Khamis, 9 Julai 2015

TEGAS BIAR BERTEMPAT...KERJA TELUS DAN TULUS KALAU TIDAK KERJA KITA TAK JADI IBADAH












Selama hampir dua minggu saya mengembara dari London ke Osnabruck, kemudian ke Berlin dan seterus ke Republik Czeck. Di setiap tempat saya disambut dengan mesra dan meriah sekali oleh para pelajar Malaysia.
Walaupun kebanyakan mereka belum pernah bertemu saya, tetapi banyak pandangan saya; samada dalam bentuk ucapan atau tulisan, kebanyakan mereka telah pun menelaahnya. Alhamdulillah.
Itulah kebaikan dunia internet jika kita manfaatkan. Walaupun sebahagian mereka berada di luar negara sejak saya belum menjadi mufti, dan setelah saya berhenti pun mereke belum balik lagi, namun mereka tahu perkembangan Malaysia.
Dalam tempoh dua tahun saya menjadi mufti nampaknya pandangan-pandangan yang dilontarkan –alhamdulillah- telah diekspot dengan mewahnya ke sana. Setiap tempat yang saya sampai, saya memberikan ucapan dan membuat sessi soal jawab.
Dunia hari ini begitu pantas maklumatnya, di mana sahaja saya berhenti, akan ada rakyat Malaysia yang tahu dan menunggu saya di berbagai stesyen. Mereka menjemput saya ke berbagai program yang dianjurkan dan boleh dikatakan setiap warga Malaysia di kawasan berkenaan akan hadir. Alhamdulillah.
Memberikan ucapan kepada para pelajar yang terpilih dan bijak amatlah selesa dan senang. Mereka memiliki kecerdasan minda dan ketajaman untuk berhujah. Apabila mereka merasai pandangan yang kita lontarkan itu berteraskan alasan yang meyakinkan, dengan mudah mereka bersetuju. Atau jika mereka tidak bersetuju, mereka akan bersoal jawab dan mendatangkan alasan-alasan mereka.
Saya sering mengingatkan pembaca, demikian saya ingatkan mereka bahawa Islam sama sekali tidak dapat menerima pegangan agama yang dibuat atas ikut-ikutan tanpa memahami dalil atau alasan. Tiada takliq buta dalam Islam ini. Tiada dalam Islam senjata beracun yang pernah digunakan oleh sesetengah golongan yang memakai lebel agama iaitu ‘barang siapa yang banyak bertanya, maka lemahlah imannya’.
Jika manusia bijak seperti mereka yang mempelajari bidang-bidang yang sukar seperti perubatan tidak dibekalkan dengan kekuatan kefahaman yang berteraskan fakta dan dalil, siapa lagi yang hendak kita harapkan menjadi benteng Islam di zaman kini.
Dr Zakir Naik umpamanya, dia seorang saintis yang menyumbang kepada penyebaran Islam dengan hujah-hujah saintifik dan pemikiran yang tajam. Kebijaksanaannya telah digunakan untuk menyampaikan Islam. ‘Peace TV’ telah dijadikan saluran media membolehkan manusia memahami Islam yang canggih dan mengatasi zaman.
Lihatlah, ketika sesetengah mereka yang bergelar ‘ustaz’ menggambarkan Islam sebagai agama yang dipenuhi dengan unsur Israiliyyat, hadis palsu, jampi itu dan ini, cerita-cerita lucu kewalian, upah pahala sebagai bisnes dan berbagai pencemaran yang lain, golongan professional muslim yang mendapat disiplin ilmu perubatan, kejuteraan, pembinaan dan berbagai lagi tampil menjelaskan Islam yang sebenar. Islam yang mereka fahami dari sumber yang betul tanpa sebarang kepentingan kebendaan.
Ini mengingat kepada Nabi Sulaiman a.s apabila beliau mendengar ucapan semut betina. Firman Allah: (maksudnya)
“Hingga apabila mereka sampai ke “Waadin-Naml” (lembah semut), berkatalah seekor semut betina: “Wahai sekalian semut, masuklah ke sarang kamu masing-masing, jangan Sulaiman dan tenteranya memijak kamu, sedangkan mereka tidak menyedari. Maka tersenyumlah Sulaiman mendengar kata-kata semut itu, dan berkata (berdoa):” Wahai Tuhanku, ilhamkanlah daku supaya tetap bersyukur akan nikmatMu yang Engkau kurniakan kepadaku dan kepada ibu bapaku, dan supaya aku tetap mengerjakan amalan soleh yang Engkau redai; dan masukkanlah daku – dengan rahmatMu – dalam kumpulan hamba-hambaMu yang soleh”. (Surah al-Naml: 18-19)
Demikian, pengetahuan tentang alam membawa insan mendekatkan diri kepada Allah dan bersyukur kepadaNya.
Di sana, saya dalam banyak ucapan menceritakan kepada mereka tentang dua perkara yang penting. Pertama, kejelasan dan ketegasan Islam dalam perkara-perkara akidah. Kedua; keluasan dan kemudahan yang diperuntukkan oleh Islam dalam soal fekah.
Perkara ini perlu dijelaskan kerana dalam kalangan umat Islam, termasuk di Malaysia ada yang begitu longgar dalam akidah tapi begitu sempit dalam perkara fekah. Maka kita tidak hairan jika menemui di Malaysia mereka yang berserban atau berkopiah dan begitu takut untuk terkeluar dari mazhab fekah kebiasaannya, namun dalam masa yang sama dia masih percaya kuat kepada bomoh, atau gurunya dianggap ajaib, atau masih percaya tangkal itu dan ini.
Saya pernah melihat kumpulan yang berjubah dan berserban sakan, namun pergi memohon hajat di kubur Pulau Besar Melaka. Pengaruh tarekat yang berlebihan, atau kesufian yang melampau sering menjadikan sesetengah pihak gagal untuk membezakan antara batasan iman dan syirik.
Guru, atau bomoh sering diangkat melebihi kadar yang patut. Walaupun dalam masa yang sama, kita lihat mereka ini begitu menjaga sesetengah amalan fekah, sehingga kelihatan sempit dan beku. Maka tidak pelik di negara kita jika ada imam masjid yang masih kuat pegang dengan bomoh, atau terikut dengan tarikat yang bukan-bukan.
Sepatutnya, dalam isu akidah seseorang hendaklah sensitif dan selalu takut akan segala unsur syirik. Sementara dalam soal fekah, ada keluasan yang diberikan oleh syarak yang boleh kita amalkan, namun ramai orang masih takut dengannya.
Umpamanya, di sebelah Eropah ini, pada musim sejuk seperti sekarang, waktu siang agak singkat. Waktu solat mereka berkejaran dengan waktu kelas atau peperiksaan. Sebenarnya, dalam hal yang seperti ini, mereka boleh mengamalkan solat jamak, tanpa qasar. Sekalipun jika mereka menganggap diri mereka sudah tidak bermusafir, mereka tetap mempunyai peruntukan untuk menjamakkan solat tanpa qasar.
Jamak bermaksud menghimpun dua solat dalam satu waktu, samada pada waktu pertama, atau kedua. Ini bagi solat zohor dan asar, atau maghrib dan isyak. Maka boleh dihimpunkan solat zohor dalam waktu asar, atau sebaliknya. Demikian maghrib dan isyak. Adapun qasar, iaitu memendekkan solat empat kepada dua rakaat, maka ia dikhususkan untuk mereka yang bermusafir. Sementara jamak, boleh untuk dilakukan oleh mereka yang sakit, ketakutan, terlalu sibuk, hujan, terlalu sejuk, musafir dan segala kesusahan yang lain.
Dalam hadis Muslim, daripada Sa’id bin Jubair meriwayatkan daripada Ibn ‘Abbas, katanya: “Rasulullah s.a.w bersolat Zuhur dan ‘Asar secara jamak di Madinah tanpa sebab ketakutan atau musafir”. Kata Abu Zubair: “Aku bertanya Sa’id mengapa Rasulullah s.a.w berbuat demikian?”. Jawabnya: “Aku pun pernah bertanya Ibn ‘Abbas seperti mana engkau bertanyaku, jawab Ibn ‘Abbas: “Kerana baginda mahu agar umatnya tidak beban”.
Maka bagi yang kesuntukan masa, seperti pelajar, atau doktor bedah, atau ahli parlimen, atau polis yang bertugas menjaga lalu lintas, atau mereka menjaga jentera yang sukar untuk ditinggalkan, maka peruntukan jamak ada dalam hadis ini untuk mereka. Namun malangnya di Malaysia, ada yang sanggup meninggalkan solat apabila masuk hospital atas alasan sukar untuk solat.
Apa tidaknya, fekah yang diajar diajar begitu sukar kerana ditokok tambah berbagai hukum lain yang memayahkan. sehingga disuruh sesiapa yang sakit tidak mampu berwuduk sepenuhnya untuk wuduk separuh dan bertayamum sebakinya. Orang sihat pun hanya berwuduk, tiba-tiba yang sakit disuruh wuduk dan tayamum.
Para pelajar di sini mempunyai masalah kerana anjing begitu banyak. Ramai yang membawa anjingnya ke sana sini. Jalan menjadi kotor dengan najis anjing yang berselerakan. Berselisih dan bersentuh dengan anjing bukan perkara luar biasa. Demikian juga dengan daging babi yang amat digemari oleh ‘orang puteh’. Kefahaman fekah tempatan kita menjadikan sesetengah pelajar kita begitu gusar dalam masalah ini.
Saya telah memberikan beberapa jawaban untuk mereka menceritakan kepelbagaian pandangan sarjana Islam berhubung dengan nilai najis kedua haiwan berkenaan dan bagaimana kita dapat mengambil manfaat dari keluasan fekah Islam dalam hal-hal tersebut. Apa yang penting mereka perlu tegas dalam akidah dan ambil kemudahan fekah yang diberikan syarak.

Ketua MIUMI Aceh: Pemerintah Aceh harus tegas melarang warganya ikut kontes maksiat

Jum'at, 1 Jumadil Awwal 1436 H / 20 Februari 2015 15:25
Ketua MIUMI Aceh: Pemerintah Aceh harus tegas melarang warganya ikut kontes maksiat
Ustadz Muhammad Yusran Hadi,Lc,MA Ketua MIUMI Aceh
 
BANDA ACEH (Arrahmah.com) – Terkait dengan kasus Ratna Nurlia Alfiandi kontestan Miss Indonesia 2015 mewakili Aceh dan Jeyskia Ayunda Sembiring kontestan Putri Indonesia 2015 mewakili Aceh yang akan dihelat pada Jumat 20 Februari 2015 seperti diberitakan oleh Serambi Indonesia (Rabu,18/2/2015).
Majelis Intelektual & Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Aceh mengecam tindakan keduanya yang mengaku dan mengatasnamakan dari Aceh dalam mengikuti acara maksiat ini. Padahal pemerintah dan masyarakat Aceh tidak mengirim Ratna dan Jeysica sebgai peserta untuk ajang maksiat ini.
“Bahkan tidak ridha menyebutkan diri mereka dari Aceh untuk ikut ajang maksiat ini. Ini jelas tindakan pembohongan publik dan pencatutan nama Aceh,” tegas Ketua MIUMI Aceh Muhammad Yusran Hadi,Lc,MA kepada arrahmah.com, Jumat (20/2/2015).
Dia meminta kepada pemerintah dan masyarakat Aceh untuk senantiasa mengawal syariat Islam di Aceh dan menjaga nama baik Aceh sebagai negeri syariat dan Serambi Makkah.
“Pemerintah Aceh diharapkan serius dan komit terhadap penegakan syariat Islam termasuk melarang acara maksiat seperti ini. Sudah beberapa kali kontestan mewakili Aceh ikut meramaikan acara maksiat tersebut. Kasus ini terus berulang setiap tahunnya. Maka diharapkan ketegasan pemerintah Aceh dalam melarang orang Aceh mengikuti acara maksiat ini,” katanya lugas.
Kepada pihak penyelenggara Miss Indonesia dan Putri Indonesia, Yusran meminta untuk menghormati syariat Islam dan Aceh sebagai negeri syariat dan Serambi Makkah. Yakni, imbuhnya, dengan tidak mengundang dan menerima peserta dari Aceh atau tidak mencantumkan nama Aceh.
“Karena pemerintah dan masyarakat Aceh tidak ridha mengikuti acara yang bertentangan dengan syariat Islam ini. Pemerintah dan masyarakat Aceh berkomitmen untuk menjalankan syariat Islam di Aceh. Maka jangan mencemarkan nama Aceh dgn ajang maksiat tersebut,” jelasnya. (azmuttaqin/arrahmah.com)

A. Hassan dan Sikap Tegasnya terhadap Para Peleceh Islam


A Hassan dan sikap tegasnya terhadap para peleceh Islam-2-jpeg.imageSALAM-ONLINE: Penghinaan terhadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan simbol-simbol kemuliaan ajaran-ajaran Islam pada 1930-an marak terjadi di Nusantara.
Kelompok pengusung paham kebangsaan atau mereka yang biasa disebut sebagai aktivis nasionalis-sekular, yang juga tergabung dalam kelompok Theosofi-Freemason, banyak melakukan hujatan dan propaganda hitam terhadap syariat Islam.
Selain mereka, hujatan terhadap Islam juga dilakukan oleh zending Kristen dan misionaris Katolik, bahkan oleh oknum tokoh etnis Tionghoa. Umumnya, pelecehan tersebut dilakukan secara terbuka lewat media massa.
Majalah Bangoen yang dikelola oleh aktivis Theosofi, Siti Soemandari, dan didanai oleh Vrijmetselarij Vereniging (Organisasi Freemason), melakukan penghinaan lewat artikel-artikelnya. Mereka menghina Rasulullah dan melecehkan syariat poligami pada tahun 1937.
Menyikapi hal itu, aktivis Persatuan Islam (Persis) melalui organisasi Pembela Islam mengeluarkan maklumat kepada umat Islam agar menyikapi secara tegas penghinaan yang dilakukan oleh Majalah Bangoen.
Kemudian mereka membuat selebaran di Bandung yang juga dimuat di media massa, berisi ajakan agar umat Islam jangan tinggal diam terhadap berbagai pelecehan yang dilakukan para penghina Islam itu.
Dalam pamflet yang disebarkan, tertulis:
Oemmat Islam mesti sadar!
Agamamoe dihinakan orang!
Nabimoe ditjatji dan dihina!
Nabi Allah dituduh berzina!
Madjallah “Bangoen” memuat karangan Siti Soemandari bertoeroet-toeroet 4 kali: Menghina Nabi Islam, menoedoeh berzina dengan Mariah. Anggota redactie bernama Soeroto ikut sebagai komplotnja.
Perasaan oemmat Islam sangat diloekainja! Nabi mahkota oemmat Islam diboesoek-boesokkan oleh Siti Soemandari, Soeroto berdiri di belakangja! Anggota-anggota redactie “Bangoen” kebanjakan dari kaoem Parindra!
Oemmat Islam sudah mengadakan protes! Beriboe-riboe kaoem Islam rapat ramai di Djakarta dan di negeri2 lainja. Tapi Siti Soemandari dan Soeroto tidak maoe tjaboet toelisannja itoe. Tidak maoe minta maaf. Tetap bersedia mempertahankan diri!
Tindakan pemerintah tidak ada dan beloem ada. Penerbit Madjallah Bangoen tidak dikenakan denda. Madjallah Bangoen tidak dikenakan beslag. Padahal di mana-mana telah diadakan comitte van actie jang hebat.
 S.k Pemandangan mewartakan, bahwa diantara kaoem Islam ta’ sedikit orang jang bersedia tenaga dengan melahirkan soempah: Lebih baik mati dari pada membiarkan Siti Soemandari dan Soeroto menghina Nabi Islam.
Oemmat Islam di Bandoeng bersedia akan mengadakan actie jang besar. Kaoem moeslimin tidak akan tinggal diam! Protestmeeting sedang diroendingkan! Djangan tinggal di roemah nanti! Datanglah ke vergadering jang akan diadakan! Tjatat nanti tanggalnja!
Oemmat Islam Bandoeng dan sekitarnja tentoe bersiap.
Comite Oemmat Islam
(dari matjam-matjam golongan)
Bd. 31.12.37
Penghinaan lewat tulisan di media massa juga dilakukan oleh seorang penulis dari etnis Cina, Oei Bee Tai, dalam Majalah HoKiao, yang menyatakan bahwa peraturan pernikahan yang ada dalam Al-Qur’an pada mulanya hanyalah untuk memuaskan hawa nafsu Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
Penghinaan yang dilakukan oleh Oei Bee Tai ini tidak hanya menimbulkan kemarahan para aktivis Pembela Islam, bahkan juga organisasi Nahdhatul Ulama dalam Muktamar IX Tahun 1934 menyatakan bahwa mereka yang menghina Al-Qur’an dan Islam harus dihukum berat. Muktamar NU selanjutnya pada 1938 juga bersikap keras terhadap pelecehan yang dilakukan oleh Siti Soemandari.
Secara politis, upaya pelecehan tersebut di antaranya bertujuan untuk menggembosi kekuatan besar umat Islam, yang tercermin dalam Sarekat Islam sebagai pesaing organisasi sekular-kejawen Boedi Oetomo, dan menjegal ide Pan-Islamisme yang pada saat itu ramai dibicarakan.
Tulisan-tulisan yang melecehkan Islam menambah ketegangan antara kelompok Islam versus mereka yang mengusung paham kebangsaan sekular, sehingga menimbulkan polemik yang cukup sengit secara terbuka.
Penghinaan dan pelecehan yang dilakukan memunculkan reaksi keras umat Islam, sehingga muncullah organisasi sayap laskar milik Sarekat Islam yaitu Tentara Kandjeng Nabi Muhammad (TNKT) dan organisasi yang digagas oleh tokoh-tokoh Persatuan Islam (Persis) yaitu Komite Pembela Islam.
Tentara Kandjeng Nabi Muhammad mampu memobilisasi ribuan massa dalam berbagai openbare vergadering (tabligh akbar) di lapangan-lapangan terbuka, sedangkan Komite Pembela Islam bergerak dengan melakukan tantangan-tantangan untuk berdebat secara terbuka kepada mereka yang melakukan pelecehan terhadap Islam.
Hassan dan aktivis Persatuan Islam (Persis) kemudian juga mendirikan Majalah Pembela Islam, majalah yang cukup disegani pada saat itu, karena sikap kritisnya terhadap mereka yang berupaya menghina Islam.
Melalui Majalah Pembela Islam yang terbit di Bandung, A.Hassan menulis surat tantangan debat secara terbuka kepada kelompok-kelompok  dan indvidu yang menghina Islam, termasuk kepada Ahmadiyah Qadiani.
Khusus kepada Ahmadiyah, perdebatan tersebut berlangsung cukup sengit dan dilakukan selama dua kali di dua kota: Bandung dan Jakarta, serta dihadiri oleh ribuan orang.
Perdebatan ini cukup fenomenal dalam sejarah, karena itulah perdebatan pertama kali dan terbesar antara umat Islam dengan organisasi sempalan Ahmadiyah.
Pembela Islam yang dipimpin oleh A. Hassan juga pernah menantang debat secara terbuka kepada Pastor J.J Tan Berge. Pastor dari Serikat Jesuit ini melakukan penghinaan terhadap Nabi kaum Muslimin melalui tulisan-tulisannyanya pada tahun 1931 lewat Jurnal Studien.
Majalah Pembela Islam melayangkan surat tantangan debat terbuka yang dimuat dalam majalah tersebut, dengan menyatakan bahwa perdebatan bisa dilakukan, “Di tempat mana yang dia sukai, dan dalam bahasa apa yang dia maui, dan kalau dia bersedia datang ke Bandung, ongkos jalan dan ongkos penginapannya akan dibayar oleh Pembela Islam…”
Mohammad Natsir, aktivis Persis yang juga murid dari A. Hassan mengkonter pelecehan yang dilakukan oleh Pastor Tan Berge lewat tulisan yang dimuat dalam Majalah Pembela Islam, No.33 Tahun 1931.
Natsir menyatakan, “Sesungguhnya sudah cukup lama kita kaum Islam mendengarkan dan membiarkan segala macam serangan kepada Islam.Ada yang dengan cara ‘halus’ dan ada yang cara kasar; dari pihak politik sebagai Snouck Hurgronje, sampai pada Kristen Protestan Kraemer dan Ds. Christoffels; dari jahil murakkab Oei Bee Tai sampai kepada Kristen Katholiek Ten Berge, belum lagi murid-muridnya politikus Kristen Protestan dan Katholiek itu yang menamakan diri mereka ‘neutraal agama’.”
Natsir menyebut orang-orang yang pada waktu itu terlibat dalam pelecehan terhadap Islam, seperti Snouck Hurgronje, Pendeta Hendrik Kraemer, Christoffels, Oei Bee Tai, dan para aktivis nasionalis secular sebagai kaum “neutral agama” yang menjadi murid-murid dari para penghina Islam.
Pada masa lalu, aktivis sekular yang duduk sebagai anggota Jong Java ataupun kemudian Boedi Oetomo, mempunyai mentor orang-orang seperti Snouck Hurgronje, Pendeta Kraemer, dan lain-lain.
Ketika maraknya berbagai penghinaan terhadap Islam tersebut, A.Hassan pernah berpesan kepada Datuk Sati Alimin, tokoh dari Minangkabau yang juga menjadi sahabat Mohammad Natsir.
Kepada Datuk Alimin, A. Hassan mengatakan, “Bila tuan dengar Islam direndahkan orang di depan tuan, maka saat itu juga dengan cepat tuan harus berpikir, tuan orang Islam apa tidak? Kalau tuan merasa bukan orang Islam, masa bodo…habis perkara. Tak ada persoalan lagi. Tapi kalau tuan merasa seorang Islam, maka tuan harus berpikir babak kedua: Siapa lagi yang akan bela Islam di saat seperti itu selain tuan? Bulatkan tekad, Islam harus tuan bela!”
A hassan-vs-soekarno-jpeg.imagBegitulah di antara sekelumit cerita tentang sikap tegas A. Hassan dan aktivis Persatuan Islam (Persis) dalam menyikapi berbagai pelecehan terhadap Islam pada masa lalu di negeri ini.
Penghinaan tersebut dihadapi dengan cara yang tegas melalui debat-debat terbuka dan rapat besar secara massif yang melibatkan kaum Muslimin. (Artawijaya)

Bagian Keamanan Santri: Tegas Bukan Berarti “Keras”

Oct 202012
 
Disiplin merupakan sebuah aturan yang biasa dimiliki oleh berbagai pesantren, sekolah, maupun lembaga umum lainnya. karena disiplinlah yang akan mengatur berbagai kegiatan sehingga tersusunlah pola hidup yang rapi, teratur, tertib dan sesuai dengan n
orma agama.
Mengingat pesantren Darunnajah Cipining kaya akan disiplin, Darunnajah pun selalu berusaha memberikan dorongan kepada seluruh santri agar mampu mencapai standar hidup yang maksimal, diadakannya peraturan melalui berbagai bagian yang ada di pondok pesantren ini ssebagaimana di antaranya adalah bagian keamanan dan biro pengasuhan.

Tugas bagian keamanan ini adalah mengamankan, mengarahkan dan memberikan kesejahteraan kepada seluruh santri. Maka dari itu terbentuklah beberapa hukuman yang sebagai tindakan yang nantinya akan diberikan kepada pelanggar. Hukuman ini adalah bentuk evaluasi dan ibroh agar menjadi catatan untuk santri lainnya.

Contoh dari beberapa macam pelanggaran yang biasanya terjadi di antaranya: young robber (tukang gosop), trouble couple (tukang pacaran), unreligious students ( tukang ngumpet sholat ke mesjid), the “escapist” (tukang kabur). Dan masih banyak lagi, semua itu adalah gambaran dari cuplikan kehidupan santri.

Bagian keamanan memang memiliki tanggung jawab untuk dapat menindaklanjuti setiap perihal masalah yang dirasakan para santri di pondok pesantren ini, untuk mengantisipasi tingkat pelanggaran ini bagian keamanan sangat mengingatkan betul betapa pentingnya mengutamakan akhlak terpuji dalam mengaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari.

tugas keamanan memang menegakkan kedisiplinan hingga acapkali terdengar dari mulut para santri bahwa bagian keamanan merupakan bagian yang amat ditakuti karena memiliki hukuman sebagai resolusi. Hal inipun menjadi perhatian khusus bagi bagaian keamanan, karena hakikatnya bagian keamanan melaksanakan tugas di pesantren ini dengan Motto “Tegas bukan berarti Keras”.

Tegas memberikan pengertian kepada seluruh santri agar meminimalisir tingkat pelanggaran yang terjadi umumnya di pondok pesantren.
Semoga dengan diadakannya bagian keamanan di pondok pesantren Darunnajah Cipining dapat memberikan kinerja yang maksimal yang mampu menekan pelanggaran santri dalam berbagai bidang, mampu mengarahkan , membimbing dan memberikan motivasi tersendiri bagi seluruh santri Darunnajah Cipining.

Dengan begitu terciptalah kesejahteraan disetiap pondok pesantren, guna mencetak para muslimin dan muslimat yang selalu mengikuti jejak-jejak maupun sunnah Rasulullah SAW. (WARDAN/ Annisa)

Dalil yang Tegas Tentang Kewajiban Khilafah

Kewajiban Khilafah adalah perkara yang jelas dalilnya berdasarkan Al Qur’an , as Sunnah, dan ijmak Sahabat. Meskipun demikian masih ada yang menyatakan bahwa Khilafah tidak memiliki pijakan nash. Berikut ini tulisan tentang hal itu yang diambil dari kitab ajhizatu ad Daulah al Khilafah (Struktur Negara Khilafah ). Kitab ini dikeluarkan dan diadopsi oleh Hizb at-Tahrir. (redaksi)
Pertama, bahwa sistem pemerintahan Islam yang diwajibkan oleh Tuhan semesta alam adalah sistem Khilafah. Di dalam sistem khilafah ini, Khalifah diangkat melalui baiat berdasarkan kitabullah dan sunah rasul-Nya untuk memerintah (memutuskan perkara) sesuai dengan apa yang diturunkan oleh Allah. Dalil-dalilnya banyak, diambil dari al-kitab, as-sunah dan ijmak sahabat :
Dalil dari al-kitab, bahwa Allah Swt telah berfirman menyeru Rasul saw :
فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ
Putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. (QS. al-Maidah [5]: 48)
وَأَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ أَنْ يَفْتِنُوكَ عَنْ بَعْضِ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ إِلَيْكَ
Hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu.(QS. al-Maidah [5]: 49).
Seruan kepada Rasul saw untuk memutuskan perkara diantara mereka sesuai dengan apa yang diturunkan oleh Allah juga merupakan seruan bagi umat Beliau saw. Mafhumnya adalah hendaknya umat Beliau mewujudkan seorang hakim setelah Rasulullah saw untuk memutuskan perkara diantara mereka sesuai dengan apa yang diturunkan oleh Allah. Perintah dalam seruan ini bersifat tegas. Karena yang menjadi obyek seruan adalah wajib. Sebagaimana dalam ketentuan ushul, ini merupakan indikasi yang menunjukkan jazm (tegas). Hakim yang memutuskan perkara diantara kaum muslim setelah wafatnya Rasulullah saw adalah Khalifah. Sistem pemerintahan menurut sisi ini adalah sistem Khilafah. Terlebih lagi bahwa penegakan hudud dan seluruh ketentuan hukum syara adalah sesuatu yang wajib. Kewajiban ini tidak akan terlaksana tanpa adanya penguasa. Dan kewajiban yang tidak sempurna kecuali dengan sesuatu maka sesuatu itu hukumnya menjadi wajib. Yakni bahwa mewujudkan penguasa yang menegakkan syariat hukumnya adalah wajib. Penguasa menurut sisi ini adalah Khalifah dan sistem pemerintahannya adalah sistem khilafah.
Adapun dalil dari as-Sunah, telah diriwayatkan dari Nafi’, ia berkata : “Abdullah bin Umar telah berkata kepadaku : “aku mendengar Rasulullah saw pernah bersabda :
مَنْ خَلَعَ يَدًا مِنْ طَاعَةٍ لَقِيَ اللهَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لاَ حُجَّةً لَهُ وَ مَنْ مَاتَ وَ لَيْسَ فِيْ عُنُقِهِ بَيْعَةٌ مَاتَ مِيْتَةً جَاهِلِيَّةً
Siapa saja yang melepaskan tangan dari ketaatan, ia akan menjumpai Allah pada hari kiamat kelak tanpa memiliki hujah, dan siapa saja yang mati sedang di pundaknya tidak terdapat baiat, maka ia mati seperti kematian jahiliyah (HR. Muslim)
Nabi saw telah mewajibkan kepada setiap muslim agar dipundaknya terdapat baiat. Beliau juga mensifati orang yang mati sedangkan di pundaknya tidak terdapat baiat bahwa ia mati seperti kematian jahiliyah. Baiat tidak akan terjadi setelah Rasulullah saw kecuali kepada Khalifah, bukan yang lain. Hadits tersebut mewajibkan adanya baiat di atas pundak setiap muslim. Yakni adanya Khalifah yang dengan eksistensinya itu terealisasi adanya baiat di atas pundak setiap muslim. Imam muslim meriwayatkan dari al-A’raj dari Abu Hurairah dari Nabi saw, Beliau pernah bersabda :
إِنَّمَا اْلإِمَامُ جُنَّةٌ يُقَاتَلُ مِنْ وَرَائِهِ وَ يُتَّقَى بِهِ
Seorang imam tidak lain laksana perisai, dimana orang-orang akan berperang di belakangnya dan menjadikannya pelindung (HR. Muslim)
Imam Muslim telah meriwayatkan dari Abi Hazim, ia berkata : ” aku mengikuti mejelis Abu Hurairah selama lima tahun, dan aku mendengar ia menyampaikan hadits dari Nabi saw, Beliau pernah bersabda :
كَانَتْ بَنُو إِسْرَائِيلَ تَسُوسُهُمْ اْلأَنْبِيَاءُ كُلَّمَا هَلَكَ نَبِيٌّ خَلَفَهُ نَبِيٌّ وَإِنَّهُ لاَ نَبِيَّ بَعْدِي وَسَتَكُونُ خُلَفَاءُ فَتَكْثُرُ، قَالُوا فَمَا تَأْمُرُنَا؟ قَالَ: فُوْا بِبَيْعَةِ اْلأَوَّلِ فَاْلأَوَّلِ أَعْطُوهُمْ حَقَّهُمْ فَإِنَّ اللهَ سَائِلُهُمْ عَمَّا اسْتَرْعَاهُمْ
Dahulu Bani Israel diurusi dan dipelihara oleh para nabi, setiap kali seorang nabi meninggal digantikan oleh nabi yang lain, dan sesungguhnya tidak ada nabi sesudahku, dan akan ada para Khalifah, dan mereka banyak, para sahabat bertanya : “lalu apa yang engkau perintahkan kepada kami?” Nabi bersabda : “penuhilah baiat yang pertama dan yang pertama, berikanlah kepada mereka hak mereka, dan sesungguhnya Allah akan meminta pertanggung-jawaban mereka atas apa yang mereka diminta untuk mengatur dan memeliharanya (HR. Muslim)
Di dalam hadits-hadits ini terdapat sifat bagi Khalifah sebagai junnah yakni perisai. Sifat yang diberikan Rasul saw bahwa imam adalah perisai merupakan ikhbar (pemberitahuan) yang di dalamnya terdapat pujian atas eksistensi seorang imam. Ini merupakan tuntutan. Karena pemberitahuan dari Allah dan Rasul saw, jika mengandung celaan merupakan tuntutan untuk meninggalkan, yakni larangan. Dan jika mengandung pujian maka merupakan tuntutan untuk melakukan. Dan jika aktivitas yang dituntut pelaksanaannya memiliki konsekuensi tegaknya hukum syara’, atau pengabaiannya memiliki konsekuensi terabaikannya hukum syara’, maka tuntutan itu bersifat tegas. Dalam hadits ini juga terdapat pemberitahuan bahwa orang yang mengurus kaum muslim adalah para Khalifah. Maka hadits ini merupakan tuntutan mengangkat Khalifah. Terlebih lagi, Rasul saw memerintahkan untuk mentaati para Khalifah dan memerangi orang yang hendak merebut kekuasaannya dalam jabatan khilafahnya. Ini artinya perintah untuk mengangkat Khalifah dan menjaga keberlangsungan khilafahnya dengan cara memerangi semua orang yang hendak merebutnya. Imam Muslim telah meriwayatkan bahwa Rasul saw pernah bersabda :
وَ مَنْ بَايَعَ إِمَامًا فَأَعْطَاهُ صَفْقَةَ يَدِهِ وَ ثَمْرَةَ قَلْبِهِ فَلْيُطِعْهُ إِنْ اِسْتَطَاعَ فَإِنْ جَاءَ آخَرٌ يُنَازِعُهُ فَاضْرِبُوْا عُنُقَ اْلآخَرِ
Dan siapa saja yang telah membaiat seorang imam lalu ia telah memberikan genggaman tangannya dan buah hatinya, maka hendaklah ia mentaatinya sesuai dengan kemampuannya, dan jika datang orang lain yang hendak merebut kekuasaannya maka penggallah orang lain itu (HR. Muslim)
Perintah mentaati imam merupakan perintah untuk mengangkatnya. Dan perintah memerangi orang yang hendak merebut kekuasaannya merupakan qarinah (indikasi) yang tegas atas wajibnya kelangsungan eksistensi Khalifah yang satu.
Sedangkan dalil berupa ijma’ sahabat, maka para sahabat –ridhwanaLlâh ‘alayhim– telah bersepakat atas keharusan pengangkatan Khalifah (pengganti) bagi Rasulullah saw setelah Beliau wafat. Mereka telah bersepakat untuk mengangkat Abu Bakar sebagai Khalifah, lalu Umar bin Khaththab sepeninggal Abu Bakar, dan sepeninggal Umar, Utsman bin Affan. Telah nampak jelas penegasan ijmak sahabat terhadap wajibnya pengangkatan Khalifah dari penundaan pengebumian jenazah Rasulullah saw, lalu mereka lebih menyibukkan diri untuk mengangkat Khalifah (pengganti) Beliau. Sementara mengebumikan jenazah setelah kematiannya adalah wajib. Para sahabat adalah pihak yang berkewajiban mengurus jenazah Rasul saw dan mengebumikannya, sebagian dari mereka lebih menyibukkan diri untuk mengangkat Khalifah, sementara sebagian yang lain diam saja atas hal itu dan mereka ikut serta dalam penundaan pengebumian jenazah Rasul saw sampai dua malam. Padahal mereka mampu mengingkarinya dan mampu mengebumikan jenazah Rasul saw. Rasul saw wafat pada waktu dhuha hari Senin, lalu disemayamkan dan belum dikebumikan selama malam Selasa, dan Selasa siang saat Abu Bakar dibaiat. Kemudian jenazah Rasul dikebumikan pada tengah malam, malam Rabu. Jadi pengebumian itu ditunda selama dua malam dan Abu Bakar dibaiat terlebih dahulu sebelum pengebumian jenazah Rasul saw. Maka realita tersebut merupakan ijmak sahabat untuk lebih menyibukkkan diri mengangkat Khalifah dari pada mengebumikan jenazah. Hal itu tidak akan terjadi kecuali bahwa mengangkat Khalifah lebih wajib daripada mengebumikan jenazah. Juga bahwa para sahabat seluruhnya telah berijmak sepanjang kehidupan mereka akan wajibnya mengangkat Khalifah. Meski mereka berbeda pendapat mengenai seseorang yang dipilih sebagai Khalifah, mereka tidak berbeda pendapat sama sekali atas wajibnya mengangkat Khalifah baik ketika Rasul saw wafat, maupun ketika para Khulafaur Rasyidin wafat. Maka ijmak sahabat itu merupakan dalil yang jelas dan kuat atas wajibnya mengangkat Khalifah.

Cara Menghadapi Pacar Yang Keras Kepala

Thursday, November 27th, 2014 - Pria, Romansa, Tips Tentang Cinta, Wanita

Punya pacar keras kepala bukan berarti bisa dijadikan alasan untuk mengakhiri hubungan. Selama sifat keras kepala-nya masih pada level yang tidak begitu kronis dan masih bisa dinalar dengan logika tentu masih ada celah buat kita untuk menjadikannya sosok pacar yang lebih lembut dan pengertian. Kita bisa ambil sisi positifnya karena keras kepala bukan berarti pasangan memiliki sifat egois, hanya saja ia memiliki keyakinan yang cukup kuat tentang apa yang dianggapnya paling benar. Lalu bagaimana cara menghadapi pacar yang keras kepala, apakah kita perlu mengimbanginya dengan sikap serupa?
Tips Menghadapi Pacar Yang Keras Kepala
Sekali waktu mungkin kita sebal dengan sikap pasangan yang keras kepala dan mungkin sulit diubah. Jika kita sudah berkomitmen untuk saling setia dengan pasangan, sudah menjadi tugas kita untuk mengubahnya menjadi pribadi yang lebih baik bukan malah meninggalkannya. Tentu ini cukup sulit karena semakin kita berusaha mengubahnya justru ia semakin kuat memegang prinsipnya. Jika dianalogikan sebagai batu tentu kita tidak bisa menghancurkannya dengan batu juga, namun kita harus berubah jadi air yang menenangkan namun sekaligus mampu membuatnya luluh. Intinya dengan kelembutan dan kesabaran kita harus yakin mampu membuat pasangan kita menjadi orang yang bisa menghargai pendapat orang lain dan tidak merasa dirinya paling benar.
Lawan dengan Sikap Lembut
Jika kita melawan sikap keras kepala pacar dengan sikap yang sama justru masalah semakin runyam, tidak ada solusi, dan bahkan berpotensi menimbulkan pertengkaran. Sebagai pacar yang pengertian kita harus bersikap lembut untuk menunjukkan pada pasangan bahwa sifat kerasnya merupakan hal yang salah dan tidak menyelesaikan masalah. Tidak ada salahnya mengikuti apa yang ia mau tapi bukan berarti kita bisa sependapat dengannya. Cara menghadapi pacar yang keras kepala sekali waktu mungkin kita harus bersikap lebih tegas dengan pendapat kita, namun sikap tegas tersebut harus kita sampaikan dengan alasan kuat dan masuk akal. Jika kita terus diam, mengalah dan terus mengalah ia akan merasa berada diatas angin dan justru ia semakin tidak tahu apa yang sebenarnya kita inginkan. Ingat komunikasi memiliki pengaruh besar pada satu hubungan.
Introspeksi
Sekali waktu kita perlu membuang keinginan untuk mengubah karakter keras kepala pasangan kita. Mengapa? Karena tidak ada satupun manusia yang mampu mengubah orang lain, kecuali diri mereka sendiri. Justru mungkin kita mulai berusaha merubah diri kita, sebab bukan tidak mungkin sikap keras kepalanya muncul karena sikap kita yang tidak disukainya. Mungkin kita terlalu memaksanya untuk melakukan hal yang ia anggap sulit dilakukan lalu kita menyimpulkan sendiri bahwa dia yang keras kepala. Berkaca dari kemungkinan tersebut ada baiknya kita mengevaluasi diri sendiri atau mengubah diri kita menjadi figur yang lebih baik. Dengan demikian besar kemungkinan ia akan berubah mengikuti kita sebagai sosok yang pengertian dan peduli dengan pendapat orang lain.
Cara Menghadapi Pacar Yang Keras Kepala
Cara menghadapi pacar yang keras kepala sebenarnya tergantung dari seberapa parah ‘penyakit’ keras kepalanya tersebut. Jika sudah mencapai stadium parah kita boleh bertindak lebih tegas dan keras. Terlebih jika sikapnya tersebut sudah mulai mengancam hubungan kita dengannya, tentu kita tidak bisa tinggal diam. Kita tidak boleh berhenti mengingatkan bahwa sikapnya tersebut salah. Apabila pasangan tetap bersikeras dengan sikapnya dan tidak mau mendengar masukan dari kita, itu artinya dia sudah bertindak diluar batas. Dalam kondisi seperti itu kita harus mengambil langkah tegas. Berubah atau putus.

Pentingnya Sikap Tegas Ayah Pada Anak

Pentingnya Sikap Tegas Ayah Pada Anak
Menerapkan sikap tegas dalam mendidik anak sangatlah penting dimiliki oleh sosok seorang ayah yang juga merupakan kepala keluarga. Ketegasan di sini bukan berarti ayah harus bersikap keras dan kasar pada anak, melainkan ayah harus konsisten dalam mengikuti teguran, perintah, maupun larangan yang telah diucapkan kepada anak. Jangan hanya karena anak merengek dan menangis ayah jadi luluh untuk menuruti kemauannya. Atau sebaliknya, ayah jadi kesal dan marah bahkan sampai mengeluarkan kata-kata kasar (verbal abuse) dan pukulan (physical abuse). 
 
Tak dapat dipungkiri, kerap kali ketegasan yang ayah terapkan dalam mendidik anak dapat membuat anak merasa tidak nyaman. Tetapi tahukah Anda, dibalik ketegasan yang ayah terapkan memiliki segudang manfaat seperti anak yang dididik dan dibesarkan oleh ayah yang tegas dan konsisten akan memiliki kepribadian yang baik saat dewasa. Sebaliknya, anak yang dididik dan dibesarkan oleh ayah yang keras dan kasar akan cenderung susah diatur dan kemungkinan besar memiliki trauma psikologis yang mendalam.
 
Dampak psikologis bagi anak yang memiliki figur ayah yang tegas dan konsisten:
  • Sikap tegas dan konsisten yang ayah terapkan akan menjadikan anak yang memiliki kepribadian yang baik. 
  • Keinginan yang kuat, tidak takut untuk bertemu dengan orang baru, dan akan berani mengambil risiko serta keputusan umumnya dimiliki oleh anak-anak yang dididik oleh sosok ayah yang tegas dan konsisten.
  • Anak juga akan memiliki sikap pantang menyerah dan tidak mudah putus asa.
  • Memiliki rasa percaya diri yang besar dan berani untuk mengutarakan pendapat.
 
Sebaliknya, berikut ini pengaruh yang akan terjadi pada anak yang tidak memiliki figur ayah yang tegas dan konsisten:
  • Saat anak mulai beranjak dewasa, umumnya anak tersebut akan meniru perilaku ayahnya yang tidak tegas dan tidak konsisten.
  • Anak yang tidak dibesarkan oleh sosok seorang ayah yang tegas dan konsisten cenderung lebih senang membesarkan masalah-masalah yang kecil.
  • Menjadi anak yang pemalu dan mudah putus asa pada umumnya.
  • Tidak berani bertanggung jawab dan tidak berani untuk mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya.
 
Bersikap tegaslah kepada anak sedini mungkin. Dan, ingat bahwa “tegas tidak berarti menjadikan figur ayah menjadi galak dan kasar terhadap si kecil”. Buatlah si kecil hormat pada figur ayah, bukan takut pada ayah.

Fahri: Orang tegas harus memimpin, bukan orang baik tapi bodoh

Reporter : Randy Ferdi Firdaus | Senin, 26 Januari 2015 14:48

Fahri: Orang tegas harus memimpin, bukan orang baik tapi bodoh
Fahri Hamzah. ©2014 Merdeka.com
Figure terkait
Merdeka.com - Di tengah kisruh Polri dan KPK, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah berkicau di Twitternya soal karakter seorang pemimpin. Menurut Fahri, tugas penting manusia dalam menjalani kehidupan adalah belajar.

Dia menuliskan dalam akun @Fahrihamzah, dikutip merdeka.com, Senin (26/1), dalam cerita belajar akan muncul membentuk karakter manusia. Ada yang baik dan kapasitasnya di atas rata-rata, namun ada juga yang baik namun bodoh.

Menurut dia, orang yang baik tapi lemah maka kebaikannya hanya untuk dirinya sendiri, sementara rakyat hanya terkena dampak dari kelemahannya itu. Akan tetapi sebaliknya, lanjut Wasekjen PKS ini, orang yang biasa yang bagi dirinya tapi tegas, bisa menyelamatkan bangsanya.

"Merekalah yang harus memimpin, bukan orang baik yang bodoh," kicau Fahri. Dia tak menjelaskan, secara detail apa maksud kicauannya ini.

"Kita sepertinya mengalami trend yang beda, orang tegas kita anggap sombong, tapi orang yang secara simbolik 'sangat alim' kita anggap segalanya," tulis Fahri.

Fahri juga menyebutkan, jika segala sesuatu tidak diserahkan kepada ahlinya maka akan menimbulkan bencana. Lagi-lagi Fahri tak menjelaskan, apa maksud ucapannya ini dan kepada siapa ocehan ini ditujukan, Dia hanya meminta agar tulisan-tulisannya ini tidak membuat orang tersinggung.

"Jangan ada yang tersinggung ya, karena ini semua diskusi, bahwa bukan masalah yang banyak, tapi kapasitas kita rendah," kata Fahri.
"Mari kita doakan agar pemimpin kita kapasitasnya tambah baik. Agar masalah jadi kecil," terang dia.
Seperti diketahui, kisruh antara Polri vs KPK berawal dari penetapan tersangka calon tunggal Kapolri Komjen Budi Gunawan. Tak lama berselang, Polri menangkap dan menetapkan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto tersangka.
Sejumlah LSM dan tokoh masyarakat mendesak agar Presiden Jokowi bersikap tegas dalam menengahi kisruh ini. Jokowi bahkan diminta keluarkan Perppu hak imunitas kepada pimpinan KPK dan menginstruksikan Polri agar menghentikan penyidikan bagi Bambang Widjojanto.

Anger / Kemarahan

By

Smart Character
Emosi adalah karunia tuhan, emosi diciptakan untuk menikmati kehidupan, sedangkan emosional diciptakan Oleh manusia itu sendiri. Sesuatu yang kurang atau berlebihan itu tanda tidak tepat, jika mengalami emosional maka membawa lupa diri yang berujung bipolar
Kemarahan adalah reaksi pikiran/kognitif karena sesuatu hal yang tidak benar, dan Reaksi kemarahan itu berupa 1. Bisa menyerang 2. Diam saja 3. Bisa lari, marah bentuk ketidaksetujuan merupakan koreksi diri, sedangkan kemarahan yang kurang sehat itu karena tidak terkontrol, kontrol fungsi logika kita sebelum marah, karena kemarahan yang membangun itulah kemarahan yang terkontrol,” Tutur Jakoep Ezra di Smart Character (6/04).
Marah Yang tidak tersalurkan itu malah tidak sehat, Marah impulisif atau bentuk destruktif, sedangkan self defence dari kemarah yang terkontrol itu adalah konstruktif.
“Tiga alasan yang membuat marah 1. Karena ingin balas dendam, 2. Ingin memberi pelajaran untuk menempatkan posisi yang paling benar, 3. Meyakini (Believe) dari kemarahan bisa meraih sesuatu,” Ulas Harmoni.
Tanda gesture seseorang itu marah biasanya : Tangan dilipat, sorot mata sinis, kepalanya menunduk yang seperti demikian adalah bentuk kemarahan terpendam. Marah seharusnya dikeluarkan/dilampiaskan, tetapi dengan kata-kata yang tidak menghancurkan, atau dilakukan secara humor dengan intonasi terkontrol agar tidak menambah keadaan lebih buruk.
Cooling down bukan berarti menghilangkan kemarahan, kemarahan itu merupakan exit dari hormonal kita, kemarahan yang membangun adalah tersalurkan dengan bijak, dan berkomunikasi dengan baik, dengan kata-kata yang lembut tapi tegas bukan menyayat.
Banyak cara mengurangi kemarahan misal dengan curhat, listen musik yang lembut, lalu aktifitas kreatif, harus ada exit-nya. Bila menantikan dan mencari Timing yang tepat marah, bisa dilakukan dengan adat timur, secara 4 mata, intonasinya harus dijaga, dan kemarahan harus jelas tanpa memaki pribadinya.
Bila Memarahi seseorang lakukan dengan benar, antara perbuatan dengan orangnya dipisahkan, disampaikan ketidaksukaan atas perbuatanya, tetapi denagn catatan orangnya tetap disayangi.
Paling berbahaya itu marah kepada diri sendiri tapi jangan lupa, kemarahan itu adalah bentuk membela diri, dan cara diri mengekspresikan tindakan kita menikmati hidup. Tapi semuanya adalah pilihan. Anda memilih untuk marah dengan model apa.
“Kalau kita bisa menang terhadap emosi, kita akan diberikan anugerah/kelebihan yang luar biasa dan membuat kita lebih bijaksana,” Tutup Jakoep. (Rifqi)

12 Kebiasaan Orang Sukses yang Harus Anda Tiru

Orang Sukses

Banyak orang mengatakan bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi orang sukses dan ini memang benar. Hal ini memang benar, dan nyatanya hanya sedikit orang yang bisa memanfaatkan kesempatan tersebut sehingga akhirnya menjadi sukses dan banyak juga diantara mereka yang malah menyia-nyiakannya sehingga mereka menjalani kehidupan monoton dan biasa saja.
Kali ini Marc, penulis blog populer Marc and Angel telah mempelajari kebiasaan dari banyak orang sukses dan membuat kesimpulan ternyata mereka semua memiliki kebiasaan yang berbeda dalam menjalani hidupnya untuk meraih sebuah sukses dan berikut adalah 12 hal yang dilakukan oleh orang-orang sukses:

1. Mereka membuat dan berusaha memenuhi sebuah target S.M.A.R.T.

Orang-orang yang sukses adalah orang-orang yang objektif. Mereka selalu memiliki sebuah target yang realistis dalam pikirannya. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan berusaha untuk mengejar hal tersebut. Untuk itu mereka biasanya membuat sebuat target S.M.A.R.T. dan berusaha mewujudkannya.
Menurut Marc, target S.M.A.R.T. adalah Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely. Mari kita bahas satu per satu.
Spesific – target yang ingin anda capai haruslah spesifik, tentukan batasannya dan jangan sampai target yang akan dipenuhi meluas. Target yang lebih spesifik mempunyai kesempatan untuk  anda penuhi dan anda selesaikan lebih besar dibanding target yang umum.
Measurable – tidak hanya spesifik, anda juga harus membuat target tersebut dapat diukur secara logis untuk mengetahui proses dari target anda. Tanyakan kepada diri anda, seperti berapa banyak? berapa lama? Sehingga anda bisa mengetahui kapai target tersebut terpenuhi.
Attainable – anda harus membuat target yang objektif atau dengan kata lain dapat ada capai dan selesaikan atau dengan kata lain target tersebut harus realistik dan anda tahu cara menyelesaikan target tersebut.
Relevant – Target yang relevan maksudnya adalah apakah target tersebut penting dan mampu anda capai serta sesuai dengan diri anda.
Timely – Hal ini merupakan hal penting. Waktu, anda harus mempunyai sebuah deadline atau tenggat waktu dari setiap target yang anda buat. Ini akan membantu anda untuk lebih fouks kepada usaha anda sehingga dapat menyelesaikannya sebelum tenggat waktu yang ditentukan.
Jika anda ingin berhasil dan sukses, anda harus bisa membuat target anda menjadi target yang S.M.A.R.T. karena nantinya target ini akan membantu dan memberikan motivasi kepada anda untuk berusaha menyelesaikan target tersebut.
Setiap orang yang sukses atau berusaha ingin sukses harus mempunyai target dalam hidupnya. Jika target anda adalah sebuah kesuksesan, maka ukur kesuksesan tersebut, buat lebih spesifik, jadikan objektif dan relevan dan buat deadlinenya.
Mulailah dengan sebuah target kesuksesan yang kecil, jika anda seorang penjual sepatu. Tentukan berapa yang harus anda jual dalam satu hari, misalnya target anda menjual 1 pasang sepatu setiap hari. Capailah target tersebut terlebih dahulu, setelah anda berhasil tingkatkan menjadi 5 pasang. Jika berhasil lagi tingkatkan menjadi 10 pasang. Sampai akhirnya anda dapat menjual jutaan pasang sepatu setiap harinya dan menjadi seorang pengusaha sepatu yang sukses.

2. Mereka selalu berani mengambil tindakan tegas dan segera.

Perlu anda tahu, menjadi pintar tidak menentukan anda akan menjadi orang yang sukses. Hanya orang berani melakukan tindakan untuk merubah dirinya yang dapat menjadi orang sukses dan mereka memanfaatkan orang-orang pintar untuk bekerja kepada mereka.
Siapa itu Bill Gates? Dia hanyalah seorang mahasiswa yang drop out dari sekolahnya dan melakukan sebuah tindakan dengan membuat sebuah software yang akhirnya mengubah dunia ini. Hasilnya? Dia berhasil sukses dengan perusahaan Microsoft yang didirikannya,
Siapa itu Richard Branson? Dia hanyalah seorang penderita diseleksia yang dikeluarkan dari sekolahnya dan dengan berawal dari menjual majalah, akhirnya dia berhasil membangun sebuah kerajaan bisnis bernilai miliaran dollar, bernama Virgin Group.
Jadi anda hanya perlu berani membuat tindakan tegas untuk merubah hidup anda atau bahkan hidup orang lain menjadi lebih baik dan menjadi orang yang sukses. Semua pengetahuan dan kecerdasan sebenarnya tidak berguna sama sekali tanpa ada sebuah tindakan. Simpel kan?

3. Mereka fokus menjadi produktif, bukan menjadi sibuk.

Menjadi orang yang sibuk belum tentu akan membuat anda menjadi orang yang berhasil, tapi dengan menjadi orang yang produktif pastinya akan membuant anda sukses.
Work “smarter”, not harder. Mungkin ini adalah ungkapan yang tepat untuk sekarang ini. Bagaimana anda mengubah kesibukan anda menjadi sebuah produktifitas? Mudah. Tenangkan diri anda, review semua komitmen dan target yang sedang anda ingin capai.
Buatlah prioritas dari tugas-tugas anda, dan lakukan tugas tersebut satu per satu mulai dari yang terpenting. Berikan diri anda untuk beristirahat disela-sela tugas satu dengan tugas lainnya.
Ingat hasil adalah yang paling penting dibanding waktu yang anda capai untuk meraih hasi tersebut.

4. Mereka membuat keputusan yang logis dan objektif.

Kadang orang yang sukses dapat meruntuhkan semua yang telah dia bangun bertahun-tahun hanya dengan sebuah keputusan yang emosional, dimana dia sangat dipengaruhi perasaannya dalam mengambil keputusan tersebut.
Emosi atau perasaan memang memberikan sebuah warna yang berbeda dalam kehidupan kita. Emosi juga dapat membuat kita melakukan hal yang salah, terutama dalam membuat sebuah keputusan.
Satu hal yang perlu diingat adalah jangan sampai emosi anda menguasai akal dan logika anda dalam mengambil sebuah keputusan. Jika hal ini terjadi, tenangkan dulu diri anda, sampai anda dapat berpikir dengan jernih, setelah itu baru anda membuat keputusan.

5. Mereka menghindari untuk membuat segala hal menjadi sempurna.

Kesempurnaan memang menjadi tujuan setiap orang dalam menyelesaikan tugas atau target yang dicapainya. Tapi kesempurnaan itu juga membuat seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu dan perhatian untuk membuatnya dan juga menjaganya, sampai akhirnya mereka melupakan hal lain yang seharusnya mereka lakukan.
Seorang perfeksionis sangat menyukai sebuah kesempurnaan dalam hidupnya dan mereka juga selalu sulit untuk memulai suatu hal atau bahkan menyelesaikannya. Karena pada dasarnya  mereka selalu mempertimbangkan matang-matang suatu hal sebelum mereka memulai atau menyelesaikan hal tersebut.
Ingat, untuk menjadi seorang yang sukses tidak selalu harus menjadi orang perfeksionis, anda hanya perlu berani memulai dan menyelesaikan target anda, dan berusaha memperbaiki hasil dan proses yang anda lalui agar semakin baik dan semakin baik. Lagi pula tidak ada yang sempurna di dunia ini, iya kan?

6. Mereka bekerja diluar zona nyaman mereka.

Mereka yang sudah sukses sekarang ini, karena mereka mampu bekerja atau melakukan sesuatu diluar zona nyaman mereka. Orang-orang ini berani mengambil kesempatannya untuk mengubah hidup mereka, dan juga berani untuk menerima kegagalan yang jarang bisa diterima oleh orang-orang yang berada di zona nyaman.
Jika anda merasa hidup anda sekarang ini cukup membahagiakan dan terjamin, maka saat ini anda berada di zona nyaman. Untuk menjadi orang yang sukses, anda harus berani keluar dari zona tersebut dan melakukan sebuah tindakan perubahan serta menerima resiko sebuah kegagalan.
Perlu diingat, orang yang sukses adalah orang yang mampu menerima sebuah kegagalan yang mereka hadapi dan bangkit kembali untuk mewujudkan impiannya.

7. Mereka menjadikan sesuatu lebih sederhana

Leonardo da Vinci pernah mengatakan “Simplicity is the ultimate sophistication.” artinya kesederhanaan adalah sebuah kesempurnaan. Sesuatu yang sederhana dan simple tidak berarti berkualitas buruk, kadang hal tersebut memberikan manfaat yang berguna bagi setiap orang.
Di jaman modern ini, informasi sangat cepat bergerak dan muncul banyak inovasi yang tiada batasnya. Sayangnya hal ini membuat sebuah komplikasi, kesulitan dan juga konflik kebingungan.
Orang yang saat ini telah meraih kesuksesan berusaha selalu membuat sesuatu menjadi sesederhana mungkin sehingga mudah dimengerti dan juga dipahami.
Kita bisa mengambil contoh dari Google, dan melihat bagaimana mereka membuat mesin pencarinya begitu sederhana dan simpel dengan hanya menampilkan logo dan kotak pencari didalamnya, tanpa adanya hal-hal lain yang tidak perlu. Namun kesederhanaan tersebut, membuat Google menjadi lebih mudah digunakan, sehingga pada akhirnya perusahaan ini mampu menjadi perusahaan internet terbesar di dunia.

8. Mereka berfokus membuat sesuatu yang kecil dengan pengembangan tanpa henti.

Mulailah dengan suatu perubahan yang kecil, dengan mimpi yang besar. Tidak ada seorang pun yang mampu membuat hal besar langsung dalam sekejap mata. Semua itu dimulai dari sesuatu yang kecil dengan pengembangan tanpa henti, karena jika terus dikembangkan hal yang kecil juga lama-lama bisa menjadi besar.
Jika anda mulai dengan hal yang kecil, anda tidak harus membutuhkan banyak motivasi dan sumber-sumber untuk menciptakan hal tersebut. Setelah hal yang kecil tersebut tercipta, mulai kembangkan dan terus kembangkan sampai lama-kelamaan hal tersebut menjadi sebuah hal yang besar dan dapat mengubah orang-orang di dunia.
Lihat bagaimana Facebook memulai, dari hanya jejaring sosial kecil untuk mahasiswa, sampai akhirnya menjadi jejaring sosial yang telah memiliki 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Atau pengusaha Bob Sadino, yang memulai usahanya dari berjualan telur keliling, sampai akhirnya dia berhasil mengelola jaringan ritel makanan Kem Chicks yang tersebar dimana-mana.

9. Mereka selalu mengukur dan melihat proses dari target mereka.

Orang-orang yang sukses tidak hanya bekerja di bisnis mereka, tapi mereka juga bekerja dalam bisnisnya. Mereka selalu mengevaluasi apa yang mereka telah lakukan. Mereka juga mengukur posisi mereka dengan target yang akan mereka capai dan berusaha mengetahui bagaimana cara meng-improve-nya.
Anda tidak dapat mengontrol apa yang anda tidak ukur dan ketahui. Jika anda mampu melihat dimana posisi anda saat ini, anda bisa memutuskan apakah cara anda sudah benar atau anda berada di jalan yang salah. Dengan begitu anda dapat memperbaiki cara anda dalam mencapai target tersebut.
Coba ukur setiap tindakan yang anda lakukan, catat proses tersebut agar anda dapat mengingatnya. Lalu tetapkan target yang ingin anda capai dan ukur apakah anda sudah mencapai target tersebut atau belum. Jika belum, pastinya ada sesuatu yang salah yang anda lakukan dan anda harus memperbaikinya agar anda mampu mencapai target tersebut.

10. Mereka berkonsentrasi kepada hal yang positif dan juga belajar dari kesalahan mereka.

Orang-orang sukses adalah orang-orang yang mampu berpikir positif dan berkonsentrasi pada hal positif tersebut. Mereka tahu kepositifan mereka mampu membawa mereka kepada sebuah kesuksesan.
Kehidupan ini selalu mencoba menguji anda apakah anda akan terus berpikir positif atau malah berpikir negatif. Ujian itu adalah kegagalan. Jika anda berpikir positif, anda akan melihat kegagalan tersebut adalah sebuah kesempatan dan sebaliknya jika anda berpikir negatif, anda akan melihat kegagalan adalah akhir dari semuanya.
Belajarlah dari kegagalan dan jadikan itu batu loncatan anda untuk maju lebih jauh lagi. Jangan sampai pikiran negatif menguasai anda dan melumpuhkan diri anda untuk menjadi orang sukses.

11. Mereka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang benar.

Pernahkah anda melihat seorang direktur dari sebuah perusahaan multinasional bergaul dengan preman? Tentunya tidak. Dia pastinya akan bergaul dengan orang-orang profesional dan ahli.
Orang-orang sukses selalu menghabiskan waktu mereka untuk bergaul dan berkomunikasi dengan orang-orang yang sama dengan mereka, mampu mendukung mereka dan juga satu bidang dengan mereka. Mereka membuat sebuah ikatan sosial yang dapat memunculkan energi baru bagi mereka dan membuat mereka mampu meraih target mereka.
Sebenarnya sangat sederhana, pergaulan anda akan menentukan menjadi apakah anda. Jika bergaul dengan orang-orang yang salah, anda akan mendapat energi negatif yang akan membuat anda menjadi negatif, begitu juga sebaliknya. Pastikan anda berhubungan dengan orang yang mampu mendukung anda untuk mencapai apa yang ingin anda raih.

12. Mereka berusaha menyeimbangkan kehidupan mereka.

Kadang ada orang yang berhasil membuat sukses bisnisnya dan memiliki banyak uang, namun disisi lain dia tidak bahagia karena tidak memiliki cinta dalam dirinya dan membuatnya kesepian. Atau seorang yang sangat bahagia karena dikelilingi orang yang mampu mengasihinya, tapi sayangnya orang tersebut harus bekerja keras untuk mendapatkan uang.
Jangan sampai anda terjebak dalam hal ini. Pastikan hidup anda seimbang baik untuk bisnis, sosial, keluarga dan cinta. Jika anda terlalu berfokus kepada bisnis anda, pada akhirnya anda akan menyesal karena hal tersebut. Berikan waktu kepada diri anda untuk menikmati hal-hal lain yang harus anda rasakan, jangan sampai uang membutakan pikiran anda.
Keseimbangan ini juga membantu diri anda untuk lebih bahagia dalam hidup, karena satu hal yang pasti orang sukses adalah orang yang mampu membuat dirinya bahagia dalam segala aspek hidupnya.

Tiada ulasan: