkat kelelahan yang tinggi, anda akan merasa begitu capek walaupun hanya melakukan pekerjaan sehari – hari. Pada wanita yang mempunyai tekanan darah rendah akan lebih punya kelelahan tinggi bahkan bisa sampai pingsan. Untuk itu harap berhati – hati dan waspada, pada kehamilan 1 minggu pertama anda harus banyak istirahat karena tekanan darah anda akan menurun.

2. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non fisik.

mengantuk ciri orang hamil 1 mingguPerubahan hormon pada tubuh disaat hamil 1 minggu selain berpengaruh pada perubahan fisik juga berpengaruh pada perubahan non fisik anda. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non fisik:

  • Mengidam
Ngidam sudah menjadi istilah umum untuk orang yang tiba – tida menginginkan sesuatu yang biasanya makanan secara berlebih. Para wanita hamil muda biasanya ingin mengkonsumsi makanan dengan rasa menyengat. Kebanyakan ingin yang terasa kecut/masam seperti mangga atau jambu. Namun tidak menutup kemungkinan berbagai jenis makanan juga terasa sangat ingin mencicipinya. Hal ini normal dan wajar terjadi sebagai akibat dari perubahan hormon. Ngidam bisa berlangsung tidak hanya dalam minggu pertama kehamilan namun sampai 9 bulan.
  • Sensitif pada Penciuman
Jangan kaget jika anda menjadi sangat sensitif terhadap bau-bau tertentu, sensitifitas pada indra penciuman anda ini bisa jadi adalah ciri – ciri anda sedang hamil muda. Asap rokok, minyak wangi dan bawang putih biasanya menjadi bau yang tidak disukai oleh orang hamil 1 minggu. Namun ada juga yang tiba – tiba sangat menyukai bau-bau tertentu.
  • Mengantuk dan moody
Mengantuk dan perasaan yang moody juga merupakan ciri – ciri orang hamil 1 minggu. Selain mudah lelah secara sifik anda akan merasa sangat moody dan gampang tersinggu. Dan anda jadi sering mengantuk karena pada dasarnya perubahan hormon ini akan meminta tubuh anda untuk beristirahat.
  • Gelisah dan Stres
Bagi orang yang hamil 1 minggu, ciri – ciri yang bisa anda rasakan adalah perasaan anda yang punya kekhawatiran yang tinggi. Anda akan mudah gelisah yang mengakibatkan anda mengalami stres. Bagi beberpa wanita bisa mengalami depresi, oleh karena itu peranan orang-orang terdekat sangat penting untuk menjaga kondisi non fisik anda saat hamil 1 minggu pertama ini.

B. Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara Medis

Selain hal – hal yang telah dijelaskan tentang ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara non medis, dari sisi medis anda bisa melakukan dua langkah pengetesan kehamilan.
  • Ciri – ciri orang hamil 1 minggu dengan Tes Urin / Tes Pack
Ciri ciri hamil 1 minggu Dengan Tes UrinUntuk memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak, anda bisa menggunakan test pack atau alat tes kehamilan yang banyak tersedia pada apotik – apotik setempat. Tes urin inilah yang biasanya digunakan oleh dokter ataupun bidan desa. Karena kemudahan dan keakuratannya. Pada saat anda hamil muda maka akan terjadi peningkatan plasenta yang akan terbuang dalam urin. Kadar ini akan terlihat tinggi pada saat pagi hari, karena itu tes urin sebaiknya digunakan pada pagi hari. Anda bisa membaca cara penggunaan pada petunjuknya untuk cara selengkapnya. Jika anda positif hamil maka test pack akan menunjukan 2 garis dan jika negatif hanya akan terlihat 1 garis.
  • Ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara medis dengan USG
Cara ini memang jarang dilakukan, namun jika anda ingin mengetaui secara pasti maka cara medis satu ini adalah salah satu yang akurat. Dengan cara USG anda bisa langsung melihat apakah ada janin dalam rahim anda. Bagi beberapa orang tua mungkin lebih memilih dan menyukai hal ini, selain untuk memastikan bisa sekalian mengetahui keadaan janin dalam rahim.
Semua poin diatas adalah ciri – ciri orang hamil 1 minggu secara lengkap. Semua ciri – ciri tersebut kadang terjadi secara bersamaan atau semua terjadi, namun ada juga wanita hamil yang melewatkan 1 atau 2 hal diatas. Hal penting sebagai ciri – ciri orang hamil 1 minggu adalah pada poin terlambatnya menstruasi. Karena itu adalah tanda kehamilan awal yang tidak mungkin terlewatkan atau tidak dialami oleh orang yang hamil 1 minggu. Semoga ciri – ciri orang hamil 1 minggu diatas bisa bermanfaat bagi anda.

Tanda Tanda akan Hamil secara Fisik dan Non Fisik

tanda tanda akan hamil - telat datang bulanBingung apakah sedang hamil atau bukan? Yuk simak artikel yang membahas tentang tanda tanda akan hamil ini, artikel ditulis dengan bahasa yang singkat dan mudah dipahami. Selamat membaca :)
Kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang telah berumah tangga. Setiap pasangan selalu mengidamkan mendapatkan momongan. Tanpa hadirnya si kecil, rumah tangga akan terasa kurang. Meski kedatangannya ditunggu-tunggu, namun tidak jarang wanita tidak tahu mengenai tanda tanda akan hamil. Padahal dengan mengetahui tandanya, anda memiliki berbagai persiapan untuk menyambut si kecil. Wanita hamil membutuhkan perhatian lebih khusus, agar janin di dalam kandungannya dapat tumbuh kembang dengan baik. Oleh karena itu mengenali tanda tanda seorang wanita hamil mutlak diperlukan. Lalu apa saja tanda wanita hamil? Ada beberapa tanda fisik dan non fisik. Tanda fisik kehamilan merupakan tanda yang terlihat, sedangkan tanda non fisik merupakan tanda yang anda rasakan ketika menjelang kehamilan.

Tanda tanda akan Hamil Fisik dan Non Fisik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tanda tanda akan hamil secara fisik dapat dilihat oleh orang lain. Secara umum, tanda seseorang hamil yaitu adanya perubahan pada tubuh. Perubahan yang paling mencolok terlihat pada bagian perut. Perubahan pada perut terlihat ketika usia kandungan di atas 3 bulan, namun pada minggu minggu awal, tanda tanda ini tidak terlihat sama sekali. Pada minggu awal kehamilan, tanda yang paling mencolok yaitu telatnya datang bulan. Datang bulan yang telat merupakan tanda umum kehamilan, namun anda harus memastikannya dengan alat tes kehamilan yang banyak dijual di apotek. Biasanya 8 atau 10 hari menjelang datang bulan timbul flek. Flek ini seringkali disalahartikan sebagai menstruasi. Padahal munculnya flek merupakan salah satu tanda seseorang sedang hamil. Hal ini untuk meyakinkan pada anda jika anda hamil, bukan terkena penyakit atau gangguan pada tubuh. Dalam masa kehamilan, intensitas kencing anda akan meningkat dalam sehari. Hal ini dikarenakan kerja ginjal yang lebih cepat.

Tanda Tanda Hamil 1 Minggu Sebagai Gejala Awal Kehamilan

mual sebagai tanda hamil 1 mingguMenanti kehamilan bagi sebagian besar pasangan suami istri memang sebuah hal yang sangat dinanti-nanti. Oleh karena itu, informasi mengenai tanda tanda hamil 1 minggu sangatlah penting dan berguna bagi anda terutama bagi pasangan suami istri yang sudah sangat menantikan kehadiran sang buah hati. Mereka selalu memperhatikan setiap detail dari perubahan perubahan yang dialami khususnya oleh si wanita. Sebenarnya tanda tanda awal kehamilan itu sangatlah banyak. Terlebih tanda tanda tersebut tidak hanya dapat diketahui setelah masa kehamilan beberapa bulan saja, namun juga sudah dapat diketahui sejak usia kandungan bahkan baru menginjak hitungan satu minggu. Lantas bagaimana saja tanda tanda kehamilan dalam usia kandungan 1 minggu? Berikut ini akan kami jelaskan secara lebih lanjut mengenai tanda tanda tersebut yang dapat anda amai sejak dini dalam perubahan diri anda.

Daftar Ciri Ciri Kehamilan Berusia 1 Minggu

Tanda tanda hamil 1 minggu sebenarnya sangatlah banyak yang dapat kita amati. Berikut akan kami jelaskan dalam poin-poin yang bisa anda mengerti dengan lebih mudah, antara lain:
  • Gejala awal seperti keterlambatan dalam siklus mentruasi. Menstruasi yang terlambat, bisa menjadi gejala awal bahwa anda sedang mengalami proses kehamilan. Namun bukan juga berarti setiap wanita yang terlambat menstruasi berarti hamil. Karena ada factor lain yang juga berpengaruh seperti hormone, dan kadar stress seseorang.
  • Selanjutnya adalah rasa mual. Hal ini sangat lazim dialami oleh calon ibu yang sedang mengandung jabang bayi. Hal ini terjadi karena pada saat kehamilan, hormone HCG akan tumbuh yang akan memicu anda merasa mual atau ingin muntah.
  • Selanjutnya adalah kemunculan bercak darah. Hal ini biasanya terjadi pada 8 sampai dengan 10 hari dari pasca terjadinya ovulasi. Banyak orang yang menyalah artikan bercak darah ini sebagai menstruasi. Padahal tidak. Bercak darah ini muncul akibat pertanda dari embrio yang menempel pada dinding rahim. Atau juga sering disebut dengan istilah implantasi.
  • Tanda tanda hamil 1 minggu lainnya yang bisa anda rasakan adalah rasa pusing atau headache yang anda alami. Biasanya rasa pusing ini akan muncul karena dipengaruhi oleh banyak factor. Yang pertama tentunya karena anda sebagai wanita hamil akan cepat merasa mudah lelah. Ditambah juga dengan rasa lapar, mudah mual, dan juga dipicu dari tekanan darah. Hal-hal tersebutlah yang kemudian dapat memicu timbulnya pusing pada kepala anda.
Selain tanda tanda hamil 1 minggu yang merupakan gejala fisik yang sudah disebutkan sebelumnya, ada pula gejala-gejala yang dapat dilihat dari sisi spikologis yang dialami oleh para ibu hamil dengan usia kandungan yang masih muda. Apa saja itu?
  • Anda akan mengalami perubahan mood yang drastis. Pada awal kehamilan biasanya anda akan cenderung lebih moody dari biasanya. Hal ini juga dapat dipicu karena anda merasa cepat lelah dan berbagai perubahan fisik yang anda alami.
  • Tanda tanda hamil usia 1 minggu yang selanjutnya adalah anda akan mengalami fase ngidam. Ngidam banyak dialami oleh wanita hamil bahkan hampir sebagian besar, meskipun ada juga wanita hamil yang tidak mengalami ngidam. Ketika ngidam, biasanya anda akan sangat menginginkan untuk memakan makanan tertentu, misalnya mangga muda, atau memakan yang manis-manis, ataupun memakan yang asin-asin. Tidak hanya itu saja, ada juga wanita hamil yang dengan tanpa alasan jelas menolak untuk memakan makanan tertentu. Seperti tidak mau makan nasi, atau tidak mau makan daging, dan lainnya.
Diatas sudah banyak tanda tanda yang menjadi ciri awal kehamilan yang bisa anda perhatikan. Sebenarnya ada banyak sekali. Disamping tanda-tanda secara fisik, ada pula tanda-tanda dari sisi psikologis. Dikaitkan juga dengan prediksi anak yang dikandung laki-laki atau perempuan. Disebut-sebut bahwa jika anda mengandung anak perempuan, anda akan cenderung lebih cerewet dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya. Ada lagi yang menyebutkan bahwa jika anda mengandung bayi laki-laki, wajah anda akan cenderung terlihat lebih cantik. Sedangkan jika anda mengandung anak perempuan, akan terlihat sebaliknya. Namun kebenaran Tanda tanda hamil 1 minggu tersebut juga kembali kepada diri kita masing-masing.

TANDA-TANDA KEHAMILAN MINGGU PERTAMA YANG PASTI Ads Tanda-tanda hamil - Semua wanita pasti ingin tau bagaimana terjadinya tanda kehamilan. Karena biasanya tanda-tanda munculnya kehamilan memang sangat di nantikan untuk seorang wanita yang sudah menikah, dengan adanya kehamilan rumah tangga bagaikan diberi sebuah anugerah yang besar oleh Tuhan Yang Maha Esa, selain itu hal ini juga menandakan bahwa pasangan suami istri memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik, jika tanda-tanda atau ciri-ciri hamil telah datang, maka buah hati yang didambakan selama ini hanya tinggal menunggu waktu saja, dan rasanya sebuah keluarga akan terasa begitu lengkap dengan kehadiran si buah hati tanda-tanda hamil di usia muda Tetapi ada banyak juga dari pasangan suami istri yang belum mengetahui dengan pasti tanda-tanda kehamilan akan datang. Bahkan ada yang belum bisa membedakan mana yang benar-benar tanda kehamilan dengan tanda-tanda datangnya menstruasi, dikarenakan banyak kasus yang telah terjadi ketika ciri-ciri kehamilan agak mirip dengan ciri-ciri menstruasi. Yang mengerikan jika Bunda tidak tahu tanda-tanda kehamilan adalah dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Penyebab keguguran tersebut dapat disebabkan karena Bunda masih saja melakukan aktivitas dan konsumsi makanan yang dilarang pada saat hamil, sedangkan yang terjadi Anda sedang hamil. Selain itu jika Bunda tidak tahu akan datangnya tanda-tanda kehamilan maka persiapan yang matang untuk menyambut kehamilan akan terlupakan. Namun ada sebaliknya dari beberapa pasangan suami istri ada yang kebingungan dan stres disebabkan tanda-tanda hamil yang mereka duga ternyata hasilnya negatif, sehingga hilang dan buyar lah semua bayangan mengenai sang buah hati. Biasanya seorang wanita hanya menilai tanda kehamilan dengan melihat beberapa sebab saja, yaitu menstruasi yang datang terlambat. Hal ini memang dibenarkan, kalau ciri-ciri hamil adalah terlambatnya seorang wanita menstruasi. Namun perlu juga Anda ketahui, menstruasi yang datang terlambat bukan hanya disebabkan oleh kehamilan saja, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi telatnya menstruasi contohnya seperti, kelelahan, gangguan hormonal, stres, dan lainnya. Untuk itu agar Anda bisa memastikan tanda-tanda wanita hamil, baiknya Anda simak dibawah ini. 1. Ukuran Dada Membesar Salah satu tanda-tanda seorang wanita hamil adalah membesarnya ukuran dada, dikarenakan hormon progesteron dan esterogen semakin meningkat. Dan setelah itu tekstur dada juga akan semakin lembut, dan menyebabkan rasa sensitif yang tinggi pada bagian dada, bahkan saat disentuh akan terasa sakit. Puting susu juga akan membesar dan warna puting akan semakin gelap, ditambah rasa gatal. Lalu akan ada peningkatan aktivitas hormon HPL, hormon HPL sendiri di produksi oleh tubuh saat Bunda sedang hamil untuk mempersiapkan ASI untuk buah hati Bunda saat lahir nanti 2. Munculnya bercak darah dan di ikuti kram perut Pada 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi biasanya akan muncul bercak darah sebelum menstruasi. Hal ini disebabkan oleh implantasi, bisa disebut juga menempelnya dinding rahim dengan embrio. Nah ini yang sering di salah artikan oleh banyak wanita, karena biasanya bercak darah ini dianggap sebagai menstruasi oleh banyak wanita Biasanya bercak darah ini juga akan mengakibatkan kram pada perut, namun kram pada saat hamil ini bisa terjadi secara teratur, dan bunda akan mengalami kram perut ini sampai masa kehailan trimester kedua. kram ini akan berhenti sampai letak uterus sudah berada ditengah. 3. Mual dan Muntah Hampir semua wanita akan mengalami mual dan muntah saat kehamilan datang. Ini disebabkan peningkatan hormon di dalam aliran darah yang muncul tiba-tiba. hormon ini disebut hormon HCG, bahkan hormon ini juga akan meningkat pada saluran air seni. sebab itulah kehamilan dapat di tes menggunakan test pack. Rasa mual akan terus terjadi sampai masa hamil trimester kedua, ada baiknya segera konsultasikan hal ini pada dokter, karena rasa muntah dan mual ini akan mengganggu proses kehamilan Bunda. 4. Pusing Dan Sakit kepala Faktor fisik dapat menyebabkan gangguan sakit kepala dan pusing pada saat kehamilan, hal ini disebabkan karena rasa mual, lapar, tekanan darah rendah, dan lelah. Selain itu akan terjadi rasa tegang dan depresi. rasa pusing juga bisa disebabkan karena adanya peningkatan pasokan darah ke seluruh tubuh. bahkan hal ini dapat menyebabkan rasa ngantuk yang berlebihan 5. Telat Haid Biasanya jika Bunda sudah telat haid, maka rasa keinginan untuk buang air kecil akan terlalu sering dari sebelumnya, penyebab hal ini karena adanya peningkatan sirkulasi darah yang disebabkan tekanan kandung kemih yang terus menekan rahim. karena kandung kemih telah penuh oleh urine sehingga menyebabkan buang air kecil yang terlalu sering, namun jangan pernah Bunda untuk menahan rasa keinginan buang air kecil ini, selain itu jangan lupa untuk terus minum air 8 gelas perhari untuk menghindari dehidrasi 6. Sering mengantuk Pada masa kehamilan dapat juga menyebabkan rasa kantuk dan lelah, hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormonal, tapi bisa juga disebabkan oleh kinerja dari beberapa organ vital salah satunya adalah jantung, paru-paru, dan ginjal semakin meningkat. perut yang kian membesar juga akan sedikit membebani tubuh bunda pada masa kehamilan 7. Sering meludah Sering meludah akan terjadi pada masa kehamilan Anda, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon esterogen, hal ini bisa terjadi pada kehamilan trimester pertama, dan biasanya akan menghilang pada masa hamil trimester kedua. 8. Sembelit Hormon progesteron yang semakin meningkat akan menyebabkan rasa sembelit, hormon ini juga akan mengendurkan otot-otot dinding usus dan otot rahim yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa sembelit. Tetap hal ini juga dapat menguntungkan Bunda saat masa kehamilan, karena dapat memungkinkan penyerapan nutrisi yang baik untuk tubuh 9. Naiknya temperatur basal tubuh Bila Anda memang benar-benar hamil, biasanya Bunda kan mengalami peningkatan suhu basal tubuh, kondisi ini akan terus terjadi pada masa kehamilan Bunda, bahkan hal ini tidak akan menurun ke kondisi sebelum ovulasi terjadi. Baca juga Bunda : Ciri - ciri hamil muda yang sering tidak disadari Tips cepat hamil secara alami dan aman Cara membuat anak perempuan yang cantik Ciri-ciri hamil diatas bersifat personal, dan tanda-tanda diatas belum tentu dialami oleh semua wanita, namun jika bunda ingin lebih memastikan datangnya tanda-tanda kehamilan baiknya dilakukan test kehamilan slah satunya menggunakan test pack. Cukup sekian Bunda, artikel mengenai Tanda-tanda awal kehamilan di minggu pertama, semoga bermanfaat.

Sumber : http://bunda-lita.blogspot.my/2014/05/tanda-tanda-kehamilan-minggu-pertama.html
Mohon untuk sobat yang copy paste artikel ini untuk mencantumkan link sumber ,thanks!!..

Tiada ulasan: