Khamis, 30 Julai 2015

SIBUK...MASA YANG ADA TIDAK DIGUNAKAN DENGAN BAIK...MAKA KITA AKAN RUGI DIDUNIA DAN DIAKHIRAT








"Demi Masa! (1) Sesungguhnya manusia itu dalam kerugian (2) Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal soleh, dan mereka pula berpesan-pesan dengan kebenaran serta berpesan-pesan dengan sabar.(3)- Al-Qur'anul Karim; Surah Al-'Asr (103) ayat 1-3)

 

Friday, June 06, 2014

Nikmat paling berharga..


بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله رب العالمين
والصلاة والسلام على أشرف المرسلين
وعلى آله وصحبه أجمعين



Waktu adalah sesuatu yang terpenting untuk diperhatikan.
Jika ia berlalu tak akan mungkin kembali. Setiap hari dari waktu kita berlalu,
berarti ajal semakin dekat. Umur merupakan nikmat yang seseorang akan ditanya tentangnya.


Nabi s.a.w. bersabda:

لاَ تَزُولُ قَدَمُ ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ: عَنْ عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ
وَعَنْ شَبَابِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ، وَمَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ، وَمَاذَا عَمِلَ فِيْمَا عَلِمَ

“Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya
tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam
apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan,
dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu).”
(HR At-Tirmidzi dari jalan Ibnu Mas’ud Lihat Ash-Shahihah, no. 946)


Sewajarnya manusia itu hendaknya supaya cepat bertaubat setiap pagi, siang,
sore dan malam hari, bahkan kalau perlu bertaubat setiap saat selama hidupnya,
karena manusia itu setiap saat tidaklah selamat dari dosa yang diperbuatnya,
kecuali orang-orang yang telah diselamatkan oleh Allah Ta'ala dan itu pun
sedikit sekali.


Rasulullah s.a.w. pernah bersabda,
"Laksanakan segera amal shaleh karena tujuh hal: sebelum datang kemiskinan yang membuatmu lupa,
kekayaan yang menyesatkan, penyakit yang membinasakan, ketuaan yang melumpuhkan, kematian yang
mendadak, dajal sebagai makhluk terjahat yang senantiasa mengintip atau datangnya kiamat yang
sangat pahit dan amat mengerikan." (HR Tirmidzi)


Maka di sini, saya ingin menasihati diri saya serta sahabat-sahabat semua, bahawa semakin
umur kita meningkat saban hari maka semakin sedikit masa untuk kita hidup di dunia ini yang
mana selepas itu kita tidak berpeluang untuk beramal soleh, berbuat kebajikan dan lain-lain
kebaikan yang baik dalam pandangan Allah.


Oleh itu, gunakanlah masa yang masih berbaki ini dengan mendekatkan diri kita kepada Allah SWT
dan semoga dengan sebab itu Allah ampunkan dosa kita, dipermudahkan segala urusan kehidupan kita,
dimakbulkan~Nya akan doa kita, hajat kita tercapai, kurniaan ilmu yang bermanfaat, keluarga yang
bahagia dan ditingkatkan derajat kita di sisi~Nya...aamiin Ya Rabb.


Moga Allah kurniakan keberkatan pada usia kalian semua.. :)
Wallahu 'alam
Tafsir Surah Al Ashr Para pembaca yang mulia –semoga Allah subhanahu wata’ala membuka segala pintu kebaikan kepada kita– untuk edisi kali ini kami akan mengulas tafsir surat terpendek dari Al Qur’an yaitu surat Al Ashr. Allah subhanahu wata’ala berfirman: Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

Copy and WIN : http://ow.ly/KNICZ

 

MASA ITU NYAWA!

Author: 576254591Antara bekalan yang diberikan oleh Allah kepada manusia ialah nyawa. Dengan nyawa kita hidup dan dengan hidup itu kita diberi peluang untuk melaksanakan misi hidup kita. Justeru, kita perlu bersyukur jika masih diberi kesempatan untuk terus hidup. Nyawa (hidup) ini sangat berharga. Nyawa ini adalah “modal” untuk meraih keuntungan di dunia dan di akhirat. 
Oleh sebab itu nyawa termasuk dalam 4 perkara yang diletakkan dalam kategori dharuriyat bersama-sama dengan agama, keturunan dan harta. Selepas kita bangun daripada tidur, kita disunatkan berdoa dengan doa ini:
“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami selepas mematikan kami dan kepada-Nyalah kami akan dikembalikan.”
Doa ini secara langsung mengingatkan kita tentang nikmat hidup. Tanpa nikmat hidup, kita tidak berpeluang untuk membuat kebaikan, meraih pahala dan seterusnya mendapat syurga. Prof Dr. Yusuf Al Qardhawi pernah menulis:
“Setiap inci tanah di muka bumi ini adalah tempat yang paling subur untuk menanam benih syurga.”
Ingatlah, hidup di dunia ini sangat penting kerana adanya hari Akhirat. Kebaikan di akhirat tidak akan dapat diraih tanpa kehidupan di dunia. Justeru, di dalam Islam kita dilarang “meminta’ mati apatah lagi membunuh diri. Rasulullah SAW bersabda:
“janganlah seseorang kamu mengharapkan kematian. Kalau dia seorang berbuat kebaikan, mudah-mudahan bertambah kebaikannya, dan kalau dia orang berbuat salah, mudah-mudahan dia bertaubat.” (Riwayat Bukhari).
MENGHARGAI MASA
Apakah tanda kita menghargai nyawa? Jawabnya mudah, kita mesti menghargai masa! Masa hakikatnya adalah nyawa kita. Membazirkan masa atau menggunakan masa tidak selaras mengikut tujuan ia dikurniakan hakikatnya “membuang” nyawa sendiri. Lihat betapa Allah sangat mengutamakan masa walaupun Allah sendiri tidak terikat dengan masa. Masa itu ciptaan Allah dan sekali-kali ia tidak memberi kesan ke atas-Nya.
Walau bagaimanapun dalam mendidik manusia, Allah sangat mengutamakan masa. Buktinya, Allah telah berkali-kali bersumpah dengan masa (Surah Al Asr) dan juga kejadian-kejadian yang ada kaitannya dengan masa seperti bulan, matahari, siang, malam, waktu subuh dan sebagainya. Ini menunjukkan betapa Allah sangat pentingkan masa.
Begitu juga diterangkan Allah suka para hamba-Nya mendirikan solat pada waktu 2/3 malam (dinihari). Ini menunjukkan bahawa di sisi Allah ada waktu-waktu yang tertentu yang lebih disukai-Nya. Ada juga diberitakan dari hadis-hadis bahawa ada masa-masa tertentu yang mana doa lebih dimakbulkan oleh Allah berbanding masa-masa yang lain. Semua ini menunjukkan betapa Allah sangat “prihatin” dengan masa.
ISLAM DAN MASA
Al hasil, dalam ajaran Islam, ibadat-ibadat kerap dikaitkan dengan masa. Umpamanya, sembahyang ada lima waktu, puasa wajib hanya setelah muncul anak bulan Ramadhan. Begitu juga dengan Hari Raya, ibadat haji dan sebagainya – semuanya ada waktu-waktu yang telah ditentukan. Untuk menentukan waktu-waktu ini, secara tidak langsung Allah memerintahkan kita sentiasa perjalanan bulan dan matahari sekali gus agar umat Islam akan sentiasa peka dan mementingkan masa.
Selain itu dengan selalu melihat perjalanan masa (bulan, matahari, siang, malam) akan tersingkaplah rahsia kebesaran Allah sebagai Pengkarya yang paling agung dan sempurna. Bertitik-tolak sikap inilah berkembangnya pelbagai disiplin ilmu berasaskan pengamatan terhadap masa. Antaranya, ilmu sains dan matematik. Jadi tidak hairanlah jika umat Islam menjadi “imam” dalam ilmu sains dan teknologi satu ketika dulu. Ironinya, kini kita ketinggalan. Ya, mungkin akibat tidak “mementingkan” perjalanan masa seperti umat terdahulu!
BAGAIMANA MENGHARGAI MASA = NYAWA?
Ramai orang mengalami masalah bagaimana mendisiplinkan masa. Tetapi hakikatnya jika kita mengamalkan ajaran Islam secara total, maka masa seseorang akan terurus secara automatik. Misalnya, waktu sembahyang. Jika dijaga dengan baik, hidup akan terdisiplin dengan sendirinya. Begitu juga dengan pengurusan masa. Bayangkan, jika seseorang bersembahyang lima kali dalam sehari, maka dengan sendirinya dia akan sentiasa mengawasi masa. Mana mungkin orang yang benar-benar menjaga solat 5 waktu, terlalai dalam hidupnya?
Kehidupan terlalu singkat untuk dosa dan perkara sia-sia. Seperti yang ditegaskan sebelumnya bahawa Allah ciptakan manusia untuk beribadah. Hidup yang sementara dan singkat ini hanyalah satu persediaan untuk satu kehidupan yang abadi. Jika dinisbahkan tempoh hidup di dunia (katalah 63 tahun) berbanding hidup di akhirat (yang infiniti)… nisbah 1: 1,000 000 pun belum memadai. Kalau diibaratkan berniaga, modalnya cuma seringgit tetapi potensi mendapat untungnya berlipat ganda hingga sejuta ringgit apakah kita akan abaikan atau sia-siakan yang seringgit itu? Pasti tidak, kita akan gunakan sebaik-baiknya.
BAGAIMANA MENILAI MASA?
Menyedari hidup terlalu singkat tetapi sangat berharga inilah maka Islam bukan sahaja melarang kita melakukan perkara-perkara dosa, malah perkara yang sia-sia. Bahkan, jika seluruh masa dalam hidup ini dihabiskan dalam ketaatan pun, manusia masih tidak mampu membalas seluruh kebaikan Tuhan. Apatah lagi, kalau banyak masa yang buang sia-sia. Mereka yang mensia-siakan masa adalah orang yang “bankrap “dalam “perniagaannya” dengan Tuhan. Benarlah kata Sayidina Ali:
“Masa itu umpama pedang. Jika kamu tidak memancungnya, ia yang akan memancung kamu.”
Anehnya, masa tidak diukur melalui kuantitinya tetapi kualitinya. Bukan lama atau singkat, panjang atau pendeknya tetapi bergantung pada bagaimana ia diurus dan untuk apa ia digunakan. Imam Nawawi RH misalnya, ulama yang tidak panjang usianya tetapi begitu besar jasanya. Malah, hingga kini kitab-kitab yang ditulisnya dinilai “sangat luar biasa” bukan sahaja dari segi kerelevanan dan ke signifikannya tetapi juga tempoh masa untuk menghasilkannya berbanding usianya yang relatif singkat!
Lihat juga masa pemerintahan Umar Ibn aziz RA yang begitu pendek (hanya sekitar dua tahun) berbanding masa pemerintahan khalifah Bani Umayyah yang lain tetapi terus dikenang sebagai pemerintahan yang sangat mirip dengan Khulafaur Rasyidin. Bukan kerana kuantiti masa pemerintahannya tetapi kerana kualiti kepimpinannya – Umar Ibn Aziz mengatasi kredibiliti khalifah-khalifah yang lain.
Lihat pula bagaimana Rasulullah SAW mendidik para sahabat yang begitu “mencemburui” tempoh masa berjihad dan beribadat oleh seorang mujahid silam Bani Israel bernama Samun Al Ghazi menerusi turunnya surah Al Qadar yang menunjukkan betapa kualiti ibadah malam itu (oleh umat nabi Muhammad SAW) melebih 1000 malam.
Kuantiti masa tidak boleh “dipanjangkan” tetapi kualitinya boleh dipertingkatkan. Justeru dalam Islam banyak hadis yang menjelaskan tentang fadilat sesuatu amalan yang digandakan melebihi tempoh masa dan tenaga yang digunakan. Misalnya, Rasulullah SAW pernah menegaskan bahawa sesiapa yang bersolat jemaah Isyak dan Subuh, maka dia seolah-olah telah beribadah sepanjang malam. Juga bagi orang yang berfikir sesaat hingga terasa kebesaran Allah lebih baik daripada beribadah selama setahun!
ANCAMAN MASA
Namun, ganjaran selalu datang beriringan dengan ancaman. Bagi mereka yang bertangguh-tangguh, ada hadis “mengancam”. Antaranya, Rasulullah SAW bersabda:
” Barang siapa yang telah mencapai umur 40 tahun tetapi kejahatannya masih mengatasi kebaikannya maka bersiap-siaplah masuk ke neraka.”
Hadis tersebut bukan bererti “menutup pintu taubat sebelum masanya”, tetapi hanyalah ancaman buat mereka yang tidak menghargai nyawa (masa).
Seseorang ‘Asi (pendosa) yang telah melangkaui usia 40 tahun, dikira sudah liat dan keras untuk membuat “pusingan U” dalam hidupnya. Nafsunya telah begitu buas untuk dijinakkan walaupun mungkin sudah kehilangan tenaga untuk melakukan kejahatan. Jadi, berhati-hati sebaik mencapai usia akil baligh (sekitar 15 tahun bagi lelaki dan lebih awal daripada itu bagi seorang wanita), wisel “perlumbaan” menuju Tuhan telah pun ditiup. Larian menuju Allah telah pun dimulakan.
Pukul rata umat nabi Muhammad SAW ialah sekitar 63 tahun (mengikut satu hadis). Justeru, bolehlah dikatakan umur 40 tahun ialah tempoh seorang mencapai tahap “kelelahan” dalam perlumbaan itu. Sedangkan menurut psikologi Barat, ‘hidup bermula pada umur 40 tahun – Life begin at forty.”
Jadi kita di mana? Apakah kita rasa umur 40 tahun itu telah “di hujung” atau masih baru bermula? Ramai juga yang terpengaruh dengan fahaman Barat hingga tergamak mengatakan, masa muda tidak mengapa “terbuat” jahat, nanti tua baru bertaubat? Pada hal menurut Imam Ghazali, kejahatan itu tumbuh dalam diri manusia umpama akar sepohon kayu,yang semakin lama dibiarkan semakin kukuh ia mencengkam. Kalau hendak “mencabut” kejahatan daripada seseorang, cabutlah pada usia mudanya kerana bila sudah tua akar kejahatan itu sudah mencengkam dan sukar untuk diungkai!
Di padang Mahsyar nanti, antara satu soalan daripada empat soalan yang Allah akan tanya ialah, “ke mana umur muda mu dihabiskan?”. Tuhan tidak bertanyakan umur tua. Ini menunjukkan betapa bernilainya masa muda berbanding tua. Sehubungan dengan itu Nabi Muhammad SAW juga telah mengingatkan dalam sebuah hadisnya:
“Pergunakanlah lima perkara sebelum datang lima perkara. Masa sihat, sebelum sakit. Masa muda sebelum tua. Masa lapang sebelum sibuk. Masa kaya sebelum miskin. Masa hidup sebelum mati. ”
Jika kita benar-benar sedar hakikat ini, seharusnya, tidak timbul soal bertangguh, membuang masa dan membazir waktu dalam kehidupan.
TUJUAN HIDUP ASAS PENGURUSAN MASA
Menguruskan masa dengan baik, bermula dengan penetapan tujuan hidup. Apa tujuan hidup kita? Ini adalah persoalan asas yang mesti diselesaikan sebelum menguruskan masa. Ya, seperti yang ditegaskan pada awal-awal lagi, tujuan hidup kita adalah untuk menjadi hamba Allah dan khalifah. Untuk mencapai tujuan ini seluruh aktiviti kita hendaklah sentiasa tertakluk kepada hukum Allah.
Tegasnya, kita akan buat perkara yang wajib, halal, harus dan sunat. Manakala yang haram dan makruh kita akan tinggalkan. Begitu juga dengan perkara yang sia-sia atau “lagha”, juga kita tinggalkan. Oleh itu, jika hidup diatur mengikut syariat, maka secara automatik masa kita akan dihabiskan untuk membuat perkara yang baik, benar dan betul yakni yang halal, harus dan sunat.
Malah kita juga dituntut untuk memilih antara dua perkara yang boleh dilakukan mana yang lebih utama? Misalnya, bila bertembung antara mengerjakan umrah dengan membantu orang yang susah, maka lebih utama kita dahulukan membantu orang yang susah.
MENYUSUN HIDUP
Sebenarnya jika kita melaksanakan hukum-hakam Islam, maka secara automatik masa akan terurus dengan baik. Ini kerana kebanyakan hukum-hakam Islam sangat mementingkan ketepatan dan pengamatan terhadap masa. Contohnya, solat lima waktu. Ia punya waktu-waktunya tersendiri. Jika kita hendak solat Subuh misalnya, maka kita akan bangun awal dari tidur. Kita tidak akan tidur berlebihan hingga bangun lewat. Untuk bangun tidur awal tentulah kita tidak akan berjaga hingga larut malam.
Begitu juga dengan zakat, puasa dan haji semuanya mempunyai had masa bagi pelaksanaannya. Tegasnya, apabila seseorang itu menjaga solat, puasa, zakat dan hajinya maka seluruh persoalan hidupnya akan terurus dengan baik. Atau dengan kata-kata yang lain, dia telah menguruskan nyawanya dengan cekap dan berkesan!

Remaja, Masa Paling Berharga dan Menentukan


Dalam ulasan singkat ini akan dijelaskan mengenai masa remaja menurut perspektif Islam dan solusi atas sebagian problem mereka. Masa remaja adalah salah satu periode kehidupan yang paling baik, bernilai dan sensitif, yaitu waktu yang sangat menentukan bagi masa depan. Setiap keputusan dan langkah seseorang di masa remaja akan mempengaruhi masa depannya. Mungkin saja keputusan itu akan menguntungkannya atau sebaliknya.

Remaja adalah masa keemasan, dan para pemuda harus memahami masa yang sangat berharga itu sehingga mereka dapat meraih masa depan dengan baik dengan bersandar kepada kekuatan fisik dan energi berlimpah serta semangat yang luar biasa di masa itu. Kemurnian, kesucian, kelembutan, kebahagiaan, menuntut kemerdekaan dan pembaharuan, mencari kebenaran, dan cenderung kepada spiritualitas adalah sebagian karakter dari masa remaja. Dengan keistimewaan tersebut, remaja dapat mewujudkan semua bakatnya dan menampakkan nilai-nilai keberadaannya.


Para pemuda adalah investasi besar bagi setiap negara, di mana pertumbuhan dan kemajuan masyarakat berhubungan erat dengan keselamatan jiwa dan fisik remaja. Masyarakat yang memiliki remaja yang berkomitmen dan berpendidikan adalah masyarakat yang sehat, di mana mereka akan mampu melewati tangga-tangga kemajuan dengan cepat.

Perkembangan industri, pertumbuhan ekonomi, pembangunandankesejahteraan, kemandiriandan keamanan nasional, serta mobilitas ke arah kemajuan di setiap masyarakat akan terwujud jika ada para remaja yang berkomitmen dan berpendidikan. Oleh sebab itu, para remaja selalu menjadi perhatian agama-agama Samawi, aliran pemikiran dan para cendekiawan dunia. PBB menetapkan tanggal 12 Agustus sebagai Hari Remaja Internasional (Hari Remaja Sedunia). Hari Remaja Internasional dideklarasikan dengan slogan "Membangun Dunia yang Lebih Baik Bersama (Bekerjasama) dengan Remaja"(International Youth Day:Building a better World Partnering with Youth).

Menyusul penetapan hari tersebut, PBB meminta semua negara dunia untuk membantu para remaja supaya mereka mencapai kondisi yang lebih baik. Bantuan tersebut dapat dilakukan melalui pengembangan fasilitas, alat dan sumber serta memberikan peluang kepada mereka untuk andil dalam sektor-sektor penting. PBB menyatakan bahwa dewasa ini para pemuda dalam kondisi buruk pekerjaan dan bahkan keamanan kerja bagi mereka sangat rendah.

Selain itu, keyakinan dan sikap percaya diri para remaja telah menjadi lemah karena dikecualikan dari keputusan-keputusan penting dan bahkan tidak dilibatkan dalam keputusan-keputusan tersebut. Oleh karena itu, semua pemerintahan, lembaga swasta, universitas dan individu-individu yang baik dapat membantu para remaja untuk meraih masa depan yang gemilang dengan cara menyiapkan lapangan kerja yang baik dan memberikan peluang kepada mereka untuk berkreativitas.
Hari Remaja Sedunia telah diperingati setiap tahun, namun masih banyak para pemuda yang menghadapi berbagai masalah terutama mereka yang tinggal di negara-negara berkembang. Mengenal identitas diri adalah salah satu kebutuhan mendasar bagi para remaja. Para pemuda harus mengetahui bakat yang ada dalam diri mereka dan menentukan tujuan bagi kehidupannya untuk mencapai pertumbuhan, kesejahteraan dan kemakmuran.

Ketika dalam proses membangun diri, para pemuda merupakan sebuah masyarakat dan kehidupan baru yang memerlukan teladan yang terbaik. Dewasa ini, kemajuan teknologi baru dan internet telah menghapus batas-batas geografis. Budaya dan gaya hidup materialistik Barat yang disebarkan oleh media-media Eropa telah memberikan inspirasi negatif kepada para remaja, di mana hal itu tidak sesuai dengan pola budaya asli dan ajaran-ajaran agama Samawi. Akibatnya, para pemuda menghadapi persoalan dan krisis mental dan moral.

Persoalan tersebut muncul karena gaya hidup barat mengesampingkan agama dan spiritualitas. Barat memiliki interpretasiyang sepenuhnya materialistiktentang keberadaandanmanusia. Faktor itulah yang menyebabkan memburuknya krisis identitas di masyarakat Barat khususnya di antara para pemuda.

Menurut pandangan Islam, remaja memiliki jiwa yang murni dan hati yang lembut. Masa remaja adalah masa terbaik untuk pertumbuhan spiritual dan pengembangan jiwa manusia. Banyak para nabi mencapai derajat kelayakan untuk menerima wahyu dan kedudukan tinggi, dan sampai kepada derajat Nubuwah disebabkan ibadah-ibadah mereka di masa remaja.

Rasulullah Saw bersabda," Aku menasihati kalian tentang remaja untuk berbuat baik, di mana mereka memiliki hati yang lebih lembut dan lebih menerima keutamaan. Allah Swt mengutusku sebagai seorang nabi untuk menyampaikan kabar gembira tentang rahmat Ilahi dan menakut-nakuti mereka dengan azab Allah (Swt). Para remaja menerima perkataanku dan menjalin perjanjian kecintaan denganku, tetapi orang-orang tua menolak ajakanku dan menentangku."

Imam Jakfar Shadiq as berkata, "Sesungguhnya orang yang paling dicintai di sisi Tuhan adalah remaja belia dan tampan yang mempersembahkan masa muda dan ketampanannya di jalan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Besar. Allah (Swt) akan membanggakannya di hadapan para malaikat dan berfirman: ini adalah hamba-Ku yang sejati."

Sementara itu, mengabaikan agama dan moral adalah ciri dari budaya Barat. Penghapusan agama dari kehidupan manusia akan menyebabkan kevakuman sehingga wajar jika masyarakat Barat saat ini menghadapi persoalan sosial yang serius.

Salah satu masalah yang dihadapi remaja dewasa ini adalah kecanduan terhadap narkoba dan obat-obatan terlarang. Para pemuda lebih beresiko terhadap narkoba disebabkan keragaman keinginan dan rasa ingin tahu yang tinggi dalam diri mereka. Jika keyakinan agama para remaja lemah maka mereka akan dengan mudah terjerumus kepada hal-hal yang dilarang.

Kecanduan narkotika akan menyebabkan para remaja menjadi lemah, tanpa tujuan dan tidak peduli dengan diri dan masa depannya. Mereka yang seharusnya menghabiskan waktunya untuk belajar di pusat-pusat pendidikan dan tempat-tempat ibadah, justru sibuk di tempat-tempat maksiat dan melakukan hal-hal yang menyimpang.

Salah satu kebutuhan penting remaja adalah terpenuhinya dorongan seksual melalui jalan yang sah yaitu dengan jalan pernikahan. Pernikahan legal akan menciptakan ketenangan jiwa dan pemikiran, menjaga dan menguatkan iman dan spiritualitas, memelihara kemurnian dan kesucian, menjauhkan diri dari kemunkaran dan perbuatan asusila, serta menghindarkan manusia dari penyakit-penyakit saraf dan mental. Rasulullah Saw bersabda,  "Barang siapa yang menikah, maka akan memperoleh setengah dari agamanya. Oleh karena itu, bertakwalah kepada Allah untuk menjaga setengahnya yang lain."

Sementara itu, buah pemikiran materialisme danhedonismeBaratadalah kebebasan seksualdan runtuhnyasistem dan tatanan keluarga. Sebab, ketika manusia didefinisikan hanya sebagai wujud materi dan terbebas dari pandangan moral dan masalah seksual, maka dengan sendirinya tatanan keluarga akan hancur.

Gencarnya media Barat yang menyebarkan pornografi termasuk film-film tak bermoral telah mengurangi kecenderungan remaja untuk melakukan hubungan legal melalui pernikahan. Hal itu tentunya juga akan merusak bangunan keluarga sebagai tempat untuk mendidik manusia-manusia berkualitas.

Krisis pemikiran dan moral di Barat telah sampai pada kondisi di mana praktek-praktek tak wajar dan tidak etis seperti homoseksual telah diakui sebagai Hak Asasi Manusia. Meningkatnya kelainan jiwa, depresi, stress, cemas, bunuh diri dan kejahatan-kejahatan lainnya di antara para pemuda adalah dampak dari krisis moral di Barat.

Tidak adanya keterlibatan para remaja dalam pekerjaan-pekerjaan sensitif dan keputusan-keputusan penting negara merupakan salah satu masalah mereka. Rasulullah Saw meyakini pentingya untuk melibatkan para pemuda dalam urusan pemerintahan Islam. Beliau menyerahkan pekerjaan-pekerjaan besar kepada remaja. Misalnya, Nabi Muhammad Saw berulang kali memberikan tugas penting kepada Imam Ali as yang masih remaja untuk menjadi komandan pasukan Islam dan mengajak masyarakat kepada Islam.

Pada tahun kelima dari kenabian, sekelompok Muslimin berhijrah ke Habasyah disebabkan gangguan dari kaum Musyrikin Mekah. Rasulullah Saw menunjuk seorang pemuda berumur 25 tahun bernama Jakfar bin Abi Thalib untuk memimpin rombongan tersebut, padahal tugas itu adalah tugas yang sangat berat dan berbahaya.

Ketika Rasulullah Saw telah mendirikan pemerintahan Islam di Madinah, beliau memberikan saham lebih banyak kepada para pemuda Muslim untuk menangani sektor-sektor pelaksanaan, managemen, pemerintahan dan budaya. Pada tahun kedelapan hijriah setelah berakhirnya Perang Hunain, seorang pemuda 21 tahun bernama Attab bin Usaid juga ditunjuk Rasulullah sebagai gubernur Mekah ketika beliau hendak meninggalkan kota tersebut.

Di akhir usia Rasulullah Saw, beliau juga mengangkat Usamah bin Zaid sebagai komandan pasukan yang dikirim ke medan tempur melawan Romawi, padahal Usamah waktu itu baru berumur sekitar 20 tahun. Pasukan yang dipimpin remaja tersebut kembali dengan ghanimah.

Namun demikian, usia remaja dan vitalitas bukan satu-satunya kriteria dipilihnya remaja dalam pemerintahan, tetapi keutamaan, akhlak, nilai moral dan kemanusiaan merupakan syarat utamanya. Rasulullah Saw bersabda, "Bukan berarti setiap yang besar memiliki keutamaan dan kebaikan; namun hanya pemilik keutamaan kemanusiaan dan keislaman yang bisa besar dan memiliki tanggung jawab." (IRIB Indonesia/RA)

6 Pelajaran Hidup Yang Berharga Di Masa Tua


Pelajaran Hidup Yang Berharga Di Masa TuaMemang benar kata orang bijak kalau masa muda menentukan masa tua, pelajaran hidup yang berharga dimasa muda menjadikan masa tua kita berarti. Muhammad Ali berkata "Menderitalah sekarang (masa muda), dan habiskan sisa hidupmu sebagai juara".

Masa muda memang indah, tapi bukan berarti harus dihabiskan semua waktunya untuk cinta, foya-foya dan menghamburkan kekayaan orang tua (seperti di Sinetron), masih banyak cara lain yang bermanfaat untuk menghabiskan masa muda dan tentunya menjadikan kita lebih tangguh dan matang dimasa tua. Ketahui 6 pelajaran hidup ini agar kita bisa menghindari penyelasan dimasa tua nanti.

6 Pelajaran Hidup Yang Berharga Di Masa Tua

1. Mengenal diri sendiri dan tujuan hidup itu penting

Mengenal diri sendiri dan tujuan hidup itu penting
Mau jadi apa aku nanti?. Jawabannya ternyata berada di lubuk jiwa yang paling dalam dan kita perlu menemukannya. Bukan mau apa tapi mau jadi apa kita. bukan juga apa yang guru atau orang tua kita inginkan. Tapi kita harus mencarinya sendiri, mencari apa yang membuat kita bahagia. tidak penting orang menganggap apa bahkan di cap gila sekalipun.

2. Kesalahan tidak selamanya menakutkan

Kesalahan tidak selamanya menakutkan
Dari kecil kita diajarkan untuk takut pada banyak hal. Nilai ulangan jelek dimarahi karena takut tidak dapat kerja, manjat pohon dimarahi karena takut jatuh. Imbasnya kita begitu takut pada kesalahan hingga menutupi keinginan kita untuk mencoba. 
Padahal tidak ada satupun orang sukses tanpa melakukan kesalahan. Kesalahan berbanding lurus dengan pengalaman, suatu saat nanti ketika kita berhadapan pada situasi baru, kita tidak akan bisa memutuskan mana yang benar dan mana yang salah kecuali kita punya pengalaman yang pernah kita alami. Karena dari kesalahan kita bisa belajar.

3. Coba hal baru sebanyak mungkin, jangan takut gagal

Coba hal baru sebanyak mungkin, jangan takut gagal
Point ketiga ini berkaitan dengan point kedua, kita tidak akan pernah bisa mencoba hal baru sebelum mengalahkan rasa takut kita sendiri, takut gagal, takut dicap jelek, takut dikatain orang, takut dihina dan banyak ketakutan lain. Orang biasa akan terus bermain aman di hidupnya, inilah yang membedakan mereka dengan orang sukses, orang sukses tidak takut mencoba dan tidak takut gagal.

4. Terlalu banyak mendengarkan komentar menjadikan kita lemah

Mendengar nasihat dan motivasi memang membuat kita lebih bersemangat, tapi mendengar komentar dari banyak orang ternyata membuat kita sendiri bingung, Orang lain kadang mengomentari kita "jangan kaya gitu, jangan kaya gini, bahaya!" padahal mereka sendiri belum pernah merasakannya.
Ketika banyak komentar dari luar, cukup tampung dan simpan sebagai pertimbangan. Kita harus cukup egois untuk percaya diri sendiri. Kita harus cukup kuat untuk berkata tidak pada permintaan banyak orang, jangan jadi lilin yang menerangi sekitar tapi dirinya sendiri hancur.

5. Merasakan "sangat sibuk" di masa muda adalah aset nyata

Merasakan "sangat sibuk" di masa muda adalah aset nyata
Muhammad Ali pernah ditanya berapa banyak beliau sit up dalam sehari, beliau menjawab "aku tidak menghitung berapa banyak sit up, tapi aku mulai menghitung saat merasakan sakit, karena keadaan itulah yang sebenarnya dihitung. Itu yang membuatmu menjadi juara, dan hal ini berlaku untuk semua hal".  
NH tidak menafikan, tentu saja kita harus bahagia dalam hidup, tapi ingat! pada waktu kita sedang nongkrong diluar, atau begadang hingga subuh. Pada detik itu banyak orang diluar sana yang sedang bekerja keras, yang sedang bertambah pintar, yang sedang memenangkan sesuatu.
Begitulah orang-orang sukses menjalani hidupnya, mereka berbeda dari orang lain yang bermain aman, jika kita ingin sukses, berarti kita harus siap melakukan apa yang orang biasa tidak sanggup lakukan

6. Menebar benih kebaikan akan berbuah untuk kita sendiri

NH selalu melihat point 6 ini sebagai aturan wajib utnuk orang-orang sukses, termasuk Robert Kiyosaki dan Donald Trump. Rasulullah (SAW) menmberi nasihat kepada umat muslim untuk selalu memberi, Tidak ada sekecil kebaikanpun melainkan akan kembali kepada kita. Jika kita menginginkan orang-orang menghormati kita, hormati dulu orang lain. Kuncinya perlakukan orang seperti kita ingin diperlakukan.
Semoga bermanfaat :)

Masa itu lebih berharga dari emas....


Bila dikenangkan bertahun-tahun hidup di muka bumi ini ada banyak masa yang terbuang begitu sahaja. Membazir masa adalah suatu yang amat merugikan... Sedangkan kita mampu lakukan keajaiban dalam hidup lebih baik daripada apa yang kita sangkakan. 

Banyak kesilapan yang telah dilakukan kerana mengikut rasa hati amarah dan perasaan.. Kenkadang rasa stupid kerana kesilapan itu boleh dielakkan sewajarnya. Rebutlah 5 perkara sebelum 5 perkara.

  1. Masa sihat sebelum sakit
  2. Masa kaya sebelum miskin
  3. Masa lapang sebelum sempit
  4. Masa muda sebelum tua
  5. Masa hidup sebelum mati
Mulai hari ini aku perlu berfikir untuk produktiviti dan efisiensi. Masa dimaksimumkan sebaik mungkin sebelum terlambat. Banyak merancang untuk masa depan. Bersedia untuk apa jua kemungkinan. Berani tempuh segala cabaran....

Menumpuk Harta agar Masa Depan Anak Berharga

Setiap orangtua niscaya ingin masa depan anaknya cerah. Untuk tujuan itu, berbagai cara dilakukan. Contohnya dengan mengakumulasi aset dari penghasilannya semasa aktif bekerja. Perlukah merencanakan keuangan untuk diwariskan ke anak?

Dikky Setiawan

Kebahagiaan Dewinta Tutiningrum tak pernah surut. Kendati sang suami telah meninggal dunia dua tahun lalu akibat menderita penyakit gagal ginjal, kehidupan Endang seakan tak berubah. Ibu tiga orang anak ini bisa hidup berkecukupan. Maklum, semasa hidup, Muhammad Sukanta, suami Dewinta, rajin menabung dan mengumpulkan aset kekayaan.

Sukanta, misalnya, memiliki aset tanah seluas 2.000 meter persegi di sebuah daerah di Jawa Barat. Dia juga memiliki tiga unit rumah yang dibangun di sekitar tempat tinggalnya di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Semua aset kekayaan warisan Sukanta tersebut, kini dinikmati oleh istri dan anak-anaknya.

Untuk dua orang anak laki-lakinya yang telah berkeluarga, Dewinta memberikan masing-masing satu unit rumah peninggalan sang suami. Satu unit lainnya dia sewakan kepada orang lain dengan sistem bayaran per tahun. Sedangkan putri bungsunya yang berusia 15 tahun, tinggal bersamanya di rumah induk, yang dibangun suaminya ketika putra sulungnya masih berusia lima tahun.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bersama putri bungsunya, Dewinta membuka kios kelontong di garasi rumahnya. Modal untuk membuka usaha dia peroleh dari hasil menjual sebagian tanah warisan suaminya. Sisanya dia manfaatkan untuk menanam palawija yang dia percayakan kepada salah satu adik kandungnya.

Sebuah kisah yang indah, kendati sebuah keluarga kehilangan sosok pencari nafkah.Namun, perlukah ketika merencanakan keuangan kita juga menetapkan tujuan mewariskan aset kepada anak? Tak cukupkah membekali mereka dengan pendidikan yang baik?

Sisi keuntungan

Rupanya, sebagian perencana keuangan punya pikiran serupa dengan kebanyakan orangtua. Memupuk kekayaan agar bisa diwariskan kepada anak kelak adalah tindakan bijaksana. “Sejak anak umur sehari, orangtua harus merencanakan keuangan untuk kebutuhan anaknya di masa depan. Sebab, bisa saja orangtua meninggal dunia ketika anak masih kecil,” kata Risza Bambang, perencana keuangan dari Shildt Financial Planning.

Perlunya seseorang merencanakan keuangan untuk diwariskan ke anak juga diungkapkan Mike Rini. Secara alamiah, menurut perencana keuangan dari MRE Financial & Business Advisory itu, orangtua pasti cenderung mengharapkan yang terbaik untuk masa depan anaknya.

Karena dorongan itulah, kata Mike, orangtua bekerja keras mencari nafkah dan memupuk aset “Tujuan dari akumulasi aset tadi, salah satunya adalah mempersiapkan kesejahteraan anak di masa depan,” kata dia.

Menurut Mike, terdapat sejumlah keuntungan yang bisa didapat seseorang dengan merencanakan keuangan untuk mewariskan aset kepada anak. Pertama, timbulnya optimisme anak dalam menghadapi berbagai tantangan masa depan. Pasalnya, berbagai risiko keuangan yang kelak menghalangi kesejahteraan anak bisa diatasi.
Efisiensi arus kas rumah tangga juga bisa termotivasi karena orangtua berencana mewariskan aset buat anak.

Keuntungan lainnya adalah meningkatnya optimalisasi aset-aset keluarga karena telah dialokasikan sedemikian rupa sesuai kebijakan portofolio investasi keluarga. Ini dengan tujuan menghasilkan pendapatan maupun pertumbuhan untuk mengakomodir tujuan persiapan kesejahteraan anak.

Mike bilang, mempersiapkan kesejahteraan anak di masa depan dapat dibagi menjadi empat tahapan. Pertama, perencanaan masa sekolah. Kedua, perencanaan masa bekerja. Ketiga, perencanaan masa berkeluarga. Keempat, perencanaan antisipasi risiko. “Tujuan akumulasi aset dalam persiapan kesejahteraan anak itu menggambarkan siklus hidup si anak. Mulai dari saat masih menjadi tanggungan orangtua, masa lajang, telah bekerja, masa berkeluarga, dan menjadi orangtua,” kata dia.

Mike menjelaskan, pada masa anak masih menjadi tanggungan orangtua atau anak belum memiliki penghasilan sendiri, orangtua perlu mempersiapkan kesejahteraan anak melalui perencanaan pendidikan. “Sehingga, bekal ilmu yang didapat, bisa menjadi modal bagi anak mencapai kemandirian finansialnya,” tandasnya.

Sedangkan pada saat si anak dalam masa lajang dan mencari pekerjaan, transformasi dari masa tanggungan orangtua ke fase mandiri, akan lebih baik di lewati dengan support dana secukupnya dari orangtua. Contoh, berupa pendapatan yang sifatnya uang saku tambahan. Ini bisa dalam bentuk skema anuitas seperti trust fund. Tujuannya agar anak bisa berkonsentrasi pada karier, pekerjaan, dan bisnis yang akan digeluti.

Lalu, pada masa ketika anak berkeluarga dan menjadi orangtua. Transformasi dari masa lajang ke masa pernikahan kemudian masa menjadi orang tua, menurut Mike, pada umumnya berlangsung dalam waktu relatif singkat. Contohnya, ketika masa lajang, si anak baru bekerja pada saat usianya 22 tahun dan memasuki jenjang pernikahan pada usia 30 tahun.

Nah, dalam rentang waktu sekitar delapan tahun itu, sebagian besar orang belum mampu mengakumulasi aset yang cukup untuk berbagai kebutuhannya yang sifatnya primer dalam hidup berkeluarga. “Di sinilah peranan orangtua untuk membantu mengatasi masalah kekurangan dana sebagai modal hidup si anak,” ungkap Mike.

Sampai di sini, ya itu tadi, semua proses tahapan tersebut akan terwujud bila si orangtua mengakumulasi asetnya sejak anaknya berusia dini. “Nah akumulasi aset tersebut bisa berasal dari kegiatan menabung atau berinvestasi si orangtua di masa produktifnya,” kata Mike.

Menurut Mike, untuk kegiatan menabung, Anda bisa memilih sejumlah produk keuangan. Antara lain, simpanan di bank seperti tabungan berencana, tabungan pendidikan, dan deposito. Lalu, produk asuransi dengan skema investasi, seperti asuransi pendidikan dan unitlink. Ada pula efek dan surat berharga (repo, saham, dan obligasi). Pilihan lainnya adalah trust fund (dana amanat).

Return di atas inflasi

Di samping produk keuangan, Anda juga bisa merencanakan keuangan untuk diwariskan ke anak melalui keranjang investasi lainnya. Misalnya, investasi ke sektor properti komersial seperti ruko, kantor, hotel atau properti jenis residensial, seperti rumah tinggal, apartemen, dan properti lainnya.

Selain itu, Anda bisa berinvestasi di logam Mulia, seperti batu mulia atau barang koleksi lainnya. Anda tidak tertarik dengan keranjang investasi yang sudah disebutkan di atas? Tidak masalah, karena Anda juga bisa mengakumulasi aset untuk diwariskan ke anak melalui kegiatan usaha. “Carilah jenis usaha yang bisa langgeng dan berkembang terus dalam jangka panjang. Atau jenis usaha yang bisa menjadi sumber dana untuk mengembangkan harta kekayaan atau aset,” timpal Risza.

Yang paling penting, menurut Risza, dalam merencanakan keuangan untuk warisan anak, Anda harus memilih instrumen investasi yang memiliki nilai pengembalian investasi yang angkanya lebih besar dari tingkat inflasi. “Ini mengingat jangka waktu pada saat pengalihan kepemilikan terjadi dalam rentang waktu panjang,” katanya.

Menurut Rakhmi Permatasari perencana keuangan dari Safir Senduk & Rekan, tidak ada batasan tertentu dalam menabung maupun berinvestasi ketika merencanakan keuangan untuk warisan anak. “Setiap keluarga punya kondisi keuangan berbeda, dengan latar belakang yang sangat berbeda pula. Jadi, semuanya harus disesuaikan dengan kondisi itu,” kata Rakhmi.

Hal tersebut juga berlaku dalam pemilihan keranjang investasi. “Pertimbangannya sama saja seperti kita menyarankan investasi pada seseorang. Jadi, tidak ada rumusan baku untuk hal tersebut,” imbuh Rakhmi.

Hanya saja, kata dia, jika si orangtua ingin meninggalkan aset warisan kepada anaknya, maka sebisa mungkin mewariskan sesuatu yang memang dimengerti oleh anaknya. “Contohnya anak kecil. Apakah cocok kalau anak kecil diberikan warisan saham?” tambah dia.

Jadi, menurut Rakhmi, dalam merencanakan keuangan untuk warisan Anak, tugas Anda bukan hanya mengakumulasi aset dengan menabung atau berinvestasi. Anda juga dituntut untuk mempersiapkan anak agar mengerti dengan baik dan sanggup menerima serta mengelola warisan yang akan diberikan.

Pendapat Rakhmi diamini oleh Risza. “Janganlah pelit dan ragu untuk memberikan edukasi mengenai ilmu finansial atau Pendidikan Keuangan bagi anak. Tujuannya agar mereka mengetahui dan memahami bagaimana cara mengelola dan mengembangkan aset atau harta kekayaan,” kata dia.

Saat Sedang Merasa Tak Berharga, 10 Hal Inilah yang Wajib Kamu Renungkan Segera!

| 1,027 shares
Hidup memang terkadang terasa berat untuk dijalani. Kegagalan, rasa kecewa, putus cinta, sukses yang tertunda; banyak hal yang bisa jadi memunculkan perasaan tidak berharga dalam hati. Di titik ini, kita mengakrabi kesedihan yang begitu dalam; merasa tidak punya apa-apa atau siapa-siapa yang bisa membangkitkan semangat hidup dalam diri.
Namun, perasaan semacam ini tentu tak boleh lama-lama dipelihara. Merasa tidak berguna adalah perasaan yang harus segera jauh-jauh dibuang. Hidup selayaknya bisa dijalani dengan bahagia, maka berhentilah merasa sia-sia dan renungkan 10 hal berikut ini dalam kepala!


1. Kesuksesan Orang Lain Bukan Kegagalanmu. Ingatlah Bahwa Takdir yang Kita Miliki Tidak Layak Dibanding-bandingkan Satu Persatu

Takdir masing-masing orang berbeda
Takdir masing-masing orang berbeda via www.flickr.com
Kita — atau orang-orang dekat kita — acapkali membandingkan diri dengan orang lain. Misalnya, kamu membandingkan dirimu dengan temanmu yang terlihat lebih sukses: punya rumah, mobil, sementara dirimu masih merintis usaha dari nol dan belum punya apa-apa. Akhirnya kamu pun merasa galau.
Padahal, terlepas dari apa yang dimiliki, kita semua adalah manusia yang sudah memiliki garis hidupnya masing-masing. Tidak adil rasanya jika hanya membandingkan hasil yang didapat, tanpa pernah tahu proses macam apa yang dilalui dibaliknya. Membandingkan takdirmu dengan jalan hidup orang lain hanya akan memperdalam rasa kecewa dan ketidakpuasan.


2. Gagal Bukan Berarti Akhir Dunia. Kegagalan Justru Jadi Bukti Bahwa Kamu Sudah Berani Mencoba

asada
Gagal itu wajar
Sebagai manusia, kegagalan adalah hal yang wajar. Kita memang gak sempurna, dan sebuah kegagalan hanyalah bagian kecil dari hidup kita. Semua orang terkenal yang kamu tahu pun pasti pernah gagal; keberhasilan yang mereka capai adalah hasil dari kerja keras dalam menjadikan kegagalan sebagai pelajaran.
Kegagalan adalah bukti bahwa kamu sudah berani mencoba berbuat sesuatu. Saat sedang dihadapkan pada kegagalan, cobalah yakinkan diri sendiri bahwa tidak berhasilnya dirimu saat ini justru akan membuka pintu kesempatan yang lain. Alih-alih merasa terpuruk, kamu harus merasa bangga karena kini gagal. Kalau gak pernah gagal artinya kamu juga gak pernah mencoba apapun dalam hidup.


3. Rasa Takut Tak Seharusnya Dipelihara. Jangan Biarkan Ketakutan Itu Menghambat Langkahmu Meraih Mimpi dan Cita-cita

adasd
Yang kamu takutkan cuma ada di pikiranmu. via www.flickr.com
“Jangan mempercayai semua yang kamu pikirkan.”
Pikiran kita terkadang bisa sangat menipu, terlebih pikiran-pikiran yang negatif. Seringkali, apa yang kamu cemaskan itu sebenarnya gak nyata; semua cuma ada di pikiranmu saja. Khawatir dikiritik dosen pembimbing skripsi sampai menunda bimbingan berbulan-bulan? Tanyakan lagi pada dirimu, apakah ketakutanmu itu rasional? Jangan-jangan kalau kamu temui, dosenmu justru akan kooperatif dan membantumu agar cepat lulus.
Daripada menghabiskan energi untuk memikirkan hal negatif yang belum tentu nyata adanya, kenapa kamu gak membayangkan mimpi-mimpimu, harapanmu, atau orang-orang yang kamu sayangi? Kenapa kamu tidak melawan ketakutanmu dan memberanikan diri menghadapi kenyataan?


4. Ketika Sibuk Mengutuk Kekurangan Diri Sendiri, Di Luar Sana Banyak Orang yang Ingin Bertukar Posisi Denganmu

Bersyukurlah
Bersyukurlah via www.umarfaruq.com
Belajarlah bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini. Ketika kamu merasa orang lain mempunyai apa yang gak kamu miliki, kenapa gak berpikir bahwa kamu memiliki apa yang gak dimiliki orang lain?
Saat kamu mengeluh pekerjaanmu membosankan, ingatlah di luar sana ada orang yang rela menukarkan apapun agar bisa memiliki profesi yang sedang kamu lakoni. Waktu kamu merasa pencapaianmu kurang memuaskan, ingatlah orang-orang yang bahkan belum tahu apa yang harus ia capai dalam hidup.
Tiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan, percayalah bahwa Tuhan sudah menyediakan segala yang kamu butuhkan. Yang perlu kamu lakukan adalah menyadari dan mensyukurinya.


5. Hanya Berfokus Pada Kekurangan Sama Saja Dengan Membunuh Dirimu Pelan-Pelan

Kamu punya banyak kelebihan
Kamu punya banyak kelebihan via www.flickr.com
“Until you stop breathing, there’s more right with you than wrong with you.” — Jon Kabat-Zinn
Kebanyakan orang yang merasa dirinya gagal dan gak berguna itu melupakan satu hal yang penting: kamu juga punya banyak kelebihan. Tuhan telah menciptakan manusia secara unik dengan talentanya masing-masing. Ketika kamu merasa gak berguna karena gagal melakukan sesuatu, percayalah masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan dengan baik.
Gagal jadi dosen karena IPK-mu gak seberapa? Sedih dan kecewa wajar, tapi jangan tenggelam pada penyesalan. Bangkitlah, ingat lagi kelebihanmu yang lain. Walau tidak sempurna di bidang akademis, bukankah kamu mahir sebagai penulis? Bukankah kamu masih piawai melukis? Gali dan rayakanlah kelebihanmu, maka kamu akan merasa lebih baik.


6. Tak Perlu Meratapi Masa Lalu Atau Merisaukan Masa Depan. Kamu Hidup Saat Ini, Bukan Kemarin Atau Nanti!

Nikmati saat ini
Nikmati saat ini via www.flickr.com
Ketika kamu merasa terpuruk karena hal-hal yang kamu lakukan di masa lalu, atau karena kamu merasa takut dengan masa depan, ingatlah satu hal: kamu hidup pada saat ini. Masa lalu adalah bab yang gak bisa kamu ubah lagi, betapapun besar kamu menyesalinya. Sementara, masa depan adalah misteri; ia gak akan bisa menjadi lebih baik kalo kamu gak berubah.
Satu hal yang harus kamu lakukan untuk menyongsong anak tangga kehidupanmu selanjutnya adalah menerima keadaanmu sekarang. Berdamailah dengan dirimu, dan syukuri apa yang ada pada dirimu. Dengan begitu, barulah perjalananmu ke depan bisa lebih tentram, memuaskan, dan bermanfaat.


7. Sekuat Apapun Kamu Berusaha, Ada Hal-Hal yang Memang Tidak Bisa Diubah dan Harus Diterima

Terimalah hal yang gak bisa kamu ubah
Terimalah hal yang gak bisa kamu ubah via emilysquotes.com
Masalah dan cobaan yang datang padamu punya tujuan untuk mengubahmu menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu bisa mengendalikan bagaimana caramu bertindak menghadapi suatu masalah. Kamu bisa mengendalikan dirimu untuk memulai kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadikanmu orang yang lebih baik.
Tetapi kamu juga harus menyadari bahwa ada hal-hal yang memang tidak bisa diubah. Masa lalu contohnya. Masa lalu memang jadi hal yang harus kamu terima. Ia sudah lewat, tapi kamu bisa mengubah dirimu saat ini untuk mejadikan hari esokmu lebih baik.


8. Segala yang Ada Di Dunia Pasti Punya Makna. Yakinilah Bahwa Kamu dan Keberadaanmu Itu Berharga

Setiap keberadaan punya makna
Setiap keberadaan punya makna via www.inspiringwallpapers.net
Lalat punya peran sebagai pengurai benda-benda organik yang membusuk. Kumbang bermanfaat untuk membantu penyerbukan pada bunga. Bahkan, debu pun memiliki peran untuk menurunkan titik hujan. Sebagai manusia, hidup kamu pun punya tujuannya sendiri. Jangan pernah merasa bahwa kamu itu gak punya makna, karena menjadi bermakna itu bisa datang dengan berbagai cara.


9. Kamu Bukanlah Orang yang Paling Merana, Karena Masih Ada Kebaikan yang Bisa Kamu Sebarkan Pada Sesama

Sebarkan kebaikan
Sebarkan kebaikan via safina5.tumblr.com
Perasaan bahwa kita gak dicintai itu memang bikin kita merana. Tapi, justru saat itulah kamu harus menyebarkan kebaikan. Saat kamu merasa gak berguna, sadarilah bahwa masih banyak orang yang gak seberuntung dirimu. Mereka sedang berjuang dengan cara masing-masing.
Makanya, saat kamu merasa kekurangan cinta, bagikanlah kebaikan. Dengan memberi, kamu akan sadar bahwa sebenarnya ada banyak hal yang bisa kamu syukuri dari dirimu. Ucapan terima kasih dan senyum tulus dari orang-orang yang kamu bantu akan membuka matamu: sebenarnya kamu gak pernah kekurangan cinta.


10. Kesempatan Hidup Selayaknya Dijalani Dengan Sebaik-baiknya. Lafalkan Dalam Kepala Bahwa Kamu Adalah Pribadi yang Istimewa dan Luar Biasa

Kamu luar biasa
Kamu luar biasa via www.huffingtonpost.com
Ya, ini bukanlah perkataan yang mengada-ada. Kamu memang pribadi yang luar biasa dengan talenta dan keunikannya sendiri. Jadi, ingatlah sembilan poin di atas dan jangan sia-siakan dirimu untuk meratapi kegagalan dan kekuranganmu. Kamu bisa bangkit dengan kakimu sendiri, melakukan banyak hal dengan kelebihan yang kamu punyai, dan menjadi lebih positif dengan kebaikan yang kamu sebarkan. Kamu itu istimewa.

Sebenarnya dirimu punya kuasa untuk merasa merana atau bahagia hari ini. Kalau kamu merasa gak berguna, ingatlah hal-hal di atas dan lakukan yang terbaik hari ini, untuk dirimu sendiri dan juga orang-orang yang kamu sayangi. :)
Artikel ini terinspirasi dari laman Tiny Buddha. Artikel asilinya bisa dilihat disini.

Masa Laluku Bersamamu Merupakan Guru yang berharga Untuk Kehidupan Masa Depan

hatree-Masa Laluku Bersamamu Merupakan Guru yang berharga Untuk Kehidupan Masa Depan,Dalam sebuah hubungan sudah biasa jika akan berakhir bahagia atau sebaliknya. Waktu yang kita investasikan bertahun-tahun tidak menjamin kita akan bersatu selamanya sampai akhir hayat. Justru jika kita gagal sakit yang begitu perih menusuk-nusuk dada.

Jika kita beruntung dengan berjodoh dengannya kita akan bahagia tapi jika sebaliknya kita akan merasakan sakit yang menyayat hati dengan sejuta memori tentangya menghantui setiap langkah kita. Apapun hasil akhirnya inilah yang dinamakan proses pendewasaan diri. Sehingga kita akan menjadi pribadi yang kuat dan tahan banting kelak. Bukankah masa lalu adalah guru yang sangat berharga. Bebab kita belajar banyak darinya.

Masa Laluku Bersamamu Merupakan Guru yang berharga Untuk Kehidupan Masa Depan
Sumber Gambar Dari www.rantlifestyle.com
Masa SMA adalah masa yang bahagia

Masa remaja adalah masa dimana kita mulai merajut kasih. Saat dibangku SMA inilah awal perjumaat kita. Duduk bersama di game center membuat  kita berjam-jam habiskan waktu hanya sekedar berchating denganmu melalui media sosial. Aku sangat bahagia kala itu hatiku penuh dengan bunga sejuta warna. Yang mengudara di langit-langit pikiranku. Tak bisa ku bendung betapa cintanya aku padamu. Sehingga waktu terasa berjalan lebih cepat dari porosnya.

Baca :10 Alasan Kenapa Apoteker Sangat Pantas Dijadikan Pasangan Hidup

Karena cinta hal sederhana terlihat istimewa

Hal sederhana yang kita lalui bersama terkesan sangat berharga. Ketika kau mengantarkan aku pulang dengan jalan kaki. Sehingga aku berfikir tak ingin cepat sampai rumah sebab aku ingin selalu bersamamu. Aku tidak ingin jauh darimu.

Seperti baru kemarin ku rasakan kau bertandang kerumahku tanpa pemberitahuan apapun aku merasa terkejut sekaligus senang. Pertengkaran demi pertengkaran yang kita lalui. Dirimu selalu membuatku tenang. Dan setiap kali kita berpisah selalu ada kata-kata terakhir yang manis sebagai pertanda bahwa kita akan beetemu di dunia mimpi nanti.

Impianku saat itu bisa bersamamu selamanya sampai akhir menutup mata
Masa Laluku Bersamamu Merupakan Guru yang berharga Untuk Kehidupan Masa Depan
Sumber Gambar Dari news.softpedia.com


Waktu demi waktu kita arungi bersama, suka , duka , canda, tawa, emosi semua kita lalui dengan akhir yang indah. Dari putih abu-abu sampai sekarang kemeja biru. Bukanlah waktu yang tidak sedikit untuk kita jalani. Tak jarang aku bermimpi suatu saat nanti kita hidup bahagia selamanya sampai akhir hayat menutul mata. Kau berjas hitam dan aku bergaun putih bak puteri raja. Tapi sekarang hayalan tinggalah hayalan. Jangankan bahagia justru rasa perih yang ku derita.

Investasi waktuku akhirnya sia-sia

Kini masalah demi masalah datang silih berganti, senyum berganti duka, tawa berganti risau, cinta berganti benci. Kita merasa tidak cocok lagi. Hubungan kita yang dulu manis sekarang berubah manjadi asam. Di titik puncak kejenuhan akhirnya kita saling melempar serapah tanpa ada rasa peduli lagi seperti dulu.


Aku dan kamu tak ubahnya dua insan yang tak bisa saling sapa,  namun terpaksa bertatap mata dan berbagi hati. Di hadapan masa, cinta tak ubahnya sebatang pohon yang hanyut terbawa arus sungai.  tak tau arah dan terombang ambing oleh gelombang cinta yang kandas.

Aku ingin segera menghapus jejakmu
Aku ingin segera menghapus jejakmu
Sumber Gambar Dari pixshark.com

Kata melupakan memang mudah tapi praktinya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Setiap kali aku mencoba melupakanmu justru kau selalu mengantui tiada henti. Ketika aku mencoba memjamkan mata justru wajahmu yang hadir dibenakku. Ketika aku ingin menghapus nomer hanphonmu tanpa kusadari aku sudah hafal nomermu.

Aku ingin segera menghapus memori tentangmu. Ingin ku delete semua kenangan yang tertanam di momeri otakku. Justru hal ini sangat menyiksa batinku, membuat hatiku sesak , dan mataku lelah selalu mengalir air yang tidak ku inginkan. Bagaimana caranya menghapus kenanganmu? Selalu aku menyibukkan diri agar tak ingat dirimu.tapi setiap langkah yang kulalui selalu ada bayangmu. Di kampus, di jalan, dibangku taman, cafe, teras rumahku.

Bila kita tidak ditakdirkan bersatu

Dalam suatu hubungan tidak ada yang salah atau disalahkan. Mencintai adalah hak setiap manusia.  Bila  kita tidak ditakdirkan bersatu itupun bukan salah kita. Ini sudah manjadi takdir diantara kita. Kau bebas mencintai siapapun jika dia yang terbaik maka pergilah. Aku tidak akan menghalangimu.

Cinta itu tidak bisa dipaksakan. Raihlah apa yang ingin kau raih, semoga kamu bahagia bersamanya begitu pula aku juga akan bahagia bila melihatmu bahagia. Bila kita tidak ditakdirkan bersatu  bukan salah ku, bukan salah mu, dan bukan salah dia. Inilah jalan hidup hang harus kita tempuh.

Pelajaran yang paling berharga adalah masa lalu, dan akhirnya aku sanggup berdiri tanpamu
Pelajaran yang paling berharga adalah masa lalu, dan akhirnya aku sanggup berdiri tanpamu
Sumber Gambar Dari www.dailyherald.com

Tak ada kata lain yang ku ucapkan kecuali terimkasih kepadamu. Dulu bersamamu banyak warna yang kau goreskan di hatiku. Warna merah, biru, jingga, sampai hitam pucat. Terinaksih bahwa engkau telah mencintaiku.kau pernah hadir dalam hidupku membuatku menjadi orang paling bahagia didunia ini. Dan kini aku mulai membuka mata untuk menciptakan tujuan hidup.

Terimakasih aku gulirkan untukmu yang telah membangkitkan  semangatku dan meledakkan bongkahan batu yang mengganjal di relung hatiku. Setiap sisi ruang yangntelah kita lewati bersama hanya menjadi saksi bisu coretan kisah kita. Dan akan tetap seperti itu. Dan ketika aku menyusurinya bukan tangis yang ku dapati tapi kini aku bisa tersenyum sebab tempat itu dulu adalah kenangan yang manis yang tak perlu aku hapus. Kemarin adalah masa lalu, hari ini adalah anugerah dan besok adalah misteri.

Terimakasih atas cerita cinta kita waktu itu. Kau adalah masa lalu terindahku
Terimakasih atas cerita cinta kita waktu itu. Kau adalah masa lalu terindahku
Sumber Gambar Dari www.idealmagazine.co.uk

Kini saatnya aku melanjutkan hidupku yang sempat tertunda saat dirimu tiada disisiku kembali.kini saatnya aku mengisk dadaku dengan udara yang  baru. Aku akan menjemput masa depanku yang indah. Walau tanpa  dirimu dunia akan terus berputar. Terimaksih atas semua goresan cerita cinta kita. Kau adalah masa lalu terindahku.

Harga Karet Yang Semakin Tidak Berharga

Kali ini aku coba menulis sesuatu yang mungkin kurang familiar di kalangan anak gaul nusantara. Yups. Tentang harga karet!

Sebelumnya adakah di antara temans yang bekerja sebagai petani karet? Jika ada, pasti kalian kecewa dengan harga karet dalam setahun terakhir ini bukan? Harganya lumayan stabil, iya stabil murah! Di berbagai tempat, rata-rata harga karet saat ini adalah rp. 6000 perkilo.


cewek cantik penyadap getah


Kemarin sempet ada teman dari Pontianak telepon:

Teman: "Halo Zuk, asal lo tau ya, di sini karet satu kilo 6000. Kalo di situ?"

Aku: "Di situ? Oh.. Di situ kadang saya merasa sedih, bro."

Teman: "Zuk. Bisa serius gak?"

Aku: "Oh, iya. Bisa, bisa. Di sini satu kilo 10 ons, bro."

Teman: "Lu kebanyakan hidup di bawah tempurung kelapa sawit ya?"

Aku: "Haha... Okay kali ini serius. Di sini 12.000, bro."

Teman: "12.000 rupiah?"

Aku: "12 ribu dollar. Dollar Pekanbaru."

Teman: "Serius bangsat!"

Aku: "Haha iya serius, di sini 12.000 rupiah, tapi per 2 kilo, hahaha..."

Teman: *lalu terdengar suara hape dibanting*

Pun ketika aku coba SMS salah satu teman di Serbia, ternyata harga karet di sana juga ga kalah murahnya. Harga karet dunia memang lagi memprihatinken. Menurut berita di surat kabar yang aku dengar, penyebab semakin tidak berharganya harga karet adalah karena pabrik-pabrik pengolahan karet lebih suka memakai bahan baku karet sistetis alias karet buatan daripada karet alam. Ditambah semakin luasnya perkebunan karet di berbagai negara, sehingga hasil karet alam melimpah ruah. Sesuai hukum pasar, ketika barang melimpah maka harga murah, ketika barang langka maka harga menjadi mahal.


Di Riau sendiri, karet merupakan salah satu hasil alam paling terkenal selain minyak bumi, kelapa sawit dan kabut asap. Hampir di setiap perkampungan di Riau ini terdapat perkebunan karet. Banyak penduduk yang mengandalkan hasil karet untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi dengan harga seperti saat ini, tentu saja hasil kebun karet sudah tidak bisa lagi dijadikan andalan. Makanya banyak penduduk yang beralih profesi dari tukang sadap karet menjadi supir angkutan, kuli bangunan, penjual sayur, buruh pabrik, model, bintang iklan, dan lain-lain.



Aku yakin banget, pasti para petani karet belum bisa move on dengan kenangan indah di akhir tahun 2009 hingga pertengahan 2010 lalu. Di mana pada masa itu harga karet mengalami masa keemasannya. Di kampungku sendiri, harganya pernah tembus rp 23.000 per kilo. Penghasilan petani karet saat itu antara 200.000 hingga 600.000 per hari. Tergantung luas kebun karet yang mereka kuasai.

Dengan penghasilan sebanyak itu untuk ukuran orang kampung, banyak yang akhirnya lupa diri dengan menuruti nafsu hedonisnya. Kredit mobil pribadi, kredit beberapa motor sekaligus untuk diberikan ke setiap anggota keluarga, mengambil pinjaman di bank untuk membangun rumah dan berbagai keperluan lainnya. Dengan jaminan, pendapatan dari kebun karet untuk angsuran tiap bulan.

Sayang seribu kali sayang, harga mahal itu cuma eksis berapa bulan saja. Pertengahan 2010 harganya mulai memurah sedikit demi sedikit namun terus menerus dan begitu cepat. Dari harga 23.000 turun menjadi 22.000, turun lagi menjadi 21.000, turun lagi jadi 20.000, dan terus turun lagi, lagi, dan lagi. Bahkan seingatku, dari tahun 2013 hingga saat ini harga karet cuma berkisar antara 6000 - 8000. Tidak pernah lebih dari 10.000 lagi.

Bagi mereka yang di waktu harga karet tinggi jor-joran mengambil kreditan ini dan itu, begitu harga karet terus menurun tanpa henti, jelas merupakan pukulan telak. Mereka harus menghadapi debt collector. Dan ketika tidak sanggup membayar cicilan, mereka harus merelakan mobil dan motor mereka diambil paska oleh petugas dialer. Dan tentu saja uang muka serta angsuran yang pernah dibayar hangus tanpa terbakar. Boro-boro untuk bayar cicilan, demi membeli kebutuhan pokok saja sulit. Sungguh kenyataan pahit.
 

Tapi biarpun pahit, tetap ada pelajaran berharga dibalik peristiwa tersebut. Bahwa, roda kehidupan itu terus berputar. Hari ini kita di atas, bisa saja besok di bawah, di samping, dari belakang. Masa depan bisa dirancang tapi tidak bisa diprediksi dengan pasti. Banyak hal-hal tak terduga yang bisa mengubah banyak hal. Jangan foya-foya selagi jaya! Sisihkan sedikit untuk sedekah dan tabungan. Guru kencing berdiri murid kencing berlari. #apasih

Tiada ulasan: