Rabu, 27 Mei 2015

KHASIAT MINYAK ZAITUN











20 Manfaat Minyak Zaitun Memelihara Kecantikan dan Kesehatan


Manfaat Minyak Zaitun. Minyak zaitun hasil olah buah zaitun menjadi ekstrak yang mempunyai segudang khasiat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan baik digunakan secara internal maupun eksternal. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik kecantikan tak sedikit yang memperkenalkan produk hasil olahan buah zaitun.

Salah seorang wanita yang sangat tersohor karena wajah cantik dan kulit yang begitu mulus adalah Ratu Cleopatra. Sebagai Ratu Mesir di zaman kuno sudah pasti penting untuk merawat kesehatan maupun kecantikan dirinya sendiri. Bukan hanya dia, banyak artis di Indonesia yang mengakui bahwa kecantikan diri yang didapat adalah hasil bantu dari minyak zaitun.

Kandungan Minyak Zaitun

Sebenarnya apa saja kandungan dalam ekstrak buah zaitun ini sehingga memiliki keistimewaan segitu banyaknya?
Senyawa kimia yang tersimpan dalam minyak zaitun misalnya triasilgliserol yang merupakan asam lemak tak jenuh tunggal dengan jenis omega 9 (asam oleat). Kadar omega 9 sekitar 55 - 83 persen dari total asam lemak. Karena lemak tersebut baik untuk tubuh sebab berjenis lemak tak jenuh tunggal, risiko tubuh teroksidasi lebih sedikit ketimbang omega-6 dan omega-3.

Manfaat Minyak Zaitun

manfaat minyak zaitun
(c) Hasmi Indonesia via Google Images
Kandungan lain yang juga terdapat dalam minyak zaitun adalah Vitamin E, fungsinya untuk kesehatan maupun kecantikan adalah merawat rambut agar lebih sehat karena terus mendapat suplai nutrisi dari luar.
Berikut ini khasiat minyak zaitun bagi kesehatan dan kecantikan:
1. Merawat kulit
Kulit adalah bagian tubuh terluar yang memiliki risiko tertinggi mengalami kerusakan akibat terpaan banyak bakteri maupun unsur lain seperti kulit kering, kusam dan keriput lebih cepat.
Untuk mencegah masalah tersebut Anda harus melakukan perawatan kulit secara rutin agar beragam masalah yang menimpa kulit jadi terminimalisir risikonya. Cara yang paling mudah yaitu mengoleskan minyak zaitun sebelum beraktivitas dan menjelang tidur malam.
Salah satu tujuan memakai minyak zaitun sebelum beraktivitas adalah mengurangi dampak buruk pada kulit akibat terpapar sinar matahari. Di samping itu kulit akan teras lebih segar, kencang, halus dan lembut.
2. Mengatasi Wajah Berminyak
Berlebihnya jumlah minyak pada wajah dapat memperburuk penampilan seseorang, oleh sebab itu sangat penting mencari solusi sehat agar tidak lagi mengalami masalah tersebut.
Langkah utama yang bisa Anda coba adalah menggunakan masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan bubuk cendana. Kalau bisa lakukan saat wajah terasa lelah, biarkan masker menempel 15 menit lamanya. Terakhir basuh wajah untuk mengangkat masker menggunakan air dingin, keringkan wajah menggunakan tisu atau tepuk-tepuk menggunakan telapak tangan.
3. Mengangkat Kotoran Di Wajah
Jika Anda adalah pegawai yang ditugaskan untuk selalu bekerja di luar ruangan, pastikan agar memberikan perlindungan lebih terhadap kesehatan, khususnya kulit.
Gunakanlah minyak zaitun sehabis melawan teriknya matahari. Pertama basuh wajah menggunakan air hangat atau uapkan dengan air yang sedang didihkan, tujuannya agar pori-pori wajah terbuka. Setelah itu oleskan minyak zaitun pada kulit wajah secara merata, diamkan selama 5 menit. Jika sudah bersihkan wajah menggunakan air hangat, terakhir bilas lagi dengan air dingin agar kotoran yang telah keluar tidak masuk lagi karena pori-pori wajah mengecil.
4. Merawat Rambut
Anda bisa mengkombinasikan antara ekstrak buah zaitun dengan madu yang dipercaya para ahli kecantikan sebagai bahan herbal untuk merawat rambut dari berbagai macam kerusakan.
  1. Mengembangkan Rambut: Siapkan sebuah mangkuk kosong, pecahkan dua butir telur dan masukkan pada mangkuk, setelah itu kocok dengan sendok. Tambahkan satu cangkir minyak zaitun pada mangkok tadi, diamkan selama 2 menit agar kalis. Setelah itu balurkan campuran bahan ini pada akar hingga ujung rambut. Diamkan 10 menit setelah itu keramas pakai shampo.
  2. Memanjangkan Rambut: Tumbuk biji lemon dan lada, campur keduanya kedalam dua sendok makan minyak zaitun. Basuh perlahan pada kulit kepala secara merata, diamkan 20 menit lamanya kemudian cuci menggunakan shampo.
  3. Merawat Kerusakan Rambut: Masukkan material alami seperti minyak zaitun, kelopak bunga mawar atau ekstrak melati ke dalam botol. Tutup dan diamkan minimal 24 jam. Jika sudah, basahi rambut menggunakan air panas agar pori-pori sedikit terbuka. Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala, pijat beberapa saat barulah keramas.

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Jika minyak zaitun lebih Anda pilih untuk memelihara kesehatan tubuh, Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa karena hasil masakan yang dihasilkan akan menyehatkan.
Beberapa khasiat dari minyak zaitun jika digunakan secara internal bagi kesehatan adalah sebagai berikut:
  • Mencegah penyakit jantung dan stroke.
  • Membunuh sel kanker.
  • Mengurangi dan memulihkan radang sendi.
  • Menjaga kepadatan tulang sehingga tidak terserang osteoporosis.
  • Menurunkan kadar glukosa dalam darah.
  • Mendetoksifikasi molekul yang tidak seimbang dengan kata lain sebagai penangkal radikal bebas.
  • Memperbaiki kualitas ASI.
  • Mengurangi terjadinya penyumbatan (Trombosis) juga penebalan (Arteriosklerosis) pembuluh darah.
  • Membasmi kutu di rambut.
  • Mengurangi risiko terserang kanker rahim, colon, kulit dan lambung.
  • Menghindari terserang penyakit tukak lambung pada sistem pencernaan.
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
  • Mengurangi efek negatif dari penggunaan obat-obatan penurun tekanan darah.
  • Mengurangi angka kematian jika rutin konsumsi minyak zaitun.
  • Mengobati penyakit wasir, caranya:

    Siapkan satu sendok makan minyak zaitun (extra virgin), kemudian campurkan dengan bubuk habbatussauda secukupnya. Ratakan, minum sehari 3 kali, selama satu pekan. Manfaat minyak zaitun untuk mengobati wasir ini diminum sebelum makan.

    Banyak orang yang telah membuktikan, salah satunya Anda bisa melihat di kolom komentar Facebook artikel ini.
Manfaat minyak zaitun di atas hanyalah beberapa, jika Anda sudah menggunakan sejak lama tentu mengetahui lebih banyak terkait khasiat yang diberikan oleh tubuh. Untuk itu apabila kemarin-kemarin Anda belum pernah mencoba merawat tubuh dengan minyak zaitun, mulailah sekarang juga.

Manfaat dan Khasiat Minyak Zaitun Untuk Kulit Wajah 

 

Dunia kesehatan sedang menjadi seputar pembicaraan dari dulu hingga kini. Banyak sekali peneliti maupun dokter yang melakukan penelitian guna mendapat manfaat dari suatu temuan, apa khasiatnya, dan bagaimana penggunaannya. Semua itu dilakukan untuk kepentingan masyarakat pada umumnya, dan dikhususkan untuk mencegah atau menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satu temuan yang berhasil yang sedang menjadi konsumsi masyarakat yaitu manfaat minyak zaitun.


Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun sudah tidak diragukan lagi keampuhannya, terbuat dari buah zaitun yang diolah secara baik, minyak ini siap dipakai. Minyak zaitun biasanya dipakai oleh kaum perempuan, diantara khasiatnya yang sangat nyata yaitu dengan menggunakannya ke kulit. Manfaat-manfaatnya yaitu:

1. Minyak zaitun bagus dioleskan di kulit yang pecah-pecah, pakailah minyak ini secara teratur, selain membuat kulit kembali seperti semula, penggunaan yang benar membuat kulit kembali secara normal dengan seketika.

2. Minyak zaitun berguna untuk melembabkan kulit, untuk yang ingin tampil segar, ada baiknya mencoba minyak yang satu ini. Kegunaannya yang melembabkan kulit, membuat kulit terhindar dari kering yang melanda area-area tertentu seperti tumit kaki, dan juga siku.

3. Minyak zaitun juga bisa menutrisi ke dalam kulit sehingga kulit tampak sehat alami, maka tidak heran, banyak sekali wanita di Indonesia yang mencari minyak ini. Terbuat dari bahan yang alami dan dapat menghaluskan kulit, minyak ini menjadi andalan di setiap kegiatan yang bisa dibawa kemana-mana.

Dengan manfaatnya yang beragam, banyak sekali khasiat yang didapatkan dari menggunakan minyak zaitun. Kebanyakan dari wanita di Indonesia menginginkan kecantikan kulit yang sehat dan juga bernutrisi, tidak jarang wanita Indonesia banyak mengincar minyak zaitun ini, namun hal yang perlu diingat, minyak zaitun tidak hanya pantas untuk kaum wanita yang sudah dewasa saja, kaum laki-laki dan anak-anak juga cocok memakai minyak zaitun untuk memperbaiki sel-sel kulit mati akibat dari penyakit kulit yang diderita seperti ingin menghaluskan kulit dan juga melembabkan kulit sehabis kena luka yang menyisakan bekas.

Untuk kesempurnaan dalam penggunaan manfaat minyak zaitun, ada salah satu cara yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit sehat yang diinginkan, seperti menghilangkan bekas jerawat yang sudah ada di area wajah, berikut kiatnya:

1. Cara yang pertama yaitu mencampurkan minyak zaitun dengan minyak pohon (tree oil), pijatkan secara perlahan di daerah wajah yang ada bekas jerwatnya, setelah berselang selama 20 menit, basuh wajah dengan menggunakan air hangat tanpa menggunakan sabun muka lagi, setelah wajah dibasuh, keringkan wajah dengan menggunakan handuk kering.

2. Masih dengan fungsi yang sama, oleskan campuran baking soda dengan minyak zaitun, diamkan selama lima menit setelah digunakan di muka, setelah itu basuhlah dengan menggunakan air hangat.

3. Cara praktis lainnya yaitu dengan memijat lembut tetesan minyak zaitun ke wajah yang ada bekas jerawatnya, pijatlah wajah selama 5 menit, setelahnya, biarkan selama dua puluh menit agar minyak zaitun dapat menyerap ke dalam kulit, sehabis itu basuhlah dengan menggunakan air hangat.

Satu hal yang sangat lumrah, yakni temuan minyak zaitun. Minyak zaitun mempunyai keanekaragaman manfaat yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi, baiknya menggunakan minyak zaitun secara teratur demi kesehatan, terutama untuk kesehatan kulit yang sedang didambakan.

Penerapan dalam manfaat minyak zaitun dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari selama rutinitas berlangsung, untuk mendapatkan kulit yang halus dan lembab, bawa selalu minyak ini dimanapun berada selama bepergian untuk merasakan sensasi kulit sehat yang sebenarnya. 

Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari minyak zaitun, Anda juga bisa membaca informasi penting tentang Manfaat Kulit Manggis untuk kesehatan, semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda.!

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Kulit, Wajah, Rambut, Kesehatan



Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Kulit, Wajah, Rambut, Kesehatan

Minya zaitun atau lebih dikeal dengan olive oil memiliki banyak manfaat tak hanya untuk kesehatan namun juga  kecantikan. Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dapat diolah melalui masakan baik dalam bentuk salad, sebagai minyak goring maupun masakan lainnya. Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan juga dapat diperoleh karena sifatnya yang melembabkan.
Apa saja manfaat dan bagaimana cara memanfaatkan minyak zaitun akan dikupas sebagai berikut.
Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit dan wajah:

-Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pembersih sel kulit mati terutama dibagian tersembunyi seperti telinga, selangkangan, dan lipitan leher. Minyak zaitun berperan seperti baby oil dalam membersihkan sel-sel kulit mati. Caranya cukup mudah yakni teteskan minyak zaitun ke atas kapas dan gosokkan pada kulit yang bermasalah.
-Sebagai alternative losion, minyak zaitun dapat diaplikasikan ke kulit yang kering. Oleskan tipis-tipis agar tidak terlalu lengket. Selain itu, tipe wajah berkulit kering dapat mengoileskan minyak ini sebagai pengganti krim sebelum tidur. Kulit berkert karena kurang kelembaban dan keelastisitasannya pun dapat diatasi dengan minyak alami ini.
-Bagi anda yang bermasalah dengan stretch mark karena melahirkan maupun mengalami kenaikan berat badan dapat mengatasinya dengan pijitan yang menggunakan minyak zaitun. Kombinasi pijitan lembut dan minyak zaitun dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu regenerasi sel baru.
-Kulit terbakar karena aktivitas berenang maupun berlibur ke pantai dapat dikurangi dengan kandungan antioksidan dalam minyak zaitun.
-Bibir kering dan kantung mata dapat diatasi dengan minyak zaitun dengan mengoleskannyya secara teratur setiap hari.
 Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan rambut:
 -Minyak zaitun dapat mencegah kerontokan karena mampu menekan hormone DTH penyebab rambut rontok. Selain itu, minyak zaitun berperan sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan rambut karena produk kimia pada produk-produk seperti shampoo dan kondisioner ataupun styling. Caranya, cukup oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan pijat dengan lembut. Pijatan akan memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala sehingga dapat memicu tumbuhnya rambut baru dengan kulit kepala yang lebih sehat.
-Untuk perawatan ala salon di rumah, anda bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai masker rambut alami. Tambahkan minyak zaitun dengan campuran kuning telur atau tea tree oil sebanyak 7 tetes. Usapkan di kepala dan bungkus rambut dengan handuk panas.
-Dengan sifatnya yang melembabkan, minyak ini bisa digunakan sebagai kondisioner dengan mengoleskannya di helai-helai rambut.

Minyak zaitun untuk kesehatan:
-Minyak zaitun dapat digunakan untuk pijat dalam mengurangi rasa capek dan keseleo sehabis beraktivitas.
-Kandungan lemak yang rendah telah menjadikan minyak zaitun sebagai alternative minyak kelapa sawit untuk membantu mnegurangi berat badan.
-Minyak zaitun berperan dalam membantu penyerapan kalsium sehingga membuat tubuh lebih tinggi dan mencegah osteoporosis.
-Serangan jantung dapat diatasi dengan minyak ini karena dapat membantu mengurangi kadar kolesterol.
Bagaimana sahabat semuanya setelah membaca artikel diatas kita semua bisa mengambil kesimpulan untuk MANFAAT MINYAK ZAITUN UNTUK KECANTIKAN KULIT, WAJAH, RAMBUT, KESEHATAN bagi kita ternyata banyak sekali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat semuanya.

10 Manfaat Minyak Zaitun dan Efek Sampingnya

 
Manfaat minyak zaitun sejak dahulu telah dahulu sangat berguna memelihara kecantikan. Tidak heran, minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak. Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun tersebut.
Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :
  • Energi – 3701 kJ (885 kcal)
  • Karbohidrat – 0 g
  • Lemak – 100 g.
    – Jenuh (14 g)
    – Tak jenuh tunggal (73 g)
    – Tak jenuh ganda (11 g)
    – Omega-3 lemak (<1 br="" g=""> – Omega-6 leak (3,5-21 g)
  • Protein – 0 g
  • Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)
  • Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

    Manfaat Minyak Zaitun

    Berikut ini pemanfaatan minyak zaitun untuk kecantikan dan juga kesehatan.
    1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit
    Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Caranya :
    • Bersihkan wajah sebelum memakai minyak zaitu
    • Oleskan sebelum tidur pada kulit wajah, namun Hati-hati untuk mengoleskan minyak zaitun pada daerah sensitif seperti daerah sekitar mata.
    2. Mencegah Penuaan Dini
    Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. Kandungan antioksidan yang kaya pada minyak zaitun ini juga banyak terdapat pada :
    3. Menghilangkan Noda Jerawat
    Cara menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami, juga dapat dilakukan minyak zaitun. Cukup panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

    Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Aromaterapi

    Selain manfaat di atas, minyak zaitun banyak juga banyak digunakan sebagai minyak aromaterapi karena baunya yang khas dan wangi. Juga digunakan sebagai minyak urut/pijat dan campuran masker pada berbagai produk kecantikan. Namun waspadai juga penggunaan minyak zaitun terhadap efek sampingnya.
    manfaat-minyak-zaitun
    minyak zaitun

    Efek Samping di Balik Manfaat Minyak Zaitun

    Minyak zaitun kemungkinan aman, baik dikonsumsi secara langsung (sebagai bahan masakan) atau saat dioleskan pada kulit. Minyak zaitun ini secara aman memberikan 14% dari total kalori harian, dari sekitar 2 sendok makan (28 gram) setiap hari. Minyak zaitun telah digunakan secara aman sebagai bagian dari diet gaya Mediterania. Namun terdapat beberapa peringatan khusus bagi penggunaannya :
    • Kehamilan dan menyusui – Belum ada informasi yang dapat menjadi acuan tentang bagaimana keamanan produk zaitun bagi ibu hamil atau menyusui. Jangan gunakan minyak zaitun dalam jumlah yang lebih besar dari pada jumlah yang biasa ditemukan dalam makanan.
    • Diabetes – Minyak zaitun dapat menurunkan gula darah, sehingga penderita diabetes harus memeriksa gula darah mereka saat menggunakan minyak zaitun.
    • Operasi Bedah – Minyak zaitun dapat mempengaruhi gula darah, sehingga penggunaan minyak zaitun ini dapat mempengaruhi kontrol gula darah selama operasi. Berhenti mengkonsumsi minyak zaitun 2 minggu sebelum operasi.

    3 Cara Mengoptimalkan Manfaat Minyak Zaitun



    Minyak Zaitun dipercaya berkhasiat bagi kecantikan. Minyak zaitun mampu melembutkan kulit wajah, mempertahankan keindahan kulit tubuh, dan berguna bagi keindahan rambut. Berikut ini adalah cara menggunakan minyak zaitun agar memberi hasil optimal bagi kulit dan rambut Anda:

    Melembutkan kulit wajah
    Karena percaya akan khasiatnya bagi kecantikan, artis asal Italia Sophia Loren suka sekali berendam dalam minyak zaitun. Ia tetap terlihat cantik dan amet muda di usia 70-an tahun. Jadi, minyak zaitun tergolong aman jika digunakan langsung pada kulit tubuh. Tapi bagaimanakah efeknya jika dibubuhkan langsung pada kulit wajah?
      
    Untuk wajah, minyak zaitun bisa dioleskan langsung guna melembapkan kulit yang kering dan kasar. Tetapi tidak disarankan untuk kulit berminyak, karena dapat merangsang timbulnya jerawat.
      
    Minyak zaitun yang dicampur bahan lain pun dapat memberikan kegunaan yang berbeda, di antaranya:

    -Kulit wajah cerah dan mencegah kerutan. Campur 1 sdm minyak zaitun dengan ½ sdm cuka apel dan ½ sdm air. Aduk rata lalu ulaskan pada kulit wajah yang telah dibasahi air setiap malam menjelang tidur.

    -Untuk scrubbing. Campur 1 sdm minyak zaitun dengan ½ sdt gula pasir. Basahi kulit wajah lalu ulaskan campuran tersebut. Gosok searah jarum jam perlahan, jangan ditekan atau digosokkan terlalu kasar. Bilas dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mempertahankan keremajaan kulit sekaligus merangsang regenerasi sel kulit. Juga dapat dipakai untuk melembutkan kulit jemari tangan.

    -Melembutkan bibir kering dan pecah-pecah. Ulaskan minyak zaitun jenis extra virgin atau unrefined setiap malam menjelang tidur.
    Rahsia & Khasiat Minyak Zaitun
    Nabi s.a.w. telah berpesan agar kita menggunakan zaitun sebagai minyak. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, ada enam belas pakar kedoktoran paling tersohor di dunia berkumpul di Roma pada tanggal 21 April 1997 M, untuk menerbitkan beberapa pengarahan dan keputusan bersama tentang tema “Minyak Zaitun dan Nutrisi Laut Putih Tengah”.
    Dalam pernyataan tersebut, mereka menegaskan bahwa penggunaan minyak zaitun dapat memberikan perlindungan tubuh dari serangan penyakit jantung koroner, kenaikan kolesterol darah, kenaikan tekanan darah, serta sakit diabetes dan obesites, di samping minyak zaitun juga berkhasiat mencegah terjadinya beberapa jenis kanser.
    Minyak Zaitun Mengurangi Kolesterol Berbahaya


    Berbagai kajian membuktikan adanya fakta yang tidak menafikan keraguan lagi, bahawa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.
    Minyak Zaitun Mengurangi Risiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis) Pembuluh Darah.
    Dalam sebuah kajian yang diterbitkan pada bulan Disember tahun 1999 M di Majalah AMJ CLIN NUTRL para peneliti menyatakan bahawa nutrisi yang kaya kandungan minyak zaitun akan dapat mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan seterusnya mengurangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.
    KHASIAT MINYAK ZAITON
    Satu kajian yang dijalankan di Sepanyol baru-baru ini menunjukkan bahawa minyak dara zaitun asli dapat membantu mencegah dan merawat radang perut yang disebabkan oleh bakteria (H-PYLAR) yang sering mengakibatkan jutaan kes ulser peptik. Baru-baru ini juga, satu kajian awal menunjukkan bahawa anti-oksida dalam minyak zaitun mungkin mempunyai tindakbalas ke atas serangan bakteria di lapisan perut. Ia juga dapat melembabkan kulit muka, jika dicampurkan dengan yogurt tanpa lemak dan diletakkan pada muka selam 15 minit. Ia juga boleh digunakan pada rambut bagi melambatkan uban, berkesan dalam melegakan sakit sendi dan membunuh cacing dalam perut.
    Cara pemakanan :
    Campurkan satu sudu minyak zaitun pada masakan seperti nasi atau salad untuk menapis gejala kurang sihat.
    Dari sudut Agama
    Allah s.w.t menyebut dalam beberapa ayat mengenai buah zaitun, iaitu dalam surah al-Tiin:
    "Demi buah tin dan zaitun," dan dalam surah an-Nur ayat 35, disebut mengenai minyak zaitun yang penuh berkat, iaitu "Lampu itu dinyalakan dengan minyak dari pokok yang berkat (atau banyak manfaatnya iaitu) pokok zaitun." Demikianlah, buah zaitun disebut dalam al-Quran yang tentunya mempunyai keistimewaan tersendiri. Dalam al-Quran, buah zaitun disebut sebanyak tujuh kali; dua kali disebut zaitun bersendirian, lima kali disebut berserta dengan buah-buahan lain, antaranya tamar, delima, anggur dan buah tin. Ini menunjukkan tentu ada banyak kelebihan atau khasiat buah zaitun
    yang Allah s.w.t kurniakan, bagi faedah dan kebaikan kepada manusia. Buah zaitun nama botaninya disebut olea europea banyak ditanam di kawasan Mediterranean dan tempat pernanamannya yang utama ialah di Sepanyol, Turki, Itali, Tunisia dan Morocco. Minyak zaitun atau olive oil adalah hasil perahan daripada buah zaitun.
    Dalam surah al-Nur ayat 35, Allah menyebut tentang buah zaitun, yang mana para ulama memberi pentafsiran dan pandangan yang sama merujuk kepada tempat dan taburan penanaman buah zaitun. Dalam kitab Sunan al-Tarmizi dan Ibnu Majah, terdapat sebuah hadith daripada Abdullah bin
    Umar yang menyebut bahawa Rasulullah s.a.w bersabda: "Makanlah kamu minyak zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak rambut, kerana minyak zaitun dibuat daripada pohon yang penuh berkat."
    Begitu juga hadith riwayat al-Baihaqi dan Ibnu Majah daripada Abdullah bin Umar, Rasulullah s.a.w bersabda: "Gunakanlah minyak zaitun sebagai lauk sekali gus minyak rambut kerana ia berasal dari pohon yang diberkati."Minyak zaitun bersifat lembap pada peringkat pertama. Justeru, ada yang mengatakan ia bersifat kering adalah tidak benar. Teksturnya bergantung pada kandungan minyaknya. Minyak yang dihasilkan daripada buah zaitun yang sudah masak adalah yang paling elok dan paling stabil. Manakala yang dihasilkan daripada buah yang mentah pula cenderung bersifat sejuk dan
    kering. Minyak yang dihasilkan daripada buah zaitun merah mempunyai kualiti sederhana. Minyak yang diperbuat daripada buah zaitun yang berwarna hitam mampu memberikan kehangatan sekali gus kelembapan dengan stabil.Antara khasiat minyak zaitun, ia boleh mengatasi racun, melapangkan perut dan mengeluarkan cacing. Minyak zaitun mengandungi vitamin E dan vitamin K yang baik untuk kesihatan kulit terutamanya untuk rawatan kecantikan wanita. Jika diperah dengan campuran air, panasnya berkurang, lebih lembut, dan lebih berkhasiat. Zaitun boleh menghaluskan kulit dan melambatkan pertumbuhan uban. Dengan menggunakan minyak zaitun setiap hari, rambut dan kulit bersinar. Kegunaan untuk tubuh adalah lazimnya disapu setiap kali selepas mandi pada permukaan tubuh. Minyak zaitun mudah meresap, sehingga tidak perlu bimbang ia melekit. Jus zaitun yang dicampur garam boleh menguatkan gusi. Daunnya boleh meredakan dan merawat demam, kesemutan, kudis dan mencegah peluh berlebihan.
    Dari Sudut Saintifik
    Dunia moden pada hari ini, melalui kajian-kajian sains, tidak dinafikan banyak yang mengiktiraf khasiat buah zaitun. Minyak zaitun adalah antara minyak yang bernilai tinggi dalam bidang kesihatan. Selain minyak zaitun bertindak sebagai penambah zat makanan, ia juga bertindak mencuci dan membaik pulih perut dan penawar racun. Ia akan membantu pesakit gastrik dan juga yang mengalami kegagalan fungsi buah pinggang. Minyak zaitun juga boleh diambil sebagai sapuan luaran, selain bertindak sebagai pelicin, ia sebagai pelembut kepada kulit yang mengalami ekzema dan psoriasis.
    Menurut al-Tarmizi dan Ibn Majah, Nabi s.a.w bersabda, "Makanlah minyak zaitun, dan sapulah kulitmu dengannya kerana ia datang dari pohon yang diberkati."
    Dari sudut pandangan sains pemakanan, minyak zaitun mengandungi asid lemak tidak tepu yang dikelaskan sebagao "monounsaturated" yang mampu merendahkan kolesterol berbahaya dalam darah. Satu kajian yang dijalankan oleh pakar kesihatan di Institut Sains Kesihatan, Universiti Oxford, mengkaji perkaitan antara kanser dan pemakanan seseorang. Didapati bahawa negara yang mengamalkan pengambilan daging yang kerap dan rendah dalam pengambilan sayur-sayuran, mempunyai risiko dan kes penyakit kanser yang tinggi tetapi pengambilan minyak zaitun akan mengurangkan kadar kes tersebut. Dalam Annals of Oncology (Januari 2005), pakar-pakar sains mendapati diet Mediterranean yang kaya dengan minyak zaitun boleh mengurangkan risiko seseorang mendapat kanser payudara kerana kandungan oleic acid yang terdapat di dalamnya.
    Khasiat Minyak Zaitun menurut Imam Ibn Qayyim al-Jauziyyah
    Menurut Imam Ibn Qayyim al-Jauziyyah, mutu minyak zaitun adalah bergantung kepada pokok yang mengeluarkannya. Sebagai contoh, jenis yang terbaik adalah minyak zaitun yang dikeluarkan daripada buah yang masak, manakala minyak daripada buah zaitun yang belum masak adalah
    bersifat sejuk dan kering. Buah zaitun yang telah masak ranum lebih cenderung menjadi panas dan mengurai. Oleh sebab itu, jika ia diproses menggunakan air akan menjadikannya kurang panas, bertindak dengan lembut dan lebih berkhasiat. Walau bagaimanapun semua jenis minyak zaitun boleh melembutkan kulit serta melambatkan penuaan.Minyak zaitun boleh melawan racun dalam badan dengan bertindak sebagai laxative dan menyingkir cacing di dalam badan. Pengambilan minyak zaitun amat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Minyak zaitun banyak digunakan sebagai bahan asas produk kecantikan dan ramuan kosmetik. Minyak zaitun juga boleh digunakan sebagai minyak masak. Walaupun banyak berpendapat mengatakan bahawa makanan yang dimasak atau digoreng menggunakan minyak zaitun tidak sesedap makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak sawit, namun ia ada kelebihan
    tersendiri dari sudut kesihatan.
    Minyak masak selain yang berasaskan zaitun jika digunakan berulang kali menyebabkan jumlah kolesterol teroksida dan menjadi tepu serta tidak elok untuk kesihatan. Kesannya dapat dilihat apabila minyak tersebut memerangkap sisa makanan dan berubah warna dan bau. Namun berbeza dengan minyak zaitun kerana ia boleh digunakan berulang kali dan tidak mengalami proses pengoksidaan serta tidak akan berubah dari segi warna dan bau. Melihat pada keadaan dan tahap kesihatan umum terkini, penyakit jantung yang dikatakan sebagai pembunuh secara senyap boleh dikurangkan. Pengambilan minyak zaitun boleh mencegahnya kerana ia kaya dengan bahan phenol. Bahan ini mempunyai bahan antioksidan yang tinggi dan mampu mencegah proses radang dan pembekuan darah.
    Abu Hurairah meriwayatkan bahawa Nabi s.a.w bersabda: "Ambillah minyak zaitun dan sapu ke kulitmu. Ia membantu mengubat tujuh puluh (beberapa) penyakit dan juga juzam (kusta)."Justeru, khasiat buah zaitun merupakan anugerah Allah yang amat bernilai untuk dimanfaatkan kerana bukan sahaja ia disebut dalam al-quran malah pakar-pakar sains juga mengiktiraf keistimewaannya.

Tiada ulasan: