Isnin, 7 September 2015

SEMBELIT









Apa itu Sembelit dan Apa yang Harus Dilakukan Tentang ini?

22 Mei 2014 16:56:27 Dibaca : 1,272
Apa itu Sembelit dan Apa yang Harus Dilakukan Tentang ini?
Sembelit ada beberapa penyebutan kata dalam hal ini. Sembelit itu bisa disebut dengan nama konstipasi dan susah buang air besar. Nah, untuk itu mari kita berdiskusi bersama dalam masalah ini.


Sembelit adalah salah satu masalah yang kebanyakan orang mengalami dan berpengalaman yang sangat mengganggu dalam kehidupan mereka. Di negara Amerika sana, ini merupakan penyebutan dengan keluhan gastrointestinal yang paling umum. Konstipasi ini sangat mempengaruhi terhadap perempuan dan orang tua. Namun, semua orang rentan mengalami sembelit. Sembelit adalah gejala gangguan fungsi usus, yang membuat pergerakan usus jarang dan suit berfungsi. Paling sering memang sembelit tidak terlalu mencapai hal yang besar meskipun dalam hal demikian kita harus selalu waspada karena sembelit bisa - bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.

Sembelit terjadi ketika usus besar menyerap air terlalu banyak atau kontraksi otot, yang menyebabkan buang air besar, lambat dan lamban. Sehingga, apabila pergi ke kamar mandi sulit untuk dikeluarkan dan terasa menyakitkan. Akibat seperti ini juga bisa menyebabkan BAB berdarah atau mengalami pendarahan BAB saat ingin mengeluarkannya. Jika seperti ini terjadi maka sistem pecernaan Anda kurang baik dan tindakan salah satunya yaitu pergi ke medis untuk melakukan pemeriksaan pencernaan Anda.

Selama feses masih terus mengalami kekerasan dan kering ini akan membuat untuk mengeluarkannya akan lebih sulit. Tubuh setiap orang memiliki jadwal pengeluaran BAB dengan sendirinya berdasarkan kebiasaan. Dengan gaya hidup dan pola makan seperti diet kurang baik maka ini juga sebagai salah pengaruhnya susah mengeluarkan kotoran. Jika Anda pergi atau dirumah selama tiga hari atau lebih lama tanpa mengeluarkan buang air besar, maka ini harus diwaspadai.

Apa gejala sembelit?


Meskipun, orang yang mengalami sembelit dapat mengetahui bahwa dirinya telah mengalami susah buang air besar akan tetapi untuk orang yang belum mengalami sembelit itu mungkin akan merasa seperti menyakitkan, canggung dan takut. Nyeri perut dan terasa kembung atau pembekakan dapat terjadi dan merasakan adanya rasa sakit dan muntah-muntah. Setelah kurang dari dua minggu tidak mengeluarkan BAB maka itu sebagai tanda bahwa Anda sedang mengalami susah buang air besar.

Penyebab sembelit


ada beberapa yang disebabkan oleh sembelit seperti diet, mengkonsumsi obat-obatan, gaya hidup dan terserang penyakit lain. Namun alasan paling umum untuk yang mengalami sembelit yaitu tidak memberikan air yang memadai terhadap tubuh dan asupan serat yang masuk kedalam tubuh kurang. Tanpa jumlah yang cukup air didalam tubuh ini akan mengalami dehidrasi. Selain itu, aktivitas yang kurang, dan berdasarkan fakta penelitian yang dikemukan oleh para ahli olahraga juga bisa sebagai mobilisasi yang menyebabkan sembelit. Stres dan depresi juga memilik peran penting dalam membantu susah buang air besar dan penyakit seperti hipotiroidisme. Parkinson, mulitiple sclerosis dan kondisi neurologis lainnya dapat menyebabkan konstipasi. Menggunakan obat pencahar, antasida dan obat resep lainnya seperti obat nyeri, narotika dan antidepresan telah terbukti dapat menyebabkan sembelit. Penyebab lainnya adalah gangguan makan, Iritable Bowel Syndrome (IBS), kehamilah dan kanker usus besar.

Mengobati sembelit


Sebagian besar pengobatannya adalah diet dan merubah gaya hidup. Menambah 2-4 gelas tambahan air per hari, serta minum cairan hangat di pagi hari untuk membantu proses eliminasi fese. Makan buah-buahan dan sayuran serta diet serat tinggi akan dapat membantu untuk menghilangkan konstipasi. Jika sembelit berlanjut lebih dari dua minggu maka satu cara yang terbaik adalah pergi ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter.

Sumber : http://www.universalhealthinfo.com/Constipation.htmlhttp://ezinearticles.com/?expert=Sarah_Labdar

Apa itu sembelit

DokterSehat.com – Gangguan pencernaan seringkali dipandang sebelah mata, padahal jika dibiarkan berlarut-larut bisa mengakibatkan kanker usus besar (kolon). Wanita lebih sering sembelit. Benarkah kasus sembelit banyak dialami kaum wanita? Kaum wanita banyak dipengaruhi oleh faktor fisiologis, fisik, hormonal wanita (seperti menstruasi dan menopause), kehamilan dan melahirkan. Jadi jika dibandingkan dengan pria, wanita memang lebih sering mengalami gangguan transit dalam usus, termasuk sembelit dan radang (inflamasi) pada perut. Salah satu faktor penyebabnya antara lain kurangnya asupan makanan bersarat serta meningkatnya penggunaan obat-obatan dan pencahar.
Faktor penyebab sembelit
Sembelit merupakan suatu keadaan dimana waktu transit makanan dalam usus berlangsung lebih dari 72 jam, konsistensi tinja yang keras, pencernaan terasa tidak nyaman seperti kembung, perut terasa penuh dan berat, serta pengeluaran tinja terasa lambat. Pengeluaran tinja yang lambat terjadi akibat kebiasaan makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, kebiasaan menunda BAB (Buang Air Besar) serta stres berlebih. Jika ini berlangsung terus menerus, lama kelamaan penderitanya akan beresiko terkena kanker usus besar.
Utamakan serat dan probiotik
Untuk mencegah dan mengatasi sembelit, tidak ada cara lain selain mengubah kebiasaan atau gaya hidup kita selama ini. Makan secara teratur, berolahraga secara teratur akan turut memperlancar metabolisme tubuh dan meningkatkan stamina kebugaran kita. Konsumsi serat 25 – 30g/ hari dari sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan juga perlu dilakukan setiap hari untuk merangsang gerakan peristaltik usus secara optimal. Selain itu, perbanyak konsumsi prebiotik yang mengandung oligosakarida (misalnya pisang, papaya, ubi, bawang,).
Tip mencegah sembelit :
  • Terapkan pola makan sehat dan seimbang. Perbanyak minum air putih minimal 10 gelas atau 2 liter perhari. Karena air membantu proses pencernaan makanan.
  • Biasakan BAB (Buang Air Besar) setiap hari dan jangan di tunda-tunda.
  • Kurangi minum kopi atau minuman ringan yang mengandung kafein.
  • Lakukan olahraga secara teratur untuk memperlancar metabolisme dalam tubuh. Jika tidak sempat berolahraga, selingi aktivitas fisik dalam kantor Anda dengan berjalan-jalan atau naik turun tangga secara berkala.
  • Biasakan mengkonsumsi makanan dan berserat secara teratur untuk memperlancar prosos transit didalam usus.
Sumber : apamengapadanbagaimana.blogspot.com

Apakah itu sembelit? Seriuskah ia atau tidak….

Salam semua..
Ini adalah entri saya yang pertama untuk memulakan langkah kanan..
Alhamdulillah kita sudahpun menyambut Hari Raya Aidil Fitri minggu lalu. Kini bulan Syawal masih lagi ada lebih kurang 20 hari. Seharusnya kita sudah mula memulakan rutin harian kita seadaanya. Jika ada pembaca yang masih dengan mood raya.. tiada salahnya untuk kita mengenal erti rehat daripada makan berlebihan dan tidak bermakna.
Tajuk entri kali ini adalah sembelit. Mungkin pembaca setia Soleh.Net ada yang mula mengalami masalah ini sekarang. Selepas membelasah rendang, lemang mahupun ketupat  Apakah itu sembelit?
Sembelit merupakan kepayahan dalam membuang air besar atau membuang air besar yang tidak kerap dan tidak sempurna (complete). Selalu rasa masih ada lagi yang mahu dibuang tetapi payah. OK, kebiasaanya pesakit yang mengalami masalah ini selalu merasakan najis mereka keras, terasa sakit ketika proses pembuangan dan selalu merasakan incomplete feeling of passing the stools.
Simptom lain yang mungkin dialami oleh pesakit adalah kembung perut dan tidak selesa.
Siapa yang boleh ter’kena’ sembelit?
Perlu diingatkan disini bahawa maksud sembelit ini mungkin bervariasi dan mengikut individu. Ini bermakna, ada org yang merasakan keadaan kembung perut dan tidak selesa itu normal. Dan ada yang tidak pernah mengalami kembung perut dan merasakan itu adalah simptom sembelit. Mana satukah yang betul? mari kita memahimnya lagi…
Sembelit berbeza untuk orang yang berbeza. Ramai yang beranggapan mereka mengalami sembelit jika tidak terdapat pergerakan usus mereka setiap hari. Walaubagaimanapun, tiada satu bilangan yang tepat untuk menentukan pergerakan usus yang normal. Pergerakan usus yang normal kebiasaanya adalah bermula daripada 3 kali sehari sehingga 3 kali seminggu bergantung kepada fisiologi manusia.
Sembelit adalah masalah sistem penghadalam yang biasa. tetapi lebih banyak dialami oleh perempuan, kanak-kanak mahupun orang tua. Lebih-lebih lagi orang tua berumur 65 tahun keatas dan perempuan mengandung.
Sebab-sebab kenapa anda dan saya pernah kena sembelit?
  • Diet rendah fiber.
  • Kekurangan bendalir dalam badan. (tak cukup minum air la ni…)
  • Corak permakanan yang berubah.
  • Ubat-ubatan.
  • Kekurangan senaman. (ini masalah sejagat ni…. :))
  • Perubahan fisiologi badan seperti penuaan dan mengandung.
  • Immobility (Cth: pesakit kronik yang hanya duduk atas katil sepanjang masa)
  • Sikap tidak endah akan pentingnya pergerakan usus sendiri. (takkan usus orang lain pulak ye tak…:))
  • Penyalahgunaan ubat julap.
Rawatan kendiri (self care lah ni…)
Sembelit yang tidak disebabkan oleh penyakit boleh diubati dengan ubat-ubat OTC (over the counter) yang boleh didapati di Farmasi dan tidak memerlukan preskripsi doktor, ubah cara pemakanan dan kehidupan.
  1. Diet
  • Tingkatkan pengambilan fiber dalam makanan (20 hingga 35 grams setiap hari). Ini boleh membantu melembutkan najis disamping menormalkan pergerakan usus yang sekaligus dapat mengembalikannya kepad normal.
  • Makanan yang tinggi fiber adalah seperti sayur-sayuran, cereals, oats dan buah-buahan. Pengambilan makanan tinggi fiber i ni perlu berperingkat-peringkat untuk mengelakkan kembung perut dan kentut.
  • Paling penting. Pengambilan fiber ni kena dengan minum air yang banyak.
2.  Ubah cara hidup.
  • Ubah cara hidup boleh merawat dan mencegah sembelit. Minum air dengan banyak dan bendalir lain sebagai contoh: Jus buah-buahan, Sup, buah-buahan dan Jus sayur-sayuran.
3.   Senaman
  • Senaman yang tetap boleh mengembalikan pergerakan usus yang normal. Bagi pesakit yang selalu terbaring dan duduk diatas kerusi tolak, mengubahkan posisi badan secara kerap juga amat penting untuk mengaktifkan pergerakan usus.
4.  Ubat-ubatan
  • Penggunaan julap ataupun enema tidak digalakkan untuk sembelit yang sederhana tahap keseriusannya. Julap dan enema hanya digalakkan kepada mereka yang dah cuba buat 3 cara diatas tetapi tiada perubahan.
  • Julap (laxative) digunakan untuk merawat sembelit. Boleh didapati dalam bentuk tablet, sirup dan capsule. Penggunaan julap yang bersesuaian haruslah mendapat nasihat dan bimbingan doktor atau ahli farmasi.
Huh… cukup dulu setakat untuk kali ini. Sebarang komen mahupun pandangan amatlah dialu-alukan. Saya akan cuba untuk menghantar entri 1 kali seminggu. InsyaAllah..




Pangobatan Herbal Sembelit

Pangobatan Herbal Sembelit (Constipation) – Sembelit adalah buang air besar yang frekuensinya jarang dengan fases keras. Dalam dunia medis penyakit sembelit dikenal dengan konstipasi. Penyakit sembelit memiliki frekuensi BAB yang jarang , mengalami kesulitan untuk buang air besar yang diakibatkan fases yang keras sehingga diperlukan usaha mengenjan yang lebih keras pada saat buang air besar.
Namun hal yang harus anda ketahui bahwa sembelit merupkan suata gejala dan bukan jenis penyakit. Kondisi sembelit seperti ini merupakan suatu kondisi yang dimana pada saat buang air besar tidak normal, baik itu pada frekuensinya ataupun pada konsistensi feses. Penyebab sembelit yang paling utama adalah tidak tercukupinya serat dalam menu makanan dan cairan. Begitu juga, kurangnya olahraga makin memicu konsipasi karena tidak teraturan sirkulasi darah.
sembelit
Pangobatan Herbal Sembelit
Masalah sembelit pada umumnya akan terjadi pada semua orang pernah mengalaminya. Namun hampir sebagian besar orang mengalami sembelit, sembelit hanya bersifat sementara dan juga tidak berbahaya. Namun anda juga harus tetap mewaspadai dan juga mengetahui penyebab-penyebab yang dapat menyebabkan datangnya sembelit serta obat sembelit hingga melakukan pengobatan herbal sembelit.

Penyebab Sembelit

Hal pertama yang harus anda ketahui sebelum mengetahui penyebab sembelit yaitu mengetahui bagaimana usus bekerja. Usus besar akan bekerja dengan cara menyerap hampir sebagian besar air dari feses dan akan mengubahnya menjadi kotoran yang padat, kemudian akan dilanjutkan dengan pergerakan usus, feses akan ke rektum dan anus. konstipasi akan terjadi apabila feses terlalu lama di dalam usus besar sehingga usus besarpun akan menyerap terlalu banyak air dan feses menjadi keras dan kering.

Beberapa Pola Hidup yang Menyebabkan Konstipasi

  1. Mengkonsumsi makanan yang rendah serat.
  2. Kurang melakukan aktivitas fisik, hal ini tentunya sering dilakukan oleh orang tua yang aktivitas fisiknya sangat terbatas. Selain itu, pada usia lanjut, metabolisme tubuh akan bekerja lebih lambat bagitu juga dengan aktivitas usus.
  3. Adanya perubahan pada kegiatan aktivitas, terutama pada saat melakukan bepergian. Seperti waktu makan, waktu ntidur ataupun waktu untuk membuang air besar akan ikut berubah.
  4. Tidak segera untuk melakukan buang air besar.
  5. Banyak fikiran stress.
  6. Tidak mengonsumsi air putih yang cukup.
  7. Mengkonsumsi suplemen kalsium atau zat besi.
  8. Minum obat-obatan seperti obat penghilang rasa sakit, obat-obatan antidepresi.
  9. Dan juga penggunaan obat pencehar secara berlebihan. Obat pencahar akan menciptakan suatu kebiasaan (habit-forming), sehingga pada saat tidak mengkonsumsi obat tersebut dapat mengakibatkan resiko terjadinya sembelit.
gambar perut sembelit
Pangobatan Herbal Sembelit
Beberapa penyakit yang menyebabkan konstipasi, diantaranya gagal ginjal, hipotiroidisme, dan depresi. Begitu juga ada penyakit yang disebabkan oleh konstipasi, seperti ambeien, radang usus buntu, hernia (burut), insomnia, dan obesitas. Adapun gejalanya, antara lain, antara rasa malas, kolik, kembung, gangguan usus, dan sulit buang air besar.
Pencegahan
Pencegahan konstipasi meliputi penambahan serat dalam menu makanan, seperti buah segar, sayuran, melatih diri untuk banyak minum, konsumsi roti gandum utuh, dan dedak jantung.

Pangobatan Herbal Sembelit

Pengobatan Apotek

Pengobatan untuk kasus konstipasi, mulai dari supositori khusus yang mengandung gliserin atau enema yang diisi dengan obat pencahar aktif, seperti lactulose.

Pengobatan Herbal Sembelit

Psyllium

Kulit biji psyllium digunakan sebagai pencahar. Herbal ini harus digunakan dengan hati-hati karena mengandung pencahar yang kuat sehingga dapat menyebabkan diare.

Lembak

Akar klembak digunakan untuk mengatasi gastritis dan konstipasi. Haluskan akar klembak dan buatlah minuman herbal sebagai pencahar.
cuka-apel
apel – obat sembelit

Apel

Daging apel dimakan langsung atau dibuat jus dari apel utuh dengan semua bagiannya (kulit dan buahnya). Jus tersebut akan mengatur gerakan usus.

Chamomile

Chamomile dibuat minuman herbal obat sembelit  seperti teh, baik itu dari daun chamomile kering maupun segar. Diminum tiga kali sehari.

Akar manis (licoriese)

Minumlah licorice sebelum tidur. baik itu diberi pemanis dari gula nabati mapun tidak. Namun, mengonsumsi licorice dalam jumlah banyak dapat menyebabkan retensi cairan, sodium, dan potasium yang dapat menyebabkan hipertensi.

Bawang putih

Makanlah beberapa siung bawang putih atau dicincang terlebih dahulu. Lanjutkan dengan minum banyak air. Lakukan pada pagi hari dan sore hari.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan pencahar yang kuat sehingga harus digunakan dengan pengawasan. Sebab dapat menyebabkan diare akut yang disertai darah.

Senna

Senna mengandung zat kimia pencahar yang disebut anthroquinones. Zat tersebut sangat kuat sehingga digunakan pada kasus konstipasi akut. Senna tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyususi.

Resep Pangobatan Herbal Sembelit

  1. Licorice, mawae, malva (egyptian mallow), dan thyme. Masing-masing satu sendok teh.
  2. Semua direndam dalam air, setelah itu rendaman tersebut pada pagi dan malam.
  3. Rebus beberapa batang klembak dengan satu gelas jus apel, satu gelas lemon parut, dan satu sendok besar madu sebagai pengikat. Klembak merupakan pencahar yang sangat kuat sehingga harus digunakan dengan hati-hati. Cobalah menggunakan herbal yang ringan terlebih dahulu.
  4. Memperbanyak konsumsi buah, seperti apel, peach, dan biji-bijian, seperti almond dan kacang tanah, serta buah dari tanaman, seperti bawang putih, fumaria, dan malva.
Posted in Obat tradisioanal Sembelit, Uncategorized | Leave a comment

Sembelit

sembelitSembelit kerap dipandang enteng. Padahal, bila dibiarkan berlarut-larut berpengaruh buruk bagi kesehatan, seperti kanker. Sembelit juga bisa menjadi pertanda hadirnya penyakit lain. Sembelit atau dalam istilah medisnya disebut konstipasi dideskripsikan sebagai pergerakan usus abnormal dengan gejala mengejan, feses keras, frekuensi berkurang dan perasaan buang air besar (BAB) yang tidak puas. Tanda lain adalah frekuensi yang kurang dari tiga kali dalam seminggu. Konstipasi dapat pula ditenggarai dari bentuknya yang bergumpal-gumpal kecil.
Gangguan pencernaan ini sebenarnya sering dialami banyak orang dan bisa menimpa kelompok usia berapa saja. Meski lumrah terjadi, bukan berarti boleh dianggap sepele. Konsekuensi dari masalah ini lumayan berat. Mulai mengganggu aktivitas akibat rasa tak nyaman di perut, hemoroid, sampai tumor dan kanker usus besar. Kontak kotoran yang lama denga mukosa pada dinding usus besar berpotensi tumbuhnya sel-sel abnormal sebagai cikal-bakal kanker usus besar atau munculnya polip dan divertikula di usus besar.
Dikatakan Dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, sembelit dapat muncul karena sejumlah faktor. Mulai genetik, masalah psikis, konsumsi serat seperti sayur dan buah-buahan yang kurang, minum air putih kurang, kurang olahraga, hingga berbagai penyakit. Beberapa penyakit juga sebabkan sembelit, diantaranya kelainan penyakit saluran cerna dan penggunaan obat-obatan.
Persoalan sembelit sebetulnya cukup umum atau ada di sejumlah negara. Di negara maju, seperti Amerika, gangguan “ ke belakang” akan mengura kantong. Kunjungan ke rumah sakit akibat konstipasi terhitaung 2,5 juta orang setahun. Dari jumlah itu dan 100.000 orang terpaksa di rawat di rumah sakit. Di negara itu, total pengeluaran unutk laksatif (obat pencahar) mencapai 800 juta dollar AS’. Di Indonesia belum ada data gangguan sembelit,” ujar Dr. Ary.
Berikut ini ada beberapa faktor risiko dari sembelit, yakni :
– Sembelit lebih sering melanda kaum perempuan dibanding kaum laki-laki
– Seseorang yang minim beraktivitas
– Kurangnya minum
– Kurangnya asupan makanan
– Pengobatan
– Pendapatan yang rendah
– Pendidikan rendah
– Depresi
Dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH mencontohkan dari 2.397 pasein di RSUPN Cipt Mangunkusumo yang menjalani pemeriksaan kolonoskopi tahun 1998-2005, 9% dengan konstipasi. “ Diduga, jumlah penderita di Indonesia cukup besar,” ujarnya. Sebesar 36,4 % menderita wasir dan 8 % di antaranya menderita tumor ganas atau kanker usus besar. Terkadang ditemukan pula polip. “ Untuk kasus demikian, penanganan tidak sekedar menghilangkan gejala konstipasinya, tetapi juga penyakit penyebabnya

Posted in Obat tradisioanal Sembelit, Sembelit | Tagged , , , , , , , , , , ,

Penyebab Sembelit

Penyebab Sembelit biasanya dikarenakan adanya kelainan pada sistem pencernaan tubuh yang mengalami pengerasan pada feses secara berlebihan sehingga menyebabkan susah buang besar dan kemudian timbul dampak negatif yakni rasa sakit yang begitu hebat bagi seseorang yang menderita sembelit. Sembelit jika dalam tahap yang sudah kronis atau akut disebut obstipasi. Obstipasi yang berkelanjutan akan berakibat buruk pada penyebab terjadinya kanker usus.
sembelit
Mengapa sembelit mudah terjadi??? Hal ini dilandasi banyaknya faktor Penyebab Sembelit yang sering terjadi. Berikut adalah penyebab umum dari sembelit, diantaranya :
1. Pola makan, yang tidak seimbang dan kebutuhan gizi yang kurang tercukupi. seperti konsumsi makanan yang banyak mengandung serat alami, seperti sayuran, buah-buahan, agar-agar dll.
2. Kurangnya cairan yang mengakibatkan feses menjadi keras dan sulit untuk keluar.
3. Kebiasaan menunda rasa ingin buang besar, tentunya hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi kehilangan rasa ingin buang besar yang kemudian memungkinkan seseorang terserang penyakit lainnya, seperti wasir/ambeien.
4. Kurangnya olahraga atau olah gerak fisik dengan pekerjaan yang menuntut bekerja dalam posisi duduk dalam jangka waktu yang cukup lama. Sehingga menyebabkan kerja dari usus besar untuk menyalurkan kotoran tubuh ke bagian organ lainnya menjadi keras dan feses sulit untuk turun.
5. Adanya gangguan suatu penyakit yang berkenaan dengan usus seperti kanker, radang dinding usus, usus yang menonjol atau menempel ke kulit perut dll. Gangguan dari suatu penyakit tersebut menyebabkan proses pencernaan makanan menjadi tidak lancar dan terganggu, sehingga mengakibatkan buang air besar menjadi tidak lancar dan tidak teratur.
6. Efek samping dari penggunaan obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menjadi penyebab sembelit.
Posted in Sembelit | Tagged , , | Leave a comment

Sembelit Pada Anak

Sembelit pada anak bisa saja terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, misalnya kurang makan buah, sayur dan minum air, atau terlalu banyak makan yang berlemak.
Berikut ini beberapa tips untuk meredakan sembelit pada si kecil :
  • pastikan si kecil mengonsumsi sayuran
  • beri banyak minum air putih dan jus buah encer
  • perbanyak asupan buah dalam menu hariannya
  • jika si kecil belum terbiasa ke toilet, sekali ini dibiarkan dia buang air besar (BAB) di celana. Memaksanya ke toilet akan membuatnya semakin tertekan, dan menahan BAB-nya.
  • pijat perutnya dengan lembut. Sebelumnya olesi dengan baby oil, minyak telon, atau minyak kayu putih. Pijatan yang lembut akan membantunya mengurangi rasa sakit.
  • jika si kecil sudah mulai makan makanan tambahan, beri dia bubur buah.
Sembelit pada anak ada kaitannya dengan sifat tinja. Apabila tinja konsistensinya berisfat lebih keras, dan lebih liat pula, umunya lebih sukar dikeluarkan dibanding apabila tinja anak bersifat normal, yakni yang sedikit lembek, dan mungkin agak encer.
Sedangkan sembelit pada bayi, baru dikatakan seorang bayi mengalami sembelit jika lebih dari dua hari tidak buang air besar. Normal bayi uang air besar satu sampai dua kali dalam sehari. Masih dinilai normal bila buang air besarnya 36 jam-48 jam sekali. Selama konsistensi tinjanya normal, baru buang air besar setelah 48 jam tidak bermasalah.
Salah satu penyebab sembelit pada bayi memang lantaran sifat tinjanya yang lebih keras dan lebih liat dari normal. Pada bayi yang baru lahir, sembelit lebih karena faktor susu. Bayi yang diberikan ASI pada umumnya tidak bermasalah dengan buang air besarnya, Kasus sembelit jarang dijumpai pada bayi yang mendapatkan ASI.
Sembelit pada anak bisa diatasi dengan mengimbangi makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah agar penyakit sembelit bisa dihindari. Perhatikan juga pola buang air besar anak, jika suka mengejan ketika buang air besar, kotorannya keras dan tenggelam dalam air, BAB lebih dari 2 menit dan tidak teratur maka bisa diindikasikan anak tersebut kurang asupan serat dalam makanan maupun minumannya. Tambahkan konsumsi sayur dan buah pada menu anak agar BAB kembali lancar.
Posted in Uncategorized | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Mengobati Konstipasi

Mengobati konstipasi dengan cara makan-makanan dengan cukup kandungan serat dan minum cukup banyak cairan adalah kunci dalam mengobati konstipasi. Dengan minum cukup banyak dan makanan berserat akan membantu pergerakan stool dan membuat stool melalui usus halus dengan meningkatkan sampah pada stool dan membuat stool menjadi lebih lunak. Peningkatan aktifitas fisik juga akan membantu dalam mengatasi sembelit.
Konsultasikan dengan dokter jika terjadi hal-hal dibawah ini :
  • Baru mengalami konstipasi dan tidak biasanya mengalami sembelit.
  • Konstipasi terjadi selama 3 minggu atau lebih meskipun sudah menjalani pengobatan dirumah seperti perubahan diet, peningkatan aktifitas, minujm cukup air, dan lain sebagainya.
  • Terjadinya nyeri perut
  • Terdapat darah dalam stool
  • Anda kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas.
Beberapa tips pencegahan konstipasi :
  1. Jangan mengabaikan atau menahan keinginan anda untuk buang air besar.
  2. Sisihkan waktu untuk buang air besar. Waktu yang baik mungkin setelah sarapan pagi atau waktu lain.
  3. Makanlah lebih banyak makanan berserat seperti sayur sayuran, dan buah-buahan.
  4. Minumlah cukup banyak cairan, 8 gelas air perhari sudah baik. Yang termasuk cairan adalah : air, jus, sop, teh dan minuman lainnya.
  5. Jangan mengonsumsi obat pencahar (laxatives) terlalu sering. Penggunaan laxatives secara berlebihan bisa merusak tinja dan bisa membuat konstipasi yang terjadi semakin parah.
  6. Sering berolahraga atau beraktifitas
  7. Batasi makanan yang tinggi lemak dan gula (seperti yang manis-manis, keju, makan-makanan yang diolah). Makanan-makanan tersebut bisa menimbulkan konstipasi atau sembelit.
Sebaiknya kita makan makanan yang cukup dengan serat. Dianjurkan sedikitnya 2 gelas atau 2 setengah gelas sayuran setiap hari. Disarankan pada laki-laki/pria usia 50 tahun atau lebih muda agar mengonsumsi sedikitnya 38 gram serat setiap harinya. Sementara itu, pada wanita dengan usia 50 tahun atau lebih muda sebaiknya mengonsumsi makanan serat sedikitnya 25 gram sehari. Tambahan ekstra serat pada diet anda dengan memakan biji-bijian yang mengandung dedak (kulit padi) juga dapat membantu.
Apabila anda menambahkan serat pada diet anda, mulailah secara perlahan dan bertingkat dalam menambahkan jumlah seratnya. Hal ini akan membantu dalam mengurangi jumlah gas (kentut yang dusahilkan atau untuk mengurangi kembung karena jumlah gas yang banyak dihasilkan dan juga membantu mengobati konstipasi. Pastikan juga diri anda minum cukup banyak air.
Posted in Uncategorized | Tagged , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Gejala Sembelit (Sudah Buang Air Besar)

Sembelit sangat umum dijumpai, ini terjadi bila anda mengalami kesulitan buang air besar secara normal. Tinjanya biasanya keras dan kegiatan buang air besar bisa menyakitkan dan jarang-jarang. Bahkan ada yang mencret karena isi perutnya belum keluar semua sehingga sering mengotori celananya. Gejala sembelit biasanya ditandai dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang berkurang disertai dengan keluarnya tinja yang keras, besar, dan rasa nyeri saat BAB.ws      
Tidak buang air besar setiap jari tidak berarti sembelit. Sembelit biasanya disertai oleh simtom-simtom yang lain, seperti kesakitan ketika buang air besar, perutnya sakit atau tinjanya berdarah.
Gejala umum dari sembelit yang sering kali terjadi adalah :
  1. Perut terasa begah seperti kekenyangan, penuh dan terasa kaku.
  2. Tubuh menjadi segar, merasa lesu, cepat lelah dan terasa berat hingga menimbulkan rasa malas untuk mengerjakan sesuatu.
  3. Jantung sering berdebar-debar yang dapat memunculkan emosi yang dapat mengakibatkan sakit kepala atau semam.
  4. Timbul rasa mulas dan sakit pada bagian perut yang terkdang pada sebagian orang dapat menyebabkan sesak napas dan keringat yang bercucuran.
  5. Warna feses yang menjadi gelap, lebih keras dan lebih panas dari biasanya. Namun feses yang dikeluarkan lebih sedikit dari biasanya.
  6. Ketika feses hendak dikeluarkan, terkadang sampai harus mengeluarkan keringat dingin, terkadang juga harus sampai mengejan atau negeden hingga menekan perut agar feses lebih cepat keluar. Namun cara ini dapat mengakibatkan terjadinya ambeien atau wasir.
  7. Terdengar suara dalam perut seperti “kriuk-kriuk”.
  8. Terkadang anus terasa penuh, seperti ada penekanan hingga menimbulkan rasa sakit pada perut yang dapat mengakibatkan terjadinya gejala penyakit wasir atau ambeien.
  9. Sering buang angin atau kentut yang menimbulkan bau gas tidak enak dari biasanya.
  10. Waktu buang air besar yang semakin sering terjadi mungkin biasanya hanya 1 kali dalam sehari, namun karena adanya gejala sembelit membuat sering buang air besar menjadi 3 kali sehari.
Dibawah ini adalah trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala sembelit:
  • Setelah bangun tidur, minum segelas air jeruk hangat.
  • Minum air 8-10 gelas sehari.
  • Perbanyak konsumsi serat dengan makan buah-buahan dan sayuran.

Posted in Sembelit | Tagged , , , , , | Leave a comment

Obat tradisional Sembelit

Sembelit sebenarnya bukan penyakit, hanya merupakan gejala dari adanya penyakit. Sembelit bisa terjadi karena disebabkan kebanyakan duduk, kurang bergerak, kurang mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan. banyak terdapat obat sembelit.
Penyakit sembelit sering disebut sulit buang air besar yang disebabkan oleh mengerasnya kotoran. Mengerasnya kotoran pada usus besar terjadi karena menyusutnya pori-pori pada usus besar.
Penyebab menyempitnya pori-pori pada usus besar adalah :
  • Sering minum air es yang membuat pembuluh kailer menyempit.
  • Makanan yang tawar sehingga tidak ada rangsangan.
  • Makan makanan instan dan berpengawet.
  • Kurang minum air putih hangat.
  • Kurang makan buah-buahan terutama pisang ambon.
Imbangi dengan makanan yang banyak mengandung serat seperti sayuran dan buah agar penyakit sembelit bisa dihindari. Perhatikan juga pola buang air besar (BAB) anak, jika suka mengejan ketika BAB, kotorannya keras dan tenggelam dalam air, BAB lebih dari dua menit dan tidak rutin (minimal sehari sekali) maka bisa diindikasikan anak tersebut kurang asupan serat. Tambahkan konsumsi buah dan sayuran pada menu anak agar BAB kembali lancar.
Berikut obat tradisional yang mengatasi sembelit, diantaranya adalah :

  1. Umbi Jalar
    Siapkan daun umbi jalar sebanyak 60 gram lalu direbus dengan air secuukupnya lalu airnya diminum selagi hangat dan daunnya dapat dimakan.
  2. Daun Alamanda Ambil 30 gram daun alamanda lalu rebus dengan air secukupnya, kemudian air rebusan tersebut diminum selagi hangat.
  3.  Buah Pepaya
    Makan buah pepaya matang 150 gram secara teratur 2 kali sehari.
  4. Lidah Buaya
    Siapkan 100 gram daun lidah buaya dan kupas lalu diiris-iris kecil, direbus dengan 200 ml air hingga mendidih, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minun hangat hangat dan makan daging lidah buayanya . Lakukan 2 kali sehari.
  5. Kangkung dan Umbi Jalar
    Siapkan 60 gram daun umbi jalar dan 60 gram kangkung cuci bersih, lalu tumis atau rebus dengan air secukupnya.
  6. Nanas
    Cara pertama, cuci buah nanas yang telah di kupas kulitnya, lalu parut. Peraslah dan ambil perasan air nanas tersebut. Minum setengah gelas 2 kali sehari
  7. Temulawak
    Cuci 1 rimpang temulawak, diparut lalu diperas. Perasan air tersebut diberi sedikit asam jawa dan gula aren. Aduk campuran semua bahan dan saring. Minum sekali sehari.
  8. Ngokilo
    Cuci 1/2 genggam daun ngokilo. Rebus daun ngokilo dengan diberi 2 gelas air sampai air tinggal setengah. Air rebusan daun ngokilo ini diminum sekaligus sekali sehari.
  9. TomatAmbil tomat matang, lalu jus buah tersebut.

1 ulasan:

Unknown berkata...

Terima kasih kerana berkongsi info dan produk untuk atasi masalah sembelit ini. Semoga perkongsi ini diberkati Allah :)

Dari Malaysia boleh rujuk ke www.ubatsembelit.com untuk cara atasi masalah sembelit berkesan.