Rabu, 21 Oktober 2015

APA ITU KAFEIN

Kesan Kafien Pada Kanak-Kanak


Kafein adalah bahan semula jadi yang dikeluarkan pada bahagian daun dan biji kebanyakan tumbuhan. Ia juga dihasilkan secara tiruan yang ditambah pada jenis makanan tertentu. Kafein juga boleh didapati dalam pemakanan kita setiap hari terutama kopi, teh dan minuman berkarbonat.
Kebanyakan ibu bapa tidak menggalakkan anak kecil minum kopi namun tanpa disedari, mereka mungkin . memberikan minuman yang mengandungi kafein. Pengambilan kafein untuk kanak-kanak seeloknya pada tahap minimum.
Garis panduan dikeluarkan Kanada menyarankan kanak-kanak prasekolah mengambil kafein kurang daripada 45 miligram sehari. Ini setara dengan jumlah purata kafein yang didapati dalam 355 mililiter tin minuman bergas atau empat kepingan (seberat 43 gram) coklat bersusu.
Dalam suatu kajian yang dijalankan penyelidik Pusat Perubatan Universiti Nebraska di Amerika Syarikat ke atas 200 kanak-kanak berumur lima hingga 12 tahun mendapati kira-kira 75 peratus kanak-kanak mengambil kafein setiap hari dan kebanyakannya melalui minuman berkarbonat.
Kajian berkenaan dilakukan di klinik paediatrik dengan cara bertanya soalan kepada ibu bapa yang membawa anak untuk mendapatkan pemeriksaan kesihatan iaitu jenis dan jumlah snek yang diambil oleh anak mereka setiap hari.
Daripada soal selidik itu didapati kanak-kanak berumur lapan hingga 12 tahun mengambil kira-kira 109 miligram kafein sehari; bersamaan dengan tiga tin minuman berkarbonat (350 mililiter setiap tin). Kanak-kanak yang lebih kecil mengambil kurang kafein iaitu kira-kira 36 miligram (satu tin minuman berkarbonat).
Dalam kenyataan bertulis yang ketua penyelidikan itu, Dr William Warzak berkata, lebih banyak kafein diambil, seseorang kanak-kanak itu akan lebih susah hendak tidur. Apabila kurang tidur, daya tumpuan kanak-kanak di dalam bilik darjah akan terjejas.
Sebaliknya kajian lain menunjukkan kanak-kanak yang kurang tidur mengambil lebih banyak kafein dan menghabiskan banyak masa di depan televisyen atau komputer. Tidak cukup tidur dan kurang melakukan aktiviti fizikal (kerana terlalu asyik di depan komputer dan televisyen) mempunyai kaitan rapat dengan peningkatan berat badan.
Memang ada banyak sebab pertambahan berat badan di kalangan kanak-kanak dan kurang tidur adalah salah satu daripadanya yang boleh membuatkan masalah obesiti menjadi semakin meluas. Apa yang lebih membimbangkan ialah kekurangan tidur ini juga akan menyebabkan kanak-kanak cenderung untuk mendapat tabiat lebih buruk iaitu merokok.


Kesan Kafien Pada Kanak-Kanak

Kafein yang bertindak serupa pada kanak-kanak mahupun orang dewasa, merangsang sistem saraf utama. Pada tahap lebih rendah, ia membuatkan pengambil kafein berasa lebih peka dan cergas.
Bagaimanapun, pengambilan kafein yang terlalu banyak boleh menyebabkan gementar, sakit perut, pening, sukar memberi tumpuan, sukar tidur serta peningkatan kadar degupan jantung dan tekanan darah.
Untuk kanak-kanak pula, pengambilan yang sedikit boleh menimbulkan kesan berkenaan;

  • Pengambilan kafein di kalangan kanak-kanak juga harus dihadkan kerana ia boleh meningkatkan risiko kegemukan melampau sebanyak 60 peratus misalnya dengan mengambil 355 mililiter minuman ringan manis sehari.


  • Kanak-kanak yang terlalu banyak mengambil minuman ringan mungkin kurang mendapat khasiat seperti kalsium yang diperlukan daripada susu untuk membina tulang dan gigi kuat.


  • Kafein bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh menyingkirkan air (menerusi pembuangan air kencing). Sungguhpun jumlah pengambilan kafein yang boleh menyebabkan kehilangan air dalam tubuh masih belum dapat dipastikan, untuk langkah berjaga-jaga, elak pengambilan kafein berlebihan dalam cuaca panas.

Antara makanan mengandungi kafein termasuk kopi, teh, coklat, aiskrim kopi serta beberapa jenis ubat-ubatan melegakan sakit.
Teh ais pula bukan saja mengandungi banyak gula malah kafein, sama seperti minuman ringan. Pilihan minuman yang lebih baik untuk kanak-kanak termasuk air kosong, susu atau 100 peratus jus buah-buahan.

Pengurangan Kafein

Adakah anda boleh memastikan bahawa anak-anak anda bebas daripada minuman berkafein? Sudah tentu 
boleh! Cara terbaik untuk mengurangkan kafein (dan gula tambahan) adalah menggantikan dengan air kosong, susu atau minuman yang mengandungi 100% peratus jus buah-buahan. Sekali sekala anda boleh menyediakan teh. Namun begitu, pastikan anda membaca label dan ramuan untuk memastikan ia “noncaffeinated” atau kurang mengandungi kafien.
Sekiranya anak atau remaja telah biasa mengambil kopi, terutama bertujuan untuk kekal cergas sehingga 
lewat malam bagi mengulang kaji pelajaran, ia boleh menyebabkan anak remaja ini akan cepat ketagih kepada kafien. Langkah terbaik bagi menghindari masalah ini ialah, dengan mengurangkan pengambilannya secara perlahan-lahan. Ini kerana akibat daripada pengambilan minuman berkafien ini, kanak-kanak dan remaja mudah mendapat sakit kepala dan merasa tertekan. Oleh itu, cuba kenal pasti berapa banyak minuman berkafien yang anak anda perlukan dan gantikan kepada minuman alternatif yang bebas kafein di bawah paras 100 mg.
Pada peringkat permulaan, individu yang cuba mengurangkan pengambilan kafein mungkin akan berasa letih. Jangan bimbang kerana tahap tenaga akan kembali normal dalam masa beberapa hari. 
Sebagai ibu bapa kepada kanak-kanak dan remaja, anda bertanggungjawab untuk memastikan tahap kesihatan dan keselamatan makanan di rumah. Sentiasa pastikan anda dan anak-anak anak mengambil minuman berkafien secara terkawal.
Sumber:
www.hmetro.com.my
www.1pengguna.com
 
ELAKKAN PENGAMBILAN KAFIEN SEMASA PENGAMBILAN VITAMIN
KESAN KAFEIN KEATAS PENYERAPAN VITAMIN DAN MINERAL
Anda mungkin pernah mendengar ini, "Jangan makan supplement bersama kopi, teh atau minuman bergas".Why?Ini adalah kerana pengambilan kafein boleh menggangu penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh badan kita. Jika seseorang meminum pada jumlah yang terlalu tinggi, ia akan membawa kepada masalah kekurangan nutrien. Kafein boleh menurunkan kadar penyerapan nutrien atau meningkatkan pembuangan mineral dari tubuh badan. Antara sumber kafein yang popular adalah kopi, teh, minuman bergas, cocoa dan coklat.
ZAT BESI (IRON)
Kafein mengurangkan penyerapan zat besi dalam tubuh badan. Kopi dan teh mengandungi polyphenols iaitu sejenis kompaun kimia yang terdapat pada tumbuhan sahaja. Polyphenols adalah antioksidan yang membekalkan banyak kebaikan untuk kesihatan kita. Ia juga boleh bertindak dengan zat besi menghasilkan satu ikatan. Apabila ini terjadi, amat sukar bagi tubuh badan untuk menyerap mineral ini. Cuba elakkan penggambilan makanan atau minuman yang mengandungi kaffein pada masa yang sama bila memakan makanan yang kaya dengan zat besi. Tunggu sekurang-kurangnya 30 minit hingga 1 jam selepas makan agar zat besi boleh diserap oleh tubuh badan. Begitu jugalah dengan penggambilan supplemen ya..
KALSIUM
Kaffein akan menyebabkan lebih banyak Kalsium dibuang melalui air kencing. Kesan ini boleh berlaku biarpun selepas beberapa jam lepas memakan atau minum minuman berkafein. Ini adalah kerana kafein juga boleh menggangu penyerapan kalsium di usus kita. Walaubagaimanapun terdapat kajian yang menggatakan kesan kafein keatas penyerapan Kalsium sangatlah minimal. Penggambilam kafein yang tinggi bukanlah faktor utamanya terjadinya penyakit osteoporosis.
VITAMIN D
Kafein boleh menyekat reseptor vitamin D dalam tubuh badan, menyebabkan pengurangan dalam penyerapan vitamin ini. Vitamin D memainkan peranan penting dalam penyerapan Kalsium dalam tubuh badan. Kekurangan vitamin D akan menyebabkan tulang jadi nipis dan mudah rapuh.
VITAMIN B
Kafein bertindak sebagai diuretik ringan, yang menyebabkan kita membuang air kecil lebih kerap. Vitamin larut air seperti vitamin B boleh berkurang kerana kehilangan cecair berlebihan dari badan. Kopi dan teh juga mengandungi tannin dan kafein, yang boleh mengganggu penyerapan nutrien penting termasuk besi, kalsium dan kebanyakan vitamin B-kompleks. Tanin adalah jenis polifenol. Kafein sebenarnya merangsang pengeluaran jus gastrik dalam perut. Sebab itulah ada yang merasakan gastrik naik selepas minum kopi.
Harap dapat memberi penjelasan ya kenapa kita sering dilarang makan vitamin/supplement dengan kopi, teh atau minuman bergas. Harap maklum hehhh.

20 Efek Bahaya Kafein Bagi Tubuh

Advertisement
Kafein selain memiliki manfaat ternyata juga memiliki beberapa efek samping pada tubuh. Nah, kafein sendiri merupakan zat yang dapat kita temukan pada beberapa jenis tumbuhan contohnya kopi dan teh. Kafein merupakan sebuah zat stimulant yang dapat merangsang sistem syaraf pusat. Mengkonsumsi kafein akan membuat kita secara serta merasa lebih energik bahkan menghilangkan rasa kantuk.
Kadar kafein yang disarankan
Jumlah konsumsi kafein yang wajar untuk orang dewasa adalah sekitar 400 miligram untuk setiap harinya. Pada takaran tersebut, kafein sebenarnya masih aman bagi tubuh. Konsumsi kafein dengan takaran yang berlebihan akan membuat anda mengalami beberapa efek samping pada kesehatan tubuh anda. Berikut beberapa bahaya kafein bagi tubuh.
  1. Memicu Sakit Kepala
Penelitian membuktikan bahwa kafein dan sakit kepala memiliki hubungan yang sangat berkaitan. Anda mungkin pernah menemukan komposisi kafein pada obat sakit kepala. Ya, memang kafein dalam jumlah tertentu dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Namun, harus diketahui juga bahwa kafein dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan anda mengalami sakit kepala.
Jika anda adalah seorang penggemar kopi, yang merupakan salah satu bahan yang mengandung kafein, dan tiba – tiba berhenti dan tidak mengkonsumsi kopi lagi, anda pun dapat mengalami sakit kepala.
  1. Menimbulkan Perasaan Was – Was dan Cemas
kafeinBagi beberapa orang, efek samping kafein seperti was – was atau cemas mungkin tidak dialami. Tetapi bagi beberapa orang lainnya seperti pada orang yang jarang mengkonsumsi kafein memiliki kemungkinan lebih tinggi mengalami efek samping semacam ini.
  1. Menyebabkan Gangguan Tidur
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kafein ini merupakan suatu zat yang dapat merangsang sistem syaraf pusat kita. Mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak akan membuat seseorang kesulitan untuk tidur atau biasa disebut dengan insomnia.
  1. Menyebabkan Kecanduan Kafein
Bagi mereka yang sudah sering mengkonsumsi kafein, bukan tidak mungkin mereka bisa mengalami kecanduan terhadap kafein. Kecanduan kafein bisa ditandai dengan munculnya gejala seperti pusing, mengantuk, cemas dan cepat marah. Pada beberapa orang, gejala kecanduan bisa ditandai dengan badan yang gemetar.
  1. Menyebabkan Overdosis Kafein
Berlebihan mengkonsumsi kafein bisa juga menyebabkan seseorang mengalami overdosis atau keracunan kafein. Gejala dari overdosis kafein dapat berupa halusinasi dan perasaan yang sangat bingung, mual dan muntah, diare, haus berlebihan, maupun sering buang air kecil. Jika tidak segera ditangani, overdosis kafein dapat menyebabkan kematian.
  1. Mengakibatkan Masalah Pencernaan
Kafein merupakan zat yang bisa meningkatkan asam pada lambung kita. Kondisi demikian dapat membuat kita merasa mulas atau bahkan sakit perut yang berujung pada buang air besar yang terus menerus atau diare.
  1. Menyebabkan Haus Berlebihan
Kafein merupakan salah satu zat diuretik yang membuat kita bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil. Apalagi jika anda mengkonsumsi kafein sebelum berolahraga, dikhawatirkan tubuh akan kekurangan banyak cairan tubuh dan dehidrasi.
  1. Meningkatkan Tekanan Darah
Kafein yang kita konsumsi akan langsung diserap oleh tubuh, dan dapat langsung masuk ke dalam aliran darah kita. Bahkan dalam jangka waktu kurang lebih satu jam, kafein mencapai level tertingginya di dalam aliran darah kita. Dalam jangka waktu tersebut atau bahkan lebih cepat, kafein bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Ini lah sebab mengapa kopi adalah salah satu jenis makanan penyebab darah tinggi naik dengan cepat.
  1. Menyebabkan Osteoporosis
Benarkah kafein bisa menyebabkan tulang keropos? Dan ternyata, kafein yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menghambat penyerapan kalsium di dalam tubuh. Kekurangan kalsium bisa mengarah pada kondisi tulang keropos atau osteoporosis.
  1. Pada Wanita Hamil, Kafein Bisa Membuat Detak Jantung Bayi Lebih Cepat
Bagi ibu – ibu yang sedang hamil, mengkonsumsi kafein mungkin harus dikurangi. Kafein yang masuk ke dalam tubuh masuk ke dalam alirah darah dan masuk ke plasenta. Dalam kondisi seperti ini artinya janin juga ikut mengkonsumsi kafein tersebut melalui plasenta. Kafein yang masuk ke dalam tubuh janin tersebut dapat mengakibatkan detak jantung janin menjadi tidak teratur dan lebih cepat ritmenya.
  1. Meningkatkan Resiko Keguguran
sponsored links
Kafein dalam jumlah yang sangat banyak dapat memberi pengaruh sangat buruk pada wanita yang sedang hamil. Kafein bisa menghambat perkembangan dan pertumbuhan janin. Dan hal tersebut bisa menyebabkan gangguan kehamilan dan mengarah pada kondisi keguguran.
  1. Menyebabkan Sulit Hamil
Beberapa penelitian yang sudah dilakukan menyebutkan bahwa kafein bisa mempengaruhi metabolisme dan produksi hormone estrogen pada wanita. Hal tersebut bisa membuat seorang wanita yang terlalu sering mengkonsumsi kafein mengalami sulit hamil.
  1. Meningkatkan Resiko Encok
Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, kafein sangat berkaitan erat dengan terjadinya resiko penyakit encok. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa orang – orang yang sering mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein cenderung lebih mudah terkena penyakit encok.
  1. Menyebabkan Sering Buang Air Kecil
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Alabama menunjukan jika wanita yang sering mengkonsumsi kafein lebih sering buang air kecil dan biasanya rasanya tidak dapat ditahan. Kondisi seperti ini terjadi pada hampir 70% wanita yang sering mengkonsumsi kafein dengan jumlah 329 miligram atau lebih.
  1. Menyebabkan Gejala Vasomotor
Kafein yang dikonsumsi oleh wanita bisa menimbulkan gejala vasomotor atau vasomotor symptom. Gejala ini bisa menyerang wanita yang mengalami menopause. Dan gejala tersebut bisa semakin memperparah keadaan menopause seorang wanita.

Penting! Efek Kafein Yang Mematikan

Selain beberapa efek samping dari kafein yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa efek samping lainnya yang penting untuk diketahui walaupun efek samping di bawah ini belum banyak diteliti oleh para ahli. Tetap saja, sebagai orang yang cinta akan kesehatan kita perlu mengetahui berbagai hal yang dapat merugikan bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini efek lain dari kafein:
  1. Penyakit jantung
  2. Meningkatkan kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh
  3. Menyebabkan penyakit rematik
  4. Meningkatkan resiko stroke
  5. Merusak pembuluh darah
Setelah mengetahui berbagai efek samping yang dapat ditimbulkan oleh kafein, ada baiknya mulai saat ini kita mengurangi konsumsi baik makanan atau pun minuman yang mengandung kafein. Mengurangi minum minuman seperti cola, teh, minuman ringan, minuman bersoda dan kopi bisa membantu kita mengurangi resiko terkena berbagai efek samping kafein. Bagi orang – orang yang menderita penyakit jantung atau maag, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu apakah kafein aman atau tidak bagi anda.

 

BAHAYA DAN MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN


Kopi
Kopi termasuk minuman yang digemari oleh pria dan wanita. Minuman konon yang bisa mengurangi rasa kantuk ini sangat umum di masyarakat Indonesia. Bahkan, gerai-gerai kopi sudah menjamur di berbagai sudut kota, hingga di mall.
Kafein bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormon adrenalin.
Di dalam kopi terkandung kafein, yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.
Manfaat Kopi
Dalam dunia kedokteran, kafein sering digunakan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.
Mekanisme kerja kafein dalam tubuh adalah menyaingi fungsi adenosin (salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur).
Dimana kafein itu tidak memperlambat gerak sel-sel tubuh, melainkan kafein akan membalikkan semua kerja adenosin sehingga tubuh tidak lagi mengantuk, tetapi muncul perasaan segar, sedikit gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
Itulah sebabnya berbagai jenis minuman pembangkit stamina umumnya mengandung kafein sebagai bahan utamanya.
Bahaya Kopi
Selain manfaatnya untuk kesehatan ternyata kopi juga memiliki kerugian. Salah satunya adalah efek ketergantungan.
Minum kopi ternyata dapat meningkatkan resiko terkena stroke. Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.
Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.
Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.

10 Fakta Tentang Kopi
Berikut ada 10 fakta tentang minuman kopi
1. Kafein bisa membunuhmu
Terutama jika kamu sangat manikak kopi, yakni menenggak kopi 80-100 cangkir sehari. Jadi jangan coba-coba ya.
2. Kopi bisa juga baik buatmu
Studi membuktikan bahwa kita bisa mendapatkan antioksidan dari kopi, cukup satu atau dua cangkir kopi sehari, sudah bermanfaat. Jika tidak suka kopi, bisa coba teh hitam.
3. kafein bisa meningkatkan gairah seks perempuan
Ini baru terbukti pada tikus percobaan. Menurut ilmuwan, pada manusia kopi dapat meningkatkan pengalaman seksual namun hanya pada mereka yang tidak maniak kopi.
4. Kafein bisa mengurangi rasa sakit
Dosis sedang kopi, setara dengan dua cangkir kopi, mampu meredakan rasa sakit di otot setelah olah raga, demikian menurut sebuah studi kecil. Tapi lagi-lagi ini hanya berlaku buat mereka yang bukan pecandu kopi.
5. Kafein bisa bikin kita begadang
Buat yang ingin melek semalaman akan terbantu dengan kopi. Yang tidak, sebaiknya meminum kopi enam jam sebelum jam tidur agar tidak terganggu jam istirahatnya.
6. Kopi yang dekafein pun mengandung kafein
Walaupun istilahnya dekafein, alias bebas kafein, tetap saja kopi tersebut mengandung kafein. Kalau kita minum 10 cangkir kopi dekafein, sama saja dengan minum satu-dua cangkir kopi kafein.
7. kopi dekafein menggunakan bahan kimia
Untuk mengurangi kadar kafein pada kopi dekafein, digunakan bahan kimia bernama methylene chloride.
8. Kafein itu bukan bagian yang berasa pahit
Banyak orang mengira, makin pahit rasa kopi, makin banyak kandungan kafeinnya. Tidak, sebab kafein bukanlah komponen yang rasanya pahit.
9. Kopi yang bagus tergantung pada pembakaran dan peracikannya
Jika ingin kopi bercitarasa nikmat, maka yang paling menentukan adalah proses pembakaran dan racikannya. Selama pembakaran, minyak yang tersimpan dalam biji kopi akan keluar. Makin banyak minyak ini keluar, makin kuat rasa kopinya. Munculnya kandungan kafein tergantung pada lamanya air berada di bagian dasar. Pembakaran yang makin lama juga menghasilkan kafein makin banyak.
10. Kopi ditemukan oleh kambing
Satu milenium silam, di pegunungan Afrika, sekawanan kambing terjaga semalaman setelah makan biji kopi merah. Sang penggembala memeriksa kenapa itu terjadi dan menemukan bahwa penyebabnya adalah kopi. Sejak itu manusia mulai ikutan minum kopi.
Bahaya Kopi,Teh,Soda,Coklat,Minuman Energi
Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi minuman berkafein, seperti kopi, soda, teh, cokelat, serta minuman berenergi lainnya, mulailah untuk mengkonsumsinya secara tidak berlebihan.
Fakta yang ada bahwa secangkir kopi mengandung sekitar 80 miligram kafein dan satu cangkir teh mengandung sekitar 50 miligram kafein.
Kafein memang disukai karena fungsinya yang dapat menghilangkan rasa kantuk, mengurangi kebosanan, meningkatkan semangat kerja, serta sangat membantu meningkatkan kewaspadaan bagi yang sedang beraktivitas menyetir ataupun bekerja di waktu malam. Dipercaya juga bahwa kafein dapat mengurangi derita sakit kepala dan dapat membantu Anda untuk dapat berpikir lebih cepat.
Tentu saja, kafein akan sangat bermanfaat bila dikonsumsi sesuai dengan takarannya dan tidak berlebihan. Namun, sekarang ini masyarakat cenderung menyalahgunakannya dengan tidak membatasi pemakaian kafein dan kafein justru dijadikan rutinitas dalam kehidupan sehari-hari.
Mari kenali dampak negatif kafein bagi kesehatan Anda bila dikonsumsi secara berlebih:
1. Penggunaan berlebih dan dalam jangka waktu lama dari kafein akan mengganggu pola tidur, seperti insomnia (tidur tidak nyenyak) maupun justru kebanyakan tidur dan mudah mengantuk apabila tidak minum kafein karena efek candunya.
2. Kafein memiliki efek diuresis (menimbulkan banyak kencing) sehingga berpotensi menimbulkan dehidrasi bagi beberapa orang yang sering berkeringat banyak atau berada dalam lingkungan kerja panas dan lembab.
3. Kafein meningkatkan sekresi asam lambung dan pepsin sehingga seringkali menjadi biang keladi serangan maag bagi mereka yang rentan.
4. Kafein diduga dapat meningkatkan sedikit kadar gula darah sehingga penderitadiabetes dan kegemukan hendaknya berhati-hati dan membatasi konsumsi senyawa kafein ini.
5. Pemakaian 8 gelas kafein atau lebih sangat berpotensi mengakibatkan jantung berdebar-debar, pikiran melompat-lompat, gelisah, panas tubuh meningkat serta berkeringat. Aktivitas simpatis berlebih sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau serangan jantung sebelumnya.
6. Beberapa masalah infertilitas pada wanita juga diduga berkaitan dengan konsumsi kafein yang berlebih.
7. Pemakaian kafein dalam jumlah berlebih bagi wanita hamil akan beresiko aborsi dan kelahiran premature. Kafein sendiri juga dapatmeningkatkan asam lambung sehingga akan membuat rasa mual semakin berat..
8. Bagi wanita, terutama post menopause, kafein merupakan musuh besar bagi tulang. Sudah banyak laporan ilmiah yang menyebutkan efek kafein terhadap kejadianosteoporosis atau keropos tulang. Kafein bersifat menarik cadangan mineral kalsium dari tulang sehingga tulang menjadi keropos.
9, Kafein seperti terkandung dalam green tea secara umum akan meningkatkan metabolisme basal sel-sel tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan. Bagi mereka yang memiliki berat badan lebih hal ini mungkin kabar baik, tetapi tentunya bagi mereka yang sudah dalam kekurangan gizi dan kesulitan untuk menaikkan berat badan kebiasaan minum kafein harus mulai dibatasi.
Setelah mengetahui bahaya kafein bukan berarti Anda harus berhenti meminum kafein. Namun mulai sekarang Anda bisa mengendalikan diri dengan mengkonsumsi kafein secara bijak karena kesehatan Anda sangatlah berharga.

Manfaat & Bahaya Kafein Untuk Tubuh

Manfaat Kafein Untuk Tubuh

manfaat dan bahaya kafein untuk kesehatan
Manfaat & Bahaya Kafein Untuk Tubuh,- Kafein merupkanan zat kimia yang bisa ditemui pada kopi, teh, coklat, minuman bersoda atau produk lainnya dan paling sering digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan mental. kafein berguna untuk meningkatkan fungsi saluran udara saat asma kambuh, dan dapat bekerja hingga empat jam lamanya.
Berikut Ini Manfaat Kafein Untuk Tubuh 
  • Antioksidan. Produk yang mengandung kafein kebanyakan juga mengandung antioksidan, seperti kopi, cokelat dan teh. Antioksidan bermanfaat bisa mencegah terjadinya penuaan dini dan kanker pada tubuh.
  • Pereda Rasa Sakit. Dua cangkir kopi setelah olah raga bermanfaat meredakan rasa sakit di otot, bagi mereka yang bukan pecandu kopi tentunya. Bukan hanya itu, kandungan kafein juga bermanfaat meredakan sakit kepala layaknya obat pereda rasa nyeri seperti aspirin, midol dan excedrin. Oleh sebab itu beberapa obat sakit kepala juga memasukkan sedikit kafein ke dalamnya.
  • Diuretic. Tahukah anda, minum kopi bisa membuat orang lebih sering buang air kecil? Kafein meningkatkan produksi urin. Ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita untuk membuang zat-zat yang sudah tidak diperlukan lagi serta menghidarkan resiko terkena batu ginjal.
  • Menghilangkan Rasa Kantuk. Pada waktu tertentu, kopi dimanfaatkan supaya anda tetap terjaga. Kafein menyaingi fungsi adenosin yaitu senyawa dalam sel otak yang membuat orang cepat tertidur serta merangsang kerja jantung, sehingga bermanfaat membuat tubuh terasa segar dan bersemangat.
Bahaya Kafein Untuk Kesehatan
  • Ganguan Tidur dan Saraf. Konsumsi kafein berlebih dalam jangka panjang mengakibatkan perubahan pola tidur normal. Akan sangat berbahaya bagi tubuh apalagi jika jam tidur anda berkurang. Bukan hanya itu, bahaya bagi saraf tubuh kita seperti kepanikan, tangan terus bergetar, pusing, mual dan cemas sepanjang waktu, serta perilaku obsesif dan skizofrenia juga bisa terjadi.
  • Bagi Penderita Diabetes. Minuman yang mengandung kafein biasanya dicampur dengan gula. Akibatnya, jika dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan produksi insulin dalam darah. Produksi insulin berlebih tentunya akan berbahaya dalam tubuh penderita diabetes.
  • Gangguan Pencernaan. Kafein memicu produksi asam lambung tambahan. Menurut National Digestive Disease Information Clearinghouse (NDDIC), masalah pada saluran gastrointestinal disebabkan karena kelebihan kafein. Asam lambung berlebih bisa berbahaya bagi lambung karena menyebabkan luka dan bila refluks asam naik ke kerongkongan akan menyebabkan luka di kerongkongan. Dampak lainnya, karena kafein menenangkan otot-otot pencernaan, proses pencernaanpun bisa berjalan lambat.
  • Efek Kafein terhadap Jantung. Menurut European Society of Cardiology (ESC), mereka yang sudah termasuk dalam kategori peminum kopi berat memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi dan berisiko menderita serangan jantung dan stroke. Selain itu, karena kafein merangsang kerja jantung, peminum kopi berat juga cenderung mengalami jantung berdebar kencang dan kelelahan. Bisa dibilang kafein berbahaya bagi jantung.

AWAS !! Kesan Pengambilan Kafien berlebihan Pada Badan.

AWAS !! Kesan Pengambilan Kafien berlebihan Pada Badan.

Salam sihat comel semua , 

Kafein dikenali juga di kenali dengan nama kimianya trimetilksantina dalam keluarga metilksantina. Bahan ini berbentuk serbuk berwarna putih dan sedikit rasa pahit.  Bahan kimia lain yang terdapat dalam kumpulan ini adalah teofilin terdapat dalam daun teh dan teobromin yang didapati dalam biji koko.

Kafein boleh ditemui dalam biji kopi (Coffea Arabica) , daun teh (Theasinensis)  dan biji koko (Theobrama cacao). Kafein juga boleh didapati dalam lebih 60 jenis tumbuh-tumbuhan lain. Antaranya pokok guarana (Paullinia cupana) yang terdapat di Amazon. Kafein sering digunakan terutamanya dalam minuman ringan. Kebanyakan remaja sekarang begitu gemar mengambil minuman berkarbonat kola yang bukan sahaja mengandungi kafein tetapi juga kandungan gula yang tinggi. kafein juga digunakan dalam sesetengah ubat untuk merawat beberapa jenis penyakit. Antaranya untuk merawat sakit kepala, migrain, penyakit jantung dan mengendurkan saluran pernafasan dalam rawatan penyakit asma.




Kesan Pengambilan Kafein 

Kesan pengambilan kafein bergantung kepada jumlah yang diambil dan berbeza bagi setiap individu yang mengambilnya. Secara purata semakin kecil saiz atau pun berat badan seseorang itu, semakin kurang kafein yang diperlukan untuk menghasilkan kesannya. Tetapi, banyak kesan kafein bergantung kepada jumlah yang diambil. Pengemar kopi selalunya memerlukan pengambilan yang tinggi untuk mencapai tahap kenikmatannya. Ini bermakna lebih banyak kafein yang diambil setiap hari maka lebih banyak yang diperlukan untuk mencapai tahap kenikmatannya.

Kafein akan memasuki sistem tubuh setelah beberapa jam mengambilnya kemudian akan keluar menerusi urin. Kafein memberikan kesan berterusan ke atas tubuh kita selagi masih berada dalam darah. Jangka masa yang diperlukan oleh tubuh untuk menyahkan separuh daripada jumlah kafein yang diambil adalah dari beberapa jam hingga ke beberapa hari. Secara puratanya bagi orang dewasa, kesannya boleh dirasai selama lima hingga tujuh jam. Terdapat beberapa faktor yang melambat jangka hayat kafein dalam tubuh kita, antaranya seseorang yang mengambil ubat-ubatan, menghidap penyakit hati dan wanita mengandung.

Oleh itu, bagi wanita mengandung pengambilan kafein hendaklah dikurangkan atau dihentikan sama sekali  kerana kafein akan meningkatkan risiko keguguran dan ketidaksuburan. Ada juga bukti yang menunjukkan kafein boleh mengakibatkan kecacatan bayi sewaktu dilahirkan.


Kafein boleh menyebabkan pesakit yang mengalami masalah jantung dan kegagalan saraf menjadi lebih teruk, dan kebanyakan pengguna tidak sedar keadaan ini boleh berlaku ke atas mereka.

Kajian telah menunjukkan bahawa kafein memberi kesan seperti penggunaan dadah perangsang yang lain. Kafein cenderung untuk merangsang otak dan sistem saraf pusat kemudiannya bertindak ke atas jantung, pembuluh darah dan buah pinggang. Salah satu simtom yang biasa dihadapi oleh pengguna ialah dehidrasi (pengeluaran air terlalu banyak daripada badan menyebabkan badan kekurangan air). Walaupun anda menganggap dengan meminum air berkafein yang banyak badan dapat mengekalkan kandungan air tersebut tetapi kafein akan bertindak sebaliknya ke atas badan. Di sini kafein bertindak mempercepatkan penghadaman dan merangsang pengeluaran air kencing yang banyak.

Dalam situasi begini adalah penting kepada remaja yang aktif bersukan dan gemar mengambil minuman berkafein agar meminum air yang tidak berkafein secukupnya bagi mengelakkan dehidrasi. Dengan pengambilan kafein juga akan menyebabkan badan kehilangan kalsium serta potassium dan ini akan menyebabkan kesakitan otot dan melambatkan masa untuk rehat selepas menjalani senaman. Bagi wanita dalam peringkat menopaus  yang gemar mangambil minuman berkafein akan mempercepatkan lagi proses osteoporosis disebabkan kehilangan bahan-bahan mineral tersebut.

Walaupun kesan kafein berbeza di antara seorang pengguna dengan pengguna yang lain, pengamal perubatan menasihatkan agar mengambil tidak lebih dari 100 mg  kafein sehari, yakni lebih kurang satu cawan kopi sehari. Namun terdapat pelbagai saranan yang diutarakan oleh pelbagai pihak mengenai pengambilan kafein yang unggul. Walau apa pun saranan yang diutarakan mengenai pengambilan kafein yang unggul dapatkan  nasihat doktor terlebih dahulu sekiranya kita menghidap penyakit tertentu yang mungkin alah kepada kafein.

Pengambilan pada dos 250 hingga 750mg kafein (dua hingga tujuh cawan kopi) boleh menyebabkan seseorang itu mengalami situasi cemas, letih, tidak nyenyak tidur, sakit kepala dan sakit perut. Tetapi pengambilan kafein akan meningkatkan rasa waspada dan meningkatkan rasa waspada dan meningkatkan penumpuan terhadap tugas. Namun, tidur juga akan terganggu, berasa lebih tenang dan mengurangkan rasa lesu.

Jika kafein diambil lebih dari 750mg (tujuh cawan kopi) sehari akan menyebabkan sakit kepala, lekas marah, timbulnya rasa takut dan tidak dapat tidur (insomnia). Pengambilan dos yang tinggi juga akan menyebabkan kekejangan dan mungkin diikuti dengan maut.

Kesan jangka panjang 

Ulser - Kafein dipercayai boleh mengakibatkan ulser kerana bahan ini merangsangkan penghasilan asid dan peptin di dalam perut. Sekiranya diambil dalam jumlah yang banyak boleh mengakibatkan perut rasa tidak selesa. Seseorang yang mengalami masalah ulser dinasihatkan tidak mengambil kopi kerana akan menyebabkan ulser menjadi lebih teruk. Tetapi, bukan kafein sahaja yang mengakibatkan terjadinya ulser. Lebih banyak kajian perlu dijalankan untuk membuktikan sama ada kopi berkafein dan kopi tanpa kafein boleh menyebabkan ulser. 

Masalah Jantung – Terdapat bukti yang menunjukkan bahawa kafein boleh menyebabkan denyutan jantung tak menentu (cardiac arrhythmia) kepada sesetengah orang. Biasanya penghidap sakit jantung dinasihatkan tidak mengambil minuman berkafein sama sekali. Walaupun demikian tiada bukti menunjukkan kafein adalah faktor penyebab sakit jantung.

Ketagih - Kafein boleh membuatkan seseorang itu menjadi ketagih. Jika individu berbabit berhenti dari meneruskan pengambilan kafein, ia akan mengalami simtom pengunduran (withdrawal symptoms) seperti sakit kepala. Simtom ini biasa dialami oleh penggemar kopi dan sakit kepala ini akan hilang dengan sendirinya dalam masa satu hingga lima hari atau ia akan sembuh semula dengan meminum kopi kembali atau mengambil ubat. Kebanyakan penggemar kopi yang cuba mengurangkan pengambilan kafein akan mengalami rasa gementar, sakit-sakit, tidak berupaya untuk bekerja, lesu, mengantuk dan sakit kepala. 

Bagi membuang tabiat ketagihan kafein bukannya mudah. Cara yang berkesan  adalah mengurangkan pengambilan setiap hari. Amalkan minum air kosong yang banyak serta jus buah-buahan dalam sajian harian anda.

Jenis Makanan & Minuman
Kandungan Kafein (mg)
Dos
Kopi Tapis/Saring
100 – 150
satu  cawan
Kopi Segera
50 – 70
satu  cawan
Teh
30 – 90
satu  cawan
Teh Uncang
65
satu  cawan
Kopi Nyah Kafein
1 – 6
satu  cawan
Minuman Kola
72
360g
Soda Oren Sunkist
42
360g
Minuman Coklat Panas
5
satu  cawan
Kek Coklat
20 – 30
satu  potong
Ubat-ubatan
Ubat Migrain
100 mg/dos
Analgesik
15 - 40 mg/dos
Batuk/Selsema
15 – 125 mg/dos
* maklumat diatas diperolehi dariwww.prn2.usm.my/mainsite/bulletin/sun/1996/sun35.html 
- See more at: http://www.butiksihatcomel.com/2014/04/awas-kesan-minuman-berkafien-pada-badan.html#sthash.EoW7nOiW.dpuf

Tiada ulasan: