Ahad, 4 Oktober 2015

BAHAYA MAKAN MAKANAN YANG TERLALU PEDAS


KesihatanPilihanTips

[ Kesihatan ] Bahaya Makan Pedas Yang Berlebihan



chilis
Makanan pedas atau berempah sememangnya menjadi kegemaran masyarakat di Malaysia. Tidak sah jika sesuatu jenis makanan tidak dihidangkan dengan cili ataupun bahan yang membuatkan makanan tersebut menjadi pedas. Pakar gastroenterologist daripada India, Dr. SK Thakur berkata memakan makanan pedas boleh mengakibatkan seseorang itu mendapat beberapa penyakit yang serius.
Antara penyakit yang mungkin boleh dihidapi oleh mereka yang gemar memakan pedas berlebihan adalah seperti berikut :
Meningkatkan Asid Perut
Rasa pedas cili itu sebenarnya dari kombinasi asam.Bila masuk dalam sistem pencernaan kadar asam akan meningkat.Bila anda makan makanan pedas sebenarnya menambah lagi jumlah asid di dalam perut.
Menyebabkan Gangguan Perut (akut)
Peningkatan jumlah asid dalam perut yang ketara jika berterusan ini akan mengakibatkan individu itu akan mengalami gangguan lambung akut di lambung. Ini akan menyebabkan mual,muntah-muntah,cirit-birit,demam dan sakit kepala.
Peradangan
Radang akan terjadi apabila terlalu kerap mengambil makanan pedas,berlanjutan hingga menyebabkan gangguan lambung akut,dan menyebabkan perut terluka.Luka parah pada perut akan mengeluarkan nanah dan sakit yang luar biasa.Gejala ini akan mengakibatkan mual,muntah dan penurunan berat badan yang ketara.
Sukar Tidur Atau Insomnia
Makanan pedas meningkatkan suhu tubuh dan badan akan berpeluh. Ini menyebabkan anda sukar tidur. Oleh itu, pengambilan makanan pedas ini disarankan adalah 3 atau 4 kali seminggu dengan kadar yang tidak terlalu tinggi.
Kesimpulannya, ia bergantung kepada anda jangan terlampau mengambil makanan pedas yang berlebihan, pada masakan pula jangan terlalu ketara pengambilan seperti cili dan rempah.
Untuk mengelakkan sistem pencernaan kita terganggu akibat asam lambung atau meningkatnya asid dalam perut, boleh menurunkan dengan pengambilan susu dan air kelapa.

12 Bahaya Makanan Pedas Untuk Ibu Hamil dan Kesehatan

Advertisement
Suka makanan pedas? Kita memang patut bersyukur tinggal di Indonesia, negeri yang kaya akan khasanah termasuk ragam masakannya. Di Indonesia, banyak sekali masakan yang mengusung rasa pedas. Rasanya menggugah selera dan bumbu rempah memberi rasa lezat di lidah yang mungkin tidak akan bisa kita dapatkan dari makanan – makanan khas Negara orang. Apalagi akhir – akhir ini, makanan pedas menjadi sangat booming sekali di masyarakat. Mulai dari keripik bumbu pedas, mie dengan bumbu pedas hingga hidangan berat dengan bumbu pedas.
makanan pedasApalagi makanan di Indonesia sangat mudah untuk ditemui. Baik yang tempat makan yang memang mengusung rasa pedas atau yang secara tidak langsung memang menyajikan makanan dengan cita rasa pedas.
Jumlah pengemar makanan pedas juga cukup banyak, dari mulai remaja, ibu – ibu, om – om, hingga oma opa. Namun tidak sedikit yang khawatir dengan bahaya makanan pedas yang akan mengintai para pengemar tersebut.
Yang menjadi masalah adalah jika anda seorang ibu hamil, yang tentunya kondisi tubuh tidak sama dengan ketika anda sedang tidak hamil, apakah tetap aman untuk mengkonsumsi makanan pedas dan apa dampaknya terhadap kesehatan?

Bahaya Makanan Pedas Untuk Ibu Hamil

Bahaya makanan pedas untuk ibu hamil setidaknya ada 3 yang harus diperhatikan yaitu, timbulnya rasa mulas, diare, dan kontraksi.
  1. Rasa mulas
Pengaruh makanan pedas pada ibu yang sedang hamil akan berbeda satu dengan ibu hamil lainnya. Beberapa orang ibu hamil bisa jadi tidak mengalami apa – apa saat ia mengkonsumsi makanan pedas, namun kejadiannya bisa lain pada beberapa ibu hamil yang lainnya. Rasa mulas bisa timbul saat ia sedang maupun setelah mengkonsumsi makanan pedas tersebut.
  1. Diare
Pada ibu hamil, jika ia mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan mungkin akan menyebabkan diare. Jika diare ini terus menerus terjadi dan si ibu mengalami dehidrasi, disinal bahaya pada ibu dan janin akan mengintai. Usahakan jika ibu hamil mengalami diare, selalu diberi minum untuk menghindari terjadinya dehidrasi.
  1. Meningkatkan Jumlah Pelepasan Prostaglandin (Kontraksi)
Pada ibu hamil, konsumsi makanan yang pedas dengan jumlah banyak bisa memicu terlepasnya hormone prostaglandin. Pelepasan prostaglandin dalam jumlah yang tinggi akan mendorong otot – otot halus sehingga terjadilah kontraksi. Sehingga hal ini mungkin akan sangat mengganggu dan anda pun akan mengira jika anda mungkin hendak melahirkan.
Secara umum, ibu hamil yang mengkonsumsi makanan pedas sebenarnya tidak masalah. Berbeda dengan mitos – mitos yang berkembang di masyarakat, dokter sendiri mengungkapkan jika tidak ada masalah seorang ibu hamil yang memakan makanan pedas. Makanan pedas juga tidak memiliki pengaruh buruk pada janin yang sedang dikandung oleh si ibu. Janin yang dikandung di dalam Rahim hanya akan mendapatkan makanan dari nutrisi yang terserap. Jadi untuk rasa pedasnya tidak akan terserap oleh si janin.
Beberapa penelitian membuktikan, makanan pedas dapat meningkatkan selera makan seseorang. Seorang ibu yang sedang hamil biasa sulit makan karena adanya rasa mual dan yang lainnya. Di sini makanan dengan rasa yang pedas bisa membantu meningkatkan selera makan si ibu.

Bahaya Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Makanan pedas memang jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar bisa membuat baik ibu hamil atau orang tidak hamil sekalipun dapat mengalami masalah kesehatan. Bahaya makanan pedas inilah yang harus kita perhatikan agar tidak salah konsumsi. Berikut efek kesehatan yang dapat diakibatkan konsumsi makanan pedas yang berlebihan:
  1. Menjadi penyebab sakit pada dinding lambung
Pedas menjadi salah satu faktor yang dapat membuat asam lambung meningkat. Memakan makanan pedas dalam jumlah yang banyak akan membuat asam lambung meningkat dalam jumlah yang banyak pula. Jika asam lambung ini dalam jumlah banyak, maka akan mengiritasi dinding lambung.
  1. Menyebabkan penyakit maag
Seorang yang sering makan makanan yang pedas, dalam jangka waktu lama kemungkinan besar dapat menderita penyakit maag. Maag juga dapat mengarah ke maag dalam tingkatan yang akut. Gejala – gejala jika lambung anda terkena maag adalah mual, perut kembung, muntah hingga diare.
  1. Efek pada Sistem Gastrointestinal
Saat anda memakan makanan pedas, sistem gastrointestinal anda akan merasakan panas dari rasa pedas. Saat mulut dan perut anda merasakan rasa pedas sebenarnya kedua bagian dari sistem pencernaan ini tidak benar – benar merasakan rasa pedas. Pada kenyataannya, capsaicin yang ada di dalam makanan pedas inilah mengaktifkan zat P yang menyebabkan sensasi pedas dan terbakar. Beberapa sumber rasa pedas seperti lobak pedas dan bahkan mustard dapat merusak jaringan tubuh. Hal ini dikatakan oleh pusat Kesehatan Langone di Universitas New York.
Jika perut terasa sangat perih setelah anda mengkonsumsi makanan pedas, minumlah segelas susu. Susu akan membantu menetralisir dan meredakan rasa perih di lambung.
  1. Efek Terbakar pada Kulit
Memegang cabe atau makanan pedas lainnya sebelum dikonsumsi dapat mengakibatkan tangan anda mengalami sindrom tangan Hunan. Sindrom tangan Hunan ini berupa sakit, kemerahan serta bengkak di area kulit yang terkenan makanan pedas tadi.
Pencegahan:
Solusi agar anda terhindar dari sindrom semacam ini adalah anda dapat memakai sarung tangan saat memegang makanan pedas seperti cabai atau menggunakan sendok atau garpu sehingga kulit tidak bersinggungan langsung dengan sumber pedas. Jika sudah terlanjur terjadi, cuci tangan menggunakan sabu dan air hangat dan bilaslah hingga bersih.
  1. Efek Perih pada Mata
Jika setelah memegang makanan pedas anda lupa mencuci tangan, dan tidak sengaja menyentuh mata, maka mata pun pasti akan terasa perih. Bermula dari perih, efek dari terkena makanan pedas di mata dapat juga membuat area sekitar mata menjadi membengkak.
Gunakan handuk yang sudah dibahasi lalu usapkan beberapa pada mata dan area sekitar mata. Jika perih semakin parah kondisinya, segera hubungi dokter.
  1. Menyebabkan Lidah Mati Rasa
Jika anda memakan makan pedas pada level yang sangat tinggi, akibat yang mungkin terjadi adalah mati rasa yang akan dialami lidah anda. Kondisi lidah mati rasa ini dapat mencapai hingga tiga hari bila anda tidak terbiasa terhadap tingkatan pedas tersebut.
  1. Menyebabkan Mulas
Pedas yang sangat juga bisa langsung menyebabkan seseorang merasa mulas. Jika kondisi ini terjadi, anda bisa mengatasinya dengan memakan makan yang bersift menyerap seperti roti.
  1. Refluks Asam
RA(Refluks Asam) adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kerusakaan di bagian kerongkongan. Penyakit ini menyebabkan isi lambung mengalir kembali dalam kerongkongan. Selain kerusakan kerongkongan, ia juga akan menimbulkan peradangan dan nyeri. Makanan pedas pada umumnya memberikan efek yang dapat merusak dinding lambung.
  1. Susah Tidur
Makanan pedas dapat menyebabkan sulit tidur, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan pedas pada saat siang hari dan jangan pada malam hari.
Demikian mengenai berbagai masalah kesehatan yang dapat anda alami jika anda mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan. Pada hakikatnya makanan pedas pun sebenarnya juga memiliki manfaat seperti meningkatkan selera makan. Namun jika dikonsumsi berlebihan, makanan pedas akan bersifat merugikanbagi kesehatan anda.

Tips Konsumsi Makanan Pedas

  • Jangan konsumsi sebagai cemilan, jadikan makanan utama.
  • Tidak konsumsi makanan pedas pada malam hari
  • Asam lambung karena makanan pedas dapat dinetralisir dengan susu
  • Jika memiliki penyakit maag, sebaiknya hindari makanan pedas
  • Jangan konsumsi makanan terlalu pedas, sayangi lambung anda.
Bahaya makanan pedas pada umumnya akan berdampak pada sistem pencernaan, terutama lambung. Sebaiknya kita mengkonsumsi makanan pedas yang wajar agar tidak bermasalah nantinya. Jika konsumsi wajar, makanan pedas dapat menjadi menu makanan sehat sehari hari karena cabe merupakan sumber vitamin C.


7 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda


       Bahaya Makanan Pedas. Berbagai makanan bisa dinikmati di tanah air tercinta kta, Indonesia. Dari sabang sampai merauke. Semuanya sangat lezat dan sangat sesuai dengan lidah kita tentunya. Dari makanan yang berbahan pedas maupun tidak pedas. Lalu apakah makanan favorit yang anda gemari di lingkungan tempat tinggal anda….??


     Sahabat, tips kesehatan. Bagi anda yang menyukai makanan pedas sebaiknya mulai dari sekarang, anda mengurangi makanan pedas tersebut. Ini dikarenakan, ternyata memakan makanan yang berasa pedas sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Tips kesehatan, Berikut ini 7 Bahaya Makanan Pedas :
  1. Bahaya Bagi Lambung. Makanan pedas mengakibatkan kerusakan dinding lambung. Ini dikarenakan, jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi asam dan terlalu banyak asam masuk keperut, maka menyebabkan kerusakan dinding lambung anda. 
  2. Penyebab Maag Akut. Makanan pedas mengakibatkan penyakit Gastritis atau maag akut. Gejala gastritis yaitu seperti muntah, mual-mual, diare. 
  3. Penyebab Tukak Lambung. Makanan pedas mengakibatkan penyakit Ulkus Gaster atau tukak lambung. Gejala yang Nampak, ketika anda terkena penyakit ini yaitu perut serasa terbakar, gejala mual-mual, muntah-muntah. 
  4. Insomnia. Makanan pedas mengakibatkan anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Sehingga sebaiknya anda tidak memakan makanan pedas di saat malam hari. Karena istrihat anda tidak akan nyaman. 
  5. Hilangkan Nafsu Makan. Makanan pedas mengakibatkan anda akan kehilangan nafsu makan. Jadi usahakan untuk mengurangi makanan yang berasa pedas untuk kesehatan tubuh anda. 
  6. Penyebab Badan Kurus. Makanan pedas mengakibatkan berat badan anda semakin menurun. Jadi kurangi atau hilangkan dari kebiasan memakan makanan yang pedas jika anda ingin agak gemuk atau anda yang tergolong kurus. 
  7. Sakit Kepala. Makanan pedas mengakibatkan anda terkena serangan sakit kepala dari dampak penyakit gastritis. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas tersebut.  

8 Fakta Kebaikan Dan Manfaat Makanan Pedas

8 Fakta Kebaikan Dan Manfaat Makanan Pedas. Setiap jenis makanan mempunyai khasiat yang berbeza. Begitu juga dengan makanan pedas.
8 Fakta Kebaikan Dan Manfaat Makanan Pedas | Setiap orang mempunyai cara makanan dan pola makanan yang berbeza. Hanya harus pandai mengimbangi makanan mengikut piramid makanan untuk mendapatkan nutrient yang seimbang untuk tubuh badan.
Setiap jenis makanan mempunyai khasiat yang berbeza. Begitu juga dengan makanan pedas. Makanan pedas mungkin menjadi kesukaan dari sebagian orang, tetapi ada juga orang yang tidak suka dengan makanan pedas.Orang yang tidak suka makanan pedas kebiasaannya takut perutnya akan sakit ataupun telah mempunyai penyakit yang tidak boleh makan makanan pedas. Namun makanan pedas ternyata ada manfaat baik bagi tubuh kita.

8 Fakta Kebaikan Dan Manfaat Makanan Pedas

1. Melancarkan pernafasan
Makanan pedas bertindak seperti ubat untuk yang mempunyai masalah pernafasan dan membantu pesakit asma, bronkitis kronik, sinusitis dan penyakit pernafasan yang lain agar bernafas lebih baik.
2. Menjaga mood
Makanan pedas boleh meningkatkan penghasilan hormon yang memberi rasa ketenangan, seperti serotonin. Hasilnya, makanan ini mampu membantu mengurangkan depresi dan stress.
3. Mencegah Kanser
Banyak penelitian menunjukkan kuantiti teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanser. Kapsaicin sejenis zat dalam cili dapat menyebabkan rasa panas, terbakar bila terkena kulit . Ia memperlambatkan pertumbuhan sel kanser dan pada banyak kes sel-sel kanser mati tanpa merosakkan sel di sekitarnya.
Menurut American Association for Cancer Research, kapsaisin juga memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanser dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bahan dalam kari dan mustard, boleh memperlambatkan proses penyebaran kanser dan pertumbuhan tumor. Untuk memberikan hasil semaksima mungkin, campurkan dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 peratus lebih banyak.
4. Memperbaiki fungsi penghadaman
Manfaat cili dalam saluran penghadaman adalah meningkatkan aliran darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Kapsaisin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab penyakit gastrik.
Akan tetapi jika anda mengalami heartburn (rasa panas) setelah makan pedas, cubalah tablet antiacid yang akan meneutralkan asid di perut.
5. Menghilangkan Gejala Selsema
Kapsaisin membantu meningkatkan pengeluaran peluh dan menghilangkan gejala selsema yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka pernafasan, mengurangkan radang pada saluran pernafasan dan gejala selsema yang lain.
6. Menyihatkan jantung
Cili menyihatkan jantung dengan cara mencegah pembekuan darah. Pemerhatian juga menunjukkan kadar kolesterol yang tidak baik/LDL boleh mencegah pengoksidaan yang akan menyebabkan pembuluh darah tersumbat.
Kapsaisin juga berkesan melawan keradangan, yang telah dikenalpasti sebagai faktor risiko penyakit jantung.
Hasil kajian juga menunjukkan, budaya makan makanan pedas menyebabkan insiden serangan jantung dan stroke menjadi lebih rendah.
Alasannya, cili merah boleh mengurangkan kesan dari kolesterol yang berat, sedangkan kapsaisin pula boleh melawan keradangan. Kedua-duanya merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.
7. Turunkan berat badan
Cili mengandung kapsaisin, , memiliki kesan termogenik yang boleh menyebabkan tubuh membakar kalori ketika mengunyah selama 20 minit. Ia yang akan mempercepat metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori lebih cepat. Hal ini terjadi kerana kapsaisin meningkatkan suhu tubuh dan berperanan dalam meningkatkan denyutan jantung.
Tambahan pula, kajian menunjukkan orang yang suka makanan pedas biasanya makan dalam kuantiti yang sedikit sehingga berat badan lebih terjaga. Lagipun, rasa pedas itu boleh meningkatkan metabolisme anda.
8. Menurunkan tekanan darah
Menurunkan tekanan darah. Vitamin A dan C mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas dari lada meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Kombinasi ini boleh menghasilkan sistem kardiovaskular yang lebih kuat.

kesan makan pedas

Hai....Assalamualaikum semua....disini saya ingin berkongsi dengan anda semua tentang kesan makan makanan pedas berlebihan.....Jika kita lihat ramai sangat yang suka makan pedas kan....tapi...kita tidak tahu kesan dan akibat ke atas diri dan kesihatan kita nanti.....:)

Jom kita baca apa kesan nya.........

Makanan pedas ni memang menjadi kegemaran setiap orang. Tidak sah jika apa2 jenis makanan tidak disertakan dengan cili ataupun bahan yang membuatkan makanan kita menjadi pedas.

Ada pula yang suka makan cili seperti makan ulam, haaaa nie lg dasyat kan...... Amalan makan cili ini sebenarnya tidak digalakkan dan tidak boleh dijadikan sebahagian daripada tabiat pemakanan harian kita terutamanya bagi golongan wanita....haaa,ingat tau wanita2 di luar sana. Meh kita tengok kat bawah nie antara penyakit2 yang mungkin akan kita hadapi.

Gangguan perut
Peningkatan jumlah asid perut yang drastik, jika keadaan ini berlaku terus-menerus, ia boleh menyebabkan gangguan perut. Gejalanya seperti mual, muntah-muntah, demam, sakit kepala.

Peradangan
Hal ini adalah berkait rapat dengan gangguan perut, yang menyebabkan perut terluka. Luka parah di perut ini membuat nanah muncul dan keluar dari luka tersebut.


 Sukar tidur atau insomnia
Makanan pedas akan meningkatkan suhu tubuh. Ini menyebabkan anda sukar tidur. Oleh itu, pengambilan makanan pedas ini disarankan adalah 3 atau 4 kali seminggu dengan kadar yang tidak terlalu tinggi.

Untuk menurunkan kadar asam lambung yang meningkat, maka pengambilan susu dan air kelapa muda akan membantu menurunkan, sehingga anda terhindar dari gangguan pencernaan.

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Pedas

Bagi sebagian orang tidak lengkap rasanya kalau menikmati masakan kalau tidak ada rasa pedasnya. Rasa pedas sudah begitu akrab di lidah orang Indonesia. Ada banyak manfaat yang terkandung dalam cabai misalnya menambah nafsu makan, sebagai sumber vitamin C, mengendalikan pencemaran mikroba, mencegah kanker dan sebagainya tetapi jika terlalu banyak makan cabai juga bisa mendatangkan efek buruk bagi kesehatan. Efek samping yang bisa timbul apabila teralu banyak makan cabai antara lain:
1. Gastritis
Gastritis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lambung. Biasanya gastritis atau yang biasa disebut dengan maag ini disebabkan karena bakteri tetapi terlalu banyak makan cabai juga bisa menjadi salah satu penyebabnya karena makanan pedas dipercaya dapat menurunkan kemampuan lapisan pelindung lambung. Lapisan ini berfungsi melindungi lambung dari asam lambung.
2. Refluks asam lambung
Salah satu yang tidak dibolehkan pada orang yang memiliki penyakit refluks asam lambung adalah mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas. Refluks asam lambung kronis dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti kanker esophagus, pneumonia dan gigi rusak karena asam lambung.
3. Insomnia
Kebanyakan kita tidak tahu bahwa selain kafein ternyata makanan pedas juga bisa menimbulkan kesulitan tidur. Ini terjadi karena setelah memakan makanan pedas maka suhu tubuh akan naik (itu sebabnya kita berkeringat setelah memakannya) sementara tubuh perlu melambatkan metabolisme sebelum tidur. Supaya lebih mudah tidur, hindari makanan pedas mendekati jam tidur.
4. Menurunnya kepekaan lidah
Semakin lama orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang pedas maka kepekaan lidahnya menurun. Bagi orang lain satu sendok sambal sudah sangat pedas tetapi bagi orang yang terbiasa maka hanya sedikit merasakan pedas. Ini tidak hanya berlaku pada rasa pedas saja tetapi juga berpengaruh terhadap pengecapan rasa lainnya seperti manis, asin, asam dan pahit. Menurunnya indera pengecapan ini tidak jauh berbeda pada berkurangnya pendengaran orang berada dilingkungan bising, keduanya mempunyai akibat yang permanen.
5. Sakit perut dan diare
Ini akibat iritasi pada organ pencernaan karena makanan pedas. Meskipun sifatnya akut dan tidak persisten tetapi ini merupakan suatu tanda bahwa kita sudah kelebihan makanan pedas.
Makan dalam jumlah yang proporsional
Saya sendiri suka makanan pedas karena membangkitkan selera. Tetapi ada batas dimana tubuh merasa “tersakiti” apabila makan terlalu banyak makanan pedas misalnya saat lidah terasa terbakar atau perut mulas-mulas. Meskipun banyak orang yang menyukai sensasinya tetapi tidak seharusnya kita mengabaikan peringatan-peringatan tersebut. Kurangi jumlah cabainya jika sudah merasakan sesuatu yang tidak beres setelah memakan makanan pedas.

Tiada ulasan: