9 Pahlawan Perang Terkenal Dalam Sejarah Islam
9 Pahlawan Perang Terkenal Dalam Sejarah Islam | Jika kita
menyingkap kembali lembaran sejarah Islam, pasti akan melihat sesuatu
yang tidak boleh diabaikan iaitu mengenai kehebatan dan kemasyuran
wira-wira Islam yang sangat tersohor dengan kehandalan mereka dalam
aspek berkaitan ketenteraan.
Kegagahan dan kebijaksanaan mereka tidak dapat disangkal apatah lagi
dengan jumlah tanah jajahan yang ditakluki ketika Islam sedang
berkembang. Namun perangnya umat Islam ketika itu sama ada di bawah
pimpinan Nabi Muhammad SAW atau selepas baginda adalah perang
mempertahankan diri dan hak yang telah dicerobohi oleh musuh.
Berikut merupakan 9 pemimpin perang yang terkenal dalam sejarah Islam :
1. Khalid Bin Walid Khalid ibn al-Walid (584 - 642)
Khalid bin Walid, adalah seorang panglima perang pada masa pemerintahan
Khulafa ArRasyidin yang termahsyur dan ditakuti di medan perang serta
dijuluki sebagai Saifullah Al-Maslul (pedang Allah yang terhunus). Dia
adalah salah satu dari panglima-panglima perang penting yang tidak
terkalahkan sepanjang kariernya.
2. Muhammad Al-Fatih ( Mehmed II )
Sultan Mehmed II atau juga dikenal sebagai Muhammad Al-Fatih juga
dikenal sebagai el-Fatih, "Sang Penakluk". Kejayaannya dalam
menaklukkan Konstantinopel menyebabkan banyak kawan dan lawan kagum
dengan kepimpinannya serta taktik & strategi peperangannya yang
dikatakan mendahului pada zamannya dan juga kaedah pemilihan tenteranya.
Ia merupakan anak didik Syekh Syamsuddin yang masih merupakan keturunan
Abu Bakar As-Siddiq.
3. Salahuddin Ayyubi ( Saladin ) Salahuddin Ayyubi atau Saladin atau Salah ad-Din (1138 - 4 Mac 1193)
Adalah seorang jeneral dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah
utara Iraq sekarang). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Syria,
sebahagian Yaman, Iraq, Mekah Hijaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal
di dunia Muslim dan Kristen karena kepemimpinan, kekuatan tentera, dan
sifatnya yang satria dan pengampun pada saat ia berperang melawan
tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang ulama. Ia
memberikan catatan dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu
Dawud
4. Abu Ubaidah bin al-Jarrah.
Abu Ubaidah bin al-Jarrah adalah Muhajirin dari kaum Quraisy Mekah yang
termasuk antara yang paling awal memeluk agama Islam. Ia ikut berhijrah
ke Habasyah (saat ini Ethiopia) dan kemudian, beliau berhijrah ke
Madinah. Ia mengikuti setiap pertempuran dalam membela Islam. Setelah
wafatnya Nabi Muhammad saw, beliau merupakan salah satu calon Khalifah
bersama dengan Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Setelah terpilihnya Abu
Bakar sebagai Khalifah, beliau dilantik untuk menjadi panglima perang
memimpin pasukan Muslim untuk berperang melawan kerajaan Rom. Beliau
meninggal disebabkan oleh wabak penyakit.
5.Sa'ad bin Abi Waqqas.
Sa`ad bin Abī Waqqās merupakan salah seorang yang awal masuk Islam dan
salah satu sahabat penting Muhammad. Kepahlawanan Sa'ad bin Abi Waqqas
tertulis saat memimpin pasukan Islam melawan tentara Persia di
Qadissyah. Peperangan ini merupakan salah satu peperangan terbesar umat
Islam.
6. Tariq Bin Ziyad.
Tariq bin Ziyad, dikenal dalam sejarah Sepanyol sebagai legenda dengan
sebutan Taric el Tuerto (Taric yang memiliki satu mata), adalah seorang
jeneral dari dinasti Umayyah yang memimpin penaklukan muslim atas
wilayah Al-Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Gibraltar dan
sekitarnya) pada tahun 711 M
7. Syurahbil bin Hasanah (583-639)
Adalah sahabat Muhammad saw. Dia merupakan salah satu komander terbaik
dalam pasukan Rasyidin, bertugas di bawah Khalifah Rasyidin Abu Bakar
dan Umar bin Khattab. Dia merupakan salah satu komander lapangan utama
selama penaklukan Muslim di Syria, bertugas sejak tahun 634 hingga
kematiannya pada tahun 639 akibat wabak.
8. Abdullah bin Aamir.
Abdullah bin Aamir adalah gabenor Busrha (647–656) dan merupakan jeneral
tentera yang sangat berjaya pada masa pemerintahan Khalifah Rasyidin
Othman bin Affan. Dia terkenal atas kehebatannya dalam pengurusan
ketenteraan.
9. Amru Bin Ash.
Pada awalnya beliau pernah mengambil bahagian dalam peperangan menentang
Nabi Muhammad SAW dan kaum Muslim namun masuk Islam bersama Khalid bin
Walid. Enam bulan setelah memeluk Islam, beliau bersama Rasulullah SAW
menakluk Mekah dalam peristiwa Fathul Mekkah. Ia adalah panglima perang
yang bijak dalam mengatur strategi perang.Beliau adalah panglima perang
yang menaklukan Baitul Maqdis dan Mesir dari cengkaman Romawi. Ia
kemudian dilantik sebagai gabenor Mesir oleh Umar bin Khattab, tetapi
kemudian dipecat oleh Khalifah Usman bin Affan. Selanjutnya Muawiyah bin
Abu Sufyan melantik kembali beliau menjadi gabenor Mesir. Panglima Amru
mengerahkan tentera agar menjujung Al Quran dihujung tombak, ia
menggunakan cara ini dalam pertempuran dengan Ali bin Abi Thalib agar
Ali bin Abi Thalib menghentikan serangan.
Sumber
“Ya Allah… buatlah Islam ini kuat dengan masuknya salah satu dari kedua orang ini. Amr bin Hisham atau Umar bin Khattab.”
Itulah satu dari doa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pada saat Islam masih dalam tahap awal penyebaran dan masih lemah. Doa itu segera dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah memilih Umar bin Khattab sebagai salah satu pilar kekuatan Islam. Sedangkan Amr bin Hisham meninggal sebagai Abu Jahal.
Umar bin Khattab bin Nafiel bin Abdul Uzza atau lebih dikenal dengan Umar bin Khattab, adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang juga adalah Khalifah kedua Islam (634-644). Umar juga merupakan satu di antara empat orang Khalifah yang digolongkan sebagai Khalifah yang diberi petunjuk (Khulafaur Rasyidin). Dia juga termasuk dalam 10 orang yang dijamin Surga oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.
Dia dilahirkan 12 tahun setelah kelahiran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qarth bin Razakh bin Adiy bin Ka’ab bin Lu’ay Al Qurasyiy Al ‘Adawiy, dan ibunya bernama Hantamah binti Hasyim bin Mughirah bin Abdullah bin Umar bin Makhzum. Perawakannya tinggi besar dan tegap dengan otot-otot yang menonjol dari kaki dan tangannya, jenggot yang lebat dan berwajah tampan, serta warna kulitnya coklat kemerah-merahan.
Dia memiliki bola mata sangat merah, permukaan pipinya terkesan cekung, dan botak dibagian depan kepalanya. Umar juga memiliki tenaga yang sangat kuat. Wahab berkata, “Sifat Umar di dalam kitab Taurat disebutkan bahwa dia adalah tanduk yang terbuat dari besi, seorang pemimpin yang sangat tegas”.
Sebelum meriam dan segala jenis senjata berasaskan letupan termasuk
pistol juga senapang, pedang adalah senjata yang digunakan sejak zaman
berzaman oleh pahlawan terdahulu. Pada ketika itu, memiliki pedang
diibaratkan seperti memiliki maruah bagi seorang lelaki.
Nyawa seorang satria zaman silam lebih banyak bergantung pada mata pedang. Justeru, senjata ini telah menjadi sesuatu yang sangat bernilai pada zaman itu. Dengan kata lain, pedang yang kuat dan tajam akan sentiasa menjadi rebutan kerana ia adalah penentu hidup mati seorang pahlawan perang.
Berikut adalah diantara pedang yang dianggap sebagai lagenda dalam sejarah peradaban manusia dan ia diakui oleh pada metalurgi dunia.
1. Zulfiqar
Zulfiqar adalah pedang terkenal dalam sejarah islam yang dimiliki oleh Syaidina Ali , dari banyak catatan sejarah, Nabi Muhammad saw mempersembahkan Zulfiqar ini kepada Syaidina Ali di pertempuran uhud. Selama pertempuran, Syaidina Ali banyak menghapuskan musuh dengan pedang ini. Dari kebanyakan catatan sejarah yang ada, dikatakan bahwa pedang Syaidina Ali digunakan pada Perang Parit, yang ketika itu lawannya adalah Amr Bin Abdawud, yang kekuatannya satu dibandingkan seribu orang. Dengan pedang ini Syaidina Ali membunuhnya dengan satu pukulan yang kuat meskipun Amr memakai baju besi yang kuat dan membawa senjata ampuh. Pedang ini adalah salah satu simbol tertua dan paling terkenal dalam sejarah Islam. Pedang ini juga pernah digunakan dalam pertempuran Karbala oleh Imam Husain.
2. Damascus
Pedang Damascus adalah pedang yang sangat tajam melebihi pedang Samurai dan pedang Excalibur milik Raja Arthur. Pedang tersebut mampu membelah baju zirah, membelah perisai, memotong pedang lawan dan batu tanpa mengalami kerosakan pada bilahnya. Antara ilmuan moden yang turut mengiktiraf kehebatan pedang ini ialah seorang pengkaji ketajaman senjata dari Jabatan Kejuruteraan dan Sains Bahan, Iowa States University, Amerika Syarikat, Profesor John D.Verhoeven. Beliau telah menulis dengan panjang lebar tentang keistimewaan pedang Damascus dalam majalah Scientific American yang telah diterbitkan pada edisi Januari 2001.
Berdasarkan catatan sejarah, pedang Damascus ini merupakan senjata utama yang digunakan oleh tentera Islam ketika Perang Salib Ke-3 sekitar penghujung kurun ke-12. Salahuddin Al-Ayubi merupakan pemimpin tentera Islam ketika itu yang berjaya membebaskan kota Jerusalem daripada cengkaman puak salib selama hampir seratus tahun lamanya. Salah satu sebab kekalahan tentera Eropah ketika pertempuran itu ialah pasukan tentera Islam dilengkapi dengan pedang yang mampu membelah manusia dengan sekali libasan iaitu Pedang Damascus.
Secara fizikalnya, pedang Damascus ini nipis dan boleh dilentur dengan sedikit bengkok di bahagian hujungnya. Seni pembuatannya begitu halus dan pada permukaan bilah terdapat corak alunan mengufuk yang menunjukkan ia diperbuat daripada beberapa material. Pedang buatan Damsyik yang turut dikenali sebagai pedang Persia ini telah membuatkan peradaban Barat ketika itu terdiam dan kagum. Mereka cuba mencari rahsia sebenar di sebalik pedang ini. Bagaimanapun, teknik pembuatannya begitu rahsia dan hanya beberapa orang sahaja tukang besi di Damsyik yang mampu menghasilkan pedang Damascus.
Pada tahun 2006, kehebatan pedang ini telah dibongkar oleh Profesor Dr. Peter Paufler dan pasukan penyelidiknya dari University Teknikal Dresden, Jerman apabila mereka menemui tiub karbon nano di dalam pedang yang digunakan oleh Salahuddin Al-Ayubi dan tentera-tentera Islam dalam Perang Salib.
Teknologi Nano pada Damascus
Pedang Damascus merupakan pedang super canggih berteknologi nano sehingga dapat memotong ikatan atom suatu benda sehingga hasil potongannya sangat halus.dengan kata lain, pedang ini super tajam.pedang ini dibuat sebelum dunia mengenal teknologi nano (1991), iaitu pada abad ke-17. Tiub karbon nano inilah yeng telah menjadikan pedang-pedang pejuang Islam ini sangat istimewa dengan kehebatan sangat tajam tetapi mudah lentur.
Menurut Dr. Peter Paufler, kunci kepada teknologi nano pedang ini terletak pada teknik pembuatanya yang unik. Bijih besi dari India yang dikenali sebagai wootz mengandungi sejumlah peratus unsur karbon yang memberikan sifat rapuh. Apabila dikenakan suhu yang amat tinggi sekitar 800 darjah Celcius, campuran besi dan karbon tadi akan ditambah dengan unsur-unsur seperti Kromium, Mangan, Kobalt dan beberapa unsur lain yang telah memberikannya sifat-sifat sebilah pedang setiawan, yakni tajam dan lentur.
Sayang sekali, teknologi ini telah lenyap selepas kurun ke-18 seiring dengan kepupusan bijih besi dan unsur-unsur penguat pedang tadi. Penempa-penempa pedang ini, biarpun secara tidak sedar, telah meletakkan 2 asas penting kepada permulaan sains bahan moden.
1) Campuran bahan-bahan kimia pada peratusan yang sesuai.
2) Teknik penggunaan haba yang tinggi untuk pembikinan sebilah pedang.
Bagaimanapun, teknologi pembuatan pedang ini telah pupus ditelan zamn. Apa yang tinggal hanyalah pedang-pedang, mata tombak dan pisau buatan Damsyik yang kini sekadar menjadi bahan pameran muzium di seluruh dunia.
3. HIZBULLAH
4. Mameluk
Mamluk atau Mameluk (Bahasa Arab:مملوك, mamlūk (tunggal), مماليك, mamālīk (jamak)) adalah tentara budak yang telah memeluk Islam dan berdinas untuk khalifah Islam dan Kesultanan Ayyubi pada Abad Pertengahan. Mereka akhirnya menjadi tentara yang paling berkuasa dan juga pernah mendirikan Kesultanan Mamluk di Mesir.
Pasukan Mamluk pertama dikerahkan pada zaman Abbasiyyah pada abad ke-9. Bani Abbasiyyah merekrut tentara-tentara ini dari kawasan Kaukasus dan Laut Hitam dan mereka ini pada mulanya bukanlah orang Islam. Dari Laut Hitam direkrut bangsa Turki dan kebanyakan dari suku Kipchak.
Keistimewaan tentara Mamluk ini ialah mereka tidak mempunyai hubungan dengan golongan bangsawan atau pemerintah lain. Tentera-tentera Islam selalu setia kepada syekh, suku dan juga bangsawan mereka. Jika terdapat penentangan tentara Islam ini, cukup sulit bagi khalifah untuk menanganinya tanpa bantahan dari golongan bangsawan. Tentaa budak juga golongan asing dan merupakan lapisan yang terendah dalam masyarakat. Sehingga mereka tidak akan menentang khalifah dan mudah dijatuhkan hukuman jika menimbulkan masalah. Oleh karena itu, tentara Mamluk adalah aset terpenting dalam militer.
Organisasi Mameluk
Setelah memeluk Islam, seorang Mamluk akan dilatih sebagai tentara berkuda. Mereka harus mematuhi Furisiyyah, sebuah aturan perilaku yang memasukkan nilai-nilai seperti keberanian dan kemurahan hati dan juga doktrin mengenai taktik perang berkuda, kemahiran menunggang kuda, kemahiran memanah dan juga kemahiran merawat luka dan cedera.
Tentara Mamluk ini hidup di dalam komunitas mereka sendiri saja. Masa lapang mereka diisi dengan permainan seperti memanah dan juga persembahan kemahiran bertempur. Latihan yang intensif dan ketat untuk anggota-anggota baru Mamluk juga akan memastikan bahawa kebudayaan Mamluk ini abadi.
Setelah tamat latihan, tentara Mamluk ini dimerdekakan tetapi mereka harus setia kepada khalifah atau sultan. Mereka mendapat perintah terus dari khalifah atau sultan. Tentara Mamluk selalu dikerahkan untuk menyelesaikan perselisihan antara suku setempat. Pemerintah setempat seperti amir juga mempunyai pasukan Mamluk sendiri tetapi lebih kecil dibandingkan pasukan Mamluk Khalifah atau Sultan.
Pada mulanya, status tentara Mamluk ini tidak boleh diwariskan dan anak lelaki tentara Mamluk dilarang mengikuti jejak langkah ayahnya. Di sebagian kawasan seperti Mesir, tentara Mamluk mulai menjalin hubungan dengan pemerintah setempat dan akhirnya mendapat pengaruh yang luas.
Kemajuan di bidang Ilmu kemiliteran
Pada era Dinasti Al-Mamluk produksi buku mengenai ilmu militer itu berkembang pesat. Sedangkan, pada zaman Shalahuddin, ada buku manual militer karya AT-Thurtusi (570 H/1174 M) yang membahas keberhasilan menaklukan Yerussalem. Semenjak awal Islam memang menaruh perhatian khusus mengenai soal perang. Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah meminta agar para anak lelaki diajari berenang, gulat, dan berkuda. Berbagai kisah peperangan seperti legenda Daud dan Jalut juga dikisahkan dengan apik dalam Al-Qur'an. Bahkan, ada satu surat di Al-Qur'an yang berkisah tentang `heroisme’ kuda-kuda yang berlari kencang dalam kecamuk peperangan.
” Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah. Dan kuda yang mencetuskan api dengan pukulan (kuku kakinya). Dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi. Maka, ia menerbangkan debu dan menyerbu ke tengah kumpulan musuh.” (Al-‘aAdiyat 1-4).
Kaum muslim sebenarnya pun sudah menulis berbagai karya mengenai soal perang dan ilmu militer. Berbagai jenis buku mengenai 'jihad' dan pengenalan terhadap seluk beluk kuda, panahan, dan taktik militer. Salah satu buku yang terkenal dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris The Catologue yang merupakan karya Ibnu Al-Nadim (wafat antara 380H-338 H/990-998 M).
Dalam karya itu, Al-Nadim menulis berbagai kategori mengenai cara menunggang kuda, menggunakan senjata, tentang menyusun pasukan, tentang berperang, dan menggunakan alat-alat persenjataan yang saat itu telah dipakai oleh semua bangsa. Karya semacam ini pun kemudian banyak muncul dan disusun pada masa Khalifah Abbasiyah, misalnya oleh Khalifah al-Manshur dan al-Ma’mun. Bahkan, pada periode kekuasaan Daulah Al-Mamluk produksi buku mengenai ilmu militer itu berkembang sangat pesat. Minat para penulis semakin terpacu dengan keinginan mereka untuk mempersembahkan sebuah karya kepada kepada para sultan yang menjadi penguasa saat itu. Pembahasan sering dibahas adalah mengenai seluk beluk yang berkaitan dengan serangan bangsa Mongol.
Pada zaman Shalahuddin, ada sebuah buku manual militer yang disusun oleh At-Tharsusi, sekitar tahun 570 H/1174 M. Buku ini membahas mengenai keberhasilan Shalahuddin di dalam memenangkan perang melawan bala tentara salib dan menaklukan Yerussalem. Buku ini ditulis dengan bahasa Arab, meski sang penulisnya orang Armenia. Manual yang ditulisnya selain berisi tentang penggunaan panah, juga membahas mengenai ‘mesin-mesin perang’ saat itu, seperti mangonel (pelempar batu), alat pendobrak, menara-menara pengintai, penempatan pasukan di medan perang, dan cara membuat baju besi. Buku ini semakin berharga karena dilengkapi dengan keterangan praktis bagaimana senjata itu digunakan.
Buku lain yang membahas mengenai militer adalah karya yang ditulis oleh Ali ibnu Abi Bakar Al Harawi (wafat 611 H/1214 M). Buku ini membahas secara detail mengenai soal taktik perang, organisasi militer, tata cara pengepungan, dan formasi tempur. Kalangan ahli militer di Barat menyebut buku ini sebagai sebuah penelitian yang lengkap tentang pasukan muslim di medan tempur dan dalam pengepungan. Pada lingkungan militer Daulah Mamluk menghasilkan banyak karya tentang militer, khususnya keahlian menunggang kuda atau fu'usiyyah. Dalam buku ini dibahas mengenai bagaimana cara seorang calon satria melatih diri dan kuda untuk berperang, cara menggunakan senjatanya, dan bagaimana mengatur pasukan berkuda atau kavaleri.
Contoh buku yang lain adalah karya Al-Aqsara’i (wafat74 H/1348 M) yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris menjadi An End to Questioning and Desiring (Further Knowledge) Concering the Science of Horsemenship. Buku ini lebih komplet karena tidak hanya membahas soal kuda, pasukan, dan senjata, namun juga membahas mengenai doktrin dan pembahasan pembagaian rampasan perang.
Para Pahlawan Islam Paling Terkenal
Umar bin Khattab, Al Faruq yang Ditakuti Setan“Ya Allah… buatlah Islam ini kuat dengan masuknya salah satu dari kedua orang ini. Amr bin Hisham atau Umar bin Khattab.”
Itulah satu dari doa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pada saat Islam masih dalam tahap awal penyebaran dan masih lemah. Doa itu segera dikabulkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Allah memilih Umar bin Khattab sebagai salah satu pilar kekuatan Islam. Sedangkan Amr bin Hisham meninggal sebagai Abu Jahal.
Umar bin Khattab bin Nafiel bin Abdul Uzza atau lebih dikenal dengan Umar bin Khattab, adalah salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang juga adalah Khalifah kedua Islam (634-644). Umar juga merupakan satu di antara empat orang Khalifah yang digolongkan sebagai Khalifah yang diberi petunjuk (Khulafaur Rasyidin). Dia juga termasuk dalam 10 orang yang dijamin Surga oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.
Dia dilahirkan 12 tahun setelah kelahiran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Abdullah bin Qarth bin Razakh bin Adiy bin Ka’ab bin Lu’ay Al Qurasyiy Al ‘Adawiy, dan ibunya bernama Hantamah binti Hasyim bin Mughirah bin Abdullah bin Umar bin Makhzum. Perawakannya tinggi besar dan tegap dengan otot-otot yang menonjol dari kaki dan tangannya, jenggot yang lebat dan berwajah tampan, serta warna kulitnya coklat kemerah-merahan.
Dia memiliki bola mata sangat merah, permukaan pipinya terkesan cekung, dan botak dibagian depan kepalanya. Umar juga memiliki tenaga yang sangat kuat. Wahab berkata, “Sifat Umar di dalam kitab Taurat disebutkan bahwa dia adalah tanduk yang terbuat dari besi, seorang pemimpin yang sangat tegas”.
18
Jun
Sejarah Pedang Paling Tajam Di Muka Bumi
Nyawa seorang satria zaman silam lebih banyak bergantung pada mata pedang. Justeru, senjata ini telah menjadi sesuatu yang sangat bernilai pada zaman itu. Dengan kata lain, pedang yang kuat dan tajam akan sentiasa menjadi rebutan kerana ia adalah penentu hidup mati seorang pahlawan perang.
Berikut adalah diantara pedang yang dianggap sebagai lagenda dalam sejarah peradaban manusia dan ia diakui oleh pada metalurgi dunia.
1. Zulfiqar
Zulfiqar adalah pedang terkenal dalam sejarah islam yang dimiliki oleh Syaidina Ali , dari banyak catatan sejarah, Nabi Muhammad saw mempersembahkan Zulfiqar ini kepada Syaidina Ali di pertempuran uhud. Selama pertempuran, Syaidina Ali banyak menghapuskan musuh dengan pedang ini. Dari kebanyakan catatan sejarah yang ada, dikatakan bahwa pedang Syaidina Ali digunakan pada Perang Parit, yang ketika itu lawannya adalah Amr Bin Abdawud, yang kekuatannya satu dibandingkan seribu orang. Dengan pedang ini Syaidina Ali membunuhnya dengan satu pukulan yang kuat meskipun Amr memakai baju besi yang kuat dan membawa senjata ampuh. Pedang ini adalah salah satu simbol tertua dan paling terkenal dalam sejarah Islam. Pedang ini juga pernah digunakan dalam pertempuran Karbala oleh Imam Husain.
2. Damascus
Pedang Damascus adalah pedang yang sangat tajam melebihi pedang Samurai dan pedang Excalibur milik Raja Arthur. Pedang tersebut mampu membelah baju zirah, membelah perisai, memotong pedang lawan dan batu tanpa mengalami kerosakan pada bilahnya. Antara ilmuan moden yang turut mengiktiraf kehebatan pedang ini ialah seorang pengkaji ketajaman senjata dari Jabatan Kejuruteraan dan Sains Bahan, Iowa States University, Amerika Syarikat, Profesor John D.Verhoeven. Beliau telah menulis dengan panjang lebar tentang keistimewaan pedang Damascus dalam majalah Scientific American yang telah diterbitkan pada edisi Januari 2001.
Berdasarkan catatan sejarah, pedang Damascus ini merupakan senjata utama yang digunakan oleh tentera Islam ketika Perang Salib Ke-3 sekitar penghujung kurun ke-12. Salahuddin Al-Ayubi merupakan pemimpin tentera Islam ketika itu yang berjaya membebaskan kota Jerusalem daripada cengkaman puak salib selama hampir seratus tahun lamanya. Salah satu sebab kekalahan tentera Eropah ketika pertempuran itu ialah pasukan tentera Islam dilengkapi dengan pedang yang mampu membelah manusia dengan sekali libasan iaitu Pedang Damascus.
Secara fizikalnya, pedang Damascus ini nipis dan boleh dilentur dengan sedikit bengkok di bahagian hujungnya. Seni pembuatannya begitu halus dan pada permukaan bilah terdapat corak alunan mengufuk yang menunjukkan ia diperbuat daripada beberapa material. Pedang buatan Damsyik yang turut dikenali sebagai pedang Persia ini telah membuatkan peradaban Barat ketika itu terdiam dan kagum. Mereka cuba mencari rahsia sebenar di sebalik pedang ini. Bagaimanapun, teknik pembuatannya begitu rahsia dan hanya beberapa orang sahaja tukang besi di Damsyik yang mampu menghasilkan pedang Damascus.
Pada tahun 2006, kehebatan pedang ini telah dibongkar oleh Profesor Dr. Peter Paufler dan pasukan penyelidiknya dari University Teknikal Dresden, Jerman apabila mereka menemui tiub karbon nano di dalam pedang yang digunakan oleh Salahuddin Al-Ayubi dan tentera-tentera Islam dalam Perang Salib.
Teknologi Nano pada Damascus
Pedang Damascus merupakan pedang super canggih berteknologi nano sehingga dapat memotong ikatan atom suatu benda sehingga hasil potongannya sangat halus.dengan kata lain, pedang ini super tajam.pedang ini dibuat sebelum dunia mengenal teknologi nano (1991), iaitu pada abad ke-17. Tiub karbon nano inilah yeng telah menjadikan pedang-pedang pejuang Islam ini sangat istimewa dengan kehebatan sangat tajam tetapi mudah lentur.
Menurut Dr. Peter Paufler, kunci kepada teknologi nano pedang ini terletak pada teknik pembuatanya yang unik. Bijih besi dari India yang dikenali sebagai wootz mengandungi sejumlah peratus unsur karbon yang memberikan sifat rapuh. Apabila dikenakan suhu yang amat tinggi sekitar 800 darjah Celcius, campuran besi dan karbon tadi akan ditambah dengan unsur-unsur seperti Kromium, Mangan, Kobalt dan beberapa unsur lain yang telah memberikannya sifat-sifat sebilah pedang setiawan, yakni tajam dan lentur.
Sayang sekali, teknologi ini telah lenyap selepas kurun ke-18 seiring dengan kepupusan bijih besi dan unsur-unsur penguat pedang tadi. Penempa-penempa pedang ini, biarpun secara tidak sedar, telah meletakkan 2 asas penting kepada permulaan sains bahan moden.
1) Campuran bahan-bahan kimia pada peratusan yang sesuai.
2) Teknik penggunaan haba yang tinggi untuk pembikinan sebilah pedang.
Bagaimanapun, teknologi pembuatan pedang ini telah pupus ditelan zamn. Apa yang tinggal hanyalah pedang-pedang, mata tombak dan pisau buatan Damsyik yang kini sekadar menjadi bahan pameran muzium di seluruh dunia.
Pasukan Khusus Militer Islam yang Paling Disegani Di Dunia
1. Mujahidin
Seorang
Mujahid (Arab: مجاهد, mujaahid, secara harfiah adalah “pejuang
keadilan” atau "pejuang-kemerdekaan") adalah seseorang yang berjuang
untuk kebebasan. jamak adalah mujahidin (Arab: مجاهدين , mujaahidiin).
Kata ini dari bahasa Arab yang sama triliteral sebagai jihad atau
"perjuangan". Mujahidin juga dialihaksarakan menjadi mujahidin,
mujahedeen, mujahidin, mujahidin, Mudžahedin-Mudžahid (Bosnia),
mujaheddīn dan varian.
Dalam bahasa Inggris, kata Mujahidin tercatat sejak tahun 1958, dari Pakistan, diadopsi dari bahasa Persia dan Arab, sebagai jamak dari mujahid "orang yang berjuang dalam jihad", dalam penggunaan modern, untuk "gerilyawan Muslim."
Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, istilah "mujahidin" menjadi nama berbagai pejuang bersenjata yang menganut ideologi Islam dan mengidentifikasi diri mereka sebagai mujahidin.
Dalam bahasa Inggris, kata Mujahidin tercatat sejak tahun 1958, dari Pakistan, diadopsi dari bahasa Persia dan Arab, sebagai jamak dari mujahid "orang yang berjuang dalam jihad", dalam penggunaan modern, untuk "gerilyawan Muslim."
Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, istilah "mujahidin" menjadi nama berbagai pejuang bersenjata yang menganut ideologi Islam dan mengidentifikasi diri mereka sebagai mujahidin.
Mujahidin Afghanistan |
Mujahidin Afghanistan
Dari
berbagai kelompok Mujahidin yang ada di seluruh dunia, yang paling
terkenal tentu saja selalu Mujahidin Afghanistan. Pada awalnya, kaum
Mujahidin berperang melawan pemerintah Afghanistan yang disetir Soviet
pada akhir 1970-an. Uni Soviet keluar dari Afghanistan di akhir 1980-an
karena tidak kuat melawan para mujahidin.
Banyak muslim dari negara-negara lain menawarkan diri untuk membantu kelompok mujahidin di Afghanistan, dan memperoleh pengalaman yang signifikan dalam perang gerilya. Pada periode ini, Mujahidin yang paling terkenal adalah Abdullah bin Azzam.
Banyak muslim dari negara-negara lain menawarkan diri untuk membantu kelompok mujahidin di Afghanistan, dan memperoleh pengalaman yang signifikan dalam perang gerilya. Pada periode ini, Mujahidin yang paling terkenal adalah Abdullah bin Azzam.
Mujahidin
juga lahir di Bosnia selama perang Bosnia 1992-1995 setelah
pembantaian yang dilakukan oleh tentara Serbia terhadap Muslim sipil
Bosnia. Jumlah kaum Mujahidin saat itu dikabarkan mencapai 4.000. Mereka
datang dari tempat-tempat seperti Arab Saudi, Pakistan, Afghanistan,
Yordania, Mesir , Irak dan Palestina.
Bukti-bukti menunjukkan bahwa relawan asing tiba di pusat Bosnia pada paruh kedua tahun 1992 dengan tujuan untuk membantu saudara-saudara Muslim mereka melawan penjajah Serbia. Kebanyakan mereka datang dari Afrika Utara, Timur Dekat dan Timur Tengah. Relawan asing berbeda jauh dari penduduk setempat, bukan hanya karena penampilan fisik mereka dan bahasa mereka berbicara, tetapi juga karena metode bertempur mereka.
Bukti-bukti menunjukkan bahwa relawan asing tiba di pusat Bosnia pada paruh kedua tahun 1992 dengan tujuan untuk membantu saudara-saudara Muslim mereka melawan penjajah Serbia. Kebanyakan mereka datang dari Afrika Utara, Timur Dekat dan Timur Tengah. Relawan asing berbeda jauh dari penduduk setempat, bukan hanya karena penampilan fisik mereka dan bahasa mereka berbicara, tetapi juga karena metode bertempur mereka.
Mujahidin di Checnya |
Mujahidin di Checnya
Kaum
Mujahidin memainkan peran dalam perang kedua Chechnya. Setelah
runtuhnya Uni Soviet dan kemudian deklarasi kemerdekaan Chechnya,
pejuang mulai memasuki berbagai kawasan. Banyak dari mereka merupakan
veteran perang Soviet-Afganistan dan sebelum invasi Rusia, mereka
menggunakan keahlian mereka untuk melatih para pejuang Chechnya. Selama
Perang Chechnya Pertama mereka ditakuti karena taktik gerilya mereka,
menimbulkan korban berat pada pasukan Rusia. Setelah penarikan pasukan
Rusia dari Chechnya, sebagian besar mujahidin memutuskan untuk tetap
tinggal di Negara itu.
Mujahidin di Kosovo |
Mujahidin di Kosovo
Menurut
Serbia dan negara Eropa lainnya, sebagian besar pejuang Mujahidin dari
Timur Tengah dan bagian-bagian lain dunia bergabung dengan Tentara
Pembebasan Kosovo melawan pasukan Serbia pada perang 1997-1999. Diduga
sebagian dari mereka membentuk unit mereka sendiri dengan pemimpin yang
fasih berbahasa Arab. Setelah perang sebagian besar relawan asing
kembali ke tanah asal mereka, dan beberapa dari mereka tetap di Kosovo
di mana mereka menjadi warga negaranya.
Sesungguhnya, masih banyak lagi kaum Mujahidin yang lainnya di seluruh dunia, namun para Mujahidin Afghanistan, Chechnya, Bosnia-Herzegovina, dan Kosovo akan selalu dikenang karena kegigihan mereka dalam melawan para penjajah.
Sesungguhnya, masih banyak lagi kaum Mujahidin yang lainnya di seluruh dunia, namun para Mujahidin Afghanistan, Chechnya, Bosnia-Herzegovina, dan Kosovo akan selalu dikenang karena kegigihan mereka dalam melawan para penjajah.
2. Janissary
Janissary |
Janisari (berasal dari
bahasa Turki Utsmaniyah: ينيچرى (Yeniçeri) yang berarti "pasukan
baru") adalah pasukan infanteri yang dibentuk oleh Sultan Murad I dari
Kekalifahan Bani Seljuk pada abad ke-14. Pasukan ini berasal dari
bangsa-bangsa Eropa Timur yang wilayahnya berhasil dikuasai oleh Turki.
Utsmani Tentara ini dibentuk tak lama setelah Kekaisaran Byzantium
kalah oleh Turki Utsmani. Alasan utama pembentukan laskar Janisari
adalah karena tentara Turki Utsmani yang ada tidak memadai, terutama
karena terdiri dari suku-suku yang kesetiaanya diragukan. Janisari
awalnya adalah para tahanan perang (terutama yang asalnya dari Eropa
Timur - Balkan) yang diampuni tetapi dengan syarat harus membela
Kekaisaran Turki Utsmani.
Sejalan dengan waktu, untuk memastikan kesetiaan kesatuan ini, selanjutnya Sultan punya ide untuk merekrut pasukan Janisari ini dari budak yang masih bocah, sehingga mereka bisa diajari (didoktrin) untuk membela dan mengawal Sultan. Pada masa itu, pasukan Janisari ini adalah pasukan terkuat di dunia. Konon pasukan ini adalah pasukan yg pertama sekali memakai senapan.(yang kemudian ditiru oleh orang Eropa). Saat itu Turki memiliki persediaan mesiu yang cukup banyak (dimana pada saat itu di daerah lain masih langka). Pasukan ini adalah pasukan kedua setelah Mongol yang berhasil menjajah Eropa.
Janisari adalah brigade terpisah dari pasukan reguler Turki yang bertugas mengawal Sultan Dinasti Utsmani (Ottoman Empire). Sedangkan Bani Seljuk adalah Dinasti sebelum Utsmani. Utsman diambil dari pemimpin kabilah Osmani yg mempunyai kekuatan yang besar sewaktu Bani Seljuk masih berkuasa. Waktu Seljuk pecah, kabilah yang dipimpin Osmani menyatukannya kembali dibawah bendera baru. Kekuasaan Turki Utsmani mencapai seluruh wilayah di Balkan dan Eropa Tenggara. Kota Wina dua kali diserang oleh kakuatan Turki Utsmani, tetapi karena seluruh kerajaan di Eropa bersatu untuk membendung dengan kekuatan penuh dan logistik yang memadai, ambisi Turki Utsmani untuk menguasai seluruh Eropa tidak berhasil.
Pakaian khas Janisari adalah sejenis long musket. Ciri khasnya adalah topinya yang memakai tutup kain dari depan ke belakang leher, menyerupai sorban.
Kisah terkenal mengenai kehebatan pasukan ini adalah ketika Byzantine kalah total saat Constantinopel ditaklukan oleh Turki Utsmani yang dipimpin oleh Sultan Mahmud Al-Fatih, beliau anak dari Sultan Murad II. Saat itu Janisari adalah pasukan yang berperan penting dalam pertempuran tersebut. Yang menarik, pada zaman Sultan Mahmud, Pasukan Janisari termasuk yang ikut bertempur melawan Dracula si Penyula dari Wallachia dekat Transevalnia yang haus darah. Dracula (Vlad Teppes) sempat dikalahkan adiknya sendiri yaitu Radu yang saat itu menjadi pemimpin Janisari untuk menaklukan Dracula. ( Dracula artinya anak Dracul atau anak naga karena bapaknya adalah Vlad Dracul yang menjadi anggota Ordo Naga ).
Sejalan dengan waktu, untuk memastikan kesetiaan kesatuan ini, selanjutnya Sultan punya ide untuk merekrut pasukan Janisari ini dari budak yang masih bocah, sehingga mereka bisa diajari (didoktrin) untuk membela dan mengawal Sultan. Pada masa itu, pasukan Janisari ini adalah pasukan terkuat di dunia. Konon pasukan ini adalah pasukan yg pertama sekali memakai senapan.(yang kemudian ditiru oleh orang Eropa). Saat itu Turki memiliki persediaan mesiu yang cukup banyak (dimana pada saat itu di daerah lain masih langka). Pasukan ini adalah pasukan kedua setelah Mongol yang berhasil menjajah Eropa.
Janisari adalah brigade terpisah dari pasukan reguler Turki yang bertugas mengawal Sultan Dinasti Utsmani (Ottoman Empire). Sedangkan Bani Seljuk adalah Dinasti sebelum Utsmani. Utsman diambil dari pemimpin kabilah Osmani yg mempunyai kekuatan yang besar sewaktu Bani Seljuk masih berkuasa. Waktu Seljuk pecah, kabilah yang dipimpin Osmani menyatukannya kembali dibawah bendera baru. Kekuasaan Turki Utsmani mencapai seluruh wilayah di Balkan dan Eropa Tenggara. Kota Wina dua kali diserang oleh kakuatan Turki Utsmani, tetapi karena seluruh kerajaan di Eropa bersatu untuk membendung dengan kekuatan penuh dan logistik yang memadai, ambisi Turki Utsmani untuk menguasai seluruh Eropa tidak berhasil.
Pakaian khas Janisari adalah sejenis long musket. Ciri khasnya adalah topinya yang memakai tutup kain dari depan ke belakang leher, menyerupai sorban.
Kisah terkenal mengenai kehebatan pasukan ini adalah ketika Byzantine kalah total saat Constantinopel ditaklukan oleh Turki Utsmani yang dipimpin oleh Sultan Mahmud Al-Fatih, beliau anak dari Sultan Murad II. Saat itu Janisari adalah pasukan yang berperan penting dalam pertempuran tersebut. Yang menarik, pada zaman Sultan Mahmud, Pasukan Janisari termasuk yang ikut bertempur melawan Dracula si Penyula dari Wallachia dekat Transevalnia yang haus darah. Dracula (Vlad Teppes) sempat dikalahkan adiknya sendiri yaitu Radu yang saat itu menjadi pemimpin Janisari untuk menaklukan Dracula. ( Dracula artinya anak Dracul atau anak naga karena bapaknya adalah Vlad Dracul yang menjadi anggota Ordo Naga ).
Jannisary sendiri dibagi manjadi
dua kesatuan, yaitu: infantri dan kavaleri.Selain Janisari, Turki
Utsmaniyah juga masih mempunyai kesatuan elite lainnya, yaitu: Tentara
Ghulam, Cavalary Sipahi, dan tentunya pasukan Onta.
Selama beberapa abad Janisari bertahan sebagai pasukan elit pengawal Sultan. Karena statusnya itu Janisari, baik secara jumlah dan status berkembang semakin besar. Sekitar abad 19 Janisari dibubarkan oleh Sultan Mahmud II pada tahun 1826 karena terjadinya insiden Auspicious, dimana laskar Janisari mencoba melakukan kudeta terhadap kekaisaran Turki Ottoman.
(Sumber : "militerislam.blogspot.com")
Selama beberapa abad Janisari bertahan sebagai pasukan elit pengawal Sultan. Karena statusnya itu Janisari, baik secara jumlah dan status berkembang semakin besar. Sekitar abad 19 Janisari dibubarkan oleh Sultan Mahmud II pada tahun 1826 karena terjadinya insiden Auspicious, dimana laskar Janisari mencoba melakukan kudeta terhadap kekaisaran Turki Ottoman.
(Sumber : "militerislam.blogspot.com")
3. HIZBULLAH
HIZBULLAH |
Hizbullah
(Bahasa Arab: حزب الله, "Partai Tuhan") adalah kelompok Islam Lebanon
yang terdiri dari sayap militer dan sipil. Kelompok ini didirikan pada
tahun 1982 untuk memerangi pendudukan Israel di selatan Lebanon.
Bersama Gerakan Amal, Hizbullah adalah partai politik utama yang
mewakili komunitas Syiah, kelompok terbesar di Lebanon. Hizbullah
dipimpin oleh Hassan Nasrallah.
HIZBULLAH |
Menurut data terakhir kekuatan
Hizbullah mencapai 5.000 sampai dengan 10.000 pasukan. Pasukan inti
terdiri dari 300-400 pasukan, tetapi ketika konflik berkecamuk,
jumlahnya dapat segera meningkat secara signifikan mencapai ribuan
pasukan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya simpatisan Hizbullah yang
juga sudah terlatih secara militer yang berasal dari berbagai kalangan,
baik itu pedagang, pendidik, pegawai swasta maupun profesional seperti
dokter, pengacara, dan berbagai latar belakang profesi lainnya.
HIZBULLAH |
HIZBULLAH |
Saat ini, Hizbullah mempunyai senjata
andalan yaitu Roket Katyusha buatan Rusia untuk menghadapi kekuatan
Israel di selatan wilayah Libanon. Kehebatan roket ini sudah terbukti
ketika berhasil merontokkan ratusan MBT Israel yang sangat terkenal
yaitu Merkava.
4. Mameluk
Mameluk |
Mamluk atau Mameluk (Bahasa Arab:مملوك, mamlūk (tunggal), مماليك, mamālīk (jamak)) adalah tentara budak yang telah memeluk Islam dan berdinas untuk khalifah Islam dan Kesultanan Ayyubi pada Abad Pertengahan. Mereka akhirnya menjadi tentara yang paling berkuasa dan juga pernah mendirikan Kesultanan Mamluk di Mesir.
Pasukan Mamluk pertama dikerahkan pada zaman Abbasiyyah pada abad ke-9. Bani Abbasiyyah merekrut tentara-tentara ini dari kawasan Kaukasus dan Laut Hitam dan mereka ini pada mulanya bukanlah orang Islam. Dari Laut Hitam direkrut bangsa Turki dan kebanyakan dari suku Kipchak.
Keistimewaan tentara Mamluk ini ialah mereka tidak mempunyai hubungan dengan golongan bangsawan atau pemerintah lain. Tentera-tentera Islam selalu setia kepada syekh, suku dan juga bangsawan mereka. Jika terdapat penentangan tentara Islam ini, cukup sulit bagi khalifah untuk menanganinya tanpa bantahan dari golongan bangsawan. Tentaa budak juga golongan asing dan merupakan lapisan yang terendah dalam masyarakat. Sehingga mereka tidak akan menentang khalifah dan mudah dijatuhkan hukuman jika menimbulkan masalah. Oleh karena itu, tentara Mamluk adalah aset terpenting dalam militer.
Organisasi Mameluk
Setelah memeluk Islam, seorang Mamluk akan dilatih sebagai tentara berkuda. Mereka harus mematuhi Furisiyyah, sebuah aturan perilaku yang memasukkan nilai-nilai seperti keberanian dan kemurahan hati dan juga doktrin mengenai taktik perang berkuda, kemahiran menunggang kuda, kemahiran memanah dan juga kemahiran merawat luka dan cedera.
Tentara Mamluk ini hidup di dalam komunitas mereka sendiri saja. Masa lapang mereka diisi dengan permainan seperti memanah dan juga persembahan kemahiran bertempur. Latihan yang intensif dan ketat untuk anggota-anggota baru Mamluk juga akan memastikan bahawa kebudayaan Mamluk ini abadi.
Setelah tamat latihan, tentara Mamluk ini dimerdekakan tetapi mereka harus setia kepada khalifah atau sultan. Mereka mendapat perintah terus dari khalifah atau sultan. Tentara Mamluk selalu dikerahkan untuk menyelesaikan perselisihan antara suku setempat. Pemerintah setempat seperti amir juga mempunyai pasukan Mamluk sendiri tetapi lebih kecil dibandingkan pasukan Mamluk Khalifah atau Sultan.
Pada mulanya, status tentara Mamluk ini tidak boleh diwariskan dan anak lelaki tentara Mamluk dilarang mengikuti jejak langkah ayahnya. Di sebagian kawasan seperti Mesir, tentara Mamluk mulai menjalin hubungan dengan pemerintah setempat dan akhirnya mendapat pengaruh yang luas.
Kemajuan di bidang Ilmu kemiliteran
Pada era Dinasti Al-Mamluk produksi buku mengenai ilmu militer itu berkembang pesat. Sedangkan, pada zaman Shalahuddin, ada buku manual militer karya AT-Thurtusi (570 H/1174 M) yang membahas keberhasilan menaklukan Yerussalem. Semenjak awal Islam memang menaruh perhatian khusus mengenai soal perang. Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah meminta agar para anak lelaki diajari berenang, gulat, dan berkuda. Berbagai kisah peperangan seperti legenda Daud dan Jalut juga dikisahkan dengan apik dalam Al-Qur'an. Bahkan, ada satu surat di Al-Qur'an yang berkisah tentang `heroisme’ kuda-kuda yang berlari kencang dalam kecamuk peperangan.
” Demi kuda perang yang berlari kencang dengan terengah-engah. Dan kuda yang mencetuskan api dengan pukulan (kuku kakinya). Dan kuda yang menyerang dengan tiba-tiba di waktu pagi. Maka, ia menerbangkan debu dan menyerbu ke tengah kumpulan musuh.” (Al-‘aAdiyat 1-4).
Kaum muslim sebenarnya pun sudah menulis berbagai karya mengenai soal perang dan ilmu militer. Berbagai jenis buku mengenai 'jihad' dan pengenalan terhadap seluk beluk kuda, panahan, dan taktik militer. Salah satu buku yang terkenal dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris The Catologue yang merupakan karya Ibnu Al-Nadim (wafat antara 380H-338 H/990-998 M).
Dalam karya itu, Al-Nadim menulis berbagai kategori mengenai cara menunggang kuda, menggunakan senjata, tentang menyusun pasukan, tentang berperang, dan menggunakan alat-alat persenjataan yang saat itu telah dipakai oleh semua bangsa. Karya semacam ini pun kemudian banyak muncul dan disusun pada masa Khalifah Abbasiyah, misalnya oleh Khalifah al-Manshur dan al-Ma’mun. Bahkan, pada periode kekuasaan Daulah Al-Mamluk produksi buku mengenai ilmu militer itu berkembang sangat pesat. Minat para penulis semakin terpacu dengan keinginan mereka untuk mempersembahkan sebuah karya kepada kepada para sultan yang menjadi penguasa saat itu. Pembahasan sering dibahas adalah mengenai seluk beluk yang berkaitan dengan serangan bangsa Mongol.
Pada zaman Shalahuddin, ada sebuah buku manual militer yang disusun oleh At-Tharsusi, sekitar tahun 570 H/1174 M. Buku ini membahas mengenai keberhasilan Shalahuddin di dalam memenangkan perang melawan bala tentara salib dan menaklukan Yerussalem. Buku ini ditulis dengan bahasa Arab, meski sang penulisnya orang Armenia. Manual yang ditulisnya selain berisi tentang penggunaan panah, juga membahas mengenai ‘mesin-mesin perang’ saat itu, seperti mangonel (pelempar batu), alat pendobrak, menara-menara pengintai, penempatan pasukan di medan perang, dan cara membuat baju besi. Buku ini semakin berharga karena dilengkapi dengan keterangan praktis bagaimana senjata itu digunakan.
Buku lain yang membahas mengenai militer adalah karya yang ditulis oleh Ali ibnu Abi Bakar Al Harawi (wafat 611 H/1214 M). Buku ini membahas secara detail mengenai soal taktik perang, organisasi militer, tata cara pengepungan, dan formasi tempur. Kalangan ahli militer di Barat menyebut buku ini sebagai sebuah penelitian yang lengkap tentang pasukan muslim di medan tempur dan dalam pengepungan. Pada lingkungan militer Daulah Mamluk menghasilkan banyak karya tentang militer, khususnya keahlian menunggang kuda atau fu'usiyyah. Dalam buku ini dibahas mengenai bagaimana cara seorang calon satria melatih diri dan kuda untuk berperang, cara menggunakan senjatanya, dan bagaimana mengatur pasukan berkuda atau kavaleri.
Contoh buku yang lain adalah karya Al-Aqsara’i (wafat74 H/1348 M) yang diterjemahkan kedalam bahasa Inggris menjadi An End to Questioning and Desiring (Further Knowledge) Concering the Science of Horsemenship. Buku ini lebih komplet karena tidak hanya membahas soal kuda, pasukan, dan senjata, namun juga membahas mengenai doktrin dan pembahasan pembagaian rampasan perang.
http://sourceflame.blogspot.com
Siapakah
Salahudin al-Ayyubi itu?
Bagaimana kisahnya ia menjadi seorang
pahlawan? Silsilah nasabnya merunut kemana? Mengapa dia menghancurkan
pemerintahan Bani Fatimiyah?
Pertanyaan
Siapakah Salahudin
al-Ayyubi itu? Bagaimana kisahnya ia menjadi seorang pahlawan? Silsilah
nasabnya merunut kemana? Mengapa dia menghancurkan pemerintahan Bani
Fatimiyah?
Jawaban Global
Salahuddin Yusuf bin Ayyub (Saladin) yang kemudian terkenal sebagai
Salahuddin al-Ayyubi adalah salah seorang panglima perang dan penguasa
Islam selama beberapa abad di tengah kaum Muslimin. Ia banyak melakukan
penaklukan untuk kaum Muslimin dan menjaga tapal batas wilayah-wilayah
Islam dalam menghadapi agresi orang-orang Kristen Eropa.
Buntut dari pengepungan Kairo yang dilakukan oleh orang-orang Kristen,
Asaduddin Syirkuh paman Salahuddin beserta enam ribu pasukan dikirim ke
Mesir dan Salahuddin al-Ayyubi juga termasuk dari pasukan tersebut.
Dengan datangnya Salahuddin, orang-orang Kristen angkat kaki dari Mesir
dan demikianlah bagaimana proses kedatangan orang-orang Ayyub di Mesir.
Asaduddin Syirkuh wafat setelah dua bulan kedatangannya di Mesir dan
Salahuddin al-Ayyubi mengambil alih posisinya sebagai panglima dan
gubernur Mesir. Konsekuensi pengalihan kekuasaan ini, membuat pengaruh
dan kekuasaan Khalifah Bani Fatimiyah semakin berkurang dan yang tersisa
hanyalah namanya saja sebagai penguasa. Hingga beberapa tahun
setelahnya, Salahuddin pada khutbah-khutbahnya menggantikan nama
Khalifah Abbasiyah sebagai ganti nama Khalifah Fatimiyah dan demikianlah
pemerintahan Bani Fatimiyah di Mesir menyerahkan kekuasaannya kepada
pemerintahan Ayyubi.
Salahuddin sangat menentang orang-orang Syiah Mesir dan dengan
menghancurkan simbol-simbol dan syiar-syiar Syiah, ia berusaha
memberangus Syiah hingga ke akar-akarnya. Ia terkadang bersikap toleran
dengan orang-orang Kristen namun bersikap tegas dan keras dalam
menghadapi orang-orang Syiah. Salahuddin berusaha keras menyebarkan
fikih Syafi'i dan menyebarluaskan mazhab Syafi'I sebagai ganti mazhab
Syiah Ismaliyyah.
Popularitas Salahuddin intinya berpulang pada kiprahnya pada pelbagai
peperangan Salib. Salahuddin banyak mencetak orang-orang hebat di
pelbagai kota dan menguatkan pondasi-pondasi pemerintahannya sehingga
orang-orang Eropa tidak mampu berbuat macam-macam. Dari sisi lain, ia
menyerang kota-kota yang diduduki oleh orang-orang Eropa dan menaklukkan
kota-kota tersebut serta menangkapi orang-orang Eropa atau mengusir
mereka dari kota-kota tersebut.
Salahuddin banyak menduduki kota-kota dalam tempo kurang dari lima
tahun. Namun puncaknya adalah penaklukan Baitul Muqaddas. Salahuddin
dengan penaklukkan Baitul Muqaddas dari tangan orang-orang Kristen mampu
mencetak dirinya sebagai orang terkenal pada dunia Islam.
Jawaban Detil
Salahuddin Yusuf bin Ayyub bin Syadzi[1]
yang kemudian setelah itu terkenal sebagai Salahuddin al-Ayyubi
(orang-orang Eropa menyebutnya sebagai Saladin), merupakan salah seorang
adalah salah seorang panglima perang dan jenderal dalam sejarah Islam.
Ia banyak melakukan penaklukan untuk kaum Muslimin dan menjaga tapal
batas wilayah-wilayah Islam di hadapan agresi orang-orang Kristen Eropa
yang akan kita bahas bersama pada kesempatan ini.
Najmuddin Ayyub adalah ayah raja-raja Ayyub yang hidup di Tikrit dan Salahuddin Ayyubi juga lahir di kota tersebut.[2] Ia tinggal di kota ini suku Kurdi ini dan keluarga Ayyubi adalah termasuk sebagai salah satu kaum pada suku Kurdi.[3]
Namun karena dominasi bangsa Arab pada masa itu sehingga mereka kurang
dikenal sebagai suku Kurdi. Hal ini disebabkan oleh karena pada masa itu
bangsa-bangsa selain Arab sebagai bangsa khusus yang memiliki
kekuasaan.
Najmuddin Ayyub hidup pada masa Imaduddin Zanggi penguasa kota Balbak (Ba'labak, Libanon Selatan).[4]
Salahuddin semenjak kecil sangat gemar mempelajari strategi dan teknik
berperang, khususnya bermain pedang dan berperang dengan pisau. Pada
akhirnya Salahuddin menguasai seni berperang ini. Kemungkinan besar,
Salahuddin telah mengenal fikih Syaf'i semenjak masa kecilnya; mazhab
fikih yang kelak ia usahakan penyebarannya.[5]
Salahuddin tentulah seorang Sunni fanatik dan bermazhab Syafi'i.
Tatkala berhasil merebut kekuasaan di Mesir, Salahuddin berusaha keras
untuk menyebarkan mazhab ini dan menjadikanya sebagai mazhab resmi
menggantikan mazhab Syiah yang akan kami jelaskan nantinya.[6]
Masuknya Salahuddin ke Mesir dan Akhir Pemerintahan Bani Fatimiyyah
Orang-orang Kristen pada awal-awal tahun perang Salib mampu menaklukkan
banyak daerah yang didiami oleh masyarakat Muslim dan penaklukan ini
telah banyak memompa semangat mereka sehingga tertanam keinginan untuk
menaklukkan Kairo, ibu kota pemerintahan Bani Fatimiyyah.
Pasukan besar orang-orang Kristen bergerak ke arah kota Kairo dan
merebut, merampas dan membunuh orang-orang yang tinggal daerah-daerah
yang terdapat dalam lintasan perjalanan menuju Kairo di antaranya kota
besar Belbeis (Mesir).[7]
Pada akhirnya mereka sampai di Kairo dan mengepung kota Kairo. Namun
warga kota Kairo yang merasa takut jangan-jangan Faranggi memperlakukan
orang-orang di Kairo sebagaimana apa mereka lakukan di Bilibis bangkit
mengusung perlawanan membela kota mereka.
Al-'Adhid yang merupakan Khalifah Bani Fatimiyyah memerintah di tempat
itu meminta bantuan dari pemerintahan Bani Abbasiyah. Ia meminta kepada
pemerintahan Abbasiyah untuk mengirim bala tentara untuk berperang
dengan pasukan orang-orang Kristen. Al-'Adhid mengetahui dengan baik
bahwa tanpa bantuan, ia tidak memiliki kekuatan untuk menghadapi
orang-orang Barat. Karena itu ia memutuskan supaya Asaduddin Syirkuh
panglima besar dan paman Salahuddin untuk memimpin pasukannya menuju
Kairo.
"Asaduddin dengan
enam ribu bala tentara bergerak menuju Mesir dan sebelum bergerak, ia
memenuhi segala kebutuhan bala tentaranya. Ia memberikan dua puluh Dinar
kepada setiap prajuritnya. Terdapat sekelompok orang juga yang
berkhidmat kepadanya dan Salahuddin Yusuf bin Ayyub bersama ayahnya
Ayyub saudara Syirkah ikut serta bersamanya. Setelah bala tentara
tersebut mendekat ke Kairo, Eropa menarik pasukannya dan kembali ke
kotanya. Syirkuh pada pertengahan tahun tersebut memasuki kota Kairo.
Al-'Adhid Lidinillah Khalifah Bani Fatimiyyah memberikan penghargaan
kepadanya dan ia dan bala tentaranya ditempatkan pada satu tempat yang
khusus."[8]
Asaduddin setelah beberapa memasuki Kairo mampu membunuh Perdana
Menteri Khalifah, Syawar dibantu oleh para jenderalnya dan sesuai dengan
permintaan al-'Adhid sendiri. Syawar sebelumnya adalah panglima yang
berkuasa dan memerintah pada batasan tertentu di Mesir."[9]
Dengan kematian Syawar, Asaduddin telah menjadi orang yang sangat
penting di Kairo. Praktis, dengan pengaruh ini, Al-'Adhid hanya
mengemban nama sebagai khalifah saja. Namun setelah menaklukkan Kairo,
Asaduddin tidak berumur panjang dan ia meninggal dunia dua bulan setelah
itu.[10]
Setelah Asaduddin, orang-orang berbeda pendapat tentang siapa yang
layak menggantikannya sebagai panglima, hingga sesuai dengan permintaan
Khalifah Bani Fatimiyyah dan sebagian jenderal, mengangkat Salahuddin
Yusuf bin Ayyub sebagai penggantinya dan demikianlah pemerintahan
Salahuddin bermula di Mesir.
Setelah Salahuddin naik takhta, tidak tersisa bagin Al-'Adhid kekuasaan
kecuali nama saja sebagai khalifah. Ia sama sekali tidak memiliki peran
dalam urusan pemerintahan hingga ia jatuh sakit dan ditarik dari
pemerintahan yang akan kita bahas pada bagian pemerintahan Bani
Fatimiyyah.
Pemerintahan Bani Fatimiyyah
Pemerintahan Bani Fatimiyyah dapat disebut sebagai pemerintahan Alawi;
sebuah pemerintahan yang memiliki wilayah kekuasaan yang luas dan masa
pemerintahan yang panjang. Pemerintahan Bani Fatimiyyah bermula semenjak
tahun 296 H dan berakhir pada tahun 567. Khalifah Pertama Bani
Fatimiyyah bernama al-Mahdi Billah. Ia adalah Abu Muhammad Ubaidillah
bin Ahmad bin Ismail Ketiga (Tsalits) bin Ahmad bin Ismail Tsalits
(Kedua) bin Ismail A'raj bin Ja'far al-Shadiq As.[11]
Adapun terkait nasab-nasab yang dinukil bagi penguasa Bani Fatimiyyah
yang lain terdapat perbedaan. Namun apa yang pasti dari perbedaan nasab
ini adalah bahwa mereka adalah Alawi dan Ismaili, sambungan nasabnya
hingga Ali."[12]
Para Khalifah Bani Fatimiyyah banyak membantu penyebaran Syiah di Mesir
yang tentunya bukan tempatnya di sini untuk membahas masalah itu. Namun
demikian kita akan mencukupkan tulisan ini bahwa Bani Fatimiyyah
mengibarkan bendera Syiah dan menyatakan Syiah sebagai mazhab resmi
orang-orang Mesir.
Kejatuhan Bani Fatimiyyah disebabkan dua hal yang mereka miliki pada akhir-akhir pemerintahannya:
Para menteri Bani Fatimiyyah memperoleh kekuasaan besar sehingga
memperlemah kekuasaan para khalifah Bani Fatimiyyah. Rapuhnya
fondasi-fondasi pemerintahan; para menteri memperoleh kekuasaan dan
mereka saling memperbutkan kekuasaan satu sama lain. Perebutan kekuasaan
internal ini telah melemahkan internal pemerintahan.
Al-'Adhid, Khalifah Terakhir Bani Fatimiyyah tidak terlalu panjang
berkuasa karena kebanyakan urusan pemerintahan berada di tangan para
menteri. Salah satu menteri yang paling berpengaruh dan paling berkuasa
adalah Syawar yang kemudian terbunuh di tangan Asaduddin Syirkuh.[13]
Setelah kematian Syawar, Asaduddin mengambil alih urusan pemerintahan
Mesir. Asaduddin yang bermazhab Sunni dan merupakan salah seorang mitra
koalisi Khalifah Baghdad, mengambil alih urusan pemerintahan yang
merupakan penyebar Syiah. Pemerintahan Bani Fatimiyyah memandangnya
dirinya sebagai musuh pemerintahan Baghdad menujukkan pemerintahan Bani
Fatimiyyah berada alam kondisi yang sangat terjepit. Pengurusan
pemerintahan yang berada di tangan Asaduddin disertai dengan penguasa
yang lemah, telah menjadi cikal-bakal runtuhnya pemerintahan Bani
Fatimiyyah.
Setelah
Asaduddin, Salahuddin naik takhta kekuasaan dan memberikan beberapa
potong tanah yang sangat berharga kepada sanak saudaranya yang datang
kepadanya. Ia mempersempit ruang gerak para pendukung Adhid dan ia
sendiri yang langsung mengatur urusan pemerintahan. Setelah beberapa
lama, Adhid jatuh sakit dan akhirnya meninggal dunia, pada tahun 567.
Pada masa ini, masyarakat menunjukkan sikap acuh-tak-acuh terkait
dengan seseorang yang namanya harus disampaikan pada mimbar-mimbar
sebagai khalifah, hingga hari Jum'at dan seseorang naik ke atas mimbar
menyampaikan khutbah dan menyebut nama al-Mustadhi (Khalifah Abbasiyah)
dan tiada seorang pun yang protes atas penyebutan nama itu. Di Mesir,
setelah itu dan seterusnya, khutbah yang menyebut nama Bani Abbasiyah
disampaikan dan Mesir pada saat itu lepas dari pemerintahan Bani
Fatimiyyah dan Salahuddin Yusuf bin Ayyub tanpa adanya saingan dan
penentang pemerintah di Mesir."[14]
Demikianlah pemerintahan Bani Fatimiyyah berakhir dan Salahuddin Ayyub menjadi penguasa tanpa penentang.
Salahuddin Ayyubi dan Orang-orang Syiah
Pemerintahan-pemerintahan Sunni pada umumnya tidak memiliki hubungan
baik dengan orang-orang Syiah. Umumnya mereka berusaha melenyapkan Syiah
yang hidup di sekeliling mereka. Bahkan pada kebanyakan hal, para
penguasa Sunni berlaku baik dan hormat terhadap pemeluk agama lainnya
seperti Yahudi dan Nasrani. Bahkan mereka memberikan jabatan-jabatan
kepada mereka. Namun mereka tidak berlaku seperti ini terhadap Syiah.
Mereka akan memerangi Syiah dalam bentuk yang terburuk.
Atas hal itu, kita dapat menyebutkan dalil-dalil dan bukti-bukti atas
perlakuan ini yang memerlukan pembahasan lain dan akan kita bahas pada
kesempatan yang lain.
Pemerintahan Dinasti Ayyubi yang puncaknya diduduki oleh Salahuddin
berdasarkan sirah ini, berusaha keras untuk memberantas ajaran Syiah di
Mesir. Usaha ini boleh jadi ditopang oleh selaksa dalil. Dan satu hal
yang pasti dari dalil tersebut adalah dalil-dalil mazhab. Salahuddin
Ayyub adalah seorang pemeluk mazhab Syafi'i yang sangat fanatik dan
tidak kuasa membendung keberadaan kaum minoritas seperti Syiah.
Salahuddin sedemikian memerangi orang-orang Syiah sehingga seolah-olah
menjadi taklif syar'i.
Di
samping itu, ia juga memiliki dalil-dalil politik; karena pemerintahan
Bani Fatimiyyah adalah pemerintahan Syiah dan Salahuddin mengambil alih
pemerintahan dari mereka dan sebagai ikutannya ia menganggap orang-orang
Syiah sebagai rival yang besar kemungkinan suatu hari orang-orang Syiah
akan bangkit melawannnya. Dengan demikian Salahuddin menyatakan perang
dan perlawanan melawan Syiah.
Namun dengan dua dalil, pelbagai peperangan yang terjadi di luar Mesir,
ia berusaha untuk tidak banyak mempekerjakan prajurit di Mesir. Karena
itu, ia berusaha menjadikan perang melawan orang-orang Eropa sebagai
prioritas pekerjaannya. Pada kesempatan ini kita akan membahas secara
ringkas beberapa perlawanan dan terkadang sikap tidak ksatria Salahuddin
terkait dengan Syiah.
Berperang melawan ajaran-ajaran dan
simbol-simbol mazhab Syiah: Salahuddin mengisolir ulama Syiah dan
merusak sekolah-sekolah mereka atau merubahnya menjadi sekolah-sekolah
Sunni. Ia juga memerintahkan untuk membakar perpustakaan besar Bani
Fatimiyyah. Dan yang paling penting adalah syiar-syiar Syiah harus
dihentikan. Di antara syiar tersebut adalah Asyura. Salahudin
mengumunmkan hari Asyura sebagai hari gembira dan berpesta nasional.
Tindakannya ini telah menjadi penghalang besar pelaksanaan acara Asyura
di Mesir bagi orang-orang Syiah.[15]
Demikian juga, ungkapan "Hayya 'ala Khair al-'Amal" yang merupakan
salah satu syiar mazhab Syiah dihapus dari azan. Peristiwa ini terjadi
pada tanggal 10 Dzulhijjah 565.[16] Ia menginstruksikan supaya nama-nama para khalifah rasyidun yang merupakan simbol Ahlisunnah disebutkan pada setiap khutbah.[17] Pergantian para hakim Syiah adalah salah satu tindakan Salahuddin dalam melenyapkan Syiah.[18]
Dengan menempatkan hakim Syafi'i sebagai ganti hakim Syi'ah berusaha
supaya fikih Syiah dihapuskan dan fikih Syafi'i dijalankan di tengah
masyarakat Mesir sehingga masyarakat akrab dengan jenis fikih ini. Pada
sebagian waktu berujung pada adanya pemberontakan-pemberontakan Syiah di
beberapa daerah namun Shaluhuddin lebih memilih melakukan
kegiatan-kegiatan kultural dan ideologikal, namun ia tetap saja
melakukan perlawanan militer melawan Syiah. Menjatuhkan dan mengejar
orang-orang Syiah merupakan salah satu pekerjaan serius para menteri di
bawah pemerintahan Salahuddin. Pada masa Salahuddin menjadi Syiah adalah
sebuah tindak pidana dan orang-orang Syiah akan ditindak secara hukum
dan diseret ke hadapan pengadilan yang hakimnya dipilih oleh Salahuddin
hanya karena mereka Syiah.[19]
Mengatur urusan ekonomi dengan melibatkan pihak pemerintah secara
aktif: Pada akhir-akhir pemerintahan Bani Fatimiyyah, kondisi ekonomi
masyarakat sangat susah dan dua ratus ribu Dinar yang harus dibayar oleh
rakyat setiap tahunnnya. Namun pada masa Salahuddin, ia memberikan
kelonggaran kepada rakyat untuk membayar sekali saja pajak mereka.[20]
Hal ini dilakukan supaya rakyat akan senantiasa bergantung kepada
pemerintahan Salahuddin dan melupakan pemerintahan Syiah dan pemikiran
Syiah. Mendirikan sekolah-sekolah Syafi'i: Salahuddin yang berusaha
menyebarkan mazhab Syafi'i mendirikan sekolah Syafi'i di Mesir dan
melalui madrasah ini kebanyakan alim dan pendakwah Syafi'Ii akan
memasuki kehidupan masyarakat sehingga dapat membantu penyebaran mazhab
Syafi'i di Mesir.[21]
Perang-perang Salib dan Salahuddin
Perang-perang Salib (I, II, III, dan IV) adalah perang yang dikobarkan
oleh kaum Krisetn melawan kaum Muslimin. Perang Salib ini bermula
semenjak tahun 1096 M dan berlanjut hingga dua abad kemudian.[22] Peperangan ini berkecamuk dalam beberapa tingkatan.
Peristiwa bersejarah ini dikaji secara detil oleh para sejarawan dan
salah satu literatur yang menulis peperangan ini secara detil adalah
buku al-Kâmil fi al-Târikh karya Ibnu Atsir yang kira-kira bermula
semenjak pertengahan jilid 22 hingga pertengahan jilid 24. Buku ini
kurang lebih tujuh puluh persen yang berkaitan dengan perang-perang
Salib dan Salahuddin.
Pada masa-masa perang ini, Salahuddin memerintahkan orang-orang kuat di
pelbagai kota dan menguatkan fondasi-fondasi kota-kota supaya
orang-orang Eropa tidak mampu mendekati daerah itu. Dari sisi lain,
pasukan Salahuddin menyerang kota-kota di Suriah (Syam) yang jatuh di
tangan orang-orang Eropa dan menaklukkannya kemudian menangkap
orang-orang Eropa. Salahuddin dalam masa kurang dari lima tahun banyak
menguasai kota-kota, namun yang lebih penting dari semua itu adalah
penaklukkan Baitul Muqaddas.
Kota Baitul Muqaddas merupakan salah satu tempat strategis dan sangat
penting dari sudut pandang keagamaan. Baitul Muqaddas adalah tempat
strategis dan ideologis. Kota ini pada perang Salib I jatuh di tangan
orang-orang Kristen dan Salahuddin mampu mengambil alih kota tersebut
dari tangan orang-orang Kristen.
Shalahudin dengan menaklukkan Baitul Muqaddas dan membebaskannya dari
tangan orang-orang Kristen, mampu membuat namanya terkenal dan terpatri
di seantero penjuru kota Islam.
Kiprah Salahuddin khususnya dalam peperangan Salib, menjadi sebab ia
dikenal dan dihormati di kalangan kaum Muslimin khususnya Sunni dan
kebanyakan ulama dan sejarawan Sunni menyebutnya namanya dengan harum.
Akan tetapi keterkenalan dan kiprahnya tidak dapat menjadi dalih bahwa
seluruh perbuatannya dapat dibenarkan. Ia juga melakukan
tindakan-tindakan yang secara moral dan syariat tidak benar dan bahkan
dapat dipandang sebagai perbuatan tercela. Salah satu dari perbuatan
tercelanya adalah sikapnya terhadap orang-orang Syiah yang telah
disebutkan sebelumnya.
Di
samping itu, supaya tidak membiarkan orang-orang Kristen begitu saja
tanpa balasan, ia juga melakukan tindakan serupa. Membunuh dan merampas,
banyak menyiksa rakyat sipil sebagaimana yang dilakukan orang-orang
Kristen setelah menaklukkan kota-kota. Ia juga melakukan hal yang sama
setelah menaklukkan kota-kota. Perbuatan-perbuatan ini meski pada masa
tersebut dinilai sebagai perbuatan biasa, namun sekali-kali kita tidak
dapat memandangnya sebagai perbuatan islami.
Pada kesempatan ini, kami akan mencukupkan dengan menyebutkan beberapa contoh dari perbuatannya:
"…Salahuddin singgah di tepi pada Nahr al-Aswad. Di tempat itu ia membunuh dan menjarah harta orang-orang di kota itu."[23]
"…Salahuddin pergi ke Ra's al-'Ain dan mengusir orang-orang di tempat
itu. Kemudian ia membawa lasykar ke Mardin (sekarang bagian tenggara
Turki) dan ditempat itu ia menjarah dan memunuh orang-orang di tempat
itu. "[24]
"…Salahuddin menjarah kota Tabariyah (Tiberia, Suriah) dan membakarnya.[25]
Wafat Salahuddin
Pada bulan Shafar tahun 589, Salahuddin Yusuf bin Ayyub bin Syadzi
panglima Mesir, Suriah, al-Jazirah dan kota-kota lainnya, tutup usia di
Damaskus. Ia menjadi penguasa di Mesir pada tahun 564 H. Ia sakit
disebabkan karena ia pergi untuk menemui jama`ah haji. Ia pulang dan
jatuh sakit. Sakitnya sangat keras. Ia bertahan selama 8 hari dari saat
ia jatuh sakit, lalu meninggal dunia.[26] [iQuest]
[1].
Abdurrahman bin Muhammad bin Khaldun, Ibnu Khaldun ,Kitab al-'Ibar wa
Diwân al-Mubtadâ wa al-Khabar fi Târikh al-'Arab wa al-Barbâr wa man
'Ashârahum min Dzawi al-Sya'n al-Akbâr, Riset oleh: Khalil Syahadat,
jil. 1, hal. 316, Dar al-Fikr, Beirut, 1408 H.
[2].
Khairuddin al-Zarkali, al-A'lâm Qâmus Tarâjim li Asyhâr al-Rijâl wa
al-Nisa min al-'Arab wa al-Musta'ribin wa al-Mustasyriqin, jil. 2, hal.
38, Beirut, Dar al-'Ilm Beirut, 1989.
[3]. Al-A'lâm, jil, 3, hal. 183.
[4].
Dawud Kazhim Pur, Wadhiyyat-e Syi'ahyân Meshr dar 'Ashr Shalâhuddin
Ayyûbi, hal. 143, Fashlname Tarikh dar Ayine Pazyuhesy, Tahun Kelima,
No. 2, Tabistan, 1387 S.
[5]. Wadhiyyat-e Syi'ahyân Meshr dar 'Ashr Shalâhuddin Ayyûbi, hal. 143.
[6]. Ibid, hal. 144.
[7].
Abu al-Fida Ismail bin Umar bin Katsir al-Dimisyqi, Ibnu Katsir,
al-Bidâyah wa al-Nihâyah, jil. 12, hal. 255, Beirut, Dar al-Fikr, 1407
H/1986 M.
[8]. Târikh Ibnu Khaldun, jil. 5, hal. 330.
[9]. Al-A'lâm, jil. 3, hal. 154.
[10].
Syamsuddin Muhammad bin Ahmad al-Dzahabi, Târikh al-Islâm wa Wafâyat
al-Masyâhir wa al-A'lâm, Riset oleh Umar Abdul Islam Tudmari, jil. 39,
hal. 196, Beirut, Dar al-Kitab al-'Arabi, 1413 H.
[11].
Muhammad bin Ali bin Thabathabai, Ibnu al-Thaqthaqi, al-Fakhri fi
al-Adâb al-Sulthâniyah wa al-Duwal al-Islâmiyah, Riset oleh: Abdul Qadir
Muhammad Mayo, hal. 257, Beirut, Dar al-Qalam al-'Arabi, 1418 H/1997.
[12]. Wadhiyyat-e Syi'ahyân Meshr dar 'Ashr Shalâhuddin Ayyûbi, hal. 142.
[13]. Al-Fakhri, hal. 257-258.
[14].
Namun terdapat pendapat lain bahwa tatkala al-A'dhid sakit namanya
telah dihapus dari khutbah-khutbah dan ia wafat setelah dimakzulkan dari
khilafah. Untuk telaah lebih jauh silahkan lihat, Târikh Ibnu Khaldun,
jil. 4, hal. 105.
[15]. Wadhiyyat-e Syi'ahyân Meshr dar 'Ashr Shalâhuddin Ayyûbi, hal. 155.
[16]. Ibid, hal. 144.
[17]. Ibid, hal. 145.
[18]. Ibid, hal. 151.
[19]. Al-Bidâyah wa al-Nihâyah, jil. 12, hal. 363.
[20]. Ibid, hal. 146.
[21]. Ibid, hal. 153.
[22]. Hasan Khairi, Târikh Tamaddun Syarq, hal. 51, Majalah Ma'rifat, Paiiz (Autumn), 72.
[23].
Ibnu Khaldun, Târikh Ibnu Khaldun, penerjemah, Abdul Muhammad Ayati,
jil. 4, hal. 449, Muassasah Muthala'at wa Tahqiqat-e Farhangi, 1363 S.
[24]. Ibid, jil. 4, hal. 285.
[25].
Izzudin Abul Hasan Ali bin Abi al-Karim, Ibnu al-Atsir, al-Kâmil fi
al-Târikh, jil. 29, hal. 78, Beirut, Dar Shadir-Dar Beirut, 1385 H.
[26]. Ibid, jil.12, hal. 96.
REPUBLIKA.CO.ID, Khansa terkenal dengan julukan "Ibunda Para
Syuhada". Ia dilahirkan pada zaman jahiliyah dan tumbuh besar di tengah
suku bangsa Arab mulia, yaitu Bani Mudhar. Sehingga banyak sifat mulia
yang terdapat dalam dirinya.
Ia adalah seorang yang fasih, mulia, murah hati, tenang, pemberani, tegas, tak kenal pura-pura dan suka berterus terang. Selain keutamaan itu, ia pun pandai bersyair. Ia terkenal dengan syair-syairnya yang berisi kenangan kepada orang-orang tercinta yang telah tiada. Terutama kepada kedua orang saudara lelakinya, yaitu Muawiyah dan Sakhr yang telah meninggal dunia.
Khansa sering bersyair tentang kedua saudaranya itu sehingga ia ditegur oleh Umar bin Khathab. Umar pernah bertanya kepada Khansa, "Mengapa matamu bengkak-bengkak?"
"Karena aku terlalu banyak menangisi pejuang-pejuang Mudhar yang terdahulu," jawab Khansa.
Umar berkata, "Wahai Khansa, mereka semua ahli neraka."
"Justru itulah yang membuatku lebih kecewa dan sedih lagi. Dahulu aku menangisi Sakhr atas kehidupannya, sekarang aku menangisinya karena ia ahli neraka."
Khansa menikah dengan Rawahah bin Abdul Azis As-Sulami. Dari pernikahan itu ia mendapatkan empat orang anak laki-laki. Melalui pembinaan dan pendidikan tangannya yang dingin, keempat anak lelakinya ini tumbuh menjadi pahlawan-pahlawan Islam yang terkenal. Dan Khansa sendiri terkenal sebagai ibu para syuhada. Hal itu karenakan dorongannya terhadap keempat anak lelakinya yang telah gugur sebagai syahid di medan Perang Qadisiyah.
Sebelum peperangan dimulai, terjadilah perdebatan sengit di rumah Khansa. Di antara keempat putranya saling berebut kesempatan mengenai siapakah yang akan ikut berperang melawan tentara Persia, dan siapakah yang harus tinggal di rumah bersama ibunda mereka. Keempatnya saling menunjuk yang lain untuk tinggal di rumah. Masing-masing ingin turut berjuang melawan musuh-musuh Allah. Rupanya perdebatan mereka itu terdengar oleh Khansa.
Maka Khansa mengumpulkan keempat anaknya dan berkata, "Wahai anak-anakku, sesungguhnya kalian memeluk agama ini tanpa paksaan. Kalian telah berhijrah dengan kehendak sendiri. Demi Allah, yang tiada Tuhan selain dia, sesungguhnya kalian ini putra-putra dari seorang lelaki dan seorang perempuan yang sama. Tidak pantas bagiku untuk mengkhianati ayahmu, atau membuat malu pamanmu, atau mencoreng arang di kening keluargamu."
Khansa berhenti sebentar, kemudian melanjutkan, "Jika kalian telah melihat perang, singsingkanlah lengan baju dan berangkatlah. Majulah paling depan, niscaya kalian akan mendapatkan pahala di akhirat, negeri keabadian. Sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Inilah kebenaran sejati, maka berperanglah dan bertempurlah sampai mati. Wahai anakku, carilah maut niscaya kalian dianugerahi hidup."
Pemuda-pemuda itu pun keluar menuju medan perang. Mereka berjuang mati-matian melawan musuh, sehingga banyak yang tewas di tangan mereka. Akhirnya mereka pun satu per satu gugur sebagai syahid. Ketika Khansa mendengar kematian dan kesyahidan putra-putranya, sedikit pun ia tak merasa sedih.
Bahkan ia berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah memuliakanku dengan syahidnya putra-putraku. Semoga Allah segera memanggilku dan berkenan mempertemukanku dengan mereka dalam naungan rahmat-Nya yang luas."
Khansa wafat pada permulaan pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan, pada tahun ke-24 Hijriyah.
Kisah Sahabat Nabi: Khansa binti Amr, Ibunda Para Syuhada
mhfathurrahim.wordpress.com
Ia adalah seorang yang fasih, mulia, murah hati, tenang, pemberani, tegas, tak kenal pura-pura dan suka berterus terang. Selain keutamaan itu, ia pun pandai bersyair. Ia terkenal dengan syair-syairnya yang berisi kenangan kepada orang-orang tercinta yang telah tiada. Terutama kepada kedua orang saudara lelakinya, yaitu Muawiyah dan Sakhr yang telah meninggal dunia.
Khansa sering bersyair tentang kedua saudaranya itu sehingga ia ditegur oleh Umar bin Khathab. Umar pernah bertanya kepada Khansa, "Mengapa matamu bengkak-bengkak?"
"Karena aku terlalu banyak menangisi pejuang-pejuang Mudhar yang terdahulu," jawab Khansa.
Umar berkata, "Wahai Khansa, mereka semua ahli neraka."
"Justru itulah yang membuatku lebih kecewa dan sedih lagi. Dahulu aku menangisi Sakhr atas kehidupannya, sekarang aku menangisinya karena ia ahli neraka."
Khansa menikah dengan Rawahah bin Abdul Azis As-Sulami. Dari pernikahan itu ia mendapatkan empat orang anak laki-laki. Melalui pembinaan dan pendidikan tangannya yang dingin, keempat anak lelakinya ini tumbuh menjadi pahlawan-pahlawan Islam yang terkenal. Dan Khansa sendiri terkenal sebagai ibu para syuhada. Hal itu karenakan dorongannya terhadap keempat anak lelakinya yang telah gugur sebagai syahid di medan Perang Qadisiyah.
Sebelum peperangan dimulai, terjadilah perdebatan sengit di rumah Khansa. Di antara keempat putranya saling berebut kesempatan mengenai siapakah yang akan ikut berperang melawan tentara Persia, dan siapakah yang harus tinggal di rumah bersama ibunda mereka. Keempatnya saling menunjuk yang lain untuk tinggal di rumah. Masing-masing ingin turut berjuang melawan musuh-musuh Allah. Rupanya perdebatan mereka itu terdengar oleh Khansa.
Maka Khansa mengumpulkan keempat anaknya dan berkata, "Wahai anak-anakku, sesungguhnya kalian memeluk agama ini tanpa paksaan. Kalian telah berhijrah dengan kehendak sendiri. Demi Allah, yang tiada Tuhan selain dia, sesungguhnya kalian ini putra-putra dari seorang lelaki dan seorang perempuan yang sama. Tidak pantas bagiku untuk mengkhianati ayahmu, atau membuat malu pamanmu, atau mencoreng arang di kening keluargamu."
Khansa berhenti sebentar, kemudian melanjutkan, "Jika kalian telah melihat perang, singsingkanlah lengan baju dan berangkatlah. Majulah paling depan, niscaya kalian akan mendapatkan pahala di akhirat, negeri keabadian. Sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Inilah kebenaran sejati, maka berperanglah dan bertempurlah sampai mati. Wahai anakku, carilah maut niscaya kalian dianugerahi hidup."
Pemuda-pemuda itu pun keluar menuju medan perang. Mereka berjuang mati-matian melawan musuh, sehingga banyak yang tewas di tangan mereka. Akhirnya mereka pun satu per satu gugur sebagai syahid. Ketika Khansa mendengar kematian dan kesyahidan putra-putranya, sedikit pun ia tak merasa sedih.
Bahkan ia berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah memuliakanku dengan syahidnya putra-putraku. Semoga Allah segera memanggilku dan berkenan mempertemukanku dengan mereka dalam naungan rahmat-Nya yang luas."
Khansa wafat pada permulaan pemerintahan Khalifah Utsman bin Affan, pada tahun ke-24 Hijriyah.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan