Jumaat, 20 November 2015

TANDA TANDA SAKIT JANTUNG

Tanda-Tanda Awal Masalah Jantung
Sakit yang berkenaan jantung merupakan pembunuh nombor satu negara. Maknanya kemungkinan untuk menghadapi masalah jantung amatlah tinggi. Elok kita kenal beberapa tanda-tanda yang mungkin memberikan indikasi bahawa kita ada masalah jantung.
1. Lidah atau gusi menjadi bengkak atau sakit - berkemungkinan jantung kita ada masalah seperti lemak berlebihan, Injap jantung lemah atau saluran koronari tersumbat.
2. Terasa kebas tangan kiri dan juga lengan - Jika sakitnya berpanjangan pada lengan tangan kiri ada kemungkinan anda akan diserang sakit jantung dalam masa terdekat. (Bagi perempuan sakit terasa pada kedua-dua belah tangan)
3. Lidah terasa tegang dan pendek.
4. Rasa seronok teruja atau rasa bimbang tiba-tiba tanpa sebab.
5. Rasa sakit pada dada (Ulu hati sedikit ke sebelah kiri) - biasanya terasa seperti dada sedang dihempap oleh benda berat.
6. Daripada sakit dada rasa sakit mula merebak pada tangan, lengan, tengkok, belakang, abdomen dan rahang
7. Rasa tidak selesa pada dada seperti dipam angin penuh, atau rasa pedih.
8. Batuk tiba-tiba dan berpanjangan atau terasa ada kahak dan sentiasa mahu berdehem.
9. Rasa kepala berpusing tidak seimbang.
10. Rasa keletihan sepanjang masa.
11. Rasa meloya dan tidak ada selera makan.
12. Degupan jantung tidak menentu.
13. Nafas terasa pendek.
14. Berpeluh dengan tiba-tiba walaupun sedang duduk rehat atas kerusi.
15. Membengkak pada bahagian seperti sendi-sendi di kaki atau abdomen.
16. Saat-saat paling hampir pada serangan jantung biasanya membawa kepada keletihan atau tidak maya yang teruk.
Kepantasan anda mendapatkan rawatan mampu menyelamatkan nyawa anda
Tanda-Tanda Awal Masalah Jantung Sakit yang berkenaan jantung merupakan pembunuh nombor satu negara. Maknanya kemungkinan untuk menghadapi masalah jantung amatlah tinggi. Elok kita kenal beberapa tanda-tanda yang mungkin memberikan indikasi bahawa kita ada masalah jantung. 1. Lidah atau gusi menjadi bengkak atau sakit - berkemungkinan jantung kita ada masalah seperti lemak berlebihan, Injap jantung lemah atau saluran koronari tersumbat. 2. Terasa kebas tangan kiri dan juga lengan - Jika sakitnya berpanjangan pada lengan tangan kiri ada kemungkinan anda akan diserang sakit jantung dalam masa terdekat. (Bagi perempuan sakit terasa pada kedua-dua belah tangan) 3. Lidah terasa tegang dan pendek. 4. Rasa seronok teruja atau rasa bimbang tiba-tiba tanpa sebab. 5. Rasa sakit pada dada (Ulu hati sedikit ke sebelah kiri) - biasanya terasa seperti dada sedang dihempap oleh benda berat. 6. Daripada sakit dada rasa sakit mula merebak pada tangan, lengan, tengkok, belakang, abdomen dan rahang 7. Rasa tidak selesa pada dada seperti dipam angin penuh, atau rasa pedih. 8. Batuk tiba-tiba dan berpanjangan atau terasa ada kahak dan sentiasa mahu berdehem. 9. Rasa kepala berpusing tidak seimbang. 10. Rasa keletihan sepanjang masa. 11. Rasa meloya dan tidak ada selera makan. 12. Degupan jantung tidak menentu. 13. Nafas terasa pendek. 14. Berpeluh dengan tiba-tiba walaupun sedang duduk rehat atas kerusi. 15. Membengkak pada bahagian seperti sendi-sendi di kaki atau abdomen. 16. Saat-saat paling hampir pada serangan jantung biasanya membawa kepada keletihan atau tidak maya yang teruk. Kepantasan anda mendapatkan rawatan mampu menyelamatkan nyawa anda

Mengenali dan Mengetahui Ciri2 Penyakit Jantung Sejak Dini

Mengenali dan Mengetahui Ciri2 Penyakit Jantung Sejak DiniCiri2 penyakit jantung biasanya mulai terasa menyakitkan dan mengganggu kehidupan seseorang saat penyakit tersebut mulai parah. Dan tak bisa dipungkiri bahwa sakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia dan telah banyak merenggut nyawa ribuan bahkan jutaan orang di dunia. Mengerikan, bukan? Oleh karena itu sudah sepatutnya semua orang mendapat bekal tentang pengetahuan ciri-ciri atau gejala penyakit jantung sejak dini agar kelak bisa mengatasi atau bahkan menghindari penyakit jantung. Lagi pula penyakit jantung juga bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lain yang juga akan lebih membahayakan nyawa penderitanya. Yang lebih berbahaya lagi penyakit jantung bisa menghinggapi siapa saja dan kapan saja baik yang memang sudah ada dalam garis keturunannya atau bagi mereka yang memiliki pola hidup tetap sehat. Lalu bagaimanakah gejala penyakit jantung dan pencegahannya? Semuanya akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Ciri2 Penyakit Jantung yang Sebaiknya Diketahui Sejak Dini

Gejala penyakit jantung lemah bisa terjadi kapan saja. Pada dasarnya timbulnya penyakit ini bisa dicegah sejak dini. Namun untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa saja gejala atau ciri-ciri penyakit jantung yang bisa mengancam keselamatan Anda. Dan jika nantinya Anda merasakan atau mengalami beberapa gejala yang nantinya kita bahas pada artikel ini, segeralah untuk mengonsultasikannya ke dokter untuk mengetahui apakah gejala tersebut benar gejala penyakit jantung atau bukan.
Dan berikut ini adalah ciri2 penyakit jantung yang biasanya disebabkan oleh pola hidup tidak sehat, kurang olahraga, atau terlalu sering stres:
  1. Merasa Nyeri di Dada
Rasa nyeri di dada yang dimaksudkan di sini bukanlah hanya istilah yang biasa dipakai oleh orang-orang “galau.” Para penderita penyakit jantung biasanya memang akan merasakan gejala rasa nyeri di dada yang menjadi pertanda awal seseorang yang terkena sakit jantung. Akan tetapi, masih belum bisa dipastikan apakah nyeri di dada yang Anda rasakan adalah diakibatkan oleh penyumbatan arteri atau justru gejala penyakit lain. Maka dari itu sebaiknya Anda konsultasikan masalah gejala penyakit jantung lemah ini ke dokter. Jika tidak segera ditangani dan semakin hari semakin parah, kondisi ini akan membuat tubuh penderita menjadi semakin lemah dan mati rasa. Berbahaya sekali, bukan?
  1. Merasa Sakit Kepala
Mungkin jika Anda tidak jeli menyikapi ciri2 penyakit jantung, Anda akan merasa bahwa gejala sakit kepala ini adalah gejala biasa yang mungkin biasa Anda alami. Tetapi ternyata gejala sakit kepala yang diderita oleh penyakit jantung ini bisa terjadi saat penderita terkena sorotan cahaya. Apa pengaruhnya bagi jantung? Saat Anda terkena sorot cahaya, maka jantung akan terpengaruh untuk berdenyut lebih cepat dari biasanya. American Academy of Neurology mengatakan bahwa keluhan sakit kepala yang dirasakan oleh penderita sakit jantung terjadi karena adanya penyimpangan sirkulasi darah. Nah, bagi Anda yang serinng mengalami gangguan pengelihatan dan juga sering mengalami migren, mungkin Anda harus memeriksakan diri Anda. Barangkali itu adalah cikal bakal gejala penyakit jantung lemah.
  1. Mudah Merasa Lelah
Ciri2 penyakit jantung selanjutnya adalah penderita akan sangat mudah merasa kelelahan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Atau jika Anda juga merasa lelah saat Anda bangun tidur ketika seharusnya Anda merasa segar, Anda harus segera memeriksakan diri Anda ke dokter untuk memastikan apakah gejala tersebut berbahaya atau tidak untuk diri Anda dan apakah gejala tersebut termasuk gejala sakit jantung atau bukan.
Perawatan dan pengobatan dini terhadap penyakit jantung sangat menentukan kesembuhan penyakit ini, oleh karenanya mengenali gejala-gejalanya sejak awal sangatlah penting. Di halaman 2 masih ada beberapa ciri-ciri penyakit jantung yang dapat Anda baca, dan juga beberapa tips tentang cara mencegah penyakit ini.

Waspadai 6 Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai gejala penyakit jantung pada wanita. Kita tahu bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Data dari WHO mencatat bahwa pada tahun 2003 terdapat 17, 3 Juta orang meninggal karena penyakit jantung. Di Indonesia sendiri WHO mencatat ada sekitar 243,048 meninggal dunia pada tahun 2011 karena penyakit jantung. WHO juga memperkirakan pada tahun 2030 angka kematian karena penyakit ini bisa mencapai 23, 3 juta per tahun, sungguh sangat memprihatinkan.
Pengertian Penyakit Jantung
Sakit jantung atau dalam dunia medis dikenal dengan nama Cardiovaskular Disease (CVDs) merupakan kondisi dimana ada permasalahan di jantung anda. Kondisi dimana pembuluh darah anda tersumbat sehingga darah yang dipompa oleh jantung tidak bisa mengaliri seluruh tubuh. Ketika darah tidak berhasil disalurkan otomatis oksigen yang dibawa tidak bisa didistribusikan ke otot-otot tubuh, otak dan bagian penting lainnya.
gejala penyakit jantung pada wanita

Gejala Penyakit Jantung

Seperti penyakit pada umumnya, dunia medis telah mempelajari gejala-gejala yang menimbulkan penyakit jantung. Gejala-gejala ini yang digunakan untuk melakukan tindakan yang tepat untuk menangani permasalahan pada jantung ini. Gejala penyakit jantung pada pria lebih mudah diindetifikasi karena sebenarnya penyakit ini lebih sering terjadi pada pria sehingga para ahli medis telah melakukan identifikasi penyakit ini dengan penelitian yang cukup lama. Meskipun penyakit jantung lebih banyak terjadi pada pria namun wanitapun juga mempunyai resiko yang cukup besar, bahkan para wanita harus lebih berhati-hati karena sangat sulit mendeteksi gejala penyakit jantung pada wanita. Gejala yang terjadi pada wanita cukup berbeda dengan gejala yang terjadi pada pria, gejala pada wanita lebih ke gejala umum penyakit lain.

Gejala Penyakit Jantung Pada Wanita

Karena gejala sakit jantung pada wanita cukup berbeda dengan pria, saya akan membahasnya disini agar para wanita bisa mengurangi resiko yang ditimbulkan oleh penyakit jantung. Ada sekitar 6 gejala yang perlu anda waspadai, diantaranya :
1. Nyeri Pada Dada
Meskipun nyeri pada dada merupakan gejala umum penyakit jantung, wanita sering mengalami keadaan yang berbeda dibandingkan dengan pria. Pada umumnya nyeri itu terjadi pada dada bagian kiri, namun sebagian dari wanita bisa mengalami nyedi dada pada bagian kanan sehingga sering dianggap hanya nyeri karena kecapekan dan bukan karena sakit jantung. Nyeri yang terjadi pada dada wanita ini sebenarnya lebih menyakitkan daripada laki-laki, ketidaknyamanan tersebut dikarenakan adanya tekanan yang cukup keras pada bagian dada.
2. Nyeri Pada Bagian Tubuh Lain
Kalau dalam keadaan umum sakit jantung ditandai dengan adanya nyeri dada, wanita akan mengalami rasa nyeri pada bagian lain, yaitu pada : lengan, leher, rahang dan punggung. Nyeri pada bagian tersebut tidak terjadi pada pria, sehingga banyak wanita yang tidak menyadari bahaya dibalik nyeri tersebut. Nyeri ini merupakan kondisi yang tak lazim jadi misalnya anda tiba-tiba mengalami nyeri pada lengan, leher, rahang dan punggung tanpa sebab yang pasti atau kadang terbangun secara tiba-tiba karena nyeri tersebut, anda perlu mewaspadai hal tersebut sebagai salah satu gejala penyakit jantung. Segera konsultasikan kepada dokter anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.
3. Sakit Perut
Siapa yang mengira bahwa sakit perut merupakan salah satu gejala sakit jantung. Sakit perut identik dengan tanda-tanda sakit maag atau sakit lambung, sehingga banyak yang mengabaikan hal ini sebagai salah satu sinyal yang harus anda waspadai. Bila anda merasakan sakit perut yan luar biasa, disertai dengan mual anda perlu segera ke dokter dan memeriksakan diri anda. Sakit perut pada penyakit jantung biasanya menimbulkan rasa sakit seperti ada beban berat yang menimpa perut anda.
4. Sesak Nafas
Pernahkan anda merasa ngos-ngosan meskipun anda tidak melakukan kegiatan apa-apa? jika iya, anda perlu memeriksakan jantung anda. Sesak nafas merupakan salah satu pertanda anda mengidap penyakit jantung, apalagi ditandai dengan gejala pendukung lainnya. Sesak nafas ini bisa dikarenakan tidak megalirnya oksigen dalam darah ke paru-paru karena adanya penyumbatan di saluran darah sehingga anda menjadi kesulitan bernafas.
5. Berkeringat Dingin
Keringat dingin berbeda dengan keringat pada umumnya, misalnya keringat yang dihasilkan karena baru saja melakukan olahraga. Keringan dingin lebih seperti keringat yang dihasilkan karena gugup ataupun stress. Jadi apabila tangan anda tiba-tiba mengeluarkan keringan meskipun anda sedang tidak olahraga atau sedang berpanas-panasan, anda perlu mewaspadai hal tersebut.
6. Kelelahan yang berlebih
Tanpa sebab yang jelas, anda bisa mengalami kelelahan yang berlebih sehingga tidak bisa melakukan aktifitas yang ringan sekalipun. Kejadian ini terjadi hampir 70% dari wanita yang memiliki menderita penyakit jantung. Pada umumnya orang yang sakit jantung mengalami kecapekan di dada terlebih dahulu baru setelahnya badan menjadi lemas tak bertenaga, bahkan ketika ingin mengambil minum di dapur pun rasanya berat sekali.
Enam gejala penyakit jantung pada wanita tersebut tidak semuanya bisa dirasakan oleh para wanita, ada beberapa orang yang mengalami gejala 1 dan 6 saja atau 2, 3 dan 5. Langkah yang tepat sebagai antisipasi hal yang lebih buruk lebih baik anda memeriksakan jantung anda ketika salah satu gejala tersebut terjadi pada diri anda. Mengetahui lebih dini lebih baik daripada sakit jantung anda menjadi lebih parah. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kondisi badan agar sehat selalu.

Kenali 12 Gejala Penyakit Jantung Ini

Gejala penyakit jantung. Penyakit jantung atau serangan jantung secara tidak langsung dianggap orang awam sebagai gangguan kesehatan yang sama. Sebetulnya, di dalam dunia medis, kedua masalah tersebut berbeda. Penyakit jantung adalah ketidak mampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan, serangan jantung adalah penyumbatan atau penyusutan pembuluh darah ke jantung, yang mengedarkan darah dengan mengangkut sari makanan dan oksigen. Serangan jantung dikatakan sangat berbahaya, karena dilihat dari rekam jejak penderita serangan jantung selalu berakhir pada kematian.
Meskipun begitu, penyakit jantung bukan masalah yang patut dianggap ringan. Di Amerika Serikat, penyakit jantung adalah pembunuh No. 1 bagi penderita, baik laki-laki maupun perempuan. Mencapai lebih dari 40% dari semua kematian di AS terjadi karena penyakit jantung. Itu lebih besar dari penyakit kanker, meski digabungkan.

Gejala Penyakit Jantung

Gejala Penyakit Jantung
Gejala penyakit jantung cukup sulit untuk dikenali atau dipahami, dokter mengingatkan kepada semua orang untuk tidak mengabaikan segala sesuatu yang dianggap sebagai tanda-tanda atau sinyal peringatan yang diberikan oleh tubuh, bersegeralah lakukan konsultasi pada tenaga medis yang sudah berpengalaman.
Apabila Anda ingin tahu lebih dini mengenai gejala awal penyakit jantung, berikut ini telah saya tuliskan gejala penyakit jantung yang tidak boleh diabaikan, sesuai dengan artikel yang diterbitkan dalam halaman WebMD.
1 | Mudah lelah (fatigue)
Calon pengidap infark miokardial akan lebih sering mengalami gejala ini, tubuh seakan tidak berdaya dipakai untuk bekerja. Karena ketidak tahuan, mungkin calon pengidap akan mengira bahwa tubuhnya hanya kurang istirahat. Sebetulnya, persepsi tersebut bisa dikatakan benar. Namun, jika kelelahan yang dialami terasa ekstrim, kemungkinan besar merupakan gejala dari serangan jantung. 
Sebetulnya ada cara untuk mengenali apakah rasa lelah atau letih yang Anda alami terjadi karena alasan lain, maksudnya keletihan ini tidak selalu bersangkutan dengan gangguan kesehatan jantung. 
Pertama-tama, coba kurangi waktu kerja Anda, jika dirasa kurang berhasil, kurangi waktu dan beban pekerjaan Anda. Apabila masih belum berhasil, coba istirahat total beberapa hari, dan bila hasilnya belum terlihat, cepat-cepat periksakan diri ke dokter.
2 | Cemas
Penyakit jantung membuat penderita merasakan kecemasan akan hal-hal yang membuat dirinya masuk ke jurang kematian, lebih intens mengalami ketakutan. Berhasil pulih dari penyakit jantung membuat bekas penderita beranggapan bahwa dirinya telah lolos dari kematian.
3 | Nyeri dada
Gejala paling umum dari serangan jantung adalah nyeri di bagian dada. Setiap kali seseorang merasa sakit di bagian dada, pasti terlintas di pikirannya bahwa itu adalah gejala serangan jantung. Namun meskipun benar, tidak semua nyeri dada berhubungan dengan gangguan kesehatan organ jantung.
4 | Batuk berdarah
Batuk berdarah yang disertai darah tergolong dalam tanda-tanda menderita gagal jantung, akibat terjadi akumulasi cairan di dalam paru-paru. Jika Anda selama ini merasa sehat, kemudian suatu hari mengalami batuk berdarah untuk perta kalinya, bergegaslah ke dokter untuk memeriksakan kondisi jantung Anda.

5 | Gangguan tidur
Kesulitan tidur juga sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Hal ini dilihat berdasarkan hasil survey dari sejumlah wanita, yang mana 50% mengalami gangguan tidur pada beberapa hari sebelum positif mengidap serangan jantung.
6 | Pusing dan pingsan
Serangan jantung membuat penderita beberapa kali merasakan pusing dan bahkan tidak jarang diakhiri dengan pingsan akibat kehilangan kesadaran. Ini terjadi karena denyut jantung yang abnormal atau aliran darah tidak optimal atau bisa juga dikarenakan kemampuan memompa darah yang buruk.
7 | Sesak napas
Sama halnya seperti nyeri dada, sesak napas juga selalu hadir beberapa hari sebelum seseorang divonis dokter mengidap penyakit jantung. Sesak napas terjadi karena rongga udara di dalam paru-paru (kongesti pulmoner atau edema pulmoner) kemasukan cairan.
8 | Mual dan nafsu makan terganggu
Oleh karenanya terjadi pembengkakan pada perut, hal ini membuat penderita mengalami kurang nafsu makan, dan bahkan lebih sering merasakan mual (ingin muntah). Gejala penyakit jantung ini merupakan ciri-ciri penderita dilihat secara fisik.
9 | Denyut jantung tidak teratur
Dokter mengatakan bahwa terjadi suatu masalah yang cukup mengkhawatirkan apabila terjadi ketidakaturan denyut atau detak jantung. Terlebih apabila disertai dengan sesak napas, kelelahan, pusing, ataupun lemah. Itu merupakan bukti kuat dari serangan jantung, gagal jantung, atau aritmia. Jika tidak diobati dengan segera, dapat membuat penderita mengidap stroke dan bahkan mengalami kematian mendadak.
10 | Keringat dingin
Anda pasti sudah pernah merasakan keringat dingin, biasanya ketika menahan rasa ingin BAB ataupun ketika gugup sebelum tampil di depan umum. Keluarnya keringat dingin ini sebetulnya termasuk salah satu gejala umum dari serangan jantung, namun jarang disadari. Oleh karena itu, jika sewaktu-waktu tubuh Anda mengeluarkan keringat dingin tanpa suatu alasan, alangkah baiknya Anda periksa ke dokter.
11 | Pembengkakan di beberapa bagian tubuh
Gagal jantung bisa mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh. Dampaknya yaitu beberapa tubuh seperti kaki, pergelangan kaki, atau perut mengalami pembengkakan. Karena itu juga terjadi kenaikan berat badan yang disertai kehilangan nafsu makan.
12 | Nyeri di selain bagian dada
Tadi telah disebutkan salah satu gejala penyakit jantung adalah nyeri dada. Dalam kasus lain, ada juga yang melaporkan bahwa rasa nyeri menyebar ke area bahu, lengan, siku, leher, punggung, perut, dan atau bahkan hingga ke rahang (tenggorokan). Meski demikian, rasa nyeri pada bagian tubuh selain dada hanya terjadi beberapa saat, mudah datang dan pergi.
Begitulah gejala penyakit jantung yang patut Anda ketahui, waspadai, dan kalau bisa jangan sampai diabaikan. Mengetahui penyakit jantung ini adalah pembunuh nomor satu di dunia, sudah sewajarnya Anda lebih waspada jika sewaktu-waktu merasakan salah satu gangguan kesehatan ini.
 
 

1 ulasan:

Ummu Nurkhayla berkata...

Kalau dulu, sakit jantung cuma terkenal di kalangan orang tua sahaja. Tetapi, sekarang ni, baby pun dah ada yang kena sakit jantung.

Mesti ada yang rasa hairan, kenapa boleh bayi yang baru lahir, boleh kena serang sakit jantung. Betul kan?

Nak tahu bagaimana, jom baca di sini.

Punca Sakit Jantung