Isnin, 12 November 2012

TAK ISYTIHAR HARTA PUN TAK PE...ALLAH TAHU BERAPA HARTA HALAL...BERAPA HARTA HARAM...ALLAH PUN TAHU NAK MASUKKAN DALAN SYURGA ATAU KEDALAM NERAKA...KITA DONT WORI LAH...ALLAH MAHA BERKUASA SERTA MAHA HEBAT...MAHA ADIL

Umno belum putuskan isytihar harta untuk calon
  • Koh Jun Lin
  • 12:06PM Nov 12 2012
 
Ketua penerangan Umno Datuk Ahmad Maslan berkata parti itu masih belum membincangkan rancangan untuk menetapkan calon barunya supaya mengisytihar harta masing-masing.

Umno bagaimanapun telah memfailkan borang pengistiharan harta dengan jabatan perdana menteri bagi calon yang memegang jawatan menteri, timbalan menteri dan anggota exco, katanya.

Sepanjang pengetahuannya pengisytiharan harta untuk calon baru tidak pernah dibincangkannya.

"Masalah kami ialah, senarai calon panjang dan masih belum diputuskan," katanya dalam satu sidang media hari ini selepas melawat terminal bas Jalan Duta hari ini.
Mangsa banjir di S'gor meningkat
  • Bernama
  • 12:27PM Nov 12 2012
 
Bilangan mangsa banjir di Selangor meningkat kepada 1,327 orang berbanding malam tadi 1,273 orang, manakala di negeri Melaka dan Perak kekal dengan masing-masing 90 dan 22 orang mangsa
banjir.

Menurut portal banjir Majlis Keselamatan Negara (MKN), jumlah mangsa banjir di Johor berkurangan daripada 160 kepada 120 orang setakat pukul 9.52 pagi ini.

Di Selangor, sebanyak 340 keluarga terlibat dengan tujuh pusat pemindahan dibuka iaitu empat di Kuala Langat dan tiga di Sepang, manakala di Melaka, hanya satu pusat pemindahan dibuka iaitu di Jasin yang menempatkan 19 keluarga.

Di Johor, sebanyak 29 keluarga terlibat dengan dua pusat pemindahan dibuka di Batu Pahat, manakala di Perak lima keluarga terlibat dengan satu pusat pemindahan dibuka di Manjung.

Sementara itu, menurut portal Jabatan Saliran dan Pengairan, paras air di dua sungai utama di Selangor iaitu Sungai Langat di Bukit Changgang dan Sungai Selangor di Kuala Badong telah melebihi paras amaran dan orang ramai yang berada di sekitar kawasan tersebut diminta berjaga-jaga.

- Bernama

JANGAN SMAPAI KITA MENYUBURKAN MAKSIAT DAN MENGHALANG DAKWAH DAH
 
Najib: Kaji semula struktur industri hiburan supaya adil
  • Bernama
  • 10:29AM Nov 12 2012
 
Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak mahu kajian semula dibuat berhubung struktur industri hiburan yang tidak memberi pulangan adil kepada artis tanah air.

Najib berkata beliau akan meminta Menteri Penerangan Komunikasi dan Kebudayaan Datuk Seri Dr Rais Yatim dan Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kepenggunaan Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob serta Yayasan Artis 1Malaysia (YA1M) mengemukakan cadangan bernas untuk membantu kerajaan membuat keputusan bagi membantu mewujudkan industri hiburan yang adil dan seimbang.

NONE"Saya difahamkan ada penyanyi dan pelakon yang dapat royalti yang agak kecil dan pihak lain dapat pulangan yang agak besar, pada hemat saya, keadaan ini tidak seimbang dan tidak adil kepada seniman tanah air, ia perlu diperbetulkan," katanya ketika melancarkan YA1M di ibu negara malam tadi.

Turut hadir isteri Perdana Menteri Datin Seri Rosmah Mansor, Rais, Presiden YA1M Datuk Irwan Shah Abdullah atau lebih dikenali sebagai DJ Dave dan Penasihat YA1M Datuk Abdul Azeez Abdul Rahim.

Najib berkata kajian juga perlu berhubung pelaksanaan skim insurans perlindungan terhadap seniman untuk membantu mereka sekiranya jatuh sakit.

"Kalau jatuh sakit, sakit yang sebenar bukan sakit dalam filem, kita tak naklah terpaksa minta sedekah pada orang, sepatutnya para artis ada perlindungan yang sepatutnya ketika sakit," katanya.

Selain itu, beliau akan mencadangkan kepada kerajaan untuk memberi suntikan dana sebanyak RM2 juta kepada YA1M tahun ini, dan RM3 juta pada tahun depan bagi membolehkan yayasan tersebut melaksanakan aktivitinya.

Najib berkata dengan penubuhan YA1M dan sokongan daripada kerajaan, masa depan artis tanah air akan mendapat pembelaan yang lebih baik.

Beliau berkata artis dilihat sebagai ikon, tetapi hanya sebahagian kecil sahaja masyarakat yang faham bahawa hakikatnya, mereka juga merupakan insan biasa yang mempunyai keadaan pasang surut, turun naik serta suka duka sebagai anak seni.

"Keadaan ini tentulah lebih rumit lagi, mungkin lebih mencengkam kepada kehidupan apabila seorang seniman itu melewati umur yang boleh dianggap sebagai umur yang boleh mempertahankan kedudukan sebagai seorang seniman popular.

"Dalam keadaan bila dah hampir senja, tentu tekanan hidup akan terasa sehingga mereka tidak mampu buat persediaan untuk hari muka mereka apabila menjadi warga emas dalam masyarakat," katanya.

Najib memberi contoh kisah Allahyarham Tan Sri P.Ramlee yang tidak mampu meninggalkan harta menimbun setelah kembali ke rahmatullah walaupun beliau seorang seniman yang agung.

Beliau berkata semoga dengan berkat sokongan artis dan seniman terhadap penubuhan yayasan ini, kerajaan yang ada hari ini dapat kekal memimpin negara ke arah masa depan lebih baik.

"Kalau sokong kerajaan hari ini, saya jamin pengkisahan yang manis bagi rakyat," katanya.

YA1M merupakan satu badan untuk memajukan kebajikan warga artis tanah air, khasnya anggota yayasan, melalui bantuan meliputi kesihatan, khairat/derma kematian, bencana dan sebagainya.

-Bernama 
 
TAPI HUKUM ALLAH KENA JALAN....YANG ADA UNSUR MURTAD KENA TEGUR JANGAN JADI ULAMAK BISU
 
Nasha: Orang Islam tiada hak pilih agama
2:09PM Nov 11 2012  
Bekas timbalan presiden PAS Nasharudin Mat Isa menegaskan bahawa kenyataan kontroversi MP Lembah Pantain Nurul Izzah Anwar bermaksud bagi "memberi kebebasan kepada orang Melayu memilih agama atas prinsip kebebasan manusia".

Sedangkan, surah al-Quran yang dipetik oleh Nurul Izzah dalam ucapan pada 3 November itu hanya tertakluk kepada golongan bukan Islam.

nasharuddin nik aziz manek urai 110709 nasha pc"Tafsiran itu bermaksud, selagi mana sesorang itu bukan Islam, kita sebagai Muslim tiada hak sedikitpun untuk memaksa dia memeluk Islam.

"Apabila Allah telah tentukan dalam urusan berkaitan akidah, syariah dan akhlak, kita tidak ada hak untuk memilih.

"Hak kita hanya 'kami dengar dan kami taat' sebagaimana dinyatakan dalam al-Quran," katanya dalam satu wawancara dengan Mingguan Malaysia hari ini.

Oleh itu, Nurul Izzah perlu memberi penjelasan sekiranya tidak bermaksud bahawa kenyataannya adalah berhubung kebebasan beragama bagi orang Melayu Islam.

Sekiranya tidak, naib presiden PKR itu perlu menarik balik kenyataannya, kata Nasha seperti dilaporkan akhbar milik Umno itu.

Beliau turut membidas pemimpin PAS yang mempertahankan Nurul Izzah dengan hujah bahawa pemimpin berkenaan tidak mempunyai latar belakang pengajian Islam.

Nasharudin juga menggesa pemimpin tertinggi PAS untuk mengeluarkan kenyataan memandangkan terdapat anggota parti yang tidak selesa dengan kenyataan Nurul Izzah.

"Mereka tunggu kenyataan pemimpin tertinggi sampai sekarang tidak keluar-keluar lagi," katanya.

BIOR BETUL YOP...YANG NI MACAM MANA....CAKAP BIAR DENGAN ILMU SERTA KITA PELIAHARA...JANGAN CAKAP TAK SAMA DENGAN APA YANG KITA BUAT...BAHAYA TU

Najib: Tiada kompromi dalam soal akidah

8 November 2012
Najib Razak
Perdana Menteri, Datuk Seri Najib Tun Razak
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak menegaskan soal akidah Islam mesti dipertahankan tanpa kompromi walaupun negara berkongsi nilai sejagat dengan pelbagai bangsa dan masyarakat.

Serentak dengan itu, beliau menyuarakan kebimbangan terhadap ancaman liberalisme dan pluralisme yang dihadapi umat Islam di negara ini.

Menurutnya, fahaman yang sedang menular itu mengancam keharmonian dan kestabilan kehidupan beragama dan bermasyarakat, berikutan silap tafsir mengenai konsep kemajmukan.

Ada pihak tertentu yang ternyata silap mengenai konsep kemajmukan, dan ini menjurus kepada mereka melihat semua agama mempunyai nilai yang sama, katanya pada majlis ramah mesra bersama warga pondok dan pelancaran Yayasan Pembangunan Pondok Malaysia (YPPM) di sini, hari  ini.

Najib berkata: "Sungguh malang kerana ada golongan yang mengamalkan fahaman ini, disokong pula oleh pihak berkepentingan yang bersekongkol dengan golongan yang berfahaman demikian."

Dalam pada itu, Najib berkata mutakhir ini, banyak tuduhan dan kenyataan yang tidak bertanggungjawab dibuat pihak tertentu mengenai agama Islam yang tidak berdasarkan ilmu, sebaliknya bagi memenuhi agenda atau kepentingan tertentu.

"Apa yang lebih malang, pengikut mereka pula mudah mempercayai dan mengulangi apa yang didengar tanpa memahami konsep sebenar serta tidak mampu membuat penilaian objektif.

"Disebabkan kurang pengetahuan, salah tafsir tentang konsep atau istilah, atau sengaja diselewengkan, maka ini boleh membawa kepada ketegangan antara kaum dan penganut agama berlainan," katanya.

Justeru itu, Najib mahu semua pemimpin masyarakat bersikap bijaksana dan berhikmah dalam membicarakan sesuatu isu yang boleh menyentuh perasaan kaum atau penganut agama lain.

Perkara itu elok dibawa berbincang menggunakan saluran yang betul dan forum yang terkawal tanpa melibatkan perasaan marah dan prasangka, katanya.

"Sesungguhnya isu agama merupakan isu yang sensitif. Begitu juga isu berkenaan soal bahasa, pendidikan dan tempat beribadat.

"Janganlah terbawa-bawa dengan sikap liberal dan demokrasi melampau, yang tidak mengambil kira perasaan atau sensitiviti dan ketegangan kaum ketika membicarakan sesuatu isu secara terbuka dan bebas," katanya.

Najib berkata dalam situasi masa kini, "kita perlu kuatkan bidang ekonomi, pendidikan dan sosial dengan mengenepikan segala perbezaan pendapat dan fahaman." - Bernama


Apa yang Membatalkan Syahadat (Penyebab Kemurtadan)?

Membaca Al-Qur'an
Membaca Al-Qur'an
Apa yang membatalkan wudhu? Anda tentu sudah tahu. Apa yang membatalkan sholat? Setiap Muslim yang mukallaf wajib untuk tahu. Sebab bila kita tidak tahu, bisa-bisa sholat kita tidak sah dan tidak diterima, yang berarti kita harus mengulangnya. Demikian pula bagi yang hendak menunaikan puasa dan haji. Padahal mengulang haji, tentu bukan perkara yang mudah. Jangankan untuk mengulang, untuk haji yang pertama saja tidak semua orang bisa.
Lalu bagaimana dengan hal-hal yang membatalkan rukun Islam pertama, membaca dua kalimat syahadat, justru tidak banyak yang mengetahui. Ini lebih gawat lagi, kalau syahadat batal sementara kita tidak menyadarinya, jangan-jangan seluruh amalan sholih akan sia-sia dan akan mati dalam keadaan su’ul khotimah, na’udzubillahi indzalik!

SIFAT IMAN

Orang yang beriman berbeda 180o dari orang kafir. Keimanan tersebut diyakini dalam hati, namun akan terbukti dalam perkataan dan perbuatan seseorang. Dalam masalah cinta, orang yang jatuh cinta akan mengikuti perilaku yang dicintainya, demikian halnya orang yang beriman akan menampakkan ciri-ciri perilaku tertentu. Maksudnya, semakin beriman maka perbuatannya akan semakin sesuai dengan yang dicontohkan nabi Muhammad saw. Sebaliknya, orang beriman tidak mungkin akan menyerupai orang kafir. Contohnya, jikalau dia Muslimah pasti berjilbab, dan tidak akan memakai baju ketat atau mini untuk keluar rumah.
Allah berfirman, Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
(QS Al Ahzab 59)
Iman kita kadang naik dan kadang turun, tapi tidak tanpa sebab. Yang menyebabkan iman naik adalah karena amal sholih, yang menyebabkan turun adalah amal maksiat. Semakin banyak amal maksiat akan menggerus iman seseorang hingga bila sampai pada titik nol (iman yang terendah), maka bisa-bisa hilang imannya alias murtad.
Rosulullah saw bersabda, “Tidaklah seseorang berzina ketika berzina ia seorang mukmin. Tidaklah seseorang mencuri ketika mencuri ia seorang mukmin . Tidaklah seseorang minum khamr ketika meminumnya ia seorang mukmin.”
(HR Bukhori dan Muslim)
Maksudnya, begitu seseorang berbuat maksiat, maka turunlah keimanannya menurut kadar kemaksiatannya. Ada maksiat yang menyebabkan dosa besar tapi tidak membatalkan syahadat, ada pula maksiat yang selain berdosa besar dan juga menyebabkan batalnya syahadat. Terhadap dosa-dosa yang tidak membatalkan syahadat, Allah akan mengampuni semuanya, meskipun dosa besar maupun banyak, bila kita bertaubat.
Allah ta’ala berfirman, “Wahai anak Adam, seandainya kamu datang menghadap-Ku dengan membawa dosa hampir sepenuh bumi lalu kamu menemui-Ku dalam keadaan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu apapun niscaya Aku akan menemuimu dengan membawa ampunan sebesar itu pula.” 
(HR. Tirmidzi, beliau mengatakan hadits ini hasan sahih)

Pembatal Syahadat

Apabila seorang Muslim melakukan kemaksiatan yang menyebabkan syahadatnya batal, maka Allah tidak akan mengampuninya.
Allah ta’ala berfirman, “Barangsiapa diantara kalian yang murtad dari agamanya kemudian mati dalam keadaan kafir maka mereka itulah orang-orang yang terhapus amalannya di dunia dan akhirat. Dan mereka itulah penghuni neraka. Mereka kekal berada di dalamnya.” 
(QS. al-Baqarah : 217)
Nah, apa saja yang dapat membatalkan syahadat?
  1. Murtad melalui keyakinannya. Misalnya: meyakini yang sebaliknya dari Al-Qur’an dan Hadits yang sudah disepakati oleh jumhur ulama (Zina, khamr, riba dianggap halal sedangkan sholat atau jihad dianggap tidak wajib).
  2. Murtad melalui ucapannya. Misalnya: mengaku sebagai Nabi, jelmaan malaikat (Aliran Lia Eden), mengakui adanya Nabi baru setelah Nabi Muhammad saw (Aliran Ahmadiyah), atau sekedar membenarkan aliran-aliran sesat itu.
  3. Murtad melalui perbuatannya. Misalnya: sujud kepada patung, pohon, atau kuburan. Menyembelih hewan untuk persembahan kepada selain Allah (Sesajian). Melakukan praktik sihir, dan sebagainya.

KEMBALI PADA ALLAH

Lalu bagaimana jalannya untuk bertaubat? Karena sesungguhnya selama nafas belum sampai ke tenggorokan, masih terbuka lebar pintu ampunan Allah swt.
Sesungguhnya Allah menerima taubat hambaNya selama nyawa belum sampai ke tenggorokan.
(HR. Ahmad)
Jalan keselamatan satu-satunya bagi yang telanjur melakukan dosa-dosa sebagaimana di atas adalah dengan
  1. Menyesali perbuatannya
  2. Berjanji tidak akan mengulanginya lagi
  3. Memohon ampunan kepada Allah swt
  4. Meninggalkan maksiat yang dilakukan
  5. Menggantinya dengan amalan-amalan sholih
Contoh terbaik orang-orang yang bertaubat adalah para sahabat. Diantara mereka bahkan ada yang terang-terangan memusuhi Nabi, ada pula yang mengaku menjadi Nabi padahal sebelumnya mereka telah melihat Nabi Muhammad saw. Namun ketika disadari bahwa tidak ada tempat melarikan diri kecuali kembali kepada Allah, akhirnya banyak di antara orang-orang kafir harbi Quraisy dan para murtadin yang bertaubat dan menjadi Muslim yang baik.
Sebaliknya, ada pula yang menjadi murtad meskipun sebelumnya adalah penulis wahyu dan penghafal Al-Qur’an. Ini barangkali yang terjadi bila meremehkan maksiat dan menunda-nunda mencari hidayah. Ilmunya bukan jaminan khusnul khotimah. Apalagi bila tidak berilmu, tentu harus lebih berhati-hati akan kehilangan iman di akhir hayatnya. Jangan-jangan syahadat sudah batal, tetapi tetap melenggang hingga menemui ajal. Itulah yang disebut dengan Muslim kadaluarsa.
Maha suci Allah dari kesalahan, saya mohon ampun dari salah dan dosa. Wallahu a’lam bish showab.

10 Perkara yang Membatalkan Syahadat

Assalamualikum Warohmatullah Wabarokatuh.
Wahai saudaraku, pernahkah kita mendengar atau belajar tentang hal-hal yang membatalkan sholat, membatalkan puasa, membatalkan zakat, atau mungkin haji. Ada juga perkara-perkara yang membatalkan wudlu. Namun seringkah kita belajar tentang perkara-perkara yang membatalkan syahadat ??
Syahadat adalah pondasi dalam Islam yang juga merupakan rukun islam yang pertama. Batalnya syahadat berakibat fatal bagi batalnya keislaman seseorang. Untuk itu setiap mukmin diperintahkan untuk membaca syahadat minimal 9 kali atau dalam setiap 5 kali sholat setiap hari agar pondasi keislaman seorang muslim tetap terjaga. Batalnya syahadat berakibat fatal terhadap batalnya keislaman seseorang.
Nah, apasaja perkara-perkara yang membatalkan syahadat. Para fuqoha’ dalam kitab-kitab fikih telah menulis bab khusus yang diberi nama “Riddah” (kemurtadan). Dan yang terpenting adalah 10 hal, yaitu :

1. Syirik Kepada Allah,

Firman Allah :


Termasuk didalamnya menyembelih karena selain Allah, misalnya untuk kuburanyang dikeramatkan atau untuk jin dan lain-lain.

2. Orang yang menjadikan antara dia dan Allah perantara-perantar.

Ia berdoa kepada mereka, meminta syafaat kepada merekadan bertawakkal kepada mereka. Orang seperti ini kafir secara ijma’. Kejadian ini pernah terjadi pada zaman Rosulullah SAW yaitu yang telah dilakukan oleh kaum kair Quraisy. Salah jika menganggap kaum Quraisy sepenuhnya berTuhan kepada Latta, ‘Uzza, Manat, serta Huban. Mereka hanyalah Ghoroniq buatan kaum mereka sendiri dengan dalih para ghoroniq inilah yang akan menyampaikan do’a-do’a serta permohonan mereka kepada Allah. Tuhan mereka hanyalah pemberi syafaat kepada mereka. Tampaknya hal ini juga banyak terjadi di kalangan masyarakat di negeri kita saat ini yaitu generasi-generasi jahiliyah modern.

3. Orang yang tidak mau mengkafirkan orang musyrik dan orang yang masih ragu terhadap kekufuran mereka atau membenarkan madzhab mereka, dia itu kafir.

4. Orang yang meyakini bahwa selain petunjuk Nabi Muhammad SAW lebih sempurna dari petunjuk beliau.

Seperti orang-orang yang mengutamakan hokum thaghut di atas hukum Rosulullah SAW, mengutamakan hukum atau perundang-undangan manusia di atas hukum Islam, maka dia kafir.

5. Siapa yang membenci sesuatu dari ajaran yang dibawa oleh Rosulullah SAW sekalipun ia juga mengamalkannya, maka ia kafir

6. Siapa yang menghina sesuatu dari agama Rosul SAW atau pahala maupun siksanya, maka ia kafir.

Hal ini ditunjukkan oleh firman Allah :




7. Sihir

diantaranya sharf dan ‘athf (barangkali adalah amalan yang membuat suami benci kepada istrinya atau membuat wanita cinta kepadanya/pelet). Barangsiapa melakukan atau meridhoinya, maka ia kafir. Firman Allah :


8. Mendukung kaum musyrikin dan menolong mereka dalam memusuhi umat Islam.

Firman Allah :


9. Siapa yang meyakini bahwa sebagian manusia ada yang boleh keluar dari syari’at Nabi Muhammad SAW seperti halnya Nabi Khidir boleh keluar dari syariat Nabi Musa maka ia kafir. Sebagaimana diyakini oleh ghulat sufiyah (sufi yang berlebihan / melampaui batas) bahwa mereka dapat mencapai suatu derajatatau tingkatan yang tidak membutuhkan untuk mengikuti ajaran Rosulullah SAW.

10. Berpaling dari agama Allah, tidak mempelajarinya dan tidak pula mengamalkannya.

Firman Allah :


Syaikh Muhammad at Tamimi berkata, “tidak ada beda dalam hal yang membatalkan syahadat ini antara orang yang bercanda, yang serius (bersungguh-sungguh) maupun yang takut, kecuali orang yang dipaksa. Dan semuanya adalah bahaya yang paling besar serta yang paling sering terjadi. Maka setiap muslim wajib berhati-hati dan mengkhawatirkan dirinya serta mohon perlindungan kepada Allah SAW dari hal yang bisa mendatangkan murka Allah dan siksaNya yang pedih.”
Jadi pertahankanlah keislaman kalian wahai saudaraku sekalipun nyawa terpisah dari jasad.
Selamat berjuang wahai saudaraku, semoga Allah SWT melindungi . . .
Referensi : Kitab Tauhid (Dr. Shalih bin Fauzan bin Abdullah al Fauzan)


Pembatal Syahadat

2 Agustus 2010
(Transkrip Ceramah AQI 250110)

PEMBATAL SYAHADAT
Oleh:  Ustadz Achmad Rofi’i, Lc.

بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Muslimin dan muslimat yang dirahmati Allooh سبحانه وتعالى,
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pembatal Syahadat. Artinya jika Syahadat batal, maka Laa illaaha illallooh itu tidak lagi bermanfat. Sebagaimana sholat, bila salah satu Rukun sholat saja ditinggalkan, maka sholat itu tidak sah (batal). Demikian pula dengan Syahadat. Karena Laa illaaha illallooh itu bisa menjadi gagal-total dan tidak ada gunanya keimanan dan ke-Islaman seseorang serta “Laa illaaha illallooh” yang dinyatakan dan diucapkannya tidak lagi berarti, bila terjadi perkara-perkara yang membatalkan Syahadat tersebut.
Di Indonesia hal yang demikian itu tidak dikenal atau tidak disadari, karena sejak awal kita tidak begitu ada perhatian terhadap penegakan “Laa illaaha illallooh Muhammadur Rosuulullooh.
Oleh karena itu tidak aneh bila seseorang semestinya dihukumi sebagai kaafir, tidak disikapi kekafirannya. Lalu seseorang yang mestinya jatuh pada hukum Musyrik, tidak ada yang meng-eksekusi bahwa orang tersebut Musyrik. Sementara bila seseorang mencuri atau korupsi barulah diproses, tetapi kepada orang yang yang batal Laa illaaha illallooh-nya belum pernah ada pembahasannya atau prosesnya di mahkamah atau pengadilan bahwa orang itu sebenarnya sudah murtad dari Islam. Belum pernah ada.
Maka apa yang dibahas kali ini barangkali baru merupakan teori saja. Namun demikian, wajib kita ketahui bahwa Laa illaaha illallooh kita itu bukan hanya untuk diucapkan berulang-ulang sekian ribu kali, bukan hanya sekedar dikeraskan dalam dzikir kita, tetapi yang lebih penting dari itu adalah koreksi apakah benar “Laa illaaha illallooh” itu masih ada pada jiwa kita, ataukah kita baru pada sebatas ucapan lisan “Laa illaaha illallooh” berulang kali, namun bisa jadi seseorang itu sebenarnya tidak lagi berhaq menyandang julukan “Muslim”, disebabkan orang itu telah musyrik atau murtad atau kaafir, keluar dari golongan kaum muslimiin.
Ada 5 (lima) perkara yang harus diperhatikan. Jika lima perkara tersebut salah satu saja ada pada seseorang, apalagi seluruhnya, maka ia telah keluar dari Islam dan bertentangan dengan Firman Allooh سبحانه وتعالى itu sendiri, termasuk Hadits-Hadits Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم.
Adapun 5 perkara tersebut adalah :
  1. Meyakini adanya sekutu bagi Allooh سبحانه وتعالى.
  2. Memalingkan bukti bentuk peribatatan seseorang kepada selain Allooh سبحانه وتعالى,
  3. Memperlakukan Allooh سبحانه وتعالى sama dengan yang lain,
  4. Meyakini adanya perantara (mediator) dengan Allooh سبحانه وتعالى,
  5. Berhukum kepada selain Hukum Allooh سبحانه وتعالى.
Muslimin dan muslimat yang dirahmati Allooh سبحانه وتعالى,
Laa illaaha illallooh sudah kita bahas beberapa waktu lalu bahwa harus punya hakiki, punya konsekuensi. Dan itu tidak kurang dari tiga perkara. Jika seseorang mengaku ber- Laa illaaha illallooh tetapi tidak melakukan minimal tiga perkara tersebut, justru melakukan lima perkara ini secara global (dan yang lebih detailnya ada sepuluh perkara), maka ia terancam batal Syahadatnya. Lima perkara Pembatal Syahadat adalah:
1. Meyakini adanya sekutu bagi Allooh سبحانه وتعالى.
Untuk masalah ini tidak kurang dari beberapa ayat Al Qur’an dan ayat ini memberikan bukti kepada kita bahwa sesungguhnya tidak ada yang patut dan layak untuk dijadikan sebagai sekutu bagi Allooh سبحانه وتعالى. Jika ada orang yang meyakini adanya sekutu, maka ia telah kaafir.
Lihat Surat Saba’ ayat 22 :
قُلِ ادْعُوا الَّذِينَ زَعَمْتُم مِّن دُونِ اللَّهِ لَا يَمْلِكُونَ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ وَمَا لَهُمْ فِيهِمَا مِن شِرْكٍ وَمَا لَهُ مِنْهُم مِّن ظَهِيرٍ
Artinya:
Katakanlah:‘Serulah mereka yang kamu anggap (sebagai Tuhan) selain Allooh, mereka tidak memiliki (kekuasaan) seberat zarrah pun di langit dan di bumi, dan mereka tidak mempunyai suatu saham pun dalam (penciptaan) langit dan bumi dan sekali-kali tidak ada di antara mereka yang menjadi pembantu bagi-Nya’.”

Surat Al An’aam  ayat 1 – 2 :

الْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّورَ ثُمَّ الَّذِينَ كَفَرُواْ بِرَبِّهِم يَعْدِلُونَ
Artinya:
1. Segala puji bagi Allooh yang telah menciptakan langit dan bumi dan mengadakan gelap dan terang. Namun orang-orang yang kaafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka.


هُوَ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن طِينٍ ثُمَّ قَضَى أَجَلاً وَأَجَلٌ مُّسمًّى عِندَهُ ثُمَّ أَنتُمْ تَمْتَرُونَ

Artinya:
2. Dia lah yang menciptakan kamu dari tanah, sesudah itu ditentukan-Nya ajal (kematianmu), dan ada lagi suatu ajal yang ada pada sisi-Nya (yang Dia sendiri lah mengetahuinya), kemudian kamu masih ragu-ragu (tentang hari berbangkit itu).

Dalam ayat-ayat tersebut di atas yaitu Surat Saba’ayat 22, bahwa Allooh سبحانه وتعالى tidak memiliki tandingan dari kalangan mereka yang diseru dan diklaim  bahwa mereka adalah tandingan bagi Allooh, yang bisa mengalahkan dan bisa menyamai atau menyetarai Allooh سبحانه وتعالى.

Berikutnya dalam ayat Al An’aam ayat 1 – 2, Allooh سبحانه وتعالى memberikan berita kepada kita bahwa yang mencipta langit dan bumi serta yang menciptakan gelap dan terang adalah Allooh سبحانه وتعالى. Mereka orang-orang kaafir saja yang tidak mengakui dan bahkan berpaling dari keyakinan seperti yang disebutkan dalam ayat tersebut.   Bahkan Allooh menyatakan bahwa Dia-lah yang menciptakan mereka (manusia) dari tanah dan menentukan kapan mereka akan mati. Tetapi tetap saja mereka membangkang.
Berarti, kalau ada orang yang meyakini ada sekutu bagi Allooh سبحانه وتعالى, maka ia telah kaafir dengan ayat tersebut. Apabila ada orang yang mengatakan ada pencipta selain Allooh سبحانه وتعالى, maka dia-pun telah kaafir dengan ayat tersebut.
Surat Ar Ra’d  ayat 16 :

قُلْ مَن رَّبُّ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضِ قُلِ اللّهُ قُلْ أَفَاتَّخَذْتُم مِّن دُونِهِ أَوْلِيَاء لاَ يَمْلِكُونَ لِأَنفُسِهِمْ نَفْعاً وَلاَ ضَرّاً قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الأَعْمَى وَالْبَصِيرُ أَمْ هَلْ تَسْتَوِي الظُّلُمَاتُ وَالنُّورُ أَمْ جَعَلُواْ لِلّهِ شُرَكَاء خَلَقُواْ كَخَلْقِهِ فَتَشَابَهَ الْخَلْقُ عَلَيْهِمْ قُلِ اللّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ وَهُوَ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ
Artinya:
Katakanlah (Muhammad):”Siapakah Tuhan langit dan bumi?” Katakanlah:”Allooh”. Katakanlah: “Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allooh, padahal mereka tidak kuasa mendatangkan manfaat dan tidak (pula) kuasa menolak kemudharatan bagi diri mereka sendiri?”. Katakanlah: “Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat, atau samakah gelap gulita dan terang benderang? Apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allooh yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?” Katakanlah: “Allooh adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan yang Maha Esa lagi Maha Perkasa”.
Kalimat “Robb” dalam bahasa Arab bersifat universal, tidak bisa hanya diartikan sebagai Pencipta saja atau Pemilik saja, atau Pemelihara saja, tetapi kata “Robb” dalam bahasa Arab berarti mencakup tidak kurang dari tiga perkara, dan itu tidak bisa diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kecuali diterjemahkan dengan satu kata yaitu “Tuhan”.
Dalam kalimat “Alhamdulillaahirobbil‘aalamiin”, kata “Robb” diartikan sebagai: Penguasa semesta alam. Kalimat “Penguasa Semesta alam” adalah sepertiga dari makna “Robb” dalam bahasa Arab. Mestinya “Robb” itu diartikan sebagai Pencipta, Penguasa atau Pemilik dan Pengatur. Tetapi menjadi terlalu panjang menterjemahkannya. Padahal tidak-bisa-tidak, secara bahasa, kata “Robb” mencakup banyak sekali arti dan universal.
Dalam ayat tersebut diterjemahkan:“Siapakah Tuhan yang (menciptakan) langit dan bumi”?
Ayat tersebut banyak sekali memberikan pelajaran bagi kita semua bahwa tidak ada yang memiliki manfaat atau madhorot, bahwa kekufuran adalah buta, keimanan adalah melihat, iman adalah cahaya, dan kekufuran adalah kegelapan. Sekutu-sekutu selain Allooh سبحانه وتعالى tidak bisa menciptakan sesuatu, meskipun hanya sekedar binatang lalat.
Seperti dalam VCD, dijelaskan oleh Harun Yahya tentang mata, bahwa seandainya mata itu dibentuk di alam semesta ini, maka sungguh akan antar benua besarnya mata itu baru bisa diproses sebagai mata. Jika besarnya bulatan mata itu dari suatu benua ke benua lain di bumi, barulah manusia bisa melihat. Saking rumitnya organ-organ dan susunannya di dalam mata. Betapa rumitnya ciptaan Allooh سبحانه وتعالى padahal sekedar mata saja.   Belum lagi tentang sel, tentang asal-usul penciptaan manusia, dan penciptaan yang lain,  dstnya. Untuk itu ternyata manusia sangat lemah, tidak akan ada yang bisa membuat itu semua, belum lagi yang khurofat, yang tidak kelihatan yang mungkin berupa syaithoon, berupa iblis, jin dan sebagainya.Tidak ada yang bisa menciptakan itu semua kecuali Allooh سبحانه وتعالى.
Oleh karena itu Allooh سبحانه وتعالى menantang, apakah ada yang bisa menciptakan yang semacam itu. Apakah kalian menjadikan selain Allooh sekutu-sekutu, lalu sekutu Allooh itu mencipta sebagaimana Allooh سبحانه وتعالى?
Surat Ash Shoffaat ayat 35 – 36 :

نَّهُمْ كَانُوا إِذَا قِيلَ لَهُمْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ يَسْتَكْبِرُونَ
Artinya:
35. Sesungguhnya mereka dahulu apabila dikatakan kepada mereka:”Laa illaaha illallooh“(Tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah) mereka menyombongkan diri,

وَيَقُولُونَ أَئِنَّا لَتَارِكُوا آلِهَتِنَا لِشَاعِرٍ مَّجْنُونٍ
Artinya:
36. Dan mereka berkata: “Apakah sesungguhnya kami harus meninggalkan sembahan-sembahan kami karena seorang penyair gila?”

Yang dimaksudkan bahwa Laa illaaha illallooh itu punya konsekuensi dan eksistensi, dan apa bentuk Laa illaaha illallooh itu.  Ia adalah kufur kepada Thoghut dan beriman kepada Allooh سبحانه وتعالى. Hanya Allooh yang wajib ditaati, diikuti dan kemudian ditakuti.
Laa illaaha illallooh bermakna dua sikap dalam waktu yang sama, yaitu kaafir kepada Thoghut sekarang dan beriman kepada Allooh سبحانه وتعالى sekarang. Jika dua perkara itu ada dalam waktu yang sama, pada diri yang sama, berarti ia telah mengucapkan Laa illaaha illallooh. Tidak ada yang berhak diibadahi dengan sebenarnya, kecuali hanya Allooh سبحانه وتعالى.

Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم mengajak dan menyeru mereka kepada Tauhid, kepada Laa illaaha illallooh, kepada Shiroothol mustaqiim, dikatakan oleh mereka sebagai penyair yang gila. Ini adalah sikap orang-orang musyrikuun. Maka bila ada orang yang diajak kepada Laa illaaha illallooh, kepada Tauhid,  lalu mereka mengatakan atau menunjukkan isyarat berupa cibiran, sombong dan menyatakan ada selain Allooh سبحانه وتعالى sebagai yang berhak diibadahi, maka mereka adalah mirip dengan orang musyrik. Na’uudzubillaahi min dzaalik !.

Dalam Surat Shaad ayat 5 :

أَجَعَلَ الْآلِهَةَ إِلَهاً وَاحِداً إِنَّ هَذَا لَشَيْءٌ عُجَابٌ

Artinya:
Mengapa ia menjadikan tuhan-tuhan itu Tuhan yang satu saja? Sesungguhnya ini benar-benar suatu hal yang sangat mengherankan.

Apa bedanya dengan kaum muslimin di negeri kita yang masih percaya dengan Nyi Loro Kidul, percaya dengan keris, dsbnya yang dipercaya bisa menghindarkan kita dari bala’ dan bencana dan juga bisa memberikan keuntungan?
Ada sebagian kaum muslimin di negeri kita ini yang bila hendak mulai bercocok-tanam mempersembahkan sesuatu kepada Dewi Sri, demikian pula ketika hendak memulai panen, mereka membuat sesaji kepada Dewi Sri supaya tidak gagal panen.
Bukankah itu mirip dengan apa yang dikatakan dan dilakukan oleh orang-orang musyrikiin zaman dahulu?
Seruan Tauhid, agar hanya Allooh سبحانه وتعالى saja sebagai yang berhak diibadahi itu oleh orang-orang musyrikin (dalam ayat) tersebut dianggap aneh dan mengherankan. Dan orang yang menyerunya (Muhammad صلى الله عليه وسلم) disebut gila.
Ini disebabkan karena mereka terasa terganggu, karena tuhan-tuhan mereka harus ditinggalkan. Harus menyembah yang satu saja yaitu Allooh سبحانه وتعالى, karena kata Muhammad صلى الله عليه وسلم bahwa yang menciptakan, yang menghidupkan dsbnya adalah Allooh سبحانه وتعالى.
Muslimin dan muslimat yang dirahmati Allooh سبحانه وتعالى,
Jika ada yang meyakini bahwa ada selain Allooh yang bisa melakukan apa yang dilakukan oleh Allooh سبحانه وتعالى, maka orang itu kaafir, keluar dari Islam. Karena ia telah meyakini kebalikan dari apa yang telah ditetapkan oleh Allooh سبحانه وتعالى.
Allooh سبحانه وتعالى adalah Kholiq (Pencipta), Ar Rozaq (Pemberi rezki), Al Muhyi (Yang Menghidupkan), Al Mumit (Yang Mematikan), An Naafi’ (Yang Memberi Manfaat) kepada kita, Adh Dhor (Pemberi bala’ dan bencana), Al Mudabbir (Yang Mengatur) seluruh peredaran makhluk yang ada di alam semesta ini.
Ketika hal tersebut tidak diyakini, atau ada orang yang meyakini ada selain Allooh yang bisa melakukan hal-hal tersebut, orang itu adalah musyrik, bukan mu’miniin.
Misalnya ada orang yang menganggap bahwa si Fulan adalah Wali, lalu orang itu datang kepada wali-wali itu. Orang hendak pergi haji, datang ke Wali, hendak walimahan pengantin, datang ke Wali, seolah meminta restu, meminta diberikan petunjuk,  minta diberi kelancaran, dsbnya. Itu adalah tabi’at dan adat yang dilakukan oleh orang-orang sebelum muslimiin, mereka adalah orang-orang musyrikiin. Kenapa kaum muslimiin menjadi terlambat, setelah datang Islam tetapi mereka masih melakukan budaya dan aqidah orang-orang musyrikiin? Sungguh termasuk terbelakang perbuatan orang-orang musyrikiin dan orang-orang kufar itu. Maka takutlah kita kepada Allooh سبحانه وتعالى, jangan sampai ada satu keyakinan seperti tersebut.
2. Memalingkan ibadah kepada selain Allooh سبحانه وتعالى.
Ibadah, adalah apa saja yang dicintai Allooh dan apa saja yang diridhoi Allooh سبحانه وتعالى. Dan yang dicintai dan diridhoi Allooh سبحانه وتعالى itu apabila ada dalilnya. Ingat kalau sesuatu tidak dicintai dan diridhoi Allooh berarti bukan ibadah. Sesuatu itu akan dicintai dan diridhoi bila ada dalilnya.
Bagaimana mungkin sesuatu itu dicintai dan diridhoi Allooh سبحانه وتعالى jika tanpa dalil? Bagaimana mungkin memaksakan sesuatu yang bukan dari Allooh سبحانه وتعالى?
Wujud ibadah bisa berupa perkataan, amalan (perbuatan) dan itu bisa nyata (kelihatan) dan bisa berupa bathin (tidak nyata).Ibadah itu sangat universal, apa saja yang merupakan gerak dan diamnya kita, bisa termasuk dalam kategori ibadah. Apabila semua yang dimaksud dengan ibadah ini ternyata seharusnya untuk Allooh سبحانه وتعالى, tetapi dipalingkan bukan untuk Allooh atau selain kepada Allooh سبحانه وتعالى, maka Laa illaaha illallooh mereka menjadi tidak benar. Mereka berubah status menjadi orang yang musyrikiin.
Dalam Surat Al Faatihah ayat 5, Allooh سبحانه وتعالى berfirman :
إِيَّاكَ نَعْبُدُ وإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
Artinya:
5. Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan.

Na’budu diambil dari kata ‘ibaadat: kepatuhan dan ketundukan yang ditimbulkan oleh perasaan takut terhadap kebesaran Allooh, sebagai Tuhan yang disembah, karena berkeyakinan bahwa Allooh lah yang mempunyai kekuasaan yang mutlak terhadapnya.

Nasta’iin (minta pertolongan), terambil dari kata isti’aanah: mengharapkan bantuan untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang tidak sanggup dikerjakan dengan tenaga sendiri.
Ayat tersebut seolah-olah menyatakan: “Tidak ada yang diibadahi kecuali Allooh سبحانه وتعالى.  Tidak ada yang bisa menolong kita kecuali Allooh سبحانه وتعالى. Karena itulah kita mengabdi dan meminta tolong hanya kepada Allooh سبحانه وتعالى.
Meminta tolong itu pun sebenarnya bagian dari ibadah, tetapi dalam ayat tersebut disebutkan  tentang meminta pertolongan, karena yang paling penting dari ibadah adalah minta pertolongan.  Di antara yang sangat diperlukan manusia adalah pertolongan Allooh سبحانه وتعالى. Apakah itu pertolongan untuk mendapatkan sesuatu maslahat yang manusia inginkan, ataupun ingin mendapat pertolongan agar terhindar dari bala’.
Semua itu dibutuhkan hanya dari Allooh سبحانه وتعالى.
Kalau ada orang yang selalu mengucapkan ayat tersebut: Iyyaaka na’buduu wa iyyaaka nasta’iin (Hanya kepada Engkau ya Allooh, kami beribadah dan hanya kepada Engkau ya Allooh kami minta pertolongan), tetapi kenyataannya ia datang kepada selain Allooh سبحانه وتعالى,  kepada Wali, kuburan, batu, pohon dstnya, berarti ia telah berdusta dan tidak ber-Tauhid dan ia telah musyrik. Na’uudzubillaahi min dzaalik!
Surat Al Baqarah ayat 21 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُواْ رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Artinya:
Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakanmu dan orang-orang yang sebelummu, agar kamu bertakwa,
Ternyata berkaitan dengan Tauhid, bahwa Allooh سبحانه وتعالى adalah Pencipta dan kita diperintah untuk mengabdi kepada-Nya. Maka bila kita meyakini bahwa yang mencipta, yang memberi hidup kepada kita adalah Allooh, maka kita harus beribadah hanya kepada Allooh سبحانه وتعالى.

Surat An Nisaa’ ayat 36 :
وَاعْبُدُواْ اللّهَ وَلاَ تُشْرِكُواْ بِهِ شَيْئاً وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً وَبِذِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَالْجَارِ ذِي الْقُرْبَى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالجَنبِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ إِنَّ اللّهَ لاَ يُحِبُّ مَن كَانَ مُخْتَالاً فَخُوراً
Artinya:
Sembahlah Allooh dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapakmua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnussabiil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allooh tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.”

Artinya, bahwa orang yang tidak beribadah disebut sombong, demikian pula orang yang menyembah selain Allooh سبحانه وتعالى disebut sebagai orang-orang yang sombong. Orang yang sombong adalah orang yang mengikuti jejak iblis. Dan iblis itu dihukumi sebagai kaafir karena mempunyai sifat sombong. Jadi orang yang sombong kepada Allooh سبحانه وتعالى disebut kaafir .

Surat Al Ahqaaf ayat  5 – 6 :

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُو مِن دُونِ اللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُ إِلَى يَومِ الْقِيَامَةِ وَهُمْ عَن دُعَائِهِمْ غَافِلُونَ
Artinya:
5. Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allooh yang tiada dapat memperkenankan (doa)-nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?

وَإِذَا حُشِرَ النَّاسُ كَانُوا لَهُمْ أَعْدَاء وَكَانُوا بِعِبَادَتِهِمْ كَافِرِينَ
Artinya:
6. Dan apabila manusia dikumpulkan (pada hari kiamat) niscaya sembahan-sembahan itu menjadi musuh mereka dan mengingkari pemujaan-pemujaan yang mereka lakukan kepadanya.


Artinya, bahwa orang-orang yang berdo’a kepada selain Allooh سبحانه وتعالى dianggap kaafir. Do’a harus lah hanya kepada Allooh سبحانه وتعالى karena do’a adalah intisari Ibadah.
Sabda Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم: “Do’a adalah ibadah”.
Jadi kalau orang sudah memalingkan do’a kepada selain Allooh سبحانه وتعالى berarti ia telah beribadah kepada selain Allooh سبحانه وتعالى.Meminta kepada selain Allooh, maka orang itu menjadi musyrik, kaafir dan murtad (keluar dari Islam).
Surat Al Jinn ayat 6 :
وَأَنَّهُ كَانَ رِجَالٌ مِّنَ الْإِنسِ يَعُوذُونَ بِرِجَالٍ مِّنَ الْجِنِّ فَزَادُوهُمْ رَهَقاً
Artinya:
Dan bahwasanya ada beberapa orang laki-laki di antara manusia meminta perlindungan kepada beberapa laki-laki di antara jin. Maka jin-jin itu menambah bagi mereka dosa dan kesalahan.

Ada manusia yang meminta perlindungan kepada Jin, padahal seharusnya meminta perlindungan itu kepada Allooh سبحانه وتعالى.
Banyak di antara kita yang suka meminta perlindungan dan bantuan kepada Jin, supaya dikasihi orang, supaya berjaya, supaya naik pangkat, supaya kaya, dsbnya. Dan di zaman tehnologi maju seperti sekarang pun banyak dari kita yang melakukan perbuatan-perbuatan yang primitif, seperti yang dilakukan orang-orang pada zaman animisme, dinamisme, dstnya. Padahal dengan perilaku demikian itu, mereka (orang-orang) itu semakin jauh sesatnya.
Surat Al Kautsar ayat 2 :

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Artinya:
Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurban lah.
Sholat dan berkurban itu untuk Allooh سبحانه وتعالى,  tetapi ada orang menyembelih hewan dan sembelihannya itu untuk selain Allooh سبحانه وتعالى.
Orang yang menyalahi petunjuk Allooh سبحانه وتعالى itu bukanlah orang yang mu’miniin, melainkan orang sesat dan kaafir. Perlakuan seperti ini bukanlah perilaku mu’min yang mengatakan “Laa illaaha illallooh”, tetapi mereka adalah musyrik dan kufaar.
Maka bulatkan keyakinan kita bahwa hanya Allooh سبحانه وتعالى yang berhak kita ibadahi, tidak (bukan) yang lain.
3.  Mempersamakan Allooh سبحانه وتعالى dengan yang lain.
Lihat Surat Al An’aam ayat 150 :
قُلْ هَلُمَّ شُهَدَاءكُمُ الَّذِينَ يَشْهَدُونَ أَنَّ اللّهَ حَرَّمَ هَـذَا فَإِن شَهِدُواْ فَلاَ تَشْهَدْ مَعَهُمْ وَلاَ تَتَّبِعْ أَهْوَاء الَّذِينَ كَذَّبُواْ بِآيَاتِنَا وَالَّذِينَ لاَ يُؤْمِنُونَ بِالآخِرَةِ وَهُم بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُونَ

Artinya:
Katakanlah (Muhammad):”Bawalah kemari saksi-saksimu yang dapat membuktikan bahwasanya Allooh telah mengharamkan (makanan yang kamu) haramkan ini”. Jika mereka memberikan kesaksian, maka janganlah engaku ikut pula menjadi saksi bersama mereka; dan janganlah engkau mengikuti hawa nafsu orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, sedang mereka mempersekutukan Tuhan mereka.

Orang yang menjadikan sekutu selain Allooh سبحانه وتعالى, ada yang diikuti selain Allooh berupa hawa nafsu atau berupa yang lainnya, maka ia telah mempersamakan Allooh سبحانه وتعالى dengan yang lain.
Surat  Al Baqoroh ayat 165 :

وَمِنَ النَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ اللّهِ أَندَاداً يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللّهِ وَالَّذِينَ آمَنُواْ أَشَدُّ حُبّاً لِّلّهِ وَلَوْ يَرَى الَّذِينَ ظَلَمُواْ إِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَ أَنَّ الْقُوَّةَ لِلّهِ جَمِيعاً وَأَنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعَذَابِ
Artinya:
Dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah tandingan-tandingan selain Allooh; mereka mencintainya sebagaimana mereka mencintai Allooh. Ada pun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allooh. Dan jika seandainya orang-orang yang berbuat dzolim itu*] mengetahui ketika mereka melihat siksa (pada hari kiamat), bahwa kekuatan itu kepunyaan Allooh semuanya, dan bahwa Allooh amat berat siksaan-Nya (niscaya mereka menyesal).

*] Yang dimaksud dengan orang yang dzolim disini ialah orang-orang yang menyembah selain Allooh.

Mencintai selain Allooh سبحانه وتعالى, yaitu mencintai tandingan-tandingan Allooh سبحانه وتعالى artinya mempersamakan Allooh dengan yang lain.
Maka kita hendaknya introspeksi pada diri sendiri, apakah kita cinta kepada isteri-anak, cinta kepada dunia itu sama dengan cinta kepada Allooh سبحانه وتعالى?
Kalau kita lebih cinta kepada isteri, anak, lebih cinta kepada harta dan kepada dunia daripada cinta kepada Allooh سبحانه وتعالى, maka sebenarnya kita lebih sesat dari apa yang disebut dalam ayat tersebut.
Padahal seperti difirmankan oleh Allooh سبحانه وتعالى dalam ayat tersebut: “Ada pun orang-orang yang beriman itu amat sangat mencintai Allooh سبحانه وتعالى”.
Artinya lebih mencintai Allooh daripada selain Allooh سبحانه وتعالى.
Sementara itu kebanyakan orang mengatakan: “Mana ada adzab kubur, mana ada adzab neraka? Tidak kelihatan”. Padahal Dien (agama) itu jangan dianalogi-kan bahwa Dien itu harus selalu rasional, masuk akal dan kelihatan oleh mata kepala. Orang yang memaksakan bahwa Dien harus rasional, masuk akal, adalah bukan Ahlussunnah wal Jamaah, bukan mu’min, mereka adalah orang-orang kufaar. Sedang orang yang mu’min adalah orang yang meng-imani Al Qur’an dan Sunnah Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم yang shohiih, dan bila shohiih maka mereka Sami’naa wa atho’naa. (Siap mendengar dan siap taat). Itulah sikap yang dituntut oleh Allooh سبحانه وتعالى, dan jika orang tidak demikian maka mereka bukan mu’miniin, melainkan orang kaafir.
Surat Asy’-syu’aroo’ ayat 97 – 98 :

تَاللَّهِ إِن كُنَّا لَفِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ
Artinya:
97. “Demi Allooh: sungguh kita dahulu (di dunia) dalam kesesatan yang nyata,

إِذْ نُسَوِّيكُم بِرَبِّ الْعَالَمِينَ
Artinya:
98. karena kita mempersamakan kamu (berhala-berhala) dengan Tuhan semesta alam”.

Jadi orang yang mempersamakan Allooh سبحانه وتعالى dengan yang lain, mereka adalah Ahlun Naar (penghuni Neraka). Maka berimanlah, jangan menjadi orang yang kufaar, yang mengatakan “Laa illaaha illallooh” tetapi mereka tetap masuk ke dalam neraka. Na’uudzubillaahi min dzaalik !

Dalam Hadits dari Sa’ad bin ‘Ubaidah رضي الله عنه, ia berkata, Ibnu ‘Umar رضي الله عنه mendengar seseorang bersumpah: “Demi Ka’bah”, lalu Ibnu ‘Umar رضي الله عنه berkata: Aku mendengar Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم bersabda:“Barangsiapa bersumpah dengan selain Allooh, maka sungguh ia menjadi musyrik”. (Hadits riwayat Imaam Abu Daawud dan Imaam At Turmudzi)
Padahal sekarang ini banyak orang yang bersumpah: “Demi kamu, Demi Bangsa, Demi Negara dstnya”. Sumpah yang bukan “Demi Allooh” maka orang yang bersumpah itu telah musyrik.  Demikian itu menurut Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم dalam Hadits tersebut diatas yang diriwayatkan oleh Imaam Abu Daawud dan Imaam At Turmudzi.
Maka kita hendaknya jangan sembarangan bersumpah. Bersumpah dapat menjadikan seseorang menjadi musyrik. Syirik kepada Allooh سبحانه وتعالى termasuk perkara yang menjerumuskan, dan “Laa illaaha illallooh” menjadi terancam.
4.  Meyakini adanya perantara dengan Allooh سبحانه وتعالى.
Yaitu Allooh سبحانه وتعالى  –  Perantara  –  Manusia. Meyakini harus melalui perantara (mediator).
Surat Az Zumar ayat 3 :

لَا لِلَّهِ الدِّينُ الْخَالِصُ وَالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ أَوْلِيَاء مَا نَعْبُدُهُمْ إِلَّا لِيُقَرِّبُونَا إِلَى اللَّهِ زُلْفَى إِنَّ اللَّهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِي مَا هُمْ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي مَنْ هُوَ كَاذِبٌ كَفَّارٌ
Artinya:
Ingatlah, hanya kepunyaan Allah-lah agama yang bersih (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Allooh (berkata): “Kami tidak menyembah mereka melainkan supaya mereka mendekatkan kami kepada Allooh dengan sedekat- dekatnya”. Sesungguhnya Allooh akan memutuskan diantara mereka tentang apa yang mereka berselisih padanya. Sesungguhnya Allooh tidak menunjuki orang-orang yang pendusta dan sangat ingkar.

Allooh سبحانه وتعالى tidak akan memberikan petunjuk kepada orang pendusta dan orang yang sangat kafir. Ternyata Allooh سبحانه وتعالى dalam ayat tersebut menyatakan: “Orang yang menjadikan adanya perantara antara Allooh dengan manusia, adalah orang yang kaafir dan pendusta.

Maka tidak boleh ada perantara, tetapi langsung kepada Allooh سبحانه وتعالى.
Kalau ada orang merasa bahwa dirinya banyak dosa, dirinya kotor, justru menyadari demikian itu adalah baik, itu merupakan langkah pertama untuk bertaubat kepada Allooh سبحانه وتعالى. Imam An Nawawi رحمه الله berkata: “Taubat adalah adanya pengakuan dan penyesalan dalam diri seseorang atas dosa-dosa yang telah diperbuatnya”. Maka langsung saja bertaubat kepada Allooh سبحانه وتعالى: Ya Allooh aku telah berdosa, aku menyesal berbuat maksiat, aku mohon ampun kepada Engkau, ya Allooh”.Tidak usah dengan perantara. Karena orang yang mengaku bisa menjadi perantara dengan Allooh سبحانه وتعالى adalah pendusta (pembohong).
Surat Yunus ayat 18 :

وَيَعْبُدُونَ مِن دُونِ اللّهِ مَا لاَ يَضُرُّهُمْ وَلاَ يَنفَعُهُمْ وَيَقُولُونَ هَـؤُلاء شُفَعَاؤُنَا عِندَ اللّهِ قُلْ أَتُنَبِّئُونَ اللّهَ بِمَا لاَ يَعْلَمُ فِي السَّمَاوَاتِ وَلاَ فِي الأَرْضِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ
Artinya:
18. Dan mereka menyembah selain daripada Allooh apa yang tidak dapat mendatangkan kemudharatan kepada mereka dan tidak (pula) kemanfaatan, dan mereka berkata: “Mereka itu adalah pemberi syafa’at kepada kami di sisi Allooh”. Katakanlah: “Apakah kamu mengabarkan kepada Allooh apa yang tidak diketahui-Nya baik di langit dan tidak (pula) dibumi?”*] Maha suci Allooh dan Maha Tinggi dari apa yang mereka mempersekutukan (itu).
*] Kalimat ini adalah ejekan terhadap orang-orang yang menyembah berhala, yang menyangka bahwa berhala-berhala itu dapat memberi syafaat.
Ayat tersebut menunjukkan bahwa keyakinan adanya perantara antara kita manusia dengan Allooh سبحانه وتعالى, adalah berbahaya. Itu adalah tradisi orang musyrik. Maha Suci Allooh dari apa yang telah mereka sekutukan.
Berarti bila ada orang yang menyembah (beribadah) kepada Allooh سبحانه وتعالى melalui perantara, maka orang tersebut telah mengikuti jejak orang musyrik.


5. Berhukum pada selain Hukum Allooh سبحانه وتعالى.
Kata orang ada hukum Pidana, ada hukum Perdata atau apalah namanya, jika yang memutuskan perkara manusia atau perselisihan antara manusia, dan solusinya adalah bukan ketetapan Allooh dan ketetapan Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم, maka mereka telah berhukum bukan dengan Hukum Allooh سبحانه وتعالى, tetapi hukum manusia.
Lihat Surat An Nisaa’ ayat 60 :

أَلَمْ تَرَ إِلَى الَّذِينَ يَزْعُمُونَ أَنَّهُمْ آمَنُواْ بِمَا أُنزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنزِلَ مِن قَبْلِكَ يُرِيدُونَ أَن يَتَحَاكَمُواْ إِلَى الطَّاغُوتِ وَقَدْ أُمِرُواْ أَن يَكْفُرُواْ بِهِ وَيُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَن يُضِلَّهُمْ ضَلاَلاً بَعِيداً
Artinya:
Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada thoghut*], padahal mereka telah diperintha untuk mengingkari thoghut itu. Dan syaithoon bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya.:

*] Yang selalu memusuhi Nabi dan kaum muslimin dan ada yang mengatakan Abu Barzah seorang tukang tenung di masa Nabi. Termasuk Thoghut juga: 1. orang yang menetapkan hukum secara curang menurut hawa nafsu. 2. berhala-berhala.
Mereka diperintah untuk kaafir kepada Thoghut, tetapi mereka justru datang kepada Thoghut untuk minta diputuskan perkaranya. Maka dalam ayat tersebut dikatakan: “Syaithoon bermaksud (menginginkan) menyesatkan mereka. Siapa yang hendak disesatkan syaithoon? Ialah mereka orang-orang yang mengaku beriman. Syaithoon menghendaki merera sesat yang sesesat-sesatnya.
Jadi bila ada orang yang berhukum kepada selain Hukum Allooh سبحانه وتعالى, maka orang itu disesatkan oleh syaithoon. Sesatnya tidak tanggung-tanggung, ialah sesat yang sangat jauh, sesat yang sesesat-sesatnya.
Imannya palsu, karena mereka mengaku beriman tetapi beriman kepada Thoghut (syaithoon). Itu berbahaya, karena bisa membatalkan Laa illaaha illallooh. Adalah tidak patut, orang yang mengaku Laa illaaha illallooh tetapi ingin diputuskan nasib dan perkaranya oleh Thoghut.
Lihat Surat Al Maa-idah ayat 49 – 50 :

وَأَنِ احْكُم بَيْنَهُم بِمَا أَنزَلَ اللّهُ وَلاَ تَتَّبِعْ أَهْوَاءهُمْ وَاحْذَرْهُمْ أَن يَفْتِنُوكَ عَن بَعْضِ مَا أَنزَلَ اللّهُ إِلَيْكَ فَإِن تَوَلَّوْاْ فَاعْلَمْ أَنَّمَا يُرِيدُ اللّهُ أَن يُصِيبَهُم بِبَعْضِ ذُنُوبِهِمْ وَإِنَّ كَثِيراً مِّنَ النَّاسِ لَفَاسِقُونَ
Artinya:
49. Dan hendaklah kamu memutuskan perkara diantara mereka menurut apa yang diturunkan Allooh, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allooh kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allooh), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allooh menghendaki akan menimpakan musibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang faasiq.

أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللّهِ حُكْماً لِّقَوْمٍ يُوقِنُونَ

Artinya:
50. Apakah hukum Jahiliyyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allooh bagi orang-orang yang yakin?

Maknanya, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tidak boleh memutuskan sesuatu menurut hawa nafsunya, tetapi melaksanakan hukum kepada mereka dengan apa yang telah diturunkan yakni Al Qur’an.
Dan bila mereka berpaling dari hukum Allooh, maka Allooh akan menurunkan musibah kepada mereka. Hukum selain Hukum Allooh, oleh Allooh سبحانه وتعالى disebut Hukum Jahiliyyah.
Lalu dalam ayat 50 Allooh bertanya: “Apakah hukum Jahiliyyah yang mereka kehendaki? Hukum siapakah yang lebih baik dari Hukum Allooh سبحانه وتعالى bagi orang-orang yang yakin?
Artinya, orang yang tidak menjadikan Hukum Allooh sebagai pemutus perkara, ia adalah ragu dalam keimanannya kepada Allooh سبحانه وتعالى, ragu-ragu terhadap Hukum dan Syari’at Allooh سبحانه وتعالى. Dan orang yang ragu terhadap Syari’at Islam adalah Kaafir. Orang yang demikian, maka Laa illaaha illallooh-nya menjadi batal.
Jika Laa illaaha illallooh kita ingin eksis, maka hukum kaum muslimin adalah Hukum Al Qur’an dan Hukum Sunnah Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم.
Sebagaimana kita sholat, hukumnya adalah: Menghadap ke arah Kiblat, 4 rokaat Dhuhur, 4 rokaat Ashar, 3 rokaat Maghrib, 4 rokaat ‘Isya dan 2 rokaat Subuh, itu semua Allooh سبحانه وتعالى  yang mengatur.
Kalau Hukum Allooh dalam perkara Sholat, Haji, Zakat dll dijalankan, mengapa Hukum Allooh yang lainnya (seperti hukum rajam, Huduud) tidak dijalankan? Sehingga seolah-olah Syari’at Allooh hanyalah sholat, membaca Al Qur’an, shodaqoh, haji saja, padahal ada Hukum-hukum Allooh yang lain, yang masih ditinggalkan oleh kaum muslimiin, tidak diketahui dan tidak dijalankan oleh kaum muslimin.
Lalu apa jawaban kita, jika kelak kita menghadap kepada Allooh سبحانه وتعالى?
Kita mengucapkan “Laa illaaha illallooh” tetapi hukum yang dipakai oleh kaum muslimiin di Indonesia bukanlah hukum yang berasal dari Allooh سبحانه وتعالى, kita mengaku mu’miin tetapi jauh dari Hukum Allooh سبحانه وتعالى. Padahal Allooh سبحانه وتعالى dalam ayat tersebut diatas menanyakan: “Apakah Hukum Jahiliyyah yang kamu cari?”

Itulah perkara yang harus kita renungkan, sungguh bukan urusan mudah. Ini adalah urusan Aqiidah, urusan keyakinan, yang seharusnya terpancar melalui sikap-sikap kita sebagai umat Muhammad صلى الله عليه وسلم.
Maka renungkan apa yang tercantum dalam Surat Al An’aam ayat 82 :
الَّذِينَ آمَنُواْ وَلَمْ يَلْبِسُواْ إِيمَانَهُم بِظُلْمٍ أُوْلَـئِكَ لَهُمُ الأَمْنُ وَهُم مُّهْتَدُونَ
Artinya:
Orang-orang yang beriman dan tidak mencampur-adukkan iman mereka dengan kedzoliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk”.

Maksudnya, mereka orang yang beriman dan tidak mencampur-adukkan dengan syirik maka mereka berhak mendapatkan perlindungan kemanan dari Allooh سبحانه وتعالى baik di dunia maupun di Akhirat kelak.
Jika orang menjadi musyrik (menyekutukan Allooh سبحانه وتعالى) atau jika orang mempersamakan Allooh سبحانه وتعالى dengan yang lain, maka mereka pasti tidak pernah akan mendapatkan keamanan, dan orang itu bukanlah orang yang patut mendapatkan petunjuk dari Allooh سبحانه وتعالى.
Dengan kata lain: Keamanan didapatkan dengan Tauhid. Demikian pula Hidayah didapatkan dengan Tauhid. Maka bila kita ingin mendapatkan perlindungan dan Hidayah dari Allooh سبحانه وتعالى, jangan kita campur-adukkan keimanan kita dengan syirik.

Hadits dari ‘Utbah bin Maalik رضي الله عنه, diriwayatkan oleh Imaam Muslim dan Imaam Al Bukhooy dan lafadznya dinukil dari Imaam Muslim (Haditsnya panjang) Rosuulullooh صلى الله عليه وسلم bersabda:
فَإِنَّ اللَّهَ قَدْ حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ. يَبْتَغِى بِذَلِكَ وَجْهَ اللَّهِ
“Sesungguhnya Allooh telah mengharamkan api neraka kepada siapa yang mengatakan “Laa illaaha illallooh dan ia hanya mencari ridho Allooh سبحانه وتعالى semata”.
Jadi orang yang Tauhidnya karena orang lain, bukan karena Allooh سبحانه وتعالى, atau karena selain Allooh سبحانه وتعالى, maka orang tersebut belum bisa mendapatkan jaminan masuk surga. Orang yang ingin diharamkan masuk neraka, maka ia harus memurnikan  Tauhid-nya.
Maka marilah kita memurnikan Tauhid kita, semoga Allooh سبحانه وتعالى memberikan keamanan di dunia maupun di akhirat dan Allooh سبحانه وتعالى memberikan Hidayah (petunjuk) kepada jalan yang lurus, sehingga kita termasuk orang Ahlul Jannah dan dilindungi dari api neraka.
Sekian bahasan kali ini mudah-mudahan bermanfaat.
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Jakarta, Senin malam, 10 Shafar 1431 H – 25 Januari 2010

Zabalatul Afkar : Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme Agama

|
http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2012/09/13482583991754583879.jpg
Islamedia - Para ulama Al Azhar menganggap kebanyakan pemikiran orang-orang liberal itu sebagai zabalatul afkar(sampah pemikiran)” ~Ustdz Habiburahman El Shirazy

Saya masih teringat kala masih duduk di bangku SMP, salah seorang guru berkata, “Pada dasarnya, semua agama itu sama, semua agama mengajarkan kebaikan”. Saat itu, dengan keterbatasan ilmu dan wawasan dalam hati saya “mengiyakan”.Saat itu, dengan level pemikiran anak SMP, saya pikir “iya juga ya..mana ada agama ngajarin kejahatan?”.

Namun kini, ketika Allah telah menganugerahkan pemahaman ilmu agama dan wawasan, betapa bathil nya pernyataan itu dari segi Aqidah Islam. Kenapa? jelaslah Agama yang bagi saya dengan keyakinan Islam hanyalah islam saja yang mengajarkan kebaikan, karena hanya Islam yang mengajarkan kepada pemeluknya untuk menyembah Allah saja dengan mengikuti praktik peribadatan yang dicontohkan Rasulullah Shallahu’alaihi Wa Sallam. 

Apakah ada agama lain yang mengajar persis 100% seperti ini?.
Seluruh Ummat Islam seharusnyalah meyakini hanya Islam yang benar dan baik, selain agama Islam tidak menyuruh menyembah Allah dan mengikuti contoh Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi Wa Sallam.

Itulah salah satu contoh bentuk Zabalatul Afkar (sampah pemikiran) yang telah merasuki dunia kita sehari-hari. Itulah pemikiran yang kita kenal saat ini dengan sebutan Plularisme. Paham yang mengajarkan bahwa semua agama adalah sama, menuju Tuhan yang sama. Na’udzubillah.

Dalam kesempatan ini, penulis akan mencoba membahas isme yang sangat berbahaya bagi Aqidah Ummat Islam yang harus dibersihkan dari tubuh Ummat, karena ia adalah Zabalatul Afkar (sampah pemikiran) :

Sekularisme
Ketika agama hanya berada di tempat-tempat Ibadah, hanya ada di mesjid, hanya ada di majelis-majelis ta’lim, semua Ummat Islam tidak boleh membawa urusan dan istilah-istilah agama pada ranah umum apalagi pemerintahan, urusan negara adalah urusan manusia, semua diurus sesuai dengen kehendak para pejabat pemerintahnya hanya berdasar konsensus, itulah sekularisme, sebuah pemikiran (yang banyak negara-negara di Dunia ini masih menerapkannya) yang memisahkan urusan dunia dari agama.

Pemikiran ini sangat bertolak belakang dari ajaran Islam, karena Islam satu-satunya agama yang mengatur seluruh sendi kehidupan, dari urusan individu, urusan keluarga, urusan masyarakat, hingga urusan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan sekularisme berusaha mengebiri ajaran Islam yang menyeluruh dan sempurna ini, dengan menempatkan ajaran islam hanya di mesjid saja, agar ketika orang keluar dari mesjid maka kehidupannya bebas tak perlu mengikuti aturan agama alias murtad. Karena di mesjid ia sholat menyembah Allah, namun di ketika berinteraksi di ranah umum ia sangat bisa jadi menyembah “Tuhan yang lain” bahkan bisa menjadi atheis !.

Pemikiran sekularisme ini menghendaki para muslimah menutup aurat ketika sholat saja, ketika di majelis ta’lim saja, keluar dari sana muslimah haruslah menanggalkan auratnya, karena tempat umum bukanlah tempat untuk beragama. Karena pemikiran Sekularisme pula Ummat Islam juga tidak boleh berbicara dengan merefer kepada Al Quran (bahkan meski berbicara di mesjid)!.

Jadi, dengan Sekularisme Ummat Islam dipaksa untuk meyakini sebagian saja ajaran Islam dan mengingkari bagian yang lain yang bertentangan dengan firman Allah :

“..Adakah kamu percaya (beriman) kepada sebahagian kandungan Kitab (al-Quran) dan ingkar akan sebahagiannya?” (QS. Al-Baqarah: 85)

Ketika Pemikiran Sekularisme ini telah merasuk ke seluruh para aparatur dan pejabat negara, ke seluruh pendidik di negeri ini, ke seluruh elemen bangsa maka yang  terjadi adalah perusakan sendi-sendi agama, tak dilaksanakannya ajaran Islam secara menyeluruh. Sekularisme menghendaki supaya Ummat menghadapi problema di ranah umum (negara) maka Ummat pasti kebingungan karena sandarannya bukan Al Islam namun akal.

Tepat sekali pernyataan Imam Hasan Al Banna tentanga syumuliatul Islam (islam menyeluruh) yang bertolak belakang pemikiran sekularisme :

“Islam adalah negara dan tanah air, atau pemerintahan dan umat, ia adalah akhlak dan kekuatan, atau kasih sayang dan keadilan, ia adalah wawasan dan perundang-undangan, atau ilmu pengetahuan dan peradilan, ia adalah materi dan kekayaan, atau kerja dan penghasilan, ia adalah jihad dan dakwah, atau tentara dan fikrah, sebagaimana ia adalah akidah yang bersih dan ibadah yang benar.”

Pluralisme
Meski tidak ada definisi yang jelas akan arti dari pluralisme, namun sudah ada kesamaan pandangan dari para pendukung pemikiran ini bahwa paham pluralisme meyakini semua agama adalah jalan-jalan yang sah menuju tuhan yang sama. Paham ini juga menyatakan, bahwa agama adalah persepsi manusia yang relatif terhadap Tuhan yang mutlak.

Sehingga, karena relatif, maka seluruh agama tidak boleh mengklaim atau meyakini bahwa agamanya yang lebih benar dari agama lain atau meyakini hanya agamanya yang benar.
John Hick, salah satu tokoh penting dalam wacana Pluralisme, dalam bukunya “God Has Many Names”, menganalogikan teori Heliosentris sebagai konsep pluralismenya.

Dimana Teori Heliosentris menyebutkan bahwa matahari sebagai Pusat Tata Surya yang dikelilingi Bumi, begitu pula Tuhan adalah Matahari-nya, sumber asli dari cahaya dan kehidupan, yang semua agama bercermin pada-Nya, dengan cara-cara mereka yang berbeda-beda (He is the Sun, the originative source of light and life, whom all the religions reflect in their own different ways), dari sinilah Hick mengajak Ummat manusia untuk beralih dari Religion-Centrednesskepada God Centredness.

Senada dengan Hick, Mahatma Gandhi juga menyerukan konsep Pluralisme :
“Agama adalah ibarat jalan yang berbeda-beda namun menuju titik yang sama. Apakah kita menempuh jalan yang berbeda-beda, selama kita sampai di tujuan yang sama, tentu tidak menjadi masalah. Pada kenyataannya, mungkin banyaknya agama sama dengan banyaknya individu”

Dari isinya, paham pluralisme jelas sekali bertentangan dengan ajaran Islam yang hanya mengakui Agama Islam saja yang diakui Allah. Kita dapat melihat pertentangan paham ini dari ayat :

“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (QS. Ali Imran [3]: 85)

Dalam Al Tafsir al Muyassar, “Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam (bermakna berserah diri kepada Allah dengan Tauhid, tunduk kepada-Nya dengan ketaatan dan penghambaan, serta tunduk kepada Rasulullah dengan mengimaninya, mengikutinya dan mencintainya secara lahir dan batin), Maka tidak akan diterima agama itu darinya dan di akhirat termasuk orang yang rugi, tidak mendapatkan bagian untuk dirinya.

Bagi orang - orang yang beriman kepada Allah dan Nabi Muhammad, tidaklah mungkin mengatakan semua agama itu sama, Logika nya, satu-satu nya agama yang mengajarkan kepada Ummatnya untuk menyembah Allah Subhanahu Wata’ala saja (dengan sifat-sifat-Nya dijelaskan khusus dalam Al Quran dan Hadits)  dan mengikuti ajaran Nabi Muhammad dalam seluruh sendi kehidupan hanyalah Islam. Sedangkan agama lain berbeda ajarannya tidak menyembah Allah dan tidak mengikuti Nabi Muhammad, bagaimana dikatakan sama?

Seperti yang penulis ceritakan di awal tulisan, paham pluralisme yang telah merasuki dunia pendidikan sangat bisa jadi telah merambah ke berbagai bidang kehidupan lain. Inilah bahaya pluralisme, banyak Ummat Islam bisa keluar dari agamanya tanpa sadar ketika sudah meyakini dan membenarkan paham pluralisme ini, sehingga membuat banyak Ummat Islam batal syahadat-nya akibat dari meyakini plularisme yang berimplikasi meyakini kebenaran Tuhan versi ajaran agama lain.

Liberalisme
Liberalisme agama menginginkan tiap tiap individu mengeyampingkan ajaran agama, mengutamakan kebebasan pribadi dalam menjalankan kehidupan atas nama HAM (hak asasi manusia), pernikahan sejenis yang pada hakikatnya penyakit dan penyimpangan seksual diperbolehkan dan dianggap HAM, bertelanjang di publik dianggap sebagai HAM, pornografi yang jelas-jelas merusak dianggap sebagai HAM, penodaan agama Islam dengan gerakan Nabi palsu, ajaran Ahmadiyah dengan Nabi Mirza Ghulan, ajaran Syiah yang merubah Aqidah Islam, bahkan hingga penodaan kepada Nabi Muhammad juga dianggap sebentuk HAM!.

Term “Liberal” yang bermakna bebas lepas, tidak bisa disandingkan dengan “Islam” yang bermakna keselamatan atau ketundukan dan kepatuhan kepada Allah. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis mengajak kepada seluruh Ummat Islam menolak konsep “Islam Liberal” karena pemikiran ini mereduksi bahkan meruntuhkan sendi ajaran ISlam yang sudah sempurna, seperti kita lihat dari situs resmi Jaringan Islam Liberal yang ada di Indonesia, dapat kita lihat landasan pemikiran ini :

“Islam Liberal percaya bahwa ijtihad bisa diselenggarakan dalam semua segi, baik segi muamalat (interaksi sosial), ubudiyyat (ritual), dan ilahiyyat (teologi)

Mari kita liat dengan seksama, pemikiran JIL sudah masuk untuk ber-Itjihad dalam segi ilahiyyat (teologi)!, artinya kalau hari ini JIL meyakini Allah Subhanahu Wa ta’ala sebagai Tuhan, bisa jadi suatu hari Tuhan akan berganti bukan Allah lagi, entah siapa saja bisa “di-Tuhan-kan” !!!.

Dalam Hukum Islam, tidak ada perdebatan dan tidak ada perselihan jika menyangkut hal-hal yang sudah pokok (ushul) atau lazim kita sebut dengan Absolut, seperti persoalan uluhiyat kepada Allah. Ketauhidan, Aqidah, Rukun Iman, Rukun Islam, Sifat-sifat Allah, macam-macam peribatan kepada Allah tentu hanya apa yang sudah termaktub dari Al Quran dan Al Hadits saja, tidak ada pintu sama sekali untuk berijtihad dalam hal ini.

Keabsolutan Syariah Islam karena konsep nya Mutawatir (para periwayat nash mustahil bersepakat untuk berdusta), Ijma’ (kesepatakan para ulama), dan Qat’i al dalalah, nash yaitu Al Quran dan Al Hadits, yang menunjuk pada makna tertentu yang tidak mengandung kemungkinan untuk dita’wil [dipalingkan dari makna asalnya] dan tidak ada celah atau peluang untuk memahaminya selain makna tersebut).

Selain itu untuk dapat ber-itjihad begitu banyak syarat yang harus dipenuhi (seperti mengusai Hukum-hukum yang ada dalam Quran dan Al Hadits, yang pasti tentu juga Hapal Quran dan ribuan hadits, menguasai bahasa arab serta akhlak dan ibadahnya harus terjaga dengan standar yang ketat yang diakui oleh para Ulama).

Bagaimana mungkin orang yang jarang sholat, jarang baca quran, hanya hapal beberapa surat pendek di Juz Amma dapat menafsirkan quran, hadits bahkan berijtihad??! inilah penyimpangan dari paham islam Liberal yang digawangi JIL (di Indonesia).

Mari bersih bersih
Selayaknya sampah di rumah kita yang kalau tidak dibersihkan akan menyebabkan bau tak sedap bahkan penyakit, demikian pula pemikiran-pemikiran Sekularisme, Pluralisme, dan Liberalisme agama yang merupakan sampah pemikiran di tengah-tengah Ummat kita, jangan pernah berhenti untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada Ummat bahwa pemikiran ini berbahaya untuk dunia dan akhirat.

Sampah pemikiran yg menyatakan semua agama adalah sama, sampah pemikiran menyatakan mencium bukan wanita adalah sedekah, sampah pemikiran menyatakan AL Quran perlu di  revisi, sampah pemikiran menyatakan jilbab adalah situasional seperti halnya swimsuit, sampah pemikiran yang menyatakan manusia berasal dari spesies kera, sampah pemikiran yang membolehkan semua orang berhak menafsirkan quran,hadits,dan berijtihad, sampah pemikiran yang menyatakan agama adalah hasil budaya manusia, sampah pemikiran yang menyatakan semua orang bisa menjadi Nabi, Sampah pemikiran yang menyatakan penghinaan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallam adalah HAM!,

Sampah pemikiran yang akan terus menerus meracuni dan merusak Ummat Islam kalau didiamkan.

Fatwa MUI pun sudah memutuskan “Pluralisme, sekularisme dan liberalisme agama” adalah paham yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.

Pantaslah ketika saya berbincang kepada Ustadz Habiburrahman (seorang da’i dan penulis) beliau mengatakan sebutan yang pantas disematkan/disandang pemikiran Sepilis adalah Zabalatul Afkar (sampah pemikiran).

==========================================================================
Referensi :
Akmal Sjafril, “Buya Hamka antara Kelurusan Aqidah dan Pluralisme”
Fatwa Majelis Ulama Nomor:7/MUNAS VII/MUI/11/2005 Tentang Pluralisme, liberalisme, dan Sekularisme Agama

Tiada ulasan: