Isnin, 12 Mei 2014

BILA BELAJAR UNTUK DUNIA...UNTUK PANGKAT BESAR.....UNTUK GAJI MAHAL....JADI SANJUNGAN...UNTUK DIGELAR TERPELAJAR/TERPANDAI DAN TERHEBAT DLL BUKAN CARI KEREHDAAN DAN KERAHMATAN ALLAH SWT....BUAT UNIVERSITI2/KOLEJ2/SEKOLAH2 AKADEMIK MAU PUN BENTUK AGAMA/SEKOLAH2 TAHFIZ HANYA NAK CARI DUNIA...CARI KEKAYAAN DLL BUKAN UNTUK KEREHDAAN DAN KERAHMATAN ALLAH....DUNIA LINGKUP ....AKHIRAT PUN LINGKUP...SEMUA NAK NAIK KERETA MEWAH2....RUMAH GADANG2/BESAR2...TEPUK DADA TANYA HUKUM DAN IMAN

Peluang melanjutkan pelajaran di IPTA dengan kos murah teramat makin sukar
Posted on Monday, May 12 @ 09:57:44 MYT
Dilulus untuk paparan oleh lararatu



"Zaman kita dulu, zaman ekonomi negara belum maju macam sekarang, kalau kita dapat gred satu SPM pun dah boleh dapat lanjut pelajaran ke luar negara.

Tapi ni jam, dapat 9A SPM dengan 6 darinya A+ pun sekadar dapat buat Diploma di IPTA. Kalau nak buat degree boleh, masuk IPTS dengan bayaran berpuluh ribu ringgit dan bila tamat belajar belum jamin dapat kerja dan hutang PTPTN sedang menanti.

Oleh itu siapa yang dapat masuk IPTA walaupun Diploma, bersyukurlah banyak-banyak kerana masih teramat ramai di luar sana tak dapat masuk IPTA dengan kos subsidi yang murah, terpaksa masuk IPTS atau separa IPTS dengan kos yang terlalu tinggi tetapi kualitinya tak sama dengan IPTA.

Yang penting, jadilah anak-anak yang soleh dan solehah."


................................
Dihantar untuk paparan TKO (Tranungkite)
Oleh:
rozmal
Posted on Monday, May 12 @ 09:57:44 MYT
Dilulus untuk paparan oleh lararatu


 Takzir sebahagian perundangan Jenayah Islam, bukan hanya hudud
Posted on Monday, May 12 @ 07:30:00 MYT
Dilulus untuk paparan oleh PenjagaKubur





Salah faham mengenai hudud timbul kerana ia tidak disebut bersekali dengan takzir yang juga sebahagian daripada Undang-undang Jenayah Islam, kata Presiden Persatuan Peguam Syarie Musa Awang.

Beliau berkata takzir adalah undang-undang buatan manusia yang dilaksanakan bagi memastikan pesalah tetap dikenakan hukuman setimpal dengan perbuatan mereka. 

"Ramai yang melihat undang-undang Islam itu hanya hudud sahaja dan hukumannya kejam seperti potong tangan dan ini perlu diperbetulkan.

Sedangkan mereka tidak tahu bahawa jika seseorang itu melakukan kesalahan di bawah hukum hudud tetapi tidak dapat dibuktikan bersalah kerana kadar pembuktian yang tinggi, maka kesalahan itu jatuh kepada takzir," katanya.
Beliau berkata demikian ketika menjadi anggota panel forum "Hudud in Malaysia, Can We? Should We?," anjuran Biro Undang-undang Pemuda MCA, di Kuala Lumpur hari ini.
Panel lain pada forum sehari itu termasuk Exco Pemuda Umno Dr Fathul Bari Mat Jahya, Ahli Parlimen Sepang, Hanipa Maidin, Pengarah Pusat Penyelidikan PAS Dr Dzulkefly Ahmad, Presiden Majlis Peguam Christopher Leong dan Pengarah Islamic Renaissance Front (IRF) Dr Ahmad Farouk Musa.
Fathul Bari yang senada dengan Musa berkata lain-lain pembuktian selain daripada yang termaktub di dalam al-Quran boleh diguna pakai untuk menjatuhkan hukuman kepada pesalah mengikut takzir.
"Orang ramai perlu tahu bahawa walaupun hudud memerlukan empat saksi lelaki tetapi jika syarat itu tidak dapat dipenuhi maka lain-lain pembuktian seperti CCTV (kamera litar tertutup) dan cap jari boleh digunakan untuk mengenakan sesuatu hukuman," katanya.
Beliau berkata bukan semuanya dihukum di bawah hudud, kerana apa yang lebih penting ialah hudud untuk memberi pengajaran kepada orang ramai bukan untuk menghukum semata-mata.
Sementara itu, Ketua Pemuda MCA Senator Chong Sin Woon ketika ditemui berkata pihaknya menyambut baik pendekatan Umno untuk mengkaji kekangan-kekangan dalam pelaksanaan hudud termasuk pembentukan jawatankuasa teknikal bersama kerajaan negeri Kelantan bagi membincangkan secara lanjut mengenai isu itu.
Chong berkata MCA akan terus mengadakan forum sedemikian kerana ia merupakan platform terbaik untuk semua pihak tanpa mengira perbezaan agama dan politik bertukar-tukar pandangan selain membincangkan hudud secara lebih mendalam.
"Kita mendapat banyak pandangan yang berbeza, membuka mata kita terutama daripada perspektif seorang bukan Islam melihat para pemikir serta wakil parti politik daripada Umno dan PAS memberikan satu hujah yang baik dan dari pelbagai perspektif," katanya.
Forum itu diadakan susulan cadangan PAS membentangkan rang undang-undang persendirian untuk melaksanakan hudud di Kelantan ke Parlimen.
Bagaimanapun Jawatankuasa PAS Pusat yang bermesyuarat hari ini setuju menangguhkan hasrat itu bagi memberi tempoh masa kepada Jawa‎tankuasa Teknikal antara Putrajaya dan kerajaan negeri Kelantan meneliti serta mengemukakan cadangan tindakan pelaksanaan Kanun Jenayah Syariah (II) 1993 Kelantan. – Bernama, 11 Mei, 2014.

 Pemilihan PKR makin kalut: Kes pecah peti undi, pergelutan di Kota Raja
Posted on Monday, May 12 @ 06:57:51 MYT
Dilulus untuk paparan oleh PenjagaKubur



Pengerusi Jawatankuasa Pemilihan Pusat PKR Datuk Johari Abdul mengesahkan pemilihan di cabang tertentu yang terpaksa digantung hari ini.

Johari bagaimanapun berkata beliau hanya akan mendedahkan butiran berkenaan petang ini, termasuk jumlah cabang dan sebab penggantungan tersebut.

"Ya, ada yang digantung,” katanya ketika dihubungi Malaysiakini petang ini.

Antara yang terlibat adalah cabang Kota Raja susulan kejadian melibatkan satu peti undi yang didakwa “dipecahkan” yang menyebabkan satu pergelutan berlaku.

Penyandang ketua cabang tersebut Dr Xavier Jayakumar mendakwa seorang lelaki cuba merampas peti undi tersebut dan menghempaskannya ke lantai menyebabkan kertas undi bertaburan.



"Satu pergelutan berlaku tetapi tiada kecederaan,” katanya ketika dihubungi.

Katanya, kejadian tersebut belaku pada kira-kira jam 4 petang selepas lebih 1,000 anggota cabang tersebut menunaikan tanggungjawab mereka di sebuah pusat komuniti di Klang.

Proses pengundian yang sepatutnya berakhir pada jam 5 petang digantung selepas kejadian itu.

"Sangat sedih sekali kerana perkara ini berlaku... Kami akan membuat laporan pada jawatankuasa pemilihan,” katanya.

Xavier yang bertanding untuk mempertahankan jawatannya menegaskan, individu didakwa menghempaskan peti undi tersebut bukan seorang penyokongnya.

Ini merupakan kejadian kedua yang berlaku dalam cabang PKPR Kota Raja semasa pemilihan kali ini.

Anggota cabang tersebut didakwa membaling kerusi ke arah satu sama lain semasa parti itu mula memperkenalkan sistem pemilihan baru pada tahun 2010.

Sementara itu, menurut setiausaha akhbar kepada menteri besar Selangor, Arfa'eza Aziz, Kota Raja merupakan salah satu dari sembilan cabang yang digantung pemilihannya har ini.

Katanya, senarai itu termasuk cabang Kuala Selangor, di mana Tan Sri Khalid Ibrahim bertanding sebagai ketua cabang.

Dalam tulisannya di Twitter, beliau berkata pemilihan itu digantung selepas jawatankuasa itu mendakwa terdapat individu yang didakwa mengundi untuk pihak lain.

Kataya, pengundian di tujuh lagi cabang yang digantung melibatkan Subang, Hulu Langat, Sabak Bernam, Kuala Langat, Sepang, Klang dan Selayang.

Sementara itu Bernama melaporkan pemilihan turut digantung di Shah Alam, Kapar, Sungai Besar dan Hulu Selangor.

PKR sebelum ini menggantung pemilihan di 17 cabang ekoran masalah yang timbul dalam proses pengundian.

MALAYSIAKINI




PRK Bukit Gelugur : Presiden Umno Ni Mabuk Daun Ketum Ke Beb... Kah Kah Kah

Posted on Monday, May 12 @ 06:51:12 MYT
Dilulus untuk paparan oleh PenjagaKubur



"

Kalau dah tak nak Bertanding jangan lah keluarkan Kenyataan dari MULUT LONGKANG lu tu Najib, lebih baik diam aja, sudah lah Umno/MCA TAK BERTELOR kerana Tidak Mahu Bertanding dalam PRK Bukit Gelugur lagi lu nak BERLAGAK NAK MAMPOS... apa barang lah lu ni Najib. Lu ni betul-betul bagi Malu kepada Pencachai Angkat Najis Umno... kah kah kah !

Punya lah banyak Parti dalam Gabungan Barisan Nasional (BN) yang konon nya diterima oleh Majoriti Rakyat Malaysia kesudahan nya Calon Bebas yang disokong oleh Umno/MCA ya Najib, apa punya Raja Lawak Mega lah lu ni Najib. Agak-Agak lah kalau ya pun Parti-Parti dalam BN hendak melindungi KEMALUAN yang sudah Terserlah... kah kah kah !.


Kalau betul lah BN yang Umno adalah TUNGGAK kepada GAGASAN tersebut seharus Umno lah yang kena Bertanding bagi Menggantikan Sahabat Sehati Sejiwa MCA tu, bukan nya perlu Menyokong Calon Bebas bagi menggantikan MCA yang TAKUT KALAH TERUK. Jika tidak lebih baik aje DIAM dan BUAT BODOH tanpa perlu berkata-kata... kah kah kah !.


Konon nya Majoriti Rakyat masih bersama Umno... Hakkkkk Tuihhhhh... kalau betul Umno/Bn Kuat dan mendapat Sokongan semua Lapisan Rakyat... apa kata Umno yang Bertanding tak perlu Takut dan membuat Kenyataan LAWAK GILA BABI untuk Menyokong Calon Bebas. Atau Potong aje Telor Pemimpin Umno/Bn dan bagi Makan pada Lembu NFC... kah kah kah.


Gua nak tanya kat lu ni Najib... kalau Budak Bawah Umur bertanyakan lagi soalan Najis Mughalazah kat lu sekarang ni lu boleh jawap ke tak boleh, kerana gua tanya lu ni atas sebab gua nampak Kebodohan lu selepas Berjumpa dengan Presiden Amerika Barack Obama BERTAMBAH-TAMBAH lu tahu tak. Malang betul lah Ahli Umno dapat Presiden seperti lu ni... kah kah kah !. sumber klik sini



hemmmmm..... konon nya beliau bukan seorang yang lemah tetapi beliau katakan beliau seorang yang sabar... tu yang kata kepada peneroka felda sebagai haramjadah tu siapa beb... kah kah kah... A B U.
"

................................
Dihantar untuk paparan TKO (Tranungkite)
Oleh:
inderasipejuang
Posted on Monday, May 12 @ 06:51:12 MYT
Dilulus untuk paparan oleh PenjagaKubur



Jangan pandang mudah BN tidak letak calon

SALMIYAH HARUN | .
KUALA LUMPUR: Pakatan Rakyat harus bekerja kuat dalam PRK Bukit Gelugor walaupun BN tidak meletakkan calon mereka dalam pilihan raya ini.

Ketua Pengarah Pilihan Raya PAS, Dr Mohd Hatta Ramli berkata Pakatan Rakyat jangan menganggap mereka sudah mencapai kemenangan apabila BN gentar untuk meletakkan calonnya.

Bagaimanapun beliau khuatir jumlah pengundi akan berkurangan kerana ketiadaan BN dalam PRK ini.

"Pengundi akan mengurangkan rasa untuk mengalahkan BN, khuatir pengundi-pengundi PR ambil jalan mudah untuk tidak keluar mengundi.

"Saya seru pengundi kena ambil serius dengan keluar mengundi bagi menghantar isyarat jelas bagi mengekalkan kerusi ini untuk PR, keputusan majoriti yang lebih besar akan memberi isyarat kepada BN," katanya kepada Harakahdaily.

Melihat PRK ini tanpa calon BN, Hatta melahirkan rasa pelik kerana BN sepatutnya mengambil sikap untuk bertanding kerana kekosongan kerusi Bukit Gelugor disebabkan kematian penyandangnya Karpal Singh.

Bukan seperti situasi di PRK Kajang, jelas Hatta BN membantah pilihan raya itu kerana peletakkan jawatan oleh calon PKR tetapi dalam masa yang sama BN tetap mengambil bahagian.

"Kali ini di Bukit Gelugor BN tidak berkeyakinan untuk menang dan tidak mahu menggalas risiko yang besar dibimbangi kalah teruk.

"Tetapi dalam masa yang sama Perdana Menteri memberi amaran memastikan Pakatan Rakyat ditentang dalam Bukit Gelugor," katanya yang juga Ahli Parlimen Kuala Krai.

Ini bermakna, jelas Hatta, BN akan berpihak kepada mana-mana calon termasuk Parti Cinta Malaysia (PCM) dan dua calon Bebas yang turut serta dalam pertandingan ini nanti.

Berhubung persiapan jentera parti PAS di Bukit Gelugor, Hatta berkata, PAS akan memberi fokus kepada kawasan-kawasan mempunyai majoriti Melayu.

Empat kawasan tersebut adalah Kampung Melayu, Sungai Gelugor, Taman Tun Sardon dan Bukit Gelugor yang mempunyai 40 hingga 84 peratus adalah pengundi Melayu.

"Semalam kita sudah lancar jentera pilihan PAS. Jentera ini dari kalangan jentera Pulau Pinang sendiri dan jentera dari luar termasuk Kelantan, Terengganu, Kedah dan Perlis," katanya.

PRK Parlimen Bukit Gelugor diadakan berikutan kematian Karpal Singh dalam kemalangan jalan raya berhampiran Gua Tempurung, Ipoh pada 17 April lepas.  

Suruhanjaya Pilihan Raya menetapkan penamaan calon hari ini dan hari mengundi pada 21 Mei ini.  

Pada PRU13 lalu, mendiang Karpal Singh yang mendapat 55,839 undi memenangi kerusi itu dengan majoriti 41,778 undi menewaskan calon BN Teh Beng Yeam, yang memungut 14,061 undi. - HARAKAHDAILY 12/5/2014

RTM tangguh siaran wacana, 5 soalan buat menteri

HARAKAHDAILY | .
KUALA LUMPUR: Ahli Parlimen Sepang, Mohamed Hanipa Maidin malam semalam mendapat makluman daripada RTM bahawa rakaman wacana yang sepatutnya disiarkan malam tadi telah ditangguhkan ke satu tarikh yang akan dimaklumkan kelak.

"Saya juga mendapat maklumat bahawa rakaman itu masih belum ditonton oleh Menteri Penerangan," ujarnya dalam satu kenyataan, sebagaimana di bawah.

Pada hari Khamis yang lepas (9 Mei) saya telah dijemput oleh RTM untuk menjadi salah seorang ahli panel program wacana nasional dengan tajuk hudud.

Selain saya, wakil DAP iaitu Ahli Parlimen Kluang, YB Liew Chin Tong , wakil Umno, Ahli Dewan Undangan Negeri Kok Lanas, YB Datuk Che Alwi dan wakil ahli akademik iaitu Dr Zubaidah dari Universiti Malaya juga dijemput menjadi ahli panel. Moderator wacana tersebut adalah Syed Munawwar.

Semasa forum itu saya juga ada menyentuh jika Umno ikhlas dalam isu hudud ini maka Umno perlu jelaskan kepada rakyat mengapakah Datuk Seri Anwar Ibrahim tidak dibicarakan di bawah undang-undang Islam di Mahkamah Syariah kerana tuduhan ke atas beliau adalah melibatkan kesalahan di bawah undang undang hudud.

Wacana berlangsung selama sejam di mana para ahli panel telah mengemukakan hujah masing masing dan perbahasan meskipun adakalanya panas namun masih dalam suasana yang harmoni dan tidak beremosi.

Saya harus mengucapkan tahniah kepada tuan moderator yang berjaya menghidupkan dan mengawal suasana perdebatan dengan cemerlang.

Selepas selesai program rakaman kami dimaklumkan rakaman wacana tersebut akan disiarkan tanpa penyuntingan (edit) pada 11 Mei (semalam) jam 11 hingga 12 malam.

Pada malam semalam lebih kurang jam 10 malam saya mendapat makluman dari pihak RTM bahawa rakaman yang sepatutnya disiarkan malam tadi telah ditangguhkan ke satu tarikh yang akan dimaklumkan kelak.

Saya juga mendapat maklumat bahawa rakaman itu masih belum ditonton oleh Menteri Penerangan.

Saya dengan ini ingin mendapat penjelasan dari Menteri Penerangan tentang perkara perkara berikut:-

1. Mengapakah siaran wacana tersebut ditangguhkan dan adakah menteri terlibat sama dalam proses penangguhan siaran wacana nasional tersebut?

2. Adakah rakaman wacana itu akan disiarkan selepas ini dan jika ya, bila ia akan disiarkan?

3. Adakah jika rakaman wacana tersebut disiarkan selepas ini, menteri akan memberi jaminan ianya akan disiarkan secara penuh tanpa sebarang penyuntingan (edit) terlebih dahulu ?

4. Adakah menjadi amalan biasa setiap program wacana politik di RTM seperti wacana hudud ini ianya perlu terlebih dahulu mendapat kelulusan dari pihak Menteri sebelum ianya dibenarkan untuk disiarkan?

5. Mengapakah RTM enggan mengadakan program wacana seperti hudud ini secara langsung (live) bagi meunjukkan pihak Kerajaan benar-benar berpegang kepada amalan demokrasi yang matang dan terbuka?

Sekiranya saya tidak mendapat jawapan dari pihak menteri di atas soalan-soalan di atas saya akan membangkitkan isu ini di dalam Parlimen yang akan bersidang pada 9 Jun ini. - HARAKAHDAILY 12/5/2014

 

Bahayanya Ilmu Pengetahuan dan Bahayanya Ulama’ Su’/Dunia


oleh Muhamad Thoriq pada 18 November 2010 jam 15:58
Ciri ulama’’ akhirat adalah mengutamakan kehidupan akhirat yang kekal. Semua amal ibadahnya ditumpukan semata-mata untuk menemui Allah Ta’ala. Sedangkan ulama’ su’ itu terhimpun dengan dunia, ulama su’ itu sama saja dengan ulama’ dunia. Mereka membeli kesesatan dengan petunjuk atau membeli dunia dengan petunjuk. Karena tujuan semata-mata adalah mencari kepuasan dan kesenangan duniawi. Berharap dengan kedudukan, kemegahan dan pandangan mata kepala, yaitu menginginkan pujian-pujian semata.Sabda Nabi SAW :“Manusia yang akan memperoleh adzab pada hari kiamat ialah orang yang berilmu yang tiada bermanfaat dengan ilmunya”. (HR. Abu Hurairah ra).Ilmu yang tidak bermanfaat itu artinya ilmu yang ditujukan semata-mata untuk tujuan kehidupan dunia. Dan Imam Ghazali menyrbut hadiys ini sampai 3 kali agar manusia yang menuntut ilmu dan yang berilmu waspada terhadap ilmu yang tidak bermanfaat.Sampai Nabi Muhammad SAW memberikan doa :ALLAHUMMA INNI AUDZUBIKA MIN ILMIN LAA YANFA’UN WA MIN QOLBIN LAA YAKHSA’U WA MIN NAFSHIN LAA TASBA’U WA MIN DA’WATIN LAA YASTAJABULAHA. 3x Habis Shalat Fardhu”.Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan dari hati yang tidak pernah khusu’, dan dari nafsu yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan.


Ada tiga bagian yang diinginkan oleh manusia dalam menuntut ilmu : Pertama, tujuan menuntut ilmu untuk mendapatkan kedududkan, harta, kesenangan dunia, pangkat dan mendapatkan kemegahan. Kemudian niat yang kedua adalah tujuan semata-mata untuk mencari suami atau istri didalam majelis Ilmu. Yang ketiga adalah tujuan semata-mata mendapatkan ilmu yang bermanfaat, yaitu tentang akhirat dan itulah yang mendapatkan keridhaanNya.Ketiga niat itu tidak akan tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Akan dikabulkan oleh Allah segala hajat-hajatnya menurut tujuan mereka masing-masing. Yang mendapatkan dunia maka kelak mereka akan bangkrut diakhirat, yang mendapat jodoh (suami/istri) itu kelak tidak akan mendapatkan bidadari surga. Kecuali mereka yang mendapatkan ridha Allah SWT, maka jodoh, pangkat, harta dan semuanya akan mendapatkannya. Memahami ilmu itu adalah bagian dari kekuasaan daripada segala niat.Sabda Nabi SAW :“Tidaklah seseorang itu disebut ‘Alim sebelum berbuat menurut ilmunya”. (HR. Ibnu Hibban & Al Baihaqi dari Abu Darda ra),Yang dimaksudkan, setiap perbuatan amal ibah atau pekerjaan sehari-harinya, dia tidak akan melakukan segala sesuatu kecuali ilmu itulah imamnya. Dengan ilmu itu untuk menghantarkan manusia mendapatkan petunjuk dari Allah. Jika segala sesuatu sudah mendapatkan petunjuk Allah berarti manusia itu disebut berilmu dan disebut manusia itu sudah bersama Allah, jalannya Allah, ucapan Allah, pandangan Allah, pendengaran Allah, karena telah disebutkan mereka bersama Allah. Jadi, kata-kata orang berilmu adalah ibadahnya dan semua perbuatannya berdasarkan dengan ilmu.Setiap kaliamat, kata-kata dan ucapannya ada dasar ilmunya.Yang membedakan orang awam dan orang yang berilmu dalam ibadah, orang awam menjalankan dengan amal sedangkan orang berilmu menjalankan ibadah dengan ilmu. Karena ilmu itulah yang bisa membawa manusia mendapatkan sebaik-baik petunjuk.Perumpamaan ilmu Mu’amalah, tidak ada dokter yang mengobati seorang pasien kecuali telah mengetahui obatnya. Sebelum dokter itu mengobati pasien, maka dia sudah tahu obat apa yang pantas untuk pasien itu. Persiapanpersiapan dengan pemahaman ilmu itulah yang disebut orang berilmu. Meletakan kepada sesuatu yang mana saat itu dibutuhkan.Sama dengan perumpamaan, ada baju kotor dan dia tahu berapa takaran sabun yang digunakan untuk mencuci baju itu. Alat untuk membuat kebaikan itu dengan ilmu. Ada orang beramal tetapi tidak mengetahui pahalanya, maka itu bukan orang berilmu. Mengamalkan amalan ibadah, dia harus mengetahui indikasinya dan Fadilahnya. Tanpa pengetahuan ilmu itu seperti orang yang puasa di bulan Ramadhan tetapi tidak tahu yang membatalkan puasa. Banyak orang yang berpuasa, menajalankan amal ibadah puasa tetapi dia tidak mengetahui batalnya puasa, ini bukan orang yang berilmu. Maka, dengan ilmu tersebut dia menjaga agar jangan sampai batal puasanya. Karena ibadah puasa tanpa ilmu itu pasti akan banyak gugur/batal yang mengakibatkan hanya mendapatkan lapar/haus. Kesempatan Bulan Ramadhan itu maka diisi dengan menambahkan amal-amal shaleh. Sampai terbenamnya matahari, dia mendapatkan pahala disisi Allah karena mengetahui ilmu dalam Bulan Ramadhan.Sabda Nabi SAW :“Ilmu pengetahuan itu ada dua: yang pertama diletakan pada lisan yang menjadikan sebab untuk beribadah kepada Allah dan terhadap social masyarakat pada umumnya. Yang kedua adalah adalah ilmu hati, yang hatinya selalu bermanfaat bagi dirinya dan orang lain”. (HR At Tirmidzi dan Ibnu Birri dari Al Hasan).Contoh, kita tidak tahu sejauh mana doa dan amal ibadah kita dengan lisan kita. Seperti halnya orang yang hafal Al Qur’an. Sejauh mana pahalanya disisim Allah?. Kita hanya mengimani bahwa itu adalah Kitabullah Al Qur’an. Sampai kepada Tuhan, dari lisan, dan sampai kepada manusia yaitu pengajaran untuk mengetahui perbuatan.Kemudian ilmu yang didalam hati, yaitu mengatur niat. Niat itu adalah pokok sumber ibadah. Dengan niat tersebut,”bahwa kami beramal semata-mata karena Allah untuk mencapai ridhaNya”.Maka dua bagian yang didapat yaitu bathin dan lisan, walaupun kita tidak memahami dengan apa-apa yang kita baca (Al Qur’an). Yang kita mengetahui dan percaya bahwa Al Qur’an itu adalah Mu’jizat. Maka itu disebut ilmu yang bermanfaat. Yang mendengar, membaca, duduk, semuanya bermanfaat.Sabda Nabi SAW :“Banyak orang melakukan ibadah tetapi dengan kebodohan dan banyak orang-orang berilmu yang tidak menjalankan ibadah (fasiq)” (HR Al Hakim dari Anas).

Yang bodoh rajin ibadah maka itu bala’ dan bencana. Sedangkan orang yang berilmu tidak mengamalkan amal ibadahnya kemudian menjual ayat/agama maka itu juga bencana. Dua kejadian orang itu adalah musibah dan bencana sehingga akhir zaman ini banyaknya musibah itu disebabkan oleh dua manusia yang bodoh itu. Sabda Nabi SAW :“Janganlah engkau mempelajari ilmu pengetahuan untuk niat bersombong-sombong dengan sesama orang yang menuntut ilmu”. (HR. Ibnu Majah dari Jabar ra, Sahih).Jadi, ada orang yang menuntut ilmu itu untuk tujuan kesombongan dan untuk mencari musuh/bertengkar. Dan musuhnya itu adalah orang-orang bodoh dan lemah, yaitu orang yang lemah berfikir. Dan tujuannya untuk mencari perhatian orang lain sehingga orang ramai datang kepadanya karena dia merasa lebih baik daripada mereka.Barangsiapa yang berbuat demikian itu maka dia wajib masuk kedalam neraka.

Sabda Nabi SAW :“Barang siapa yang menyembunyikan ilmu pengetahuan yang ada padanya maka kelak mereka akan diberikan oleh Allah tali kekang pada mulutnya dengan kekang api neraka” (HR Ibnu Juz’I dari Abu Hurairah ra).Jadi, orang yang berilmu itu pun kadang-kadang pelit dengan ilmunya, “ini untuk saya dan kamu belum wajib menerimanya”.Ilmu itu ada dua, ilmu khusus dan ilmu umum. Yang umum tidak boleh diberikan kepada yang khusus dan yang khusus tidak boleh untuk umum. Yang satu disebut ilmu Sirr dan yang satunya adalah ilmu dhahir. Jika sudah waktunya menerima maka tidak boleh disembunyikan ilmu itu,Misalnya ada ijazah, tetapi ternyata ilmu itu diberikan kepada muridnya yang bodoh, atau yang belum waktunya. Maka diibaratkan seperti kalung mutiara (ilmu yang sangat berharga) yang dikalungkan dileher babi. Pantaskah kalung mutiara itu ditaruh dileher babi?, itu tidak dibenarkan. Tetapi si murid yang bodoh itu menuntut/memaksa agar kalung mutiara itu dikenakan padanya, padahal dia itu “babi”.

Sabda Nabi SAW :“Sesungguhnya aku lebih takut kepadamu kepada yang bukan dajjal dari dajjal” (HR. Ahmad dan Abi Dar ra.)Jadi, Nabi Muhammad SAW sudah memberikan peringatan kepada kita. Bahwa lebih ditakuti/dikwatirkan oleh beliau adalah sosok manusia tetapi sifat dan perbuatannya dajjal. Bukan dajjal sebenarnya yang ditakuti/dikwatirkan oleh Nabi SAW, tetapi kelak ulama’-ulama’ yang sifatnya dajjal, yaitu disebut ulama’ Su’/ulama dunia. Mereka mengajak hidup lama didunia ini.Maka banyak orang menanyakan “siapakah yang dimaksudkan dajjal itu Ya…Rasul SAW?” maka jawab Nabi SAW “adalah imam-imam, pemimpin atau pemuka-pemuka yang dhalim dan menyesatkan, itulah dajjal yang berupa manusia”.Yang mana akhir zaman sekarang ini sudah banyak bermunculan dikampung-kampung, didesa-desa sampai dikota. Tidak disadari bahwa mereka sudah dikendalikan oleh Dajjal.

Sabda Nabi SAW  :“Barangsiapa yang bertambah ilmunyadan tidak bertambah petunjuknya niscaya dia tidak bertambah dekat kepada Allah melainkan bertambah jauh dari Allah” (HR Abu Manshur Ad Dailami dan Ibnu Hibban).Contoh, banyak orang yang menuntut ilmu, sudah beribadah, berdoa, mengabdi, berdzikir tetapi putus asa. Itu sebenarnya makin jauh dari Allah, makin tidak ada getaran dalam hatinya, dalam pikirannya, dalam dirinya, tidak ada kekhusu’an, dll. Ini adalah cirri-ciri orang yang makin jauh dari Allah. Karena nilainya menuntut ilmu hanya ikut-ikutan saja (taklid). Tidak mendapatkan harapannya tetapi justru mendapatkan kesusahannya. Tidak mendapatkan kebahagiaan kecuali kebingungan. Andaikata menjalankan perintah Allah Ta’ala, ada sesuatu yang diinginkan selain Allah dan RasulNya. Maka, itu adalah cirri-ciri orang yang makin beribadah tetapi justru makin jauh dari Allah dan RasulNya serta tidak ada bekas (Atsar) amal ibadahnya.Sabda Nabi Isa as : “Kapankah kamu akan menerangkan jalan kepada orang-orang yang berjalan malam? Sedangkan kamu bertempat tinggal bersama orang-orang yang dalam keheranan”.Yang dimaksud oleh Nabi Isa as; bagaimana kita akan memberikan petunjuk kepada orang lain atau keluarga kita sedangkan diri lita sendiri dalam kebingungan. Bagaimana akan menjadi imam didalam hidup sedangkan diri kita sendiri dalam dalam tekanan/beban yang berat. Bagaimana kita akan mendapatkan satu kebaikan sementara kita masih terbelenggu dengan nasib.Bagaimana kita bisa menjadi contoh yang baik didalam kehidupan manusia sementara kita sendiri masih terhimpit dengan masalah dunia. Bagaimana kita akan mengajak orang lain kepada jalan yang kebaikan sementara yang kita sampaikan tidak ada keikhlasan dalam diri. Bagaiaman akan terang hidup orang lain sementara didalam “rumah kita” terjadi kegelapan. Maka disitulah bahayanya ilmu yang bisa membuat manusia menderita dan dibinasakan dalam keabadian.Disebut orang itu berilmu tetapi gelap wajahnya, gelap kehidupannya, itu sebenarnya imannya sudah dicabut, ilmunya tidak bermanfaat dan berada dalam kebinasaan. Maka dia campurkan antara ilmu pengetahuan dan ilmu akhirat yang semua tidak memperoleh keselamatan. Dia tuntut ilmu pengetahuan  tidak mendapatkan kebahagiaan, dia tuntut ilmu akhirat juga tidak mendapatkan kebahagiaan. Dia campurkan antara pengetahuan dan agama. Andaikata ingin mendapatkan kebahagiaan maka yang diinginkan hanya kebahagiaan dunia semata.Ilmu itu adalah Atsar dari para sahabat Nabi Muhammad SAW. Atsar itu bisa berarti sumber dari para sahabat, bekas-bekas sejarah dari para sahabat, sampai diriwayatkan kepada ulama’-ulama’ akhirat.Berkata Sayyidina Umar ra , “Yang paling aku takutkan kepada umat ini ialah orang-orang munafiq yang menuntut ilmu atau orang munafiq yang berilmu, dia akan terperosok dan tersesat jalannya, mereka akan mengganti kedudukan akhirat dengan dunia”. Maka sahabat lain bertanya kepada Sayyidina Umar “Bagaimana bisa terjadi orang yang munafiq itu berilmu?”, Sayyidina Umar menjawab “dia hanya berilmu dilidahnya tetapi bodoh dan jahil dihatinya dan jelek perbuatannya”.Berkata Al Hasan ra, “Janganlah ada engkau sebagian dari orang yang mengumpulkan ilmu ulama, kata-kata pilihan hukuma’ dan berlaku dalam perbuatan seperti sufaha’ (orang-orang bodoh)”. Artinya, menuntut ilmu baik ilmu Mu’amalah, ilmu Fiqih atau Ilmu Tauhid, tetapi digantikan dengan dunia. Manggantikan dengan harga yang murah (harta), itu adalah bodoh. Itulah yang disebut orang munafiq yang berilmu.Ada seorang laki-laki dating kepada Abu Hurairah ra, “saya ingin menuntut dan mempelajari ilmu tetapi saya takut, jangan-jangan ilmu itu tidak bermanfaat dan sia-sia”.  Ada orang yang menuntut ilmu tetapi tidak bermanfaat, ada yang dating untuk numpang hidup, ada yang dating untuk mencari istri/suami, ada yang dating untuk harta/jabatan, dll. Maka dijawab oleh Abu Hurairah ra, “dengan berani meninggalkan menuntut ilmu itu maka sudah termasuk menyianyiakan ilmu”. Dengan begitu sudah termasuk sia-sia dalam hidupnya, umurnya, waktunya dan ibadahnya adalah yang berani meninggalkan ilmu. Jika masih bertambah maka dikurangi ilmunya.Ada seorang bertanya kepada Ibrahim bin Uyyainah “manakah manusia yang sangat lama penyesalannya?”, maka dijawab oleh Ibrahim bin Uyyainah “yang mana pada masa hidup didunia ialah orang yang telah berbuat baik kepada orang yang tidak tahu berterima kasih. Dan ketika mati nantinya yaitu orang-orang yang sudah berilmu tetapi menyia-nyiakan ilmunya”. Dan termasuk menjual ilmu itu dengan harga murah.Ketika kita memberikan amalan kepada seseorang lalu kita minta maharnya maka kelak dihari kiamat kita tidak berhak atas amalan tersebut. Kelak dia tidak mendapatkan balasan disurga karena sudah diambil didunia. Apa-apa yang ada tarifnya itu berarti ada nilai yang terbatas, maka kelak akan dibatasi dirinya masuk surga.Al Khalil bin Ahmad berkata, “orang itu ada empat macam, satu ialah orang yang mengetahui dan tahu dia mengetahui. Artinya, mengetahui segala niat, itulah orang yang berilmu maka ikutlah dia  (mengabdi) dan taatilah. Yang kedua, apabila ada yang mengetahui tetapi tidak tahu dia mengetahui (misalnya, orang yang menuntut ilmu tetapi tidak paham dengan ilmu dan tidak mempunyai keinginan untuk mengetahui), itu disebut orang yang tidur. (Mengaji dan belajar tetapi tidur walaupun matanya terjaga, apalagi tidur sungguhan), dia itu orang yang minta petunjuk maka tunjukilah dia. Yang ketiga, orang yang tidak ingin mengetahui dan tidak tahu dan tidak mengetahui itu disebut orang jahil, maka usirlah dan tolaklah dia”.Ada yang sudah dating di Majelis Ilmu tetapi tidak ingin tahu dan mengetahui sampai tidak tahu, maka usirlah dia. Termasuk orang yang tuli, keras hati dan tidak berakal. Hanya modal yang penting ikut tetapi tidak tahu dan tidak mengetahui dan tidask ingin tahu.

Sufyan Ats Tsauri ra berkata “Sesungguhnya ilmu itu dengan amal perbuatan, setelah mendengar ilmu dan melakukan amal perbuatan. Jika sudah ada demikian maka ilmu itu menetap (menjadi prinsip). Jika mendengar ilmu tidak diamalkan/dilaksanakan maka ilmu itu lenyap/hilang tidak berbekas”.Ibnu Mubarak berkata, “selama manusia itu menuntut ilmu dan sampai berilmu. Apabila ia menyangka dirinya sudah berilmu maka dia itu disebut orang yang bodoh”’Al Fudhail berkata “saya menaruh belas kasihan kepada 3 macam manusia; pertama orang mulia didalam lingkungan kaumnya yang menghinakan diri (artinya, orang yang sudah dimuliakan kaumnya, yang sudah mendapatkan nama yang bagus tetapi perbuatannya buruk. Jika seorang ulama’, dia melakukan penipuan), Yang kedua, orang yang sudah dianugerahi kekayaan oleh Allah tetapi dia pura-pura menjadi orang yang miskin karena takut dimintakan sedekah. Yang ketiga, adalah orang-orang yang sudah berilmu tetapi masih masih mau dipermainkan oleh dunia”.Maka siksaannya bagi ulama” (usuk/dunia) ialah diberikan mati hatinya, dzikirnya mati, suka menipu, kebusukan muncul, dll.Disebutkan kematian hati ialah mencari dunia dengan amalan akhirat.Bersyirlah Al Hasan, “Aku heran orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk. Lebih heran lagi, orang membeli dunia dengan agamanya. Dan yang lebih heran lagi dari dua itu….adalah orang yang menjual agamanya dengan dunia, inilah orang yang paling ajaib dari yang dua itu….Nabi SAW bersabda :“Bahwa sesungguhnya orang yang berilmu itu diadzabkan dengan suatu adzab yang dikelilingi oleh penduduk neraka dengan perasaan takut karena saking dahsyatnya adzab itu”. Itulah orang ‘Alim dhalim.Berkata Usamah bin Zaid ra :“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda “pada hari kiamat akan dibawa orang-orang yang berilmu lalu dilemparkan kedalam neraka maka keluarlah perutnya, dia mengelilingi perutnya itu seperti keledai mengelilingi gilingan gandum dan penduduk neraka mengelilingi sambil bertanya “mengapa engkau sampai begini” dan orang berilmu itu  menjawab “dulu aku selalu menyuruh kepada kebaikan tetapi aku sendiri tidak pernah mengerjakannya dan aku melarang dari seluruh kejahatan tetapi aku sendiri yang mengerjakannya”. (HR Bukhari &Muslim dari Usamah bin Zaid).Dilipat gandakan siksaan kepada orang-orang berilmu itu karena ilmunya, dengan menjual agamanya dan membeli kesesatan dengan petunjuk.Maka Allah berfirman dalam QS. An Nisa 145 :“Sesungguhnya orang-orang munafiq itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka”.Bahwa orang munafiq itu ada dalam tingkat neraka paling bawah dari orang kafir. Karena sesudah mendapatkan ilmu dia mengingkarinya. Dijadiakn orang yahudi itu lebih jahat daripada orang nashrani, padahal orang yahudi itu tidak mengakui Allah mempunyai anak dan tidak mengakui Allah itu yang ketiga. Tetapi disebabkan orang yahuid itu ingkar sesudah mengetahui. Allah berfirman “Mereka mengetahui kitab suci seperti mengetahui anaknya sendiri”.Jadi, lebih berat dank eras siksa bagi orang yang sudah mengetahui (ilmu) kemudian melakukan pelanggaran dan maksiat kepada Allah. Dosanya lebih besar dan nerakanya diletakan paling bawah dari orang kafir.

WALLAHU A’LAM
(Dikutip dari Kitab Sabiilal Tajul Abidiinal Arifin, yang ditulis oleh Hadratus Syeikh Arifin bin Alie bin Hasan, Surabaya)

Mari Menuntut Ilmu Syar'i (Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu)

Aku Takkan Lupakan Ilmu
Merupakan nikmat dan anugerah yang besar bagi seorang muslim dapat berjalan di atas kebenaran, mencari ridha Allah dan menggapai surga-Nya kelak. Dalam perjalanan seorang muslim, tak jarang dirinya lupa sehingga perlu diingatkan, kadang juga ia lalai sehingga membutuhkan teguran, belum lagi apabila ia keliru sehingga ia mencari pelita yang dapat meluruskan langkah dan arahnya.
Berikut ini penulis mengajak dirinya dan ikhwah sekalian untuk merenungi lagi ayat-ayat Allah, hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan bimbingan pemahaman Salafush Shalih. Menyegarkan kembali ingatan kita bersama tentang kemuliaan ibadah melalui tholabul ilmi (menuntut ilmu syar’i), agar semangat tak menjadi surut, terlebih di hadapan berbagai ujian dan cobaan kehidupan duniawi. Semoga dapat bermanfaat khususnya bagi diri penulis dan bagi seluruh pembaca, amin…
Saudaraku…, Islam menjelaskan kedudukan yang tinggi nan mulia tentang keutamaan ilmu. Banyak ayat dan hadits serta perkataan serta kisah teladan para ulama salaf yang menunjukkan hal ini. Di antaranya adalah:
Menggapai Kemuliaan Dengan Ilmu Syar’i
Allah Ta’ala berrfirman,
يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ
“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat.” (QS. Al-Mujadilah: 11)
Ath Thabari rahimahullah berkata,“Allah mengangkat derajat orang beriman yang berilmu di hadapan orang beriman yang tidak berilmu karena keutamaan ilmu mereka (jika mereka mengamalkan ilmu tersebut, pent).” (Tafsir Ath-Thabari, QS Al-Mujadilah: 11)
Asy-Syaukani rahimahullah berkata,“Yaitu derajat yang tinggi dengan kemuliaan di dunia dan pahala di akherat.” (Tafsir Asy-Syaukani; QS Al-Mujadilah: 11)
Suatu hari Nafi’ bin Abdul Harits mendatangi Amirul Mukminin (Umar bin Al Khattab) di daerah ‘Usfan (saat itu Umar tengah mempercayakan kepemimpinan Mekah kepada Nafi’).

Umar bertanya, “Siapa yang engkau jadikan penggantimu -sementara waktu- bagi penduduk Mekah?”
Nafi’ menjawab, “Ibnu Abza.”
Umar bertanya, “Siapa Ibnu Abza?”
Nafi’ menjawab, “Seorang budak.”
Umar bertanya kembali, “Engkau telah memberikan kepercayaan tersebut kepada seorang budak [?]“
Nafi’ mengatakan, “Sesungguhnya budak tersebut adalah seorang hafizh Al-Qur’an dan sangat mengilmui faraidh (yakni hukum-hukum islam)”
Kemudian Umar berkata, “Sungguh Nabi kalian telah berkata: “Sesungguhnya Allah mengangkat derajat sebagian manusia dengan Al-Qur’an dan merendahkan sebagian yang lain karenanya.” (Shahih Muslim: 817)
Ibrahim Al-Harbi berkata: Seseorang bernama ‘Atha’ bin Abi Rabah adalah budak berkulit hitam, milik seorang wanita penduduk Mekah. Hidung ‘Atha’ pesek seperti kacang (sangat kecil). Suatu hari, Sulaiman bin Abdul Malik sang Amirul Mukminin bersama kedua anaknya mendatangi ‘Atha’ yang sedang shalat. Setelah selesai dari shalatnya ia menyambut mereka. Masih saja mereka asyik bertanya kepada ‘Atha tentang manasik haji kemudian Sulaiman berkata kepada kedua anaknya “Wahai anak-anakku, jangan kalian lalai dari menuntut ilmu. Sungguh aku tidak akan lupa telah berada di hadapan seorang budak hitam (yang berilmu ini)”
Dalam kisah yang lain Ibrahim Al-Harbi berkata, “Muhammad bin Abdurrahman Al-Auqash adalah seorang yang lehernya sangat pendek sampai masuk ke badannya sehingga kedua bahunya menonjol keluar. Dengan penuh perhatian dan kasih sayang ibunya berpesan, “Wahai anakku, sungguh kelak setiap kali engkau berada di sebuah majelis engkau akan selalu ditertawakan dan direndahkan, maka hendaklah engkau menuntut ilmu karena ilmu akan mengangkat derajatmu.” Ternyata (ia mematuhi pesan ibunya, pent) sehingga suatu saat dipercaya menjadi Hakim Agung di Mekah selama dua puluh tahun.” (Lihat Tarikh Baghdad 2: 309, Miftah Daris Sa’adah karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah 1: 501-502)
Al-Muzani berkata,“Aku pernah mendengar Imam Syafi’i berkata: ‘Barangsiapa mempelajari Al-Qur’an maka akan mulia kehormatannya. Barangsiapa mendalami ilmu fikih maka akan agung kedudukannya, barangsiapa mempelajari bahasa (arab) maka akan lembut tabiatnya. Barangsiapa mempelajari ilmu berhitung maka akan tajam nalarnya dan banyak idenya. Barangsiapa banyak menulis hadits maka akan kuat hujjahnya. Barangsiapa yang tidak menjaga dirinya, maka tidak akan bermanfaat ilmunya.’ (Diriwayatkan dari Imam Syafi’i dari beberapa jalan, lihat Miftah Daris Sa’adah 1: 503)
Menuntut Ilmu Adalah Jalan Menuju Surga
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu (syar’i), maka Allah akan memudahkan jalan baginya menuju surga.” (HR. Muslim no: 2699 dari Abi Hurairah)
Beliau juga bersabda,“Barangsiapa keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah sampai ia kembali.” (HR Tirmidzi no: 2323, Ibnu Majah no: 4112  dan dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Shahih Sunan Ibnu Majah no: 186 dari Anas)
Dengan Menuntut Ilmu Segala Pintu Kebaikan, Maghfirah, dan Pahala Akan Dilimpahkan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan oleh Allah, maka ia akan diberikan kepahaman tentang agama.” (HR Bukhari 1: 150-151, 6: 152, dan Muslim 1037 dari Mu’awiyah)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,“Apabila anak cucu Adam meninggal dunia maka terputus semua amalannya kecuali dari tiga hal: [1] shadaqah jariyah, [2] ilmu yang bermanfaat, dan [3] anak shalih yang mendoakannnya.” (HR Muslim 1631 dari Abi Hurairah)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda, “…dan sesungguhnya para Malaikat akan merendahkan sayap-sayap mereka bagi penuntut ilmu sebagai tanda ridha terhadap apa yang mereka lakukan. Sungguh seorang yang berilmu akan dimintakan ampun baginya oleh semua yang ada di langit dan bumi sampai pun ikan di lautan. Keutamaan seorang yang berilmu atas seorang ahli ibadah bagaikan keistimewaan bulan di hadapan bintang-bintang. Para ulama adalah pewaris para Nabi. Para Nabi tidak mewariskan dinar ataupun dirham, mereka hanya mewariskan ilmu. Barangsiapa yang dapat mengambilnya, sungguh ia telah meraih bagian yang banyak.” (HR Abu Daud no: 3641-2, At-Tirmidzi no: 2683, Ibnu Majah no: 223, dishahihkan Ibnu Hibban no: 80)
Ilmu ini adalah anugerah. Oleh karena itu, mari kita bersama menjaganya dengan baik. Mengikhlaskan hati mensucikan niat agar Allah menambahnya serta melimpahkan berkah di dalamnya,
وقل رب زدني علما 
“Dan katakan, Wahai Rabb tambakanlah bagiku ilmu.” (QS Thoha: 114)
Jangan sampai kemurniannya terkotori dengan bisikan ambisi materi atau buaian kemewahan duniawi. Dalam hal ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengingatkan kita dengan dalam sebuah hadits, “Barangsiapa mencari ilmu yang seharusnya dicari untuk mengharapkan wajah Allah, namun ternyata ia tidak mempelajarinya melainkan untuk mendapatkan satu tujuan dunia, maka ia tidak akan mencium wanginya surga pada hari kiamat.” (HR Abu Daud no: 3664 dengan sanad yang shahih, Ibnu Majah no: 252, Ibnu Hibban no: 89, dll)
Kiat Menjaga Ilmu
Para ulama salaf menjelaskan bahwa di antara kiat menjaga kenikmatan mulia ini adalah dengan:
1. Selalu bersemangat dalam menuntut ilmu dan tidak merasa bosan
Imam Syafi’i rahimahullah berkata,“Seseorang tidaklah berhasil menuntut ilmu (dengan baik) apabila dia selalu merasa bosan, seakan tidak membutuhkannya. Akan tetapi, seseorang akan berhasil menuntut ilmu jika melakukannya dengan perjuangan dan susah payah, penuh semangat dan hidup prihatin.” (Hilayatul Auliya karya Abu Nu’aim; 9: 119, Al-Madkhal karya Al-Baihaqi; no: 513, Tadribur Rawi karya As-Suyuthi; 2: 584)
Dalam Diwannya beliau juga membawakan syair
أخي لن تنال العلم إلا بستـتة # سأنبيك عن تفصيلها ببيان # ذكاء وحرص واجتهاد وبلغة # وصحبة أستاذ وطول زمان 
Wahai saudaraku…, engkau takan mendapatkan ilmu melainkan dengan (memperhatikan) enam hal… Aku akan menyebutkannya secara rinci: [1] harus memiliki kecerdasan, [2] memiliki semangat, [3] bersungguh-sungguh, [4] membutuhkan biaya/materi, [5] mendapat bimbingan guru (ustadz), dan [6] membutuhkan waktu yang panjang. (Diwan Asy-Syafi’i)
2. Mengamalkan ilmu yang telah kita dapatkan
Amr bin Qays berkata,“Jika sampai kepadamu suatu ilmu, maka amalkanlah meskipun hanya sekali.” (Hilyatul Auliya karya Abu Nu’aim 5: 102)
Imam Waki’ berkata,“Jika engkau hendak menghafal satu ilmu (hadits), maka amalkanlah!” (Tadribur Rawi karya As-Suyuthi 2: 588)
Imam Ahmad berkata,“Tidaklah aku menulis suatu hadits melainkan aku telah mengamalkannya. Sehingga suatu ketika aku mendengar hadits bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan hijamah (bekam) dan memberikan upah kepada ahli bekam (Abu Thaybah) satu dinar, maka aku melakukan hijamah dan memberikan kepada ahli bekam satu dinar pula.” (Ibnul Jauzi menyebutkannya dalam Manaqib Ahmad, hal: 232)
3. Senantiasa mengingat dan mengulang-ulang ilmu
Ali bin Abi Thalib berkata,“Ingat-ingatlah (ilmu) hadits. Sungguh jika kalian tidak melakukannya maka ilmu akan hilang.” (Al-Muhadditsul Fashil karya Ar-Ramahurmuzi hal: 545)
Ibnu ‘Abbas berkata,“Mengulang-ulang ilmu di sebagian malam lebih aku cintai daripada menghidupkan malam (dengan shalat malam) (Sunan Ad-Darimi; 1: 82 dan 149)
Az-Zuhri berkata,“Gangguan ilmu adalah lupa dan sedikitnya muraja’ah (mengulang-ulang).” (Sunan Ad-Darimi, 1: 150)
Saudaraku… Kita perlu mengingat kembali sebuah hadits yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau menggambarkan bagaimana Allah akan mencabut ilmu dari kehidupan dunia ini.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu dengan merenggutnya dari para manusia, namun ilmu itu dicabut dengan diwafatkannya para ulama. Sehingga apabila Allah tidak menyisakan lagi seorang ‘alim, maka manusia akan menjadikan para pembesar mereka dari kalangan orang-orang bodoh yang ditanya (tentang agama) lantas orang-orang bodoh itu berfatwa tanpa ilmu, sehingga mereka sesat dan menyesatkan.” (HR Al-Bukhari: 1: 174-175, Muslim no: 2673, At-Tirmidzi 2652)
Dalam hadits yang lain, beliau bersabda, “Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari kiamat adalah diangkatnya ilmu, kebodohan semakin merajalela, zina nampak di mana-mana, khamr diminum, kaum pria menjadi sedikit dan kaum wanita menjadi lebih banyak….” (Shahih dengan beberapa jalannya, Al-Bukhari juga meriwayatkannya dalam Sahih: kitab “nikah” dari hadits Hafsh bin Umar dan kitab “ilmu”, demikian pula halnya Muslim dalam Shahih-nya: 4: 256, dan selain mereka)
Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata,“Sungguh keberadaan agama Islam dan keberlangsungan dunia ini adalah dengan keberadaan ilmu agama, dengan hilangnya ilmu akan rusaklah dunia dan agama. Maka kokohnya agama dan dunia hanyalah dengan kekokohan ilmu.” (Miftah Daris Sa’adah karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah: 1: 500)
Al-Auza’i berkata bahwa Ibnu Syihab Az-Zuhri menyatakan,“Berpegang teguh dengan sunnah adalah keselamatan. Sementara ilmu diangkat dengan cepat. Kekokohan ilmu adalah keteguhan bagi agama dan dunia. Hilangnya ilmu adalah kehancuran bagi itu semua.” (Riwayat Ibnul Mubarak dalam Az-Zuhud 817, dan Ibnu ‘Abdil Bar dalam Al-Jami’ 1018)
Saudaraku…
Yakinlah bahwa di antara kunci kebahagiaan dunia dan akherat adalah dengan menuntut ilmu syar’i. Itulah yang akan menumbuhkan khasyyah dan sikap takut kepada Allah, merasa diawasi sehingga waspada terhadap semua ancaman Allah. Semua itu tidaklah didapatkan kecuali dengan ilmu syar’i. Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ
“Sesungguhnya hanyalah para ulama yang memiliki khasyyah kepada Allah.” (QS. Fathir: 28)
Ath-Thabari berkata,“Sesungguhnya yang takut kepada Allah, menjaga diri dari adzab dengan menjalankan ketaatan kepada Allah hanyalah orang-orang yang berilmu. Mereka mengetahui bahwa Allah Maha Mampu melakukan segala sesuatu, maka mereka menghindar dari kemaksiatan yang akan menyebabkan murka dan adzab Allah…” (Lihat Tafsir Ath-Thabari QS Fathir; ayat: 28)
‘Abdullah bin Mas’ud dan Masruq berkata,“Cukuplah ilmu membuat seseorang takut kepada Allah, dan sebaliknya kebodohan menyebabkan seseorang lalai dari mengenal Allah.”
Al-Baghawi menyebutkan bahwa seseorang memanggil dan berkata kepada Sya’bi, “Wahai ‘aalim  berfatwalah.” Sya’bi menjawab, “Sesungguhnya seorang ‘alim adalah yang memiliki khasyyah (rasa takut) kepada Allah.” (Riwayat Ibnul Mubarak dalam Az-Zuhud hal: 15, dan Ahmad dalam Az-Zuhud hal: 858 dan Lihat Tafsir Al-Baghawi QS Fathir; ayat: 28)
Syaikh As-Sa’di berkata dalam tafsir dari Surat Al-Faaathir ayat 28, “Ayat ini adalah dalil keutamaan ilmu, karena ilmu akan menumbuhkan sikap khasyyah (takut) kepada Allah. Orang yang takut kepada Allah adalah orang yang akan mendapatkan kemuliaan Allah sebagaimana firman-Nya (yang artinya),  “Allah ridha kepada mereka dan mereka ridha kepada Allah. Itu hanya bagi orang-orang yang memiliki khasyyah kepadaNya.” (Lihat Tafsir As-Sa’di QS Fathir, ayat: 28)
Dengan ilmu kita dapat menumbuhkan sikap khasyyah kepada Allah dan itulah muraqabah yang akan membimbing langkah-langkah kita menuju ridha Allah.
Sufyan berkata,“Barangsiapa yang berharap (kebahagiaan) dunia dan akherat, hendaklah ia menuntut ilmu syar’i.”
An-Nadhr bin Syumail berkata,“Barangsiapa yang ingin dimuliakan di dunia dan akherat, hendaklah ia menuntut ilmu syar’i. Cukuplah menjadi kebahagiaan bagi dirinya jika ia dipercaya dalam perkara agama Allah, serta menjadi perantara antara seorang hamba dengan Allah.” (Miftah Daris Sa’adah karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah: 1: 503-504)
Mu’adz bin Jabal berkata,“Pelajarilah ilmu syar’i karena mempelajarinya di jalan Allah adalah khasyyah, memperdalamnya adalah ibadah, mengulang-ulangnya adalah tasbih (memuji Allah), membahas (permasalahan-permasalahannya) adalah jihad, mengajarkannya kepada yang belum mengetahuinya adalah shadaqah, dengan ilmulah Allah diketahui dan disembah, dengannya Allah diesakan dalam tauhid, dan dengannya pula diketahui yang halal dan yang haram…” (Hilayatul Auliya karya Abu Nu’aim 1: 239, Al-Ajmi’ oleh Ibnu ‘Abdil Bar 1: 65)
Seorang penyair berkata: 
Ilmu adalah harta dan tabungan yang tak akan habis…  
Sebaik-baik teman yang bersahabat adalah ilmu…
Terkadang seseorang mengumpulkan harta kemudian kehilangannya… 
Tidak seberapa namun meninggalkan kehinaan dan perseteruan… 
Adapun penuntut ilmu, ia selalu membuat iri (ghibthah) banyak orang…   
Namun dirinya tidak pernah merasa takut akan kehilangannya… 
Wahai para penuntut ilmu, betapa berharga hartamu itu… 
yang tak dapat dibandingkan dengan emas ataupun mutiara…..
(Diterjemahkan dari Miftah Daris Sa’adah karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah: 1: 507)
Karenanya, Luqman berwasiat kepada putranya, “Wahai anakku, duduklah bersama para ulama, dekatilah mereka dengan kedua lututmu. Sesungguhnya Allah akan menghidupkan hati yang mati dengan pelita “hikmah” sebagaimana Allah menghidupkan bumi yang gersang dengan air hujan.” (Riwayat Imam Malik dalam Al-Muwaththa’ 2: 1002).
Hikmah yang beliau maksud adalah yang Allah sebutkan dalam firmanNya (QS Al-Baqarah: 269) yang artinya,“Allah menganugerahkan “hikmah” kepada yang Allah kehendaki, barangsiapa telah diberikan hikmah maka ia telah diberikan banyak kebaikan…”
Qutaibah dan Jumhur ulama berkata “hikmah adalah mengetahui yang haq dengan sebenarnya serta mengamalkannya. Itulah ilmu yang bermanfaat dan amal yang shalih.” (Miftah Daris Sa’adah karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah: 1: 227)
Imam Ahmad berkata,“Manusia lebih membutuhkan ilmu dibandingkan makan dan minum, karena makanan dan minuman dibutuhkan manusia satu atau dua kali dalam satu hari. Akan tetapi, ilmu senantiasa dibutuhkan seorang manusia setiap saat (selama nafasnya berhembus)”…(Thabaqat Al-Hanabilah; 1: 146)
Saudaraku, Belum Terlambat dan Tidak Ada Kata Malu
‘Aisyah berkata,“Sebaik-baik wanita adalah wanita Anshar. Mereka tidak terhalangi oleh rasa malu untuk mempelajari semua perkara agama ini.”
Mujahid juga berkata,“Seorang pemalu atau sombong tidaklah dapat menuntut ilmu. Yang satu terhalangi dari menuntut ilmu oleh rasa malunya. Sementara yang satu lagi terhalangi oleh kesombongannya.” (Al-Bukhari menyebutkannya secar mu’allaq dalam Shahih-nya 1: 229)
Mari bersama-sama kita membangkitkan semangat menuntut ilmu syar’i agar dengannya kita mendapatkan pelita nan bercahaya, menerangi setiap amalan hidup kita, membimbing setiap pola pikir dan langkah kita, memperbaiki setiap niat hati kita, membuat kita senantiasa takut karena merasa diawasi oleh Allah. Jika ilmu itu telah sampai maka jangan kita melupakannya dan mari kita berlomba untuk mengamalkannya.
Ali bin Abi Thalib berkata,“Ilmu membisikkan pemiliknya untuk diamalkan. Jika ia menjawab panggilan bisikan itu, maka ilmu akan tetap ada. Namun jika ia tidak menjawab panggilan itu, maka ilmu akan pergi.” (Iqtidhaul ‘Ilmil amal karya Al-Khathib: hal 41)
Semoga Allah melimpahkan taufiqNya kepada kita untuk ikhlas dalam menuntut ilmu, beramal dan berdakwah di jalan-Nya. Ya Allah, jadikanlah kami hamba-hambaMu yang mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan di dunia serta akherat dengan ilmu, amin…
_____________
Penulis: Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, Lc.
Keutamaan Ilmu
Pertama : Ilmu Meningkatkan derajat
Allah ta’ala berfirman yang artinya,
“Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman dan diberikan ilmu di antara kalian beberapa derajat. Allah Maha mengetahui apa yang kalian kerjakan.” (QS. Al Mujadilah [58] : 11).
Al Hafizh menjelaskan,“Ada yang mengatakan tentang tafsirannya adalah : Allah akan mengangkat kedudukan orang beriman yang berilmu dibandingkan orang beriman yang tidak berilmu. Dan pengangkatan derajat ini menunjukkan adanya sebuah keutamaan…” (Fathul Bari, 1/172).
Beliau juga meriwayatkan sebuah ucapan Zaid bin Aslam mengenai ayat yang artinya,“Kami akan mengangkat derajat orang yang Kami kehendaki.” (QS. Yusuf [12] : 76).
Zaid mengatakan, “Yaitu dengan sebab ilmu.” (Fathul Bari, 1/172).
Kedua : Nabi diperintahkan untuk berdoa untuk mendapatkan tambahan ilmu
Di dalam Kitabul Ilmi Bukhari membawakan sebuah ayat yang artinya,“Wahai Rabbku, tambahkanlah kepadaku ilmu.” (QS. Thaha [20] : 114).
Kemudian Al Hafizh menjelaskan,“Ucapan beliau : Firman-Nya ‘azza wa jalla, ‘Wahai Rabbku tambahkanlah kepadaku ilmu’. Memiliki penunjukan yang sangat jelas terhadap keutamaan ilmu. Sebab Allah ta’ala tidaklah memerintahkan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk meminta tambahan untuk apapun kecuali tambahan ilmu. Sedangkan yang dimaksud dengan ilmu di sini adalah ilmu syar’i; yang dengan ilmu itu akan diketahui kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang mukallaf untuk menjalankan ajaran agamanya dalam hal ibadah ataupun muamalahnya, juga ilmu tentang Allah dan sifat-sifat-Nya, dan hak apa saja yang harus dia tunaikan dalam beribadah kepada-Nya, menyucikan-Nya dari segenap sifat tercela dan kekurangan. Dan poros semua ilmu tersebut ada pada ilmu tafsir, hadits dan fiqih…” (Fathul Bari, 1/172).
Ketiga : Perintah bertanya kepada ahli ilmu
Ibnul Qayyim mengatakan,“Sesungguhnya Allah Yang Maha Suci memerintahkan untuk bertanya kepada mereka (ahli ilmu) dan merujuk kepada pendapat-pendapat mereka. Allah juga menjadikannya sebagaimana layaknya persaksian dari mereka. Allah berfirman yang artinya, “Dan tidaklah Kami mengutus sebelummu kecuali para lelaki yang Kami wahyukan kepada mereka : bertanyalah kepada ahli dzikir apabila kalian tidak mempunyai ilmu.’ (QS. An Nahl [16] : 43). Sehingga makna ahli dzikir adalah ahli ilmu yang memahami wahyu yang diturunkan Allah kepada para nabi.” (Al ‘Ilmu, fadhluhu wa syarafuhu, hal. 24).
Keempat : Kebenaran akan tampak bagi ahli ilmu
Ibnul Qayyim mengatakan,“Allah Yang Maha Suci memberitakan mengenai keadaan orang-orang yang berilmu; bahwa merekalah orang-orang yang bisa memandang bahwa wahyu yang diturunkan kepada Nabi dari Rabbnya adalah sebuah kebenaran. Allah menjadikan hal ini sebagai pujian atas mereka dan permintaan persaksian untuk mereka. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Dan orang-orang yang diberikan ilmu bisa melihat bahwa wahyu yang diturunkan dari Rabbmu itulah yang benar.” (QS. Saba’ [34] : 6).” (Al ‘Ilmu, fadhluhu wa syarafuhu, hal. 24).
Kelima : Segala sifat terpuji bersumber dari ilmu
Ibnul Qayyim mengatakan,“Sesungguhnya seluruh sifat yang menyebabkan hamba dipuji oleh Allah di dalam Al Qur’an maka itu semua merupakan buah dan hasil dari ilmu. Dan seluruh celaan yang disebutkan oleh-Nya maka itu semua bersumber dari kebodohan dan akibat darinya…” (Al ‘Ilmu, fadhluhu wa syarafuhu, hal. 128).
Beliau juga menegaskan,“Dan tidaklah diragukan bahwasanya kebodohan adalah pokok seluruh kerusakan. Dan semua bahaya yang menimpa manusia di dunia dan di akhirat maka itu adalah akibat dari kebodohan…” (Al ‘Ilmu, fadhluhu wa syarafuhu, hal. 101).
Kebahagiaan ilmu
Ibnul Qayyim mengatakan, “Adapun kebahagiaan ilmu, maka hal itu tidak dapat kamu rasakan kecuali dengan cara mengerahkan segenap kemampuan, keseriusan dalam belajar, dan niat yang benar. Sungguh indah ucapan seorang penyair yang mengungkapkan hal itu, 

Katakanlah kepada orang yang mendambakan
Perkara-perkara yang tinggi lagi mulia
Tanpa mengerahkan kesungguhan
Berarti kamu berharap sesuatu yang mustahil ada

Penyair yang lain mengatakan, 
Kalau bukan karena faktor kesulitan
Tentunya semua orang bisa menjadi pimpinan
Sifat dermawan membawa resiko kemiskinan
Sebagaimana sifat berani membawa resiko kematian
(Al ‘Ilmu, fadhluhu wa syarafuhu, hal. 111).

Beliau juga mengatakan,“Berbagai kemuliaan berkaitan erat dengan hal-hal yang tidak disenangi (oleh hawa nafsu, pen). Sedangkan kebahagiaan tidak akan bisa dilalui kecuali dengan meniti jembatan kesulitan. Dan tidak akan terputus jauhnya jarak perjalanan kecuali dengan menaiki bahtera keseriusan dan kesungguh-sungguhan. Muslim mengatakan di dalam Sahihnya, ‘Yahya bin Abi Katsir berkata : Ilmu tidak akan diraih dengan tubuh yang banyak bersantai-santai.’ Dahulu ada yang mengatakan, ‘Barangsiapa yang menginginkan hidup santai (di masa depan, pen) maka dia akan meninggalkan banyak bersantai-santai.’.” (Al ‘Ilmu, fadhluhu wa syarafuhu, hal. 112).
Inilah sekelumit pelajaran dan motivasi bagi para penuntut ilmu. Semoga yang sedikit ini bisa menyalakan semangat mereka dalam berjuang membela agama-Nya dari serangan musuh-musuh-Nya. Sesungguhnya pada masa yang penuh dengan fitnah semacam ini kehadiran para penuntut ilmu yang sejati sangat dinanti-nanti. Para penuntut ilmu yang berhias diri dengan adab-adab islami, yang tidak tergoda oleh gemerlapnya dunia dengan segala kepalsuan dan kesenangannya yang fana. Para penuntut ilmu yang bisa merasakan nikmatnya berinteraksi dengan Al Qur’an sebagaimana seorang yang lapar menyantap makanan. Para penuntut ilmu yang senantiasa berusaha meraih keutamaan di waktu-waktunya. Para penuntut ilmu yang bersegera dalam kebaikan dan mengiringi amalnya dengan rasa harap dan cemas. Para penuntut ilmu yang mencintai Allah dan Rasul-Nya di atas kecintaannya kepada segala sesuatu.
____________
Disusun oleh Ari Wahyudi
Yang Kita Lupakan Dalam Menuntut Ilmu
Bertahun-tahun sudah kita luangkan waktu kita untuk menuntut ilmu. Suka duka yang dirasakan juga begitu banyak. Mengingat masa lalu terkadang membuat kita tersenyum, tertawa dan terkadang membuat kita menangis. Inilah kehidupan yang harus kita jalani. Kehidupan sebagai seorang thalibul’ilmi. Akan tetapi, mungkin kita sering melupakan, apakah ilmu yang kita dapatkan adalah ilmu yang bermanfaat ataukah sebaliknya.
Penulis teringat sebuah hadis yang diriwayatkan oleh seorang sahabat yang bernama Zaid bin Arqam radhiallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkata,
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَ يُسْتَجَابُ لَهَا
“Ya Allah. Sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak pernah merasa kenyang dan dari doa yang tidak dikabulkan.” (HR Muslim No. 6906 dan yang lainnya dengan lafaz-lafaz yang mirip)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saja, yang dijamin oleh Allah untuk menjadi pemimpin Bani Adam di hari akhir nanti, sangat sering mengulang doa-doa ini, apalagi kita, yang sangat banyak berlumuran dosa, sudah seharusnya selalu membacanya.
Mengetahui ciri-ciri ilmu yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat sangatlah penting. Oleh karena itu, berikut ini penulis sebutkan beberapa ciri ilmu yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat yang penulis ambil dari kitab Al-Hafiz Ibnu Rajab Al-Hanbali yang berjudul Bayan Fadhli ‘Ilmissalaf ‘ala ‘Ilmilkhalaf.
Ciri-ciri ilmu yang bermanfaat di dalam diri seseorang:
  • Menghasilkan rasa takut dan cinta kepada Allah.
  • Menjadikan hati tunduk atau khusyuk kepada Allah dan merasa hina di hadapan-Nya dan selalu bersikap tawaduk.
  • Membuat jiwa selalu merasa cukup (qanaah) dengan hal-hal yang halal walaupun sedikit yang itu merupakan bagian dari dunia.
  • Menumbuhkan rasa zuhud terhadap dunia.
  • Senantiasa didengar doanya.
  • Ilmu itu senantiasa berada di hatinya.
  • Menganggap bahwa dirinya tidak memiliki sesuatu dan kedudukan.
  • Menjadikannya benci akan tazkiah dan pujian.
  • Selalu mengharapkan akhirat.
  • Menunjukkan kepadanya agar lari dan menjauhi dunia. Yang paling menggiurkan dari dunia adalah kepemimpinan, kemasyhuran dan pujian.
  • Tidak mengatakan bahwa dia itu memiliki ilmu dan tidak mengatakan bahwa orang lain itu bodoh, kecuali terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah dan ahlussunnah. Sesungguhnya dia mengatakan hal itu karena hak-hak Allah, bukan untuk kepentingan pribadinya.
  • Berbaik sangka terhadap ulama-ulama salaf (terdahulu) dan berburuk sangka pada dirinya.
  • Mengakui keutamaan-keutamaan orang-orang yang terdahulu di dalam ilmu dan merasa tidak bisa menyaingi martabat mereka.
  • Sedikit berbicara karena takut jika terjadi kesalahan dan tidak berbicara kecuali dengan ilmu. Sesungguhnhya, sedikitnya perkataan-perkataan yang dinukil dari orang-orang yang terdahulu bukanlah karena mereka tidak mampu untuk berbicara, tetapi karena mereka memiliki sifat wara’ dan takut pada Allah Taala.
Adapun ciri-ciri ilmu yang tidak bermanfaat di dalam diri seseorang:
  • Ilmu yang diperoleh hanya di lisan bukan di hati.
  • Tidak menumbuhkan rasa takut pada Allah.
  • Tidak pernah kenyang dengan dunia bahkan semakin bertambah semangat dalam mengejarnya.
  • Tidak dikabulkan doanya.
  • Tidak menjauhkannya dari apa-apa yang membuat Allah murka.
  • Semakin menjadikannya sombong dan angkuh.
  • Mencari kedudukan yang tinggi di dunia dan berlomba-lomba untuk mencapainya.
  • Mencoba untuk menyaing-nyaingi para ulama dan suka berdebat dengan orang-orang bodoh.
  • Tidak menerima kebenaran dan sombong terhadap orang yang mengatakan kebenaran atau berpura-pura meluruskan kesalahan karena takut orang-orang lari darinya dan menampakkan sikap kembali kepada kebenaran.
  • Mengatakan orang lain bodoh, lalai dan lupa serta merasa bahwa dirinya selalu benar dengan apa-apa yang dimilikinya.
  • Selalu berburuk sangka terhadap orang-orang yang terdahulu.
  • Banyak bicara dan tidak bisa mengontrol kata-kata.
Al-Hafiz Ibnu Rajab Al-Hanbali berkata, “Di saat sekarang ini, manusia boleh memilih apakah dia itu ridha untuk dikatakan sebagai seorang ulama di sisi Allah ataukah dia itu tidak ridha kecuali disebut sebagai seorang ulama oleh manusia di masanya. Barang siapa yang merasa cukup dengan yang pertama, maka dia akan merasa cukup dengan itu… Barang siapa yang tidak ridha kecuali ingin disebut sebagai seorang ulama di hadapan manusia, maka jatuhlah ia (pada ancaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam),
من طلب العلم ليباهي به العلماء أو يماري به السفهاء أو يصرف وجوه الناس إليه فليتبوأ مقعده من النار
“Barang siapa yang menuntut ilmu untuk menyaing-nyaingi para ulama, mendebat orang-orang bodoh atau memalingkan wajah-wajah manusia kepadanya, maka dia itu telah mempersiapkan tempat duduknya dari neraka.” (*)
*) Dengan Lafaz yang seperti ini, penulis belum menemukannya dengan sanad yang shahih. Akan tetapi, terdapat lafaz yang mirip dengannya di Sunan At-Tirmidzi No. 2653 dengan sanad yang hasan, yaitu: 
من طلب العلم ليجاري به العلماء أو ليماري به السفهاء أو يصرف به وجوه الناس إليه أدخله الله النار
_____________
اللهم إني أسألك علما نافعا و رزقا طيبا و عملا متقبلاز آمين
Maraji’:
  • Bayan Fadhli ‘Ilmissalaf ‘ala ‘Ilmilkhalaf oleh Al-Hafiz Ibnu Rajab Al-Hanbali, Dar Al-Basya’ir Al-Islamiah
  • Shahih Muslim, Dar As-Salam
  • Sunan At-Tirmidzi, Maktabah Al-Ma’arif
***
Penulis: Ustadz Said Yai Ardiansyah (Mahasiswa Fakultas Hadits, Jami’ah Islamiyah Madinah, Saudi Arabia)
Keutamaan Menyebarkan Ilmu Agama
Dari Abu Umamah al-Baahili radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
« إِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ وَأَهْلَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، حَتَّى النَّمْلَةَ فِى جُحْرِهَا وَحَتَّى الْحُوتَ، لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ »
“Sesungguhnya Allah dan para Malaikat, serta semua makhluk di langit dan di bumi, sampai semut dalam lubangnya dan ikan (di lautan), benar-benar bershalawat/mendoakan kebaikan bagi orang yang mengajarkan kebaikan (ilmu agama) kepada manusia”[1].
Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan seorang yang mempelajari ilmu agama[2] yang bersumber dari al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian menyebarkannya kepada umat manusia[3].
Imam Abdullah bin al-Mubarak rahimahullah berkata,“Aku tidak mengetahui setelah (tingkatan) kenabian, kedudukan yang lebih utama dari menyebarkan ilmu (agama)”[4].
Dalam hadist lain yang semakna dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Sesungguhnya orang yang memahami ilmu (agama dan mengajarkannya kepada manusia) akan selalu dimohonkan (kepada Allah Ta’ala) pengampunan (dosa-dosanya) oleh semua makhluk yang ada di langit dan di bumi, termasuk ikan-ikan di lautan”[5].
Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:
  •  Makna shalawat dari Allah Ta’ala kepada hamba-Nya adalah limpahan rahmat, pengampunan, pujian, kemuliaan dan keberkahan dari-Nya[6]. Ada juga yang mengartikannya dengan taufik dari Allah Ta’ala untuk mengeluarkan hamba-Nya dari kegelapan (kesesatan) menuju cahaya (petunjuk-Nya),  sebagaimana dalam firman-Nya: “Dialah yang bershalawat kepadamu (wahai manusia) dan malaikat-Nya (dengan memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS al-Ahzaab:43)[7].
  •  Orang yang mengajarkan ilmu agama kepada manusia berarti telah menyebarkan petunjuk Allah Ta’ala yang merupakan sebab utama terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan alam semesta beserta semua isinya, oleh karena itu semua makhluk di alam semesta berterima kasih kepadanya dan mendoakan kebaikan baginya, sebagai balasan kebaikan yang sesuai dengan perbuatannya[8].
  •  Sebagian dari para ulama ada yang menjelaskan makna hadits ini bahwa Allah Ta’ala akan menetapkan bagi orang yang mengajarkan ilmu agama pengabulan bagi semua permohonan ampun yang disampaikan oleh seluruh makhluk untuknya[9].
  • Tentu saja yang keutamaan dalam hadits ini khusus bagi orang yang mengajarkan ilmu agama dengan niat ikhlas mengharapkan wajah AllahTa’ala, bukan untuk tujuan mencari popularitas atau imbalan duniawi[10].
  • Para ulama yang menyebarkan ilmu agama adalah pewaris para Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam[11], karena merekalah yang menggantikan tugas para Nabi dan Rasul ‘alaihis salam, yaitu menyebarkan petunjuk Allah Ta’ala dan menyeru manusia ke jalan yang diridhai-Nya, serta bersabar dalam menjalankan semua itu, maka merekalah orang-orang yang paling mulia kedudukannya di sisi AllahTa’ala setelah para Nabi dan Rasul ‘alaihis salam[12].
  • Imam Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Menyampaikan/menyebarkan sunnah (petunjuk) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umat manusia lebih utama daripada menyampaikan (melemparkan) panah ke leher musuh (berperang melawan orang kafir di medan jihad), karena menyampaikan panah ke leher musuh banyak orang yang (mampu) melakukannya, sedangkan menyampaikan sunnah (petunjuk) RasulullahShallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umat manusia hanya (mampu) dilakukan oleh (para ulama) pewaris para Nabi ‘alaihis salam dan pengemban tugas mereka di umat mereka, semoga Allah Ta’ala menjadikan kita termasuk golongan mereka dengan karunia dan kemurahan-Nya”[13].
وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعين، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين
Kota Kendari, 13 Ramadhan 1431 H
Penulis: Ustadz Abdullah bin Taslim al-Buthoni, MA
___________
[1] HR at-Tirmidzi (no. 2685) dan ath-Thabrani dalam “al-Mu’jamul kabiir” (no. 7912), dalam sanadnya ada kelemahan, akan tetapi hadits ini dikuatkan oleh hadits lain yang semakna. Hadits ini dinyatakan hasan shahih oleh imam at-Tirmidzi dan Syaikh al-Albanirahimahullah dalam “Silsilatul ahaditsish shahihah” (4/467).
[2] Lihat kitab “Faidhul Qadiir” (5/525).
[3] Lihat keterangan  imam Ibnul Qayyim dalam kitab “Miftaahu daaris sa’aadah” (1/63).
[4] Dinukil oleh imam al-Khathib al-Baghdadi dalam kitab “Tarikh Bagdad” (10/160).
[5] HR Abu Dawud (no. 3641), at-Tirmidzi (no. 2682) dan Ibnu Hibban (no. 88), dishahihkan oleh imam Ibnu Hibban dan Syaikh al-Albanirahimahkumullah, serta dinyatakan hasan oleh imam Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitab “Miftaahu daaris sa’aadah” (1/63).
[6] Lihat kitab “Zaadul masiir” (6/398).
[7] Lihat kitab “Faidhul Qadiir” (6/169).
[8] Lihat keterangan  Imam Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitab “Miftaahu daaris sa’aadah” (1/64) dan al-Muanawi dalam kitab “Faidhul Qadiir” (4/268).
[9] Lihat kitab “Faidhul Qadiir” (4/268).
[10] Lihat kitab “Faidhul Qadiir” (5/525).
[11] Sebagaimana dalam HR Abu Dawud (no. 3641), at-Tirmidzi (no. 2682) dan Ibnu Hibban (no. 88), dishahihkan oleh imam Ibnu Hibban dan Syaikh al-Albanirahimahkumullah.
[12] Lihat keterangan Imam Ibnul Qayyim rahimahullah dalam kitab “Miftaahu daaris sa’aadah” (1/64).
[13] Kitab “Jala-ul afhaam” (hal. 415).

Tiada ulasan: