Sabtu, 24 Oktober 2015

HAID YANG TAK TERATUR

11 Punca Haid Tidak Teratur Sehingga Sukar Merancang Untuk Hamil

Semua wanita memang nak hamil dan nak anak. Mereka sangat sensitif ditanya dengan soalan bila nak ada anak. Tapi, bagaimana nak merancang jika haid pula tak stabil.

Sekejap datang haid, sekejap tidak datang. Sangat mengecewakan.

Haid yang tidak teratur memang masalah besar untuk wanita yang merancang untuk mengandung. Haid yang teratur adalah idaman semua wanita sebab perkiraan bila sepatutnya hadir haid adalah titik tolak menjadi ukuran mereka lewat datang haid atau tidak.

Tester UPT dah siap beli awal-awal sebab nak tunggu haid tidak datang. Tapi jika haid berterusan dan tidak stabil, macamana nak uji kehamilan?





Mengapa pentingnya haid yang stabil?

Kebiasaannya, wanita yang didatangi haid setiap bulan adalah wanita yang subur. Haid terjadi selepas ovum matang yang berpotensi disenyawakan 'dilepaskan' setiap bulan.

Ketika dilepaskan pada waktu subur, potensi wanita hamil adalah tinggi jika berlaku perhubungan suami isteri. Tetapi, jika haid tidak stabil, nak tentukan bila hari subur pun sukar.

Baru 5 hari habis haid, haid pada cycle seterusnya dah datang. Ataupun, haid berpanjangan sehingga berbelas hari sehingga mengganggu emosi. Hal begini mengurangkan potensi seseorang wanita untuk hamil.

Sangat STRESS.




11 Punca Haid Tidak Teratur.


Menurut Majalah Pa & Ma, 12 punca haid yg tidak teratur adalah:

Punca #1 : 
KEGEMUKAN - berat badan berlebihan ataupun obesiti boleh menyebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen di dalam badan wanita. Ia seterusnya menyebabkan gangguan kepada kitaran haid.


Punca #2 : 
BERLEBIHAN HORMON PROLAKTIN - hormon prolaktin yg berlebihan menghalang pengeluaran telur dan seterusnya menyebabkan haid lewat untuk berbulan-bulan lamanya.

Punca #3:
TERLALU KURUS
- tidak cukup lemak di dalam badan juga boleh mengganggu kitaran haid anda. Oleh itu, anda haruslah mempunyai berat badan yg sihat & seimbang.

Punca #4:
MASALAH KESIHATAN - sakit secara tiba-tiba seperti demam, selsema ataupun penyakit yg memerlukan rawatan intensif mampu memberikan tekanan fizikal kepada tubuh dan sekaligus mengganggu kitaran haid.
Punca #5:
MENOPAUS - ia berlaku kepada wanita yg berusia lewat 40-an. Pada kebanyakan kes, haid akan semakin sedikit dan jarang-jarang berlaku.
Punca #6:
PENCEGAH HAMIL - pil atau ubat-ubatan hormon pencegah hamil seperti depo-provera atau implanon boleh menyebabkan gangguan haid. Terdapat sesetengah wanita yang tidak didatangi haid sepanjang menggunakan implanon.
Punca #7:
TEKANAN/STRESS - stress atau tekanan dalam bentuk fizikal & mental dari tempat kerja atau kehidupan seharian contohnya mampu mempengaruhi hormon dan seterusnya kitaran haid.
Punca #8:
PENYUSUAN BADAN - sekiranya anda menyusukan bayi secara eksklusif, hormon di dalam badan anda lebih menyediakan badan anda untuk menghasilkan susu untuk si bayi. Terdapat sesetengah ibu menyusu yg langsung tidak didatangi haid sehingga 1 atau 2 tahun lamanya!
Punca #9:
TERSILAP PENGIRAAN - 40% wanita didapati gagal mengingati tarikh hari pertama LMP mereka. Jumlah hari dalam kitaran mereka juga mungkin tidak tepat antara 28-35 hari. Ini boleh memanjangkan lagi kitaran untuk sampai ke 'hari subur' dan kesilapan menjangka kedatangan haid yg seterusnya.
Punca #10:
MASALAH TYROID - hormon yang dirembeskan oleh tyroid boleh menyebabkan gangguan kepada hormon badan sekaligus kitaran haid wanita.
Punca #11:
UBAT-UBATAN - jamu tradisional, ubat kurus ataupun ubat-ubatan penyakit kronik boleh menyebabkan gangguan kitaran haid wanita.
sumber: http://yourhealthshoppe.blogspot.com/




Wanita dalam video di bawah TERLALU STRESS. Bukan seminggu atau sebulan, tetapi SETAHUN beliau tidak datang haid. Marilah mendengar rintihan hati wanita cekal ini.

Haid tidak teratur bisakah hamil? 

Idealnya, siklus haid teratur setiap bulan dengan rentang waktu antara 21 sampai 35 hari setiap kali periode haid. Dengan siklus haid yang normal, secara fisiologis menggambarkan, organ reproduksi ibu cenderung sehat dan tak bermasalah. Sistem hormonalnya baik, ditunjukkan dengan sel telur yang terus diproduksi dan siklus haidnya teratur. Intinya, secara kasat mata ibu diyakini dalam kondisi sehat. Sehingga, dengan siklus normal ini, ibu akan lebih mudah mendapatkan kehamilan, menata rutinitas, menghitung masa subur, dan lainnya.Pada kenyataannya, tak semua perempuan memiliki siklus haid yang normal. Banyak di antara mereka yang siklus haidnya tidak teratur, yakni siklusnya tidak memiliki pola tertentu. Mungkin pada awalnya siklus haid lebih dari 35 hari, namun kemudian akan timbul perdarahan haid di luar siklus haid normal. Misal, siklusnya semula 35-40 hari tetapi bulan berikutnya bisa tidak haid selama 3 bulan. Di sisi lain, ada pula yang dalam sebulan bisa mengalami haid lebih dari sekali. Contoh, bulan ini haid terjadi tanggal 10, kemudian datang lagi pada tanggal 25 di bulan yang sama. Haid yang berlangsung kurang dari 21 hari dikategorikan siklus pendek.
Baik siklus pendek maupun panjang, sama-sama menunjukkan ketidakberesan pada sistem metabolisme dan hormonal. Dampaknya pun sama, yaitu jadi lebih sulit hamil. Pada siklus pendek, ibu mengalami “unovulasi†karena sel telur tidak terlalu matang sehingga sulit untuk dibuahi. Pada siklus panjang, hal ini menandakan sel telur jarang sekali diproduksi atau ibu mengalami ketidaksuburan yang cukup panjang. Jika sel telur jarang diproduksi berarti pembuahan akan sangat jarang terjadi. Padahal, haid merupakan tanda kalau ibu sedang subur.
Ketidakteraturan haid ini pun membuat ibu sulit mencari kapan masa subur dan tidak. Seharusnya, jika haid teratur, masa subur dapat ditemukan dengan mudah. Contoh, jika siklusnya 30 hari, maka masa subur diperkirakan 16 hari setelah hari pertama haid. Berbeda dengan siklus panjang dan pendek, sulit sekali menghitung masa subur karena tak ada rumus yang dapat digunakan.
Namun begitu, ibu tak perlu berkecil hati. Sebab, hal ini bisa diatasi. Nanti dokter akan membantu ibu mencari apa penyebabnya, untuk kemudian diberikan solusinya yang tepat. Tentu diperlukan kerja sama yang lebih intens antara ibu dan pasangan dengan dokter. Mudah-mudahan dengan terapi yang dilakukan bisa membuat ibu segera hamil.
► RAGAM Penyebab & Solusinya
Banyak penyebab kenapa siklus haid menjadi panjang atau sebaliknya, pendek. Namun, penanganan kasus dengan siklus haid yang tidak normal, tak berdasarkan kepada panjang atau pendeknya sebuah siklus haid, melainkan berdasarkan kelainan yang dijumpai. Penanganan dilakukan oleh dokter berdasarkan penyebabnya.
* Fungsi Hormon Terganggu
Haid terkait erat dengan sistem hormon yang diatur di otak, tepatnya di kelenjar hipofisa. Sistem hormonal ini akan mengirim sinyal ke indung telur untuk memproduksi sel telur. Bila sistem pengaturan ini terganggu, otomatis siklus haid pun akan terganggu.
Penanganan:
Jika terdapat kekurangan hormon, maka dapat ditambahkan hormon yang kurang tersebut (misal, kekurangan hormon estrogen, maka dapat ditambahkan hormon estrogen). Jika terdapat hormon yang berlebih, maka dilakukan pemberian obat tertentu sehingga kadar hormon kembali normal (misal, kadar hormon prolaktin yang berlebih dapat dikurangi dengan pemberian obat tertentu). Jika terdapat hormon yang tidak seimbang, maka ditambahkan hormon lain agar lebih seimbang.
* Kelainan Sistemik
Ada ibu yang tubuhnya sangat gemuk atau kurus. Hal ini bisa memengaruhi siklus haidnya karena sistem metabolisme di dalam tubuhnya tak bekerja dengan baik. Atau ibu menderita penyakit diabetes, juga akan memengaruhi sistem metabolisme ibu sehingga siklus haidnya pun tak teratur.
Penanganan:
Untuk mengatasi problem gemuk atau kurus sehingga sistem metabolismenya membaik adalah dengan mengatur pola makan yang tepat. Ibu bisa melakukan diet dengan panduan dari seorang ahli supaya asupan yang masuk sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sedangkan untuk penderita diabetes kadar gula dalam darah atau kadar insulin dalam darah tinggi sehingga dapat menyebabkan gangguan siklus haid, pemberian obat antidiabetik atau obat insulin “sensitizer†dapat memperbaiki siklus haid kembali normal dan bahkan memperbaiki kesempatan untuk hamil.
* Stres
Stres jangan dianggap enteng sebab akan mengganggu sistem metabolisme di dalam tubuh. Bisa saja karena stres, si ibu jadi mudah lelah, berat badan turun drastis, bahkan sakit-sakitan, sehingga metabolismenya terganggu. Bila metabolisme terganggu, siklus haid pun ikut terganggu.
Penanganan:
Stres yang dapat menyebabkan perubahan siklus menstruasi adalah stres psikis yang berat seperti kesedihan yang sangat hebat (orangtua atau pasangan hidup atau anak meninggal dunia), atau kehidupan yang sangat menekan seperti kehidupan di dalam penjara wanita. Stres psikis yang hebat dapat meningkatkan hormon CRH atau kortisol, yang dapat mengganggu produksi hormon reproduksi. Untuk mengatasinya adalah dengan mengatasi stres itu sendiri lewat terapi yang dilakukan oleh ahlinya. Jika stres bisa diatasi, siklus haid bisa normal.
* Kelenjar Gondok
Terganggunya fungsi kelenjar gondok/tiroid juga bisa menjadi penyebab tak teraturnya siklus haid. Gangguan bisa berupa produksi kelenjar gondok yang terlalu tinggi (hipertiroid) maupun terlalu rendah (hipotiroid). Pasalnya, sistem hormonal tubuh ikut terganggu.
Penanganan:
Jika hormon tiroid terlalu tinggi maka perlu ditambahkan obat agar produksi kelenjar gondok menurun, dan sebaliknya jika hormon tiroid terlalu rendah maka perlu ditambahkan obat agar hormon tiroid kembali normal. Intinya produksi kelenjar harus sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh.
* Hormon Prolaktin Berlebihan
Pada ibu menyusui, produksi hormon prolaktinnya cukup tinggi. Hormon prolaktin ini sering kali membuat ibu tak kunjung haid karena memang hormon ini menekan tingkat kesuburan ibu. Pada kasus ini tak masalah, justru sangat baik untuk memberikan kesempatan pada ibu guna memelihara organ reproduksinya. Sebaliknya, jika tidak sedang menyusui, hormon prolaktin juga bisa tinggi, biasanya disebabkan kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak di dalam kepala.
Penanganan:
Produksi hormon prolaktin yang berlebihan dapat disebabkan oleh stres psikis yang hebat atau karena terdapat tumor pada kelenjar hipofisis yang menghasilkan hormon prolaktin lebih banyak. Untuk menekan produksi hormon prolaktin yang berlebih dapat diberikan obat saja, atau jika diperlukan dapat dilakukan operasi pembedahan untuk mengangkat tumor di kelenjar hipofisis tersebut.
FOKUS Pada KEINGINAN HAMIL
Banyak ibu yang gusar, gangguan siklus haid menghambatnya untuk memiliki anak. Bukan saja ibu yang belum memiliki anak, ibu yang sudah memiliki anak pun dapat mengalaminya. Pada kasus ini penanganan siklus haid yang tidak normal selalu memerhatikan apakah penderita masih berharap untuk hamil atau tidak. Jika masih ingin hamil, maka penanganannya harus difokuskan kepada upaya untuk membantu penderita menjadi hamil. Jika penderita tidak ingin hamil lagi, maka penanganannya cukup dengan mengatur siklus haidnya saja.
Narasumber:
Dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG
===================================
Dapatkan Buku Panduan Cara Cepat Hamil oleh Dr. Rosdiana Romli SpOG yang berisi berbagai hal tentang kehamilan, ketidaksuburan & solusinya, metoda dan tips cepat hamil praktis agar bisa segera hamil. Semua disusun rapi agar mudah dipahami.
Untuk Pemesanan silahkan mengisi order form disini : http://tipshamil.com/?ref=bubidan

Haid Tak Teratur dan Dampaknya pada Kemungkinan Hamil

Menstruasi kadang-kadang menyiksa. Ia dapat membuat Anda merasa sakit perut, sakit kepala, dan membuat mood naik-turun. Namun ada hal yang lebih buruk lagi, yaitu ketika sang tamu bulanan ini memutuskan untuk datang tidak teratur, karena ini merupakan sinyal adanya gangguan kesuburan pada sistim reproduksi seorang wanita.
Mensturasi Normal
Sebelum kita dapat mendefinisikan “mens tidak teratur”, pertama-tama kita harus menentukan apa yang disebut “menstruasi normal”. Orang sering mengatakan bahwa periode reguler terjadi setiap 28 hari, namun sebenarnya, siklus haid setiap wanita berbeda. Siklus menstruasi yang bervariasi lebih dari beberapa hari dari bulan ke bulan dianggap siklus yang tidak teratur. Kebanyakan interval siklus haid terjadi setiap empat minggu, dengan rentang normal antara 24 dan 35 hari.
Cara yang baik untuk menentukan apakah periode Anda yang teratur adalah untuk mencatat dan menghitung jumlah hari di antara setiap periode. Mulai menghitung dari hari pertama periode terakhir Anda dan berhenti menghitung pada hari pertama periode berikutnya. Jika mens terjadi dengan kira-kira jumlah yang sama dari hari antara setiap siklus, maka periode Anda teratur. Yang dikatakan “tidak teratur” disini ialah apabila jika Anda melihat fluktuasi luas dalam siklus Anda.
Mensturasi Tidak Teratur
Periode yang tidak teratur dialami sekitar 30% perempuan di tahun-tahun reproduksi mereka. Periode yang tidak teratur adalah semua jenis pendarahan yang tidak normal jika dibandingkan dengan siklus haid Anda yang biasa. Hal ini dapat mencakup periode akhir, periode awal atau perdarahan antara periode. Hal ini juga dapat muncul sebagai perdarahan berat (menorrhagia) atau pendarahan sedikit. Banyak wanita juga mengalami menstruasi yang tidak teratur dalam bentuk terlambat haid, periode berkelanjutan, atau periode yang terjadi dua kali dalam satu siklus.
Hubungan antara Siklus Haid yang Tidak Teratur dengan Kehamilan
Siklus haid yang tidak teratur dapat menyulitkan ketika berusaha untuk hamil.  Ovulasi yang tak teratur/abnormal menyumbang 30% – 40% dari semua kasus infertilitas. Bila siklus anda sangat panjang jedanya, berarti ovulasi tak terjadi, sebuah kondisi yang dikenal secara klinis sebagai anovulasi.
Ada beberapa faktor yang menentukan kesuburan seorang wanita, seperti usianya, seberapa sering dia berovulasi, apakah cairan serviks itu adalah cukup basah untuk mempertahankan sperma, apakah tuba fallopi (saluran telur)-nya terbuka, dll. Tapi yang paling penting dari semua adalah pelepasan dari telur itu sendiri. Jika Anda tidak melepaskan telur, yang berarti Anda tidak berovulasi, Anda tidak memiliki sebagai banyak kesempatan untuk hamil.

Penyebab mensturasi terlambat

  • Kehamilan: Jika Anda hamil, tubuh Anda akan segera mulai memproduksi berbagai tingkat hormon. Hal ini akan menyebabkan berbagai gejala kehamilan, termasuk mengakhiri periode Anda.
  • Stres: Stres adalah penyebab umum dari periode yang tidak teratur. Jika Anda lelah, khawatir, atau cemas ini dapat menyebabkan hormon menjadi tidak seimbang.
  • Diet: Diet yang buruk atau penurunan berat badan yang ekstrim juga dapat mempengaruhi hormon Anda. Perempuan dengan anoreksia atau bulimia tidak memiliki periode atau periode yang tidak teratur.
  • Eating disorders (pola makan yang buruk) menyebabkan kurangnya gizi yang cukup untuk tubuh berovulasi dengan baik. Untuk jenis-jenis makanan yang dapat mendukung kesuburan, bacalah newsletter edisi lalu.
  • Olahraga berlebihan.
  • Menopause: Menopause menyebabkan perubahan kadar hormon Anda, dan sering ditandai dengan menstruasi yang tidak teratur.
  • KB: Konsumsi pil/suntik KB menyebabkan menstruasi tidak teratur. Bisa berlangsung agak lama bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri ke keadaan normal.
  • Sindrom ovarium polikistik, atau PCOS, merupakan komplikasi yang umum, mempengaruhi sekitar 10% dari semua wanita. PCOS menyebabkan membentuk kista di indung telur. Gejala sindrom ini meliputi: pertumbuhan rambut yang berlebihan, berat badan, jerawat, ketombe, tekanan darah tinggi, dan infertilitas. Jika Anda menampilkan salah satu gejala, Anda dapat membuat janji dengan dokter untuk mendapatkan diperiksa PCOS. Bila tidak diobati, dapat mengakibatkan komplikasi yang lebih serius lainnya, termasuk endometriosis, penyakit jantung, dan kanker ovarium.
  • Penyakit radang usus
    Penyakit radang usus menyebabkan peradangan pada usus yang lebih rendah (juga dikenal sebagai usus besar). Hal ini ditandai dengan gejala sakit perut, menstruasi yang tidak teratur, penurunan berat badan, dan diare. Penyakit radang usus dapat menjadi parah, dan kadang-kadang membutuhkan perawatan di rumah sakit atau pembedahan. Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, tanyakan kepada dokter Anda untuk memeriksa Anda untuk penyakit radang usus.

Tips agar Kembali Normal

  • Kurangi tingkat stres Anda. Luangkan waktu untuk bermeditasi, bersantai, atau sekedar bersenang-senang. Hal ini dapat membantu menempatkan siklus Anda kembali ke jalur.
  • Atasi pola makan Anda yang buruk. Jika Anda anoreksia, penderita bulimia, atau jika Anda menderita Eating Disorder, Anda harus mencari bantuan. Tidak hanya akan gangguan makan ini mengganggu siklus menstruasi Anda, tetapi mereka juga dapat sangat mempengaruhi organ-organ lain seperti hati, usus, tenggorokan, dan fungsi jantung.
  • Jangan olahraga terlalu berat. Meskipun penting untuk berolahraga secara teratur dan tetap sehat, berolahraga terlalu banyak bisa menimbulkan masalah. Jika Anda adalah seorang atlet, cobalah untuk mengurangi pelatihan Anda sedikit, sampai menstruasi tidak teratur Anda kembali normal.
  • Suplemen: Jika Anda sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk mengatur menu makanan sehari-hari yang baik untuk kesuburan, supplement alami yang praktis seperti FertilAid for Women dapat membantu Anda meningkatkan kesuburan dan menormalkan siklus haid pada wanita.
sumber : wishingbaby



Senin, 08/09/2014 19:00 WIB

6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur

Hestianingsih - wolipop
6 Penyebab Utama Haid Tidak Teratur Dok. Thinkstock
Jakarta - Terlambat datang bulan atau haid tidak teratur kerap dialami wanita. Selain karena kehamilan, penyebab telatnya menstruasi juga bisa bermacam-macam. Ada yang hanya merupakan gangguan hormon ringan ada pula yang patut diwaspadai karena merupakan pertanda adanya penyakit serius.

1. Penurunan Berat Badan yang Drastis
Berat badan yang turun drastis dalam waktu singkat bisa berakibat pada telatnya menstruasi. Kondisi gangguan pola makan serius seperti anoreksia dan bulimia adalah penyebab utama orang mengalami penurunan berat badan drastis dan terlambat datang bulan.

2. Stres
Dokter spesialis kandungan Alyssa Dweck, M.D., seperti dikutip dari Women's Health menjelaskan bahwa hypothalamus, salah saut bagian dari otak sangat terpengaruh oleh stres. Hypothalamus adalah tempat bernaungnya banyak hormon yang mengatur periode haid. Jadi ketika stres mengganggu kinerja hypothalamus maka produksi hormon pun jadi tak seimbang.

3. Gangguan Pada Kelenjar Tiroid
Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher berfungsi mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tapi ketika terjadi ketidakseimbangan pada tiroid, baik itu hipotiroid maupun hipertiroid, maka akan berpengaruh juga terhadap kelancaran siklus haid.

4. Hormon Tidak Seimbang
Menurut dokter spesialis kandungan Kolonel Dr Frits Max Rumintjap, SpOG(K), penyebab utama menstruasi tidak teratur adalah hormon yang tidak stabil. Keseimbangan hormon merupakan hasil dari suatu kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila terjadi gangguan dalam peredaran hormon tersebut dapat menyebabkan siklus menstruasi wanita terganggu.

"Gangguan hormon ini timbul karena beberapa faktor, seperti sering kelelahan, pekerjaan, atau stres. Beban pikiran yang terlalu berat bisa mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron sehingga berdampak pada siklus menstruasi mereka," jelas Dr Frits kepada Wolipop.

5. Pil Kontrasepsi
Siklus menstruasi juga bisa terganggu karena alat pengontrol kehamilan. Beberapa jenis pil kontrasepsi dosis rendah bisa menyebabkan haid tidak teratur. Menurut Alyssa, hal itu merupakan efek samping dari konsumsi pil KB dan tidak terlalu membahayakan. Alat lainnya seperti IUD, spiral atau suntik KB juga bisa jadi penyebab haid tidak teratur.

6. Jamur atau Penyakit
Dr Frits mengatakan, jadwal mens yang berantakan bisa juga karena adanya penyakit seperti jamur. "Kalau misalnya dia seorang olahragawan, hidup dengan stres, haidnya jarang, seandainya ada penyakit bisa juga karena ada tumor," tutur pria yang pernah menjadi konsultan ob/gyn di Universitas Padjajaran itu.

Ia menyarankan kepada para wanita yang mempunyai siklus menstruasi tidak normal sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kandungan. Umumnya, bila permasalahannya karena hormon akan diberikan pil penyeimbang hormon. Namun bila ternyata ada gangguan penyakit biasanya akan ditindaklanjuti dengan obat atau operasi.


(hst/ami)

KITARAN HAID TIDAK TERATUR : PUNCA, KESAN & PENYELESAIANNYA

Assalamualaikum pembaca Yourhealthshoppe yg dikasihi semua! Post kali ni khusus nak bercerita tentang sesuatu yg amat biasa & berkait rapat dengan seorang wanita. Namun, terdapat juga segelintir wanita yg tidak menyedari tentang kepentingannya ataupun tidak tahu apa yg harus dilakukan sekiranya menghadapi masalah KITARAN HAID tidak teratur atau tidak menentu.


masalah kitaran haid tak teratur


Tahukah anda kepentingan kitaran haid bagi seorang wanita?
Kitaran haid yang teratur & lancar adalah penanda kepada tahap kesuburan yg baik bagi seorang wanita. Bagi seorang wanita yg telah berkahwin, kitaran haid yg teratur menjadi petunjuk utama untuk merancang untuk hamil mahupun menentukan sama ada kehamilan telah terjadi ataupun belum. Ia diukur melalui kedatangan haid yg lewat pada bulan-bulan di mana mereka merancang untuk mendapatkan zuriat.

Walau bagaimanapun, tidak semua wanita bernasib baik mempunyai kitaran haid yg teratur. Sesetengah wanita mungkin tidak datang haid setiap bulan, ataupun didatangi haid yg terlalu panjang pada sesetengah bulan. Ini tentunya menimbulkan kerisauan khususnya mereka yg sedang merancang untuk hamil mahupun yg ingin mendirikan rumah tangga.


Secara teorinya, proses untuk mendapatkan zuriat ataupun merancang kehamilan amat berkait rapat dengan kitaran haid seseorang. Ia boleh dikatakan 'berkadar langsung' pada kebiasaanya di mana; wanita yg didatangi haid setiap bulan adalah wanita yg subur; di mana ovum-ovum matang yg berpotensi untuk disenyawakan 'dilepaskan' setiap bulan oleh ovari pada hari-hari tertentu (yg dipanggil sebagai 'hari subur')

Kebarangkalian untuk hamil adalah sehingga 90% sekiranya pasangan tersebut melakukan hubungan seks/intim pada 'hari-hari subur' seorang wanita. Justeru, mana-mana wanita yg mempunyai kitaran haid tidak teratur, seperti kitaran bilangan hari yg tidak tetap (bukan antara 28-35 hari) ataupun mempunyai kedatangan haid yg panjang (bukan antara 4-8 hari), peluang untuk menentukan 'hari subur' menjadi lebih sukar. Secara tidak langsung, kebarangkalian untuk hamil juga adalah rendah.

Menurut Majalah Pa & Ma, 12 punca haid yg tidak teratur adalah:



  • KEGEMUKAN - berat badan berlebihan ataupun obesiti boleh menyebabkan ketidakseimbangan hormon estrogen di dalam badan wanita. Ia seterusnya menyebabkan gangguan kepada kitaran haid.
  • KEHAMILAN - haid tidak akan datang sekiranya anda positif hamil! Ini kerana ovum yg dikeluarkan pada kitaran haid sebelumnya telah disenyawakan. TAHNIAH!! \(^_^)/
  • BERLEBIHAN HORMON PROLAKTIN - hormon prolaktin yg berlebihan menghalang pengeluaran telur dan seterusnya menyebabkan haid lewat untuk berbulan-bulan lamanya.
  • TERLALU KURUS - tidak cukup lemak di dalam badan juga boleh mengganggu kitaran haid anda. Oleh itu, anda haruslah mempunyai berat badan yg sihat & seimbang.
  • MASALAH KESIHATAN - sakit secara tiba-tiba seperti demam, selsema ataupun penyakit yg memerlukan rawatan intensif mampu memberikan tekanan fizikal kepada tubuh dan sekaligus mengganggu kitaran haid.
  • MENOPAUS - ia berlaku kepada wanita yg berusia lewat 40-an. Pada kebanyakan kes, haid akan semakin sedikit dan jarang-jarang berlaku.
  • PENCEGAH HAMIL - pil atau ubat-ubatan hormon pencegah hamil seperti depo-provera atau implanon boleh menyebabkan gangguan haid. Terdapat sesetengah wanita yang tidak didatangi haid sepanjang menggunakan implanon.
  • TEKANAN/STRESS - stress atau tekanan dalam bentuk fizikal & mental dari tempat kerja atau kehidupan seharian contohnya mampu mempengaruhi hormon dan seterusnya kitaran haid.
  • PENYUSUAN BADAN - sekiranya anda menyusukan bayi secara eksklusif, hormon di dalam badan anda lebih menyediakan badan anda untuk menghasilkan susu untuk si bayi. Terdapat sesetengah ibu menyusu yg langsung tidak didatangi haid sehingga 1 atau 2 tahun lamanya!
  • TERSILAP PENGIRAAN - 40% wanita didapati gagal mengingati tarikh hari pertama LMP mereka. Jumlah hari dalam kitaran mereka juga mungkin tidak tepat antara 28-35 hari. Ini boleh memanjangkan lagi kitaran untuk sampai ke 'hari subur' dan kesilapan menjangka kedatangan haid yg seterusnya.
  • MASALAH TYROID - hormon yang dirembeskan oleh tyroid boleh menyebabkan gangguan kepada hormon badan sekaligus kitaran haid wanita.
  • UBAT-UBATAN - jamu tradisional, ubat kurus ataupun ubat-ubatan penyakit kronik boleh menyebabkan gangguan kitaran haid wanita.

1 ulasan:

Dewi Aja berkata...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)